Tips Membuat Brosur yang Menarik dan Mampu Membius Pembaca

Contoh Brosur Yang Menarik | © sjbatik.net

Sebelum kita bahas mengenai cara dan tips membuat brosur yang menarik coba kalian lihat dulu contoh brosur milik sjbatik.net diatas

Agar kalian mempunyai gambaran bagaimana susunan kalimat brosur yang bagus, brosur diatas adalah brosur untuk mencari agen atau reseller, jika sudah dilihat silahkan lanjutkan pembahasan kami dibawah ini:

Brosur menjadi salah satu pilihan alat promosi yang efektif dan efisien untuk perusahaan atau individu seperti kamu yang ingin mempromosikan suatu produk.

Selain itu harga brosur memang jauh lebih murah dibandingkan alat promosi lainnya.

Namun tentu saja tidak boleh sembarangan saat membuat brosur agar bisa sampai ke sasaran dan tidak dibuang begitu saja. Di bawah ini ada tips membuat brosur menarik yang bisa kamu coba:

Buatlah Desain Menarik 

Desain brosur menjadi hal pertama yang akan menarik perhatian orang sehingga memutuskan untuk membaca brosur tersebut atau menumpuknya saja. Dengan membuat desain brosur yang menarik dan tidak biasa pasti akan lebih mudah membuatnya dibaca. Jika selama ini brosur hanya berbentuk kotak begitu saja maka sekarang buatlah desain yang unik dengan berbagai bentuk menarik.

Buat Secara Singkat Namun Informatif

Buatlah brosur dengan singkat tetapi tetap bisa memuat semua informasi yang ingin disampaikan kepada pembaca. Jangan buat kata-kata di dalam brosur dengan kalimat panjang-panjang yang membosankan dan terasa penuh. Buatlah konten dengan tulisan sesingkat-singkatnya tetapi tetap mampu memberikan informasi yang sama. Dengan demikian calon konsumen tidak akan bosan membaca brosur yang dibuat karena tulisan singkat saja.

Atur Tulisan Dengan Benar Pada Konten

Buatlah pengaturan tulisan seperti font yang digunakan, size font yang digunakan, warna font dengan benar dan sesuai. Jangan pilih font yang terlalu rumit sehingga pembaca kesulitan membacanya, tapi pilih yang sederhana dan mudah terbaca. Pastikan sizenya cukup dan tidak membuat mata pembaca brosur yang dibuat sakit karena tulisan yang terlalu kecil. Begitu juga warna pilihlah yang memiliki kontras yang tepat

Beri Judul Yang Menarik Dan Tidak Terduga

Judul menjadi komponen penting dalam sebuah tulisan, termasuk brosur yang digunakan untuk promosi sebuah produk. Pemilihan judul yang tepat untuk sebuah brosur akan menentukan seberapa tertariknya pembaca terhadap brosur yang dibuat. Pilih judul yang menarik untuk membuat pembaca tertarik dengan isi dari brosur yang dibuat, dengan demikian brosur akan mencapai sasaran.

Cantumkan Keuntungan Dari Produk

Terkadang pembaca tidak mau membaca sebuah brosur karena tidak bisa menemukan keuntungan yang dicari dalam brosur tersebut. Oleh sebab itu jangan lupa untuk mencantumkan keuntungan dari sebuah produk disaat membuat brosur agar menarik. Pembaca akan lebih tertarik melihat keuntungan yang akan didapatkannya jika memilih sebuah produk baru. Brosur harus mampu memenuhi rasa ingin tahu pembaca akan keuntungan tersebut.

Pastikan Lebih Baik Dari Kompetitor

Jangan lupa untuk melihat brosur yang dikeluarkan oleh kompetitor untuk produk yang sama karena ini akan membantu untuk membuat lebih baik. Pastikan brosur yang dibuat lebih baik dari kompetitor sehingga berhasil memenangkan pertarungan untuk mendapatkan konsumen. Inilah sebenarnya tujuan dari promosi yaitu memperkenalkan produk sekaligus mendapatkan calon pembeli potensial untuk produk tersebut.

Cantumkan CTA

CTA atau call to action sangat penting untuk dicantumkan di dalam sebuah brosur agar menarik perhatian pembaca. Dengan adanya call to action artinya membuat pembaca memiliki inisiatif untuk melakukan sesuatu jika ingin memiliki produk yang ditawarkan. Pembaca akan terpengaruh untuk segera menghubungi pihak perusahaan jika tertarik dengan produk yang ditawarkan.

Berikan Penawaran Menarik

Jangan lupa untuk memberikan penawaran menarik yang bombastis kepada pembaca, namun tetap jujur. Pembaca akan tertarik dengan penawaran-penawaran yang bombastis namun jika itu menipu maka akan mengecewakan dan tidak baik untuk branding produk. Jadi berikan penawaran menarik yang sesuai dengan apa yang bisa diberikan oelh perusahaan, tapi pilih kata-kata yang tidak biasa.

Buatlah Brosur Memiliki Space Yang Cukup

Berilah space yang cukup pada brosur yang dibuat agar tidak tampak terlalu penuh sehingga membuat pembaca sudah bosan walau belum membacanya. Brosur yang terlalu penuh dengan tulisan tidak akan menarik perhatian pembacanya karena tampak membosankan dan membingungkan. Ciptakan space yang cukup agar brosur tampak menarik dan tidak membosankan untuk dibaca.

Jika Sudah Memiliki Testimoni Jangan Lupa Cantumkan

Jika perusahaan sudah memiliki testimoni dari pembeli sebelumnya maka bisa dicantumkan untuk menarik perhatian. Pembaca akan jauh lebih percaya dengan testimoni pembeli lainnya yang sudah membuktikan sendiri. Testimoni tersebut sekaligus menjadi referensi bagi pembaca yang tertarik dengan produk tetapi masih ragu-ragu, akan menjadi yakin setelah membaca testimoni. Ini akan menjadi hal yang menarik pada sebuah brosur karena selalu dicari pembaca.

Letakkan Informasi Perusahaan Secara Lengkap

Dibagian akhir brosur bisa mencantumkan informasi perusahaan dengan lengkap agar jelas dan meyakinkan. Pembaca akan lebih diyakinkan jika sebuah brosur mencantumkan secara jelas informasi perusahaan yang mengeluarkannya. Selain itu akan lebih mudah bagi pembaca untuk menghubungi perusahaan saat tertarik pada produk yang ditawarkan jika informasi perusahaan tercantum. Informasi seperti alamat, nomor telepon, email dan jam pelayanan akan sangat membantu.

Cantumkan Harga Atau Diskon Produk

Siapa sih yang tidak tertarik dengan diskon atau harga murah? Ini salah satu membuat brosur menjadi menarik di mata pembaca adalah ketika tercantum harga produk yang terjangkau atau sebuah diskon. Apalagi bagi para perempuan yang memang lebih tertarik dengan produk diskon cara ini akan menjadi salah satu tips membuat brosur menarik yang harus dicoba.

Buat Brosur Yang Memiliki Sub-Sub Judul Agar Mudah Dibaca

Tips membuat brosur menarik lainnya adalah dengan memberikan sub sub judul pada brosur yang dibuat untuk mempertegas judul utamanya. Dengan adanya sub-sub judul ini maka pembaca bisa dengan mudah mengetahui isi dari brosur secara keseluruhan. Hal ini karena sub judul memberikan informasi sesuai dengan sub bab pembahasannya.

Fokus Pada Produk Yang Dipromosikan

Pembahasan dalam brosur jangan melebar tetap fokus pada produk yang ingin dipromosikan. Jelaskan tentang produk secara mendetail agar pembaca bisa memahami produk apa yang sedang dikenalkan. Jika memungkinkan bisa menggunakan gambar produk agar pembaca bisa mengerti dengan jelas dan mudah mengetahui produk yang dimaksudkan.

Gunakan Bahasa Yang Mudah Dimengerti

Tips membuat brosur menarik yang selanjutnya adalah pilihlah bahasa yang bisa dengan mudah dimengerti oleh setiap kalangan. Jangan gunakan bahasa yang terlalu tinggi sehingga sulit untuk langsung dipahami setiap orang. Pilih kosakata yang mudah dimengerti dan jangan sekali-kali menggunakan kalimat yang membingungkan agar mudah dimengerti oleh pembaca. Tidak akan ada artinya sebuah brosur jika pembacanya tidak dapat memahami isinya.

Gunakan Struktur AIDA | Rumus Ampuh Dalam Menyusun Kalimat Brosur

Apa itu AIDA ? AIDA adalah suatu konsep atau rumus penulisan yang tersusun sedemikian rupa dengan tujuan agar pembaca brosur kamu tertarik hingga melakukan apa yang kamu mau misalnya pembelian atau gabung menjadi member kamu.

Adapun Kepanjangan rumus AIDA adalah:

  • Attention atau Attract
  • Interest
  • Desire
  • Action

Dengan rumus AIDA itu kamu bisa membuat brosur yang berfokus pada hal berikut ini:

  • Memperoleh perhatian lebih dari pembaca/ target market kamu
  • Membangun rasa ketertarikan kepada Hal yang kamu promosikan
  • Memberi stimulus atau keinginan yang kuat pada pembaca untuk membeli produk
  • Pada akhirnya akan mendorong target market kamu untuk mengambil tindakan, misalnya: membeli produkmu

Baca juga: Current Ratio Adalah: Memahami Pengertian dan Rumus Current Ratio

Dengan mengikuti tips membuat brosur menarik di atas maka akan menghasilkan brosur yang bisa menarik perhatian konsumen. Jika perhatian konsumen sudah berhasil direbut maka berikutnya dengan mudah mempengaruhi konsumen untuk membeli produk.

Inilah bukti jika brosur yang menarik adalah cara promosi yang efektif dan terjangkau bagi seluruh perusahaan yang membutuhkan.

Check Also

Strategi Pemasaran Online Shop

9 Strategi Pemasaran Online Shop Agar Bisnis Semakin Berkembang

Kehadiran Internet telah berhasil merubah pola hidup masyarakat. Kegiatan berbelanja yang biasanya berlangsung di toko, …