Connect with us

Bisnis

Current Ratio Adalah: Memahami Pengertian dan Rumus Current Ratio

Current Ratio Adalah

Hallo teman-teman, bagaimana keadaan kalian? Semoga selalu diberikan kesehatan ya biar bisa tetap baca artikel dari saya hehe.

Pada kesempatan kali ini saya akan berdiskusi bersama kalian mengenai pengertian Current Ratio.

Tidak hanya membahas mengenai pengertiannya saja, melainkan nanti saya juga akan berikan rumus dan contoh soal perhitunga current ratio (rasio lancar).

Memahami Pengertian dan Rumus Current Ratio

Sebelum itu apakah kalian sudah mengetahui pengertian dari Current Ratio?

Pastinya diantara kalian sudah paham betul dengan konsep ini, namun beberapa diantara kalian juga banyak yang belum mengetahui mengenai pengertian current ratio dan baru belajar mengenai Current Ratio.

Untuk itu mari kita berdiskusi bersama mengenai pengertian current ratio dan perhitungannya.

Oke, langsung saja berikut ini adalah pengertian current ration yang saya peroleh dari sumber wikipedia.

Jadi menurut Wikipedia pengertian Current Ratio adalah rasio yang diperuntukan untuk mengukur kinerja keuangan neraca likuiditas di perusahaan.

Dengan menggunakan rasio lancar (current ratio) maka menunjukan kemampuan suatu perusahaan untuk memenuhi hutang jangka pendek pada 12 bulan ke depan.

Biasanya calon kreditur menggunakan rasio ini untuk menentukan akan melakukan pinjaman jangka pendek atau tidak kepada perusahaan yang bersangkutan.

Tidak hanya itu, current ratio adalah suatu rasio yang juga dapat menunjukan efesiensi siklus operasi perusahaan atau kemampuan mengubah produk menjadi uang tunai.

Selain itu, yang merupakan salah satu analisis rasio Likuiditas ini juga dikenal sebagai modal kerja atau working capital ratio.

Pengertian Current Ratio Adalah Menurut Ahli

engertian Current Ratio Adalah Menurut Ahli

Gimana? Dari pengertian di atas apakah kalian sudah paham atau masih bingung?

Jika masih bingung akan saya berikan lagi pengertian Current Ratio menurut para ahli, sehingga kalian dapat lebih memahami konsep ini.

Langsung saja, untuk pengertian rasio lancar menurut para ahli dapat kalian simak di bawah ini!

Kasmir (2014:134)

Menurut Kasmir (2014:134) Current Ratio adalah rasio yang digunakan untuk mengukur kemampuan perusahaan membayar kewajiban atau hutang jangka pendek  yang akan jatuh tempo pada saat ditagih secara keseluruhan.

Dengan kata lain, current ratio adalah rasio untuk mengetahui seberapa banyak aktiva lancar yang tersedia untuk menutupi utang jangka pendek yang segera jatuh tempo.

Selain itu, current ratio atau rasio lancar juga dapat pula dikatakan sebagai bentuk untuk mengukur tingkat keamanan (margin of safety) suatu perusahaan.

Hanafi dan Halim (2009:204)

Menurut Hanafi dan Halim (2009:204) menyatakan bahwa ratio lancar atau current ratio adalah rasio yang dihitung dengan membagi aktiva lancar dengan hutang lancar.

Current ratio adalah rasio yang menunjukan besarnya kas yang dimiliki perusahaan ditambah dengan asset-aset yang dapat berubah menjadi kas dalam waktu satu tahun, relative dengan besarnya hutang-hutang yang jatuh tempo dalam jangka waktu dekat tepatnya tidak lebih dari satu tahun pada tanggal tertentu sesuai yang tercatat di neraca.

Atmaja (2008:365)

Menurut Atmaja (2008:365) rasio lancar/ Current Ratio adalah rasio keuangan yang digunakan untuk mengukur likuiditas dalam suatu perusahaan.

Rasio ini dihitung dengan membagi aktiva lancar dengan hutang. Rasio lancar yang rendah menunjukan bahwa likuiditas suatu perusahaan buruk.

Sebaliknya jika current ratio relative tinggi maka liquiditas perusahaan relative baik.

Namun, perlu kalian ketahui bahwa tidak semua kasus current ratio tinggi maka liquiditas perusahaan pasti baik.

Karena meskipun aktiva lancar lebih besar dari hutang lancar, terkadang aktiva lancar seperti persediaan dan piutang sulit ditagih atau dijual secara tepat.

Munawir (2007:72)

Sedangkan menurut Munawir (2007:72) menyatakan bahwa Current Ratio adalah rasio yang paling umum digunakan untuk menganalisis posisi modal kerja di suatu perusahaan yaitu perbandingan antara jumlah aktiva lancar dengan hutang lancar.

Rasio ini menunjukan bahwa nilai kekayaan lancar (yang segera dapat dijadikan uang) terdapat sekian kalinya hutang jangka pendek.

Horne dan Wachowicz (2007)

Pengertian yang terakhir menurut Horne dan Wachowicz (2007) yang menyatakan bahwa current ratio adalah rasio yang diperoleh dengan menghitung total aktiva lancar dibagi dengan kewajiban jangka pendek.

Dengan menggunakan perhitungan rasio ini dapat menunjukan kemampuan perusahaan untuk membayar kewajiban jangka pendek dengan menggunakan aktiva lancar.

Itulah lima pengertian Current Ratio menurut para ahli, dengan adanya pengertian-pengertian di atas apakah kalian saat ini sudah memahami konsep dari Current Ratio atau rasio lancar?

Dari pengertian di atas maka dapat kita simpulkan bahwa rasio lancar atau current ratio adalah rasio yang sangat berguna untuk mengukur kemampuan perusahaan dalam membayar kewajiban-kewajiban jangka pendek.

Dengan rasio lancar dapat diketahui sampai seberapa jauh aktiva lancar yang dimiliki perusahaan bisa menjamin hutang lancar jangka pendeng yang kurang dari satu tahun.

Semaikin tinggi current ratio suatu perusahaan maka utang-utang kepada para kreditur sudah terjamin.

Rasio ini juga digunakan untuk mengukur kemampuan perusahaan dalam membayar hutang jangka pendek dengan menggunakan aktiva lancar yang dimiliki perusahaan.

Sangat mudah untuk dipahami kan?

Rumus Perhitungan Current Ratio (Rasio Lancar)

Rumus Perhitungan Current Ratio (Rasio Lancar)

Setelah kita mempelajari mengenai pengertian dari current ratio (Rasio Lancar) pastinya dari kalian semua sudah memahami konsep tersebut.

Selanjutnya kita akan membahas mengenai perhitungan dari current ratio.

Dengan menggunakan perhitungan ini kalian akan mengetahui informasi mengenai kemampuan dari aktiva lancar untuk melakukan penutupan hutang lancar.

Apakah kalian sudah mengetahui apa itu yang disebut aktiva lancar dan hutang lancar?

Jadi yang termasuk dari aktiva lancar adalah kas, piutang dagang, persediaan, efek, dan beberapa aktiva lainnya.

Sedangkan untuk hutang lancar adalah hutang bank, hutang wesel, hutang dagang, hutang gaji, serta hutang lainnya yang secepatnya harus dibayar pada jangka pendek oleh perusahaan.

Dari beberapa penjelasan yang saya berikan, maka dapat kita peroleh rumus Current Ratio adalah sebagai berikut:

Rumus Current Ratio

Seperti yang telah saya jelaskan sebelumnya bahwa semakin besar perbandingan aktiva lancar dengan dengan hutang lancar, maka akan semakin tinggi pula kemampuan suatu perusahaan dalam melakukan pembayaran jangka pendek.

Jika perbandingan rasio lancar 1:1 atau 100% hal tersebut berarti aktiva lancar dapat menutup semua hutang lancar yang dimiliki perusahaan.

Sehingga, dapat dikatakan perusahaan sehat apabila rasio berada di atas satu atau di atas 100%.

Sampai penjelasan ini apakah kalian sudah dapat menggambarkan mengenai current ratio?

Dari pernyataan tersebut maka dapat kita simpulkan bahwa aktiva lancar haru berada jauh di atas jumlah hutang lancar.

Jika kalian masih bingung, maka akan saya berikan gambaran atau contoh current ratio di suatu perusahaan. Simak penjelasan dan contoh di bawah ini:

Contoh Soal Current Ratio

Current Ratio pada PT Income ID sebagai berikut:

Tahun 2006 = 1,04

Tahun 2007 = 1,05

Dari data current ratio di atas maka dapat kita artikan bahwa kemampuan perusahaan PT Income ID untuk membayar hutang yang segera harus dipenuhi dengan aktiva lancar pada tahun 2006 adalah setiap Rp 1 hutan lancar akan dijamin oleh Rp 1,04 aktiva lancar.

Sedangkan pada tahun 2007 adalah setiap hutang lancar Rp 1 maka akan dijamin aktiva lancar sebanyak Rp1,05.

Jika sudah memahami ilustrasi di atas, maka selanjutnya mari kita belajar mengenai contoh soal perhitungan Current Ratio.

Berikut contoh soal yang dapat kalian pelajari untuk menghitung Current Ratio:

Perusahaan PT Income ID mempunyai aktiva lancar sebesar Rp 200.000.000 sedangkan untuk hutang lancarnya sebesar Rp 150.000.000.

Maka berapa rasio lancar (current ratio) yang dimiliki perusahaan PT Income ID?

Dari soal di atas maka kita akan menemukan data sebagai berikut :

Diketahui:

Aktiva lancar = Rp 200.000.000

Hutang Lancar = Rp 150.000.000

Ditanya:

Berapa current ratio (rasio lancar)?

Jawab:

Jawaban Rumus Current Ratio
Jawaban Soal Current Ratio

Current Ratio = 1,33 kali, jadi dapat kita katakan bahwa rasio lancar dari PT Income ID adalah sebesar 1,33 kali.

Penilaian Terhadap Current Ratio (Rasio Lancar)

Penilaian Terhadap Current Ratio (Rasio Lancar)

Current Ratio adalah rasio yang dapat menunjukkan kelikuiditas suatu perusahaan.

Jadi, semakin tinggi nilai rasio lancar maka semakin tinggi pula likuid di suatu perusahaannya.

Pada umumnya hasil dari current ratio (rasio lancar) yang diterima perusahaan adalah 2 kali.

Rasio lancar degan nilai sebesar 2 kali maka dapat dikatakan bahwa perusahaan tersebut pada posisi aman atau nyaman dalam keuangan.

Hanya saja, pada dasarnya rasio lancar yang dapat diterima perusahaan itu bervariasi antara satu industry dengan industry lainnya.

Sedangkan pada umumnya di banyak perusahaan sudah dianggap dapat diterima atau baik.

Kemudian jika nilai pada rasio lancar kurang dari 1 kali maka dapat dikatakan rendah.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa jika nilai current ratio adalah kurang dari 1 kali.

Hal tersebut menunjukan perusahaan sedang mengalami kesulitan keuangan untuk membayar kewajiban lancarnya.

Pada kondisi ini, para calon kreditur atau investor harus memperhatikan harus memperhatikan arus kas atau cash flow operasional agar dapat memahami likuiditas perusahaan.

Namun sebaliknya, Jika besarnya current ratio adalah tinggi atau lebih dari 2 kali, maka dapat diperkirakan perusahaan tersebut mungkin saja tidak menggunakan asetnya dengan baik atau tidak menggunakan fasilitas pembiayaan jangka pendek secara efisien.

Atau bisa jadi hal ini juga menunjukan mungkin terdapat masalah dapat perusahaan terkait dengan pengelolaan modal kerja.

Namun, bagi sebagian kreditur atau investor kondisi current ratio tinggi lebih baik daripada current ratio rendah.

Karena dengan kondisi current ratio yang tinggi maka dapat dikatakan bahwa perusahaan dapat memenuhi kewajiban hutang yang jatuh tempo kurang dari satu tahun atau 12 bulan ke depan.

Sampai pada penjelasan ini apakah kalian sudah memahami konsep current ratio (rasio lancar)?

Pastinya sudah kan, karena sudah saya jelaskan dengan sebaik mungkin.

Dari contoh soal yang saya berikan sebelumnya maka dapat dikatakan bahwa nilai current rasionya sedang yaitu 1,33 kali.

Sehingga tidak lebih dari 2 kali dan tidak kurang dari 1 kali.

Dari contoh tersebut maka dapat dikatakan bahwa perusahaan Income ID masih dapat memenuhi kewajiban atau hutang jangka pendek yang tidak lebih dari 12 bulan.

Bagaimana menurut kalian apakah pembahasan kali ini terbilang rumit atau mudah dipahami?

Saya pribadi berharap kalian dapat memahami penjelasan mengenai current rasio (rasio lancar) dengan mudah.

Sehingga dapat menambah pengetahuan kalian, tidak hanya itu dengan adanya artikel ini semoga kalian juga dapat melakukan perhitungan current ratio dengan baik.

Dengan begitu, dapat dikatakan bahwa current ratio adalah perhitungan rasio untuk dapat mengetahui kemampuan suatu perusahaan dalam membayar hutang atau kewajibannya.

Baca Juga: Pengertian Human Capital dalam Perusahaan

Demikian artikel dari saya, sampai jumpa di artikel-artikel selanjutnya dan pastinya jangan bosan-bosan ya!

Bisnis

Fungsi Utama Software Payroll Terbaik Dalam Kemajuan Bisnis Perusahaan

Software payroll terbaik memang menjadi salah satu software yang saat ini tengah banyak menjadi incaran. Tentu saja didalamnya terdapat beragam sistem yang sangat berguna untuk sebuah perusahaan.

Tidak hanya masalah penggajian karyawan saja, namun software yang satu ini juga lengkap untuk pengelolaan manajemen sumber daya manusia. Salah satu fitur di dalamnya adalah untuk mengetahui kinerja karyawan dengan metode absensi online. Sehingga nantinya akan terpantau dengan jelas kedisiplinan karyawan.

Manfaat Yang Besar Bagi Sebuah Perusahaan

Sebagai pemberitahuan, bahwa gaji merupakan salah satu hal yang sangat vital dalam sebuah manajemen perusahaan. Ini menyangkut hak hidup karyawan perusahaan. Jika saja salah dalam memberikan kalkulasi tentu saja akan merugikan karyawan dan memberikan dampak yang negatif bagi perusahaan.

Dengan menggunakan software payroll tentu saja aka nada banyak manfaat yang diraih. Seperti pemantauan terhadap kinerja karyawan, serta dapat, meminimalisir kesalahan dalam kalkulasi gaji karyawan. Tak tanggung tanggung, software ini tentu saja dapat memberikan efisiensi waktu pula. Dari yang serba manual, maka dengan kehadiran software ini segalanya akan menjadi serba digital. Hal tersebut sangat selaras dengan era industri 4.0 saat ini.

Software Payroll Bagi Sebuah Bisnis

Kebanyakan perusahaan mungkin masih menerapkan sistem sdm secara manual. Tentu saja hal semacam itu dapat menguras waktu serta membuang buang biaya dalam pengelolaan data. Sebagai solusinya, maka software payroll terbaik di Indonesia ini dapat membantu perusahaan melancarkan bisnisnya dengan beragam manfaat berikut ini.

1.Pengelolaan Data Karyawan Secara Lengkap

Fungsi yang satu ini tentu saja dapat menjadi sebuah langkah yang preventif dalam pengelolaan data. Karyawan sebagai aset tentu saja harus dikelola dengan baik. Karena asset tersebut akan sangat berguna untuk kelangsungan sebuah bisnis perusahaan.

Mengelola data karyawan dengan software payroll tentu saja tidak memerlukan orang banyak. Serta hanya dalam lingkup kecil. Seluruh data terkait absensi online, rekening karyawan akan dengan mudah dikelola. Saat penggajian karyawan  tentu saja akan saling terkait dengan data karyawan.

2. Software Yang Tertaut Dengan Absensi

Jika dilakukan secara manual tentu saja akan sering mendapat sebuah kesalahan serta kekeliruan. Nah, kehadiran software payroll akan menjadi sebuah solusi yang cerdas bagi sebuah perusahaan. Tidak lagi harus mencocokkan absensi karyawan secara manual. Dengan software ini maka kehadiran karyawan akan tertaut langsung, ini dikarenakan sistem yang digunakan telah terintegrasi dengan sistem absensi online.

Hal ini tentu menjadikan kerja dari HRD menjadi lebih mudah, dan kesalahan dapat diminimalisir dengan bijak. Selain itu hal ini juga tentunya dapat menghemat waktu dan HRD dapat mengerjakan tugas tugas lainnya.

3. Bonus Bonus Serta Potongan Untuk Karyawan Dapat Dihitung Secara Tepat

Software payroll juga dapat memberikan informasi  berupa bpjs serta bonus seperti THR dan lain lain secara akurat dan tepat. Penghitungan gaji nantinya akan menjadi lebih akurat by sistem dan pengelolaannya tidak lagi harus secara manual. Insentif untuk karyawan dan lainnya akan secara otomatis tercatat by sistem. Sehingga tidak akan menimbulkan kekeliruan yang terkadang menyebabkan selisih.

Selain dapat menghitung PPh 21 software payroll juga mampu untuk menghitung jumlah bpjs karyawan. Bayangkan saja jika masih menghitung secara manual tentu saja akan memakan waktu yang lumayan lama, dan nantinya hal tersebut malah menjadi sebuah beban yang menghambat sebuah perusahaan untuk maju dalam bisnisnya.

Demikian penjelasan terkait fungsi dari software payroll. Dalam penghitungan gaji memang harus dilakukan secara akurat dan tepat. Maka dari itu dengan menggunakan software payroll terbaik yang terkait langsung dengan sistem absensi online, maka perusahaan dapat memantau karyawan nya dan meminimalisir selisih serta kesalahan saat melakukan penggajian karyawan.

Continue Reading

Bisnis

Cara Promosi Perumahan Di Sosmed Yang Efektif, Coba 7 Hal Penting Ini!

Internet merupakan sarana paling efisien dan efektif saat ini digunakan untuk melakukan promosi apapun. Salah satunya cara promosi perumahan di sosmed dengan mengandalkan internet sebagai media iklan. Tingkat jangkauan promosi lebih banyak dan lebih baik sehingga orang-orang dengan mudah mendapatkan informasi perumahan dari sosial media.

Beberapa hal yang penting dipersiapkan pada saat melakukan promosi perumahan merupakan cara paling tepat dalam menjangkau konsumen. Maka strategi dari awal hingga akhir memperkenalkan perumahan via sosmed bisa memperhatikan hal berikut ini.

1. Memiliki Akun Media Sosial

Yang paling utama dalam memulai promosi perumahan dengan memanfaatkan jejaring sosial yaitu mempunyai akun terlebih dahulu. Akun media sosial banyak macamnya saat ini, mulai dari facebook, instagram, YouTube, Twitter dan sebagainya. Hingga status WA pun menjadi ajang media promosi efektif yang bisa dilakukan.

Biasanya saat mengaktivasi satu akun media sosial akan terjadi keterkaitan antara satu akun dengan akun lainnya. Semacam jejaring dengan persen yang sama namun banyak wujud. Jadi saat mempromosikan di salah satu akun media sosial maka bisa ditayangkan pula di akun media sosial lainnya

2. Memahami Apa Yang Dibutuhkan Konsumen Tentang Perumahan

Pahami apa yang dibutuhkan konsumen merupakan cara promosi perumahan di sosmed yang ampuh. Membaca kebutuhan pasar menjadi penting, apalagi kebutuhan akan hunian rumah yang semakin meningkat. Para konsumen biasanya akan mencari informasi yang lebih akurat mulai dari bentuk perumahan, lingkungan strategis, hingga harga yang ditawarkan.

Dalam memberikan promosi yang berkaitan dengan perumahan, memang penting untuk menyajikan apa yang dibutuhkan pasar. Biasanya konsumen akan mencari harga terjangkau dengan kualitas yang terbaik. Atau tipe rumah yang sedang tren pada saat ini dan perumahan yang dekat dengan tempat-tempat strategis.

3. Buat Konten Iklan Yang Menarik

Cara promosi perumahan di sosmed yaitu dengan membuat konten yang menarik. Konten yang menarik biasanya berisi jawaban atau pemahaman yang dibutuhkan konsumen. Dengan memberikan beberapa tips menarik bagi konsumen yang berhubungan dengan home decor atau mengulas tren perumahan.

Konten sangat penting dalam menyajikan sebuah iklan agar terlihat lebih layak dan dapat menjaring konsumen. Karena dalam dunia media sosial mengandalkan visualisasi dari sebuah gambar dan tulisan. Sehingga penyajian konten menjadi daya tarik utama pada konsumen dalam mengenal suatu produk. Apalagi jika produk tersebut perumahan yang butuh banyak detail untuk dijelaskan.

4. Memahami Persaingan Harga

Hal ini sangat penting dipertimbangkan dalam mempromosikan perumahan di medsos. Karena harga biasanya menentukan nilai ketertarikan konsumen pada produk, maka dalam mengemas harga harus semenarik mungkin. Yaitu dengan melihat bagaimana produk yang sama menentukan harga jualnya kepada konsumen.

Biasanya persaingan harga ini memicu terjadinya tingkat pemesanan yang tinggi. Misalnya saja jika seseorang akan mencari perumahan via media sosial kemudian melihat harga dengan diimbangi pemberian diskon. Maka biasanya konsumen akan lebih tertarik apalagi jika ada promo lainnya saat menawarkan perumahan. Karena faktor paling utama dalam menentukan harga adalah keseimbangan harga pasar

5. Memanfaatkan Fitur Yang Ada Pada Sosial Media

Pada cara promosi perumahan di medsos, akan lebih baik lagi jika mengoptimalkan fitur lainnya yang ada. Seperti FB ads, Instagram Ads, dan sebagainya sebagai sarana iklan yang lebih baik lagi. Selanjutnya fitur yang ada pada media sosial ini tentu terintegrasi dengan akun utama sehingga, tidak perlu khawatir iklan tidak menjangkau. Justru dengan bantuan fitur iklan yang ada pada medsos semakin membantu menjangkau berbagai kalangan.

Fitur ini juga mudah digunakan serta mempunyai nilai praktis dan ekonomis. Maka perumahan yang dipromosikan akan lebih menjangkau masyarakat lebih luas lagi. Selain itu, nilai praktis media sosial sangat membantu memangkas biaya promosi karena internet dianggap lebih efektif dibandingkan promosi offline.

6. Optimalisasi SEO

Search Engine Optimization merupakan sebuah sistem mesin pencari yang mengoptimalkan situs yang dimiliki. Dengan melibatkan penggunaan kata kunci yang dicari konsumen pada mesin pencari. Yang kemudian pada search engine didasarkan pada kata kunci yang dimasukkan sehingga memunculkan traffic di sebuah situs.

Optimalisasi SEO ini diyakini efektif untuk menjaring konsumen dalam mengunjungi situs serta memahami produk perumahan yang ditawarkan. Sehingga promosi perumahan akan lebih efektif dan langsung tepat sasaran kepada konsumen yang membutuhkan hunian baru. Atau ada juga konsumen yang sedang berinvestasi pada perumahan.

7. Personal Branding

Pentingnya pengenalan secara lebih baik lagi yaitu dengan personal branding pada suatu produk. Jika ingin mempromosikan perumahan, maka ciptakan personal branding yang kuat sehingga konsumen percaya. Yaitu dengan menjalin relasi secara baik, percaya pada diri sendiri dan produk yang ditawarkan.

Selain itu berikan performa terbaik saat mempromosikan pada konsumen, bagaimana perumahan tersebut dan apa kelebihannya. Dengan begitu di medsos bisa terlihat jelas apa saja yang menjadi ciri khas hingga akhirnya orang akan tertarik dengan perumahan tersebut.

Dengan memahami beberapa cara promosi perumahan di medsos maka diharapkan mampu mengoptimalisasi berbagai peluang yang ada. Karena kekuatan medsos merupakan jaringan internet yang luas, maka saat promosi perumahan dilakukan tentu akan menjangkau lebih banyak lagi. Dan menarik para konsumen untuk mendapatkan hunian nyaman sesuai harapan.

Continue Reading

Peluang Usaha

Tips Buka Usaha di Tengah Ancaman Resesi Ekonomi Indonesia

Resesi ekonomi Indonesia tampaknya makin kencang digaungkan oleh para pakar ekonomi di negeri ini.

Pandemi virus corona telah menyebabkan perekonomian terhenti dan beberapa negara telah masuk ke dalam fase resesi. Lalu bagaimana dengan orang yang justru ingin membuka usaha? Simak tips berikut ini

Apa Itu Resesi Ekonomi ?

Resesi ekonomi adalah adanya penurunan yang tajam terhadap kegiatan ekonomi selama berbulan-bulan bahkan hitungan tahun. Jika hal itu terjadi di Indonesia, maka disebutkan resesi ekonomi Indonesia. Selama pandemi, sudah banyak negara yang terjungkal kegiatan perekonomiannya dan masuk dalam fase resesi.

Pada masa resesi, banyak orang mengalami PHK atau kehilangan mata pencaharian. Hal ini karena perusahaan tidak melakukan kegiatan produksi sebagaimana mestinya. Artinya ada penghematan dan penurunan penjualan karena output yang lebih sedikit.

Resesi bisa mengakibatkan melemahnya daya beli yang dipicu oleh semakin tingginya PHK. Belum lagi ancaman kredit macet di dunia perbankan serta inflasi yang terlalu tinggi. Deflasi juga bisa terjadi jika suatu negara masuk ke dalam fase resesi.

Seperti yang dilansir dari Harapanrakyat.com, Saat ini Indonesia belum masuk fase resesi walaupun ancaman itu sudah di depan mata. Namun jika di kuartal ketiga nanti perekonomian kembali terkontraksi, sudah pasti Indonesia akan resesi. Konsumsi rumah tangga harus meningkat serta investasi harus lebih besar lagi. Saat ini tumpuan utama Indonesia adalah investasi pada UMKM.

Tips Membuka Usaha Saat Resesi

Resesi yang pernah terjadi di beberapa negara di masa lalu justru memicu lahirnya sejumlah perusahaan besar. Contohnya saja Uber, General Motor, CNN, Burger King, dan Airbnb. Usaha-usaha mikro yang lahir di masa resesi berpotensi menjadi besar ketika perekonomian membaik. Lalu, apa tipsnya agar aman membuka usaha saat resesi?

1. Lakukan Penghematan

Berhemat adalah hal yang tepat dilakukan ketika membuka usaha di masa krisis. Ingatlah bahwa bisnis sedang dijalankan dimana pendapatan masyarakat menurun, pasokan bahan baku tersendat dan penjualan tipis. Alokasikan modal untuk keperluan produksi dan bukan yang lain.

2. Produksi Berdasarkan Pesanan

Beberapa barang bisa diproduksi saat pesanan datang. Hal ini lebih menguntungkan dan bisa menyelamatkan bisnis dari kerugian. Dengan membuat produk saat pesanan sudah masuk, maka keuntungan lebih mudah diperhitungkan. Buatlah sistem PO untuk produk yang akan dijual.

3. Manfaatkan Pemasaran Digital

Pemasaran secara digital bisa dimulai dengan sangat murah. Misalnya dengan memaksimalkan media sosial dan internet. Buatlah website untuk branding produk dan perusahaan. Resesi atau tidak, pemasaran secara digital harus dilakukan apalagi jika ingin menjaring konsumen yang lebih luas.

4. Efisiensi Pekerjaan

Mempekerjakan karyawan tetap penting untuk menjaga performa dan kualitas produksi. Tetapi, dikala resesi, beban gaji karyawan bisa mempengaruhi cash flow. Maka, usahakan setiap karyawan melakukan pekerjaannya dengan efektif dan efisien. Walaupun terkesan “pelit”, namun ini penting untuk kelangsungan usaha. Jangan ragu untuk ikut terjun sendiri membantu operasional agar lebih hemat.

Baca Juga: Satuma Kraf, Ahlinya Pembuat Kerajinan Tembaga dan Kuningan

5. Rencanakan dengan Matang

Perencanaan adalah yang terpenting ketika membuka bisnis di masa resesi. Tidak ada salahnya berkonsultasi dulu kepada konsultan atau rekanan sebelum benar-benar terjun. Setiap sen yang dikeluarkan, harus jelas kapan kembalinya dan bagaimana.

Resesi ekonomi Indonesia yang sudah di depan mata harus disikapi dengan tenang namun tetap proaktif. Saat ini Iklim bisnis masih cukup sehat walaupun persaingan ketat. Buktinya, semakin banyak orang yang terjun membuka usaha di masa pandemi. Siapa tahu, salah satunya akan sukses dan besar ketika wabah mereda.

Continue Reading

TOP STORIES