Connect with us

Bisnis

Cara Mengurus Surat Izin Usaha Beserta Syaratnya, Lengkap!

Saat seseorang ingin memulai bisnis atau usaha, maka wajib baginya untuk tahu cara mengurus surat izin usaha perdagangan (SIUP). SIUP berguna agar pemerintah dapat memantau dan memberi fasilitas kepada pemilik UMKM secara legal. Dengan adanya SIUP berbagai permasalahan persoalan UMKM juga dapat teratasi, misalnya adanya usaha liar, pemilik yang melanggar wajib pajak, dan risiko lainnya.

SIUP juga terbagi menjadi 3 golongan. SIUP Besar untuk pemilik modal lebih Rp500 juta, SIUP Sedang dengan modal Rp200 – Rp500 juta dan SIUP Kecil dengan modal Rp200 juta ke bawah. Mengurus surat izin usaha juga tak bisa sembarangan, ada prosedur tertentu untuk dapat memiliki surat tersebut. Berikut cara mengurus surat izin usaha beserta syaratnya secara lengkap!

Syarat-Syarat Mendapatkan SIUP

Sebelum membuat SIUP, alangkah baiknya untuk melengkapi prosedurnya secara administrasi terlebih dahulu, berikut adalah syarat SIUP Berdasarkan jenis usaha:

1. Perusahaan Perseorangan

Perusahaan perseorangan cukup mudah dibuatkan SIUP dibanding perusahaan lainnya. Adapun berkas yang perlu dipersiapkan adalah antara lain:

  • Fotocopy E-KTP dan aslinya dari pemegang modal atau pemilik saham perusahaan
  • Fotocopy NPWP dan kartu aslinya
  • Surat keterangan domisili atau SITU
  • Materai Rp 6000 atau yang berlaku
  • Neraca keuangan atau laporan keuangan perusahaan
  • Pas foto direktur utama atau pemegang saham dengan ukuran 4×6 sebanyak 2 lembar
  • Kelengkapan izin lainnya yang berdasar pada jenis usaha yang dimiliki.

2. Perusahaan Perseroan Terbatas / PT

Syarat mengurus SIUP untuk PT sedikit berbeda dengan pengajuan perseorangan, lalu apa saja yang harus dilengkapi terlebih dahulu? Berikut adalah syarat yang harus dipersiapkan:

  • Fotocopy E-KTP dan aslinya dari direktur utama perusahaan atau pemilik sumber modal
  • Bagi perusahaan yang memiliki penanggung jawab perempuan, maka yang harus dipersiapkan adalah fotocopy kartu keluarga dan aslinya
  • Surat asli NPWP dan fotocopynya
  • Surat keterangan domisili atau SITU
  • Fotocopy akta pendirian PT dan aslinya yang telah disahkan oleh Kemenkumham
  • Surat izin prinsip
  • Surat izin gangguan (HO)
  • Neraca keuangan perusahaan
  • Materai Rp 6000 atau yang berlaku serta foto penanggung jawab perusahaan atau direktur utama ukuran 4×6 sebanyak 2 lembar.

3. Koperasi

Jika mendirikan sebuah usaha berbentuk koperasi, maka administrasi surat izin usaha yang dibutuhkan juga berbeda dengan kedua di atas. Berikut syarat yang perlu untuk disiapkan:

  • Fotocopy E-KTP dan aslinya dari dewan pengurus dan dewan pengawas
  • Menyiapkan Fotocopy NPWP dan aslinya
  • Fotocopy akta pendirian koperasi dan aslinya
  • Daftar nama susunan dari dewan pengurus dan pengawas
  • Fotocopy surat keterangan domisili
  • Laporan keuangan
  • Materai Rp 6000 atau yang berlaku serta foto direktur utama dan penanggung jawab ukuran 4×6 sebanyak 2 lembar

4. Perusahaan Perseroan Terbuka / Tbk

Syarat administrasi pembuatan SIUP untuk Perseroan Terbuka juga berbeda. Jika seseorang membuka usaha dengan bentuk tbk maka berikut adalah persyaratan administrasi yang harus disiapkan :

  • Fotocopy E-KTP dan aslinya dari direktur utama dan penanggung jawab
  • Menyiapkan fotocopy SIUP yang dimiliki oleh perusahaan sebelum menjadi Perseroan Terbuka
  • Fotocopy akta notaris dari pendirian dan perubahan perusahaan, serta surat persetujuan perubahan perusahaan oleh Departemen Hukum dan Ham
  • Surat keterangan dari Badan Pengawas Pasar Modal
  • Fotocopy Surat Tanda Penerimaan Laporan Keuangan Tahunan Perusahaan di tahun pembukuan akhir
  • Pas foto dari direktur utama dan penanggung jawab dengan ukuran 4×6 sebanyak 2 lembar
  • Apabila tempat usaha bukan milik sendiri, perlu melampirkan surat izin pemilik yang membuktikan dibolehkannya tempat tersebut sebagai tempat usaha dengan tanda tangan materai.

Prosedur / Cara Pembuatan SIUP

Cara mengurus surat izin usaha dapat dilakukan secara online maupun offline. Untuk offline seseorang dipersilahkan untuk datang ke kantor dan membawa syarat administrasi, dan untuk online terintegrasi dengan layanan Online Single Submission. Berikut adalah persyaratan untuk mengurus SIUP online :

  • Membuat akun user ID dengan membutuhkan NIK
  • Jika badan usaha milik negara wajib mempersiapkan dasar hukum dari pembuatan usaha
  • Jika badan usaha bentuk CV, PT, Koperasi dsb. Harus memiliki pengesahan dari Kemenkumham.

Setelah melengkapi syarat di atas, langkah berikutnya adalah membuat akun di OSS. Berikut adalah prosedurnya :

1. Badan Usaha

Jika perusahaan berbentuk badan usaha, maka user ID harus menggunakan NIK dari penanggung jawab usaha dan melengkapi semua kolom registrasi yang ada. Setelah melakukan registrasi, maka sistem akan memberikan dua kali email untuk verifikasi akun. Setelahnya akan dikirim user ID dan password sementara untuk memasuki sistem.

2. Perorangan

Jika perusahaan berbentuk perorangan, maka user ID menggunakan NIK pribadi pemilik. Silakan mengisi form registrasi yang ada, lalu cek email untuk melakukan verifikasi data OSS yang telah dibuat. Setelahnya, email dan password sementara akan dikirim ke email pemilik, silakan gunakan email dan password tersebut untuk memasuki sistem.

Seperti itulah cara mengurus surat izin usaha beserta syaratnya secara lengkap. Jadi, bagi yang ingin memulai usaha, pastikan untuk mengurus surat izin usaha tersebut guna keberlangsungan usaha yang dimiliki. Dan bagi yang telah memiliki usaha dan surat izinnya, pastikan untuk selalu memperpanjang masa berlakunya.

Strategi Pemasaran

Strategi Optimasi Pemasaran Produk Fashion Kekinian

optimasi pemasaran produk fashion

Melakukan optimasi pemasaran produk fashion kekinian sekarang dapat dilakukan oleh pengusaha dengan berbagai macam strategi. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan perkembangan teknologi laiknya website berbasis SEO dan aneka sosial media populer, yang tengah booming di masyarakat. Penasaran bagaimanakah caranya? Ikuti saja ulasan menarik yang telah disajikan di bawah ini!

1. Kenali Target Produk

Pertama yang harus dilakukan sebagai langkah optimasi pemasaran produk fashion kekinian adalah mengenali target pasarnya. Secara sederhana terkait penargetan ini dapat melihat pada sejumlah pertimbangan, yang terdiri atas: 

  • Tingkatan harga, yang memberi gambaran apakah produk fashion ditujukan untuk kalangan bawah, menengah, atau kalangan atas; 
  • Rentang usia, yang berkenaan dengan sasaran spesifik terkait produk fashion semisal baju untuk anak, pakaian remaja, atau busana pria dan wanita dewasa; 
  • Berdasar fungsional, ini menekankan tujuan pemasarannya nanti akan di arahkan ke mana, apakah ke komunitas hoby, fans grup tertentu, atau yang lainnya; serta
  • Sejumlah pertimbangan lain terkait target pemasaran yang disesuaikan dengan masing-masing produk fashion yang ditawarkan. 

2. Update Variasi Trend Produk Fashion 

Selanjutnya penting juga mengupdate variasi produk fashion yang ditawarkan agar konsumen tidak merasa bosan. Yakni dengan melakukan tindakan-tindakan seperti: 

  • Menyimak trend fashion yang tengah berkembang di masyarakat untuk dijadikan pedoman dalam menawarkan produk terbaru; 
  • Memunculkan inovasi produk fashion sendiri agar terkesan lebih segar di mata para konsumen; 
  • Menjalankan sortir terhadap produk-produk yang telah lama dipajang namun tidak memberikan dampak positif dalam pemasaran; 
  • Memberikan diskon spesial untuk menghabiskan stok lama; dan 
  • Cara kreatif lain yang bertujuan agar stok bisa segera diperbarui. 

3. Manfaatkan Sosial Media Marketing

Keberadaan sosial media saat ini memegang peranan penting bagi kehidupan termasuk dalam hal ekonomi. Melihat hal itu, sebenarnya bisa dimanfaatkan sebagai optimasi pemasaran dengan mengikuti trend di sosial media seperti: 

  • Mengunggah foto produk dengan ulasan semenarik mungkin agar menarik minat pembeli; 
  • Membuat konten video pendek yang sedang tenar di kalangan masyarakat, misalnya menggunakan apk video itu untuk menawarkan produk fashion terbaru atau aksesoris seperti premium watch brands dengan lebih seru; 
  • Menciptakan fanpage atau grup yang lebih dekat menjangkau para konsumen tertentu; 
  • Menyebar katalog produk berisi koleksi dan diskon terbaru; dan 
  • Berbagai trik lain berkenaan dengan konten di sosial media yang dapat mengoptimalkan pemasaran. 

4. Optimalkan Website Berbasis SEO

Keempat, upaya optimasi pemasaran produk kekinian juga bisa didapatkan dengan cara pengembangan website berbasis SEO atau sesuai algoritma mesin pelacak Google. Cara ini banyak dipakai karena menawarkan hasil yang menggiurkan. Namun sayangnya, tidak mudah dilakukan oleh para pemula sehingga memerlukan bantuan jasa pembuatan website agar hasil optimasi yang didapat sesuai harapan. 

5. Tingkatkan Layanan Konsumen 

Responsibility atau kecepatan seorang penjual dalam memberikan respon pada para konsumen sangat menentukan goal transaksi. Lantaran, rata-rata konsumen bertransaksi berdasarkan emosi yang hanya bertahan selama waktu tertentu saja. Tanpa pemberian respon yang cepat dan tepat maka besar kemungkinan transaksi produk fashion akan mengalami kegagalan akibat pembatalan dari pihak konsumen. 

Nah, itulah tadi sejumlah informasi penting dan menarik terkait strategi optimasi pemasaran produk fashion kekinian yang dapat dihadirkan. Bagaimana? Sudah siap untuk melakukan pengembangan usaha dunia fashion melalui berbagai cara kreatif yang disebutkan di atas? Baiknya jangan berpikir terlalu lama! Segeralah bertindak, agar pengembangan usaha yang diimpikan segera dapat terwujudkan!

Continue Reading

Strategi Pemasaran

7 Cara Mempromosikan Produk di Sosmed dan Menarik Banyak Orang

Cara Mempromosikan Produk di Sosmed

Sosial media menjadi salah satu tempat dimana pemilik bisnis bisa berhubungan langsung dengan pelanggan target. Saat ini, sudah banyak perusahaan yang memulai social media marketing karena tergolong murah dan bisa menjangkau lebih banyak orang. Tetapi banyak yang masih belum mengerti bagaimana cara mempromosikan produk di sosmed dengan benar.

Sebelumnya, karena nyaris seluruh perusahaan dan bisnis menyadari hal ini, kompetisi dalam promosi produk lewat sosmed semakin meningkat. Ini adalah hal penting bagaimana seseorang harus mampu bersaing dengan beberapa teknik dan mengikuti trend secara konsisten. Berikut ini beberapa teknik yang bisa dipakai dalam promosi produk:

1. Jalankan Perlombaan

Salah satu cara untuk mempromosikan produk secara halus adalah dengan membuat suatu perlombaan berkaitan dengan produk. Cara mempromosikan produk di sosmed ini merupakan metode promosi yang tidak secara langsung melakukan promosi. Melakukan perlombaan di sosmed akan menarik banyak audiens dan kesadaran terhadap produk.

Jalankan perlombaan menggunakan suatu hal yang sedang trend saat ini misalnya lewat media IG atau Tiktok. Perlombaan perlu dibuat sesederhana mungkin, seru, serta punya tawaran hadiah menarik agar semakin banyak peserta. Ini adalah trik untuk menciptakan loyalitas pelanggan untuk keuntungan perusahaan dalam jangka panjang.

2. Gunakan Newsletter dan Email Signature

Salah satu pendekatan secara langsung yang akhir-akhir ini menjadi populer adalah pendekatan lewat newsletter melalui email. Promosi melalui newsletter ini mengharuskan promotor memiliki kolom tersendiri supaya pelanggan mau menyerahkan alamat email mereka. Di dalam newsletter bisa berisikan foto produk terbaru dan penjelasan-penjelasan menarik.

Saat mengirim newsletter, selalu pastikan ada link yang mengarahkan pembaca mengunjungi laman pembelian secara langsung. Tambahkan juga email signature, tanda tangan atau logo khusus perusahaan di badan email yang sudah di hyperlink dengan website utama.

3. Iklankan Produk di Sosmed

Selanjutnya cara mempromosikan produk di sosmed dengan tujuan menjangkau lebih banyak orang adalah dengan melakukan promosi berbayar. Dengan mengiklankan produk, ada kesempatan untuk menjangkau lebih banyak orang dengan ketertarikan pada produk-produk sejenis.

Akan tetapi untuk akun bisnis biasanya akan terjadi penurunan interaksi secara alami karena audiens yang sering menghiraukan postingan bisnis. Perlu upaya lebih untuk memastikan produk milik perusahaan bisa muncul dan dilihat oleh target audiens. Ketika terjadi peningkatan jangkauan melalui iklan, ada juga potensi kenaikan prospek produk.

4. Gunakan Call to Action (CTA) dan Interaksi

Menarik perhatian pelanggan tidak hanya bisa melalui konten menarik saja tetapi juga perlu memperhatikan interaksi bersama. Buat beberapa konten interaksi seperti dengan bermain permainan berhadiah, melempar kuis, atau memberikan vote terhadap konten tertentu.

Ketika pelanggan sudah tertarik, waktunya menyisipkan CTA secara langsung ke dalam promosi yang dilakukan. CTA sendiri merupakan link (dapat tersembunyi atau tidak) yang nantinya mengarahkan pelanggan langsung ke produk yang tengah dijual.

5. Berikan Penawaran dan Kode Promo

Melakukan penawaran di medsos tidak hanya bisa dengan diskon saja, tetapi juga bisa lewat promo beli 2 gratis 1 misalnya. Meskipun baru diperkenalkan, strategi ini bisa menjadi promosi yang bisa menarik banyak keterlibatan pelanggan. Cara mempromosikan produk di sosmed satu ini juga harus pandai memainkan emosi pelanggan lewat tenggat waktu penawaran.

Penawaran khusus dan kode promosi sebaiknya diberikan dalam jangka waktu tertentu supaya pelanggan mau berinteraksi dengan produk. Coba untuk memikirkan bagaimana cara paling tepat supaya pelanggan merasa istimewa dengan penawaran dan kode promosi ini. Contohnya adalah dengan memberi diskon ulang tahun atau mencantumkan nama pelanggan satu-persatu.

6. Beri Ulasan Produk

Memberikan pelanggan testimoni dan ulasan dari pelanggan-pelanggan sebelumnya bisa menjadi cara lain untuk promosi. Ulasan dan testimony ini bertindak secara langsung pada kepercayaan pelanggan dimana kedua hal tersebut akan menjadi pertimbangan bagus tidaknya produk.

Beberapa perusahaan besar bahkan membangun buzzer untuk produk mereka supaya masyarakat percaya pada produk yang dihasilkan. Buktikan bahwa produk perusahaan punya reputasi yang baik melalui ulasan pelanggan lainnya daripada melalui iklan. Harus selalu berani memberi ruang untuk testimoni di konten yang disajikan di media sosial.

7. Sajikan Konten Visual Menarik

Saat ini ketertarikan masyarakat selalu mengarah pada penyajian konten dalam bentuk visual seperti foto atau video pendek. Keduanya menjadi konten yang paling efektif dalam menarik perhatian pelanggan dan untuk promosi. Meskipun masih ada konten tulisan tetapi ujungnya, pelanggan pasti mencari konten visual untuk produk yang akan dibeli.

Tidak ada salahnya membayar seorang pekerja kreatif professional untuk mendapatkan beberapa konten visual menarik. Unggah konten visual ini di penjualan produk atau media sosial lainnya supaya pelanggan bisa melihat kenampakan produk secara jelas.

Apapun cara mempromosikan produk di sosmed yang digunakan, hal paling penting adalah tentang pemahaman terhadap keinginan pelanggan. Coba buat ketertarikan terhadap produk tanpa membuat pelanggan merasa hal itu terlalu memaksa dan bersifat promotif.

Continue Reading

Peluang Usaha

Inilah Modal Ternak Kambing Pemula dan Strategi Perawatan Kambing

Modal Ternak Kambing Pemula dan Strategi Perawatan Kambing

Banyaknya usaha yang dikembangkan oleh masyarakat memang bertujuan agar nantinya bisa memperoleh sebuah penghasilan. Namun sebelum membuka usaha, tentu harus menyediakan modal dan mengetahui kisaran modal yang dibutuhkan untuk usaha tersebut. Salah satunya modal ternak kambing pemula yang memang harus diketahui sebelum beternak.

Meskipun modal yang dibutuhkan tidak terlalu banyak, namun perawatan kambing harus tetap diperhatikan. Dengan tujuan agar kesehatan kambing tersebut dapat terjaga dan terhindar dari penyakit yang bisa menyebabkan kambing mati. Selain itu, kebersihan kandang kambing ini pun harus dilakukan secara rutin agar kambing nyaman menempati kandang tersebut.

Modal Untuk Beternak Kambing Yang Wajib Disediakan 

Seperti yang dibahas sebelumnya bahwa sebelum memulai usaha kambing tentu harus memiliki modal yang akan digunakan. Dimana modal ini berguna untuk membeli segala keperluan yang dibutuhkan usaha kambing. Adapun pembahasan tentang modal ternak kambing pemula sebesar Rp9.000.000 dengan estimasi atau rincian sebagai berikut:

1. Kandang Kambing

Perlengkapan yang dapat disediakan oleh peternak kambing tentunya adalah kandang. Biasanya kandang yang digunakan berupa kandang yang bersifat modern. Memang kandang kambing saat sekarang ini semakin modern untuk kenyamanan kambing itu sendiri. Hal ini dikarenakan kambing juga membutuhkan tempat tinggal yang nyaman untuk beradaptasi.

Adapun harga kandang kambing yang bersifat modern ini berkisar Rp3.000.000. Seseorang bisa membeli kandang secara online melalui aplikasi. Meskipun kandang modern ini ada yang dijual secara offline di berbagai daerah. Memang jika dibeli secara offline, seseorang bisa melihat kualitas dari kandang ini secara langsung dibanding membeli secara online.

2. Bibit

Dalam memelihara hewan maupun tumbuhan tentu tidak lepas dengan penggunaan bibit untuk proses perkembangan biakan nantinya. Seperti yang diketahui bahwa harga dari bibit yang akan digunakan memang cukup mahal namun harus dibeli. Adapun harga dari bibit berkisar Rp5.000.000 sehingga harus disediakan oleh calon peternak nantinya.

Memang harga dari bibit tersebut cukup mahal namun penggunaannya dapat digunakan cukup lama. Sehingga peternak tidak terlalu sering membeli bibit tersebut untuk memenuhi kebutuhan perkembangan kambing. Selain itu, sebelum membeli bibit, seseorang juga harus memperhatikan jenis dan kualitas dari bibit tersebut karena memang banyak jenis bibit yang dapat dijadikan pilihan.

3. Pakan Rumput & Vitamin

Seperti yang diketahui bahwa makanan pokok kambing berupa rumput. Namun untuk mendapatkan makanan ini tentu tidak mudah sehingga peternak harus memesan dan membelinya di tempat tertentu. Kambing bukan hanya memakan rumput saja untuk pertumbuhannya, namun juga membutuhkan vitamin sehingga tidak mudah terserang penyakit.

Untuk membeli pakan berupa rumput dan vitamin ini, modal yang dikeluarkan berkisar Rp1.000.000. Memang harga dari pakan dan vitamin untuk kambing tidak terlalu mahal sehingga nantinya kebutuhan kambing ini dapat terpenuhi secara rutin. Dengan begitu, pada saat menjual kambing tersebut, harga yang ditawarkan lebih mahal sehingga bisa memperoleh banyak keuntungan.

Strategi Untuk Ternak Kambing

Ternak kambing yang dilakukan memang memberikan banyak keuntungan untuk para peternak. Bagaimana tidak, modal ternak kambing pemula tidak perlu mengeluarkan biaya yang banyak. Bukan hanya membutuhkan modal yang sedikit, namun strategi yang baik pun diperlukan untuk kelancaran ternak. Olehnya itu, berikut paparan lengkap mengenai strategi yang dapat dilakukan saat beternak kambing:

1. Memilih Jenis Kambing

Sebelum memulai ternak hewan kambing, terlebih dahulu memilih jenis dari kambing tersebut. Memang sangat banyak jenis kambing yang dapat dijadikan sebagai salah satu pilihan untuk hewan ternak. Adapun jenis hewan ternak berupa kambing yang dapat dijadikan pilihan yaitu kambing jenis Etawa. Kambing jenis ini memang sangat bagus sebagai hewan ternak.

2. Harus Memiliki Lahan Yang Memadai

Memang lahan yang dibutuhkan untuk ternak kambing harus luas sehingga kambing bisa lebih leluasa untuk berkembang biak. Itulah mengapa lahan sangat perlu diperhatikan sebelum memulai untuk ternak kambing. Selain itu, lahan yang luas ini nantinya dapat dijadikan sebagai tempat tumpukan pakan maupun bibit untuk kambing tersebut.

3. Pakan, Bibit, dan Vitamin Harus Berkualitas

Seperti yang telah dibahas sebelumnya bahwa pakan yang akan diberikan ke hewan ternak utamanya kambing harus berkualitas. Begitu pula dengan pemilihan bibit untuk kambing pun harus berkualitas agar perkembangannya selalu sehat. Ada pula vitamin yang juga dijadikan sebagai kebutuhan kambing karena memang vitamin ini memiliki peran yang penting.

4. Pastikan Kesehatan Kambing Tetap Terjaga

Hal yang tidak kalah pentingnya dalam strategi ternak kambing adalah kesehatan dari kambing tersebut. Dimana para peternak harus memperhatikan kebersihan dari kandang kambing agar tidak mudah terserang penyakit. Bukan hanya itu saja, pemberian pakan pun perlu diperhatikan dan diberikan secara rutin agar nantinya kesehatan kambing tetap terjaga.

Itulah penjelasan lengkap terkait modal ternak kambing pemula yang dapat disediakan yakni Rp9.000.000. Memang modal yang dibutuhkan untuk melakukan ternak ini tidak terlalu banyak namun keuntungan yang diberikan pada saat panen cukup besar. Bukan hanya itu, strategi untuk memulai usaha ini tentu harus diperhatikan. 

Continue Reading

TOP STORIES