Connect with us

Startup

Kreatif! Ini Dia Ide Menarik Start Up yang Belum Ada di Indonesia

Tahukah Anda tentang bisnis start up yang kini tidak hanya populer di Indonesia, tetapi di seluruh dunia?

Ya, Start Up merupakan bisnis rintisan yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi media canggih yang dikembangkan dalam bentuk perangkat lunak seperti software atau aplikasi. Tujuannya adalah mempermudah kebutuhan hidup manusia dengan menawarkan berbagai produk barang dan jasa.

Produk hasil dari bisnis start up yang ada di Indonesia sudah banyak Anda lihat dan manfaatkan, sebagian besar dari mereka pun banyak yang menuai kesuksesan.

Namun, ternyata banyaknya start up yang berkembang maju tersebut tidak mengurangi ide atau inovasi lain yang lebih menarik dan belum ada di Indonesia. Jika Anda berminat melirik bisnis start up ini, pelajarilah inovasi menarik dari ide start up yang belum ada di Indonesia di bawah ini

Berikut Beberapa Ide Kreatif Start Up yang Belum Ada di Indonesia

Di luar negeri telah banyak ribuan ide cukup unik dan menarik dalam mengembangkan bisnis start up. Seperti halnya di Indonesia, pengembangan ide tersebut disesuaikan dengan kebiasaan yang sering dilakukan oleh warganya.

Berikut ini beberapa ide start up dari luar negeri yang mungkin bisa Anda jadikan referensi dan acuan untuk mengembangkan ide-ide lain start up yang belum ada di Indonesia.

Start Up Jasa Merawat Ibu Hamil

Jasa keperawatan dan konsultasi kesehatan kini telah berkembang cukup pesat di Indonesia, namun tidak dengan jasa merawat ibu hamil, termasuk dengan konsultasi tentang kesehatan ibu hamil hingga memesan perawat untuk membantu masa ibu hamil hingga melahirkan.

Di luar negeri, aplikasi semacam ini telah dirilis, pencetusnya adalah Stephani D. Johnson yang berada di bawah naungan perusahaan Bed Rest Concierge.

Ia memiliki ide yang cukup menarik, melihat bahwa para ibu hamil sebenarnya memiliki masa-masa cukup sulit di masa kehamilannya. Mereka pun akan mengalami proses kelelahan mental dan fisik mulai dari awal tanda-tanda kehamilan muncul hingga melahirkan.

Saat ini pun banyak ibu yang menjadi seorang wanita karir serta mengurus pekerjaan rumah tangga sehingga hal tersebut membuatnya menanggung beban yang cukup banyak. Oleh karena itu, aplikasi ini mulai dicetuskan.

Sementara di Indonesia, pekerjaan ibu hamil tidak kalah sibuknya dengan para ibu hamil di luar negeri. Namun, masih belum tersedia layanan secara khusus untuk mempermudah ibu hamil tanpa mendatangi rumah sakit atau klinik terlebih dahulu.

Jadi ide ini akan menjadi sangat menarik dan populer untuk Anda kembangkan di sini agar ibu hamil tidak perlu repot dan susah lagi untuk melakukan perjalanan bolak balik ke klinik atau rumah sakit.

Start Up Pemesanan Desain Rumah

Aneka desain rumah dan ruangan kini makin beragam inovasinya, dan juga makin banyak diminati oleh semua orang. Pemesanan jasa desain rumah pun telah banyak bermunculan secara online, seperti melalui website dan media sosial.

Namun, sayangnya bisnis start up jasa pemesanan desain rumah belum dikembangkan di Indonesia.

Prospek bisnisnya sangat menjanjikan, Anda pun bisa mencetuskan hal ini untuk pertama kalinya di Indonesia. Caranya dengan membuat aplikasi yang menyediakan berbagai pilihan jasa serta bentuk desain bangunan atau ruangan, lengkap dengan warna dan modenya.

Start Up Jasa Membuat Desain Teh

Di luar negeri terdapat ide bisnis start up yang cukup sederhana tapi menarik, dan nyatanya dapat memberikan keuntugan yang luar biasa. Ide tersebut berupa jasa pembuatan desain teh, para pelanggan bisa memilih cara membuat aneka jenis dan olahan the beserta desain kemasannya. Simpel tapi cukup menarik bukan?

Melirik contoh yang dikembangkan di designtea.com, Anda akan mengetahui bahwa the bisa diolah menjadi berbagai macam rasa, sementara yang tersedia di sana yakni Green, Black, Oolong, dan Rooibos.

Anda bisa mencoba untuk mencetuskan dan mengembangkannya di Indonesia, namun dengan kreativitas ide desain yang lebih menarik lagi, serta bisa mengunggulkan kekhasan ciri di Indonesia.

Start Up Jasa Penerjemah Berbagai Bahasa

Bisnis start up penerjemah sebenarnya sudah cukup populer, pertama dikembangkan oleh Google kemudian muncul jasa lainnya yang kebanyakan berasal dari luar neger. Start up penerjemah ini masih belum ada di Indonesia sehingga Anda bisa mengembangkan dan menarik minat pasar.

Berikan fitur yang sangat menarik, kalau bisa hal yang baru belum pernah ditemui di aplikasi penerjemah jenis apapun. Misalnya dilengkapi dengan berbagai keterangan dan cara penggunaan suatu kata dalam bahasa tertentu, seperti kamus praktis online.

Start Up Jasa International Shipping

Start up jasa pengiriman sebenarnya sudah ada dan berkembang di Indonesia, bahkan sangat populer. Namun, hal tersebut hanya berada di wilayah lokal saja. Akan lebih menarik jika Anda mulai mengembangkan start up jasa pengiriman internasional yang belum ada di Indonesia.

Caranya dengan bekerjasama sekaligus menghubungkan berbagai pilihan jenis jasa kurir di seluruh Indonesia yang melayani pesan antar secara internasional.

Bagaimana tertarik untuk coba membangun salah satu bisnis start up yang belum ada di Indonesia tersebut? Semoga bermanfaat, terimakasih.

Mendirikan situs income.id sebagai perwujudan pengabdian kepada bangsa dan negara indonesia melalui media yang informatif dan edukatif

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bisnis

Call Center Bukalapak, Toko Online Paling Keren saat ini

Saat ini, sistem berbelanja online sangat digemari. Alasannya ialah, belanja via internet ini lebih mudah dibandingkan membeli produk melalui toko atau pasar konvensional.

Maka dari itu, hampir semua pengusaha niaga di dunia, memiliki lapak online. Termasuk di Indonesia, yaitu Bukalapak dengan nomor hubung terbaru yang disebut call center Bukalapak.

Semakin meningkatnya animo masyarakat berbelanja di toko online, Bukalapak mulai terkenal dan viral. Karena di sinilah, berbagai kemudahan berniaga disediakan.

Bukan hanya soal kenyamanan dan keamanan dagang, persaingan harga juga signifikan dan lebih menguntungkan pihak pembeli. Bahkan, pedagang yang bergabung memiliki reputasi baik dan terpercaya.  

Sejarah Bukalapak

Bukalapak pertama kali berdiri pada tahun 2010 dengan penggagasnya bernama Achmad Zaky yang berprofesi sebagai divisi agenda digital Suitmedia Jakarta.

Setahun kemudian, badan usaha mulai disahkan sebagai PT dengan manajemen yang masih sederhana dengan Achmad Zaky sendiri menjabat sebagai CEO.

Progres bisnis Bukalapak mulai menguat pada tahun 2012 dan 2014. Karena di kala itu, perusahaan mendapatkan suntikan dana investasi dari perusahaan-perusahaan ternama seperti GREE Ventures, Aucfan, dan IREP.

Karena itu pula, di tahun yang sama, Bukalapak mulai menerbitkan aplikasi atau software khusus android yang diberi nama Bukalapak Mobile.

Visi dari app ini adalah mempermudah proses transaksi jual beli antara pedagang dengan pembeli sekaligus memberikan akses mudah kepada penjual untuk menyimpan dan melihat barang dagangannya secara digital.

Keunggulan Belanja Di Bukalapak

Berbelanja di Bukalapak memiliki keunggulan yang bagus. Bahkan, tidak semua lapak online memiliki keuntungan yang sama. Ini dia beberapa diantaranya, yaitu:

1. Semua Produk Bisa Dinego

Keunggulan yang pertama adalah Bukalapak menyediakan fitur nego. Artinya, pembeli diberi kebebasan untuk menawar hingga mendapatkan harga terbaik. Tentunya, fasilitas ini menguntungkan pembeli.

Selain itu, pihak lapak tidak membatasi penggunaan fitur nego pada produk dan harga tertentu. Semuanya, selama ada di dalam Bukalapak, bisa ditawar hingga deal.

2. Cara Belanja Lebih Mudah

Cara berbelanja online di Bukalapak sangat mudah. Selain, fitur yang lengkap, interface website juga minimalis. Sehingga, pelanggan yang ingin mencari produk, memesan hingga melakukan pembayaran tidak kesulitan.

3. Respon Admin Call Center Bukalapak Sangat Cepat

Keunggulan yang paling mantap adalah admin call center Bukalapak mampu melayani dengan ramah dan cepat. Baik ketika pelanggan menghubungi nomor telepon, maupun yang mengirim messenger melalui facebook dan Email. Itu artinya, segala keluhan pelanggan langsung diwadahi secara baik dan diselesaikan secepatnya.

4. Pembeli Adalah Prioritas Utama

Setiap layanan yang dikenalkan admin Bukalapak, semuanya diprioritaskan untuk kenyamanan pelanggan. Bahkan, pihak developer memberikan potongan sekian ribu untuk ongkos kirim dengan minimal pembelian tertentu.

Selain itu, segala keluhan maupun laporan pelanggan adalah prioritas utama yang akan mendapatkan pelayanan terdepan.

5. Pedagang Memiliki Reputasi Baik dan Terpercaya

Membeli produk di Bukalapak sangat dianjurkan. Pembeli juga lebih aman dari tindakan penipuan. Karena semua pedagang sudah lulus seleksi ketat dan yang memiliki reputasi baik yang bisa berdagang di lapak ini. Artinya, masyarakat bisa berniaga dengan nyaman dan aman.

6. Ada Program Referral

Keunggulan yang terakhir adalah Bukalapak menerbitkan layanan referral. Dengan fitur ini, pelanggan akan mendapatkan bonus jika berhasil mengajak kerabat, keluarga, teman untuk berbelanja di Bukalapak online.

Regulasinya adalah, setiap berbelanja minimal Rp100.000, sang pengajak akan mendapat poin sebesar Rp10.000 yang bisa dikumpulkan dan dibelanjakan kembali di lapak.

Syarat menggunakan layanan ini cukup mudah. Tinggal mendaftarkan saja melalui link referral, bonus akan mengalir terus, selama rekan tetap aktif berlangganan di Bukalapak.

Yang lebih mantap lagi, pelanggan akan mendapatkan kredit poin sebesar Rp10.000 jika ada satu orang yang mendaftar sebagai referral. Tinggal hitung saja, jika berhasil mengajak ratusan orang sebagai referral. 

Call Center Buka Lapak

Image: komunitas.bukalapak.com

Tidak ada satu toko online pun yang tidak pernah mengalami masalah dengan keluhan pelanggan. Begitu juga dengan Bukalapak. Atas dasar itu, nara hubung atau call center terus dibenahi supaya complain tersebut terselesaikan dengan baik. Berikut penjelasan lengkap mengenai call center Bukalapak, yaitu:

Nomor Call

Admin Bukalapak telah mengubah nomor lama dengan call center yang baru. Atas dasar itu, pelanggan harus mengetahuinya supaya komunikasi dengan pedagang dan developer lebih mudah.

Pelanggan tidak perlu khawatir dengan pelayanan call center terbaru. Bahkan, CS siap melayani selama 24 jam nonstop selama satu minggu full tanpa libur. Berikut call center tersebut, yaitu:

No Call: 021-50813333

Twitter: @BukaBantuan

Email: cs@bukalapak.com

Facebook: https://www.facebook.com/bukalapak/

Alamat Kantor Bukalapak

Sebagai toko online yang ikut mempertemukan para pedagang dengan pembeli yang sah, Bukalapak juga mendirikan kantor pusat yang bisa didatangi pelanggan setiap saat. Ini dia alamatnya:

PT Bukalapak.com

Plaza City View Lt. 1

Jl. Kemang Timur No. 22

Pasar Minggu Pejaten Barat Jakarta, Indonesia 12510 Itulah pembahasan tentang sejarah, keunggulan dan call center Bukalapak terbaru. Semoga bisa menjadi rujukan dan pedoman pelanggan ketika berbelanja secara online.

Header Image: bukalapak.com

Continue Reading

Bisnis

Inilah 5 Investor Startup Indonesia yang Paling Potensial

Saat memulai bisnis dengan mengembangkan teknologi startup, setidaknya Anda harus membuat agar produk bisa dilirik oleh investor. Dengan begitu kemajuan menjadi lebih mudah dan cepat diraih.

Namun, sebagian besar dari Anda mungkin tidak mengetahui para investor yang sangat potensial bagi pengembangan teknologi startup di Indonesia sehingga Anda tidak bisa mempelajari kriteria penting yang biasanya menarik minat para investor.

Ada banyak sekali investor potensial yang seringkali memberikan dana pada bisnis startup yang pada akhirnya meraih kesuksesan, misalnya saja Toko pedia, Price Area, Berrybenka, Traveloka, Livaza, Kudo, Nightspade, dan masih banyak lagi.

Berikut Ini 5 Investor Startup Indonesia Potensial Bagi Awal Bisnis Anda

Jika Anda memiliki keinginan untuk membuka bisnis melalui inovasi teknologi startup, maka sebaiknya perlu mengetahui beberapa investor yang potensial bisa mendanai awal bisnis startup milik Anda.

Mengingat banyak bisnis yang berkembang karena adanya bantuan pendanaan dari investor tersebut, simaklah beberapa daftarnya berikut ini.

Gree Ventures

Logo Gree Ventures

Para pebisnis startup di Indonesia bisa menggunakan jasa pendanaan dari perusahaan investor terkenal yang berasal dari Jepang, salah satunya adalah Gree Ventures. Perusahaan ini lebih fokus untuk memberikan investasi pada perusahaan industry yang bergerak pada pengembangan internet, atau smartphone mobile yang mengelola e commerce fashion sekaligus advertismentnya.

Perusahaan yang dikelola oleh Naoki Aoyag sebagai Managing Partner ini umumnya memiliki ketertarikan pada investasi startup yang khusus bergerak pada bidang payment gateway.

Cara kerja investasi yang dikelolanya, yakni dengan memberikan dana Pre Series pada tingkat An kemudian menuju hingga putaran dana seri A. Rata-rata dana investasi yang diberikan Gree Ventures, yakni sebesar 50 juta US dollar.

Perusahaan di Indonesia yang tercatat memanfaatkan dana dari investot Gree Ventures ini, antara lain seperti Bukalapak, Kudo, Berrybenka, Luxola, PriceArea, dan sebagainya. Apabila Anda memiliki keinginan bisnis startup di bidang payment gateway maka pastikan produknya bisa menarik minat Gree Ventures.

Cyber Agent Ventures (CAV)

Logo Cyber Ager Ventures

Masih investor yang berasal dari Jepang, yakni Cyber Ager Ventures atau yang biasa disingkat CAV. Perusahaan ini membantu bisnis startup yang sedang berkembang di Indonesia sejak tahun 2011.

Mereka memiliki ketertarikan untuk mendanai produk bisnis startup yang berada di bidang e-commerce, seperti marketplace online. Potensinya sangatlah besar karena mereka memiliki visi mengedepankan pertumbuhan perusahaan.

CAV yang dikelola general manager, yakni Takahiro Suzuki dan Steven Vanada ini telah memberikan dana ke beberapa startup terkenal di Indonesia, seperti Tokopedia, VIP Plaza, Touchten, Bilna, dan HarukaEdu.

Transcosmos

Logo Transcosmos

Beralih ke investor yang berasal dari negara lainnya, yakni Transcosmos yang berada di bawah perusahaan teknologi AS. Mereka memang aktif dan berminat menjalin hubungan strategis dan lokalisasi untuk menyokonya dengan melakukan ekspansi ke pasar Asia, termasuk Jepang dan Indonesia.

Perusahaan ini lebih tertarik secara khusus atau fokus untuk mendanai bisnis startup yang bergerak di bidang e-commerce atau media digital, terutama yang berada di putaran seri B dan A. Contoh beberapa startup Indonesia yang didanai oleh Transcosmos seperti Berrybenka dan Luxola.

Rebright Partners

Logo Rebright Partners

Banyak investor untuk bisnis startup Indonesia yang berasal dari perusahaan di Jepang, salah satu contohnya adalah Rebright Partners.

Secara khusus perusahaan ini lebih tertarik untuk mendanai e-commerce yang bergerak di bidang e-commerce serta media, namun baru-baru ini mereka juga tertarik di bidang media online, melihat popularitas yang ada di masyarakat Indonesia saat ini.

Rebright Partnes didirikan di Tokyo yang termasuk ke dalam kategori Perusahaan Venture Capital telah mendirikan basis di Singapura dan Jepang. Mereka telah tercatat melakukan pendanaan ke beberapa bisnis startup di Indonesia, seperti Qraved, MDBC Media/ MalesBanget, dan Indotrading.

Ideosource

Logo ideosource from reuters.com

Terdapat salah satu investor yang kini berasal dari Indonesia sendiri, yakni Ideosource di bawah pimpinan Edward Ismawan Chamdani dan Andi S. Budiman yang sekaligus menjadi pendirinya.

Ideosource tidak kalah dengan perusahaan investor lainnya dari luar negeri, mereka cukup berkompeten karena telah ahli dan berpengalaman di ranah media, teknologi, serta industry telekomunikasi di Indonesia.

Ideosource telah sukses mendanai beberapa perusahaan startup terkenal yang bergerak di bidang media dan teknologi, seperti Female Daily Network, Orori, eEvent, Touchten, Kark, dan Saqina. Hingga Kini perusahaan di bawah dua orang berkompeten tersebut masih memberikan pendanaan secara khusus pada perusahaan startup yang masih di tahap awal menuju seri A.

Baca juga: Ini Dia 7 Cara Memulai Bisnis Startup Hingga Sukses

Jika Anda sangat berniat untuk membuka usaha di bidang startup sebaiknya maksimalkanlah produk tersebut hingga mampu menarik minat dan dilirik oleh beberapa investor potensial di atas. Itu dia beberapa investor startup Indonesia.

Tertarik untuk membangun bisnis startup? Semoga bermanfaat, terimakasih.

Continue Reading

Bisnis

Ini Dia 7 Cara Memulai Bisnis Startup Hingga Sukses

Bagi Anda yang akan membuat startup bisnis tetapi masih bingung untuk memulai dengan cara seperti apa, saya akan menjelaskan dalam artikel kali ini mengenai cara cara yang dapat Anda gunakan dalam memulai bisnis startup.

Perlu Anda ketahui dalam memulai bisnis startup itu tidaklah semudah seperti para motivator katakan. Semua mempunyai tingkat rintangannya masing masing.

Mengenal Bisnis Startup dan Keuntungannya

Startup merupakan sebuah proses awal dalam memulai sebuah bisnis mulai dari nol hingga berkembang menghasilkan keuntungan besar.

Dengan pembuatan bisnis startup sendiri, Anda harus menyiapkan mental, waktu, modal, hingga kemampuan yang ada punya untuk dapat mengolah semua proses bisnis startup yang akan diciptakan anda. Bila mana Anda tidak terlibat dari awal maka itu tandanya Anda hanya berinvestasi saja.

Cara Memulai Bisnis Startup

Berikut akan saya jelaskan mengenai cara memulai bisnis startup. Penjelasannya sebagai berikut:

Niat Dalam Membangun Bisnis Startup

Segala sesuatu yang Anda inginkan tentu dimulai dari niat yang kuat yang ada di dalam diri anda, termasuk membuat bisnis startup. Perlu Anda ketahui bahwa dalam proses awal, Anda harus siap dengan segala masalah yang akan Anda hadapi selama berjalannya pembangunan sebuah bisnis tersebut.

Memiliki Tujuan Bisnis Startup Yang Jelas

Cara selanjutnya yaitu dengan memiliki tujuan bisnis secara jelas. Dalam pembuatan bisnis tidaklah semata mata hanya untuk mendapat uang saja ya.

Dengan memiliki berbagai tujuan tersebut membuat Anda mempunyai pandangan mengenai target apa saja yang harus dicapai, tujuan mau seperti apa bisnis anda, dan tujuan mengapa diadakan bisnis ini. Tujuan ini dapat menjadi arah berkembangnya bisnis dari nol hingga sukses.

Ciptakan Ide Kreatif Bisnis Startup

Dalam menciptakan bisnis tentu para pembisnis akan dihadapkan dengan bingungnya ide apa yang akan dituangkan ke dalam bisnis tersebut. Anda dapat mencoba mencari pemasalahan yang sedang marak di lingkungan sekitar anda.

Dari situlah terkadang ide kreatif tersebut muncul. Dengan menciptakan solusi dari permasalahan yang terjadi maka akan memberikan ide cemerlang dalam bisnis anda.

Saran saya, pilihlah ide kreatif dalam bidang yang Anda minati dan Anda miliki kemampuan di dalamnya. Dengan begitu akan sangat membantu Anda dalam melebarkan sayap bisnis dalam perjalan karir anda.

Maka carilah permasalahan yang sedang terjadi dalam bidang yang Anda minati dan cari solusinya sebagai ide bisnis anda. Tentunya dengan ide yang masih fresh dan belum banyak orang yang memulai bisnis tersebut.

Rencana Bisnis Startup

Dengan bahan yang sudah ada yaitu tujuan bisnis dan ide bisnis yang telah ada, maka selanjutnya Anda dapat memulai rencana bisnis startup anda. Penyusunan rencana tersebut berisi langkah langkah yang akan Anda jalankan dari awal hingga bisnis Anda berdiri. Fikirkan matang matang setiap rencana yang akan Anda lakukan hingga bisnis tersebut sukses berdiri.

Tidak perlu bingung, cobalah untuk berfikir rencana bisnis dengan konsep sederhana terlebih dulu yang kemudian disusul memikirkan apa saja yang akan dibutuhkan dalam mendukung konsep tersebut.

Jangan terlalu susah dalam memikirkan konsep, karena itu akan membuat Anda semakin lama menjalankan bisnis anda. Meski hanya konsep sederhana bila masyarakat suka dengan bisnis anda, maka akan sukseslah bisnis anda.

Bentuk Tim Bisnis Startup

Bila Anda masih bingung dengan rencana apa saja dalam membuat bisnis startup, Anda dapat membentuk tim sukses dalam menyusunnya. Mungkin dengan dibentuknya sebuah tim bisnis, akan melahirnya banyak ide ide cemerlang dan strategi unik dalam usaha anda.

Anda dapat membentuk tim dengan jumlah 3 orang saja untuk pembuatan bisnis startup, tidak usah terlalu banyak orang karena akan semakin banyak ide yang muncul nantinya.

Perlu Anda lakukan sebelum membentuk tim bisnis adalah dengan memberikan penjelasan bahwa untuk menjalankan bisnis tersebut harus dengan rekan kerja yang solid dan mau bekerja keras, tidak semata mata untuk uang saja.

Rekan bisnis juga harus memberikan seluruh jiwa raga untuk membuat usaha bisnisnya sukses di pasaran. Maka dibutuhkan rekan yang sabar dan mengerti keadaan yang terjadi.

Lakukan Tes Pasar

Selanjutnya Anda dapat melakukan tes pasar untuk mengetahui apakah produk bisnis ini dapat laku di pasaran. Anda dapat melakukan berbagai cara survey pasar dengan cara turun langsung ke lapangan atau dapat dengan menganalisis data yang ada di internet.

Namun..

sangat efektif bila turun langsung ke pasaran ya. Hal itu untuk mengetahui apasaja kekurangan yang harus Anda perbaiki.

Kenalkan Pada Orang Terdekat

Selain pasar, Anda juga dapat melakukan tes pasar pada orang terdekat Anda secara gratis loh. Maka bila produk Anda memiliki keunikan dan manfaat yang sangat membantu, maka orang orang terdekat Anda dapat langsung ikut mempromosikan kepada teman teman mereka mengenai produk bisnis anda.

Hal itu akan menjadi nilai tambah bagi bisnis anda. Itu dia beberapa cara memulai bisnis startup yang dapat Anda coba lakukan. Semoga bermanfaat, terimakasih.

Continue Reading

TOP STORIES