Connect with us

Tech

Cara Merubah PDF ke JPG, Mudah Banget

Format PDF seringkali tidak bisa dibaca di beberapa perangkat sehingga harus dikonversi dahulu ke format JPEG.

Format JPEG biasanya digunakan pada file gambar atau foto sehingga nantinya jika PDF diubah ke JPEG akan lebih besar.

Bagi yang ingin mengubah file PDF ke JPEG ada beberapa cara merubah pdf ke jpg dan berikut adalah caranya.

1. Menggunakan PDF To JPEG Di Microsoft Store

image: microsoft.com

Aplikasi perubah pdf ke jpg sudah tersedia gratis di Microsoft Store. Cara ini hanya bisa dicoba di Windows 10 dan Windows 8.1 yang mana memiliki toko aplikasi layaknya Google Play Store.

Bagi yang ingin merubah PDF ke JPG dengan aplikasi di Windows Store, berikut adalah cara-caranya.

  • Tekan Windows kemudian ketikkan store dan klik pada tulisan Microsoft Store.
  • Setelah masuk ke Microsoft Store, klik pada tab Apps. Pastikan kamu para pengguna Windows sudah login terlebih dahulu dengan menggunakan akun Microsoft sebelum mencoba cara ini.
  • Klik pada search bar lalu ketikkan PDF to JPEG. Berikutnya pilih yang paling atas yang mana ikonnya bergambar dua panah.
  • Berikutnya setelah masuk ke halaman aplikasi tersebut, klik Get dan tunggu sampai selesai.
  • Klik Launch untuk membuka aplikasi PDF to JPEG. Apabila tombol Launch tidak muncul maka bisa langsung menekan windows kemudian ketik PDF to JPEG dan buka aplikasi tersebut.
  • Setelah aplikasi terbuka, selanjutnya klik Select file dan cari file PDF yang ingin diubah.
  • Berikutnya klik Select folder lalu pilih folder mana yang ingin digunakan untuk menyimpan file JPG. Para pengguna Windows juga bisa membuat folder baru dengan mengklik kanan kemudian pilih New dan Folder.
  • Jika sudah selesai memilih folder, berikutnya klik Convert. File JPG akan dipecah menjadi beberapa halaman tergantung banyaknya halaman dari file PDF yang dikonversi.

2. Menggunakan Adobe Acrobat Pro

image: acrobat.adobe.com

Salah satu aplikasi pembuka file PDF yang digunakan di Indonesia adalah Adobe Acrobat Pro.

Aplikasi ini sangat mudah untuk digunakan serta memiliki fungsi untuk mengubah file PDF ke JPG. Untuk merubah PDF ke JPG dengan Adobe Acrobat Pro, berikut adalah caranya.

  • Buka file PDF yang ingin dikonversi dengan menggunakan aplikasi Adobe Acrobat Pro. Jika hanya ada Adobe Acrobat Pro sebagai pembuka file PDF, maka tinggal klik dua kali pada file PDF. Akan tetapi jika ada aplikasi lain, maka klik kanan pada file PDF kemudian pilih Open With lalu Adobe Acrobat Pro.
  • Apabila file PDF sudah dibuka dengan Adobe Acrobat Pro, selanjutnya klik File pada toolbar dan pilih Save As.
  • Selanjutnya akan muncul jendela untuk menyimpan file. Kemudian ubah tipe file yang sebelumnya PDF menjadi JPEG.
  • Pilih folder untuk tempat file JPG.
  • Klik Save untuk menyimpan file JPG yang dikonversi dari file PDF.

3. Menggunakan Preview Di Mac OS

Untuk yang menggunakan Mac OS, ada salah satu aplikasi yang bisa digunakan untuk merubah PDF ke JPG yaitu dengan menggunakan aplikasi Preview.

Aplikasi tersebut adalah aplikasi bawaan sehingga para pengguna Mac OS tidak perlu mengunduh aplikasi baru. Berikut ini adalah cara merubah pdf ke jpg dengan aplikasi Preview.

  • Buka dock Mac kemudian klik pada ikon Preview.
  • Klik file lalu Open untuk membuka file dan pilih file yang ingin diubah.
  • Jika file PDF sudah terbuka, klik File kemudian Export untuk mengubah file PDF menjadi JPG.
  • Pilih format dan ubah dari PDF ke JPG sama seperti ketika menggunakan cara di atas.
  • Untuk merubah folder tempat file JPG, klik pada Where lalu letakkan pada lokasi yang diinginkan.
  • Berikutnya klik Save dan tunggu beberapa saat dan file PDF sudah berhasil diubah ke JPG.

4. Menggunakan Lightpdf Di Android

image: lightpdf.com

Dalam mengubah file PDF ke JPG di Android, sebenarnya bisa menggunakan aplikasi yang ada di Google Play Store.

Akan tetapi untuk cara ini bisa menggunakan browser yang mana tujuannya tidak membuang kuota untuk mengunduh aplikasinya. Lebih lanjut bisa juga kesini ya: lightpdf.com

Para pengguna Android hanya membutuhkan browser yang sering digunakan misalnya Google Chrome. Berikut ini adalah cara merubah pdf ke jpg dengan menggunakan lightpdf.

  • Buka browser yang sering digunakan kemudian ketikkan lightpdf.com pada kolom alamat.
  • Gulir ke bawah kemudian klik pada pilihan Convert to PDF. Berikutnya akan muncul beberapa pilihan dan untuk mengubah ke JPG klik PDF to JPG.
  • Klik Choose file dan kemudian cari file PDF yang ingin diubah.
  • Jika sudah ditemukan pilih file PDF tersebut dan secara otomatis browser akan langsung mengkonversi file tersebut.
  • Hasil file JPG yang dikonversi akan dimasukkan dalam file ZIP dan harus diekstrak. Klik file ZIP tersebut dan secara otomatis file akan diunduh ke hp.
  • Buka file yang sudah didownload kemudian ekstrak ke folder yang diinginkan.

Jadi Intinya Ketika kamu ingin file PDF ingin dibaca tanpa menggunakan aplikasi lain, maka bisa dilakukan dengan cara mengubahnya ke file JPG.

Header Image: Pixabay

Mendirikan situs income.id sebagai perwujudan pengabdian kepada bangsa dan negara indonesia melalui media yang informatif dan edukatif

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tech

Pusing Kelola Banyak Blog? Jasa Penulis Artikel Berkualitas Solusinya

Bagi Kamu yang pusing kelola banyak blog sekaligus, Saat ini ada penyedia jasa penulis artikel yang akan mengatasinya. Mengelola blog atau pun website sebenarnya mudah untuk Kamu lakukan sendiri. Tetapi Kamu harus rutin menyajikan artikel menarik sesuai tema blog.

Melakukan hal seperti ini mungkin akan mudah bila hanya menulis sembarangan. Namun untuk penulisan artikel yang bagus guna mengelola blog Kamu tetap pada posisi teratas tidak lah seperti itu. Ada sebuah aturan yang harus Kamu penuhi untuk bisa melakukannya.

Aturan tersebut tidak lain adalah Yoast SEO yang pastinya tidak asing untuk Kamu. Penulisan model ini membutuhkan sistematika lebih lanjut agar mampu menjaring banyak viewer ke blog Kamu. Apakah kamu tertarik untuk mempelajarinya? Bila tertarik, simak ulasan lebih lanjutnya berikut.

Konsep Penulisan Yoast SEO yang Baik dan Benar

Konsep penulisan Yoast SEO sebenarnya tidak lah sulit untuk Kamu lakukan. Disini yang akan kita bahas adalah mengenai tulisan Yoast SEO atau SEO Onpage. Jadi untuk urusan Indexing dan SEO Offpage kami anggap Kamu sudah menguasainya.

Untuk konsep penulisan Yoast SEO adalah intinya anda membuat artikel dengan standarisasi yang diterapkan oleh mesin google. Disini hanya berlaku untuk mesin google dan tidak berlaku untuk mesin pencarian lainnya. Guna bisa membuat penulisan Yoast SEO yang baik kamu harus paham akan permasalahan.

Dari permasalahan tersebut, Kamu harus merumuskan suatu kata kunci yang akan dimasukan dalam artikel. Usahakan untuk mencari kata kunci yang sekiranya akan mudah dijangkau oleh banyak orang (Pembaca). Ada banyak situs pembantu untuk mencari kata kunci, jadi Kamu bisa memanfaatkan situs tersebut.

Sesudah Kamu membuat kata kunci utama, turunkan kata kunci tersebut agar artikel Yoast SEO Kamu mampu meraup lebih banyak pembaca. Untuk penurunan kata kunci SEO, usahakan untuk tidak menggunakan kata yang persaingannya ketat agar lebih mudah.

Bagaimana masih mau melanjutkannya? Tidak hanya melakukan dua hal tersebut saja. Kamu masih harus melakukan penulisan artikel Yoast SEO yang terkesan natural agar pembaca tidak mudah bosan. Makin banyak pembaca tertarik membaca artikel Kamu akan membuat peringkat blog makin melegit.

Kamu pun masih harus melakukan cek typo serta plagiarism agar membuat tulisan yang dihasilkan setara dengan penyedia jasa penulis artikel berkualitas negeri ini. Barulah Kamu bisa posting artikel pada blog untuk dipertontonkan kepada khalayak umum khususnya pembaca.

Jasa Penulis Artikel AndreTron Mampu Tangani Semuanya

Bagi Kamu yang merasa kesulitan harus membuat artikel setiap hari untuk banyak blog. Tidak usah kawatir karena sekarang sudah ada AndreTron yang akan membuat Kamu bisa bersantai sambil menikmati hasil dari blog.

Melalui bantuan dari salah satu penyedia artikel berkualitas yang sudah berdiri sejak tahun 2018. Kamu pun akan mendapatkan harga artikel yang terjangkau untuk kualitas artikel Yoast SEO yang berkualitas pada kisaran puluhan ribu rupiah saja.

Baca Juga: Aplikasi Edit Foto Terbaik Untuk Hasil Foto Yang WOW

Bahkan ada pilihan artikel bahasa Indonesia dan Inggris yang bisa Kamu pilih. Dengan mempekerjakan penulis profesional yang sudah malang melintang dalam dunia penulisan Indonesia. Dijamin semua tulisan yang akan Kamu order akan selesai tepat waktu dengan kualitas wahid.

Makanya buruan pesan artikel dari AndreTron supaya blog kamu makin ramai dikunjungi banyak orang. Untuk proses pemesanan, Kamu bisa langsung menghubungi costumer service dari AndreTron.com. Bila lebih cepat, Kamu akan mendapatkan potongan harga jasa penulis artikel melalui pengorderan sistem paket.

Continue Reading

Apps

Aplikasi Edit Foto Terbaik Untuk Hasil Foto Yang WOW

(Foto: Nefriz Youtube Channel)

Foto merupakan suatu hal yang sangat bermanfaat bagi masyarakat. Dengan tujuan untuk mengambil gambar pada momen tertentu yang dianggap penting.

Di mana foto tersebut nantinya akan diingat kembali di waktu yang berbeda. Namun hasil foto tersebut masih akan di edit menggunakan aplikasi edit foto terbaik baik di android maupun komputer. Sehingga nantinya bisa mendapatkan hasil yang lebih bagus.

Karena pada dasarnya tidak semua kamera yang digunakan bisa menghasilkan gambar yang sesuai dengan keinginan seseorang. Maka dari itu diperlukan suatu kreatifitas untuk menjadikan foto tersebut lebih bagus. Di mana kreatifitas yang dimaksud ini adalah dengan edit foto meskipun dengan aplikasi tertentu.

Berikut dilansir dari ponseloka.com paparan mengenai aplikasi edit foto terbaik untuk hasil foto yang lebih bagus dan wow!

1. VSCO Cam

VSCO Cam merupakan aplikasi yang paling populer digunakan untuk edit foto seseorang. Selain itu, aplikasi edit foto yang satu ini biasanya dijadikan sebagai aplikasi andalan di kalangan photographer.

Mengapa demikian ? Karena banyaknya tawaran filter yang telah disediakan. Sehingga hasil gambar bisa menjadi lebih baik dari hasil sebelumnya. Bukan hanya itu, rancangan aplikasi ini untuk meniru film analog.

2. Adobe Photoshop Express

Aplikasi Adobe Photoshop merupakan sebuah aplikasi edit foto terbaik yang bisa digunakan di smartphone maupun komputer. Selain itu, cara penggunaan aplikasi ini juga sangat mudah meskipun menggunakan di smartphone atau komputer.

Banyak pula fitur yang disediakan sehingga foto bisa tampak lebih elegan. Untuk fitur tersebut seperti adanya crop, straighten, rotasi, dan masih banyak lagi.

3. Prisma Photo Editor

Prisma Photo Editor hampir sama dengan aplikasi VSCO Cam yang juga sangat populer khususnya pengguna smartphone. Banyak keunggulan yang dimiliki dari aplikasi edit foto yang satu ini antaranya bisa mendeteksi objek yang ada di foto.

Selain itu, memiliki juga banyak pilihan  filter untuk para pengguna. Cara penggunaan aplikasi ini juga sangatlah mudah dan membutuhkan koneksi internet.

4. Canva

Canva merupakan edit foto yang memiliki banyak kegunaan untuk para pengguna. Di mana aplikasi edit foto ini sudah menyediakan banyak templates untuk menghasilkan edit yang keren. Selain itu, melalui aplikasi ini seseorang bisa mendesain sesuai dengan keinginan yang disertai quotes. Ada pula edit gif yang sangat keren disediakan dan ditujukan oleh para pemilik instagram.

5. Snapseed

Selanjutnya adalah aplikasi edit foto yang dinamakan Snapseed. Seperti dengan aplikasi edit foto lainnya yang juga menyediakan berbagai banyak fitur dan juga filter.

Cara penggunaannya juga sangat gampang dan mudah dengan memanfaatkan 28 jenis fitur yang berbeda-beda. Untuk pecinta konten visual vintage ada fitur khusus yang disediakan sesuai dengan keinginan yaitu fitur grain dan fitur retrolux.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Uang Dari Youtube, Sangat Mudah lho

6. PicsArt

PicsArt merupakan aplikasi yang sangat populer dan banyak diunduh oleh masyarakat. Di mana aplikasi ini juga banyak menyediakan fitur yang berbeda dan dijadikan sebagai sebuah pilihan.

Untuk fitur tersebut seperti borders, clipart, crop, rotate, text effect, dan lain sebagainya. Namun untuk mendapatkan hasil foto yang lebih keren lagi sudah disediakan fitur magic effect.

Itulah beberapa aplikasi edit foto terbaik dengan cara penggunaan yang sangat mudah digunakan. Berbagai aplikasi tersebut memang sudah sangat banyak digunakan oleh masyarakat untuk edit foto.

Selain itu, bisa juga digunakan di smartphone maupun perangkat komputer. Bukan hanya itu, berbagai efek yang telah ditawarkan tersebut dijadikan sebagai pendukung untuk hasil yang keren.

Continue Reading

Apps

Cara Mendapatkan Uang Dari Youtube, Sangat Mudah lho

Cara Mendapatkan Uang Dari Youtube, Sangat Mudah lho

Di era milenial semacam ini, pekerjaan yang berbau kreatifitas dan digital agaknya memang sedang marak salah satunya demam menjadi youtuber. Pekerjaan menjadi youtuber saat ini seolah banyak dilirik oleh banyak orang karena digadang mampu menghasilkan banyak uang, mungkin termasuk kamu. Bagi yang penasaran dengan cara mendapatkan uang dari Youtube, simak artikel ini sampai habis.

Bekerja menjadi youtuber memang mampu mendatangkan pundi-pundi uang bagi pelakunya, hal ini dikarenakan adsense yang didapatkan. Sama halnya dengan bekerja kantoran, youtuber yang chanelnya sudah naik akan mendapatkan gaji atau bayaran dari pihak Youtube. Apalagi mengingat Youtube saat ini seolah sudah menyaingi keberadaan dan acara-acara yang ada di televisi dengan menjadi platform nomor 1.

Selain itu menurut survei yang sudah dilakukan oleh Penyelenggara Jasa Internet Indonesia, masyarakat Indonesia memang gemar menonton video. Video itu tentu saja berasal dari channel dan kanal-kanal yang ada di Youtube, jadi menjadi youtuber ini menguntungkan ya. Berikut adalah ulasan mengenai cara mendapatkan uang dari youtube bagi yang ingin menjadi youtuber dan berkecimpung didalamnya.

Semua Bisa Menghasilkan Uang Dengan Membuat Konten di Youtube Lho!

Tidak seperti pekerjaan umumnya yang ada di kantoran atau perusahaan yang pegawainya dipekerjakan sesuai kebutuhan dengan kualifikasi tertentu. Sama halnya dengan menjadi artis dan tampil di televisi pun demikian kan? Diperlukan casting dan tata cara panjang. Namun pada platform Youtube ini semua orang bisa menghasilkan uang dengan membuat suatu channel yang dipublikasikan. Apakah kamu mulai tertarik? Pasti sangat ingin mengetahui cara mendapatkan uang dari youtube yang akan di bahas selanjutnya.

Para  youtuber bisa melakukan perekaman video chanelnya secara mandiri sehingga tidak perlu casting atau proses yang rumit. Jika kamu menjadi Youtuber, maka memiliki kebebasan pemilihan  tema apa yang akan diangkat dalam video. Meski memang ada beberapa proses seperti editing yang harus dilakukan secara mandiri, namun itu bukanlah masalah besar.

Setelah pengeditan maka proses selanjutnya adalah mengunggah video dan mendapatkan banyak viewers atau subscriber maka pihak Youtube akan melakukan verifikasi. Kemudian pencarian dana dari adsense video biasanya diberlakukan aturan tertentu. Namun pada intinya semua orang bisa mendapatkan uang dari Youtube tidak terkecuali asal memiliki konten menarik.

Tidak Perlu Menunggu Jutaan Subscribe Untuk Mendapatkan Adsense

Banyak yang mengatakan bahwa untuk mendapatkan uang dari Youtube harus menghasilkan dan memiliki banyak subscriber sampai jutaan. Itu jelas salah besar! Para youtuber pemula tetap bisa mendapatkan uang dari Youtube asalkan sesuai ketentuan yang ada. Pada kenyataannya setiap channel pasti melalui perkembangan yang ada pada posisi micro sebelum merambah ke posisi macro.

Jadi bagi youtuber pemula dan yang baru ingin memulai bekerja dan berbisnis di Youtube tidak perlu khawatir. Pelaku Youtube pemula bisa juga memanfaatkan kerjasama bersama suatu brand yang membutuhkan promosi skala kecil. Hal ini tentu akan meningkatkan adsense, viewers bahkan subscriber para youtuber pemula! Ketahui secara detail cara mendapatkan uang dari youtube untuk pemula di bawah ini.

Bagaimana Cara Mendapatkan Uang Dari Youtube?

Setelah menilik sekilas mengenai ulasan singkat tentang pelaku youtube dan jumlah subscriber, mari berpindah pada ulasan selanjutnya. Berikut akan diulas mengenai bagaimana cara mendapatkan uang dari Youtube, yang bisa dilakukan sendiri.

1. Membuat Konten Yang Cocok Dengan Passionmu

Ada banyak sekali konten yang bertebaran di jagad maya dan dunia youtube seperti berbasis kecantikan dan fashion, makanan dan traveling. Namun masih banyak pula chanel yang memilih konten bertema edukasi, teknologi, entertainment bahkan game. Lakukan pembuatan tema dan konten yang sesuai dengan karakteristik untuk memudahkan pengelolaan ke depannya.

Jangan buat suatu konten yang mungkin tidak dikuasai karena hal itu akan mengganggu penyampaian dan minat dalam membuat konten. Jika memang suka jalan-jalan murah bisa membuat konten jalan-jalan dengan budget pas-pasan yang menarik. Atau bagi perempuan yang suka beauty dan fashion bisa membuat banyak konten mengenai tips dan trik berpakaian.

Pastikan konten yang dibuat dibarengi dengan editing yang mumpuni atau penyampaian yang jelas untuk menarik animo penonton. Bagi yang memiliki ketertarikan pada banyak hal dan bingung dalam pemilihan tema, bisa melakukan riset pasar. Riset pasar dan kesukaan akan suatu konten bisa dijadikan pijakan dalam membuat konten Youtube sendiri.

2. Membuat High Retention Youtube Pada Konten

Adakah yang sudah mengetahui istilah dari high retention Youtube? Mungkin istilah ini masih cukup asing bagi banyak youtuber. High retention sendiri merupakan pengertian dari rata-rata presentasi video yang diunggah untuk ditonton. Misalnya saja, yotuber membuat konten review makanan selama 10 menit, namun penonton hanya menontonnya selama 5 menit.

Hal ini memiliki arti bahwa retensi video ditonton hanya ada pada nominal 50 persen saja dan ini cukup berarti kurang baik. Bagaimanapun Youtube akan mengutamakan video dengan retensi yang baik dan seberapa lama orang-orang bertahan di platformnya. Usahakan untuk memiliki retensi besar untuk memungkinkan channel anda muncul pada pencarian teratas Youtube.

Maka dari itu usahakan untuk selalu membuat video yang menarik dengan mengedepankan kualitas dan kebutuhan penonton. Youtuber bisa melakukan survei minat kira-kira konten apa yang sedang naik dan menarik minat penonton. Semakin tinggi retensi, semakin kemajuan channel bisa didapatkan! Inilah cara mendapatkan uang dari youtube yang bisa dilakukan

3. Memahami Faktor-Faktor Menaikan Ranking Youtube Untuk Konten Anda

Selain tingginya retensi sebagai jalan untuk menaikkan konten di ranking Youtube ada beberapa faktor lain yang dibutuhkan. Faktor tersebut meliputi komentar dan seberapa banyak share yang dilakukan atas video yang dibuat. Semakin banyak komentar yang dituliskan pada suatu konten atau video maka video itu akan semakin naik dalam rangking pencarian.

Namun tentu saja tidak semua orang ingin menuliskan komentar dan men-share video atau konten tertentu bukan? maka dari itu mintalah. Lakukan promosi pada awal dan akhir video untuk mengingatkan penonton berkomentar atau melakukan share video. Atau buatlah suatu pertanyaan dan diskusi yang memancing penonton untuk meninggalkan komentar pada video yang dibuat.

4. Perhatikan Durasi Atas Video Yang Dibuat, Agar Konten Menjadi Menarik

Seperti halnya konten yang menarik, jumlah durasi pada video juga mempengaruhi minat dan atensi dari penonton. Membuat video memang harus pintar dan lugas, jangan buat video dengan panjang yang berlebihan dan informasi yang bertele-tele. Namun juga jangan melakukan hal sebaliknya dengan mengunggah video berdurasi sangat pendek.

Buatlah konten yang berkualitas dengan kelengkapan informasi yang mampu menarik minat viewer. Meski sebenarnya durasi panjang tidak akan menjadi masalah, selama memang kualitas dan informasi yang diberikan tidak berputar-putar. Maka dari itu pastikan kualitas bahasan dan kualitas pengambilan gambar untuk mempengaruhi durasi video yang akan diunggah.

5. Buat Optimasi Judul Dengan Isi Konten Itu Sendiri

Dalam mengelola sebuah channel dan konten Youtube first impression selalu menjadi hal penting, karena itulah yang bisa menarik minat seseorang. Kesan pertama yang baik harus dihadirkan dengan kesesuaian judul dengan isi konten. Sebaiknya jangan berusaha menarik viewers dengan melakukan click bait atau judul dan isi konten yang tidak berhubungan karena viewer akan kecewa.

Selain itu youtuber juga bisa menarik animo penonton dengan memberikan kata-kata penarik minat seperti hebat, mantap, menarik dll. Jangan lupa untuk membuat deskripsi video pada deskripsi box untuk membuat penonton setidaknya mendapatkan gambaran dan ulasan info atas konten yang dibuat. Jika menggunakan beberapa laman terusan, bisa memberikan deskripsi laman yang maksud pada deskripsi box. Cara mendapatkan uang dari youtube ini pasti akan berhasil mendatangkan banyak viewer dan suscriber.

6. Jangan Lupa Promosikan Konten Dan Buat Tag Menarik

Selanjutnya agar adsense dan uang dari Youtube semakin mengalir, buatlah promosi konten pada social media.  Jangan lupa untuk memanfaatkan tag yang sedang naik daun atau menarik untuk digunakan. Tidaklah sulit membuat konten yang menarik, asal mau fokus dan belajar  maka adsense akan semakin banyak yang didapatkan.

Diatas adalah ulasan mengenai cara mendapatkan uang dari youtube tentunya dengan membuat konten yang menarik. Lakukan tips dan arahan diatas untuk membuat Youtube anda semakin dikenal untuk mendapatkan adsense yang besar. Terus berpikir dan berlaku kreatif untuk menghasilkan konten menarik sebagai salah satu cara mendapatkan uang dari youtube.

Continue Reading

TOP STORIES