Connect with us

Strategi Pemasaran

9 Strategi Pemasaran Produk, Terbukti Omset Naik !

strategi pemasaran produk

Saat ini banyak sekali masyarakat yang sangat tertarik untuk memiliki usaha atau bisnis sendiri.

Tentu saja dengan menjual sebuah produk, baik produk sendiri ataupun produk orang lain.

Hal tersebut dikarenakan salah satunya karena profesi seorang pebisnis yang lagi nge-trend akhir akhir ini.

Selain itu usaha berjualan produk juga tidak memiliki keterikatan waktu.

Agar bisa mendapatkan keuntungan yang banyak dari berjualan produk, maka yang harus dilakukan adalah menyusun strategi pemasaran produk.

Berikut merupakan beberapa penjelasan tentang strategi apa saja yang harus dilakukan untuk memasarkan produk

1. Mengenal Pasar Dan Target Market

image: Pixabay

Seorang ahli pemasaran bernama Kurtz pernah menuturkan bahwa, strategi pemasaran adalah semua program yang diciptakan oleh pelaku usaha untuk menentukan target pasar dan untuk membuat para konsumen merasa puas dengan adanya kombinasi elemen dari marketing mix.

Perlu diketahui bahwa marketing mix terdiri dari distribusi, produk, promosi dan harga.

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa seorang pelaku usaha harus dapat membuat program atau strategi untuk mengenal pasar dan menentukan target pasar.

Jadi seorang pelaku usaha harus tahu tentang kwalitas dan fungsi dari produk yang akan dipasarkan.

Apabila produk tersebut merupakan produk baru dan belum ada yang menjualnya, maka seorang pelaku usaha akan memiliki jangkauan luas untuk menjual produk tersebut.

Namun sebaliknya, jika produk tersebut merupakan produk yang sudah banyak kompetitor, maka seorang pelaku usaha hanya perlu mencari lebih jauh kelemahan dari produk pesaing.

Selain itu, seorang pelaku usaha juga harus selalu memperbaiki produknya (Melakukan inovasi) agar para konsumen selalu tertarik untuk membeli produk tersebut.

Untuk menentukan target market, seorang pelaku usaha harus menentukan produk tersebut dijual untuk siapa, apakah untuk orang tua, anak-anak, atau remaja.

Dengan begitu maka seorang pelaku usaha dapat menentukan dimana dan kapan harus menjual dan mempromosikan produknya.

2. Menciptakan Produk Yang Berkualitas

Produk Berkualitas: Pixabay

Strategi pemasaran produk yang kedua ialah kembali ke permasalahan paling mendasar yaitu membuat atau menciptakan sebuah produk yang berkualitas.

Selain berkualitas, produk juga harus sesuai dengan target market yang sudah ditentukan.

Produk yang berkualitas merupakan produk yang berasal dari bahan baku yang bagus dan berkualitas.

Selain itu proses pembuatan produk tersebut juga harus teliti tidak boleh asal-asalan.

Dengan bahan yang berkualitas dan proses pembuatan yang teliti, maka terciptalah sebuah produk yang berkualitas.

Perlu diketahui bahwa sekarang ini banyak orang yang lebih memilih untuk membeli produk berkualitas daripada produk yang abal-abal walaupun harganya murah.

3. Membuat Kemasan Yang Menarik

image: Pixabay

Perlu diketahui bahwa strategi pemasaran produk baru yang paling penting ialah, seorang pelaku usaha harus memperhatikan semua aspek salah satunya adalah kemasan produk.

Buatlah kemasan produk yang menarik dan berkesan.

Hal tersebut dikarenakan, kemasan yang menarik dan berkesan akan mudah diingat konsumen

apalagi kemasan adalah bentuk fisik yang pertama kali dilihat oleh pelanggan, maka buatlah pelanggan kamu terpesona sejak pertama kali melihat produkmu.

4. Memilih Lokasi Pemasaran Yang Tepat Dan Strategis

Lokasi Strategis: Pixabay

Jika sudah menentukan target pasar, maka seorang pelaku usaha akan dengan mudah menemukan tempat berjualan atau tempat mempromosikan produk.

Misalnya saja, target pasar yang sudah ditentukan adalah anak sekolah, berarti seorang pelaku usaha dapat memilih tempat yang dekat dengan sekolah.

Tempat yang dekat dengan sekolahan misalnya saja tempat bimbel ataupun tempat-tempat nongkrong anak sekolah.

5. Menawarkan Promo

image: Pixabay

Sekarang ini harga kebutuhan hidup dapat dibilang cukup mahal. Jadi saat ini banyak sekali masyarakat yang menyukai adanya promo.

Menawarkan berbagai macam promo merupakan salah satu strategi pemasaran produk yang paling ampuh untuk menarik konsumen.

Seorang pelaku usaha nantinya dapat menambahkan tawaran promo pada iklan-iklan yang sudah dibuat.

Promo yang paling ampuh untuk menarik banyak konsumen adalah “Buy One Get One Free”.

Perlu diketahui bahwa promo tersebut akan membuat calon pembeli yang tadinya hanya ingin mencoba-coba justru bisa menjadi pelanggan tetap.

Perlu diingat bahwa promo seperti harus didasari dengan perhitungan untung rugi. Jangan asal bikin ya ..

Jika seorang pelaku usaha terlalu berlebihan dalam memberikan promo, maka yang akan terjadi selanjutnya adalah kebangkrutan atau rugi.

Jadi solusinya adalah dengan memberikan promo hanya beberapa hari saja, misalnya hanya 2 sampai 3 hari sejak awal launching atau awal jualan.

6. Memanfaatkan Media Sosial

image: Pixabay

Saat ini sebagian besar masyarakat Indonesia sudah memiliki gadget atau smartphone.

Pemanfaatan media online merupakan salah satu strategi pemasaran produk yang paling efektif untuk mengenalkan produk pada khalayak umum.

Seorang pelaku usaha dapat memanfaatkan media online untuk memasarkan dan mempromosikan produknya.

Jadi nantinya seorang pelaku usaha dapat mengiklankan produknya melalui website, marketplace, ataupun melalui sosial media seperti facebook, twitter dan instagram.

Gunakanlah marketplace yang sudah terpercaya seperti Tokopedia, Bukalapak, Lazada dan lain sebagainya.

7. Menjadi Sponsor Kegiatan

Sponsor Kegiatan. Image: djarumfoundation.org

Saat ada sebuah kegiatan, alangkah baiknya seorang pelaku usaha menjadi sponsor kegiatan tersebut.

Hal tersebut dikarenakan, menjadi sponsor kegiatan merupakan sebuah strategi pemasaran produk yang sangat efektif. Dan cara pemasarannya bisa dilakukan secara online maupun offline.

Sebagai contoh, seorang pelaku usaha menjual sebuah produk bahan-bahan untuk memasak.

Seorang pelaku usaha tersebut dapat menjadi sponsor di kegiatan atau acara lomba memasak.

Saat acara atau kegiatan lomba tersebut berlangsung, maka bahan-bahan memasak yang digunakan oleh para peserta lomba adalah produk milik seorang pelaku usaha tersebut.

Sekaligus bisa melakukan promosi atau bahkan direct selling (menjual langsung) ke pada peserta lomba dan penonton acara tersebut.

8. Memberikan Intensif Untuk Rekomendasi Pelanggan

image: Pixabay

Perlu diketahui bahwa mempromosikan produk dengan cara promosi dari mulut ke mulut adalah salah satu strategi pemasaran produk baru yang dapat menarik banyak konsumen.

Cara seperti ini biasanya lebih mudah dipercaya orang lain karena sudah direkomendasikan oleh orang yang dikenal.

Jadi seorang pelaku usaha dapat menawarkan intensif kepada seorang pelanggan yang mau merekomendasikan produk kepada teman-teman ataupun saudaranya.

Nantinya intensif yang diberikan bisa berupa uang, kupon diskon, voucher atau produk tersebut.

9. Melakukan Kegiatan Amal

Kegiatan amal: Pixabay

Cara agar dapat menarik para konsumen untuk membeli sebuah produk adalah dengan membuat para konsumen yakin bahwa produk tersebut merupakan produk yang ramah lingkungan dan tepat untuk kebutuhan konsumen.

Perlu diketahui bahwa strategi pemasaran produk tersebut merupakan strategi yang memanfaatkan psikologi konsumen.

Sebagai contoh, seorang pelaku usaha menjual sebuah produk minuman yang ramah lingkungan.

Maka seorang pelaku usaha tersebut bisa melakukan penggalangan dana yang nantinya dapat disumbangkan ke organisasi atau komunitas tertentu.

Perlu diingat bahwa sebelum melakukan strategi ini, pastikanlah produk tersebut memang ramah lingkungan.

Perlu diketahui bahwa strategi ini sangat efektif untuk membuat produk dapat dikenal dan disukai masyarakat secara luas.

Itu tadi merupakan beberapa penjelasan tentang strategi-strategi pemasaran produk baru yang dapat dilakukan untuk para pelaku usaha.

Jadi untuk para pelaku usaha tidak perlu khawatir saat ingin memulai sebuah usaha atau bisnis berjualan produk. apapun produknya !

Header Image: Pixabay

Mendirikan situs income.id sebagai perwujudan pengabdian kepada bangsa dan negara indonesia melalui media yang informatif dan edukatif

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bisnis

Cara Promosi Perumahan Di Sosmed Yang Efektif, Coba 7 Hal Penting Ini!

Internet merupakan sarana paling efisien dan efektif saat ini digunakan untuk melakukan promosi apapun. Salah satunya cara promosi perumahan di sosmed dengan mengandalkan internet sebagai media iklan. Tingkat jangkauan promosi lebih banyak dan lebih baik sehingga orang-orang dengan mudah mendapatkan informasi perumahan dari sosial media.

Beberapa hal yang penting dipersiapkan pada saat melakukan promosi perumahan merupakan cara paling tepat dalam menjangkau konsumen. Maka strategi dari awal hingga akhir memperkenalkan perumahan via sosmed bisa memperhatikan hal berikut ini.

1. Memiliki Akun Media Sosial

Yang paling utama dalam memulai promosi perumahan dengan memanfaatkan jejaring sosial yaitu mempunyai akun terlebih dahulu. Akun media sosial banyak macamnya saat ini, mulai dari facebook, instagram, YouTube, Twitter dan sebagainya. Hingga status WA pun menjadi ajang media promosi efektif yang bisa dilakukan.

Biasanya saat mengaktivasi satu akun media sosial akan terjadi keterkaitan antara satu akun dengan akun lainnya. Semacam jejaring dengan persen yang sama namun banyak wujud. Jadi saat mempromosikan di salah satu akun media sosial maka bisa ditayangkan pula di akun media sosial lainnya

2. Memahami Apa Yang Dibutuhkan Konsumen Tentang Perumahan

Pahami apa yang dibutuhkan konsumen merupakan cara promosi perumahan di sosmed yang ampuh. Membaca kebutuhan pasar menjadi penting, apalagi kebutuhan akan hunian rumah yang semakin meningkat. Para konsumen biasanya akan mencari informasi yang lebih akurat mulai dari bentuk perumahan, lingkungan strategis, hingga harga yang ditawarkan.

Dalam memberikan promosi yang berkaitan dengan perumahan, memang penting untuk menyajikan apa yang dibutuhkan pasar. Biasanya konsumen akan mencari harga terjangkau dengan kualitas yang terbaik. Atau tipe rumah yang sedang tren pada saat ini dan perumahan yang dekat dengan tempat-tempat strategis.

3. Buat Konten Iklan Yang Menarik

Cara promosi perumahan di sosmed yaitu dengan membuat konten yang menarik. Konten yang menarik biasanya berisi jawaban atau pemahaman yang dibutuhkan konsumen. Dengan memberikan beberapa tips menarik bagi konsumen yang berhubungan dengan home decor atau mengulas tren perumahan.

Konten sangat penting dalam menyajikan sebuah iklan agar terlihat lebih layak dan dapat menjaring konsumen. Karena dalam dunia media sosial mengandalkan visualisasi dari sebuah gambar dan tulisan. Sehingga penyajian konten menjadi daya tarik utama pada konsumen dalam mengenal suatu produk. Apalagi jika produk tersebut perumahan yang butuh banyak detail untuk dijelaskan.

4. Memahami Persaingan Harga

Hal ini sangat penting dipertimbangkan dalam mempromosikan perumahan di medsos. Karena harga biasanya menentukan nilai ketertarikan konsumen pada produk, maka dalam mengemas harga harus semenarik mungkin. Yaitu dengan melihat bagaimana produk yang sama menentukan harga jualnya kepada konsumen.

Biasanya persaingan harga ini memicu terjadinya tingkat pemesanan yang tinggi. Misalnya saja jika seseorang akan mencari perumahan via media sosial kemudian melihat harga dengan diimbangi pemberian diskon. Maka biasanya konsumen akan lebih tertarik apalagi jika ada promo lainnya saat menawarkan perumahan. Karena faktor paling utama dalam menentukan harga adalah keseimbangan harga pasar

5. Memanfaatkan Fitur Yang Ada Pada Sosial Media

Pada cara promosi perumahan di medsos, akan lebih baik lagi jika mengoptimalkan fitur lainnya yang ada. Seperti FB ads, Instagram Ads, dan sebagainya sebagai sarana iklan yang lebih baik lagi. Selanjutnya fitur yang ada pada media sosial ini tentu terintegrasi dengan akun utama sehingga, tidak perlu khawatir iklan tidak menjangkau. Justru dengan bantuan fitur iklan yang ada pada medsos semakin membantu menjangkau berbagai kalangan.

Fitur ini juga mudah digunakan serta mempunyai nilai praktis dan ekonomis. Maka perumahan yang dipromosikan akan lebih menjangkau masyarakat lebih luas lagi. Selain itu, nilai praktis media sosial sangat membantu memangkas biaya promosi karena internet dianggap lebih efektif dibandingkan promosi offline.

6. Optimalisasi SEO

Search Engine Optimization merupakan sebuah sistem mesin pencari yang mengoptimalkan situs yang dimiliki. Dengan melibatkan penggunaan kata kunci yang dicari konsumen pada mesin pencari. Yang kemudian pada search engine didasarkan pada kata kunci yang dimasukkan sehingga memunculkan traffic di sebuah situs.

Optimalisasi SEO ini diyakini efektif untuk menjaring konsumen dalam mengunjungi situs serta memahami produk perumahan yang ditawarkan. Sehingga promosi perumahan akan lebih efektif dan langsung tepat sasaran kepada konsumen yang membutuhkan hunian baru. Atau ada juga konsumen yang sedang berinvestasi pada perumahan.

7. Personal Branding

Pentingnya pengenalan secara lebih baik lagi yaitu dengan personal branding pada suatu produk. Jika ingin mempromosikan perumahan, maka ciptakan personal branding yang kuat sehingga konsumen percaya. Yaitu dengan menjalin relasi secara baik, percaya pada diri sendiri dan produk yang ditawarkan.

Selain itu berikan performa terbaik saat mempromosikan pada konsumen, bagaimana perumahan tersebut dan apa kelebihannya. Dengan begitu di medsos bisa terlihat jelas apa saja yang menjadi ciri khas hingga akhirnya orang akan tertarik dengan perumahan tersebut.

Dengan memahami beberapa cara promosi perumahan di medsos maka diharapkan mampu mengoptimalisasi berbagai peluang yang ada. Karena kekuatan medsos merupakan jaringan internet yang luas, maka saat promosi perumahan dilakukan tentu akan menjangkau lebih banyak lagi. Dan menarik para konsumen untuk mendapatkan hunian nyaman sesuai harapan.

Continue Reading

Strategi Pemasaran

Tentang Bekasi Follower, Jasa Follower Instagram Terbaik

Ada banyak sekali website dan jasa follower instagram yang ada di seluruh Indonesia. Salah satu yang jual followers instagram untuk meningkatkan jumlah follower Instagram kamu adalah Bekasi Follower.

Bekasi Follower memiliki website yang berisikan tentang informasi mengenai cara kerja dan keuntungan bergabung dengan program mereka. Mari berkenalan lebih dalam tentang Bekasi Follower melalui websitenya bekasifollowers.com

Tentang Bekasi Followers

Bekasi Follower adalah salah satu jasa yang akan membantu siapa saja untuk meningkat jumlah follower di Instagram. Dalam mengenalkan tentang jasa follower Instagram, Bekasi Follower menggunakan platform website yang berisikan berbagai jenis informasi.

Menggunakan jasa untuk meningkatkan jumlah followers Instagram akan sangat membantu terutama para influencer atau kamu yang lagi membuka toko online.

Para influencer dan toko online tentu sangat menggantungkan pada jumlah follower di Instagram mereka. Jumlah follower yang tinggi akan membuat pengikutnya mempercayai kapabilitas sebuah toko online.

Sementara bagi para influencer, dengan adanya jumlah follower yang semakin banyak, maka popularitas mereka akan semakin tinggi pula.

Fitur-Fitur Pada Website Bekasi Follower

Bekasi Follower menggunakan media website dalam mengenalkan diri.

Dalam websitenya tersebut Bekasi Follower memberikan beberapa fitur penjelasan yang informatif kepada para pembacanya, sehingga pembaca dapat langsung memahami dan mengeksplorasi website serta bergabung ke dalam program mereka.

Fitur-fitur website mereka antara lain:

1. Penjelasan Terkait Cara Kerja Bekasi Follower

Ada banyak sekali cara kerja untuk meningkatkan jumlah follower yang dilakukan jasa follower Instagram. Umumnya, mereka menggunakan penjelasan yang rumit terkait dengan bot dan hal-hal teknis lainnya.

Penjelasan yang rumit justru membuat orang bingung dan ragu akan menggunakan jasa untuk meningkatkan jumlah follower di Instagram.

Berbeda dengan Bekasi Follower yang menggunakan tata bahasa yang sederhana. Cara kerja program mereka juga sangat sederhana yakni menggunakan follower aktif seperti pada umumnya. Penjelasan yang sederhana ini sangat membantu orang awam untuk memahami cara kerja Bekasi Follower dalam meningkatkan jumlah follower di suatu akun Instagram.

2. Fitur Unggulan dan Aturan Program Peningkatan Jumlah Follower

Bekasi Follower juga memberikan penjelasan tentang fitur-fitur unggulan dan peraturan dalam program peningkatan jumlah follower.

Fitur unggulan ini yang membedakan Bekasi Follower dengan jasa peningkatan jumlah follower lainnya. Bekasi Follower menyebutkan ada tiga fitur unggulan, yakni Auto Follower, Auto Likes, dan Live Chat.

Fitur-fitur ini dapat menarik siapapun untuk turut bergabung dalam program peningkatan jumlah follower bersama Bekasi Follower. Bekasi Follower juga memiliki beberapa peraturan sebagai syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi oleh siapapun yang bergabung dalam program tersebut.

Peraturan ini ibarat kontrak antara Bekasi Follower dengan akun yang bergabung. Bekasi Follower akan bertanggung jawab terhadap akun-akun yang tergabung, selama masih dalam aturan yang dibuatnya.

3. Daftar Harga dan Cara Bergabung

Untuk melengkapi website tersebut, Bekasi Follower tentu saja memasukkan penjelasan tentang daftar harga dan cara bergabungnya. Daftar harga ditulis dengan menggunakan tabel yang membuat pembaca mudah memahami harga yang harus dikeluarkan untuk bergabung dalam program meningkatkan jumlah follower.

Terakhir, Bekasi Follower juga memberikan cara pemesanan secara otomatis. Cara pemesanan otomatis ini menggunakan link yang langsung terhubung dengan admin Bekasi Follower. Sehingga siapa saja bisa langsung berkontak untuk melakukan transaksi dengan Bekasi Follower.

Baca Juga: Contoh Surat Penawaran Barang yang Baik dan Benar

3. Informatif

Bekasi Follower memanfaatkan website sebagai media untuk melakukan promosi jasa follower Instagram mereka.

Website yang dikelola oleh Bekasi Follower sangat ringan, sehingga kamu akan lebih nyaman dalam mempelajari cara kerja dan fitur yang mereka tawarkan.

Desain dengan pemetaan yang sederhana membuat siapa saja bisa langsung bisa menuju layanan yang diinginkan. Penjelasan yang disampaikan juga sangat informatif dan mudah dipahami.

Continue Reading

Strategi Pemasaran

Contoh Surat Penawaran Barang yang Baik dan Benar

Surat penawaran barang adalah surat yang dibuat dengan tujuan untuk menawarkan suatu barang kepada pihak lain.

Pada umumnya surat penawaran barang berisi tentang spesifikasi barang yang ditawarkan atau seputar harganya.

Berikut ini beberapa contoh surat penawaran barang yang mungkin bisa menjadi inspirasi

Contoh Surat Penawaran Barang Peralatan Kantor

Contoh surat penawaran barang yang pertama adalah tentang penawaran produk peralatan kantor.

Dalam contoh ini sebuah perusahaan yang memproduksi alat-alat kantor berusaha menawarkan produknya ke perusahaan lain. Harapannya keduanya bisa saling menguntungkan ketika berhasil bekerja sama.

PT INCOME ID

Jalan Putri Salju No. 54

Jayapura

12 Agustus 2020

Nomor                  : 12/23/X11/2020

Hal                          : Penawaran Barang

Lampiran             : 1 Lembar Brosur

Kepada

Manager PT Batanghari Pertiwi

Jalan Merbabu Utara No.9

Manokwari

Dengan Hormat,

Sehubungan dengan pengamatan yang kami lakukan, kami melihat perusahaan yang saudara kelola sekarang mengalami perkembangan. Tentu saja semakin maju jika dibanding dengan beberapa tahun sebelumnya. Kemajuan perusahaan harus didukung dengan fasilitas yang memadahi.

Untuk itu, perusahaan kami bermaksud melakukan penawaran aneka produk peralatan kantor. Kami sengaja memilih beberapa yang terbaik dan menjadi unggulan di perusahaan kami. Bersamaan dengan surat penawaran ini, kami juga tutur melampirkan 1 lembar brosur. Saudara bisa mempergunakan brosur tersebut sebagai bahan pertimbangan.

Kami sangat yakin, jika saudara memutuskan untuk memakai produk peralatan kantor kami adalah keputusan terbaik. Pegawai perusahaan anda kami jamin dapat bekerja lebih efisien dan efektif. Hal ini tentu saja akan berpengaruh terhadap kemajuan prospek perusahaan yang saudara kelola.

Itulah surat penawaran barang berupa peralatan kantor ini kami buat. Kami yakin jika saudara memesan segera produk peralatan kantor pada kami akan dapat menguntungkan kedua belah pihak. Atas waktu dan perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat Kami

PT INCOME ID

Contoh Surat Penawaran Barang Perlengkapan Komputer

Berikutnya ada contoh surat penawaran barang yang dibuat oleh sebuah perusahaan distributor perlengkapan komputer.

Surat penawaran barang tersebut ditawarkan pada perusahaan lain dengan tujuan supaya perusahaan tersebut bisa memesan perlengkapan komputer pada mereka. Untuk lebih jelasnya pahami contoh di bawah ini

PT INCOME ID

Jl. Pohon Kaktus Kecil No, 78

Solo

18 Mei 2020

Nomor                  : 125/009/VII/2020

Hal                          : Penawaran Barang

Lampiran             : 1 Lembar Brosur

Kepada

Manager Utama PT. Sari Wahyu Abadi

Jalan Putih Murni Bersih No. 88

Semarang

Dengan hormat,

Berdasarkan surat ini, kami terlebih dahulu ingin memperkenalkan diri. Kami dari perusahaan PT INCOME ID . Perusahaan kami bergerak di bidang distributor aneka peralatan serta perlengkapan komputer.

Kami mendapatkan informasi jika PT Sari Wahyu Abadi merupakan perusahaan yang saat ini sedang berkembang pesat di Semarang. Selain itu berdasarkan beberapa sumber, kami mengetahui jika perusahaan tersebut telah membuka cabang di sekitar Semarang dan sekitarnya. Terkait hal tersebut, kami PT INCOME ID bermaksud menawarkan barang.

Kami memiliki beberapa produk unggulan berupa perlengkapan komputer terbaik untuk mendukung kegiatan operasional PT Sari Wahyu Abadi. Sebagai pertimbangan kami telah lampirkan sebuah brosur bersama dengan surat penawaran ini. Brosur tersebut berisi tentang perincian daftar produk beserta harga masing-masing.

Kami sangat berharap dapat bekerja sama yang saling menguntungkan dengan perusahaan yang anda kelola. Berikut surat penawaran barang ini dibuat, saya ucapkan terima kasih.

Hormat kami

PT INCOME ID

Contoh Surat Penawaran Barang Mesin Kontraktor

Selanjutnya adalah contoh dari surat penawaran barang yang dikirimkan oleh sebuah perusahaan sebagai balasan surat permintaan. Intinya ada perusahaan yang butuh barang kemudian mengirimkannya pada perusahaan lain yang memproduksi barang tersebut. Dalam contoh ini adalah beberapa barang kontraktor, berikut uraian selengkapnya

PT Gula Jawa

Jalan Asem Rowo No. 12

Kebumen

9 Oktober 2020

Nomor                  : 129/29/VII/2020

Hal                          : Penawaran Mesin Kontraktor

Lampiran             : 1 Lembar Brosur

Kepada

Manajer PT. Segar Bugar

Jl. Biru Hijau No. 237

Jogjakarta

Dengan hormat,

Surat permintaan penawaran dari Ibu Ika No.563/PP/II/2020 tertanggal 17 Juli 2020 telah kami terima. Sehubungan dengan surat yang ibu kirim tersebut, kami berniat menawarkan beberapa barang. Berikut perincian barang tersebut

  • Mesin tulis merek Violetta Rp4.000.000,- per unit
  • Mesin fotocopy merek Sony Rp6.000.000,- per unit
  • Mesin hitung merek Ichiban Rp3.000.000,- per unit

Seandainya ibu Ika menyetujui penawaran kami, dimohon untuk menghubungi kami di nomor 090856437 up. Bapak Wanto. Kami berharap jika perusahaan kami bisa menjalin kerjasama yang menguntungkan dengan perusahaan yang ibu kelola. Atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan banyak terima kasih.

Hormat kami

PT Gula Jawa

Contoh Surat Penawaran Barang Furniture

Selanjutnya ada contoh dari surat penawaran barang yang berupa furniture. Surat penawaran ini dibuat oleh perusahaan distributor furniture yang ingin menawarkan produknya pada perusahaan property. Berikut ulasan selengkapnya

PT Dunia Furniture

Jalan Buah Mangga No. 632

Jombang

3 April 2020

Nomor                  : 17/SS/V1/2020

Lampiran             : 2 lembar

Perihal                  : Penawaran Furniture

Kepada

PT Angkasa Awan

Jalan Bubut Utara No. 56

Jember

Dengan hormat,

Berdasarkan surat ini, perkenalkan kami dari PT  Dunia Furniture perusahaan yang bergerak di sektor distributor barang-barang furniture. Berdasarkan informasi yang kami peroleh PT. Angkasa Awan merupakan perusahaan property yang kini sedang berkembang pesat di wilayah Jember. Sehubungan dengan fakta tersebut, kami berniat menawarkan kerjasama pengadaan barang furniture dengan perincian

1.Meja Komputer Merek Kiriko

2.Lemari Kantor

3.Meja Dan Kursi Kerja

4.Sofa Dan Meja Ruang Tamu

5.Papan Pembatas Untuk Karyawan

Kami turut melampirkan juga brosur, terkait produk tersebut beserta harga dan petunjuk manualnya dengan surat penawaran ini. Jika Bapak/Ibu sekiranya tertarik, kami bisa mengirimkan staff kami guna menjelaskan lebih lanjut terkait produk yang dibutuhkan. Demikian surat penawaran ini kami sampaikan, atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami

PT Dunia Furniture

Contoh Surat Penawaran Barang Bangunan

Terakhir ada contoh dari surat penawaran barang berupa bahan bangunan. Sebuah perusahaan distributor bahan bangunan ingin menawarkan kerjasama pengadaan bahan bangunan untuk perusahaan kontraktor. Untuk lebih jelasnya simak uraian berikut ini

PT Bintang Bangun

Jl. Sawojajar No. 87

Malang

4 Januari 2020

Nomor                  : 44/DPP/X/2020

Lampiran             : 1 Bendel

Hal                          : Penawaran Bahan Bangunan

Kepada

PT Indokontraktor Megah Utama

Jl. Megah No. 9

Malang

Dengan hormat,

Bersama surat ini, kami dari PT Bintang Bangun yaitu sebuah perusahaan distributor bahan-bahan bangunan. Bermaksud untuk memberikan penawaran kerjasama dengan PT Indokontraktor Megah Utama. Penawaran tersebut terkait pengadaan bahan bangunan untuk mendukung kegiatan operasional PT Indokontraktor Megah Utama. Sebagai bahan pertimbangan kami telah melampirkan beberapa dokumen diantaranya

1.Bukti distributor resmi produk-produk bahan bangunan.

2.Katalog semua produk beserta masing-masing harga.

3.Pengajuan mekanisme kerjasama.

4.Berkas perjanjian kerjasama.

5.Pilihan metode pembayaran yang kami usulkan.

Kami berharap semua dokumen tersebut dapat menjadi pertimbangan agar kedepannya anda bisa bekerja sama dengan kami. Sekian surat penawaran ini kami buat, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami

PT Bintang Bangun

Baca Juga: Tips Membuat Brosur yang Menarik dan Mampu Membius Pembaca

Itulah beberapa contoh surat penawaran barang. Surat penawaran barang ini harus dibuat ketika suatu perusahaan ingin menawarkan produknya ke pihak lain. Jika masih bingung bagaimana cara membuatnya, lihat saja beberapa contoh di atas.

Continue Reading

TOP STORIES