Connect with us

Startup

Kreatif! Ini Dia Ide Menarik Start Up yang Belum Ada di Indonesia

Tahukah Anda tentang bisnis startup yang kini tidak hanya populer di Indonesia, tetapi di seluruh dunia?

Ya, Startup merupakan bisnis rintisan yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi media canggih yang dikembangkan dalam bentuk perangkat lunak seperti software atau aplikasi.

Tujuannya adalah mempermudah kebutuhan hidup manusia dengan menawarkan berbagai produk barang dan jasa.

Produk hasil dari bisnis startup yang ada di Indonesia sudah banyak Anda lihat dan manfaatkan, sebagian besar dari mereka pun banyak yang menuai kesuksesan.

Namun, ternyata banyaknya start up yang berkembang maju tersebut tidak mengurangi ide atau inovasi lain yang lebih menarik dan belum ada di Indonesia.

Jika Anda berminat melirik bisnis start up ini, pelajarilah inovasi menarik dari ide startup yang belum ada di Indonesia di bawah ini

Berikut Beberapa Ide Kreatif StartUp yang Belum Ada di Indonesia

Di luar negeri telah banyak ribuan ide cukup unik dan menarik dalam mengembangkan bisnis start up.

Seperti halnya di Indonesia, pengembangan ide tersebut disesuaikan dengan kebiasaan yang sering dilakukan oleh warganya.

Berikut ini beberapa ide start up dari luar negeri yang dirangkum oleh tim income.id mungkin bisa Anda jadikan referensi dan acuan untuk mengembangkan ide-ide lain startup yang belum ada di Indonesia.

Startup Jasa Merawat Ibu Hamil

image: Pixabay

Jasa keperawatan dan konsultasi kesehatan kini telah berkembang cukup pesat di Indonesia,

Namun tidak dengan jasa merawat ibu hamil, termasuk dengan konsultasi tentang kesehatan ibu hamil hingga memesan perawat untuk membantu masa ibu hamil hingga melahirkan.

Di luar negeri, aplikasi semacam ini telah dirilis, pencetusnya adalah Stephani D. Johnson yang berada di bawah naungan perusahaan Bed Rest Concierge.

Ia memiliki ide yang cukup menarik, melihat bahwa para ibu hamil sebenarnya memiliki masa-masa cukup sulit di masa kehamilannya.

Mereka pun akan mengalami proses kelelahan mental dan fisik mulai dari awal tanda-tanda kehamilan muncul hingga melahirkan.

Saat ini pun banyak ibu yang menjadi seorang wanita karir serta mengurus pekerjaan rumah tangga sehingga hal tersebut membuatnya menanggung beban yang cukup banyak.

Oleh karena itu, aplikasi ini mulai dicetuskan.

Sementara di Indonesia, pekerjaan ibu hamil tidak kalah sibuknya dengan para ibu hamil di luar negeri.

Namun, masih belum tersedia layanan secara khusus untuk mempermudah ibu hamil tanpa mendatangi rumah sakit atau klinik terlebih dahulu.

Jadi ide ini akan menjadi sangat menarik dan populer untuk Anda kembangkan di sini agar ibu hamil tidak perlu repot dan susah lagi untuk melakukan perjalanan bolak balik ke klinik atau rumah sakit.

Start Up Pemesanan Desain Rumah

image: Pixabay

Aneka desain rumah dan ruangan kini makin beragam inovasinya, dan juga makin banyak diminati oleh semua orang.

Pemesanan jasa desain rumah pun telah banyak bermunculan secara online, seperti melalui website dan media sosial.

Namun, sayangnya bisnis start up jasa pemesanan desain rumah belum dikembangkan di Indonesia.

Prospek bisnisnya sangat menjanjikan, Anda pun bisa mencetuskan hal ini untuk pertama kalinya di Indonesia.

Caranya dengan membuat aplikasi yang menyediakan berbagai pilihan jasa serta bentuk desain bangunan atau ruangan, lengkap dengan warna dan modenya.

Start Up Jasa Membuat Desain Teh

image: Pixabay

Di luar negeri terdapat ide bisnis start up yang cukup sederhana tapi menarik, dan nyatanya dapat memberikan keuntugan yang luar biasa.

Ide tersebut berupa jasa pembuatan desain teh, para pelanggan bisa memilih cara membuat aneka jenis dan olahan the beserta desain kemasannya.

Simpel tapi cukup menarik bukan?

Melirik contoh yang dikembangkan di designtea.com, Anda akan mengetahui bahwa the bisa diolah menjadi berbagai macam rasa, sementara yang tersedia di sana yakni Green, Black, Oolong, dan Rooibos.

Anda bisa mencoba untuk mencetuskan dan mengembangkannya di Indonesia, namun dengan kreativitas ide desain yang lebih menarik lagi, serta bisa mengunggulkan kekhasan ciri di Indonesia.

Start Up Jasa Penerjemah Berbagai Bahasa

image: Pixabay

Bisnis start up penerjemah sebenarnya sudah cukup populer, pertama dikembangkan oleh Google kemudian muncul jasa lainnya yang kebanyakan berasal dari luar neger.

Startup penerjemah ini masih belum ada di Indonesia sehingga Anda bisa mengembangkan dan menarik minat pasar.

Berikan fitur yang sangat menarik, kalau bisa hal yang baru belum pernah ditemui di aplikasi penerjemah jenis apapun.

Misalnya dilengkapi dengan berbagai keterangan dan cara penggunaan suatu kata dalam bahasa tertentu, seperti kamus praktis online.

Baca Juga: Inilah 5 Investor Startup Indonesia yang Paling Potensial

Start Up Jasa International Shipping

image: Pixabay

Start up jasa pengiriman sebenarnya sudah ada dan berkembang di Indonesia, bahkan sangat populer.

Namun, hal tersebut hanya berada di wilayah lokal saja. Akan lebih menarik jika Anda mulai mengembangkan start up jasa pengiriman internasional yang belum ada di Indonesia.

Caranya dengan bekerjasama sekaligus menghubungkan berbagai pilihan jenis jasa kurir di seluruh Indonesia yang melayani pesan antar secara internasional.

Start Up Layanan Deteksi Toko Terdekat dan Harganya

Start up yang bergerak di bidang jual beli fashion memang sangat banyak. Hampir setiap start up yang menduduki peringkat atas menyertakan penjualan fashion di dalamnya. Seperti contoh bukalapak, zalora dan masih banyak lagi yang lainnya.

Walaupun banyak start up yang bergerak di bidang fashion. Tetapi belum ada start up yang bisa memberikan layanan untuk mendeteksi harga fashion dari toko terdekat. Start up ini terlihat sangat menguntungkan.

Alasannya, pertama karena terkadang konsumen malas untuk keluar rumah jika hanya sekedar menanyakan harga di toko. Kedua, konsumen akan terbantu untuk langsung menuju toko yang mana. Ketiga, membantu beberapa toko untuk memperluas pasarnya. Jika Anda berminat mendirikan start up, ini bisa menjadi pilihan yang tepat.

Dengan begitu Anda tidak hanya akan menguntungkan diri sendiri saja, akan tetapi juga menguntungkan orang sekitar karena bisnis start up Anda sangat bermanfaat. Satu hal yang harus Anda ingat ketika akan membangun start up adalah pastikan Anda membangun start up yang bermanfaat untuk orang lain.

Start Up Penyedia Aspirasi dan Tanya Jawab Seputar Administrasi Penduduk

Start up yang baik adalah start up yang bisa meringankan dan mendukung kinerja pemerintah. Selama ini belum ada startup yang membantu melayani masyarakat yang tidak mengerti seputar administrasi kependudukan.

Misalkan ada salah satu warga yang tidak mengerti bagaimana memperbarui KK dan prosedur pindah kependudukan. Start up ini bisa membantu menjawabnya dengan secara cepat dan tepat. Tanpa harus membuat masyarakat bolak-balik ke kantor dinas yang berkaitan

Manfaatnya, pertanyaan masyarakat terjawab dan pemerintah terbantu dengan adanya hal ini. Namun, perlu kerjasama dan pengkajian secara lebih mendalam ya jika ingin mendirikan start up penyedia aspirasi dan tanya jawab seputar administrasi kependudukan.  

Jangan sampai, tatanan yang sudah dibuat justru berantakan atau malah dijadikan ajang sebagai penyebaran berita hoax. Gunakan manajemen yang bijaksana!

Anda bisa coba mulai membuat sistem start up dengan salah satu ide start up yang satu ini. Pastinya akan bermanfaat untuk semua umat.

Start Up Penyedia Informasi Event

stratup penyedia informasi event

Selama ini, masyarakat selalu mengetahui event atau suatu acara di media sosial. Sejauh ini di Indonesia belum ada start up penyedia informasi event baik yang terdekat lokasinya maupun yang jauh. Pastikan up to date dengan event atau acara yang akan diselenggarakan.

Nah, hal ini bisa Anda jadikan peluang bisnis start up yang sangat tepat dan bagus di masa depan. Dengan membangun start up penyedia informasi event Anda dan banyak orang akan saling diuntungkan.

Anda bisa mendapatkan keuntungan dengan menjadi media partner atau sarana promosi bagi pihak yang menyelenggarakan event. Di satu sisi mereka terbantu karena tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk promosi. Di sisi lain Anda mendapatkan keuntungan dari pembayaran yang diberikan pihak penyelenggara event karena sudah memasang eventnya di start up yang anda dirikan.

Masyarakat pun juga terbantu, karena bisa memilih ingin mendatangi event yang mana, kapan, dimana beserta harga tiketnya. Atau jika nanti start up ini bisa berkembang, Anda bisa menambahkan fitur pembayaran event yang akan dilaksanakan.

Tenang saja, semua perkembangan masalah fitur start up akan berjalan dengan sendirinya seiring dengan berjalan dan berkembangnya usaha start up Anda. Pasti akan muncul ide dan inovasi untuk memperbaruinya sesuai dengan kebutuhan masyarakat di masa depan.

Start Up Jasa Manajemen Dokumen

startup manajemen dokumen

Masyarakat sering kali lupa menaruh berkas atau dokumennya di file yang mana. Terlalu banyak dokumen yang didownload membuat dokumen terpisah-pisah dan pada akhirnya akan sulit menemukannya jika dibutuhkan.

Permasalahan tersebut bisa menjadi peluang emas bagi Anda, karena mendirikan start up jasa manajemen dokumen adalah pilihan yang tepat. Anda bisa mendirikan start up dengan aplikasi yang bisa melakukan pemisahan mana kategori dokumen pendidikan, dokumen kerja, atau dokumen lainnya.

Start up manajemen dokumen yang Anda dirikan bisa menarik minat masyarakat. Karena mereka langsung bisa mengklasifikasikan file dokumennya tanpa ribet mencari lagi dimana file dokumen tersebut disimpan.

Dengan begitu Anda tidak hanya menguntungkan diri sendiri saja, akan tetapi juga menciptakan suatu hal yang bermanfaat untuk orang banyak. Ide usaha start up ini bisa banget loh Anda coba.

Start Up Penyedia Layanan Pelajaran Kewirausahaan

startup pelatihan wirausaha

Selanjutnya ide startup yang belum ada di Indonesia adalah start up penyedia layanan pelajaran kewirausahaan.

Memang start up untuk pelajaran umum yang diajarkan di sekolah memang sangat banyak. Tetapi belum ada start up yang menyediakan aplikasi dengan pelajaran kewirausahaan dari awal hingga akhir.

Caranya, Anda bisa memasukkan beberapa referensi usaha beserta penjelasannya dari analisis modal, peralatan yang harus disiapkan hingga proses usaha itu sendiri.

Pilihlah tutor-tutor yang ahli di bidangnya untuk menambah ketertarikan masyarakat. Terlihat sangat menguntungkan karena banyak masyarakat Indonesia yang pasti mempunyai keinginan untuk wirausaha.

Keuntungannya darimana? Keuntungan akan Anda dapatkan dari masyarakat yang mau menggunakan layanan Anda. Seperti privat mereka akan membayarkan sejumlah harga tertentu untuk mendapatkan ilmu yang tutor berikan. Cukup mudah bukan?

Saya rasa ide start up ini akan menguntungkan dan sukses di masa depan. Ditambah lagi pada saat ini sudah ada banyak orang yang melek untuk berwirausaha. Ini bisa jadi kesempatan Anda sekarang untuk membangun usaha start up yang satu ini.

Start Up Penyedia Guru Privat Khusus Bidang Agama

Startup untuk privat belajar agama

Guru privat pelajaran umum sudah banyak disediakan di Indonesia. Baik secara online maupun offline. Contohnya mendaftarkan diri ke sebuah lembaga bimbingan belajar dan memilih privat. Tetapi, selama ini belum ada start up yang menyediakan guru privat khusus agama.

Tidak hanya berpatok pada satu agama saja. Tetapi, Anda bisa menyediakan guru privat berbagai agama yang diakui di Indonesia. Misalkan jika ada orang yang ingin belajar mengaji, tetapi belum menemukan guru yang tepat. Maka Anda bisa mengambil kesempatan di sini.

Atau ingin belajar bidang yang lainnya, maka Anda juga bisa menyediakan para guru privat yang ahli di bidangnya untuk melayani permintaan masyarakat. Misal jika masyarakat ingin belajar Ilmu Fiqih maka Anda bisa menyediakan ustadz yang ahli di bidang Ilmu Fiqih.

Namun, usahakan start up ini menarik kepercayaan masyarakat dari para guru yang sudah tersertifikasi. Apakah sudah terbayangkan? Jika iya, lakukan ide startup ini sekarang dan jangan menunggu lebih lama lagi

Start Up Penyedia Jasa Enumerator

Startup jasa enumerator

Ide start up selanjutnya adalah penyedia jasa enumerator atau pencari data suatu penelitian. Di Indonesia banyak sekali lembaga penelitian yang ingin melakukan penelitian tetapi tidak memiliki para pencari data.

Sehingga mereka memerlukan banyak waktu untuk melakukan seleksi terhadap siapa saja yang akan menjadi enumeratornya. Ini bisa Anda ambil kesempatan yaitu melakukan kerjasama dengan lembaga penelitian dan menyediakan para enumerator yang kompeten di bidangnya.

Contohnya saja ketika survey pemilu, banyak lembaga penelitian yang kebingunan dalam mencari enumerator. Alhasil, enumerator direkrut seadanya dan membuat datanya tidak valid. Dalam artian tidak mendapatkan data yang sesungguhnya karena sudah dimanipulasi.

Membuat start up ini memiliki banyak kelebihan. Di satu sisi anda membantu mengefektikan sebuah lembaga penelitian. Di sisi yang lain Anda bisa membuka lapangan pekerjaan bagi orang yang membutuhkan dan kompeten dalam melakukan pencarian data.

Tentu saja akan ada banyak pihak yang akan diuntungkan dengan adanya bisnis start up yang satu ini. Anda bisa coba pikirkan lagi sekarang betapa potensial dan menguntungkannya ide bisnis start up yang satu ini untuk di coba.

Start Up Jasa Jahit dan Desain Baju

Startup Jasa Jahit

Di Indonesia sudah ada start up yang menyediakan layanan pinjam baju desainer. Tetapi belum ada yang menyediakan jasa menjahit dan desain baju sesuai dengan keinginan kita dan dikerjakan oleh para desainer ternama.

Ambilah kesempatan ini dengan membuka start up jasa jahit dan desain baju. Merekrut para penjahit dan desainer yang profesional kemudian menawarkannya kepada masyarakat agar tidak perlu ribet mencari desainer dan tukang jahit yang bagus. Dengan ini, Anda semakin banyak memperoleh keuntungan.

Keuntungannya darimana? Pertama, dari para penjahit dan desainer yang mendaftar kepada Anda. Kedua keuntungan dari berapa persen pembayaran orang yang memakai jasa start up Anda. Tidak sulit kan menentukan mau dimulai darimana?

Kebanyakan orang pasti menginginkan pakaian yang dikenakan pas dengan ukuran badan dan model serta gaya yang pas dengan mereka. Tentu saja, dengan begini bisnis start up Anda tidak akan sepi karena akan banyak orang yang menggunakannya untuk mendapatkan desain pakaian yang sesuai dan pas dengan mereka.

Start Up Pemesanan Desain Tempat Ibadah

Startup Desain Tempat Ibadah

Jika di atas sudah dijelaskan tentang startup pemesanan desain rumah. Kali ini Anda juga bisa mengambil kesempatan dengan mendirikan startup pemesanan desain tempat ibadah. Karena seperti yang kita ketahui sekarang sedang banyak sekali dilakukan penambahan atau renovasi tempat ibadah.

Sehingga, dirasa tepat jika Anda membuka jasa untuk pemesanan desain tempat ibadah. Tidak perlu terlalu ribet, Anda hanya harus menyediakan para arsitek yang berpengalaman dalam mendesain rumah ibadah.

Kemudian mengiklankan startup Anda baik secara online maupun offline. Tetapi, untuk mengiklankannya harus tepat sasaran dalam artian Anda juga harus bekerja sama dengan para kontraktor agar mau memakai jasa pemesanan desain tempat ibadah Anda.

Unik bukan? Tertarik untuk mencobanya? Segera mulai konsep ide start up Anda sekarang.

Start Up Penyedia Jasa Tukang Masak

Startup Jasa Tukang Masak

Tidak lengkap rasanya jika suatu acara tidak dilengkapi dengan hidangan makanan yang lezat. Tapi masalahnya, untuk memesan makanan yang lezat membutuhkan jasa cathering yang profesional. Dalam membayar jasa cathering yang profesional membuat dompet terkuras.

Di sini, peranan Anda sangat dibutuhan dengan membangun start up penyedia jasa tukang masak. Anda tidak perlu menyiapkan apapun keperluan masak, karena di sini Anda hanya jasa penyedia tukang masak saja. Bukan jasa penyedia konsumsi sebuah event.

Anda bisa mengambil kesempatan ini dengan menawarkan kemudahan kepada masyarakat untuk membeli bahan yang disesuaikan dengan kantong mereka. Tapi juga ingin masakan yang dimasak oleh koki yang profesional.

Prinsipnya, memberikan kemudahan, keefektifan dan sesuai kantong masyarakat. Jika Anda ingin mengembangkan start up jenis ini, pastikan tukang masak atau koki yang Anda rekrut adalah profesional dan bisa memasak segala jenis masakan.

Start Up Merawat Hewan Peliharaan

Startup jasa merawat hewan peliharaan

Start up merawat hewan peliharaan juga menjadi bisnis yang menjanjikan. Umumnya, masyarakat suka memelihara hewan tetapi terkadang malas atau terlalu sibuk untuk merawatnya. Atau hewan peliharaannya sedang sakit tetapi bingung mencari rumah sakit hewan terdekat.

Dengan permasalahan ini Anda bisa mendirikan start up merawat hewan peliharaan. Caranya, Anda harus memanfaatkan tenaga dokter dan para perawat kesehatan hewan yang ingin begabung menjadi tim Anda.

Anda juga harus memberikan pelayanan prima kepada masyarakat yang membutuhkan. Seperti contoh memberi estimasi waktu untuk perjalanan para perawat atau dokter hewan peliharaan dari tempat mereka ke tempat klien. Sekaligus memberikan klaim jaminan apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan terjadi.

Bagi para pecinta binatang, usaha start up yang satu ini pasti akan banyak dicari dan menguntungkan mereka. Tidak ada salahnya Anda mencoba ide usaha start up unik ini karena adanya peluang di sekitar Anda.

Start Up Konsultasi Permasalahan Asmara

Startup konsultasi asmara

Kalau yang satu ini cocok banget jika sasarannya adalah para kaum muda mudi yang sedang dimabuk cinta. Atau masyarakat yang sedang mengalami permasalahan dalam rumah tangganya. Karena seperti yang telah kita ketahui data perceraian di Indonesia meningkat setiap tahunnya.

Ini bisa menjadi peluang emas untuk Anda kembangkan. Menggandeng para konsultan asmara atau psikolog, dan memberikan konsultasi baik tatap muka, chat, atau lewat telfon kepada para klien yang memiliki permasalahan asmara.

Di satu sisi membantu pemerintah dalam menekan angka perceraian dan bunuh diri. Di sisi lain menghilangkan problem muda mudi, atau rumah tangga masyarakat Indonesia. Sediakan layanan konsultasi baik untuk laki-laki maupun perempuan.

Ide ini mungkin masih jarang orang yang memikirkannya. Namun, sebenarnya sudah cukup banyak kok negara lain yang membangun start up yang satu ini. Anda bisa jadi orang Indonesia pertama yang bisa bangun ide start up yang satu ini.

Start Up Konsultasi Permasalahan Perempuan

Startup konsultasi masalah perempuan

Perempuan Indonesia saat ini sangat rentan terhadap permasalahan. Diantaranya yaitu masalah kekerasan verbal dan nonverbal, stress karena urusan rumah tangga, bahkan yang paling parah depresi seusai melahirkan.

Kondisi tersebut jika tidak segera ditangani membuat banyak dari perempuan di Indonesia yang melakukan tindak kejahatan, misalkan membunuh anaknya. Bahkan yang lebih parah lagi dia bisa stress atau bunuh diri.

Kondisi yang seperti ini tentu amat sangat meresahkan kita, terutama bagi kebanyakan seorang wanita. Adanya orang yang bisa dan mampu mendengar keluh kesahnya secara aman dan nyaman pasti akan membantu mereka para perempuan yang sedang berjuang menjalani hidupnya.

Jadi, buatlah start up konsultasi permasalahan perempuan yang membuka akses bagi kaum hawa yang tidak tahu harus kemana bercerita dan berkonsultasi, agar masalah mereka terselesaikan.

Bisa juga kalian bekerjasama dengan para konsultan dari lembaga perlindungan perempuan agar para calon pengguna percaya bahwa kerahasiaannya akan dijaga.

Tentu saja, akan ada banyak perempuan yang nantinya akan berterima kasih dan merasa diuntungkan dengan adanya usaha start up yang satu ini.

Tidak hanya akan mendapatkan keuntungan karena bisa jadi Anda juga menyelamatkan perempuan-perempuan Indonesia menghadapi masalahnya. ide startup yang ini Keren sekali kan?

Bagaimana tertarik untuk coba membangun salah satu bisnis startup yang belum ada di Indonesia tersebut? Semoga bermanfaat, terimakasih.

Mendirikan situs income.id sebagai perwujudan pengabdian kepada bangsa dan negara indonesia melalui media yang informatif dan edukatif

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Startup

Daftar Startup Terbaik dan Terbesar di Indonesia Bergelar Unicorn

apps (image: GETTY IMAGES)

Startup tumbuh menjamur di Indonesia belakangan ini. Bahkan kabar baiknya, salah satu perusahaan startup baru saja berhasil menyandang gelar Unicorn.

Hal ini tentu menambah daftar perusahaan rintisan (startup) yang berhasil menyandang gelar Unicorn.

Jika sebelumnya Indonesia sudah memiliki empat startup terbesar yang bergelar Unicorn, yakni Gojek, Tokopedia, Traveloka, dan Bukalapak, kini dengan tercatatnya OVO sebagai salah satu startup terbesar asal Indonesia yang menyandang gelar Unicorn sebelum akhir 2019, maka lengkap sudah jumlahnya menjadi lima sesuai target Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Sekadar informasi, Unicorn sendiri merupakan sebuah istilah yang familiar dalam perusahaan startup. Istilah Unicorn dapat disebut untuk mengukur tingkat kesuksesan sebuah startup.

Sebab, keberadaan startup di era digital sudah tak dapat lagi dipandang sebelah mata. Karena, berbagai startup telah terbukti berhasil mengimbangi kesuksesan perusahaan-perusahaan besar lain.

Unicorn adalah gelar atau istilah yang diberikan pada suatu perusahaan startup yang memiliki nilai valuasi (nilai dari suatu startup terbesar, bukan sekadar pendanaan yang diraih dari investor) lebih dari USD 1 miliar atau setara dengan Rp14,1 triliun.

Semua startup ini tersebar di berbagai belahan dunia termasuk Amerika Serikat, Tiongkok, Jerman, India, Kanada, Inggris, dan Singapura. Startup ini pun menggeluti bidang yang bervariasi, seperti keuangan, pemasaran, pelayanan, ritel, dan bahkan games.

Tiga startup terbesar pertama di Indonesia yang bergelar Unicorn adalah Gojek, Tokopedia, dan Traveloka. Bahkan salah satu diantaranya, yakni Gojek, telah menyandang gelar Decacorn.

Sebelum mengetahui lebih lengkap mengenai masing-masing perusahaan startup terbesar asal Indonesia yang menyandang gelar Unicorn, yuk ketahui lebih dahulu beberapa tingkatan perusahaan startup yang menggambarkan nilai valuasi yang dimiliki oleh perusahaan, seperti dikutip dari Liputan6.com:

1. Level Cockroach

Level pertama dalam tingkatan startup adalah Cockroach atau kecoa. Perusahaan yang disebut sebagai Cockroach ini merupakan perusahaan yang masih kecil atau baru saja dirintis. Sehingga nilai valuasi yang dimiliki oleh perusahaan ini masih terbilang sedikit.

Namun meski nilai valuasi masih kecil, perusahan-perusahan yang dalam kategori ini biasanya ulet dan juga giat untuk tetap mempertahankan perusahannya.

Dalam level ini, biasanya para pendiri akan menarik angel investor atau para pemodal yang mulia atau seseorang yang memberikan modal untuk bisnis perusahaan rintisan atau yang sedang bertumbuh.

Biasanya para angel investor ini akan diberi imbalan obligasi koncersi atau ekuitas kepemilikan.

2. Level Ponies

Level selanjutnya ialah level Ponies atau kuda poni. Ponies sendiri merupakan istilah yang digunakan bagi sebuah perusahaan yang memiliki nilai valuasi hingga 10 juta dollar atau berkisar Rp140 miliar.

Tentu saja perusahaan ini merupakan perusahaan yang telah berhasil mengembangkan startup miliknya.

Apabila sebuah perusahaan dalam level ini bisa bertahan, maka kemungkinan untuk menaikkan nilai dari valuasi juga semakin besar. Hal ini dikarenakan para investor tentu saja akan lebih tertarik untuk menanamkan modal agar nilai valuasi menjadi lebih besar.

3. Level Centaurs

Centaurs sendiri merupakan makhluk dalam kisah mitologi Yunani. Ia adalah makhluk yang memiliki badan kudan namun berkepala manusia.

Dalam level Centaurs, sebuah perusahaan haruslah memiliki nilai valuasi hingga 100 juta dollar atau sekitar Rp1,40 triliun.

Tentu saja jika perusahaan ini dapat bertahan dengan nilai valuasi hingga 100 juta dollar, maka para investor besar kelas besar pun akan tertarik untuk mananamkan modal. Karena bila banyak modal yang ada dalam perusahaan tersebut, kemungkinan untuk menambah nilai valuasi pun semakin besar.

4. Level Unicorn

Kasta Unicorn dalam sebuah perusahaan startup sendiri tergolong besar. Karena masih sedikit perusahaan-perusahaan yang bisa menembus level ini.

Unicorn sendiri merupakan istilah yang digunakan untuk perusahaan yang telah memiliki nilai valuasi sebesar 1 miliar dollar atau sekitar Rp 14 triliun.

Di Indonesia sendiri, saat ini terdapat lima perusahaan yang telah berada dalam level Unicorn.

Kelima Unicorn tersebut jika diurutkan berdasarkan besaran valuasi sebagai berikut:

  1. Gojek dengan valuasi USD 10 miliar atau setara dengan Rp141,46 triliun.
  2. Tokopedia dengan valuasi USD 7 miliar atau setara dengan Rp99 triliun.
  3. OVO dengan valuasi USD 2,9 miliar atau setara dengan Rp41 triliun.
  4. Traveloka dengan valuasi USD 2 miliar atau setara dengan Rp28,2 triliun.
  5. Bukalapak dengan valuasi USD 1 miliar atau setara dengan Rp14,14 triliun.

Menurut Ketua Umum Indonesian E-commerce Association (idEA) Ignatius, ada tiga syarat yang dipenuhi untuk menjadi Unicorn. Pertama, startup tersebut harus memiliki transaksi yang besar dengan jumlah putaran uang yang tak kalah besar. Kedua, frekuensi transaksi pun harus besar. Ketiga, luasnya layanan konsumen.

5. Level Decacorn

Level Decacorn sendiri merupakan level bagi perusahaan startup yang memiliki nilai valuasi sebesar 10 miliar dollar setara dengan Rp 140 triliun. Tentu saja perusahaan yang telah mencapai level ini merupakan perusahaan besar.

Selain itu, apabila perusahaan startup telah mencapai level ini, maka akan semakin sulit untuk mencari para investor. Hal ini tentu saja para investor harus memiliki kapasitas dana yang besar.

6. Level Hectocorn

Perusahaan startup yang memiliki level Hectocorn sendiri merupakan perusahaan yang memiliki nilai valuasi sebesar 100 miliar dollar atau sekitar Rp1,400 triliun. Tentu saja perusahaan ini merupakan perusahaan level dunia.

Beberapa perusahaan startup terbesar di dunia yang telah mencapai level Hectocorn, seperti Google, Apple, Microsoft, serta Facebook.

Perusahaan yang mampu mencapai level ini biasanya lahir hanya 1 hingga 3 perusahaan saja untuk setiap tahunnya.

5 Startup terbesar Bergelar Unicorn di Indonesia

startup

Dikutip dari berbagai sumber, berikut ulasan tentang kelima startup asal Indonesia yang telah menyandang gelar Unicorn:

1. Gojek

logo Gojek

Gojek dirintis Nadiem Makariem pada 2010 silam. Perusahaan yang bernaung di PT Aplikasi Karya Anak Bangsa ini merupakan startup asal Indonesia pertama yang menyabet gelar Unicorn. Tidak butuh waktu lama bagi perusahaan aplikasi PT Gojek Indonesia untuk mendapatkan tempat di hati masyarakat.

Gojek pada awalnya fokus di bidang transportasi (GoRide dan GoCar). Kemudian perusahaan aplikasi ini berusaha menuju one-stop service application, yakni pelanggan dapat melakukan pemesanan pelbagai jasa hanya dari satu aplikasi yang mana aneka layanan tersebut bertujuan untuk mempermudah aktivitas pelanggan, seperti GoFood, GoSend, serta GoMassage. Dalam waktu lima tahun, ia berkembang pesat.

Kontroversi mengiringi setiap langkahnya, mulai dari protes oleh pengemudi taksi hingga masalah keamanan dalam aplikasi. Namun, Gojek tetap melenggang.

Langkah Gojek bisa jadi semakin melebar dan bahkan berhasil meraih gelar Unicorn setelah perusahaan itu menerima kucuran dana sekitar USD 550 juta atau setara Rp7,2 triliun dari sejumlah investor pada 4 Agustus 2016. Misalnya, Formation Group, Sequoia Capital India, dan Warburg Pincus.

Bahkan menurut informasi yang dilansir Tech in Asia, Gojek telah mendapatkan pendanaan sebanyak empat putaran pada periode 2015-2017. Namun demikian, tiga di antaranya bersifat tertutup (disclosed). Adapun putaran pendanaan berlangsung pada pertengahan 2016.

Jika menilik tanggal kelahirannya, Gojek menyandang status “Unicorn” setelah sekitar 6 tahun berdiri. Tak berhenti di situ, pada 4 Mei 2017 Gojek kemudian memperoleh suntikan dana tambahan senilai USD 1,2 miliar atau sekitar Rp15,6 triliun dari Tencent Holding dan JD.com. Ini membuat total pendanaan yang sukses diraih Gojek berada di angka USD 1,75 miliar, yang merupakan nilai tertinggi di antara Unicorn Indonesia yang lain.

Gojek pun sudah melebarkan sayapnya ke luar Indonesia, seperti Singapura, Vietnam (dengan nama Go-Viet), dan Thailand (dengan nama Get!).

Kini, Gojek merupakan salah satu aplikasi berbagai tumpangan (ride hailing) terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara. Gojek bahkan juga mengembangkan berbagai layanan lain termasuk dompet digital, yakni Go-Pay.

Rival terbesar Gojek saat ini hanya Grab yang pada tahun lalu mengakusisi Uber.

Hingga saat ini, Gojek sudah menyandang gelar Decacorn, sebutan bagi startup yang memiliki valuasi di atas USD 10 miliar.

2. Tokopedia

Tokopedia lahir setahun lebih awal daripada Gojek, tepatnya pada tahun 2009. Tokopedia adalah perusahaan rintisan yang fokus di bidang e-commerce online-to-offline (O2O).

Tokopedia merupakan salah satu perusahaan startup terbesar yang berdiri di bidang bisnis marketplace, di mana memungkinkan setiap individu, toko kecil, dan brand untuk membuka dan mengelola toko daring.

Startup ini didirikan oleh William Tanuwijaya. Setelah delapan tahun berdiri, Tokopedia menyusul Gojek mendapatkan predikat Unicorn kedua di Indonesia.

Data yang dijabarkan dari Crunchbase mengungkapkan bahwa layanan online market place Tokopedia, kini secara keseluruhan telah memperoleh pendanaan senilai USD 1,347 miliar. Dari angka itu, investasi terbesar dicatatkan pada 17 Agustus 2017 lalu ketika Tokopedia memperoleh dana sebesar USD 1,1 miliar dari Alibaba Group.

Tokopedia memiliki misi “pemerataan ekonomi secara digital” dan kini diklaim telah memiliki lebih dari 90 juta pengguna aktif per bulan dan 6,4 juta penjual. Mereka punya sekitar 150 juta produk, 33 produk digital, dan 50 sistem pembayaran bagi para penggunanya.

E-commerce ini dikabarkan telah memiliki omzet triliunan rupiah setiap bulan. Kini, valuasi Tokopedia tercatat di angka USD 7 miliar atau sekitar Rp99 triliun.

Berdiri sekitar 10 tahun lalu, Tokopedia mendapatkan dukungan dari berbagai investor besar, seperti East Ventures, CyberAgent Ventures, Beenos, Sequoia Capital, dan SoftBank.

3. Traveloka

Menyusul Gojek dan Tokopedia, startup terbesar selanjutnya yang mendapatkan predikat Unicorn adalah Traveloka. Traveloka lahir dari tangan tiga profesional yang bekerja di Microsoft, NetSuite, dan LinkedIn.

Perusahaan startup yang didirikan oleh Ferry Unardi serta dua temannya, yaitu Derianto Kusuma dan Albert Zhang pada tahun 2012 ini memang terbilang masih muda. Perusahaan startup ini berdiri di bidang layanan pemesanan tiket pesawat dan hotel secara daring dengan fokus perjalanan domestik di Indonesia.

Selain menyandang predikat Unicorn dan menjadi startup Indonesia termuda yang mampu meraih gelar Unicorn hingga saat ini, perusahaan rintisan yang fokus di bidang perjalanan dan pemesanan hotel ini, juga diklaim sebagai startup travel Asia Tenggara pertama yang menyandang gelar Unicorn.

Predikat Unicorn itu Traveloka raih selepas Expedia, layanan sejenis (perusahaan di bidang yang sama) yang populer di luar negeri, mengucurkan dana senilai USD 350 juta pada 27 Juli 2017 lalu. Ini membuat Traveloka total telah memperoleh pendanaan sebesar USD 500 juta.

Meskipun menjadi yang ke-3, menilik tanggal peluncuran, Traveloka dapat didaulat sebagai yang tercepat menjadi Unicorn. Gelar Unicorn diperolehnya selepas sekitar 5 tahun berdiri.

Saat ini, Traveloka memiliki sejumlah produk yang bisa melayani kebutuhan end-to-end para pelancong Tanah Air, mulai tiket pesawat, kereta api, bus, sewa mobil, hotel, kuliner, tiket bioskop, hingga kecantikan.

Layanan yang Traveloka sediakan bisa dinikmati di Indonesia, Thailand, Vietnam, Malaysia, Singapura, dan Filipina.

Berdasarkan data CBInsight, saat ini Traveloka memiliki angka valuasi sebesar USD 2 miliar atau setara Rp28 triliun.

4. Bukalapak

Di tempat keempat ada Bukalapak, perusahaan startup yang bergerak di bidang marketplace, yang menyediakan sarana jual-beli dari konsumen ke konsumen.

Startup yang lahir di awal tahun 2010 ini, didirikan oleh Achmad Zaky, Nugroho Herucahyono, dan Fajrin Rasyid.

Bukalapak meraih gelar Unicorn setelah mendapat kucuran dana dari beberapa grup investor besar, salah satunya Elang Mahkota Teknologi atau EMTEK dan 500 Startups.

iPrice Insight mencatat, Bukalapak merupakan e-commerce paling top nomor 2 di Indonesia dari sisi jumlah kunjungan pada data kuartal IV-2018.

Sejak kehadirannya, Bukalapak terus melakukan inovasi, salah satunya dengan membuka kantor terbaru di Bandung, Jawa Barat untuk pusat penelitian dan pengembangan. Selain itu, inovasi teknologi yang bakal dikembangkan di pusat riset ini adalah drone hingga kecerdasan buatan.

Adapun drone yang masih dalam tahap uji coba, nantinya akan digunakan untuk proses pengiriman. Selain itu, Achmad Zaky selaku CEO Bukalapak juga menuturkan dirinya memiliki ide untuk mengembangkan toko ritel tanpa pramuniaga (unmanned retail). Sekadar informasi, unmanned retail merupakan toko tanpa kasir yang seluruh proses pembeliannya dilakukan sendiri tidak dengan bantuan manusia.

Lebih jauh, Bukalapak juga punya layanan untuk membayar pajak kendaraan bermotor Pembayaran pajak ini, dilakukan untuk pemilik kendaraan di daerah Jawa Barat melalui layanan e-Samsat.

Selain itu, Bukalapak sendiri menurut Zaky, sejak awal berkomitmen untuk pengembangan usaha kecil. Namun, saat ini startup yang berpredikat Unicorn itu ingin menjadi perusahaan yang lebih peduli lingkungan.

Yang terbaru, Bukalapak baru saja memperoleh suntikan dana dari perusahaan asal Korea Selatan, Shinhan GIB. Meski tidak disebutkan jumlahnya, suntikan pendanaan ini membuat valuasi Bukalapak diklaim menjadi lebih dari USD 2,5 miliar, sekitar Rp35 triliun.

Dalam sebuah video, Bukalapak mengklaim, sudah memproses ratusan juta transaksi dari jutaan pelapak yang ada di platformnya.

5. OVO

Pada awal 2019, Ketua Umum Indonesian E-commerce Association (idEA) Ignatius Untung telah memprediksi bahwa Unicorn kelima Indonesia berpotensi berasal dari fintech.

Sementara itu, Menkominfo Rudiantara dalam ajang Siberkreasi 2019, menyebutkan bahwa OVO sudah menjadi Unicorn asal Indonesia yang baru.

“Saya sudah bicara dengan founder-nya, dan memang iya (sudah jadi Unicorn). Makanya, saya berani bicara setelah saya konfirmasi,” ujar Rudiantara.

OVO, penyedia layanan pembayaran elektronik besutan Grup Lippo, ditaksir memiliki valuasi sebesar USD 2,9 miliar atau sekitar Rp41 triliun (dengan asumsi kurs Rp14.146/USD) oleh firma analis perusahaan CB Insight. Angka tersebut, menurut CB Insight, sudah dicapai sejak 14 Maret 2018.

Baca Juga: Bahas Tuntas Potensi Startup di Indonesia saat ini

OVO merupakan salah satu startup terbesar layanan dompet digital yang menawarkan kemudahan bertransaksi di sejumlah mitra mereka. Platform ini juga bisa digunakan untuk pembayaran aplikasi Grab.

Jadi, startup bergelar Unicorn mana saja yang telah kamu gunakan?

Semoga setelah membaca artikel ini, kamu tak hanya ingin menjadi pengguna startup saja, tapi juga memotivasi kamu untuk menjadi salah satu pemilik startup besar. Ingat, tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini. Teruslah berusaha!

Continue Reading

Startup

Bahas Tuntas Potensi Startup di Indonesia saat ini

Potensi Startup di Indonesia

Perusahaan rintisan atau startup memiliki potensi atau peluang yang bagus saat ini dan bisa berkembang dengan pesat di negara berkembang seperti Indonesia.

Potensi startup di Indonesia sendiri terbuka lebar salah satunya karena pasar yang cukup besar. Jumlah penduduk Indonesia yang mencapai dua ratus enam puluh empat jiwa dan terus tumbuh tentunya menjadi pangsa pasar tersendiri.

Di Indonesia sudah ada beberapa contoh startup yang sukses menjadi unicorn. Unicorn merupakan istilah untuk perusahaan startup yang memiliki valuasi melebihi 1 miliar dollar Amerika Serikat.

Semakin banyaknya perusahaan startup Indonesia yang sukses membuktikan bahwa potensi pertumbuhannya masih ada.

Potensi Pertumbuhan Startup Di Indonesia

Di tahun 2019, pemerintah melalui Badan Ekonomi Kreatif memproyeksikan pertumbuhan perusahaan startup mencapai 20-30%. Ini didukung dengan permintaan akan solusi bisnis digital, industri, dan sektor lainnya.

Masyarakat Indonesia saat ini semakin banyak yang menggunakan layanan internet.

Ini berkorelasi dengan startup di Indonesia yang rata-rata menggunakan aplikasi berbasis internet. Pengguna internet yang banyak ini menjadi pangsa pasar yang bisa diperebutkan oleh perusahaan startup.

Selain pengguna internet, kelas menengah di Indonesia juga terus tumbuh seiring pertumbuhan ekonomi. Kalangan masyarakat kelas menengah ini merupakan pangsa pasar potensial untuk perusahaan-perusahaan startup.

Masyarakat kelas menengah umumnya sudah mampu mencukupi kebutuhan pokok dan tertarik untuk mencoba produk dan jasa inovatif.

Adanya potensi besar dalam hal pangsa pasar, tentunya harus bisa dimanfaatkan dengan baik oleh para entrepreneur yang ingin mendirikan startup.

Potensi startup di Indonesia yang cukup terbuka lebar harus bisa digunakan oleh pebisnis muda untuk mulai membangun startup inovatif mereka.

Jenis Startup Yang Potensial Di Indonesia

Pangsa pasar yang besar di Indonesia harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, yaitu dengan mendirikan perusahaan startup potensial.

Pendiri startup harus dapat menangkap peluang pasar yang ada. Sebagai bisnis yang mengacu pada masa depan, berarti harus mampu menangkap kebutuhan esok hari. Berikut ini jenis-jenis startup potensial di Indonesia :

1. Hiburan

Internet masih menjadi tempat untuk mencari berbagai jenis hiburan mulai dari video, permainan, musik, cerita, dan lain-lain. Potensi startup di Indonesia yang bertema hiburan masih cukup besar sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Layanan aplikasi bertema hiburan banyak bermunculan namun tak sedikit yang gagal menarik perhatian karena tak mampu memuaskan kebutuhan pengguna. Perlu ada perencanaan yang matang sehingga layanan hiburan yang ditampilkan benar-benar dibutuhkan dan disukai.

2. Pendidikan

Kebutuhan belajar sesungguhnya tak hanya dibutuhkan oleh para pelajar di usia sekolah. Masyarakat umum sebenarnya banyak yang ingin belajar berbagai hal. Layanan pendidikan berbasis aplikasi bisa jadi potensi startup di Indonesia yang menjanjikan.

Pendidikan homeschooling juga saat ini mulai banyak dilakukan di Indonesia sehingga bisa menjadi pendorong layanan pendidikan berbasis internet atau aplikasi. Masalah pendidikan sendiri cukup luas sehingga bisa dicari mana yang benar-benar potensial.

3. Fintech

Layanan finansial berbasis internet dan aplikasi cukup menarik bagi masyarakat Indonesia, tak heran kemudian muncul berbagai perusahaan fintech. Jenis startup fintech sendiri cukup beragam dari layanan pinjaman, pendanaan, pembayaran, pembanding, dan lain-lain.

Meskipun potensial, jenis perusahaan startup berjenis fintech ini cukup diawasi oleh pemerintah. Pengelolaannya harus sesuai dengan aturan sehingga dapat berjalan dengan baik dan tidak malah merugi.

4. Kesehatan

Potensi startup di Indonesia juga ada di bidang kesehatan. Bidang yang satu ini banyak dibutuhkan oleh masyarakat karena cukup penting bagi semua kalangan. Layanan kesehatan berbasis teknologi informasi banyak dibutuhkan masyarakat namun perlu mencari sesuatu yang unik sehingga berbeda dari yang  lain.

Kesehatan selama ini disebutkan sebagai hal yang terpenting bagi manusia selain kebahagiaan. Pelaku bisnis bisa menangkap peluang ini untuk menciptakan startup yang berkaitan dengan kesehatan atau layanan kesehatan.

Tips Mendirikan Perusahaan Startup

Mendirikan Startup

Potensi startup di Indonesia cukup besar sehingga perlu dimanfaatkan dengan optimal. Adanya kemajuan teknologi informasi memudahkan pebisnis pemula untuk membangun perusahaan rintisan tanpa dana yang terlalu besar.

Mendirikan sebuah perusahaan startup perlu mempertimbangkan beberapa hal. Berikut ini tips membangun perusahaan startup potensial:

1. Mengembangkan Sebuah Ide

Mengembangkan sebuah ide lalu merealisasikannya menjadi sebuah startup merupakan modal utama. Sebuah perusahaan rintisan pada intinya harus mampu menyelesaikan masalah orang banyak di masa depan.

Jadi idenya perlu mengacu pada kebutuhan masa depan yang mungkin saat ini belum terpikirkan oleh orang banyak.

2. Mengeksplorasi Pasar

Memahami pasar untuk produk/jasa perusahaan merupakan kunci kesuksesan. Awalnya mulai dengan area yang dikenal terlebih dahulu, seperti lingkungan tempat tinggal atau kota tempat bekerja.

Jangan memulai sesuatu yang tidak familiar dengannya. Pendiri startup perlu memahami perasaan dan kebutuhan dari calon pelanggannya sehingga produk yang diciptakan benar-benar tepat.

3. Cepat Dalam Menghadapi Perubahan

Dunia berubah dengan cepat, apalagi teknologi yang terus berkembang pesat. Saat perusahaan startup mulai didirikan maka perlu secara cepat menangkap perubahan yang terjadi.

Adanya teknologi baru yang bisa dimanfaatkan perlu segera diadaptasi sehingga pelanggan tidak akan beralih ke layanan lain.

Perubahan juga tak hanya berkaitan dengan teknologi, bisa juga berupa peraturan dari pihak pemerintah ataupun kebutuhan masyarakat. Hal tersebut perlu dengan cepat mendapat perhatian dari perusahaan.

4. Kreatif

Pemikiran yang tak biasa juga sangat penting untuk memulai sebuah perusahaan startup. Tak perlu takut untuk berpikir yang di luar kebiasaan saat memulai bisnis. Banyak produk dan jasa sukses yang awalnya disepelekan banyak orang karena tidak umum. Namun kreatifitas tersebut tentunya tetap perlu memperhatikan kebutuhan dan selera pasar.

Baca Juga: Kreatif! Ini Dia Ide Menarik Start Up yang Belum Ada di Indonesia

5. Jangan Lupa Dengan Risiko

Setiap bisnis pasti ada potensi risiko masing-masing dan itu perlu disadari sejak awal. Jika perusahaan sudah memahami risiko yang mungkin terjadi maka sudah seharusnya mencari cara untuk meminimalkannya. Perusahaan harus bisa mencari cara antisipasi untuk setiap risiko yang mungkin akan terjadi.  

Pendanaan Startup Di Indonesia

Mendirikan startup memang bisa dilakukan dengan dana yang kecil terlebih dahulu karena layanannya berbasis aplikasi internet. Namun untuk mengembangkan layanan tersebut sehingga bisa optimal perlu adanya tambahan dana.

Perusahaan startup di Indonesia pun banyak yang mendapat suntikan dana dari eksternal seperti dari investor dalam negeri ataupun asing.

Secara umum pendanaan startup memiliki beberapa fase mulai dari startup tersebut mulai berdiri sampai dengan berkembang menjadi perusahaan besar.  

Tahapan tersebut terdiri dari pendanaan awal, angel investor, venture capital, mezzanine financing & bridge loans, serta yang terakhir yaitu IPO (Initial Public Offering).

Daftar investor startup di indonesia bisa dibaca di artikel kami dengan judul Inilah 5 Investor Startup Indonesia yang Paling Potensial

Setiap tahapan pendanaan tersebut berkaitan dengan pertumbuhan startup menjadi perusahaan yang benar-benar sukses. Saat sebuah startup berhasil laku di pasaran, maka dengan sendirinya banyak investor yang tertarik untuk menyuntikkan dana.

Pada awal berdiri, pendiri bisa menggunakan dana tabungannya sendiri. Setelah itu bisa mencari dana dari orang-orang dekat seperti keluarga atau rekan bisnis. Saat startup mulai sukses berkembang maka investor akan datang karena melihat potensi bisnisnya.

Potensi startup di Indonesia yang masih terus tumbuh bisa dilihat dari banyaknya investor yang tertarik untuk menanamkan dananya.

Pangsa pasar Indonesia yang berlimpah semakin mendorong banyaknya penanam modal yang ingin memberikan pendanaan untuk perusahaan startup. Semoga Bermanfaat.

Continue Reading

Bisnis

Call Center Bukalapak, Toko Online Paling Keren saat ini

Bukalapak

Saat ini, sistem berbelanja online sangat digemari. Alasannya ialah, belanja via internet ini lebih mudah dibandingkan membeli produk melalui toko atau pasar konvensional.

Maka dari itu, hampir semua pengusaha niaga di dunia, memiliki lapak online. Termasuk di Indonesia, yaitu Bukalapak dengan nomor hubung terbaru yang disebut call center Bukalapak.

Semakin meningkatnya animo masyarakat berbelanja di toko online, Bukalapak mulai terkenal dan viral. Karena di sinilah, berbagai kemudahan berniaga disediakan.

Bukan hanya soal kenyamanan dan keamanan dagang, persaingan harga juga signifikan dan lebih menguntungkan pihak pembeli. Bahkan, pedagang yang bergabung memiliki reputasi baik dan terpercaya.  

Sejarah Bukalapak

Bukalapak pertama kali berdiri pada tahun 2010 dengan penggagasnya bernama Achmad Zaky yang berprofesi sebagai divisi agenda digital Suitmedia Jakarta.

Setahun kemudian, badan usaha mulai disahkan sebagai PT dengan manajemen yang masih sederhana dengan Achmad Zaky sendiri menjabat sebagai CEO.

Progres bisnis Bukalapak mulai menguat pada tahun 2012 dan 2014. Karena di kala itu, perusahaan mendapatkan suntikan dana investasi dari perusahaan-perusahaan ternama seperti GREE Ventures, Aucfan, dan IREP.

Karena itu pula, di tahun yang sama, Bukalapak mulai menerbitkan aplikasi atau software khusus android yang diberi nama Bukalapak Mobile.

Visi dari app ini adalah mempermudah proses transaksi jual beli antara pedagang dengan pembeli sekaligus memberikan akses mudah kepada penjual untuk menyimpan dan melihat barang dagangannya secara digital.

Keunggulan Belanja Di Bukalapak

Berbelanja di Bukalapak memiliki keunggulan yang bagus. Bahkan, tidak semua lapak online memiliki keuntungan yang sama. Ini dia beberapa diantaranya, yaitu:

1. Semua Produk Bisa Dinego

Keunggulan yang pertama adalah Bukalapak menyediakan fitur nego. Artinya, pembeli diberi kebebasan untuk menawar hingga mendapatkan harga terbaik. Tentunya, fasilitas ini menguntungkan pembeli.

Selain itu, pihak lapak tidak membatasi penggunaan fitur nego pada produk dan harga tertentu. Semuanya, selama ada di dalam Bukalapak, bisa ditawar hingga deal.

2. Cara Belanja Lebih Mudah

Cara berbelanja online di Bukalapak sangat mudah. Selain, fitur yang lengkap, interface website juga minimalis. Sehingga, pelanggan yang ingin mencari produk, memesan hingga melakukan pembayaran tidak kesulitan.

3. Respon Admin Call Center Bukalapak Sangat Cepat

Keunggulan yang paling mantap adalah admin call center Bukalapak mampu melayani dengan ramah dan cepat. Baik ketika pelanggan menghubungi nomor telepon, maupun yang mengirim messenger melalui facebook dan Email. Itu artinya, segala keluhan pelanggan langsung diwadahi secara baik dan diselesaikan secepatnya.

4. Pembeli Adalah Prioritas Utama

Setiap layanan yang dikenalkan admin Bukalapak, semuanya diprioritaskan untuk kenyamanan pelanggan. Bahkan, pihak developer memberikan potongan sekian ribu untuk ongkos kirim dengan minimal pembelian tertentu.

Selain itu, segala keluhan maupun laporan pelanggan adalah prioritas utama yang akan mendapatkan pelayanan terdepan.

5. Pedagang Memiliki Reputasi Baik dan Terpercaya

Membeli produk di Bukalapak sangat dianjurkan. Pembeli juga lebih aman dari tindakan penipuan. Karena semua pedagang sudah lulus seleksi ketat dan yang memiliki reputasi baik yang bisa berdagang di lapak ini. Artinya, masyarakat bisa berniaga dengan nyaman dan aman.

6. Ada Program Referral

Keunggulan yang terakhir adalah Bukalapak menerbitkan layanan referral. Dengan fitur ini, pelanggan akan mendapatkan bonus jika berhasil mengajak kerabat, keluarga, teman untuk berbelanja di Bukalapak online.

Regulasinya adalah, setiap berbelanja minimal Rp100.000, sang pengajak akan mendapat poin sebesar Rp10.000 yang bisa dikumpulkan dan dibelanjakan kembali di lapak.

Syarat menggunakan layanan ini cukup mudah. Tinggal mendaftarkan saja melalui link referral, bonus akan mengalir terus, selama rekan tetap aktif berlangganan di Bukalapak.

Yang lebih mantap lagi, pelanggan akan mendapatkan kredit poin sebesar Rp10.000 jika ada satu orang yang mendaftar sebagai referral. Tinggal hitung saja, jika berhasil mengajak ratusan orang sebagai referral. 

Call Center Buka Lapak

Image: komunitas.bukalapak.com

Tidak ada satu toko online pun yang tidak pernah mengalami masalah dengan keluhan pelanggan. Begitu juga dengan Bukalapak. Atas dasar itu, nara hubung atau call center terus dibenahi supaya complain tersebut terselesaikan dengan baik. Berikut penjelasan lengkap mengenai call center Bukalapak, yaitu:

Nomor Call

Admin Bukalapak telah mengubah nomor lama dengan call center yang baru. Atas dasar itu, pelanggan harus mengetahuinya supaya komunikasi dengan pedagang dan developer lebih mudah.

Pelanggan tidak perlu khawatir dengan pelayanan call center terbaru. Bahkan, CS siap melayani selama 24 jam nonstop selama satu minggu full tanpa libur. Berikut call center tersebut, yaitu:

No Call: 021-50813333

Twitter: @BukaBantuan

Email: cs@bukalapak.com

Facebook: https://www.facebook.com/bukalapak/

Alamat Kantor Bukalapak

Sebagai toko online yang ikut mempertemukan para pedagang dengan pembeli yang sah, Bukalapak juga mendirikan kantor pusat yang bisa didatangi pelanggan setiap saat. Ini dia alamatnya:

PT Bukalapak.com

Plaza City View Lt. 1

Jl. Kemang Timur No. 22

Pasar Minggu Pejaten Barat Jakarta, Indonesia 12510 Itulah pembahasan tentang sejarah, keunggulan dan call center Bukalapak terbaru. Semoga bisa menjadi rujukan dan pedoman pelanggan ketika berbelanja secara online.

Header Image: bukalapak.com

Continue Reading

TOP STORIES