Connect with us

Kerja

Inilah Contoh Surat Resign Untuk Kamu Yang Mau Resign

Pernah gak sih merasa lingkungan tempat kamu sudah gak nyaman lagi buat kerja? Atau sudah jenuh dengan pekerjaan tersebut dan ingin membangun bisnis sendiri? Memberikan surat resign bisa menjadi solusi. Ada banyak contoh surat resign yang bisa dijadikan pedoman dalam penulisan surat.

Format Dan Isi Surat Resign

Untuk kamu yang belum tahu gimana cara menulis surat pengunduran diri atau resign harus nyari-nyari referensi contoh surat resign dulu nih. Surat resign itu harus dibuat sesederhana mungkin agar orang yang membaca paham dengan apa yang ingin kamu sampaikan. Jangan sampai menulis surat yang isinya berbelit-belit dan bisa aja bikin orang gagal paham maksudnya apa.

Selain isinya yang dibuat simple, etika dalam penulisan surat resign harus diperhatikan juga nih. Resign bukan sesuatu yang disukai oleh pihak perusahaan atau instansi mana pun. Untuk itu tata Bahasa dan etika dalam penulisan harus diperhatikan. Contoh surat resign yang baik itu jika bahasanya simple, mudah dimengerti, dan jelas. Berikut poin penting dalam format surat resign.

1. Judul Surat

Hal yang paling utama dan yang paling penting dari penulisan surat adalah judul. Siapa sih yang mau capek-capek baca isi surat yang gak ada judulnya? Orang akan tertarik untuk membaca isi dari sebuah surat kalau ada judul yang jelas. Judul disini juga berfungsi agar tujuan surat itu lebih terarah. Gak perlu pake kop surat, cukup tulis ‘Surat Pengunduran Diri’ aja di bagian atas surat.

2. Waktu, Tanggal, dan Tempat Surat Resign

Format surat resign harus mencantumkan waktu dibuatnya surat yang meliputi tanggal, bulan dan tahun. Selain itu pada contoh surat resign juga menggunakan tempat surat resign dibuat. Biasanya poin – poin ini ada di sebelahan kanan atas dari surat yang ditulis. Misalnya nih kamu nulis surat resign tanggal 16 Januari di Jakarta, jadi di suratnya tetulis Jakarta, 16 Januari 2020.

3. Nama dan Alamat Tujuan Surat

Pada poin ketiga, hal yang harus tertera dalam surat resign adalah nama atau untuk siapa surat itu ditujukan. Selain nama, alamat tujuan juga harus jelas. Alamat tujuan merupakan alamat perusahaan atau instansi yang ingin kamu berikan surat resign. Beberapa contoh surat resign ada yang menempatkan poin ini di bagian kanan atas. Tapi umumnya sebelah kiri lebih baik.

4. Isi Surat

Poin penting selanjutnya yang harus diperhatikan adalah isi surat resign yang kamu ajukan. Seperti yang dibahas tadi bahwa isi surat resign itu harus sesederhana mungkin supaya tujuan kamu bisa tersampaikan dengan baik. Dalam penulisan surat resign kamu bisa melihat contoh surat resign.

Pada bagian isi kamu bisa nih mengutarakan maksud dan tujuan kamu mau resign dari perusahaan tersebut. Tulisnya pake Bahasa yang baku tapi lugas yah untuk lebih jelasnya kamu bisa lihat contoh surat resign. Dalam surat, kamu juga bisa menginformasikan kalau kamu siap untuk mencarikan pengganti kamu di perusahaan, kecuali kalau memang gak bisa jangan ditulis.

Penutup, kamu bisa mengucapkan terima kasih untuk kesempatan yang diberikan perusahaan buat kamu untuk menjadi salah satu pegawainya. Selain itu, di bagian ini kamu juga bisa menuliskan hal yang berkesan selama kamu bekerja di perusahaan tersebut. Kalau masih bingung, kamu bisa lihat contoh surat resign yang cocok dengan maksud dan tujuan kamu resign.

5. Tanda Tangan, Nama Terang dan Materai

Pada bagian akhir surat sangat penting untuk mencantumkan nama terang dan tanda tangan. Ini dimaksudkan agar pihak perusahaan tahu siapa yang mengajukan surat dan surat kamu bisa cepat diproses. Selain itu, penambahan materai di dekat nama juga sangat penting untuk menerangkan bahwa surat yang kamu tulis itu sah atau resmi.

Contoh Surat Pengunduran Diri

Memiliki pekerjaan adalah hal yang patut disyukuri, tapi kalau sudah tidak tahan yah resign bisa jadi jalan keluarnya. Kalau mau resign harus pake surat yang resmi dan penulisan surat resign tidak boleh sembarangan. Ada banyak referensi contoh surat resign yang bisa dijadikan pedoman. Nah berikut ini beberapa contoh surat pengunduran diri atau resign yang bisa kamu jadikan referensi.

1. Surat Resign Dari PT. Sinar Mulia

 

SURAT PENGUNDURAN DIRI

Makassar, 16 Februari 2020

Kepada Yth

Kepala Bagian Personalia/HRD

  1. Sinar Mulya

Jl. Veteran Selatan No. 30 Makassar

Dengan Hormat

Bersamaan engan adanya surat ini, saya atas nama Karunia Lestari menyatakan mengundurkan diri dari PT. Sinar Mulya sebagai karyawan yang terhitung mulai 24 Februari 2020. Permohonan pengunduran diri ini diajukan dengan alasan kesehatan yang tidak lagi memungkinkan saya untuk bekerja secara optimal

Saya ucapkan terima kasih banyak kepada PT. Sinar Mulya yang telah memberi kesempatan yang sebesar-besarnya kepada saya untuk menjadi salah satu karyawan. Selama menjadi karyawan di PT. Sinar Mulya, saya mendapatkan banyak pengalaman kerja yang sangat bermanfaat.

Saya juga ingin menyampaikan permohonan maaf kepada visitas manajemen PT. Sinar Mulya serta seluruh karyawan PT. Sinar Mulya. Jika dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab sebagai karyawan PT. Sinar Mulya saya banyak melakukan kesalahan.

Semoga PT. Sinar Mulya semakin maju, sukses dan selalu Berjaya. Akhir kata, saya ucapkan terima kasih banyak atas perhatian yang diberikan.

Hormat Saya,

Kurnia Lestari

2. Surat Resign Dari PT. Vale Indonesia

SURAT PENGUNDURAN DIRI

Sorowako, 20 Januari 2020

Kepada Yth

Kepala Bagian Personalia/HRD

  1. Vale Indonesia

Jl. Trans Sulawesi Sorowako

Dengan Hormat

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Fajar Abdillah

Alamat: Sorowako

Jabatan: Network Engineer

Dengan adanya surat ini, saya bermaksud mengajukan permohonan untuk mengundurkan diri dari jabatan Network Engineer pada tanggal 29 Januari 202. Semua tugas yang telah menjadi wewenang dan tanggung jawab saya sebagai Networ Engineer akan saya laksanakan dengan sebaik-baiknya hingga tanggal pengunduran diri yang saya ajukan.

Terima kasih yang sebesar-besarnya saya ucapkan kepada segenap pimpinan direksi PT. Vale Indonesia yang telah memberi kesempatan kepada saya untuk bekerja dan menunjukkan kemampuan saya. Dan saya juga mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada seluruh karyawan PT. Vale Indonesia serta pihak-pihak yang turut serta membimbing dan membantu saya selama bekerja di PT. Vale Indonesia.

Dan Permohon maaf yang sebesar-besarnya saya ucapkan kepada untuk semua visitas PT.Vale Indonesia. Apabila selama bekerja di PT. Vale Indonesia saya melakukan banyak kesalahan-kesalahan yang disengaja maupun tidak disengaja.

Saya menyatakan bahwa surat pengunduran diri ini dibuat murni atas keinginan saya sendiri dan dengan kesadaran penuh serta tanpa paksaan dari siapa pun. Akhir kata, saya ucapkan terima kasih banyak atas perhatian yang diberikan.

Hormat Saya,

Fajar Abdillah

Nah itulah beberapa hal yang harus kamu perhatikan dalam membuat surat pengunduran diri. Kamu juga bisa melihat contoh surat resign yang sudah dipaparkan di atas. Satu hal yang perlu diingat, kalau mau buat surat resign itu harus dipikir baik-baik dulu. Pastikan kamu sudah mantap dengan keputusanmu baru deh tulis surat resign.

 

Wartawan di beberapa media cetak dan elektronik, membaca menjadi hobinya dan sangat menyukai tantangan untuk memacu diri menjadi lebih baik

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kerja

Contoh Surat Keterangan Kerja Yang Harus Para Karyawan Ketahui

Contoh Surat Keterangan Kerja Yang Harus Para Karyawan Ketahui

Surat keterangan kerja merupakan sebuah surat yang berisi pernyataan yang dikeluarkan sebuah instansi untuk karyawannya. Tujuan dari dikeluarkannya surat ini biasanya digunakan untuk memberikan informasi kepada orang ketiga dalam menyepakati sesuatu. Hampir semua instansi bisa membuat surat keterangan bagi karyawannya. Kali ini kita akan membahas tentang contoh surat keterangan kerja, manfaat, serta pengertiannya.

Isi dari surat ini sendiri merupakan pernyataan bahwa selama bekerja, kamu termasuk orang yang berkelakuan baik, kinerja baik, dan bertanggung jawab. Dengan adanya pernyataan dari surat ini, pihak ketiga yang membutuhkan tidak akan merasa ragu dalam menjalin kerjasama atau hal lain yang semacamnya. Jadi, bagi pekerja baik itu di instansi pemerintah maupun swasta akan membutuhkan surat ini.

Fungsi Surat Keterangan Kerja

Dari penjelasan di atas mungkin sudah ada yang mampu menggambarkan seperti apa fungsi dari surat keterangan ini. bagi setiap karyawan. Namun, untuk info lebih jelasnya bisa menyimak ulasan mengenai fungsi apasaja yang bisa didapatkan dari surat keterangan kerja ini untuk berbagai keperluan:

  1. Berkas Mengajukan Pinjaman

Sebelum melihat contoh surat keterangan kerja yang akan kita bahas nanti, salah satu fungsi dari surat kerja ini sebagai persyaratan mengajukan pinjaman di bank. Hampir semua bank mengharuskan adanya dokumen slip gaji atau surat keterangan kerja sebagai persyaratan. Hal ini dimaksudkan sebagai jaminan bahwa peminjam mampu membayar angsuran setiap bulannya.

  1. Membuat Kartu Kredit

Bukan hanya sebagai berkas mengajukan pinjaman saja di bank, surat keterangan kerja juga digunakan dalam proses pembuatan kartu kredit. Sama seperti mengajukan pinjaman pada bank tadi, membuat kartu kredit pun sama. Pihak bank biasanya mengharuskan pemohon untuk melampirkan surat keterangan kerja sebagai bukti bahwa ia adalah pekerja aktif dan memiliki pendapatan tetap.

  1. Berkas Mendaftar Beasiswa

Bukan hanya berurusan pada bank saja, ternyata surat keterangan kerja ini juga berguna bagi kamu yang ingin mengajukan beasiswa untuk studi lanjutan. Bagi mereka yang ingin melanjutkan studi ke jenjang doktor biasanya mencari beasiswa dari pihak-pihak tertentu. Biasanya perusahaan banyak membuka lowongan beasiswa, namun mereka ingin ada rekomendasi pemohon dari tempatnya bekerja.

  1. Melamar Pekerjaan

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, bahwa contoh surat keterangan kerja ini berisi pernyataan tentang kinerja dan juga rekam jejak dalam bekerja. Tentunya hal ini sangat perlu untuk mereka yang ingin melamar pekerjaan di tempat lain. Adanya surat ini dijadikan sebagai bahan pertimbangan diterima atau tidaknya pelamar berdasarkan rekam jejaknya pada tempatnya bekerja dulu.

  1. Mencairkan Dana JHT BPJS

BPJS dalam peraturan terbarunya juga turut menjadikan surat keterangan bekerja ini sebagai persyaratan jika ingin mencairkan dana JHT (Jaminan Hari Tua) kepada pemiliknya. Jaminan ini sebesar 10 sampai 15 persen dan bisa dicairkan walaupun masih berstatus pekerja aktif. Dengan persyaratan tertentu, salah satunya surat ini mereka bisa mencairkannya meskipun belum waktunya.

Hal-Hal Yang Harus Ada Dalam Surat Keterangan Kerja

Dalam sebuah surat keterangan kerja ada hal-hal yang yang harus diperhatikan sebelum membuatnya. Biasanya surat ini dibuat oleh bagian personalia jika diminta oleh karyawan yang membutuhkannya. Adapun bagian-bagian yang harus ada dalam surat ini diantaranya:

  • Kop Surat
  • Kepala Surat
  • Perihal Surat
  • Penutup
  • Pengesahan

Contoh Surat Keterangan Kerja Dari Berbagai Instansi

ada beberapa keperluan yang membutuhkan dokumen keterangan sebagai pekerja aktif sebagai persyaratan. Nah,bagi kamu yang ingin tahu bagaimana isi dari sebuah surat keterangan kerja itu, simak penjelasan berikut ini sampai habis ya:

1. Contoh Surat Keterangan Kerja Pada Perusahaan

Biasanya karyawan perusahaan membutuhkan surat keterangan kerja dalam mengajukan kredit rumah, pinjaman, atau pun lainnya yang membutuhkan surat keterangan ini sebagai persyaratannya. Adapun format contoh surat keterangan kerja bisa dilihat di bawah ini:

  1. MELIA SENTOSA

Jl. Perintis Kemerdekaan Km. 11

Makassar

—————————————

SURAT KETERANGAN KERJA

Nomor : I/III/2019

Dengan Hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama     : Akhmad Miswar

Jabatan : Kepala Personalian PT. MELIA SENTOSA

Menyatakan bahwa,

Nama               : Rabiatusa’diyah

Jenis Kelamin : Perempuan

Adalah benar karyawan kami dan telah bergabung sejak september 2018 lalu dan saat ini sedang menduduki posisi sebagai staff administrasi. Demikian surat ini ditulis untuk dipergunakan dengan sebaik-baiknya. Sekian dan terima kasih banyak.

Makassar, 20 Juni 2019

Akhmad Miswar

2. Contoh Surat Keterangan Kerja Di Rumah Sakit

Tidak hanya karyawan kantoran yang membutuhkan surat keterangan kerja sebagai jaminan dalam melakukan suatu kesepakatan dengan pihak ketiga. Para pegawai di rumah sakit pun membutuhkannya. Berikut ini contoh surat keterangan kerja yang biasanya  dikeluarkan oleh pihak rumah sakit:

RUMAH SAKIT BERSALIN SAYANG ANAK

Jalan Veteran Utara No.28, Makassar

—————————————————–

SURAT KETERANGAN KERJA

No. 20/X/RSBSA/2020

Dengan hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama           : Shasliani Shasa, SST, M. Mrs

Jabatan       : Kepala Rumah Sakit

Bersama surat ini menyatakan bahwa:

Nama     : Namira Aulianti

Jabatan : Perawat

Adalah benar sedang bekerja di rumah sakit bersalin Sayang Anak sejak 23 Juli 2019 lalu hingga sekarang. Dalam bekerja beliau sangat cakap dan juga bertanggung jawab.

Pernyataan dalam surat ini ditulis tanpa adanya tendensi  dari pihak mana pun. Semoga bisa dipergunakan sebagaimana mestinya. Untuknya, kami mengucapkan banyak terima kasih

Makassar, 2 Februari 2020

Shasliani Shasa, SST. Mrs

3. Surat Keterangan Kerja di Sekolah

Pekerjaan guru di sekolah juga kerap kali membiat para guru itu sendiri membutuhkan surat keterangan aktif bekerja sebagai salah satu persyaratan untuk mengikuti sesuatu, semisal mengikuti program beasiswa. Untuk itu, adanya surat keterangan kerja ini diharapkan mampu menjadi bahan pertimbangan demi mendapatkan beasiswa tersebut. Berikut contohnya:

PEMERINTAH KOTA MAKASSAR

DINAS PENDIDIKAN SEKOLAH

 SMA 1 MAKASSAR

Jalan Masjid Agung, Makassar

———————————————————

SURAT KETERANGAN KERJA

No. 10/SDM-ANG/SKK-X/2019

Yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama     : Ahmad Munawir Syam, M.pd

Jabatan : Kepala Sekolah SMA 1 Makassar

Dengan ini menyatakan bahwa,

Nama     : Vivi Permatasari

NIP         : 30302736261

Jabatan : Guru Mata Pelajaran Bahasa Inggris

Memang benar-benar terdaftar sebagai tenaga pengajar di SMA 1 Makasar sejak 1 januari 2017 hingga saat ini. Selama bekerja, beliau sangat banyak memberikan motivasi dan mengerahkan ide dan potensinya demi kemajuan sekolah.

Demikian surat ini dibuat dengan sebenar-benarnya. Semoga bisa menjadi bahan pertimbangan agar beliau bisa mendapat kesempatan beasiswa untuk melanjutkan studinya.

Semoga  surat ini bisa dipergunakan  dengan sebaik-baiknya. Kurang lebihnya mohon dimaafkan.

Makassar, 22 Januari 2020

Kepala Sekolah

Ahmad Munawir Syam, S.pd

Pada dasarnya semua contoh surat keterangan kerja diatas itu memuat pernyataan tentang bagaimana rekam jejak seseorang dalam bekerja. Ini dimaksudkan sebagai bahan pertimbangan bagi pihak ketiga dalam melakukan perjanjian. Setiap instansi sepertinya dalam membuat surat keterangan kerja dengan maksud yang sama. Hanya terletak perbedaan pada bagian kop saja.

Demikianlah beberapa ulasan tentang fungsi, elemen-elemen yang harus ada dalam contoh surat keterangan kerja yang pastinya sangat dibutuhkan sebagai salah satu dokumen penting dalam berbagai hal. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi yang tepat dan menjadi bacaan yang bermanfaat untuk semuanya. Semoga membantu.

Continue Reading

Kerja

Contoh Daftar Riwayat Hidup Yang Baik Dan Menarik

Contoh Daftar Riwayat Hidup Yang Baik Dan Menarik

Curriculum vitae atau yang biasa disingkat dengan CV adalah salah satu point penting bagi seseorang yang ingin melamar suatu pekerjaan. CV atau daftar riwayat hidup dibutuhkan oleh instansi yang dilamar untuk mengetahui identitas, pengalaman dan kemampuan pelamar sebelum diterima. Dalam artikel ini akan diberikan beberapa contoh daftar riwayat hidup yang baik dan menarik dan bisa ditiru.

Ketika menyusun daftar riwayat hidup atau CV sendiri biasanya terdiri atas beberapa informasi mengenai pelamar yang wajib dihadirkan. Seperti latar belakang pendidikan, keahlian bahasa atau organisasi, biodata singkat pelamar, dan posisi pekerjaan yang ingin dilamar. Tanpa berlama-lama lagi mari simak beberapa contoh daftar riwayat hidup yang baik dan menarik untuk dijadikan referensi.

Menentukan Kesesuaian Formasi Yang Dibutuhkan

Sebelum mengetahui contoh-contoh daftar riwayat hidup ada baiknya untuk menentukan perusahaan yang akan dilamar dan kebutuhan formasinya. Pastikan untuk memilih jabatan sesuai dengan kriteria yang dimiliki. Misal akan melamar di sebuah perusahaan farmasi mungkin bisa mencantumkan pengalaman magang di “apotik X” atau “Laboratorium X” sehingga meyakinkan.

Tentukanlah perusahaan yang sekiranya memiliki linieritas dengan program studi atau riwayat pendidikan, karena hal itu jelas lebih menguntungkan. Perusahaan tidak akan merasa ragu untuk memperkerjakaan seseorang yang memiliki kemampuan dibidang yang tepat dan dibutuhkan. Pastikan bahwa semua sudah dicermati dari latar belakang perusahaan, visi misi, dan kebutuhan perusahaan yang akan dilamar.

5 Contoh Daftar Riwayat Hidup Untuk Berbagai Kebutuhan

Membuat CV yang menarik dan lugas memang dibutuhkan, namun semuanya jangan sampai berlebihan, seperti membuatnya menjadi berlembar-lembar itu patut dihindari. Tidak perlu bertele-tele dan memasang informasi yang tidak bermutu seperti makanan atau minuman kesukaan. Format dan isi CV sangat menentukan dalam melamar pekerjaan, berikut beberapa contoh yang bisa dijadikan referensi.

1. Contoh Daftar Riwayat Hidup Bagi Non Profesional Atau Lulusan Baru

Sebagai lulusan baru seringkali masih merasa bingung dalam menyusun daftar riwayat hidup guna keperluan melamar pekerjaan. Berikut ini adalah contoh untuk para lulusan baru yang ingin membuat daftar riwayat hidup:

DAFTAR RIWAYAT HIDUP

DATA DIRI

  1. Nama Lengkap: Ahmad Inggit
  2. Jenis Kelamin: Laki-Laki
  3. TTL : Pekan Baru, 1 Juli 1994
  4. Status: Lajang
  5. Alamat: Jl. Merdeka No 223 Jakarta Selatan
  6. Kewarganegaraan: Indonesia
  7. Agama: Hindu
  8. Nomor Handphone: 0811 7786 8899
  9. Email: [email protected]

Riwayat Pendidikan:

  1. SD Angkasa Jaya 12 Jakarta 2004-2010
  2. SMP Angkasa Jaya 2010 – 2012
  3. SMA Pembangunan Bangsa 2012 – 2014
  4. Universitas Indonesia (Sastra Rusia) 2014 – 2018

Pengalaman Organisiasi:

  1. Ketua jurusan Sastra Rusia di Universitas Indonesia dari tahun 2014 – 2016.
  2. Anggota Lintas Bahasa Asing Fakultas Budaya dan Bahasa Universitas Indonesia tahun 2014-2017

Minat dan keahlian:

  1. Memiliki Kemampuan menggunakan Aplikasi Coreldraw.
  2. Mampu menguasai Ms.Office
  3. Mampu mengoperasikan komputer
  4. Menguasai 6 bahasa yaitu : Bahasa Indonesia, Bahasa Rusia, Bahasa Jepang, Bahasa Inggris, Bahasa China dan Bahasa Jerman.

Hormat saya

Ahmad Inggit

Nah, diatas adalah contoh daftar riwayat hidup atau CV bagi yang baru lulus kuliah dan belum memiliki pengalaman kerja. Jangan khawatir dengan kemungkinan tidak diterima karena freshgraduated juga dibutuhkan. Isilah minat, keahlian dan kemampuan berorganisasi, sehingga bisa menjadi daya tarik lebih.

2. Contoh Daftar Riwayat Hidup Untuk Yang Sudah Memiliki Pengalaman Kerja

Profesional pun juga harus bisa membuat daftar riwayat hidup yang baik dan benar untuk berbagaikeperluan, misal presentasi atau lainnya. Berikut ini adalah daftar riwayat hidup yang cocok untuk para professional yang sudah memiliki pengalaman kerja:

DAFTAR RIWAYAT HIDUP

DATA DIRI

  1. Nama Lengkap : Richard Mike Osami
  2. Gender : Pria
  3. Tempat, Tanggal Lahir : Maluku, 11 November 1992
  4. Kewarganegaraan : Indonesia
  5. Status Perkawinan : Belum Menikah
  6. Agama : Khatolik
  7. Kesehatan : Baik Tanpa Riwayat Penyakit
  8. Alamat Lengkap : Jl.Nanoni No. 11 Kel. Helvetia Kec. Anggrek Jaya Kota Kutai 20911
  9. Nomor Telepon : 0816654366758

PENDIDIKAN FORMAL

  1. 1998 – 2001 : SD N 3 Merdeka
  2. 2001 – 2004 : SMP 77 Kutai
  3. 2004 – 2007 : SMA Bangsa Berjaya Kutai
  4. 2008 – 2012 : Program S1 Manajemen di Universitas Pancasakti Jakarta

PENGALAMAN KERJA

  1. Bekerja di Bank BRI Tbk. Jakarta Sebagai Teller Januari 2013 – September 2014
  2. Bekerja di PT. Jaya Abadi Cikarang Desember 2014 – Juli 2016
  3. Pernah Bekerja di PT. Melia Gagas Abadi Bekasi sebagai Top Leader September 2016 – September 2019

KETRAMPILAN

  1. Menguasai Ms.Office
  2. Menguasai Marketing
  3. Mampu berbahasa asing seperti: Inggris dan Jepang

PRESTASI

  1. Juara 1 Bola Basket Mahasiswa Jakarta (2009)
  2. Juara 1 Pidato Kebangsaan (2013)
  3. Peringkat 1 Debat Mahasiswa (2013)

Demikian saya buat daftar riwayat ini sesuai data yang ada dan sebenar-benarnya

Hormat saya,

Ricard Mike Osami

CV atau daftar riwayat hidup kali ini, khusus bagi yang sudah pernah bekerja. Silahkan untuk menuliskan seluruh pengalaman pekerjaan, kemampuan dan kecakapan agar semakin menambah nilai. Buatlah CV yang lugas agar nampak berpengalaman dan tentunya enak untuk dibaca.

3. Contoh Daftar Riwayat Hidup Sederhana Namun Menarik

Ada juga daftar riwayat hidup yang sederhana dan menarik, patut untuk dicoba agar lebih mudah dipahami pembacanya. Berikut ini adalah contoh CV hidup sederhana dan menarik:

DAFTAR RIWAYAT HIDUP

DATA PRIBADI

  1. Nama               : Anggara Ridwan
  2. Jenis Kelamin : Laki-laki
  3. Tempat & Tanggal Lahir : Magelang, 8 Maret 1989
  4. Alamat            : Jl. Damai No.223 Kel. Panggunghari Kec. Surajinggo Kota Magelang
  5. HP                   : 08976543979777
  6. Agama             : Islam
  7. Kewarganegaraan : Indonesia
  8. Status              : Menikah
  9. Email               : [email protected]

PENDIDIKAN FORMAL

  1. SD Negeri 19 Magelang
  2. SMP Negeri 77 Magelang
  3. SMA Negeri 89 Magelang
  4. S1 Ilmu Manajemen BSI Cikarang

PENGALAMAN KERJA

  1. MIWON jabatan Sales Executive
  2. ANGKARA JAYA Jabatan Kepala Sales
  3. MONARIKO ACE Jabatan Kepala Sales

Demikian daftar riwayat hidup ini saya buat dengan sebenarnya.

Hormat saya,

Anggara Ridwan

Diatas tadi adalah contoh bagi yang ingin melamar pekerjaan dengan format CV dengan tampilan sederhana. Meski sederhana CV jenis diatas bisa dicoba agar tidak memberi kesan melebih-lebihkan dan bertele-tele. Pilihan ini bisa menjadi pilihan baru dari contoh CV sebelumnya.

4. Contoh Daftar Riwayat Hidup Bagi Yang Masih Berstatus Mahasiswa

Sebagai mahasiswa juga harus memiliki kemampuan membuat daftar riwayat hidup uang baik untuk berbagai keperluan. Berikut ini adalah contohnya untuk para mahasiswa:

DAFTAR RIWAYAT HIDUP

DATA PRIBADI

  1. Nama : Samudra Mat’af Anggara
  2. Jenis Kelamin : Laki-laki
  3. Tempat Tanggal Lahir : Tegal, 22 Juni 1999
  4. Kesehatan : Sangat Baik
  5. Kewarganegaraan : Indonesia
  6. Status Perkawinan : Belum Menikah
  7. Agama : Islam
  8. Alamat Lengkap : Jl. Tegal Lakalaka no,12. Tegal Jawa Tengah
  9. Nomor Telepon : 0819876545678

PENDIDIKAN FORMAL

  1. 2002 – 2008 : SD N Bahagia Tegal
  2. 2008 – 2011 : SMP N 77 Tegal
  3. 2011 – 2014 : SMA Meka Indah
  4. 2016 – Sekarang : S1-Universitas Buana Jaya,Semarang (Teknik Mesin)

PENGALAMAN MAGANG

  1. Magang di PT Inamas 2017
  2. Magang di PT KAI Madiun 2018

PRESTASI

  1. Gita Bahana Nusantara 2014, Juara 3
  2. Robotika Piala Gubernur Semarang, 2017, Juara 2
  3. Sepak Takraw Pemprov Jateng 2018, Juara 3

Semarang, 14 Februari 2020

Hormat saya,

Samudra Mat’af Anggara

Bagi pelamar pekerjaan yang masih berstatus mahasiswa jangan risau, bisa tetap melamar pekerjaan dengan format diatas. Bisa mencantumkan pengalaman magang sebelumnya atau prestasi yang pernah diraih agar bisa menjadi pertimbangan bagi perusahaan yang dituju.

5. Contoh Daftar Riwayat Hidup Untuk Melamar di Rumah Sakit

Berikut ini contohnya:

DAFTAR RIWAYAT HIDUP

DATA PRIBADI

  • Nama Lengkap: Amangku Juwana Regard
  • TTL : Magetan, 3 Juni 1996
  • Alamat: Jalan Unduraya Jowo, Semarang.
  • No Hp: 081887465399
  • Jenis Kelamin: Laki-laki
  • Agama: Islam
  • Kewarganegaraan: Indonesia
  • Status: Belum Menikah
  • Email: [email protected]
  • Hobi: Membaca dan Menonton Film
  • Kesehatan: Sangat Baik, Tanpa Riwayat Penyakit
  • Pendidikan Terakhir: Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Unisyah Yogyakarta

PENDIDIKAN FORMAL

  • 1999-2004 SDN 22 Bulu Manik
  • 2004-2006 SMP 88 Jaksana Bulu Manik
  • 2006-2009 SMA 216 Bulu Manik Semarang
  • 2009-2015 Fakultas Kedokteran Universitas Syah Faatah Yogyakarta

PELATIHAN DAN SEMINAR

  • BCLS Di UGD RS Cipto Mangku Yogyakarta
  • EKG DI RS Buana Pertiwi Yogyakarta
  • Pelatihan Kecakapan K3 di RS Pelita Harapan Yogyakarta

PENGALAMAN KERJA

  • UGD RSUD Pangkalan, Semarang sebagai dokter jaga
  • RSU Yogyakarta sebagai dokter jaga
  • Dokter Praktek di Klinik Insani Sehat, Semarang
  • Dokter pengganti di PUSKESMAS Sewon

PRESTASI

  • Olimpiade Sains Tingkat Universitas Peringkat 1 Tahun 2009
  • Karya Ilmiah Remaja Mengenai Kesehatan Paru-paru Se Jawa Tengah Juara 1 Tahun 2010.
  • Karya Ilmiah Remaja Populer Antar Universitas Se Yogyakarta Juara 1 Tahun 2012
  • Lomba Debat Mahasiswa di Jakarta Juara 1 Tahun 2013
  • Lomba Debat Mahasiswa Kedokteran 1 Tingkat DIY Tahun 2014

Demikian daftar riwayat hidup yang disusun sesuai keadaan sebenarnya dan secara sadar. Segala yang dicantumkan dibuat untuk kepentingan penilaian pekerjaan. Untuk perhatian dan pertimbangannya saya sampaikan terimakasih.

Tanda Tangan

Amangku Juwana Regard

Itulah contoh CV untuk lamaran kerja di rumah sakit, semuanya harus ditulis dengan jelas agar kemungkinan untuk dipanggil wawancara lebih besar. Selamat mencoba!

Diatas adalah beberapa contoh daftar riwayat hidup yang baik dan bisa coba untuk diaplikasikan dalam pembuatan daftar riwayat hidup anda. Pastikan untuk menuliskannya dengan baik, teliti, lugas dan selengkap mungkin. Selamat mencoba!

Continue Reading

Kerja

Penjelasan Penulisan Dan Contoh Surat Pernyataan Yang Tepat

Penjelasan Penulisan Dan Contoh Surat Pernyataan Yang Tepat

Mungkin dalam kehidupan sehari-hari sudah tidak asing lagi dengan membuat pernyataan. Pernyataan yang dibuat bisa dalam bentuk lisan atau tulisan dan biasa disebut sebagai surat pernyataan. Namun, meskipun sering bertemu dengan surat pernyataan, ternyata beberapa masih bingung untuk membuat surat pernyataan. Berikut ini adalah penjelasan dan contoh surat pernyataan.

Tujuan Membuat Surat Pernyataan

Lalu sebetulnya, apakah tujuan dari membuat surat pernyataan? Ada banyak sekali tujuan dalam pembuatan surat pernyataan, bergantung pada keperluannya. Namun, secara umum, membuat surat pernyataan memiliki tujuan untuk memberikan keterangan atau pernyataan secara tertulis sehingga dapat menjelaskan bentuk sikap, kesanggupan, atau bahkan pengakuan terhadap sesuatu.

Surat pernyataan juga digunakan sebagai bentuk deklarasi terhadap sesuatu yang tertuang dalam isi surat pernyataan yang ia buat. Sebagai penerima, adanya surat pernyataan tersebut bisa menjadi bukti jika si penerima tiba-tiba melanggar pernyataan yang ia buat sendiri. Surat pernyataan juga dibuat dengan tujuan sebagai pengingat terhadap pihak yang terkait.

Jenis-Jenis Surat Pernyataan

Dalam penulisan dan kehidupan sehari-hari ada banyak sekali jenis surat pernyataan yang dikenal. Perbedaan jenis surat pernyataan tersebut menyesuaikan dari tujuan pembuatannya. Berikut ini adalah beberapa jenis surat pernyataan yang biasa ditemui dalam kehidupan sehari-hari

  • Surat Pernyataan Diri

Surat pernyataan diri ini juga masih terbagi beberapa jenis. Biasanya, surat pernyataan diri ini bertujuan untuk menyatakan perihal kondisi terbaru tentang diri si pembuat surat. Contoh surat pernyataan diri ini bisa ditemukan saat akan melakukan pendaftaran sebagai seorang Aparatur Sipil Negara (ASN)

  • Surat Pernyataan Kesanggupan

Surat pernyataan kesanggupan biasanya dibuat ketika si pembuat ingin menyatakan kesanggupan tentang suatu hal. Misalnya, kesanggupan untuk melakukan pembayaran sesuai dengan janji yang ia buat. Fungsi surat pernyataan kesanggupan ini menjadi bukti bagi penerima surat apabila si pembuat surat gagal memenuhi kesanggupannya.

  • Surat Pernyataan Kerja atau Sekolah

Contoh surat pernyataan berikutnya adalah surat pernyataan kerja. Surat pernyataan kerja ini dibuat untuk menyatakan bahwa pembuat surat benar-benar sedang bekerja di perusahaan tempatnya bekerja. Pembuatan surat pernyataan kerja ini juga bisa disesuaikan untuk kebutuhan lain seperti surat pernyataan sekolah atau kuliah.

  • Surat Pernyataan Hutang

Surat pernyataan hutang ini dibuat untuk menyatakan bahwa si pembuat surat sedang benar-benar dalam kesusahan secara finansial dan bermaksud untuk meminjam sejumlah uang. Contoh surat pernyataan hutang ini banyak ditemukan di bank sebagai bagian dari pengajuan permohonan hutang bank. Surat pernyataan hutang ini memiliki kekuatan hukum yang sangat kuat.

Hal-Hal yang Harus Ada dalam Surat Pernyataan

Meski pembuatan surat pernyataan berbeda-beda, tetapi secara umum penulisan surat pernyataan memiliki aturan-aturan tertentu. Begitu pula dengan susunan surat pernyataan yang memiliki aturan agar terseragamkan. Dalam sebuah surat pernyataan, secara umum tersusun dari hal-hal di bawah ini.

1. Judul Surat

Penulisan judul surat harus jelas, ditulis dengan huruf kapital. Bila ditulis menggunakan komputer, penulisan judul surat juga harus dicetak tebal dengan rata tengah. Pada bagian judul surat juga dituliskan jenis suratnya sehingga penerima surat langsung paham maksud dari pembuatan surat tersebut.

2. Nama Lengkap

Karena tujuan surat pernyataan adalah sebagai bukti tertulis pernyataan seseorang, maka dalam surat pernyataan harus berisi dengan identitas nama lengkap si pembuat surat. Tujuannya agar jelas bahwa si pembuat surat dengan identitas nama tersebut benar-benar menyatakan hal sesuai dengan isi suratnya nanti.

3. Tempat dan Tanggal Lahir

Selain nama, identitas berikutnya yang harus ada dalam surat pernyataan adalah tempat dan tanggal lahir. Penulisan tempat dan tanggal lahir ini bisa ditulis dengan beberapa format. Umumnya, dalam penulisan tempat dan tanggal lahir menuliskan tempat lahir terlebih dahulu kemudian diikuti dengan tanggal lahir dengan format DD/MM/YYYY.

4. Alamat dan Nomor Telepon

Identitas si pembuat surat selanjutnya yang harus ada dalam surat pernyataan adalah alamat dan nomor telepon si pembuat surat yang dapat dihubungi. Tujuannya sangat jelas agar penerima surat dapat menghubungi pembuat surat ketika terjadi permasalahan di kemudian hari. Penulisan alamat dan nomor telepon ini harus dituliskan selengkap-lengkapnya.

5. Nomor Identitas

Setelah alamat dan nomor telepon, pembuat surat harus mencantumkan nomor identitas yang sesuai dengan kartu tanda penduduk (KTP) atau identitas lain yang berlaku. Hal ini bertujuan untuk membuktikan bahwa pembuat surat tersebut benar-benar terdaftar resmi sebagai seorang WNI dengan identitas yang benar.

6. Isi Surat Pernyataan

Setelah menuliskan identitas secara lengkap, selanjutnya masuk ke bagian inti surat yakni menuliskan isi dari surat pernyataan. Bagian isi surat pernyataan ini bisa diisi kalimat pernyataan tentang sesuatu yang sesuai dengan tujuan dari pembuatan surat tersebut. Bisa juga ditambahkan dengan fakta-fakta yang ada dan berkaitan dengan tujuan pembuatan surat.

7. Penutup

Bagian penutup diisi dengan lokasi tempat dan tanggal pembuatan surat dan nama terang si pembuat surat. Di atas nama terang pembuat surat terdapat kolom yang harus ditandatangani oleh pembuat surat. Sehingga menyatakan bahwa surat tersebut sah merupakan hasil perbuatan dari pembuat surat.

Berbagai Contoh Surat Pernyataan

Dalam menuliskan surat pernyataan harus dituliskan dengan menggunakan bahasa Indonesia yang sesuai dengan pedoman penulisan yang tepat. Agar lebih mudah memahami, berikut ini ada beberapa penulisan contoh surat pernyataan yang tepat.

1. Contoh Surat Pernyataan Diri

SURAT PERNYATAAN

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama Lengkap                        : Muhammad Doni

Tempat dan Tanggal Lahir       : Bantul, 28 Maret 1993

Alamat                                     : Jalan Cendrawasih no. 3 RT 2 RW 5 Sawangan, Depok, Jawa Barat

Nomor Telepon                       : 08123412345

Nomor KTP                              : 3219876543210123

Dengan ini menyatakan:

  1. Tidak pernah terlibat dalam hal-hal kriminal baik kriminal ringan maupun berat
  2. Tidak pernah sekalipun menggunakan narkoba

Demikian surat pernyataan ini saya buat. Apabila pada kemudian hari ditemukan hal yang tidak benar, saya siap untuk menerima konsekuensi sesuai hukum yang berlaku

Depok, 14 Februari 2020

Muhammad Doni

2. Contoh Surat Pernyataan Kerja atau Sekolah

SURAT PERNYATAAN KULIAH

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                                        : Grace Emanuella

Tempat, Tanggal Lahir               : Jakarta, 13 Maret 1998

Alamat                                      : Pogung Raya blok A2 nomor 20, Mlati, Sleman, Yogyakarta

Nomor Induk Mahasiswa          : 17/12345/AB/234567

Dengan ini menyatakan dengan sebenar-benarnya bahwa saya adalah mahasiswi Program Studi AB, Jurusan AC, Fakultas ABC, Universitas PTN angkatan 2017.

Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sebenar-benarnya agar dapat digunakan dengan sebagaimana mestinya. Atas perhatian Bapak/Ibu, saya sampaikan terima kasih.

Yogyakarta, 12 Maret 2020

Grace Emanuella

3. Contoh Surat Pernyataan Hutang

SURAT PERNYATAAN HUTANG

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama Lengkap                              : David Irwansyah

Tempat dan Tanggal Lahir            : Banjarmasin, 05 Oktober 1984

Alamat                                                 : Jalan Kenanga nomor 19A, Perumahan Batu Asih blok B1, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Nomor KTP                                        : 1234567812345678

Dengan ini menyatakan bahwa pada tanggal 23 Mei 2019, saya telah meminjam uang kepada saudara Muhammad Ismal sebesar Rp 15.000.000,- (Lima Belas Juta Rupiah) dan berjanji akan melunasi hutang saya pada tanggal 23 Mei 2020. Apabila pada tanggal tersebut saya belum melunasi hutang, saya siap menerima konsekuensi sesuai hukum yang berlaku.

Demikian surat pernyataan ini saya buat. Atas perhatian Bapak/Ibu saya sampaikan terima kasih

Banjarmasin, 23 Mei 2019

David Irwansyah

Beberapa surat pernyataan memiliki konsekuensi hukum yang mengikat. Pada contoh surat pernyataan hutang misalnya, dibutuhkan tambahan berupa meterai agar surat pernyataan tersebut berkekuatan hukum. Sehingga apabila pembuat surat melanggar surat pernyataannya, ia dapat dikenai sanksi hukum.

Continue Reading

TOP STORIES