Connect with us

Bisnis

Marketing Mix Adalah: Pengertian dan Penerapannya dalam Dunia Bisnis

Marketing Mix Adalah
Marketing Mix Adalah

Halo semuanya pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi pengetahuan pada kalian semua mengenai strategi di dunia bisnis.

Siapa sih yang gak ingin tahu mengenai strategi yang ada di dunia bisnis?

Pastinya kalian semua ingin mengetahui strategi ini bukan?

Sebenarnya strategi bisnis apasih yang akan saya jelaskan pada kesempatan kali ini?

Jadi pada kesempatan kali ini saya akan berbagi dan berdiskusi dengan kalian mengenai strategi bisnis yang bernama Marketing Mix.

Apakah kalian sudah mengetahui tentang pengertian Marketing Mix?

Jika sebelumnya kalian belum mengetahui tentang pengertian marketing mix, maka akan saya jelaskan terlebih dahulu.

Menurut wikipedia Marketing Mix merupakan strategi pemasaran yang menggabungkan beberapa elemen penting di dalam marketing mix itu sendiri yang dilakukan secara terstruktur atau terpadu.

Marketing Mix
Marketing Mix

Strategi ini sangat penting digunakan pada dunia bisnis terutama pemasaran, karena dengan menggunakan strategi ini akan mampu mencapai kesuksesan berbisnis.

Jadi jika kalian ingin menjalankan sebuah bisnis pastikan kalian menggunakan strategi yang tepat.

Karena untuk mencapai kesuksesan tersebut diperlukan kecakapan yang komplek dalam proses pengelolaan bisnis.

Bagaimana apakah kalian sudah menggunakan strategi bisnis yang tepat?

Sederhanyanya sebagus apapun jasa atau produk yang kalian tawarkan jika kalian tidak tahu sterategi memasarkannya maka akan gagal, sehingga semuanya akan terlihat sia-sia.

Marketing Mix Adalah, Pengertian Menurut Ahli

Marketing Mix sendiri sering disebut sebagai bauran pemasaran. Jika kalian belum paham mengenai penjelasan saya di atas.

Maka kalian bisa simak pengertian di bawah ini tentang bauran pemasaran atau marketing mix menurut para ahli di bidang ilmu pemasaran.

Marketing Mix Adalah, Pengertian Menurut Ahli
Marketing Mix Adalah, Pengertian Menurut Ahli

Berikut beberapa pengertian menurut mereka:

Buchari Alma

Menurut Buchari Alma (2005) marketing mix adalah sebuah strategi yang mengkombinasikan dengan kegiatan-kegiatan marketing. Dengan demikian maka akan tercipta kombinasi yang maksimal sehingga akan muncul hasil yang paling memuaskan.

Softjan Assauri

Yang kedua adalah menurut Softjan Assauri (2013) mengatakan bahwa marketing mix adalah kombinasi dari variabel atau kegiatan yang merupakan inti dari sistem pemasaran. Variabel yang digunakan ini untuk mengendalikan pemasaran untuk mengetahui reaksi para pembeli atau para konsumen.

Kotler dan Armstrong

Ketiga menurut Kotler dan Armastrong (1997) yang mengartikan marketing mix sebagai perangkat atau alat pemasaran taktis yang dapat dikendalikan, harga, produk, distribusi dan promos yang dipadukan oleh perusahaan untuk menghasilkan respons yang diinginkan dalam target marketing.

Sumarmi dan Soepriharto

Selanjutnya adalah menurut Sumarmi dan Soepriharto (2010) marketing mix adalah kombinasi dari variabel atau kegiatan yang merupakan inti dari sistem pemasaran. Diantaranya yaitu produksi, promosi, harga, dan distribusi.

Sehingga dapat dikatakan bahwa marketing mix adalah kumpulan dari variabel yang digunakan oleh perusahaan untuk dapat mempengaruhi para konsumen.

Dhaimesta dan Irwan

Definisi marketing mix yang terakhir yaitu menurut Dhaimesta dan Irwan. Dua ilmuwan tersebut mengatkan bahwa marketing mix adalah variabel-variabel yang digunakan oleh perusahaan sebagai sarana untuk memenuhi atau melayani kebutuhan dan keinginan para konsumen.

Itulah pengertian marketing mix menurut para ahli. Apakah kalian sudah memahaminya?

Menurut saya pribadi, marketing mix memang sangat diperlukan untuk dunia bisnis terutama di bidang pemasaran.

Seperti pengalaman pribadi saya yang sempat gagal dalam usaha berjualan produk karena kurang tepatnya strategi yang saya gunakan.

Dengan belajar mengenai aspek-aspek yang ada pada marketing mix, saya dapat mengoreksi tentang bisnis saya yang sempat gagal.

Apakah kalian punya pengalaman yang sama dengan saya?

Baca juga: Tips Membuat Brosur yang Menarik dan Mampu Membius Pembaca

Jika iya, maka beruntung sekali kalian mengunjungi artikel ini. karena pada artikel ini kita akan belajar bersama mengenai aspek-aspek yang terdapat di marketing mix yang dapat kalian terapkan pada dunia bisnis.

Manfaat Marketing Mix untuk Bisnis

Manfaat Marketing Mix untuk Bisnis
Manfaat Marketing Mix untuk Bisnis

Setelah mengetahui mengenai pengertian dasar pada marketing mix, selanjutnya akan saya jelaskan mengenai tujuan dari marketing mix.

Dengan mengetahui tujuan-tujuan ini kalian akan lebih sadar mengenai betapa pentingnya menggunakan marketing mix.

Sebagai strategi pemasaran dalam dunia bisnis. Berikut beberapa manfaat dari marketing mix yang perlu kalian ketahui :

1. Advertising (Periklanan)

Manfaat dari marketing mix yang pertama ada advertising atau periklanan. Seperti yang kita ketahui bahwa periklanan merupakan hal yang penting dalam sebuah bisnis pemasaran.

Apakah kalian sudah mengetahui dengan benar apa tujuan dari periklanan itu sendiri?

Ya, periklanan bertujuan untuk memberikan informasi mengenai produk yang kalian jual baik itu berupa barang maupun jasa.

Target dari informasi tersebut pastinya adalah para konsumen yang bertujuan untuk meningkatkan penjualan.

Dengan strategi pengiklanan yang menarik maka kalian dapat menjaring para target dengan jumlah yang lumayan banyak, pastinya akan sangat menguntungkan kan?

2. Sales Promotion (Promosi Penjualan)

Promosi penjualan merupakan kumpulan dari berbagai alat insentif yang dirancang untuk mendorong produk kalian baik itu berupa barang maupun jasa.

Biasanya kegiatan ini hanya dilakukan jangka pendek dan tidak dilakukan secara berulang.

Seperti yang kita ketahui bahwa tujuan dari promosi sendiri adalah untuk meningkatkan penjualan.

Strategi promosi yang biasanya digunakan oleh banyak orang adalah pemberian diskon, kupon, give away atau kontes, bahkan promo buy one get one.

Jika kalian merupakan pengusaha yang baru merintis suatu bisnis penjualan, maka sangat cocok jika kalian menggunakan promosi penjualan.

Dengan begitu konsumen akan mengenal produk yang kalian jual.

Seperti yang kita ketahui bahwa konsumen sangat senang dengan adanya diskon maupun promo menarik lainnya.

Bahkan saya yakin beberapa diantara kalian juga menyukai hal tersebut saat berbelanja.

3. Direct Marketing (Pemasaran Langsung)

Direct marketing merupakan sebuah sistem pemasaran interaktif yang menggunakan satu atau lebih media iklan yang berfungsi untuk menghasilkan tanggapan yang dapat diukur pada suatu lokasi.

Tujuannya adalah untuk mengomunikasikan produk maupun jasa yang kalian tawarkan secara langsung kepada konsumen yang kalian anggap sebagai target marketing yang potensial.

Sehingga jika kalian mempunyai usaha berjualan produk maupun jasa sangat penting kalian melakukan pemasaran secara langsung.

Sehingga akan terjadi interaksi secara langsung antara penjual dan konsumen, dengan begitu akan dengan mudah mengetahui apa yang konsumen inginkan.

Menjalin interaksi dengan konsumen juga menciptakan kedekatan antara kalian dengan konsumen yang akan membuat mereka lebih nyaman telah berbelanja atau menikmati layanan yang kalian berikan.

Ketiga pokok di atas merupakan manfaat dari adanya marketing mix.

Jika kalian mempelajari secara lanjut strategi ini, maka tidak menutup kemungkinan kalian akan berhasil dalam berbisnis.

Saya sendiri sudah membuktikan strategi ini, sekarang giliran kalian.

Konsep Penting dalam Marketing Mix

Konsep Penting dalam Marketing Mix
Konsep Penting dalam Marketing Mix

Setelah mengetahui manfaat dari marketing mix, selanjutnya kita akan mempelajari hal terpenting dalam marketing mix. Apakah itu?

Tentu saja mengenai konsep penting yang terdapat di marketing mix. Melalui konsep-konsep ini akan membuat kalian semakin sadar betapa pentingnya menggunakan strategi marketing mix dalam suatu bisnis.

Awalnya saya pun tidak mengetahui tentang strategi ini, namun setelah saya pelajari dan saya terapkan ternyata strategi ini memang sangat berpengaruh pada pemasaran.

Selanjutnya kalianlah yang harus membuktikannya bukan?

Sebelum menyebutkan beberapa konsep yang terdapat di marketing mix, sebelumnya akan saya jelaskan terlebih dahulu mengeni ranah marketing.

Terdapat konsep umum yang harus diketahui oleh setiap pembisnis.

Apakah konsep umum tersebut?

Jadi konsep tersebut adalah marketing 4P. apakah kalian sudah mengetahui konsep ini? jika belum, akan saya jelaskan sekilas.

Jadi konsep marketing 4P adalah konsep yang berfokus pada 4 hal penting, diantaranya adalah product, price, place, dan promotion.

Keempat hal tersebut harus kalian pertimbangkan dalam memulai suatu usaha.

Namun, konsep 4P tersebut saat ini dianggap kurang efektif. Kira-kira kenapa bisa begitu?

Ya, tentu saja karena perkembangan keadaan pasar yang sudah sangat dinamis atau berubah-ubah sehingga tidak cukup hanya menggunakan empat konsep tersebut.

Terutama di era yang semakin modern ini, pastinya kita harus menyeimbangkan dengan teknologi yang ada agar tidak kalah bersaing.

Sehingga banya pengamat yang meras bahwa konsep 4P perlu di tambahkan beberapa poin lagi agar menjadi lebih efektif.

Sehingga konsep 4P berkembang menjadi 7P, apa saja kira-kira konsepnya? Yuk simak di bawah ini:

1. Product (Produk)

Nah, poin yang pertama tentunya adalah menentukan produk.

Hal ini menjadi poin utama yang perlu kalian perhatikan.

Bagaimana cara memilih produk dengan tepat? mudah saja.

Kalian hanya perlu melalukan survey pasar dan melihat barang atau jasa apa yang memiliki nilai guna yang cukup tinggi dan dibutuhkan oleh konsumen.

Sehingga barang atau jasa yang kalian tawarkan harus memenuhi kebutuhan para konsumen.

2. Price (Harga)

Kenapa harga menjadi aspek yang penting yang harus kalian perhatikan?

Karena pada dasarnya pembeli atau konsumen akan menjadikan harga sebagai pertimbangan utama sebelum membeli barang maupun jasa.

Sehingga pastikan harga yang kalian berikan mampu bersaing dipasaran.

3. Place (Tempat)

Dalam memulai sebuah bisnis atau usaha kalian tidak boleh asal-asalan, salah satunya dalam mempertimbangkan tempat.

Terutama jika kalian merupakan pengusaha konvensional maka aspek tersebut sangat penting diperhatikan.

Pastikan kalian memilih tempat yang strategis dan mudah dijangkau oleh para konsumen.

4. Promotion (Promosi)

Selanjutnya adalah aspek promosi, pada aspek ini sering kali diabaikan oleh sebagian orang.

Hal tersebut dikarenakan banyak pemula yang bingung mengenai bagaimana cara melakukan promosi yang tepat.

Pastinya kalian juga bingung menjalankan aspek ini kan? Padahal aspek ini sangat mempengaruhi konsumen agar membeli produk kalian loh.

Lalu bagaimana caranya?

Jadi kalian harus pintar-pintar merubah presepsi konsumen menjadi positif mengenai bisnis kalian.

Teknik yang bisa kalian gunakan diantaranya adalah face to face atau secara online.

5. Process (Proses)

Hal berikutnya yang perlu kalian perhatikan adalah proses, apa yang dimaksut dengan proses pada konsep ini?

Dalam dunia bisnis proses dapat diartikan sebagai langkah-langkah yang dilakukan antara penjual dan pembeli.

Sehingga dapat proses ini kalian harus melakukan pelayanan yang maksimal dan memuaskan melalui beberapa teknik yang dapat kalian gunakan.

6. People (Orang)

Pada aspek ini pastinya kalain sangat bingung bukan? sebenarnya apa yang dimaksut people atau orang pada konsep ini?

Jadi pada aspek ini kalian tidak hanya memperhatikan para konsumen saja, tapi kalian juga perlu memperhatikan SDM yang lain seperti karyawan dan tim bisnis.

7. Physical Evidence (Aspek Bukti Fisik)

Nah loh! Aspek apa lagi ini? jadi physical evidence merupakan semua hal yang berbentuk peralatan yang kalian butuhkan untuk mendukung bisnis yang kalian jalankan.

Terutama jika kalian membentuk bisnis yang besar, maka kalian juga akan membutuhkan peralatan yang semakin banyak atau kompleks.

Sehingga pastikan kalian telah membuat daftar atau list mengenai perlengkapan apa saja yang akan kalian gunakan.

Bagaimana? Pastinya kalian sudah paham kan mengenai marketing mix?

Sekarang waktunya kalian untuk menerapkan di bisnis yang kalian jalankan.

Baca Juga: 9 Strategi Pemasaran Produk, Terbukti Omset Naik!

Dengan adanya artikel ini semoga dapat menambah wawasan kalian mengenai strategi berbisnis terutama pada bidang pemasaran.

Dengan begitu dapat kalian terapkan yang nantinya akan membuat bisnis kalian semakin maju dan berjalan dengan lancar. Saya sudah buktikan nih, sekarang giliran kalian.

Selamat mencoba!

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bisnis

Fungsi Utama Software Payroll Terbaik Dalam Kemajuan Bisnis Perusahaan

Software payroll terbaik memang menjadi salah satu software yang saat ini tengah banyak menjadi incaran. Tentu saja didalamnya terdapat beragam sistem yang sangat berguna untuk sebuah perusahaan.

Tidak hanya masalah penggajian karyawan saja, namun software yang satu ini juga lengkap untuk pengelolaan manajemen sumber daya manusia. Salah satu fitur di dalamnya adalah untuk mengetahui kinerja karyawan dengan metode absensi online. Sehingga nantinya akan terpantau dengan jelas kedisiplinan karyawan.

Manfaat Yang Besar Bagi Sebuah Perusahaan

Sebagai pemberitahuan, bahwa gaji merupakan salah satu hal yang sangat vital dalam sebuah manajemen perusahaan. Ini menyangkut hak hidup karyawan perusahaan. Jika saja salah dalam memberikan kalkulasi tentu saja akan merugikan karyawan dan memberikan dampak yang negatif bagi perusahaan.

Dengan menggunakan software payroll tentu saja aka nada banyak manfaat yang diraih. Seperti pemantauan terhadap kinerja karyawan, serta dapat, meminimalisir kesalahan dalam kalkulasi gaji karyawan. Tak tanggung tanggung, software ini tentu saja dapat memberikan efisiensi waktu pula. Dari yang serba manual, maka dengan kehadiran software ini segalanya akan menjadi serba digital. Hal tersebut sangat selaras dengan era industri 4.0 saat ini.

Software Payroll Bagi Sebuah Bisnis

Kebanyakan perusahaan mungkin masih menerapkan sistem sdm secara manual. Tentu saja hal semacam itu dapat menguras waktu serta membuang buang biaya dalam pengelolaan data. Sebagai solusinya, maka software payroll terbaik di Indonesia ini dapat membantu perusahaan melancarkan bisnisnya dengan beragam manfaat berikut ini.

1.Pengelolaan Data Karyawan Secara Lengkap

Fungsi yang satu ini tentu saja dapat menjadi sebuah langkah yang preventif dalam pengelolaan data. Karyawan sebagai aset tentu saja harus dikelola dengan baik. Karena asset tersebut akan sangat berguna untuk kelangsungan sebuah bisnis perusahaan.

Mengelola data karyawan dengan software payroll tentu saja tidak memerlukan orang banyak. Serta hanya dalam lingkup kecil. Seluruh data terkait absensi online, rekening karyawan akan dengan mudah dikelola. Saat penggajian karyawan  tentu saja akan saling terkait dengan data karyawan.

2. Software Yang Tertaut Dengan Absensi

Jika dilakukan secara manual tentu saja akan sering mendapat sebuah kesalahan serta kekeliruan. Nah, kehadiran software payroll akan menjadi sebuah solusi yang cerdas bagi sebuah perusahaan. Tidak lagi harus mencocokkan absensi karyawan secara manual. Dengan software ini maka kehadiran karyawan akan tertaut langsung, ini dikarenakan sistem yang digunakan telah terintegrasi dengan sistem absensi online.

Hal ini tentu menjadikan kerja dari HRD menjadi lebih mudah, dan kesalahan dapat diminimalisir dengan bijak. Selain itu hal ini juga tentunya dapat menghemat waktu dan HRD dapat mengerjakan tugas tugas lainnya.

3. Bonus Bonus Serta Potongan Untuk Karyawan Dapat Dihitung Secara Tepat

Software payroll juga dapat memberikan informasi  berupa bpjs serta bonus seperti THR dan lain lain secara akurat dan tepat. Penghitungan gaji nantinya akan menjadi lebih akurat by sistem dan pengelolaannya tidak lagi harus secara manual. Insentif untuk karyawan dan lainnya akan secara otomatis tercatat by sistem. Sehingga tidak akan menimbulkan kekeliruan yang terkadang menyebabkan selisih.

Selain dapat menghitung PPh 21 software payroll juga mampu untuk menghitung jumlah bpjs karyawan. Bayangkan saja jika masih menghitung secara manual tentu saja akan memakan waktu yang lumayan lama, dan nantinya hal tersebut malah menjadi sebuah beban yang menghambat sebuah perusahaan untuk maju dalam bisnisnya.

Demikian penjelasan terkait fungsi dari software payroll. Dalam penghitungan gaji memang harus dilakukan secara akurat dan tepat. Maka dari itu dengan menggunakan software payroll terbaik yang terkait langsung dengan sistem absensi online, maka perusahaan dapat memantau karyawan nya dan meminimalisir selisih serta kesalahan saat melakukan penggajian karyawan.

Continue Reading

Bisnis

Cara Promosi Perumahan Di Sosmed Yang Efektif, Coba 7 Hal Penting Ini!

Internet merupakan sarana paling efisien dan efektif saat ini digunakan untuk melakukan promosi apapun. Salah satunya cara promosi perumahan di sosmed dengan mengandalkan internet sebagai media iklan. Tingkat jangkauan promosi lebih banyak dan lebih baik sehingga orang-orang dengan mudah mendapatkan informasi perumahan dari sosial media.

Beberapa hal yang penting dipersiapkan pada saat melakukan promosi perumahan merupakan cara paling tepat dalam menjangkau konsumen. Maka strategi dari awal hingga akhir memperkenalkan perumahan via sosmed bisa memperhatikan hal berikut ini.

1. Memiliki Akun Media Sosial

Yang paling utama dalam memulai promosi perumahan dengan memanfaatkan jejaring sosial yaitu mempunyai akun terlebih dahulu. Akun media sosial banyak macamnya saat ini, mulai dari facebook, instagram, YouTube, Twitter dan sebagainya. Hingga status WA pun menjadi ajang media promosi efektif yang bisa dilakukan.

Biasanya saat mengaktivasi satu akun media sosial akan terjadi keterkaitan antara satu akun dengan akun lainnya. Semacam jejaring dengan persen yang sama namun banyak wujud. Jadi saat mempromosikan di salah satu akun media sosial maka bisa ditayangkan pula di akun media sosial lainnya

2. Memahami Apa Yang Dibutuhkan Konsumen Tentang Perumahan

Pahami apa yang dibutuhkan konsumen merupakan cara promosi perumahan di sosmed yang ampuh. Membaca kebutuhan pasar menjadi penting, apalagi kebutuhan akan hunian rumah yang semakin meningkat. Para konsumen biasanya akan mencari informasi yang lebih akurat mulai dari bentuk perumahan, lingkungan strategis, hingga harga yang ditawarkan.

Dalam memberikan promosi yang berkaitan dengan perumahan, memang penting untuk menyajikan apa yang dibutuhkan pasar. Biasanya konsumen akan mencari harga terjangkau dengan kualitas yang terbaik. Atau tipe rumah yang sedang tren pada saat ini dan perumahan yang dekat dengan tempat-tempat strategis.

3. Buat Konten Iklan Yang Menarik

Cara promosi perumahan di sosmed yaitu dengan membuat konten yang menarik. Konten yang menarik biasanya berisi jawaban atau pemahaman yang dibutuhkan konsumen. Dengan memberikan beberapa tips menarik bagi konsumen yang berhubungan dengan home decor atau mengulas tren perumahan.

Konten sangat penting dalam menyajikan sebuah iklan agar terlihat lebih layak dan dapat menjaring konsumen. Karena dalam dunia media sosial mengandalkan visualisasi dari sebuah gambar dan tulisan. Sehingga penyajian konten menjadi daya tarik utama pada konsumen dalam mengenal suatu produk. Apalagi jika produk tersebut perumahan yang butuh banyak detail untuk dijelaskan.

4. Memahami Persaingan Harga

Hal ini sangat penting dipertimbangkan dalam mempromosikan perumahan di medsos. Karena harga biasanya menentukan nilai ketertarikan konsumen pada produk, maka dalam mengemas harga harus semenarik mungkin. Yaitu dengan melihat bagaimana produk yang sama menentukan harga jualnya kepada konsumen.

Biasanya persaingan harga ini memicu terjadinya tingkat pemesanan yang tinggi. Misalnya saja jika seseorang akan mencari perumahan via media sosial kemudian melihat harga dengan diimbangi pemberian diskon. Maka biasanya konsumen akan lebih tertarik apalagi jika ada promo lainnya saat menawarkan perumahan. Karena faktor paling utama dalam menentukan harga adalah keseimbangan harga pasar

5. Memanfaatkan Fitur Yang Ada Pada Sosial Media

Pada cara promosi perumahan di medsos, akan lebih baik lagi jika mengoptimalkan fitur lainnya yang ada. Seperti FB ads, Instagram Ads, dan sebagainya sebagai sarana iklan yang lebih baik lagi. Selanjutnya fitur yang ada pada media sosial ini tentu terintegrasi dengan akun utama sehingga, tidak perlu khawatir iklan tidak menjangkau. Justru dengan bantuan fitur iklan yang ada pada medsos semakin membantu menjangkau berbagai kalangan.

Fitur ini juga mudah digunakan serta mempunyai nilai praktis dan ekonomis. Maka perumahan yang dipromosikan akan lebih menjangkau masyarakat lebih luas lagi. Selain itu, nilai praktis media sosial sangat membantu memangkas biaya promosi karena internet dianggap lebih efektif dibandingkan promosi offline.

6. Optimalisasi SEO

Search Engine Optimization merupakan sebuah sistem mesin pencari yang mengoptimalkan situs yang dimiliki. Dengan melibatkan penggunaan kata kunci yang dicari konsumen pada mesin pencari. Yang kemudian pada search engine didasarkan pada kata kunci yang dimasukkan sehingga memunculkan traffic di sebuah situs.

Optimalisasi SEO ini diyakini efektif untuk menjaring konsumen dalam mengunjungi situs serta memahami produk perumahan yang ditawarkan. Sehingga promosi perumahan akan lebih efektif dan langsung tepat sasaran kepada konsumen yang membutuhkan hunian baru. Atau ada juga konsumen yang sedang berinvestasi pada perumahan.

7. Personal Branding

Pentingnya pengenalan secara lebih baik lagi yaitu dengan personal branding pada suatu produk. Jika ingin mempromosikan perumahan, maka ciptakan personal branding yang kuat sehingga konsumen percaya. Yaitu dengan menjalin relasi secara baik, percaya pada diri sendiri dan produk yang ditawarkan.

Selain itu berikan performa terbaik saat mempromosikan pada konsumen, bagaimana perumahan tersebut dan apa kelebihannya. Dengan begitu di medsos bisa terlihat jelas apa saja yang menjadi ciri khas hingga akhirnya orang akan tertarik dengan perumahan tersebut.

Dengan memahami beberapa cara promosi perumahan di medsos maka diharapkan mampu mengoptimalisasi berbagai peluang yang ada. Karena kekuatan medsos merupakan jaringan internet yang luas, maka saat promosi perumahan dilakukan tentu akan menjangkau lebih banyak lagi. Dan menarik para konsumen untuk mendapatkan hunian nyaman sesuai harapan.

Continue Reading

Peluang Usaha

Tips Buka Usaha di Tengah Ancaman Resesi Ekonomi Indonesia

Resesi ekonomi Indonesia tampaknya makin kencang digaungkan oleh para pakar ekonomi di negeri ini.

Pandemi virus corona telah menyebabkan perekonomian terhenti dan beberapa negara telah masuk ke dalam fase resesi. Lalu bagaimana dengan orang yang justru ingin membuka usaha? Simak tips berikut ini

Apa Itu Resesi Ekonomi ?

Resesi ekonomi adalah adanya penurunan yang tajam terhadap kegiatan ekonomi selama berbulan-bulan bahkan hitungan tahun. Jika hal itu terjadi di Indonesia, maka disebutkan resesi ekonomi Indonesia. Selama pandemi, sudah banyak negara yang terjungkal kegiatan perekonomiannya dan masuk dalam fase resesi.

Pada masa resesi, banyak orang mengalami PHK atau kehilangan mata pencaharian. Hal ini karena perusahaan tidak melakukan kegiatan produksi sebagaimana mestinya. Artinya ada penghematan dan penurunan penjualan karena output yang lebih sedikit.

Resesi bisa mengakibatkan melemahnya daya beli yang dipicu oleh semakin tingginya PHK. Belum lagi ancaman kredit macet di dunia perbankan serta inflasi yang terlalu tinggi. Deflasi juga bisa terjadi jika suatu negara masuk ke dalam fase resesi.

Seperti yang dilansir dari Harapanrakyat.com, Saat ini Indonesia belum masuk fase resesi walaupun ancaman itu sudah di depan mata. Namun jika di kuartal ketiga nanti perekonomian kembali terkontraksi, sudah pasti Indonesia akan resesi. Konsumsi rumah tangga harus meningkat serta investasi harus lebih besar lagi. Saat ini tumpuan utama Indonesia adalah investasi pada UMKM.

Tips Membuka Usaha Saat Resesi

Resesi yang pernah terjadi di beberapa negara di masa lalu justru memicu lahirnya sejumlah perusahaan besar. Contohnya saja Uber, General Motor, CNN, Burger King, dan Airbnb. Usaha-usaha mikro yang lahir di masa resesi berpotensi menjadi besar ketika perekonomian membaik. Lalu, apa tipsnya agar aman membuka usaha saat resesi?

1. Lakukan Penghematan

Berhemat adalah hal yang tepat dilakukan ketika membuka usaha di masa krisis. Ingatlah bahwa bisnis sedang dijalankan dimana pendapatan masyarakat menurun, pasokan bahan baku tersendat dan penjualan tipis. Alokasikan modal untuk keperluan produksi dan bukan yang lain.

2. Produksi Berdasarkan Pesanan

Beberapa barang bisa diproduksi saat pesanan datang. Hal ini lebih menguntungkan dan bisa menyelamatkan bisnis dari kerugian. Dengan membuat produk saat pesanan sudah masuk, maka keuntungan lebih mudah diperhitungkan. Buatlah sistem PO untuk produk yang akan dijual.

3. Manfaatkan Pemasaran Digital

Pemasaran secara digital bisa dimulai dengan sangat murah. Misalnya dengan memaksimalkan media sosial dan internet. Buatlah website untuk branding produk dan perusahaan. Resesi atau tidak, pemasaran secara digital harus dilakukan apalagi jika ingin menjaring konsumen yang lebih luas.

4. Efisiensi Pekerjaan

Mempekerjakan karyawan tetap penting untuk menjaga performa dan kualitas produksi. Tetapi, dikala resesi, beban gaji karyawan bisa mempengaruhi cash flow. Maka, usahakan setiap karyawan melakukan pekerjaannya dengan efektif dan efisien. Walaupun terkesan “pelit”, namun ini penting untuk kelangsungan usaha. Jangan ragu untuk ikut terjun sendiri membantu operasional agar lebih hemat.

Baca Juga: Satuma Kraf, Ahlinya Pembuat Kerajinan Tembaga dan Kuningan

5. Rencanakan dengan Matang

Perencanaan adalah yang terpenting ketika membuka bisnis di masa resesi. Tidak ada salahnya berkonsultasi dulu kepada konsultan atau rekanan sebelum benar-benar terjun. Setiap sen yang dikeluarkan, harus jelas kapan kembalinya dan bagaimana.

Resesi ekonomi Indonesia yang sudah di depan mata harus disikapi dengan tenang namun tetap proaktif. Saat ini Iklim bisnis masih cukup sehat walaupun persaingan ketat. Buktinya, semakin banyak orang yang terjun membuka usaha di masa pandemi. Siapa tahu, salah satunya akan sukses dan besar ketika wabah mereda.

Continue Reading

TOP STORIES