9 Strategi Pemasaran Online Shop Agar Bisnis Semakin Berkembang

Kehadiran Internet telah berhasil merubah pola hidup masyarakat. Kegiatan berbelanja yang biasanya berlangsung di toko, kini dapat dilakukan secara online kapan saja dan dimana saja. Kehadiran online shop semakin menguasai pasar. Sehingga, bagi para pebisnis akan sangat disayangkan apabila tidak mengetahui strategi pemasaran online shop yang baik dan mampu meningkatkan traffic jual beli. Apa saja strategi pemasaran online shop? Berikut ulasannya!

1. Manfaatkan SEO Untuk Situs Online Shop

Sebuah situs yang berada pada halaman pertama mesin pencarian Google memiliki kesempatan mendapatkan pengunjung lebih banyak. Sehingga, dengan sendirinya pelanggan juga akan bertambah. Pemilik bisnis dapat menyewa jasa SEO guna membantu meningkatkan peringkat situs online shop. Carilah pegiat SEO yang sudah berpengalaman, pemilik bisnis juga dapat mempelajari terlebih dahulu bagaimana mekanisme SEO agar semakin paham.

2. Perluas Jaringan Dan Relasi

Memiliki relasi yang banyak merupakan salah satu hal penting dalam bisnis. Apabila memiliki jaringan maupun relasi yang lebih luas, pemilik bisnis dapat memasarkan produk jualan lebih banyak. Sehingga kesempatan mendapatkan pelanggan yang tertarik dengan produk menjadi terbuka lebar.

Guna membangun jaringan, mulailah dari lingkup yang terkecil seperti sanak family, teman-teman, maupun tetangga sekitar. Apabila pemasaran dilakukan melalui aplikasi sosial media, tambahkan keluarga dekat maupun tetangga sebagai teman di sosial media. Dengan begitu, saat pemilik bisnis mengunggah produk jualan, teman di sosial media dapat melihatnya dan tertarik dengan produk yang ditawarkan.

3. Buatlah Konten Yang Menarik

Selain berisikan produk jualan, alangkah baiknya jika situs maupun akun online shop dilengkapi dengan berbagai konten yang menarik. Misalnya, apabila produk yang dijual merupakan hasil rajutan maupun perlengkapan rajut, sertakan konten berupa video tutorial merajut yang simple dan mudah. 

Dengan demikian, pelanggan tidak merasa bosan ketika berkunjung ke situs online shop. Jika merasa kesulitan, pemilik bisnis dapat menyewa jasa pembuatan konten oleh profesional.

Selain itu, pemilik juga dapat mempercantik tampilan konten dengan desain yang colorfull. Saat ini sudah tersedia banyak template gratis terkait postingan instagram maupun Facebook. Sehingga, tampilan situs tidak terasa membosankan.

4. Memaksimalkan Keberadaan Digital Marketing

Keberadaan digital marketing memiliki dampak yang signifikan layaknya bola salju. Awalnya memang kecil, namun jika dibiarkan menggelinding secara terus menerus lama kelamaan akan menjadi besar. Begitu juga dengan digital marketing. Berawal dari bisnis kecil, lama kelamaan akan berkembang apabila dijalani dengan serius.

5. Memahami Platform Bisnis Yang Digunakan

Trend selalu berubah-ubah. Oleh sebab itu, seorang pebisnis harus paham dengan trend yang sedang berkembang. Dan mampu mengikuti perubahan-perubahan pada platform online shop yang digunakan. Hindari memiliki pemikiran yang kaku jika menginginkan bisnis berkembang menjadi lebih besar.

6. Jangan Ragu Untuk Menentukan Target Pasar

Setiap produk biasanya memiliki peminat dari berbagai kalangan usia. Jangan ragu untuk memilih target pasar yang dirasa cocok dengan produk. Dengan begitu, dapat memudahkan pemilik bisnis dalam memasarkan produk. Jika memilih kalangan muda usia remaja hingga dewasa, buatlah desain produk maupun tampilan online shop yang gaul dan menarik.

Selain itu, sebelum menentukan target pasar, pastikan bahwa telah memahami kegunaan produk, manfaat, hingga cara mengaplikasikan produk. Agar ketika ada konsumen yang bertanya, pemilik bisnis dapat menerangkan dengan jelas.

7. Beriklan Di Facebook Ads

Media sosial lain masih belum dapat menggeser popularitas Facebook. Berbagai kalangan usia mulai dari anak-anak hingga dewasa umumnya memiliki akun Facebook. Hal inilah yang menjadikan Facebook sebagai media pemasaran yang baik. 

Perusahaan Facebook pun ikut menyadari hal ini. Salah fitur unggulan yang berguna bagi pebisnis adalah Facebook Ads. Dengan Facebook Ads, pebisnis dapat memasarkan produknya sehingga mampu menjangkau pasar yang lebih luas.

8. Berjualan Melalui E-Commerce

Masyarakat kebanyakan lebih memilih berbelanja melalui E-Commerce atau marketplace dalam berbelanja. Sebab, lebih aman dari penipuan. Nah, melihat peluang ini, cobalah untuk menjual produk melalui marketplace. Kemudian promosikan akun melalui instagram pribadi maupun Facebook dan jangkau pelanggan lebih banyak.

9. Gunakan Google AdWords

Google Adwords merupakan salah satu platform yang disediakan oleh Google guna mengiklankan bisnis yang dimiliki oleh penggunanya. Dengan menggunakan layanan ini, pemilik bisnis dapat mengatur letak iklan pada Google sesuai dengan keinginan.

Cara kerjanya, misalkan seseorang sedang mencari produk baju bayi. Setelah mengetikkan kata kunci pada Google, laman akan menampilkan beberapa produk baju bayi yang menggunakan layanan Google Adwords. Hal ini dapat mempermudah calon pembeli untuk menemukan toko yang menjual produk tersebut. Selain itu, pemilik bisnis juga diuntungkan dalam segi traffic pengunjung maupun pembelian.

Nah, itulah tadi strategi pemasaran online shop yang dapat ditekuni agar online shop semakin berkembang. Jangan mudah putus asa, sebab menekuni bisnis dibutuhkan tekad dan semangat yang kuat. Semoga berhasil, ya!

Check Also

Cara Promosi Perumahan Di Sosmed

Cara Promosi Perumahan Di Sosmed Yang Efektif, Coba 7 Hal Penting Ini!

Internet merupakan sarana paling efisien dan efektif saat ini digunakan untuk melakukan promosi apapun. Salah …