Connect with us

Bisnis

Apa Saja Tugas Bank Indonesia ? Berikut Ulasan Lengkapnya

Bank Indonesia

Suatu negara tidak bisa lepas dengan adanya bank. Jenis-jenis bank juga sebetulnya ada macam-macam.

Salah satunya adalah bank sentral

Di Indonesia bank sentral ini dipegang oleh bank Indonesia sejak dulu hingga saat ini. Berikut apa saja tugas bank Indonesia, serta sejarah singkatnya.

Apa Itu Bank Sentral?

Jika dilihat dari Undang-undang nomor 10 tahun 1998, pengertian bank sendiri adalah suatu badan usaha yang tugasnya menghimpun dana dari masyarakat.

Dana tersebut berwujud simpanan yang akan disalurkan kembali pada masyarakat dalam bentuk kredit maupun bentuk lain.

Kalau secara umum, bank sentral dapat diartikan sebagai lembaga pelaksana kebijakan publik.

Semua kegiatan untuk melaksanakan kebijakan tersebut dilakukan melalui sektor perbankan yang bertujuan untuk mempengaruhi variabel ekonomi.

Hingga saat ini bank sentral ini diduduki oleh bank Indonesia. Sehingga Bank Indonesia pun punya beberapa tugas yang harus dilakukan, berbeda dengan bank lain.

Sejarah Bank Indonesia Yang Menjadi Bank Sentral

image: id.techinasia.com

Sudah sedikit disinggung pada penjelasan sebelumnya, jika posisi bank sentral hingga saat ini masih diduduki oleh Bank Indonesia.

Sehingga bank ini menjadi satu-satunya bank pelaksana bank sentral di Indonesia

Jika ditilik dari sejarah, dulu bank Indonesia tidak langsung punya nama tersebut.

Awalnya malah bernama ala-ala Belanda yaitu De Javanesche Bank atau disingkat DJB.

Bank ini dulu pertama didirikan oleh menteri hindia belanda, tepatnya pada 24 januari tahun 1982.

Namun sejak Indonesia merdeka, nama bank ini langsung dinasionalisasikan sehingga ganti menjadi Bank Indonesia disingkat BI dan menjadi bank sentral.

Bahkan sejarah mencatat, bank Indonesia pernah melakukan operasi bisnis komersial. Namun dari waktu ke waktu, operasinya makin lama dihentikan.

Dikembalikan lagi fungsi Bank Indonesia sesuai awal berdiri yaitu sebagai salah satu lembaga keuangan di Indonesia.

Macam-Macam Tugas Bank Indonesia

Faktanya bank Indonesia yang berperan sebagai bank sentral punya tujuan utama yaitu untuk memelihara kestabilan nilai rupiah.

Namun, agar tujuan tersebut bisa tercapai bank Indonesia juga perlu melakukan tugas utama mereka dengan baik. Berikut apa saja tugas bank Indonesia yang utama

Tugas Bank Indonesia Dalam Menetapkan Serta Melaksanakan Kebijakan Moneter

Pertama yaitu menetapkan serta melaksanakan kebijakan moneter. Kebijakan moneter ini dibuat bukan tanpa maksud dan tujuan.

Berikut apa saja manfaat pelaksanaan kebijakan moneter yang ditetapkan oleh bank Indonesia

Untuk Mengendalikan Jumlah Uang Yang Beredar Di Masyarakat

Hal ini sangat penting, karena akan berhubungan dengan tingkat peredaran harga barang di masyarakat.

Jika makin banyak uang yang beredar, tentu saja harga barang di pasaran akan naik. Sebaliknya jika uang yang beredar malah kurang, harga barang akan cenderung lebih murah sehingga bisa saja merugikan pedagang.

Untuk itu, peredaran uang harus selalu dipantau agat tetap stabil. Ini merupakan salah satu tugas yang harus dilaksanakan oleh bank sentral yang hingga kini dipegang oleh bank Indonesia.

Dapat Mendorong Pertumbuhan Perekonomian Nasional

Kebijakan moneter juga nyatanya dapat berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi nasional. Namun untuk mewujudkan hal tersebut, bank Indonesia perlu bekerja sama dengan pihak pemerintah.

Dengan begitu, kebijakan moneter yang diambil dapat sejalan. Tentu saja dengan kebijakan fiskal serta kebijakan ekonomi lainnya. Dengan begitu, pertumbuhan ekonomi nasional akan cepat terwujud.

Tugas Bank Indonesia Untuk Mengatur Dan Menjaga Kelancaran Sistem Pembayaran

Tugas dari bank Indonesia juga tidak lepas dari mengatur serta menjaga kelancaran sistem pembayaran.

Bahkan ini tertuang langsung dalam Undang-undang tepatnya nomor 23 tahun 1999 tentang bank Indonesia. Hal ini juga termasuk wewenang bank Indonesia yaitu sebagai berikut

  • Menjadi satu-satunya lembaga yang berwenang untuk mengeluarkan uang rupiah. Tidak hanya terbatas mengeluarkan uang saja namun bank Indonesia juga kewenangan untuk mengedarkannya. Termasuk juga untuk mencabut, menarik, atau bahkan memusnahkan uang dari peredaran di Indonesia.
  • Memberi persetujuan dan mengizinkan penyelenggaraan jasa sistem pembayaran. Hal ini terkait sistem transfer dana. Mulai dari yang bersifat kliring, maupun sistem pembayaran jenis lainnya seperti pembayaran dengan menggunakan kartu dan lain-lain.
  • Mewajibkan penyelenggara sistem pembayaran untuk memberikan semua informasi. Berikut terkait tentang laporan kegiatannya serta sekaligus menetapkan penggunaan alat apa yang digunakan dalam sistem pembayaran tersebut.

Di sisi lain, terkait tugasnya menjadi pengawas dalam sistem pembayaran, Bank Indonesia harus selalu menjamin keefisienan sistem pembayaran oleh masyarakat.

Tidak hanya efisien, masyarakat luas harus merasakan sistem pembayaran yang cepat, tepat , namun tetap aman.

Untuk menjalankan tugas pengawasan sistem pembayaran, BI akan memberikan izin operasional.

Tentu saja kepada pihak penyelenggara semua kegiatan yang berhubungan dengan sistem pembayaran.

Sistem pembayaran yang dimaksud disini mencakup baik tunai maupun non tunai. Selain itu Bank Indonesia juga memiliki tugas untuk melakukan pengawasan terhadap semua akses pada sistem pembayaran yang ada di masyarakat.

Tugas Bank Indonesia Dalam Mengatur Dan Mengawasi Perbankan

Selanjutnya adalah tugas bank sentral Indonesia yaitu untuk mengatur dan mengawasi perbankan. Dalam melaksanakan tugas ini pun bank Indonesia memiliki beberapa kewenangan.

Untuk lebih jelasnya berikut apa saja kewenangan bank Indonesia dalam melakukan tugas tersebut

Menetapkan Peraturan Dan Ketentuan Perbankan

Dalam melaksanakan tugas untuk mengatur serta mengawasi perbankan, bank Indonesia punya kewenangan untuk membuat peraturan perbankan.

Tentu harus terlebih dahulu menyisipkan prinsip kehati-hatian. Dengan begitu peraturan yang dibuat akan lebih efisien, tepat guna, dan tidak merugikan salah satu pihak.

Kewenangan Untuk Memberikan Sekaligus Mencabut Izin Kelembagaan Atau Kegiatan Perbankan

Hal ini berkaitan dengan bidang perizinan. Bahwa bank Indonesia dapat memberikan izin untuk membuka, maupun penutup kegiatan usaha perbankan.

Bahkan punya kewenangan untuk memindahkan kantor, memberikan persetujuan kepemilikan, serta kepengurusan bank. Termasuk juga memberikan bank untuk melaksanakan semua kegiatan usaha tertentu.

Baca Juga: Kupas Tuntas Perbedaan Bank Syariah dan Bank Konvensional

Melakukan Pengawasan Terhadap Bank

Dalam hal ini yang dimaksud adalah bank Indonesia dapat melakukan pengawasan baik langsung maupun tidak langsung.

Adapun pemeriksaan secara langsung yaitu seperti melakukan pemeriksaan secara berkala. Bisa juga dilakukan sewaktu-waktu secara mendadak bila suatu saat perlu dilakukan.

Sementara pengawasan tidak langsung, seperti misalnya melalui penelitian. Bisa juga dengan proses analisis, serta melakukan evaluasi terhadap laporan-laporan yang disajikan oleh bank.

Sekarang ini, berkaitan dengan tugas bank Indonesia dalam mengatur dan mengawasi perbankan, adalah berfokus pada pengawasan makroprudensial.

Jika ada yang belum terlalu familiar, kebijakan makroprudensial ini bertujuan untuk menjaga sistem keuangan di Indonesia agar selalu stabil.

Kebijakan ini nantinya dibuat untuk membatasi resiko dan biaya krisis sistemik.

Pembatasan resiko serta krisis sistemik ini diduga akan berpengaruh terhadap sistem keuangan keuangan. Yaitu akan semakin tetap seimbang dan stabil berjalan.

Itulah beberapa tugas bank Indonesia yang berkedudukan sebagai bank sentral di Indonesia.

Selain itu dibahas secara singkat juga tentang apa itu bank sentral dan sejarah bank Indonesia dulu sejak awal berdiri.

Bisa menjadi bahan pengetahuan agar lebih paham seputar bank Indonesia terutama apa saja tugasnya.

Header image: bi.go.id

Mendirikan situs income.id sebagai perwujudan pengabdian kepada bangsa dan negara indonesia melalui media yang informatif dan edukatif

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Strategi Pemasaran

Strategi Optimasi Pemasaran Produk Fashion Kekinian

optimasi pemasaran produk fashion

Melakukan optimasi pemasaran produk fashion kekinian sekarang dapat dilakukan oleh pengusaha dengan berbagai macam strategi. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan perkembangan teknologi laiknya website berbasis SEO dan aneka sosial media populer, yang tengah booming di masyarakat. Penasaran bagaimanakah caranya? Ikuti saja ulasan menarik yang telah disajikan di bawah ini!

1. Kenali Target Produk

Pertama yang harus dilakukan sebagai langkah optimasi pemasaran produk fashion kekinian adalah mengenali target pasarnya. Secara sederhana terkait penargetan ini dapat melihat pada sejumlah pertimbangan, yang terdiri atas: 

  • Tingkatan harga, yang memberi gambaran apakah produk fashion ditujukan untuk kalangan bawah, menengah, atau kalangan atas; 
  • Rentang usia, yang berkenaan dengan sasaran spesifik terkait produk fashion semisal baju untuk anak, pakaian remaja, atau busana pria dan wanita dewasa; 
  • Berdasar fungsional, ini menekankan tujuan pemasarannya nanti akan di arahkan ke mana, apakah ke komunitas hoby, fans grup tertentu, atau yang lainnya; serta
  • Sejumlah pertimbangan lain terkait target pemasaran yang disesuaikan dengan masing-masing produk fashion yang ditawarkan. 

2. Update Variasi Trend Produk Fashion 

Selanjutnya penting juga mengupdate variasi produk fashion yang ditawarkan agar konsumen tidak merasa bosan. Yakni dengan melakukan tindakan-tindakan seperti: 

  • Menyimak trend fashion yang tengah berkembang di masyarakat untuk dijadikan pedoman dalam menawarkan produk terbaru; 
  • Memunculkan inovasi produk fashion sendiri agar terkesan lebih segar di mata para konsumen; 
  • Menjalankan sortir terhadap produk-produk yang telah lama dipajang namun tidak memberikan dampak positif dalam pemasaran; 
  • Memberikan diskon spesial untuk menghabiskan stok lama; dan 
  • Cara kreatif lain yang bertujuan agar stok bisa segera diperbarui. 

3. Manfaatkan Sosial Media Marketing

Keberadaan sosial media saat ini memegang peranan penting bagi kehidupan termasuk dalam hal ekonomi. Melihat hal itu, sebenarnya bisa dimanfaatkan sebagai optimasi pemasaran dengan mengikuti trend di sosial media seperti: 

  • Mengunggah foto produk dengan ulasan semenarik mungkin agar menarik minat pembeli; 
  • Membuat konten video pendek yang sedang tenar di kalangan masyarakat, misalnya menggunakan apk video itu untuk menawarkan produk fashion terbaru atau aksesoris seperti premium watch brands dengan lebih seru; 
  • Menciptakan fanpage atau grup yang lebih dekat menjangkau para konsumen tertentu; 
  • Menyebar katalog produk berisi koleksi dan diskon terbaru; dan 
  • Berbagai trik lain berkenaan dengan konten di sosial media yang dapat mengoptimalkan pemasaran. 

4. Optimalkan Website Berbasis SEO

Keempat, upaya optimasi pemasaran produk kekinian juga bisa didapatkan dengan cara pengembangan website berbasis SEO atau sesuai algoritma mesin pelacak Google. Cara ini banyak dipakai karena menawarkan hasil yang menggiurkan. Namun sayangnya, tidak mudah dilakukan oleh para pemula sehingga memerlukan bantuan jasa pembuatan website agar hasil optimasi yang didapat sesuai harapan. 

5. Tingkatkan Layanan Konsumen 

Responsibility atau kecepatan seorang penjual dalam memberikan respon pada para konsumen sangat menentukan goal transaksi. Lantaran, rata-rata konsumen bertransaksi berdasarkan emosi yang hanya bertahan selama waktu tertentu saja. Tanpa pemberian respon yang cepat dan tepat maka besar kemungkinan transaksi produk fashion akan mengalami kegagalan akibat pembatalan dari pihak konsumen. 

Nah, itulah tadi sejumlah informasi penting dan menarik terkait strategi optimasi pemasaran produk fashion kekinian yang dapat dihadirkan. Bagaimana? Sudah siap untuk melakukan pengembangan usaha dunia fashion melalui berbagai cara kreatif yang disebutkan di atas? Baiknya jangan berpikir terlalu lama! Segeralah bertindak, agar pengembangan usaha yang diimpikan segera dapat terwujudkan!

Continue Reading

Strategi Pemasaran

7 Cara Mempromosikan Produk di Sosmed dan Menarik Banyak Orang

Cara Mempromosikan Produk di Sosmed

Sosial media menjadi salah satu tempat dimana pemilik bisnis bisa berhubungan langsung dengan pelanggan target. Saat ini, sudah banyak perusahaan yang memulai social media marketing karena tergolong murah dan bisa menjangkau lebih banyak orang. Tetapi banyak yang masih belum mengerti bagaimana cara mempromosikan produk di sosmed dengan benar.

Sebelumnya, karena nyaris seluruh perusahaan dan bisnis menyadari hal ini, kompetisi dalam promosi produk lewat sosmed semakin meningkat. Ini adalah hal penting bagaimana seseorang harus mampu bersaing dengan beberapa teknik dan mengikuti trend secara konsisten. Berikut ini beberapa teknik yang bisa dipakai dalam promosi produk:

1. Jalankan Perlombaan

Salah satu cara untuk mempromosikan produk secara halus adalah dengan membuat suatu perlombaan berkaitan dengan produk. Cara mempromosikan produk di sosmed ini merupakan metode promosi yang tidak secara langsung melakukan promosi. Melakukan perlombaan di sosmed akan menarik banyak audiens dan kesadaran terhadap produk.

Jalankan perlombaan menggunakan suatu hal yang sedang trend saat ini misalnya lewat media IG atau Tiktok. Perlombaan perlu dibuat sesederhana mungkin, seru, serta punya tawaran hadiah menarik agar semakin banyak peserta. Ini adalah trik untuk menciptakan loyalitas pelanggan untuk keuntungan perusahaan dalam jangka panjang.

2. Gunakan Newsletter dan Email Signature

Salah satu pendekatan secara langsung yang akhir-akhir ini menjadi populer adalah pendekatan lewat newsletter melalui email. Promosi melalui newsletter ini mengharuskan promotor memiliki kolom tersendiri supaya pelanggan mau menyerahkan alamat email mereka. Di dalam newsletter bisa berisikan foto produk terbaru dan penjelasan-penjelasan menarik.

Saat mengirim newsletter, selalu pastikan ada link yang mengarahkan pembaca mengunjungi laman pembelian secara langsung. Tambahkan juga email signature, tanda tangan atau logo khusus perusahaan di badan email yang sudah di hyperlink dengan website utama.

3. Iklankan Produk di Sosmed

Selanjutnya cara mempromosikan produk di sosmed dengan tujuan menjangkau lebih banyak orang adalah dengan melakukan promosi berbayar. Dengan mengiklankan produk, ada kesempatan untuk menjangkau lebih banyak orang dengan ketertarikan pada produk-produk sejenis.

Akan tetapi untuk akun bisnis biasanya akan terjadi penurunan interaksi secara alami karena audiens yang sering menghiraukan postingan bisnis. Perlu upaya lebih untuk memastikan produk milik perusahaan bisa muncul dan dilihat oleh target audiens. Ketika terjadi peningkatan jangkauan melalui iklan, ada juga potensi kenaikan prospek produk.

4. Gunakan Call to Action (CTA) dan Interaksi

Menarik perhatian pelanggan tidak hanya bisa melalui konten menarik saja tetapi juga perlu memperhatikan interaksi bersama. Buat beberapa konten interaksi seperti dengan bermain permainan berhadiah, melempar kuis, atau memberikan vote terhadap konten tertentu.

Ketika pelanggan sudah tertarik, waktunya menyisipkan CTA secara langsung ke dalam promosi yang dilakukan. CTA sendiri merupakan link (dapat tersembunyi atau tidak) yang nantinya mengarahkan pelanggan langsung ke produk yang tengah dijual.

5. Berikan Penawaran dan Kode Promo

Melakukan penawaran di medsos tidak hanya bisa dengan diskon saja, tetapi juga bisa lewat promo beli 2 gratis 1 misalnya. Meskipun baru diperkenalkan, strategi ini bisa menjadi promosi yang bisa menarik banyak keterlibatan pelanggan. Cara mempromosikan produk di sosmed satu ini juga harus pandai memainkan emosi pelanggan lewat tenggat waktu penawaran.

Penawaran khusus dan kode promosi sebaiknya diberikan dalam jangka waktu tertentu supaya pelanggan mau berinteraksi dengan produk. Coba untuk memikirkan bagaimana cara paling tepat supaya pelanggan merasa istimewa dengan penawaran dan kode promosi ini. Contohnya adalah dengan memberi diskon ulang tahun atau mencantumkan nama pelanggan satu-persatu.

6. Beri Ulasan Produk

Memberikan pelanggan testimoni dan ulasan dari pelanggan-pelanggan sebelumnya bisa menjadi cara lain untuk promosi. Ulasan dan testimony ini bertindak secara langsung pada kepercayaan pelanggan dimana kedua hal tersebut akan menjadi pertimbangan bagus tidaknya produk.

Beberapa perusahaan besar bahkan membangun buzzer untuk produk mereka supaya masyarakat percaya pada produk yang dihasilkan. Buktikan bahwa produk perusahaan punya reputasi yang baik melalui ulasan pelanggan lainnya daripada melalui iklan. Harus selalu berani memberi ruang untuk testimoni di konten yang disajikan di media sosial.

7. Sajikan Konten Visual Menarik

Saat ini ketertarikan masyarakat selalu mengarah pada penyajian konten dalam bentuk visual seperti foto atau video pendek. Keduanya menjadi konten yang paling efektif dalam menarik perhatian pelanggan dan untuk promosi. Meskipun masih ada konten tulisan tetapi ujungnya, pelanggan pasti mencari konten visual untuk produk yang akan dibeli.

Tidak ada salahnya membayar seorang pekerja kreatif professional untuk mendapatkan beberapa konten visual menarik. Unggah konten visual ini di penjualan produk atau media sosial lainnya supaya pelanggan bisa melihat kenampakan produk secara jelas.

Apapun cara mempromosikan produk di sosmed yang digunakan, hal paling penting adalah tentang pemahaman terhadap keinginan pelanggan. Coba buat ketertarikan terhadap produk tanpa membuat pelanggan merasa hal itu terlalu memaksa dan bersifat promotif.

Continue Reading

Peluang Usaha

Inilah Modal Ternak Kambing Pemula dan Strategi Perawatan Kambing

Modal Ternak Kambing Pemula dan Strategi Perawatan Kambing

Banyaknya usaha yang dikembangkan oleh masyarakat memang bertujuan agar nantinya bisa memperoleh sebuah penghasilan. Namun sebelum membuka usaha, tentu harus menyediakan modal dan mengetahui kisaran modal yang dibutuhkan untuk usaha tersebut. Salah satunya modal ternak kambing pemula yang memang harus diketahui sebelum beternak.

Meskipun modal yang dibutuhkan tidak terlalu banyak, namun perawatan kambing harus tetap diperhatikan. Dengan tujuan agar kesehatan kambing tersebut dapat terjaga dan terhindar dari penyakit yang bisa menyebabkan kambing mati. Selain itu, kebersihan kandang kambing ini pun harus dilakukan secara rutin agar kambing nyaman menempati kandang tersebut.

Modal Untuk Beternak Kambing Yang Wajib Disediakan 

Seperti yang dibahas sebelumnya bahwa sebelum memulai usaha kambing tentu harus memiliki modal yang akan digunakan. Dimana modal ini berguna untuk membeli segala keperluan yang dibutuhkan usaha kambing. Adapun pembahasan tentang modal ternak kambing pemula sebesar Rp9.000.000 dengan estimasi atau rincian sebagai berikut:

1. Kandang Kambing

Perlengkapan yang dapat disediakan oleh peternak kambing tentunya adalah kandang. Biasanya kandang yang digunakan berupa kandang yang bersifat modern. Memang kandang kambing saat sekarang ini semakin modern untuk kenyamanan kambing itu sendiri. Hal ini dikarenakan kambing juga membutuhkan tempat tinggal yang nyaman untuk beradaptasi.

Adapun harga kandang kambing yang bersifat modern ini berkisar Rp3.000.000. Seseorang bisa membeli kandang secara online melalui aplikasi. Meskipun kandang modern ini ada yang dijual secara offline di berbagai daerah. Memang jika dibeli secara offline, seseorang bisa melihat kualitas dari kandang ini secara langsung dibanding membeli secara online.

2. Bibit

Dalam memelihara hewan maupun tumbuhan tentu tidak lepas dengan penggunaan bibit untuk proses perkembangan biakan nantinya. Seperti yang diketahui bahwa harga dari bibit yang akan digunakan memang cukup mahal namun harus dibeli. Adapun harga dari bibit berkisar Rp5.000.000 sehingga harus disediakan oleh calon peternak nantinya.

Memang harga dari bibit tersebut cukup mahal namun penggunaannya dapat digunakan cukup lama. Sehingga peternak tidak terlalu sering membeli bibit tersebut untuk memenuhi kebutuhan perkembangan kambing. Selain itu, sebelum membeli bibit, seseorang juga harus memperhatikan jenis dan kualitas dari bibit tersebut karena memang banyak jenis bibit yang dapat dijadikan pilihan.

3. Pakan Rumput & Vitamin

Seperti yang diketahui bahwa makanan pokok kambing berupa rumput. Namun untuk mendapatkan makanan ini tentu tidak mudah sehingga peternak harus memesan dan membelinya di tempat tertentu. Kambing bukan hanya memakan rumput saja untuk pertumbuhannya, namun juga membutuhkan vitamin sehingga tidak mudah terserang penyakit.

Untuk membeli pakan berupa rumput dan vitamin ini, modal yang dikeluarkan berkisar Rp1.000.000. Memang harga dari pakan dan vitamin untuk kambing tidak terlalu mahal sehingga nantinya kebutuhan kambing ini dapat terpenuhi secara rutin. Dengan begitu, pada saat menjual kambing tersebut, harga yang ditawarkan lebih mahal sehingga bisa memperoleh banyak keuntungan.

Strategi Untuk Ternak Kambing

Ternak kambing yang dilakukan memang memberikan banyak keuntungan untuk para peternak. Bagaimana tidak, modal ternak kambing pemula tidak perlu mengeluarkan biaya yang banyak. Bukan hanya membutuhkan modal yang sedikit, namun strategi yang baik pun diperlukan untuk kelancaran ternak. Olehnya itu, berikut paparan lengkap mengenai strategi yang dapat dilakukan saat beternak kambing:

1. Memilih Jenis Kambing

Sebelum memulai ternak hewan kambing, terlebih dahulu memilih jenis dari kambing tersebut. Memang sangat banyak jenis kambing yang dapat dijadikan sebagai salah satu pilihan untuk hewan ternak. Adapun jenis hewan ternak berupa kambing yang dapat dijadikan pilihan yaitu kambing jenis Etawa. Kambing jenis ini memang sangat bagus sebagai hewan ternak.

2. Harus Memiliki Lahan Yang Memadai

Memang lahan yang dibutuhkan untuk ternak kambing harus luas sehingga kambing bisa lebih leluasa untuk berkembang biak. Itulah mengapa lahan sangat perlu diperhatikan sebelum memulai untuk ternak kambing. Selain itu, lahan yang luas ini nantinya dapat dijadikan sebagai tempat tumpukan pakan maupun bibit untuk kambing tersebut.

3. Pakan, Bibit, dan Vitamin Harus Berkualitas

Seperti yang telah dibahas sebelumnya bahwa pakan yang akan diberikan ke hewan ternak utamanya kambing harus berkualitas. Begitu pula dengan pemilihan bibit untuk kambing pun harus berkualitas agar perkembangannya selalu sehat. Ada pula vitamin yang juga dijadikan sebagai kebutuhan kambing karena memang vitamin ini memiliki peran yang penting.

4. Pastikan Kesehatan Kambing Tetap Terjaga

Hal yang tidak kalah pentingnya dalam strategi ternak kambing adalah kesehatan dari kambing tersebut. Dimana para peternak harus memperhatikan kebersihan dari kandang kambing agar tidak mudah terserang penyakit. Bukan hanya itu saja, pemberian pakan pun perlu diperhatikan dan diberikan secara rutin agar nantinya kesehatan kambing tetap terjaga.

Itulah penjelasan lengkap terkait modal ternak kambing pemula yang dapat disediakan yakni Rp9.000.000. Memang modal yang dibutuhkan untuk melakukan ternak ini tidak terlalu banyak namun keuntungan yang diberikan pada saat panen cukup besar. Bukan hanya itu, strategi untuk memulai usaha ini tentu harus diperhatikan. 

Continue Reading

TOP STORIES