Connect with us

Kerja

Inilah Contoh Surat Resign Untuk Kamu Yang Mau Resign

Pernah gak sih merasa lingkungan tempat kamu sudah gak nyaman lagi buat kerja? Atau sudah jenuh dengan pekerjaan tersebut dan ingin membangun bisnis sendiri? Memberikan surat resign bisa menjadi solusi. Ada banyak contoh surat resign yang bisa dijadikan pedoman dalam penulisan surat.

Format Dan Isi Surat Resign

Untuk kamu yang belum tahu gimana cara menulis surat pengunduran diri atau resign harus nyari-nyari referensi contoh surat resign dulu nih. Surat resign itu harus dibuat sesederhana mungkin agar orang yang membaca paham dengan apa yang ingin kamu sampaikan. Jangan sampai menulis surat yang isinya berbelit-belit dan bisa aja bikin orang gagal paham maksudnya apa.

Selain isinya yang dibuat simple, etika dalam penulisan surat resign harus diperhatikan juga nih. Resign bukan sesuatu yang disukai oleh pihak perusahaan atau instansi mana pun. Untuk itu tata Bahasa dan etika dalam penulisan harus diperhatikan. Contoh surat resign yang baik itu jika bahasanya simple, mudah dimengerti, dan jelas. Berikut poin penting dalam format surat resign.

1. Judul Surat

Hal yang paling utama dan yang paling penting dari penulisan surat adalah judul. Siapa sih yang mau capek-capek baca isi surat yang gak ada judulnya? Orang akan tertarik untuk membaca isi dari sebuah surat kalau ada judul yang jelas. Judul disini juga berfungsi agar tujuan surat itu lebih terarah. Gak perlu pake kop surat, cukup tulis ‘Surat Pengunduran Diri’ aja di bagian atas surat.

2. Waktu, Tanggal, dan Tempat Surat Resign

Format surat resign harus mencantumkan waktu dibuatnya surat yang meliputi tanggal, bulan dan tahun. Selain itu pada contoh surat resign juga menggunakan tempat surat resign dibuat. Biasanya poin – poin ini ada di sebelahan kanan atas dari surat yang ditulis. Misalnya nih kamu nulis surat resign tanggal 16 Januari di Jakarta, jadi di suratnya tetulis Jakarta, 16 Januari 2020.

3. Nama dan Alamat Tujuan Surat

Pada poin ketiga, hal yang harus tertera dalam surat resign adalah nama atau untuk siapa surat itu ditujukan. Selain nama, alamat tujuan juga harus jelas. Alamat tujuan merupakan alamat perusahaan atau instansi yang ingin kamu berikan surat resign. Beberapa contoh surat resign ada yang menempatkan poin ini di bagian kanan atas. Tapi umumnya sebelah kiri lebih baik.

4. Isi Surat

Poin penting selanjutnya yang harus diperhatikan adalah isi surat resign yang kamu ajukan. Seperti yang dibahas tadi bahwa isi surat resign itu harus sesederhana mungkin supaya tujuan kamu bisa tersampaikan dengan baik. Dalam penulisan surat resign kamu bisa melihat contoh surat resign.

Pada bagian isi kamu bisa nih mengutarakan maksud dan tujuan kamu mau resign dari perusahaan tersebut. Tulisnya pake Bahasa yang baku tapi lugas yah untuk lebih jelasnya kamu bisa lihat contoh surat resign. Dalam surat, kamu juga bisa menginformasikan kalau kamu siap untuk mencarikan pengganti kamu di perusahaan, kecuali kalau memang gak bisa jangan ditulis.

Penutup, kamu bisa mengucapkan terima kasih untuk kesempatan yang diberikan perusahaan buat kamu untuk menjadi salah satu pegawainya. Selain itu, di bagian ini kamu juga bisa menuliskan hal yang berkesan selama kamu bekerja di perusahaan tersebut. Kalau masih bingung, kamu bisa lihat contoh surat resign yang cocok dengan maksud dan tujuan kamu resign.

5. Tanda Tangan, Nama Terang dan Materai

Pada bagian akhir surat sangat penting untuk mencantumkan nama terang dan tanda tangan. Ini dimaksudkan agar pihak perusahaan tahu siapa yang mengajukan surat dan surat kamu bisa cepat diproses. Selain itu, penambahan materai di dekat nama juga sangat penting untuk menerangkan bahwa surat yang kamu tulis itu sah atau resmi.

Contoh Surat Pengunduran Diri

Memiliki pekerjaan adalah hal yang patut disyukuri, tapi kalau sudah tidak tahan yah resign bisa jadi jalan keluarnya. Kalau mau resign harus pake surat yang resmi dan penulisan surat resign tidak boleh sembarangan. Ada banyak referensi contoh surat resign yang bisa dijadikan pedoman. Nah berikut ini beberapa contoh surat pengunduran diri atau resign yang bisa kamu jadikan referensi.

1. Surat Resign Dari PT. Sinar Mulia

 

SURAT PENGUNDURAN DIRI

Makassar, 16 Februari 2020

Kepada Yth

Kepala Bagian Personalia/HRD

  1. Sinar Mulya

Jl. Veteran Selatan No. 30 Makassar

Dengan Hormat

Bersamaan engan adanya surat ini, saya atas nama Karunia Lestari menyatakan mengundurkan diri dari PT. Sinar Mulya sebagai karyawan yang terhitung mulai 24 Februari 2020. Permohonan pengunduran diri ini diajukan dengan alasan kesehatan yang tidak lagi memungkinkan saya untuk bekerja secara optimal

Saya ucapkan terima kasih banyak kepada PT. Sinar Mulya yang telah memberi kesempatan yang sebesar-besarnya kepada saya untuk menjadi salah satu karyawan. Selama menjadi karyawan di PT. Sinar Mulya, saya mendapatkan banyak pengalaman kerja yang sangat bermanfaat.

Saya juga ingin menyampaikan permohonan maaf kepada visitas manajemen PT. Sinar Mulya serta seluruh karyawan PT. Sinar Mulya. Jika dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab sebagai karyawan PT. Sinar Mulya saya banyak melakukan kesalahan.

Semoga PT. Sinar Mulya semakin maju, sukses dan selalu Berjaya. Akhir kata, saya ucapkan terima kasih banyak atas perhatian yang diberikan.

Hormat Saya,

Kurnia Lestari

2. Surat Resign Dari PT. Vale Indonesia

SURAT PENGUNDURAN DIRI

Sorowako, 20 Januari 2020

Kepada Yth

Kepala Bagian Personalia/HRD

  1. Vale Indonesia

Jl. Trans Sulawesi Sorowako

Dengan Hormat

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Fajar Abdillah

Alamat: Sorowako

Jabatan: Network Engineer

Dengan adanya surat ini, saya bermaksud mengajukan permohonan untuk mengundurkan diri dari jabatan Network Engineer pada tanggal 29 Januari 202. Semua tugas yang telah menjadi wewenang dan tanggung jawab saya sebagai Networ Engineer akan saya laksanakan dengan sebaik-baiknya hingga tanggal pengunduran diri yang saya ajukan.

Terima kasih yang sebesar-besarnya saya ucapkan kepada segenap pimpinan direksi PT. Vale Indonesia yang telah memberi kesempatan kepada saya untuk bekerja dan menunjukkan kemampuan saya. Dan saya juga mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada seluruh karyawan PT. Vale Indonesia serta pihak-pihak yang turut serta membimbing dan membantu saya selama bekerja di PT. Vale Indonesia.

Dan Permohon maaf yang sebesar-besarnya saya ucapkan kepada untuk semua visitas PT.Vale Indonesia. Apabila selama bekerja di PT. Vale Indonesia saya melakukan banyak kesalahan-kesalahan yang disengaja maupun tidak disengaja.

Saya menyatakan bahwa surat pengunduran diri ini dibuat murni atas keinginan saya sendiri dan dengan kesadaran penuh serta tanpa paksaan dari siapa pun. Akhir kata, saya ucapkan terima kasih banyak atas perhatian yang diberikan.

Hormat Saya,

Fajar Abdillah

Nah itulah beberapa hal yang harus kamu perhatikan dalam membuat surat pengunduran diri. Kamu juga bisa melihat contoh surat resign yang sudah dipaparkan di atas. Satu hal yang perlu diingat, kalau mau buat surat resign itu harus dipikir baik-baik dulu. Pastikan kamu sudah mantap dengan keputusanmu baru deh tulis surat resign.

 

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bisnis

Cara Promosi Perumahan Di Sosmed Yang Efektif, Coba 7 Hal Penting Ini!

Internet merupakan sarana paling efisien dan efektif saat ini digunakan untuk melakukan promosi apapun. Salah satunya cara promosi perumahan di sosmed dengan mengandalkan internet sebagai media iklan. Tingkat jangkauan promosi lebih banyak dan lebih baik sehingga orang-orang dengan mudah mendapatkan informasi perumahan dari sosial media.

Beberapa hal yang penting dipersiapkan pada saat melakukan promosi perumahan merupakan cara paling tepat dalam menjangkau konsumen. Maka strategi dari awal hingga akhir memperkenalkan perumahan via sosmed bisa memperhatikan hal berikut ini.

1. Memiliki Akun Media Sosial

Yang paling utama dalam memulai promosi perumahan dengan memanfaatkan jejaring sosial yaitu mempunyai akun terlebih dahulu. Akun media sosial banyak macamnya saat ini, mulai dari facebook, instagram, YouTube, Twitter dan sebagainya. Hingga status WA pun menjadi ajang media promosi efektif yang bisa dilakukan.

Biasanya saat mengaktivasi satu akun media sosial akan terjadi keterkaitan antara satu akun dengan akun lainnya. Semacam jejaring dengan persen yang sama namun banyak wujud. Jadi saat mempromosikan di salah satu akun media sosial maka bisa ditayangkan pula di akun media sosial lainnya

2. Memahami Apa Yang Dibutuhkan Konsumen Tentang Perumahan

Pahami apa yang dibutuhkan konsumen merupakan cara promosi perumahan di sosmed yang ampuh. Membaca kebutuhan pasar menjadi penting, apalagi kebutuhan akan hunian rumah yang semakin meningkat. Para konsumen biasanya akan mencari informasi yang lebih akurat mulai dari bentuk perumahan, lingkungan strategis, hingga harga yang ditawarkan.

Dalam memberikan promosi yang berkaitan dengan perumahan, memang penting untuk menyajikan apa yang dibutuhkan pasar. Biasanya konsumen akan mencari harga terjangkau dengan kualitas yang terbaik. Atau tipe rumah yang sedang tren pada saat ini dan perumahan yang dekat dengan tempat-tempat strategis.

3. Buat Konten Iklan Yang Menarik

Cara promosi perumahan di sosmed yaitu dengan membuat konten yang menarik. Konten yang menarik biasanya berisi jawaban atau pemahaman yang dibutuhkan konsumen. Dengan memberikan beberapa tips menarik bagi konsumen yang berhubungan dengan home decor atau mengulas tren perumahan.

Konten sangat penting dalam menyajikan sebuah iklan agar terlihat lebih layak dan dapat menjaring konsumen. Karena dalam dunia media sosial mengandalkan visualisasi dari sebuah gambar dan tulisan. Sehingga penyajian konten menjadi daya tarik utama pada konsumen dalam mengenal suatu produk. Apalagi jika produk tersebut perumahan yang butuh banyak detail untuk dijelaskan.

4. Memahami Persaingan Harga

Hal ini sangat penting dipertimbangkan dalam mempromosikan perumahan di medsos. Karena harga biasanya menentukan nilai ketertarikan konsumen pada produk, maka dalam mengemas harga harus semenarik mungkin. Yaitu dengan melihat bagaimana produk yang sama menentukan harga jualnya kepada konsumen.

Biasanya persaingan harga ini memicu terjadinya tingkat pemesanan yang tinggi. Misalnya saja jika seseorang akan mencari perumahan via media sosial kemudian melihat harga dengan diimbangi pemberian diskon. Maka biasanya konsumen akan lebih tertarik apalagi jika ada promo lainnya saat menawarkan perumahan. Karena faktor paling utama dalam menentukan harga adalah keseimbangan harga pasar

5. Memanfaatkan Fitur Yang Ada Pada Sosial Media

Pada cara promosi perumahan di medsos, akan lebih baik lagi jika mengoptimalkan fitur lainnya yang ada. Seperti FB ads, Instagram Ads, dan sebagainya sebagai sarana iklan yang lebih baik lagi. Selanjutnya fitur yang ada pada media sosial ini tentu terintegrasi dengan akun utama sehingga, tidak perlu khawatir iklan tidak menjangkau. Justru dengan bantuan fitur iklan yang ada pada medsos semakin membantu menjangkau berbagai kalangan.

Fitur ini juga mudah digunakan serta mempunyai nilai praktis dan ekonomis. Maka perumahan yang dipromosikan akan lebih menjangkau masyarakat lebih luas lagi. Selain itu, nilai praktis media sosial sangat membantu memangkas biaya promosi karena internet dianggap lebih efektif dibandingkan promosi offline.

6. Optimalisasi SEO

Search Engine Optimization merupakan sebuah sistem mesin pencari yang mengoptimalkan situs yang dimiliki. Dengan melibatkan penggunaan kata kunci yang dicari konsumen pada mesin pencari. Yang kemudian pada search engine didasarkan pada kata kunci yang dimasukkan sehingga memunculkan traffic di sebuah situs.

Optimalisasi SEO ini diyakini efektif untuk menjaring konsumen dalam mengunjungi situs serta memahami produk perumahan yang ditawarkan. Sehingga promosi perumahan akan lebih efektif dan langsung tepat sasaran kepada konsumen yang membutuhkan hunian baru. Atau ada juga konsumen yang sedang berinvestasi pada perumahan.

7. Personal Branding

Pentingnya pengenalan secara lebih baik lagi yaitu dengan personal branding pada suatu produk. Jika ingin mempromosikan perumahan, maka ciptakan personal branding yang kuat sehingga konsumen percaya. Yaitu dengan menjalin relasi secara baik, percaya pada diri sendiri dan produk yang ditawarkan.

Selain itu berikan performa terbaik saat mempromosikan pada konsumen, bagaimana perumahan tersebut dan apa kelebihannya. Dengan begitu di medsos bisa terlihat jelas apa saja yang menjadi ciri khas hingga akhirnya orang akan tertarik dengan perumahan tersebut.

Dengan memahami beberapa cara promosi perumahan di medsos maka diharapkan mampu mengoptimalisasi berbagai peluang yang ada. Karena kekuatan medsos merupakan jaringan internet yang luas, maka saat promosi perumahan dilakukan tentu akan menjangkau lebih banyak lagi. Dan menarik para konsumen untuk mendapatkan hunian nyaman sesuai harapan.

Continue Reading

Kerja

Tips Sukses Melamar Pekerjaan di Jakarta

Sebagai ibukota yang menjadi pusat segala kegiatan mulai dari bisnis hingga pemerintahan, Jakarta selalu menjadi kota yang sangat menarik bagi para pencari kerja.

Banyaknya lowongan kerja Jakarta dengan iming-iming gaji dan kesuksesan terus menarik para pencari kerja dari berbagai segmen. Agar sukses mendapatkan pekerjaan di Jakarta, berikut ini ada beberapa tipsnya.

1. Tinggalkan Rasa Malas

Kota Jakarta sering disebut sebagai kota yang tak pernah mati karena aktivitas warga masyarakatnya yang selalu hidup selama 24 jam. Aktivitas warga masyarakat kota Jakarta ini merupakan mental yang sudah terbentuk setelah lama tinggal dan bekerja di Jakarta.

Mental para warga masyarakatnya yang selalu aktif selama 24 jam inilah yang membuat Jakarta selalu hidup. Tak terkecuali bagi para pencari kerja di Jakarta, sebelum memulai untuk mencari lowongan kerja Jakarta, siapkan tekad dan mental yang sekeras baja.

Tinggalkan rasa malas yang selalu ada dalam diri karena persaingan pencarian kerja di Jakarta sangatlah keras. Sedikit saja rasa malas itu ada, bisa-bisa dalam sekejap akan langsung tersingkirkan oleh para pencari kerja yang lainnya.

2. Siapkan Mental Baja

Selain menghilangkan sikap dan rasa malas dari dalam diri, siapkan juga mental baja sebelum mulai mencari pekerjaan di Jakarta. Pepatah yang menyebutkan bahwa “Ibukota lebih kejam daripada ibu tiri” memang benar adanya di Jakarta.

Kota Jakarta seakan menjadi sebuah kota yang sangat keras terhadap siapapun yang ingin tinggal dan bekerja. Kota Jakarta tidak membutuhkan orang-orang yang gigih, tekun, dan kuat mental.

Semua hal itu sangat dibutuhkan agar tidak mudah menyerah saat menghadapi setiap permasalahan di Jakarta. Itulah yang menyebabkan kota Jakarta benar-benar memiliki budaya kerja yang sangat kuat. Mudah putus asa bukanlah sikap orang yang akan diterima di Jakarta.

3. Memperbanyak Relasi

Sudah banyak yang mengatakan bahwa relasi yang luas akan membantu seseorang menuju kesuksesan. Hal ini berlaku juga saat mencari lowongan kerja di Jakarta karena dengan relasi yang luas, akan ada banyak sekali manfaat yang bisa diraih.

Manfaat pertama dari memiliki relasi di Jakarta adalah bisa memberikan informasi berbagai lowongan pekerjaan yang ada di Jakarta. Umumnya tidak semua perusahaan mengunggah informasi mengenai lowongan pekerjaannya di website resmi mereka.

Terkadang informasi lowongan pekerjaan tersebut hanya disampaikan melalui karyawan mereka atau yang sering disebut sebagai closed recruitment. Selain itu, dengan adanya relasi di Jakarta akan memudahkan saat membutuhkan tempat tinggal sementara ketika datang ke Jakarta.

Memiliki relasi yang luas juga bisa sebagai sebuah batu loncatan saat akan bekerja di Jakarta. Bahkan bukan tidak mungkin, mereka para relasi tersebut yang akan menawarkan langsung pekerjaan di Jakarta.

Baca Juga: 3 Cara Anda Dapat Menghasilkan Uang dengan Gitar Akustik

4. Mencari Melalui Website Pencari Kerja

Hal ini tentu sudah banyak disadari oleh semua para pencari kerja bahwa untuk mencari kerja bisa melalui situs atau website pencari kerja. Ada banyak sekali website pencarian kerja yang memberikan informasi berbagai lowongan pekerjaan, tak terkecuali lowongan pekerjaan yang ada di Jakarta.

Tak hanya itu, website pencarian kerja tersebut biasanya juga memberikan berbagai informasi tambahan seperti informasi terkait perusahaan hingga kisaran gaji. Adanya website pencari kerja ini memudahkan para pencari kerja untuk mencari kerja yang sesuai dengan kualifikasinya.

Kota Jakarta selalu terbuka bagi siapa saja yang ingin mencari kerja. Namun, ada baiknya persiapkan diri sebaik mungkin saat sudah memutuskan untuk mencari pekerjaan di Jakarta. Manfaatkan juga berbagai hal, mulai dari relasi hingga website pencari kerja untuk mencari lowongan kerja Jakarta yang sesuai dengan kualifikasi dan kemampuan.

Continue Reading

Kerja Sampingan

3 Cara Anda Dapat Menghasilkan Uang dengan Gitar Akustik

Apa yang lebih baik daripada melakukan hobi yang paling Anda sukai, dan mendapatkan uang dari hobi itu? Wah, rasanya pasti sangat menyenangkan. Tapi terkadang, ada kesulitan dalam memulainya, terutama jika Anda sama sekali belum tahu langkah-langkah apa yang harus dilakukan.

Jangan khawatir, dengan kreativitas dan kepercayaan diri, Anda bisa menghasilkan uang tambahan, bahkan membangun bisnis, dari gitar akustik Anda. Simak beberapa kemungkinan berikut yang mungkin cocok untuk Anda.

1. Tampil di panggung

Ini mungkin salah satu cara paling umum untuk menghasilkan uang sebagai pemain gitar. Anda bisa menjadi performer bersama band sendiri atau untuk orang lain. Anda bisa memulainya dengan tampil di tempat-tempat seperti bar, restoran, kafe, atau festival musik.

Anda juga bisa menemukan banyak peluang untuk tampil dalam acara lain, misalnya peresmian gedung, pernikahan, atau pembukaan pameran. Anda juga bisa menawarkan jasa sebagai pemain gitar sewaan untuk pertunjukan, tur, layanan gereja, atau bahkan sebagai pemain cadangan untuk penyanyi atau band lokal.

Selain mendapatkan uang, ada manfaat lain ketika Anda tampil secara live. Misalnya, Anda bisa bertemu banyak musisi lain yang berpikiran sama, Anda bisa belajar cara tampil di depan orang banyak, dan sebagainya.

Anda bisa memulai dengan langkah-langkah berikut:

· Buatlah daftar acara dan pertunjukan di area Anda yang mungkin membutuhkan layanan Anda

· Buatlah kartu nama untuk mempermudah orang-orang mendapatkan kontak Anda

· Buatlah rekaman permainan gitar Anda (video atau audio) untuk ditunjukkan kepada penanggung jawab acara

· Hubungi dan tawarkan layanan Anda kepada manajer atau penyelenggara acara

· Ingatlah bahwa Anda mungkin harus memainkan beberapa pertunjukan gratis atau menerima bayaran lebih sedikit sebagai awalan

Perjalanan untuk tampil di panggung mungkin agak sulit bagi Anda yang tidak memiliki koneksi. Tetapi seiring waktu, dengan semakin baiknya portofolio Anda, ini bisa menjadi cara yang sangat nyaman untuk menghasilkan uang karena umumnya, inilah yang ingin dilakukan setiap musisi sebagai karier.

2. Menjadi pengajar

Mungkin Anda suka bermain gitar, tapi tidak terlalu suka tampil di panggung? Opsi kedua ini bisa Anda pertimbangkan. Ini salah satu cara menghasilkan uang yang memberi Anda banyak kepuasan dan kebebasan.

Sebagai pengajar gitar, Anda bisa memilih untuk mengajar kelas pemula atau kelas lanjutan. Jika Anda termasuk orang yang suka menularkan pengetahuan dan tahu cara menjelaskan hal yang kompleks menjadi langkah-langkah kecil yang lebih mudah, Anda akan senang mengajar. Yang Anda butuhkan adalah gitar, beberapa lembar not musik, dan ruangan.

Anda perlu memasarkan diri sendiri untuk mendapatkan siswa. Anda bisa memulai dengan menggunakan media sosial, menawarkan jasa di forum-forum musik, atau mencetak selebaran dan membagikannya ke komunitas Anda. Anda juga dapat melamar pekerjaan di tempat-tempat les gitar yang sedang membutuhkan guru.

Jika Anda memutuskan untuk menjadi seorang pengajar, ingatlah bahwa kelas yang lebih kecil akan lebih efektif agar Anda benar-benar dapat memberikan pengetahuan dan mengikuti perkembangan siswa Anda.

Beberapa langkah berikut perlu Anda pertimbangkan:

· Pilih satu atau beberapa metode pemasaran, dan mulailah dengan itu

· Tentukan jumlah siswa yang Anda inginkan di kelas Anda, atau Anda bisa mengajar privat

· Ingat, syarat utama dalam mengajar adalah kesabaran

Mengajar adalah cara yang menarik untuk menggunakan keterampilan Anda karena Anda akan terus belajar dalam prosesnya. Di sisi lain, jika kemampuan Anda belum cukup, Anda perlu jujur tentang apa yang bisa Anda ajarkan.

Baca Juga: Inilah Kerja Sampingan yang Cocok Untuk Mahasiswa

3. Masuk ke dunia bisnis

Dengan semakin populernya video online dan YouTube, Anda dapat memanfaatkan keterampilan dan pengetahuan Anda dalam bermain gitar di platform ini. Buatlah channel YouTube Anda sendiri. Hubungi sebanyak mungkin produsen dan merek gitar, lalu ajukan tawaran untuk me-review produk mereka di saluran Anda. Setelah Anda banyak mendapat pengikut dan orang-orang mulai menonton video Anda, Anda dapat membuat perjanjian afiliasi dan pembayaran komisi untuk setiap penjualan melalui channel Anda.

Opsi ini bisa lebih menguntungkan karena video Anda memiliki jangkauan yang lebih luas dan memungkinkan Anda untuk terlibat dengan ribuan pemirsa. Yang Anda perlukan untuk melakukannya adalah memastikan Anda benar-benar memahami peralatan yang akan Anda review.

Berikut ini langkah-langkah yang perlu Anda ambil:

· Buatlah channel YouTube dengan akun Anda sendiri.

· Lakukan pencarian di Google untuk mendapatkan kontak para produsen gitar

· Jadwalkan dan unggah video review Anda secara teratur

Selain mengulas beberapa produk gitar, selipkan video penampilan Anda sendiri di channel YouTube Anda. Ini akan membuka peluang Anda untuk dikenal lebih banyak orang seiring dengan semakin populernya channel Anda. 

Continue Reading

TOP STORIES