Connect with us

Peluang Usaha

Inilah Modal Ternak Kambing Pemula dan Strategi Perawatan Kambing

Modal Ternak Kambing Pemula dan Strategi Perawatan Kambing

Banyaknya usaha yang dikembangkan oleh masyarakat memang bertujuan agar nantinya bisa memperoleh sebuah penghasilan. Namun sebelum membuka usaha, tentu harus menyediakan modal dan mengetahui kisaran modal yang dibutuhkan untuk usaha tersebut. Salah satunya modal ternak kambing pemula yang memang harus diketahui sebelum beternak.

Meskipun modal yang dibutuhkan tidak terlalu banyak, namun perawatan kambing harus tetap diperhatikan. Dengan tujuan agar kesehatan kambing tersebut dapat terjaga dan terhindar dari penyakit yang bisa menyebabkan kambing mati. Selain itu, kebersihan kandang kambing ini pun harus dilakukan secara rutin agar kambing nyaman menempati kandang tersebut.

Modal Untuk Beternak Kambing Yang Wajib Disediakan 

Seperti yang dibahas sebelumnya bahwa sebelum memulai usaha kambing tentu harus memiliki modal yang akan digunakan. Dimana modal ini berguna untuk membeli segala keperluan yang dibutuhkan usaha kambing. Adapun pembahasan tentang modal ternak kambing pemula sebesar Rp9.000.000 dengan estimasi atau rincian sebagai berikut:

1. Kandang Kambing

Perlengkapan yang dapat disediakan oleh peternak kambing tentunya adalah kandang. Biasanya kandang yang digunakan berupa kandang yang bersifat modern. Memang kandang kambing saat sekarang ini semakin modern untuk kenyamanan kambing itu sendiri. Hal ini dikarenakan kambing juga membutuhkan tempat tinggal yang nyaman untuk beradaptasi.

Adapun harga kandang kambing yang bersifat modern ini berkisar Rp3.000.000. Seseorang bisa membeli kandang secara online melalui aplikasi. Meskipun kandang modern ini ada yang dijual secara offline di berbagai daerah. Memang jika dibeli secara offline, seseorang bisa melihat kualitas dari kandang ini secara langsung dibanding membeli secara online.

2. Bibit

Dalam memelihara hewan maupun tumbuhan tentu tidak lepas dengan penggunaan bibit untuk proses perkembangan biakan nantinya. Seperti yang diketahui bahwa harga dari bibit yang akan digunakan memang cukup mahal namun harus dibeli. Adapun harga dari bibit berkisar Rp5.000.000 sehingga harus disediakan oleh calon peternak nantinya.

Memang harga dari bibit tersebut cukup mahal namun penggunaannya dapat digunakan cukup lama. Sehingga peternak tidak terlalu sering membeli bibit tersebut untuk memenuhi kebutuhan perkembangan kambing. Selain itu, sebelum membeli bibit, seseorang juga harus memperhatikan jenis dan kualitas dari bibit tersebut karena memang banyak jenis bibit yang dapat dijadikan pilihan.

3. Pakan Rumput & Vitamin

Seperti yang diketahui bahwa makanan pokok kambing berupa rumput. Namun untuk mendapatkan makanan ini tentu tidak mudah sehingga peternak harus memesan dan membelinya di tempat tertentu. Kambing bukan hanya memakan rumput saja untuk pertumbuhannya, namun juga membutuhkan vitamin sehingga tidak mudah terserang penyakit.

Untuk membeli pakan berupa rumput dan vitamin ini, modal yang dikeluarkan berkisar Rp1.000.000. Memang harga dari pakan dan vitamin untuk kambing tidak terlalu mahal sehingga nantinya kebutuhan kambing ini dapat terpenuhi secara rutin. Dengan begitu, pada saat menjual kambing tersebut, harga yang ditawarkan lebih mahal sehingga bisa memperoleh banyak keuntungan.

Strategi Untuk Ternak Kambing

Ternak kambing yang dilakukan memang memberikan banyak keuntungan untuk para peternak. Bagaimana tidak, modal ternak kambing pemula tidak perlu mengeluarkan biaya yang banyak. Bukan hanya membutuhkan modal yang sedikit, namun strategi yang baik pun diperlukan untuk kelancaran ternak. Olehnya itu, berikut paparan lengkap mengenai strategi yang dapat dilakukan saat beternak kambing:

1. Memilih Jenis Kambing

Sebelum memulai ternak hewan kambing, terlebih dahulu memilih jenis dari kambing tersebut. Memang sangat banyak jenis kambing yang dapat dijadikan sebagai salah satu pilihan untuk hewan ternak. Adapun jenis hewan ternak berupa kambing yang dapat dijadikan pilihan yaitu kambing jenis Etawa. Kambing jenis ini memang sangat bagus sebagai hewan ternak.

2. Harus Memiliki Lahan Yang Memadai

Memang lahan yang dibutuhkan untuk ternak kambing harus luas sehingga kambing bisa lebih leluasa untuk berkembang biak. Itulah mengapa lahan sangat perlu diperhatikan sebelum memulai untuk ternak kambing. Selain itu, lahan yang luas ini nantinya dapat dijadikan sebagai tempat tumpukan pakan maupun bibit untuk kambing tersebut.

3. Pakan, Bibit, dan Vitamin Harus Berkualitas

Seperti yang telah dibahas sebelumnya bahwa pakan yang akan diberikan ke hewan ternak utamanya kambing harus berkualitas. Begitu pula dengan pemilihan bibit untuk kambing pun harus berkualitas agar perkembangannya selalu sehat. Ada pula vitamin yang juga dijadikan sebagai kebutuhan kambing karena memang vitamin ini memiliki peran yang penting.

4. Pastikan Kesehatan Kambing Tetap Terjaga

Hal yang tidak kalah pentingnya dalam strategi ternak kambing adalah kesehatan dari kambing tersebut. Dimana para peternak harus memperhatikan kebersihan dari kandang kambing agar tidak mudah terserang penyakit. Bukan hanya itu saja, pemberian pakan pun perlu diperhatikan dan diberikan secara rutin agar nantinya kesehatan kambing tetap terjaga.

Itulah penjelasan lengkap terkait modal ternak kambing pemula yang dapat disediakan yakni Rp9.000.000. Memang modal yang dibutuhkan untuk melakukan ternak ini tidak terlalu banyak namun keuntungan yang diberikan pada saat panen cukup besar. Bukan hanya itu, strategi untuk memulai usaha ini tentu harus diperhatikan. 

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Peluang Usaha

7 Cara Memulai Bisnis Properti Kecil Kecilan Dengan Tingkat Keuntungan Menggiurkan

Cara Memulai Bisnis Properti Kecil Kecilan

Salah satu pilihan usaha yang keuntungannya lumayan menjanjikan adalah di bidang properti. Hal ini diantaranya dipicu dari harga properti di pasaran kebanyakan selalu mengalami kenaikan dalam waktu ke waktu. Hingga kemungkinan akan kerugian kerugian yang dialami juga lumayan kecil. Untuk mengawali bisnis ini setidaknya pahami tentang cara memulai bisnis properti kecil kecilan terlebih dahulu sebagai bekalnya. 

Pasalnya dengan semakin menjamurnya usaha dalam bidang tersebut. Membuat seseorang yang ingin mengawalinya tidak lagi menjadi sebuah perkara yang rumit. Seperti sekarang ini terdapat berbagai macam cara yang bisa diikuti dan mudah dilakukan. Yakni semisal melalui permulaan dari skala kecil dahulu. Bagi yang ingin mengetahuinya bisa menyimak pembuahan berikut ini:

1. Mengetahui Target Pasar 

Mengenai hal yang perlu diketahui sebagai cara mengawali bisnis properti kecil kecilan adalah dengan paham akan target yang dituju. Perkara ini agaknya perlu ditetapkan dulu sebelum mulai menjalankan usaha yang diinginkan. 

Diantaranya seperti menentukan fokus pasar yang akan disasar, apakah kalangan bawah, menengah ataupun atas. Bisa juga untuk para kalangan orang muda atau dewasa. Pasalnya hal ini cukup berpengaruh terhadap jenis dan konsep yang diusung nanti ya dalam usaha.

2. Memulai Dari Nol

Salah satu cara memulai bisnis properti kecil kecilan yang bisa dicoba adalah dengan terjun secara langsung mulai tahap awal. Dari situ seorang pebisnis dapat dinilai lebih ahli jika dibandingkan dengan orang yang langsung menjalankan bisnis yang berada pada level tengah ataupun puncak. 

Dengan begitu pengusaha bisa belajar mengenai berbagai macam hal-hal kecil. Misalnya seperti ketika dihadapkan pada sebuah kegagalan. Dimana nantinya jika bisnis tersebut sukses, rasa yang dihadirkan juga memiliki sensasi tersendiri.

3. Menentukan Jenis Properti 

Pemilihan akan jenis objek yang cocok dijadikan bisnis bisa menjadi cara memulai bisnis properti kecil kecilan selanjutnya. Umumnya bisa berupa sejumlah bidang lahan atau tanah, bangunan semacam rumah, pertokoan dan beragam objek lainnya. Mengingat ketiganya tersebut diketahui harga yang ditetapkan selalu mengalami kenaikan. 

Hal itu dikarenakan tingkat permintaan yang ada pada masyarakat umum terjadi peningkatan seiring berjalannya waktu. Hingga tidak heran jika banyak pebisnis yang memilih objek tersebut untuk dijadikan ladang pemasukan.

4. Melakukan Pendekatan 

Ini merupakan sebagian hal penting untuk dilakukan, terutama bagi pengusaha yang tergolong baru dalam menjalankan bisnisnya. Ditambah pula bisnis tersebut masih dapat dibilang dalam skala kecil-kecilan. Di sini pendekatan dibutuhkan dalam artian emosional kepada pihak pemilik objek. 

Misalnya usaha tanah, tentunya menjalin kedekatan secara emosional dengan sang pemilik penting dilakukan. Seperti halnya tanah tersebut dinilai memiliki harga jual yang lebih tinggi jika dilakukan pembangunan semacam dunia fantasi dan lainnya. Dari situ peran pengusaha dalam melakukan kesepakatan dengan pemilik tanah cukup diperlukan.

5. Membuat Website 

Dalam dunia digital yang semakin banyak digunakan layaknya sekarang ini. Keberadaan akan sebuah website dapat membantu para pengusaha dalam melakukan peningkatan pemasaran. Seperti halnya kegiatan promosi yang memiliki beberapa keuntungan jika dibandingkan dengan cara langsung. 

Salah satunya adalah bisa meminimalisir pengeluaran dalam jumlah yang lumayan banyak. Pemakaian website untuk media promosi tentunya berkemungkinan untuk proses perkenalan produk pada masyarakat secara luas. Serta jangkauan pasar yang dapat dituju juga terbilang besar bahkan mencapai mancanegara.

6. Mengikuti Forum 

Apabila pembuatan sebuah website telah berhasil dilakukan oleh pengusaha. Maka cara memulai bisnis properti kecil kecilan bisa dilanjutkan dengan mengikuti berbagai macam forum. Baik forum yang terdapat di internet maupun di berbagai tempat yang lain. Akan tetapi yang perlu diperhatikan adalah perihal tema yang diusung. 

Usahakan bahwa forum yang pebisnis ikuti mempunyai tema pembahasan tentang pemasaran ataupun properti. Pasalnya hal tersebutlah yang pengusaha butuhkan agar bisnis dapat berkembang semakin besar dan pesat. Diantara pengetahuan yang diperlukan berupa jenis properti yang sekarang banyak dibutuhkan, harga jual di pasaran serta lainnya.

7. Memberikan Promo Dan Jaminan 

Salah satu hal yang sering diincar dan menjadi sisi menarik sebuah usaha di mata para konsumen. Maupun bisa menjadi pertimbangan dalam memutuskan pembelian terhadap sesuatu baik barang atau lainnya adalah promo. Untuk itu para pelaku usaha dapat memanfaatkan hal tersebut sebagai daya tarik agar mendatangkan banyak peminat. 

Sementara untuk jaminan, tidak jauh berbeda dalam memegang peranan penting terhadap penjualan dan minat konsumen. Seperti misalnya dalam menjalankan bisnis properti berupa rumah. Dengan memberikan jaminan berupa pengurusan PBB atau akta tanah apabila terjadi masalah di masa mendatang. 

Demikian ulasan terkait cara memulai bisnis properti kecil kecilan dengan tingkat keuntungan yang menggiurkan. Pembahasan di atas bisa dijadikan pengetahuan terutama bagi orang yang baru terjun dalam dunia usaha. Selain itu juga untuk memperluas bisnis serta agar keuntungan yang diperoleh dapat mengalami peningkatan. Pasalnya properti merupakan salah satu jenis usaha yang kisaran harganya terus mengalami kenaikan di pasaran.

Continue Reading

Peluang Usaha

5 Cara Bercocok Tanam yang Tepat di Lahan Sempit Pasti Berhasil

Cara Bercocok Tanam yang Tepat di Lahan Sempit

Seringkali lahan yang tidak terlalu luas hanya dibiarkan begitu saja, sehingga terkesan kurang produktif. Padahal bila lebih kreatif, halaman sempit juga dapat dijadikan lahan yang menghasilkan. Setidaknya hasil panen dapat dikonsumsi langsung bagi keluarga. Itulah sebabnya, pemahaman tentang cara bercocok tanam yang tepat di lahan sempit patut dipelajari guna menambah wawasan.

Beberapa jenis tanaman yang dapat dibudidayakan pada lahan yang luasnya tidak seberapa mencakup sayuran dan buah-buahan. Tentunya diperlukan cara perawatan khusus agar tanaman budidaya tumbuh dan dapat dipanen di kemudian hari. Sebagai bahan pertimbangan sebelum berkebun, berikut 5 cara bercocok tanam di lahan sempit yang dapat diterapkan:

1. Hidroponik

Cara bercocok tanam yang tepat di lahan sempit dapat dilakukan dengan menerapkan hidroponik. Sesuai dengan namanya, teknik bercocok tanam ini tidak membutuhkan tanah sebagai media dasar. Sehingga pemilik lahan tidak perlu khawatir bilamana lahan yang tersedia tidak terlalu luas. Peralatan yang dibutuhkan cukup sederhana, hanya memanfaatkan botol plastik bekas saja.

Untuk mulai menerapkan cara berkebun dengan teknik ini, siapkan botol plastik bekas yang telah dilubangi pada bagian atas. Isilah air sampai setengah dari botol, kemudian tambahkan potongan batu bata sebagai penyangga akar tanaman kelak. Pastikan nutrisi tanaman terpenuhi dengan menambahkan unsur hara pada media tanam.

Adapun beberapa jenis tanaman yang dapat dibudidayakan menggunakan hidroponik diantaranya tanaman obat, bawang, tomat, sawi, hingga beberapa macam tanaman hias. Penempatan botol plastik yang disusun secara vertikal dengan rapi akan membuat halaman rumah terlihat lebih asri. Hidroponik dapat diterapkan untuk menanam beberapa macam tanaman yang diperlukan sehari-hari.

2. Budidaya Tanaman Buah Dalam Pot

Tabulampot dapat menjadi salah satu cara bercocok tanam yang tepat di lahan sempit yang dapat diterapkan. Selain membuat halaman rumah lebih produktif, tabulampot juga memiliki nilai estetika. Apalagi bila pemilihan pot yang digunakan serasi bahkan memiliki desain yang unik. Sudah dapat dibayangkan betapa indahnya halaman rumah, ketika seluruh tanaman dalam pot sedang berbunga.

Mengingat cara bercocok tanam ini menggunakan pot, pemilik lahan harus memperhatikan bahan pot yang akan digunakan. Bahan polybag harganya memang lebih terjangkau, akan tetapi tingkat ketahanannya tidak sebanding dengan pot yang berbahan tanah liat. Selain mengisi pot dengan tanah, pastikan pula untuk menambahkan pupuk kompos agar tanaman memperoleh nutrisi.

3. Vertikultur

Pemanfaatan lahan vertikal menjadi salah satu cara yang paling direkomendasikan bagi lahan yang tidak begitu luas. Teknik vertikultur dapat dikembangkan untuk budidaya aneka ragam sayuran. Peralatan yang diperlukan untuk membangun kebun juga tidak terlalu rumit. Pemilik lahan dapat memanfaatkan paralon untuk bercocok tanam menggunakan cara ini.

Lubangi bagian atas paralon sesuai dengan kebutuhan tanaman. Isilah ruang paralon dengan campuran tanah, sekam, dan pupuk kompos. Mulailah berkebun dengan meletakkan bibit pada bagian paralon yang telah dilubangi. Selain itu, kebutuhan akan air juga perlu diperhatikan. Sehingga pemilik lahan harus rutin menyiram tanaman vertikultur.

4. Aeroponik

Keunggulan dari cara bercocok tanam yang satu ini terletak pada media tanam yang berupa udara. Dimana pemilik tidak perlu repot-repot lagi menyiapkan media tanam yang pas. Meski demikian, tanaman tetap dapat memperoleh nutrisi dari air dan unsur hara yang disemprotkan secara rutin ke akar tanaman. Metode ini cocok untuk budidaya sayuran di lahan yang tidak begitu luas.

Beberapa jenis sayuran yang dapat dibudidayakan menggunakan teknik ini seperti kangkung, sawi, selada, serta sayuran lekas panen lainnya. Hasil panen tentu memiliki kualitas yang baik, sebab tanaman memperoleh nutrisi langsung dari semprotan yang dilakukan secara rutin. Bila dikembangkan dengan baik, hasil panen akan berlimpah dan dapat dijadikan sumber pemasukan baru.

5. Menghias Dapur Dengan Sisa Tanaman Bumbu

Terkadang karena jumlah yang berlimpah membuat sebagian bumbu dapur jadi tidak terpakai. Akhirnya malah basi dan tidak dapat digunakan lagi. Misalnya seperti bawang, cabai, tomat, dan sebagainya. Padahal dengan media yang cocok, bahan-bahan tersebut dapat ditanam kembali agar menghasilkan tanaman baru yang jauh lebih bermanfaat.

Ibu di rumah dapat menyisihkan biji cabai dan biji tomat untuk dijadikan benih. Media tanam yang cocok dapat berupa tanah, maupun air dengan sekam yang diletakkan pada pot atau botol bekas yang sudah tidak terpakai. Letakkan benih pada media yang telah disiapkan, posisikan tanaman di dekat jendela agar memperoleh cahaya matahari yang cukup untuk tumbuh.

Itulah penjelasan dari 5 cara bercocok tanam yang tepat di lahan sempit yang dapat diterapkan dengan mudah. Pemilik rumah tidak perlu khawatir gagal panen, sebab tanaman akan tumbuh bila dirawat dengan baik sembari dipenuhi nutrisi yang diperlukan. Lahan sempit bukanlah hambatan bila ingin bercocok tanam sekedar memenuhi kebutuhan sehari-hari keluarga.

Continue Reading

Peluang Usaha

Manfaatkan Peluang Usaha Rumahan Di Desa Yang Bisa Dicoba

Peluang Usaha Rumahan Di Desa

Dengan perkembangan zaman, bisnis bukan hanya berkebang dipusat kota saja, tetepi juga berkembag di pesedaan. Peluang usaha rumahan di desa menjadi hal yang menjanjikan saat ini. Selain menghemat uang sewa bangunan, mendirikan usaha rumahan di desa juga dapat memberikan penghasilan yang besar. Terlebih lagi, apabila pengusaha dapat melakukan kerjasama, sehingga pemasaran produknya akan merata.

Peluang usaha rumahan di desa akan menjadi lebih menjanjikan lagi apabila semua bahan bakunya tidak membeli. Lahan di desa yang subur ditambah dengan murahnya upah pegawai karena dikerjakan oleh sanak keluarga, menjadi keuntungan tersendiri. Beberapa usaha berikut ini merupakan peluang usaha rumahan di desa:

1. Usaha Keripik Singkong

Singkong merupakan makanan yang sudah tidak asing lagi. Selain sangat mudah dijumpai keberadaanya. Singkong sendiri mudah untuk ditanam, akan tetapi sangat lama proses berbuahnya. Singkong memerlukan waktu dua sampai dengan tiga tahun untuk berbuah besar. Walaupun cukup lama, harganya tergolong murah. Dengan keberadaan singkong ini, dapat dimanfaatkan sebagai peluang usaha rumahan.

Keripik Singkong selain memiliki bahan baku yang mudah didapatkan, juga mudah proses pembuatanya. Pengusaha hanya perlu memikirkan biaya alat yang dibutuhkan untuk mendirikan usaha ini.  Alat memanglah penting, akan tetapi sambal menjalankusaan usaha semua kebutuhan dapat dilengkapi. Setelah mempersiapkan alat dan bahan baku, tinggal melakukan proses produksi.

2. Usaha Peternakan

Peluang usaha rumahan di desa selanjutnya yang bisa dilakukan adalah usaha peternakan. Tidak semua bahan makanan yang ada di kota berasal dari kota, dengan fakta ini membuat peluang usaha peternakan semakin menjanjikan. Memiliki lokasi yang mudah diakses menggunakan mobil, merupakan syarat utama mendirikan usaha peternakan. Bila aksesnya menuju kandang mudah, maka pengusaha dapat menghemat dana transportasi.

Bila menginginkan usaha ini hal yang dibutuhkan adalah keberanian. Seorang pengusaha yang berani mencoba akan lebih berhasil, daripada pengusaha yang selalu merancang tanpa berani mencoba. Dalam peternakan, akan lebih baik memulainya dari ternak ayam petelur yang mudah perawatanya. Selain itu, dapat pula dimanfaatkan telurnya dan tidak terpaku pada dagingnya saja.

3. Usaha Frozen Food

Daerah pedesaan yang melimpah hasil bumi menjadi kesempatan emas untuk mendirikan usaha yang lainya, misalnya saja Frozen Food. Makanan yang cepat proses pengolahanya, dan hemat waktu tentu selalu diburu oleh manusia modern. Usaha Frozen food selain lebih banyak diminati, juga dapat diproduksi di rumahan secara kecil-kecilan. Dengan begitu tunggu apa lagi, langsung menuju persiapan saja.

Beberapa jenis Frozen Food terbuat dari brokoli, wortel dan juga sayur-sayuran lainya. Dalam pemilihan bahan baku, pengusaha harus cerdas-cerdas dalam memilih. Dengan menggunakan kombinasi warna yang cantik dapat membuat Frozen Food yang dibuat semakin menarik perhatian pembeli. Pembeli tertarik dengan makanan satu ini karena awet dan bila dibuat dari sayur segar akan lebih bermanfaat lagi bagi tubuh.

4. Usaha Jualan Sembako

Sembako selalu dibutuhkan makanya ada sedikit peluang menjadikanya sebagai usaha. Menjual sembako di pedesaan selain dijamin penjualnya, juga dapat dipastikan keberlangsungannya. Bila di desa tersebut hanya terdapat beberapa warung saja, makan dapat dijamin usaha yang baru didirikan pun laku keras. Peluang usaha rumahan di desa dengan berjualan sembako akan menjadi lebih mudah lagi bila mendapatkan distributor yang tepat.

Kekurangan usaha ini adalah adanya pengusaha lainya yang menjual harga jauh dari harga rata-rata. Dengan selisih yang tinggi itu tentu saja akan menimbulkan persaingan sengit diantara para pengusaha. Cara untuk mengakali hal tersebut adalah dengan menyediakan sembako berdasarkan tingkat variasi. Dengan begitu masyarakat dapat membeli sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.

5. Usaha Jualan Online

Dengan perkembangan zaman yang semakin maju, bukan hanya memudahkan dalam hal komunikasi saja. Akan tetapi juga mempermudah dalam hal bisnis. Bila pada beberapa tahun lalu, penjualan hanya dapat dilakukan dilingkungan yang terjangkau, maka pada era kini dari belahan bumi manapun dapat dijangkau melalui internet. Apalagi sekarang ini banyak aplikasi belanja yang membantu perkembangan bisnis rumahan.

Bila melakukan penjualan melalui media sosial ataupun internet hal yang perlu diperhatikan adalah media yang digunakan. Jangan sampai salah mengambil media, pastikan menggunakan media yang penggunanya sudah banyak. Selain itu juga memiliki mutu yang baik. Setelah menggunakan media yang mendukung, selanjutnya adalah memilih media promosi yang baik dan dibantu dengan foto yang menarik.

Sebenarnya bisnis dapat dimulai kapan saja, asalkan berkeinginan untuk maju. Tidak perlu terpacu untuk mendirikan usaha besar pada awal, namun bangkrut atau berhenti ditengah jalan. Seorang pengusaha yang sukses memulai usahanya dari memanfaatkan peluang usaha rumahan di desa, yang kemudian membesar menembus perkotaan. Semoga beberapa usaha tadi dapat bermanfaat untuk yang sedang tinggal di desa.

Continue Reading

TOP STORIES