Connect with us

Peluang Usaha

Modal Terbatas ? Ini Rekomendasi Bisnis Modal Kecil Buat Kamu

Modal sering menjadi momok bagi orang untuk memulai bisnis. Apalagi jika kalian sudah menemukan peluang usaha yang potensial biasanya dibarengi dengan sulitnya permodalan, Bahkan banyak yang tidak jadi buka bisnis karena hal ini.

Padahal, kenyataannya tidak seperti itu. Tidak semua bisnis memerlukan modal besar, diluaran sana masih banyak sekali bisnis modal kecil yang bisa kamu kerjakan.

Bahkan, bisnis modal kecil adalah sebuah keniscayaan. Banyak pebisnis sukses memulai bisnisnya dengan modal kecil. Apa saja bisnis modal kecil itu, berikut ulasannya:

Bisnis Modal Kecil Dengan Menjual Gas LPG dan Air Minum Galon

Gas LPG (Foto: Merdeka.com)

Bisa dibilang usaha ini memang bukan hal baru. Banyak orang sudah mencoba dan sukses. Tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk memulai bisnis ini.

Sebagai pemula, lokasi usaha bisa di garasi rumah atau teras rumah. Dapatkan pasokan gas dan air minum dari agen yang lebih besar karena harga yang ditawarkan juga lebih menguntungkan.

Hindari kulakan dari sesama pengecer karena harga sudah tinggi dan sulit untuk menaikkan harga.

Pertama kali, belilah 20 gas LPG dan 20 galon air minum. Harga gas LPG di agen besar adalah sekitar Rp. 16.000 – Rp. 18.000. Respon cepat ketika ada pesanan dan ketersediaan barang adalah kunci sukses bisnis ini.

Bisnis Modal Kecil Juice Kemasan

Saat ini, tren minuman sehat sedang meningkat dan diprediksi tren ini akan terus ada sampai beberapa tahun kedepan. Jadi, bisnis juice dalam kemasan ini sangat potensial untuk dijalankan.

Modal bisnis ini sangat ekonomis. Untuk mendapat pasokan buah dan sayur dengan harga murah, belanjalah di agen sayur dan buah.

Biasanya, pengusaha di bisnis ini belanja ke pasar induk. Setelah itu, anda perlu membeli blender atau juicer, beruntung jika sudah ada di rumah. Di awal, isahakan untuk memanfaatkan peralatan yang ada di rumah. Hal ini untuk mengurangi belanja modal.

Pasarkan secara online melalui media sosial seperti Instagram dan WA. Terapkan sistem buat berdasarkan pesanan.

Jasa Penulisan

Bisnis ini tidak memerlukan banyak modal apalagi ketika internet dan laptop tersedia di rumah. Ketika semua perangkat tersedia dan kebetulan skill menulis bagus, bisnis ini sangat layak dijalankan.

Anak muda cenderung menyukai bisnis ini karena tingkat fleksibilitasnya tinggi. Bisnis modal kecil di bidang penulisan ini ternyata menghasilkan nominal yang cukup menarik.

Kunci sukses dari bisnis ini adalah produktivitas. Perbanyak persediaan tulisan dengan berbagai tema, sehingga ketika pesanan datang, anda sudah siap.

Selain itu, perbanyak membaca agar perbendaharaan kata dan pengetahuan bertambah. Saat ini sudah banyak situs-situs online yang membayar tulisan kita. Atau bisa juga dengan bergabung dengan komunitas penyedia konten.

Bisnis Modal Kecil Menjadi Tutor atau Buka Bimbel

Bagi anda yang memiliki keahlian mengajar dan memiliki pengetahuan akademik yang baik, bisa dicoba menjadi tutor atau buka bimbingan belajar dirumah.

Di awal, gunakan ruang tamu di rumah atau ruangan lain yang memadai sebagai kelas. Atau, agar lebih lega dan terbuka, bisa memanfaatkan teras rumah. Di hari-hari tertentu, anda juga bisa mengajar di luar rumah, yaitu ketika ada murid yang meminta kelas privat.

Usaha ini hanya memerlukan ongkos fotocopy materi, belanja kursi, papan tulis dan alat tulis. Maksimalkan jumlah murid di 10 anak untuk kelas besar. Serta 5 anak saja untuk kelas kecil.

Untuk di awal, tidak perlu membeli kursi baru, cari saja di pengepul bongkaran kantor atau kampus dan dapatkan kursi dengan harga miring.

Laundry dan Setrika Kiloan

Modal terbesar untuk usaha ini adalah pembelian mesin cuci yang lengkap dengan pengeringnya.

Namun, semua itu bisa disiasati dengan cara membeli mesin cuci bekas dengan kualitas yang masih bagus. Carilah kenalan atau saudara yang ingin menjual mesin cuci lamanya, atau buka iklan di internet tentang kebutuhan mesin cuci bekas.

Bukalah usaha di rumah dan pasarkan ke masyarakat sekitar. Di awal, kerjakan semuanya sendiri dulu. Setelah keuntungan usaha meningkat, baru bisa menambah karyawan. Untuk penggajian karyawan, bisa ditetapkan sistem insentif.

Semakin banyak baju yang disetrika karyawan, makin banyak insentifnya. Dengan begini, keuangan usaha di awal-awal usaha bisa tetap stabil daripada harus mengeluarkan biaya tetap untuk gaji.

Web Designer

Lagi-lagi ini usaha yang sedang tren. Biarpun sudah banyak pemain di bisnis ini, jasa web designer terus dicari orang.

Selain itu, web designer tergolong bisnis modal kecil. Anda hanya perlu laptop dan keahlian design tentu saja. Walaupun bisnis ini tergolong bermodal kecil, pemasukan yang diterima dari bisnis ini menggiurkan.

Jangan lupa untuk terus memperbarui portofolio. Masukkan setiap proyek yang selesai ke dalam protofolio. Anda bisa memanfaatkan media social seperti Instagram atau blog untuk memposting portofolio anda.

Bergabunglah dengan komunitas di industri kreatif ini. Tips sukses di bisnis ini adalah bagaimana anda mampu mengakomodir keinginan klien ke dalam desain anda.

Katering Anak Sekolah

Beruntunglah orang-orang yang memiliki keahlian memasak. Saat ini, catering untuk anak sekolah sangat disukai oleh ibu-ibu.

Hal ini karena dianggap meringankan pekerjaan rumah tangga karena tidak perlu menyiapkan bekal sekolah. Bisnis ini tergolong bermodal kecil karena anda bisa memulainya dengan modal kurang dari 5 juta.

Langkah awal adalah lakukan survery mengenai harga catering anak sekolah. Setelah itu, kirimkan proposal ke sekolah-sekolah di dekat tempat tinggal. Namun, jika sulit untuk menjadi rekanan resmi, anda bisa menawarkan langsung kepada orang tua murid. Biasanya cara ini lebih berhasil. Bawa contoh menu untuk dicicip.

Dropship

Mau berjualan tapi takut barang tidak laku dan keluar modal banyak? Dropship jawabannya. Menjadi drop shipper, tidak perlu stok barang dan mengeluarkan modal untuk kulakan.

Yang dilakukan adalah menjadi penghubung antara pembeli dan penjual tanpa diketahui oleh pembeli. Bisa dibilang, modal bisnis ini minim. Anda hanya perlu ponsel dan pulsanya.

Namun, perlu diperhatikan kualitas dari penjual. Pastikan barang dan pelayanan pengiriman yang disediakan oleh penjual berkualitas baik. Karena jika tidak, resiko ada pada dropshipper.

Pembeli akan melayangkan semua keluhan kepada perantara. Oleh karena itu penting untuk memastikan dan memonitor perjalanan barang sampai ke tangan penerima.

Kedai Sarapan Pagi

Usaha ini tidak butuh modal besar, namun perlu sedikit tenaga ekstra. Kedai sarapan pagi anda bisa berlokasi di rumah.

Sediakan menu yang cepat dan praktis. Kebanyakan, pembeli anda adalah pekerja kantoran dan ibu-ibu yang memiliki anak usia sekolah. Selain mendatangkan keuntungan, bisnis modal kecil ini membantu orang-orang dalam mencari menu sarapan pagi.

Berjualan Biji Kopi

Kopi sedang naik daun. Namun bisnis kedai kopi sudah terlalu menjamur dan bermodal lumayan. Anda bisa bermain di bisnis pemasok biji kopi ke kedai kopi.

Sering-seringlah berkunjung ke kedai kopi dan tawarkan jasa anda. Untuk pasokan, perbanyak datang ke pameran kopi nusantara, ada banyak petani kopi yang hadir. Harga dari petani jauh lebih murah daripada harga di pasar.

Baca Juga: Yuk Uji Nyali Bisnismu Dengan Beberapa Peluang Usaha Baru ini

Baca Juga: Tips Membuat Brosur yang Menarik dan Mampu Membius Pembaca

Tidak ada bisnis tanpa modal sama sekali. Bahkan modal dengkul sekalipun adalah modal. Namun, ada bisnis modal kecil yang bisa dijadikan batu lompatan dalam hal mempelajari pergerakan dan seluk beluk pasar.

Berani memulai adalah kunci sukses. Selain itu kegigihan dan kesabaran akan membawa bisnis modal kecil anda menjadi bisnis yang menguntungkan. Selamat berbisnis!

Mendirikan situs income.id sebagai perwujudan pengabdian kepada bangsa dan negara indonesia melalui media yang informatif dan edukatif

Peluang Usaha

7 Cara Menjadi Selebgram Endorse Berkualitas dan Hasilkan Banyak Uang

Di zaman teknologi canggih saat ini, ada berbagai macam aplikasi media sosial yang banyak digunakan. Seiring maraknya pengguna aplikasi media sosial, banyak juga selebgram-selebgram yang hadir ikut serta meramaikan dunia media sosial. Ada selebgram yang awalnya hanya untuk senang-senang sampai menjadi sebuah lapangan pekerjaan. Lalu, bagaimana cara menjadi selebgram endorse?

Selebriti Instagram atau yang biasa dikenal dengan selebgram merupakan julukan bagi orang yang terkenal di Instagram. Biasanya memiliki banyak pengikut di akun instagramnya, mulai dari ribuan sampai dengan jutaan. Hal ini mampu menarik online shop untuk melakukan kerja sama. Maka, inilah cara untuk menjadi selebgram yang dapat menghasilkan banyak uang.

1. Miliki Akun Instagram

Cara menjadi selebgram endorse yang pertama yaitu buat akun instagram. Untuk memulai suatu hal yang besar ini, tentunya harus memiliki akun instagram yang akan digunakan. Seperti diketahui, media sosial instagram ialah wadah utama yang bisa membuat seseorang menjadi selebgram endorse.

Jika belum memiliki akun instagram, segera unduh instagram dan buat akun. Cara membuat akunnya pun mudah, hanya dengan membuat username yang diinginkan, kata sandi dan memasukan alamat email. Pastikan tidak lupa dengan kata sandi yang dibuat, agar tak menjadi sebuah masalah dikemudian hari.

2. Buat Konten Kreatif dan Fokus

Sebagai seorang selebgram endorse harus bisa mempunyai ide-ide kreatif dan cemerlang. Sebelum membuat konten, ada baiknya pikirkan terlebih dahulu tema konten yang akan dibuat. Apakah konten dalam dunia masak, seni musik, fotografi, dan lain-lain. Konten bisa dipilih sesuai dengan hal yang disukai dan memang sudah menjadi passion dalam diri. Setelah itu, fokuskan konten tersebut.

Biasanya selebgram yang memiliki konten yang fokus dan kreatif dapat menarik banyak online shop untuk bekerja sama dan menawarkan endorse. Oleh sebab itu, konten yang kreatif merupakan hal penting jika ingin menjadi selebgram endorse.

3. Cek Kualitas Unggahan

Sebelum mengunggah video dan foto di instagram, cek terlebih dahulu kualitasnya. Cara menjadi selebgram endorse kali ini sangat berpengaruh pada jumlah pengikut dan likes di akun instagram. Hindari pengunggahan video dan foto yang tak jelas dan memiliki kualitas yang tak enak dilihat.

Jika video dan foto yang diunggah memiliki kualitas yang bagus, maka akan banyak yang tertarik untuk menawarkan endorse di akun instagram yang dimiliki. Semakin banyak yang menawarkan endorse, semakin banyak pula uang yang didapat.

4. Rajin Mengunggah Video dan Foto

Selebgram yang jarang mengunggah video dan foto dalam jangka waktu yang lama biasanya tak diminati oleh banyak orang. Banyak yang ingin mengetahui keseharian, review dari produk endorse, dan hal lainnya, sehingga rajin mengunggah video dan foto merupakan cara menjadi selebgram endorse yang dapat menghasilkan uang banyak.

Namun, jangan hanya rajin mengunggah, tapi juga harus tetap memperhatikan kualitas video dan foto yang akan diunggah. Sebab, jika hanya rajin namun tak memperhatikan kualitas, hal itu juga bisa berdampak kurang baik pada image akun instagram.

5. Jangan Asal Pilih Produk yang Akan di Endorse

Sebagai selebgram endorse, tentunya akan ada banyak produk yang ditawarkan untuk di review dalam sebuah endorse. Sebelum memilih dan menyetujui produk apa saja yang akan diambil, ada baiknya ketahui dahulu produk tersebut.

Apakah produknya aman, terpercaya, dan bukan penipuan. Jangan sampai produk yang di endorse akan berdampak negatif untuk orang-orang yang melihatnya. Hal itu dapat membuat kecewa banyak orang dan rasa percaya akan berkurang.

6. Branding Diri yang Baik dan Jadi Diri Sendiri

Melakukan branding terhadap diri sendiri akan berpengaruh pada ketertarikan orang-orang untuk melihat akun instagram selebgram. Jika mampu melakukan branding diri yang menarik dan unik, maka tawaran endorse pun akan semakin banyak. Branding diri yang menarik dan unik bukan berarti harus memaksakan diri yang akhirnya bersikap tidak natural dan tak menjadi diri sendiri.

Jika tak menjadi diri sendiri, maka branding tersebut tak akan bertahan lama. Serta biasanya banyak orang yang lebih suka dengan selebgram yang menjadi dirinya sendiri, tanpa dibuat-buat menjadi berlebihan dan terkesan tak natural.

7. Belajar Berbicara yang Baik dan Menarik

Endorse produk tak hanya melalui foto, tapi juga bisa berupa video. Dengan mempelajari bagaimana berbicara yang baik dan menarik, maka akan lebih mudah untuk melakukan review endorse dalam sebuah video. Sebagai seorang selebgram endorse harus bisa melakukan review yang dapat menarik orang lain untuk membeli produk tersebut.

Apabila review dilakukan dengan asal-asalan, maka hal itu akan berdampak pada kualitas akun instagram yang dimiliki. Jika review dilakukan dengan baik dan menarik, akan ada banyak online shop yang percaya dengan kualitas akun, lalu menawarkan produknya untuk di endorse.

Demikianlah 7 cara menjadi selebgram endorse yang berkualitas dan hasilkan banyak uang. Jika ingin menjadi selebgram, ada baiknya menjadi selebgram yang berkualitas dan menyebarkan hal-hal positif. Semoga ulasan mengenai cara untuk menjadi selebgram ini bisa menjadi referensi.

Continue Reading

Peluang Usaha

Tips Buka Usaha di Tengah Ancaman Resesi Ekonomi Indonesia

Resesi ekonomi Indonesia tampaknya makin kencang digaungkan oleh para pakar ekonomi di negeri ini.

Pandemi virus corona telah menyebabkan perekonomian terhenti dan beberapa negara telah masuk ke dalam fase resesi. Lalu bagaimana dengan orang yang justru ingin membuka usaha? Simak tips berikut ini

Apa Itu Resesi Ekonomi ?

Resesi ekonomi adalah adanya penurunan yang tajam terhadap kegiatan ekonomi selama berbulan-bulan bahkan hitungan tahun. Jika hal itu terjadi di Indonesia, maka disebutkan resesi ekonomi Indonesia. Selama pandemi, sudah banyak negara yang terjungkal kegiatan perekonomiannya dan masuk dalam fase resesi.

Pada masa resesi, banyak orang mengalami PHK atau kehilangan mata pencaharian. Hal ini karena perusahaan tidak melakukan kegiatan produksi sebagaimana mestinya. Artinya ada penghematan dan penurunan penjualan karena output yang lebih sedikit.

Resesi bisa mengakibatkan melemahnya daya beli yang dipicu oleh semakin tingginya PHK. Belum lagi ancaman kredit macet di dunia perbankan serta inflasi yang terlalu tinggi. Deflasi juga bisa terjadi jika suatu negara masuk ke dalam fase resesi.

Seperti yang dilansir dari Harapanrakyat.com, Saat ini Indonesia belum masuk fase resesi walaupun ancaman itu sudah di depan mata. Namun jika di kuartal ketiga nanti perekonomian kembali terkontraksi, sudah pasti Indonesia akan resesi. Konsumsi rumah tangga harus meningkat serta investasi harus lebih besar lagi. Saat ini tumpuan utama Indonesia adalah investasi pada UMKM.

Tips Membuka Usaha Saat Resesi

Resesi yang pernah terjadi di beberapa negara di masa lalu justru memicu lahirnya sejumlah perusahaan besar. Contohnya saja Uber, General Motor, CNN, Burger King, dan Airbnb. Usaha-usaha mikro yang lahir di masa resesi berpotensi menjadi besar ketika perekonomian membaik. Lalu, apa tipsnya agar aman membuka usaha saat resesi?

1. Lakukan Penghematan

Berhemat adalah hal yang tepat dilakukan ketika membuka usaha di masa krisis. Ingatlah bahwa bisnis sedang dijalankan dimana pendapatan masyarakat menurun, pasokan bahan baku tersendat dan penjualan tipis. Alokasikan modal untuk keperluan produksi dan bukan yang lain.

2. Produksi Berdasarkan Pesanan

Beberapa barang bisa diproduksi saat pesanan datang. Hal ini lebih menguntungkan dan bisa menyelamatkan bisnis dari kerugian. Dengan membuat produk saat pesanan sudah masuk, maka keuntungan lebih mudah diperhitungkan. Buatlah sistem PO untuk produk yang akan dijual.

3. Manfaatkan Pemasaran Digital

Pemasaran secara digital bisa dimulai dengan sangat murah. Misalnya dengan memaksimalkan media sosial dan internet. Buatlah website untuk branding produk dan perusahaan. Resesi atau tidak, pemasaran secara digital harus dilakukan apalagi jika ingin menjaring konsumen yang lebih luas.

4. Efisiensi Pekerjaan

Mempekerjakan karyawan tetap penting untuk menjaga performa dan kualitas produksi. Tetapi, dikala resesi, beban gaji karyawan bisa mempengaruhi cash flow. Maka, usahakan setiap karyawan melakukan pekerjaannya dengan efektif dan efisien. Walaupun terkesan “pelit”, namun ini penting untuk kelangsungan usaha. Jangan ragu untuk ikut terjun sendiri membantu operasional agar lebih hemat.

Baca Juga: Satuma Kraf, Ahlinya Pembuat Kerajinan Tembaga dan Kuningan

5. Rencanakan dengan Matang

Perencanaan adalah yang terpenting ketika membuka bisnis di masa resesi. Tidak ada salahnya berkonsultasi dulu kepada konsultan atau rekanan sebelum benar-benar terjun. Setiap sen yang dikeluarkan, harus jelas kapan kembalinya dan bagaimana.

Resesi ekonomi Indonesia yang sudah di depan mata harus disikapi dengan tenang namun tetap proaktif. Saat ini Iklim bisnis masih cukup sehat walaupun persaingan ketat. Buktinya, semakin banyak orang yang terjun membuka usaha di masa pandemi. Siapa tahu, salah satunya akan sukses dan besar ketika wabah mereda.

Continue Reading

Peluang Usaha

Mau Bisnis Pulsa? Kamu Wajib baca ini !

Menjadi seorang penjual pulsa saat ini merupakan sebuah bisnis yang sangat menjanjikan. Namun, agar bisnis jual beli pulsa bisa berjalan dengan lancar, pastikan agen yang memberikan pasokan pulsa bisa bekerja dengan baik.

Metro Pulsa dengan web resminya agenpulsamurah.id menjadi agen pulsa termurah dengan kualitas yang sudah tidak diragukan lagi. Metro Pulsa siap memasok pulsa untuk kelancaran bisnis pulsa kamu.

Sekilas Metro Pulsa

Agen pulsa memegang peranan penting dalam kelancaran dan kesuksesan berbisnis jual beli pulsa. Seorang agen pulsa bertugas untuk memastikan agar proses transaksi pulsa bisa berjalan lancar. Agen pulsa juga menjadi tempat untuk memasok pulsa yang akan dijual kembali ke masyarakat.

Metro Pulsa yang berdiri sejak 2015 merupakan agen pulsa terpercaya yang sudah memiliki banyak sekali konsumen. Metro Pulsa memiliki pelayanan yang cepat dan memuaskan sehingga dipercaya oleh banyak konsumen.

Selain menjual pulsa, Metro Pulsa juga memiliki produk lain seperti paket internet, voucher game, token listrik, dan lain-lain.

Metro Pulsa menawarkan pulsa dengan harga murah untuk modal jual beli pulsa. Mitra Metro Pulsa juga akan diberikan bonus melalui sistem keagenan yang mereka siapkan. Proses pendaftaran menjadi mitra Metro Pulsa pun sangat mudah.

Manfaat Pulsa dalam Kehidupan Sehari-Hari

Pulsa memberikan manfaat yang sangat besar dalam kehidupan sehari-hari. Apalagi pada era teknologi yang sangat berkembang saat ini, manusia tidak bisa dilepaskan dari telepon seluler dan internet.

Orang membutuhkan pulsa agar dapat mengakses internet melalui telepon selulernya. Berikut ini adalah manfaat pulsa dalam kehidupan sehari-hari.

1. Memperlancar Aktivitas Manusia dengan Internet

Dengan akses internet, orang bisa melakukan apa saja mulai dari berkomunikasi, mencari informasi hingga bermain game.

Sehingga dengan adanya pulsa, dapat mendukung kelancaran aktivitas manusia yang berkaitan dengan internet. Dengan memiliki pulsa, orang bahkan bisa melakukan komunikasi jarak jauh hingga ke luar negeri.

2. Melakukan Transaksi Online

Tak cukup di situ, pulsa kini tidak hanya sebagai pendukung manusia untuk akses internet. Ada banyak hal lain yang bisa dilakukan dengan pulsa salah satunya membeli voucher game atau keanggotaan premium di sebuah aplikasi.

Voucher game bisa digunakan untuk berbagai item dalam game tersebut mulai dari senjata, baju, dan lain-lain.

Sementara dengan keanggotaan premium pada sebuah aplikasi membuat orang bisa mengeksplorasi lebih jauh dan mendapatkan manfaat yang lebih besar dalam penggunaan aplikasi tersebut. Dan yang terpenting, dapat terhindar dari iklan yang mengganggu.

Bila dulu orang memerlukan kartu kredit untuk membeli voucher game dan keanggotaan premium di sebuah aplikasi, maka kini proses tersebut bisa dilakukan dengan menggunakan pulsa. Bahkan beberapa transaksi online lainnya juga bisa dilakukan dengan menggunakan pulsa.

Baca Juga: Mau Punya Produk Kosmetik Sendiri ? Kerjasama aja Dengan Mashmoshem.co.id

Manfaat Menjadi Pebisnis Pulsa

Pulsa menjadi barang yang masih sangat diperlukan saat ini, ketika teknologi sedang berkembang pesat. Sehingga menjadi seorang penjual pulsa saat ini bisa memberikan manfaat yang bisa dirasakan.

Dengan menjadi seorang penjual pulsa, seseorang bisa mendapatkan tambahan pemasukan untuk uang jajan. Uang jajan dari penjualan pulsa ini bisa digunakan tanpa perlu mengganggu kebutuhan sehari-hari.

Menjadi seorang penjual pulsa merupakan ide bisnis yang sangat menguntungkan. Dengan modal yang kecil, profit yang bisa diraup bisa sangat besar. Siapapun bisa menjadi seorang penjual pulsa, tanpa dibatasi oleh usia. Namun, yang terpenting sebelum menjadi seorang penjual pulsa, pastikan terdaftar pada agen pulsa yang terpercaya.

Metro Pulsa sebagai agen pulsa terpercaya memberikan pelayanan yang cepat dan memuaskan kepada para mitranya. Harga pulsa yang ditawarkan oleh Metro Pulsa cukup miring. Ditambah lagi mitra Metro Pulsa bisa melakukan transaksi dengan mudah menggunakan berbagai metode.

Continue Reading

TOP STORIES