Connect with us

Bisnis

Apa Saja Tugas Bank Indonesia ? Berikut Ulasan Lengkapnya

Bank Indonesia

Suatu negara tidak bisa lepas dengan adanya bank. Jenis-jenis bank juga sebetulnya ada macam-macam.

Salah satunya adalah bank sentral

Di Indonesia bank sentral ini dipegang oleh bank Indonesia sejak dulu hingga saat ini. Berikut apa saja tugas bank Indonesia, serta sejarah singkatnya.

Apa Itu Bank Sentral?

Jika dilihat dari Undang-undang nomor 10 tahun 1998, pengertian bank sendiri adalah suatu badan usaha yang tugasnya menghimpun dana dari masyarakat.

Dana tersebut berwujud simpanan yang akan disalurkan kembali pada masyarakat dalam bentuk kredit maupun bentuk lain.

Kalau secara umum, bank sentral dapat diartikan sebagai lembaga pelaksana kebijakan publik.

Semua kegiatan untuk melaksanakan kebijakan tersebut dilakukan melalui sektor perbankan yang bertujuan untuk mempengaruhi variabel ekonomi.

Hingga saat ini bank sentral ini diduduki oleh bank Indonesia. Sehingga Bank Indonesia pun punya beberapa tugas yang harus dilakukan, berbeda dengan bank lain.

Sejarah Bank Indonesia Yang Menjadi Bank Sentral

image: id.techinasia.com

Sudah sedikit disinggung pada penjelasan sebelumnya, jika posisi bank sentral hingga saat ini masih diduduki oleh Bank Indonesia.

Sehingga bank ini menjadi satu-satunya bank pelaksana bank sentral di Indonesia

Jika ditilik dari sejarah, dulu bank Indonesia tidak langsung punya nama tersebut.

Awalnya malah bernama ala-ala Belanda yaitu De Javanesche Bank atau disingkat DJB.

Bank ini dulu pertama didirikan oleh menteri hindia belanda, tepatnya pada 24 januari tahun 1982.

Namun sejak Indonesia merdeka, nama bank ini langsung dinasionalisasikan sehingga ganti menjadi Bank Indonesia disingkat BI dan menjadi bank sentral.

Bahkan sejarah mencatat, bank Indonesia pernah melakukan operasi bisnis komersial. Namun dari waktu ke waktu, operasinya makin lama dihentikan.

Dikembalikan lagi fungsi Bank Indonesia sesuai awal berdiri yaitu sebagai salah satu lembaga keuangan di Indonesia.

Macam-Macam Tugas Bank Indonesia

Faktanya bank Indonesia yang berperan sebagai bank sentral punya tujuan utama yaitu untuk memelihara kestabilan nilai rupiah.

Namun, agar tujuan tersebut bisa tercapai bank Indonesia juga perlu melakukan tugas utama mereka dengan baik. Berikut apa saja tugas bank Indonesia yang utama

Tugas Bank Indonesia Dalam Menetapkan Serta Melaksanakan Kebijakan Moneter

Pertama yaitu menetapkan serta melaksanakan kebijakan moneter. Kebijakan moneter ini dibuat bukan tanpa maksud dan tujuan.

Berikut apa saja manfaat pelaksanaan kebijakan moneter yang ditetapkan oleh bank Indonesia

Untuk Mengendalikan Jumlah Uang Yang Beredar Di Masyarakat

Hal ini sangat penting, karena akan berhubungan dengan tingkat peredaran harga barang di masyarakat.

Jika makin banyak uang yang beredar, tentu saja harga barang di pasaran akan naik. Sebaliknya jika uang yang beredar malah kurang, harga barang akan cenderung lebih murah sehingga bisa saja merugikan pedagang.

Untuk itu, peredaran uang harus selalu dipantau agat tetap stabil. Ini merupakan salah satu tugas yang harus dilaksanakan oleh bank sentral yang hingga kini dipegang oleh bank Indonesia.

Dapat Mendorong Pertumbuhan Perekonomian Nasional

Kebijakan moneter juga nyatanya dapat berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi nasional. Namun untuk mewujudkan hal tersebut, bank Indonesia perlu bekerja sama dengan pihak pemerintah.

Dengan begitu, kebijakan moneter yang diambil dapat sejalan. Tentu saja dengan kebijakan fiskal serta kebijakan ekonomi lainnya. Dengan begitu, pertumbuhan ekonomi nasional akan cepat terwujud.

Tugas Bank Indonesia Untuk Mengatur Dan Menjaga Kelancaran Sistem Pembayaran

Tugas dari bank Indonesia juga tidak lepas dari mengatur serta menjaga kelancaran sistem pembayaran.

Bahkan ini tertuang langsung dalam Undang-undang tepatnya nomor 23 tahun 1999 tentang bank Indonesia. Hal ini juga termasuk wewenang bank Indonesia yaitu sebagai berikut

  • Menjadi satu-satunya lembaga yang berwenang untuk mengeluarkan uang rupiah. Tidak hanya terbatas mengeluarkan uang saja namun bank Indonesia juga kewenangan untuk mengedarkannya. Termasuk juga untuk mencabut, menarik, atau bahkan memusnahkan uang dari peredaran di Indonesia.
  • Memberi persetujuan dan mengizinkan penyelenggaraan jasa sistem pembayaran. Hal ini terkait sistem transfer dana. Mulai dari yang bersifat kliring, maupun sistem pembayaran jenis lainnya seperti pembayaran dengan menggunakan kartu dan lain-lain.
  • Mewajibkan penyelenggara sistem pembayaran untuk memberikan semua informasi. Berikut terkait tentang laporan kegiatannya serta sekaligus menetapkan penggunaan alat apa yang digunakan dalam sistem pembayaran tersebut.

Di sisi lain, terkait tugasnya menjadi pengawas dalam sistem pembayaran, Bank Indonesia harus selalu menjamin keefisienan sistem pembayaran oleh masyarakat.

Tidak hanya efisien, masyarakat luas harus merasakan sistem pembayaran yang cepat, tepat , namun tetap aman.

Untuk menjalankan tugas pengawasan sistem pembayaran, BI akan memberikan izin operasional.

Tentu saja kepada pihak penyelenggara semua kegiatan yang berhubungan dengan sistem pembayaran.

Sistem pembayaran yang dimaksud disini mencakup baik tunai maupun non tunai. Selain itu Bank Indonesia juga memiliki tugas untuk melakukan pengawasan terhadap semua akses pada sistem pembayaran yang ada di masyarakat.

Tugas Bank Indonesia Dalam Mengatur Dan Mengawasi Perbankan

Selanjutnya adalah tugas bank sentral Indonesia yaitu untuk mengatur dan mengawasi perbankan. Dalam melaksanakan tugas ini pun bank Indonesia memiliki beberapa kewenangan.

Untuk lebih jelasnya berikut apa saja kewenangan bank Indonesia dalam melakukan tugas tersebut

Menetapkan Peraturan Dan Ketentuan Perbankan

Dalam melaksanakan tugas untuk mengatur serta mengawasi perbankan, bank Indonesia punya kewenangan untuk membuat peraturan perbankan.

Tentu harus terlebih dahulu menyisipkan prinsip kehati-hatian. Dengan begitu peraturan yang dibuat akan lebih efisien, tepat guna, dan tidak merugikan salah satu pihak.

Kewenangan Untuk Memberikan Sekaligus Mencabut Izin Kelembagaan Atau Kegiatan Perbankan

Hal ini berkaitan dengan bidang perizinan. Bahwa bank Indonesia dapat memberikan izin untuk membuka, maupun penutup kegiatan usaha perbankan.

Bahkan punya kewenangan untuk memindahkan kantor, memberikan persetujuan kepemilikan, serta kepengurusan bank. Termasuk juga memberikan bank untuk melaksanakan semua kegiatan usaha tertentu.

Baca Juga: Kupas Tuntas Perbedaan Bank Syariah dan Bank Konvensional

Melakukan Pengawasan Terhadap Bank

Dalam hal ini yang dimaksud adalah bank Indonesia dapat melakukan pengawasan baik langsung maupun tidak langsung.

Adapun pemeriksaan secara langsung yaitu seperti melakukan pemeriksaan secara berkala. Bisa juga dilakukan sewaktu-waktu secara mendadak bila suatu saat perlu dilakukan.

Sementara pengawasan tidak langsung, seperti misalnya melalui penelitian. Bisa juga dengan proses analisis, serta melakukan evaluasi terhadap laporan-laporan yang disajikan oleh bank.

Sekarang ini, berkaitan dengan tugas bank Indonesia dalam mengatur dan mengawasi perbankan, adalah berfokus pada pengawasan makroprudensial.

Jika ada yang belum terlalu familiar, kebijakan makroprudensial ini bertujuan untuk menjaga sistem keuangan di Indonesia agar selalu stabil.

Kebijakan ini nantinya dibuat untuk membatasi resiko dan biaya krisis sistemik.

Pembatasan resiko serta krisis sistemik ini diduga akan berpengaruh terhadap sistem keuangan keuangan. Yaitu akan semakin tetap seimbang dan stabil berjalan.

Itulah beberapa tugas bank Indonesia yang berkedudukan sebagai bank sentral di Indonesia.

Selain itu dibahas secara singkat juga tentang apa itu bank sentral dan sejarah bank Indonesia dulu sejak awal berdiri.

Bisa menjadi bahan pengetahuan agar lebih paham seputar bank Indonesia terutama apa saja tugasnya.

Header image: bi.go.id

Mendirikan situs income.id sebagai perwujudan pengabdian kepada bangsa dan negara indonesia melalui media yang informatif dan edukatif

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bisnis

Fungsi Utama Software Payroll Terbaik Dalam Kemajuan Bisnis Perusahaan

Software payroll terbaik memang menjadi salah satu software yang saat ini tengah banyak menjadi incaran. Tentu saja didalamnya terdapat beragam sistem yang sangat berguna untuk sebuah perusahaan.

Tidak hanya masalah penggajian karyawan saja, namun software yang satu ini juga lengkap untuk pengelolaan manajemen sumber daya manusia. Salah satu fitur di dalamnya adalah untuk mengetahui kinerja karyawan dengan metode absensi online. Sehingga nantinya akan terpantau dengan jelas kedisiplinan karyawan.

Manfaat Yang Besar Bagi Sebuah Perusahaan

Sebagai pemberitahuan, bahwa gaji merupakan salah satu hal yang sangat vital dalam sebuah manajemen perusahaan. Ini menyangkut hak hidup karyawan perusahaan. Jika saja salah dalam memberikan kalkulasi tentu saja akan merugikan karyawan dan memberikan dampak yang negatif bagi perusahaan.

Dengan menggunakan software payroll tentu saja aka nada banyak manfaat yang diraih. Seperti pemantauan terhadap kinerja karyawan, serta dapat, meminimalisir kesalahan dalam kalkulasi gaji karyawan. Tak tanggung tanggung, software ini tentu saja dapat memberikan efisiensi waktu pula. Dari yang serba manual, maka dengan kehadiran software ini segalanya akan menjadi serba digital. Hal tersebut sangat selaras dengan era industri 4.0 saat ini.

Software Payroll Bagi Sebuah Bisnis

Kebanyakan perusahaan mungkin masih menerapkan sistem sdm secara manual. Tentu saja hal semacam itu dapat menguras waktu serta membuang buang biaya dalam pengelolaan data. Sebagai solusinya, maka software payroll terbaik di Indonesia ini dapat membantu perusahaan melancarkan bisnisnya dengan beragam manfaat berikut ini.

1.Pengelolaan Data Karyawan Secara Lengkap

Fungsi yang satu ini tentu saja dapat menjadi sebuah langkah yang preventif dalam pengelolaan data. Karyawan sebagai aset tentu saja harus dikelola dengan baik. Karena asset tersebut akan sangat berguna untuk kelangsungan sebuah bisnis perusahaan.

Mengelola data karyawan dengan software payroll tentu saja tidak memerlukan orang banyak. Serta hanya dalam lingkup kecil. Seluruh data terkait absensi online, rekening karyawan akan dengan mudah dikelola. Saat penggajian karyawan  tentu saja akan saling terkait dengan data karyawan.

2. Software Yang Tertaut Dengan Absensi

Jika dilakukan secara manual tentu saja akan sering mendapat sebuah kesalahan serta kekeliruan. Nah, kehadiran software payroll akan menjadi sebuah solusi yang cerdas bagi sebuah perusahaan. Tidak lagi harus mencocokkan absensi karyawan secara manual. Dengan software ini maka kehadiran karyawan akan tertaut langsung, ini dikarenakan sistem yang digunakan telah terintegrasi dengan sistem absensi online.

Hal ini tentu menjadikan kerja dari HRD menjadi lebih mudah, dan kesalahan dapat diminimalisir dengan bijak. Selain itu hal ini juga tentunya dapat menghemat waktu dan HRD dapat mengerjakan tugas tugas lainnya.

3. Bonus Bonus Serta Potongan Untuk Karyawan Dapat Dihitung Secara Tepat

Software payroll juga dapat memberikan informasi  berupa bpjs serta bonus seperti THR dan lain lain secara akurat dan tepat. Penghitungan gaji nantinya akan menjadi lebih akurat by sistem dan pengelolaannya tidak lagi harus secara manual. Insentif untuk karyawan dan lainnya akan secara otomatis tercatat by sistem. Sehingga tidak akan menimbulkan kekeliruan yang terkadang menyebabkan selisih.

Selain dapat menghitung PPh 21 software payroll juga mampu untuk menghitung jumlah bpjs karyawan. Bayangkan saja jika masih menghitung secara manual tentu saja akan memakan waktu yang lumayan lama, dan nantinya hal tersebut malah menjadi sebuah beban yang menghambat sebuah perusahaan untuk maju dalam bisnisnya.

Demikian penjelasan terkait fungsi dari software payroll. Dalam penghitungan gaji memang harus dilakukan secara akurat dan tepat. Maka dari itu dengan menggunakan software payroll terbaik yang terkait langsung dengan sistem absensi online, maka perusahaan dapat memantau karyawan nya dan meminimalisir selisih serta kesalahan saat melakukan penggajian karyawan.

Continue Reading

Bisnis

Cara Promosi Perumahan Di Sosmed Yang Efektif, Coba 7 Hal Penting Ini!

Internet merupakan sarana paling efisien dan efektif saat ini digunakan untuk melakukan promosi apapun. Salah satunya cara promosi perumahan di sosmed dengan mengandalkan internet sebagai media iklan. Tingkat jangkauan promosi lebih banyak dan lebih baik sehingga orang-orang dengan mudah mendapatkan informasi perumahan dari sosial media.

Beberapa hal yang penting dipersiapkan pada saat melakukan promosi perumahan merupakan cara paling tepat dalam menjangkau konsumen. Maka strategi dari awal hingga akhir memperkenalkan perumahan via sosmed bisa memperhatikan hal berikut ini.

1. Memiliki Akun Media Sosial

Yang paling utama dalam memulai promosi perumahan dengan memanfaatkan jejaring sosial yaitu mempunyai akun terlebih dahulu. Akun media sosial banyak macamnya saat ini, mulai dari facebook, instagram, YouTube, Twitter dan sebagainya. Hingga status WA pun menjadi ajang media promosi efektif yang bisa dilakukan.

Biasanya saat mengaktivasi satu akun media sosial akan terjadi keterkaitan antara satu akun dengan akun lainnya. Semacam jejaring dengan persen yang sama namun banyak wujud. Jadi saat mempromosikan di salah satu akun media sosial maka bisa ditayangkan pula di akun media sosial lainnya

2. Memahami Apa Yang Dibutuhkan Konsumen Tentang Perumahan

Pahami apa yang dibutuhkan konsumen merupakan cara promosi perumahan di sosmed yang ampuh. Membaca kebutuhan pasar menjadi penting, apalagi kebutuhan akan hunian rumah yang semakin meningkat. Para konsumen biasanya akan mencari informasi yang lebih akurat mulai dari bentuk perumahan, lingkungan strategis, hingga harga yang ditawarkan.

Dalam memberikan promosi yang berkaitan dengan perumahan, memang penting untuk menyajikan apa yang dibutuhkan pasar. Biasanya konsumen akan mencari harga terjangkau dengan kualitas yang terbaik. Atau tipe rumah yang sedang tren pada saat ini dan perumahan yang dekat dengan tempat-tempat strategis.

3. Buat Konten Iklan Yang Menarik

Cara promosi perumahan di sosmed yaitu dengan membuat konten yang menarik. Konten yang menarik biasanya berisi jawaban atau pemahaman yang dibutuhkan konsumen. Dengan memberikan beberapa tips menarik bagi konsumen yang berhubungan dengan home decor atau mengulas tren perumahan.

Konten sangat penting dalam menyajikan sebuah iklan agar terlihat lebih layak dan dapat menjaring konsumen. Karena dalam dunia media sosial mengandalkan visualisasi dari sebuah gambar dan tulisan. Sehingga penyajian konten menjadi daya tarik utama pada konsumen dalam mengenal suatu produk. Apalagi jika produk tersebut perumahan yang butuh banyak detail untuk dijelaskan.

4. Memahami Persaingan Harga

Hal ini sangat penting dipertimbangkan dalam mempromosikan perumahan di medsos. Karena harga biasanya menentukan nilai ketertarikan konsumen pada produk, maka dalam mengemas harga harus semenarik mungkin. Yaitu dengan melihat bagaimana produk yang sama menentukan harga jualnya kepada konsumen.

Biasanya persaingan harga ini memicu terjadinya tingkat pemesanan yang tinggi. Misalnya saja jika seseorang akan mencari perumahan via media sosial kemudian melihat harga dengan diimbangi pemberian diskon. Maka biasanya konsumen akan lebih tertarik apalagi jika ada promo lainnya saat menawarkan perumahan. Karena faktor paling utama dalam menentukan harga adalah keseimbangan harga pasar

5. Memanfaatkan Fitur Yang Ada Pada Sosial Media

Pada cara promosi perumahan di medsos, akan lebih baik lagi jika mengoptimalkan fitur lainnya yang ada. Seperti FB ads, Instagram Ads, dan sebagainya sebagai sarana iklan yang lebih baik lagi. Selanjutnya fitur yang ada pada media sosial ini tentu terintegrasi dengan akun utama sehingga, tidak perlu khawatir iklan tidak menjangkau. Justru dengan bantuan fitur iklan yang ada pada medsos semakin membantu menjangkau berbagai kalangan.

Fitur ini juga mudah digunakan serta mempunyai nilai praktis dan ekonomis. Maka perumahan yang dipromosikan akan lebih menjangkau masyarakat lebih luas lagi. Selain itu, nilai praktis media sosial sangat membantu memangkas biaya promosi karena internet dianggap lebih efektif dibandingkan promosi offline.

6. Optimalisasi SEO

Search Engine Optimization merupakan sebuah sistem mesin pencari yang mengoptimalkan situs yang dimiliki. Dengan melibatkan penggunaan kata kunci yang dicari konsumen pada mesin pencari. Yang kemudian pada search engine didasarkan pada kata kunci yang dimasukkan sehingga memunculkan traffic di sebuah situs.

Optimalisasi SEO ini diyakini efektif untuk menjaring konsumen dalam mengunjungi situs serta memahami produk perumahan yang ditawarkan. Sehingga promosi perumahan akan lebih efektif dan langsung tepat sasaran kepada konsumen yang membutuhkan hunian baru. Atau ada juga konsumen yang sedang berinvestasi pada perumahan.

7. Personal Branding

Pentingnya pengenalan secara lebih baik lagi yaitu dengan personal branding pada suatu produk. Jika ingin mempromosikan perumahan, maka ciptakan personal branding yang kuat sehingga konsumen percaya. Yaitu dengan menjalin relasi secara baik, percaya pada diri sendiri dan produk yang ditawarkan.

Selain itu berikan performa terbaik saat mempromosikan pada konsumen, bagaimana perumahan tersebut dan apa kelebihannya. Dengan begitu di medsos bisa terlihat jelas apa saja yang menjadi ciri khas hingga akhirnya orang akan tertarik dengan perumahan tersebut.

Dengan memahami beberapa cara promosi perumahan di medsos maka diharapkan mampu mengoptimalisasi berbagai peluang yang ada. Karena kekuatan medsos merupakan jaringan internet yang luas, maka saat promosi perumahan dilakukan tentu akan menjangkau lebih banyak lagi. Dan menarik para konsumen untuk mendapatkan hunian nyaman sesuai harapan.

Continue Reading

Peluang Usaha

Tips Buka Usaha di Tengah Ancaman Resesi Ekonomi Indonesia

Resesi ekonomi Indonesia tampaknya makin kencang digaungkan oleh para pakar ekonomi di negeri ini.

Pandemi virus corona telah menyebabkan perekonomian terhenti dan beberapa negara telah masuk ke dalam fase resesi. Lalu bagaimana dengan orang yang justru ingin membuka usaha? Simak tips berikut ini

Apa Itu Resesi Ekonomi ?

Resesi ekonomi adalah adanya penurunan yang tajam terhadap kegiatan ekonomi selama berbulan-bulan bahkan hitungan tahun. Jika hal itu terjadi di Indonesia, maka disebutkan resesi ekonomi Indonesia. Selama pandemi, sudah banyak negara yang terjungkal kegiatan perekonomiannya dan masuk dalam fase resesi.

Pada masa resesi, banyak orang mengalami PHK atau kehilangan mata pencaharian. Hal ini karena perusahaan tidak melakukan kegiatan produksi sebagaimana mestinya. Artinya ada penghematan dan penurunan penjualan karena output yang lebih sedikit.

Resesi bisa mengakibatkan melemahnya daya beli yang dipicu oleh semakin tingginya PHK. Belum lagi ancaman kredit macet di dunia perbankan serta inflasi yang terlalu tinggi. Deflasi juga bisa terjadi jika suatu negara masuk ke dalam fase resesi.

Seperti yang dilansir dari Harapanrakyat.com, Saat ini Indonesia belum masuk fase resesi walaupun ancaman itu sudah di depan mata. Namun jika di kuartal ketiga nanti perekonomian kembali terkontraksi, sudah pasti Indonesia akan resesi. Konsumsi rumah tangga harus meningkat serta investasi harus lebih besar lagi. Saat ini tumpuan utama Indonesia adalah investasi pada UMKM.

Tips Membuka Usaha Saat Resesi

Resesi yang pernah terjadi di beberapa negara di masa lalu justru memicu lahirnya sejumlah perusahaan besar. Contohnya saja Uber, General Motor, CNN, Burger King, dan Airbnb. Usaha-usaha mikro yang lahir di masa resesi berpotensi menjadi besar ketika perekonomian membaik. Lalu, apa tipsnya agar aman membuka usaha saat resesi?

1. Lakukan Penghematan

Berhemat adalah hal yang tepat dilakukan ketika membuka usaha di masa krisis. Ingatlah bahwa bisnis sedang dijalankan dimana pendapatan masyarakat menurun, pasokan bahan baku tersendat dan penjualan tipis. Alokasikan modal untuk keperluan produksi dan bukan yang lain.

2. Produksi Berdasarkan Pesanan

Beberapa barang bisa diproduksi saat pesanan datang. Hal ini lebih menguntungkan dan bisa menyelamatkan bisnis dari kerugian. Dengan membuat produk saat pesanan sudah masuk, maka keuntungan lebih mudah diperhitungkan. Buatlah sistem PO untuk produk yang akan dijual.

3. Manfaatkan Pemasaran Digital

Pemasaran secara digital bisa dimulai dengan sangat murah. Misalnya dengan memaksimalkan media sosial dan internet. Buatlah website untuk branding produk dan perusahaan. Resesi atau tidak, pemasaran secara digital harus dilakukan apalagi jika ingin menjaring konsumen yang lebih luas.

4. Efisiensi Pekerjaan

Mempekerjakan karyawan tetap penting untuk menjaga performa dan kualitas produksi. Tetapi, dikala resesi, beban gaji karyawan bisa mempengaruhi cash flow. Maka, usahakan setiap karyawan melakukan pekerjaannya dengan efektif dan efisien. Walaupun terkesan “pelit”, namun ini penting untuk kelangsungan usaha. Jangan ragu untuk ikut terjun sendiri membantu operasional agar lebih hemat.

Baca Juga: Satuma Kraf, Ahlinya Pembuat Kerajinan Tembaga dan Kuningan

5. Rencanakan dengan Matang

Perencanaan adalah yang terpenting ketika membuka bisnis di masa resesi. Tidak ada salahnya berkonsultasi dulu kepada konsultan atau rekanan sebelum benar-benar terjun. Setiap sen yang dikeluarkan, harus jelas kapan kembalinya dan bagaimana.

Resesi ekonomi Indonesia yang sudah di depan mata harus disikapi dengan tenang namun tetap proaktif. Saat ini Iklim bisnis masih cukup sehat walaupun persaingan ketat. Buktinya, semakin banyak orang yang terjun membuka usaha di masa pandemi. Siapa tahu, salah satunya akan sukses dan besar ketika wabah mereda.

Continue Reading

TOP STORIES