Marketing Mix Adalah: Pengertian dan Penerapannya dalam Dunia Bisnis

Marketing Mix Adalah
Marketing Mix Adalah

Halo semuanya pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi pengetahuan pada kalian semua mengenai strategi di dunia bisnis.

Siapa sih yang gak ingin tahu mengenai strategi yang ada di dunia bisnis?

Pastinya kalian semua ingin mengetahui strategi ini bukan?

Sebenarnya strategi bisnis apasih yang akan saya jelaskan pada kesempatan kali ini?

Jadi pada kesempatan kali ini saya akan berbagi dan berdiskusi dengan kalian mengenai strategi bisnis yang bernama Marketing Mix.

Apakah kalian sudah mengetahui tentang pengertian Marketing Mix?

Jika sebelumnya kalian belum mengetahui tentang pengertian marketing mix, maka akan saya jelaskan terlebih dahulu.

Menurut wikipedia Marketing Mix merupakan strategi pemasaran yang menggabungkan beberapa elemen penting di dalam marketing mix itu sendiri yang dilakukan secara terstruktur atau terpadu.

Marketing Mix
Marketing Mix

Strategi ini sangat penting digunakan pada dunia bisnis terutama pemasaran, karena dengan menggunakan strategi ini akan mampu mencapai kesuksesan berbisnis.

Jadi jika kalian ingin menjalankan sebuah bisnis pastikan kalian menggunakan strategi yang tepat.

Karena untuk mencapai kesuksesan tersebut diperlukan kecakapan yang komplek dalam proses pengelolaan bisnis.

Bagaimana apakah kalian sudah menggunakan strategi bisnis yang tepat?

Sederhanyanya sebagus apapun jasa atau produk yang kalian tawarkan jika kalian tidak tahu sterategi memasarkannya maka akan gagal, sehingga semuanya akan terlihat sia-sia.

Marketing Mix Adalah, Pengertian Menurut Ahli

Marketing Mix sendiri sering disebut sebagai bauran pemasaran. Jika kalian belum paham mengenai penjelasan saya di atas.

Maka kalian bisa simak pengertian di bawah ini tentang bauran pemasaran atau marketing mix menurut para ahli di bidang ilmu pemasaran.

Marketing Mix Adalah, Pengertian Menurut Ahli
Marketing Mix Adalah, Pengertian Menurut Ahli

Berikut beberapa pengertian menurut mereka:

Buchari Alma

Menurut Buchari Alma (2005) marketing mix adalah sebuah strategi yang mengkombinasikan dengan kegiatan-kegiatan marketing. Dengan demikian maka akan tercipta kombinasi yang maksimal sehingga akan muncul hasil yang paling memuaskan.

Softjan Assauri

Yang kedua adalah menurut Softjan Assauri (2013) mengatakan bahwa marketing mix adalah kombinasi dari variabel atau kegiatan yang merupakan inti dari sistem pemasaran. Variabel yang digunakan ini untuk mengendalikan pemasaran untuk mengetahui reaksi para pembeli atau para konsumen.

Kotler dan Armstrong

Ketiga menurut Kotler dan Armastrong (1997) yang mengartikan marketing mix sebagai perangkat atau alat pemasaran taktis yang dapat dikendalikan, harga, produk, distribusi dan promos yang dipadukan oleh perusahaan untuk menghasilkan respons yang diinginkan dalam target marketing.

Sumarmi dan Soepriharto

Selanjutnya adalah menurut Sumarmi dan Soepriharto (2010) marketing mix adalah kombinasi dari variabel atau kegiatan yang merupakan inti dari sistem pemasaran. Diantaranya yaitu produksi, promosi, harga, dan distribusi.

Sehingga dapat dikatakan bahwa marketing mix adalah kumpulan dari variabel yang digunakan oleh perusahaan untuk dapat mempengaruhi para konsumen.

Dhaimesta dan Irwan

Definisi marketing mix yang terakhir yaitu menurut Dhaimesta dan Irwan. Dua ilmuwan tersebut mengatkan bahwa marketing mix adalah variabel-variabel yang digunakan oleh perusahaan sebagai sarana untuk memenuhi atau melayani kebutuhan dan keinginan para konsumen.

Itulah pengertian marketing mix menurut para ahli. Apakah kalian sudah memahaminya?

Menurut saya pribadi, marketing mix memang sangat diperlukan untuk dunia bisnis terutama di bidang pemasaran.

Seperti pengalaman pribadi saya yang sempat gagal dalam usaha berjualan produk karena kurang tepatnya strategi yang saya gunakan.

Dengan belajar mengenai aspek-aspek yang ada pada marketing mix, saya dapat mengoreksi tentang bisnis saya yang sempat gagal.

Apakah kalian punya pengalaman yang sama dengan saya?

Baca juga: Tips Membuat Brosur yang Menarik dan Mampu Membius Pembaca

Jika iya, maka beruntung sekali kalian mengunjungi artikel ini. karena pada artikel ini kita akan belajar bersama mengenai aspek-aspek yang terdapat di marketing mix yang dapat kalian terapkan pada dunia bisnis.

Manfaat Marketing Mix untuk Bisnis

Manfaat Marketing Mix untuk Bisnis
Manfaat Marketing Mix untuk Bisnis

Setelah mengetahui mengenai pengertian dasar pada marketing mix, selanjutnya akan saya jelaskan mengenai tujuan dari marketing mix.

Dengan mengetahui tujuan-tujuan ini kalian akan lebih sadar mengenai betapa pentingnya menggunakan marketing mix.

Sebagai strategi pemasaran dalam dunia bisnis. Berikut beberapa manfaat dari marketing mix yang perlu kalian ketahui :

1. Advertising (Periklanan)

Manfaat dari marketing mix yang pertama ada advertising atau periklanan. Seperti yang kita ketahui bahwa periklanan merupakan hal yang penting dalam sebuah bisnis pemasaran.

Apakah kalian sudah mengetahui dengan benar apa tujuan dari periklanan itu sendiri?

Ya, periklanan bertujuan untuk memberikan informasi mengenai produk yang kalian jual baik itu berupa barang maupun jasa.

Target dari informasi tersebut pastinya adalah para konsumen yang bertujuan untuk meningkatkan penjualan.

Dengan strategi pengiklanan yang menarik maka kalian dapat menjaring para target dengan jumlah yang lumayan banyak, pastinya akan sangat menguntungkan kan?

2. Sales Promotion (Promosi Penjualan)

Promosi penjualan merupakan kumpulan dari berbagai alat insentif yang dirancang untuk mendorong produk kalian baik itu berupa barang maupun jasa.

Biasanya kegiatan ini hanya dilakukan jangka pendek dan tidak dilakukan secara berulang.

Seperti yang kita ketahui bahwa tujuan dari promosi sendiri adalah untuk meningkatkan penjualan.

Strategi promosi yang biasanya digunakan oleh banyak orang adalah pemberian diskon, kupon, give away atau kontes, bahkan promo buy one get one.

Jika kalian merupakan pengusaha yang baru merintis suatu bisnis penjualan, maka sangat cocok jika kalian menggunakan promosi penjualan.

Dengan begitu konsumen akan mengenal produk yang kalian jual.

Seperti yang kita ketahui bahwa konsumen sangat senang dengan adanya diskon maupun promo menarik lainnya.

Bahkan saya yakin beberapa diantara kalian juga menyukai hal tersebut saat berbelanja.

3. Direct Marketing (Pemasaran Langsung)

Direct marketing merupakan sebuah sistem pemasaran interaktif yang menggunakan satu atau lebih media iklan yang berfungsi untuk menghasilkan tanggapan yang dapat diukur pada suatu lokasi.

Tujuannya adalah untuk mengomunikasikan produk maupun jasa yang kalian tawarkan secara langsung kepada konsumen yang kalian anggap sebagai target marketing yang potensial.

Sehingga jika kalian mempunyai usaha berjualan produk maupun jasa sangat penting kalian melakukan pemasaran secara langsung.

Sehingga akan terjadi interaksi secara langsung antara penjual dan konsumen, dengan begitu akan dengan mudah mengetahui apa yang konsumen inginkan.

Menjalin interaksi dengan konsumen juga menciptakan kedekatan antara kalian dengan konsumen yang akan membuat mereka lebih nyaman telah berbelanja atau menikmati layanan yang kalian berikan.

Ketiga pokok di atas merupakan manfaat dari adanya marketing mix.

Jika kalian mempelajari secara lanjut strategi ini, maka tidak menutup kemungkinan kalian akan berhasil dalam berbisnis.

Saya sendiri sudah membuktikan strategi ini, sekarang giliran kalian.

Konsep Penting dalam Marketing Mix

Konsep Penting dalam Marketing Mix
Konsep Penting dalam Marketing Mix

Setelah mengetahui manfaat dari marketing mix, selanjutnya kita akan mempelajari hal terpenting dalam marketing mix. Apakah itu?

Tentu saja mengenai konsep penting yang terdapat di marketing mix. Melalui konsep-konsep ini akan membuat kalian semakin sadar betapa pentingnya menggunakan strategi marketing mix dalam suatu bisnis.

Awalnya saya pun tidak mengetahui tentang strategi ini, namun setelah saya pelajari dan saya terapkan ternyata strategi ini memang sangat berpengaruh pada pemasaran.

Selanjutnya kalianlah yang harus membuktikannya bukan?

Sebelum menyebutkan beberapa konsep yang terdapat di marketing mix, sebelumnya akan saya jelaskan terlebih dahulu mengeni ranah marketing.

Terdapat konsep umum yang harus diketahui oleh setiap pembisnis.

Apakah konsep umum tersebut?

Jadi konsep tersebut adalah marketing 4P. apakah kalian sudah mengetahui konsep ini? jika belum, akan saya jelaskan sekilas.

Jadi konsep marketing 4P adalah konsep yang berfokus pada 4 hal penting, diantaranya adalah product, price, place, dan promotion.

Keempat hal tersebut harus kalian pertimbangkan dalam memulai suatu usaha.

Namun, konsep 4P tersebut saat ini dianggap kurang efektif. Kira-kira kenapa bisa begitu?

Ya, tentu saja karena perkembangan keadaan pasar yang sudah sangat dinamis atau berubah-ubah sehingga tidak cukup hanya menggunakan empat konsep tersebut.

Terutama di era yang semakin modern ini, pastinya kita harus menyeimbangkan dengan teknologi yang ada agar tidak kalah bersaing.

Sehingga banya pengamat yang meras bahwa konsep 4P perlu di tambahkan beberapa poin lagi agar menjadi lebih efektif.

Sehingga konsep 4P berkembang menjadi 7P, apa saja kira-kira konsepnya? Yuk simak di bawah ini:

1. Product (Produk)

Nah, poin yang pertama tentunya adalah menentukan produk.

Hal ini menjadi poin utama yang perlu kalian perhatikan.

Bagaimana cara memilih produk dengan tepat? mudah saja.

Kalian hanya perlu melalukan survey pasar dan melihat barang atau jasa apa yang memiliki nilai guna yang cukup tinggi dan dibutuhkan oleh konsumen.

Sehingga barang atau jasa yang kalian tawarkan harus memenuhi kebutuhan para konsumen.

2. Price (Harga)

Kenapa harga menjadi aspek yang penting yang harus kalian perhatikan?

Karena pada dasarnya pembeli atau konsumen akan menjadikan harga sebagai pertimbangan utama sebelum membeli barang maupun jasa.

Sehingga pastikan harga yang kalian berikan mampu bersaing dipasaran.

3. Place (Tempat)

Dalam memulai sebuah bisnis atau usaha kalian tidak boleh asal-asalan, salah satunya dalam mempertimbangkan tempat.

Terutama jika kalian merupakan pengusaha konvensional maka aspek tersebut sangat penting diperhatikan.

Pastikan kalian memilih tempat yang strategis dan mudah dijangkau oleh para konsumen.

4. Promotion (Promosi)

Selanjutnya adalah aspek promosi, pada aspek ini sering kali diabaikan oleh sebagian orang.

Hal tersebut dikarenakan banyak pemula yang bingung mengenai bagaimana cara melakukan promosi yang tepat.

Pastinya kalian juga bingung menjalankan aspek ini kan? Padahal aspek ini sangat mempengaruhi konsumen agar membeli produk kalian loh.

Lalu bagaimana caranya?

Jadi kalian harus pintar-pintar merubah presepsi konsumen menjadi positif mengenai bisnis kalian.

Teknik yang bisa kalian gunakan diantaranya adalah face to face atau secara online.

5. Process (Proses)

Hal berikutnya yang perlu kalian perhatikan adalah proses, apa yang dimaksut dengan proses pada konsep ini?

Dalam dunia bisnis proses dapat diartikan sebagai langkah-langkah yang dilakukan antara penjual dan pembeli.

Sehingga dapat proses ini kalian harus melakukan pelayanan yang maksimal dan memuaskan melalui beberapa teknik yang dapat kalian gunakan.

6. People (Orang)

Pada aspek ini pastinya kalain sangat bingung bukan? sebenarnya apa yang dimaksut people atau orang pada konsep ini?

Jadi pada aspek ini kalian tidak hanya memperhatikan para konsumen saja, tapi kalian juga perlu memperhatikan SDM yang lain seperti karyawan dan tim bisnis.

7. Physical Evidence (Aspek Bukti Fisik)

Nah loh! Aspek apa lagi ini? jadi physical evidence merupakan semua hal yang berbentuk peralatan yang kalian butuhkan untuk mendukung bisnis yang kalian jalankan.

Terutama jika kalian membentuk bisnis yang besar, maka kalian juga akan membutuhkan peralatan yang semakin banyak atau kompleks.

Sehingga pastikan kalian telah membuat daftar atau list mengenai perlengkapan apa saja yang akan kalian gunakan.

Bagaimana? Pastinya kalian sudah paham kan mengenai marketing mix?

Sekarang waktunya kalian untuk menerapkan di bisnis yang kalian jalankan.

Baca Juga: 9 Strategi Pemasaran Produk, Terbukti Omset Naik!

Dengan adanya artikel ini semoga dapat menambah wawasan kalian mengenai strategi berbisnis terutama pada bidang pemasaran.

Dengan begitu dapat kalian terapkan yang nantinya akan membuat bisnis kalian semakin maju dan berjalan dengan lancar. Saya sudah buktikan nih, sekarang giliran kalian.

Selamat mencoba!

Check Also

konsep jualan pakai mobil

5 Usaha dengan Konsep Jualan Pakai Mobil Agar Semakin Unik

Konsep jualan pakai mobil sebenarnya bukan hal baru dalam dunia usaha. Sudah banyak produk yang …