Connect with us

Kerja

Informasi Kisaran Gaji Marshaller dan Faktor yang Mempengaruhi

Gaji Marshaller

Profesi sebagai tukang parkir pesawat atau marshaller tidak bisa dianggap remeh sekarang ini, karena selain fungsinya yang vital juga memberikan gaji menggiurkan. Penasaran? Berapakah kisaran gaji marshaller tersebut dan hal apa saja yang mempengaruhinya? Baiknya baca  ulasan ini dengan seksama! Lantaran, beragam informasi tentangnya telah disajikan secara spesial, sebagai berikut: 

Kisaran Gaji Marshaller 

Seorang marshaller dianggap sangat berperan dalam menjaga keselamatan dan keteraturan pesawat saat mendarat. Maka tidak heran bila gaji yang diberikan lumayan besar, yakni sekira 4-6 jutaan di luar tunjangan, untuk yang bekerja di dalam negeri. Sedangkan marshaller luar negeri gajinya bisa sangat fantastis mulai ratusan juta hingga milyaran rupiah setiap bulannya. 

Hal-hal yang Mempengaruhi Besar Kecilnya Gaji

Sebenarnya, kisaran gaji di atas sifatnya sangat relatif dan bergantung pada banyak aspek yang mempengaruhinya. Terutama berkaitan dengan hal sejumlah komponen yang menentukan besar kecilnya gaji seorang marshaller di bawah ini: 

1. Jenis Maskapai Penerbangan 

Hal pertama yang mempengaruhi kisaran gaji seorang tukang parkir pesawat terbang adalah maskapai tempatnya bekerja. Semakin besar dan padat jadwal penerbangan dari maskapainya, maka biasanya akan seiring dengan pendapatan yang diterima oleh seorang marshaller. Semisal gaji yang diberikan oleh Garuda Indonesia Airways yang tentu berbeda dengan kisaran gaji dari Citilink. 

2. Kebijakan Otoritas Pemerintahan 

Peraturan perundang-undangan yang ditetapkan oleh pejabat pemerintahan menjadi pedoman bagi sebuah perusahaan dalam menentukan gaji karyawannya. Termasuk seorang marshaller yang biasanya diberi gaji sesuai upah minimum regional, ketika baru pertama melakoni kariernya. Sehingga hal ini memungkinkan perbedaan gajinya di tiap-tiap daerah penempatan, meskipun bekerja pada sebuah maskapai penerbangan yang sama. 

3. Lamanya Menekuni Profesi 

Ketiga, sudah menjadi rahasia umum, bila seorang akan mendapat kenaikan gaji seiring dengan bertambahnya usia kerja. Demikian pula dengan marshaller yang gajinya akan terus meningkat seiring dengan berjalannya waktu. Ini terjadi sebagai suatu bentuk apresiasi perusahaan maskapai penerbangan atas loyalitas dan integritas yang ditunjukkan oleh masing-masing pegawai laiknya seorang marshaller. 

4. Prestasi dalam Melakoni Tugas 

Terakhir, namun menjadi komponen utama penentu gaji marshaller ialah berkenaan dengan tanggung jawab dalam melakoni tugas. Biasanya pihak maskapai akan melakukan penilaian dalam sejumlah aspek yang dijadikan pedoman pemberian gaji/ tunjangan, seperti: 

  • Dedikasi dalam menjalani tugas harian sebagai pengarah pilot agar pesawat dapat mendarat secara akurat baik dalam kondisi normal maupun dalam situasi khusus yang darurat; 
  • Kemampuan komunikasi masing-masing marshaller dengan pihak-pihak yang bersinggungan dengan tugasnya seperti petugas teknis perawatan pesawat terbang maupun pengendali bandara yang lain; 
  • Pemahaman aturan khusus tiap-tiap tukang parkir pesawat berkenaan standar operasional kerja agar pesawat dapat lepas landas maupun mendarat dengan aman, tanpa adanya gangguan pada area pendaratan; 
  • Kepatuhan dalam memakai peralatan berkaitan dengan keselamatan kerja seperti sepatu khusus, rompi neon, lampu LED tongkat, hingga perangkat penutup telinga agar terhindar dari resiko yang diakibatkan suara mesin pesawat; serta
  • Sejumlah komponen penting lain yang dapat dijadikan tolok ukur prestasi dari masing-masing petugas parkir pesawat terbang. 

Nah, demikianlah tadi sejumlah informasi mengenai rentang gaji marshaller dan hal-hal yang mempengaruhi besarannya. Bagaimana? Setelah membaca banyak info menarik dan penting yang disajikan di atas, tidakkah tertarik untuk menjadikannya profesi masa depan? Jika iya, maka segera siapkan segala sesuatunya dari sekarang, agar saat nanti lowongan tersedia, maka bisa mengikuti seleksinya. 

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kerja

Kisaran Gaji Tukang Parkir Pesawat di Indonesia dan Tugasnya

Gaji Tukang Parkir Pesawat

Beragam profesi ada di tanah air dan setiap profesi pasti memiliki peran juga fungsi yang penting. Salah satunya adalah tukang parkir pesawat atau marshaller. Tidak hanya sekadar tukang parkir, gaji tukang parkir pesawat di Indonesia tergolong tinggi. Marshaller punya peran penting untuk memandu pilot dalam mengarahkan lokasi parkir pesawat. Kali ini akan dibahas lebih lanjut tentang profesi ini dan gajinya.

Tugas Marshaller

Sebelum mencari tahu besar gaji tukang parkir pesawat, tentu tugas profesi ini perlu dipahami. Mari pahami dulu apa peran atau tugas yang dijalankan oleh seorang tukang parkir pesawat. Sebutannya memang tukang parkir namun tugas yang dipikul lebih berat dan sangatlah penting. Berikut adalah beberapa tugas yang menjadi tanggung jawab marshaller:

1. Memberi Panduan pada Pilot

Peran penting seorang marshaller adalah memberikan panduan atau arahan kepada pilot. Pilot bertugas untuk mengendalikan laju dan arah pesawat. Namun, pilot membutuhkan bantuan pihak lain untuk mendapatkan arah posisi parkir yang benar. Di sinilah peran marshaller dibutuhkan.

Marshaller akan memberikan arah panduan kepada pilot mengenai posisi dimana pesawat dapat diberhentikan. Bahkan di saat cuaca sedang buruk pun tukang parkir pesawat tetap bekerja. Marshaller tetap turun ke landasan pacu untuk memberikan panduan kepada pilot saat memarkirkan pesawat.

2. Memastikan Sterilitas Lokasi Parkir

Marshaller juga bertugas memastikan lokasi parkir pesawat atau landasan pacu sudah steril. Ketika ada pesawat yang akan mendarat, maka pilot akan menghubungi tim yang ada di bandara. Selanjutnya koordinasi dilakukan dengan marshaller yang akan memastikan landasan pacu bersih dari peralatan apapun. Hal ini sangat penting untuk memastikan pesawat bisa parkir dengan aman dan lancar.

3. Menjaga Ketertiban Landasan Pacu

Marshaller juga  punya peran penting dalam menjaga ketertiban di landasan pacu. Pesawat merupakan kendaraan yang ukurannya sangat besar. Tentu saja akan sulit mengatur gerak pesawat di landasan pacu agar tetap rapi dan teratur dengan sempurna. Di sinilah marshaller akan bekerja, agar semua pengguna landasan pacu bisa tertib mengikuti arahan yang diberikan.

4. Memastikan Pesawat Terparkir

Sesuai dengan namanya, tukang parkir pesawat akan memastikan pesawat terparkir dengan baik dan aman. Tentunya posisi parkir pesawat juga tidak boleh sembarangan dan harus disesuaikan dengan SOP yang berlaku di landasan pacu. Pilot hanya bertugas menjalankan pesawat sementara petunjuk arah akan diberikan oleh marshaller ini.

Perkiraan Gaji

Lalu berapa banyak gaji tukang parkir pesawat atau marshaller di Indonesia? Meskipun mendapat predikat tukang parkir, namun seorang marshaller memiliki gaji yang cukup besar. Gaji seorang marshaller setiap bulannya bisa mencapai Rp5 juta sampai Rp6 juta per bulan. Besarnya gaji ini sangat dipengaruhi oleh berbagai hal, bisa lebih besar atau lebih kecil.

Faktor yang memengaruhi nilai gaji marshaller adalah perusahaan tempat marshaller bekerja. Biasanya marshaller akan bekerja sama dengan perusahaan yang memasok tenaga parkir pesawat di landasan pacu. Selain itu, tingkat pengalaman marshaller dalam bekerja di landasan pacu juga akan berpengaruh pada gaji yang diterima. Semakin tinggi pengalamannya, maka gaji yang didapat juga bertambah besar.

Itulah pembahasan singkat mengenai tugas serta perkiraan gaji tukang parkir pesawat di tanah air. Profesi ini benar-benar punya peran penting di bidang penerbangan. Perannya hampir sama penting dengan pilot maupun tenaga lain yang bekerja dalam sistem navigasi pesawat. Keselamatan transportasi ini akan dipengaruhi juga oleh performa para marshaller.

Continue Reading

Kerja

3 Cara Mengecek Penghasilan Youtuber Mudah Tanpa Ribet!

Cara Mengecek Penghasilan Youtuber

Menjadi seorang Youtuber saat ini merupakan mimpi bagi setiap orang utamanya di kalangan anak-anak muda. Profesi Youtuber terlihat sangat menarik karena jam kerjanya yang fleksibel dan tampak jauh lebih mudah dibanding profesi lainnya. Ada cara mengecek penghasilan youtuber untuk melihat bagaimana sebenarnya gaji dari profesi satu ini.

Indonesia sendiri merupakan negara yang memang menikmati konten Youtube terbukti dari adanya 600 orang dengan subscriber melebihi 1 juta. Profesi ini menjadi cukup menjanjikan kedepannya meskipun memang semuanya akan sangat bergantung pada bagaimana mengelola channel. Berikut ini cara mengecek penghasilan youtuber agar tau bagaimana keuntungan profesi ini:

Penghasilan Youtuber Pemula

Sebagai sebuah media yang menyediakan hiburan yang mementingkan audiovisual, Youtube sudah pasti menarik perhatian dari banyak pengguna. Platform ini sudah menjadi yang terdepan selama beberapa tahun terakhir dan memang menjadi wajib dinikmati.

YouTube bisa menjadi kanal untuk mendapatkan penghasilan melalui konten yang disajikan dan nanti akan mendapat bayaran tertentu. Sebagai pemula, setiap bulan ada kemungkinan mendapat penghasilan mulai dari 3 juta hingga puluhan juta rupiah. Ini baru bisa mulai digunakan ketika total viewers mencapai 700 ribu dan juga subscriber berada di angka 6.300 orang.

Mengecek Melalui SocialBlade

Cara paling mudah untuk melihat bagaimana pendapatan seorang Youtuber yaitu melalui situs socialblade.com yang bisa diakses siapapun. Di situs ini, akan ada kalkulasi secara otomatis untuk menghitung bagaimana pemilik channel YouTube mendapatkan penghasilan. Dengan socialblade, pengecekan bisa untuk setiap chanel yang ada, terbuka untuk umum. Berikut caranya:

  • Membuka website socialblade.com melalui berbagai peramban di perangkat.
  • Selanjutnya hanya perlu mengetik nama channel yang hendak dilihat penghasilannya di kolom yang sudah tersedia kemudian klik cari atau enter.
  • Situs akan secara otomatis menampilkan sebuah halaman yang menunjukkan perkiraan penghasilan dari sebuah channel yang dicari. Tidak hanya itu, nanti juga akan ditampilkan beberapa data lainnya seperti video yang diunggah, jumlah views, subscribers, hingga grafik harian.

Penghasilan yang ditunjukkan oleh Socialblade hanyalah taksiran semata, bisa jadi pendapatan youtuber bisa lebih dari angka yang ditampilkan. Masih ada banyak sumber pendapatan lain seperti dari endorse atau iklan yang masuk secara langsung ke dalam konten.

Mengetahui Penghasilan Sendiri

Selain melalui situs socialblade, sebenarnya YouTube sendiri sudah menyediakan fitur untuk melihat penghasilan channel sendiri. Berbeda dengan website bantuan yang hanya memberikan nilai taksiran saja, dari YouTube sendiri akan memberikan penghasilan secara nyata.

Jadi sebenarnya sudah ada cara mengecek penghasilan youtuber yang memang disediakan langsung dari fitur YouTube. Sayangnya, ini tidak bisa dipakai untuk melihat channel orang lain, jadi hanya untuk akun pribadi saja. Ini caranya:

  • Pertama harus masuk ke dalam akun YouTube pribadi terlebih dahulu di perangkat yang akan digunakan.
  • Setelah itu, masuk ke dalam profil yang tersedia di bagian pojok kanan atas dari interface Youtube sendiri.
  • Kemudian hanya perlu masuk ke dalam YouTube Studio yang akan menyediakan banyak opsi di dalamnya.
  • Lalu hanya perlu memilih menu Analytics lalu pergi ke opsi Pendapatan.
  • YouTube kemudian akan memunculkan laman yang berisi berbagai instrumen pendapatan dari channel yang dimiliki.

Menghitung Penghasilan Lewat AdSense

Pendapatan yang diperoleh seorang youtuber secara primer memang akan dihasilkan dari jumlah YouTube AdSense yang ada di kanal tersebut. Secara sederhana, AdSense sendiri merupakan program yang dijalankan oleh Google untuk menampilkan sebuah iklan. Pemilik channel nantinya akan mendapat bayaran dari sejumlah iklan yang ditayangkan di video mereka.

Ada cara mengecek penghasilan youtuber lewat menghitung AdSense yang ditampilkan di dalam sebuah chanel. Berikut ini merupakan sistem bagaimana perhitungan penghasilan lewat AdSense tersebut:

  • Setiap klik pada iklan dari audiens atau ketika audiens menampilkan iklan hingga akhir, Ia akan mendapatkan 0,1-0,3 dollar. Rata-rata akan mendapat bayaran di angka 0,18 dollar.
  • Biasanya Google baru akan mencairkan pendapatan ketika sudah ada 1000 kali penayangan iklan atau di dunia YouTube biasa dikenal dengan CPM (Cost per Mile)
  • Sebuah chanel tidak akan membayarkan fee secara penuh melainkan hanya akan membayar sebesar 68% saja dari pendapatan AdSense ke pemilik chanel.

Mudahnya, seorang youtuber akan mendapat penghasilan sekitar 18 dollar ketika di kontennya ada iklan yang ditayangkan sebanyak 1000 kali. Hal ini berlaku kelipatan sebanyak konten dan berapa kali iklan ditampilkan di kanal YouTube tersebut. Memang tidak mengherankan jika penghasilan youtuber bisa mencapai ratusan juta hingga milyaran rupiah perbulan.

Saat ini sudah terdapat banyak penghasilan lain dari seorang youtuber jadi cara mengecek penghasilan youtuber mungkin tidak valid. Hal ini karena pendapatan yang dihitung hanya secara kasar melalui AdSense saja belum termasuk pendapatan lain. Youtuber mungkin mendapat penghasilan lain dari affiliate marketing, endorsement, hingga penjualan produk.

Continue Reading

Kerja

Inilah Gaji Pilot dari Berbagai Maskapai di Indonesia

Gaji Pilot

Memiliki profesi sebagai pengemudi pesawat terbang atau pilot sekarang menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bagi orang yang melakoni. Pasalnya, gaji pilot dari berbagai maskapai khususnya di Indonesia terbilang tinggi dibanding bidang pekerjaan lain. Ingin tahu berapakah kisaran gaji tersebut? Simak saja informasi lengkapnya pada ulasan menarik yang disajikan di bawah ini!

1. FO GIA  

FO atau First Officer merupakan sebuah jabatan pilot yang diberikan ketika seseorang baru menyelesaikan pendidikan akademi penerbangan GIA dan diterima bekerja. Karena belum mempunyai pengalaman yang banyak, biasanya akan mendapat pembatasan pengemudian pesawat jarak pendek dengan ukuran kecil. Biasanya, gaji pilot tipe ini sebesar 20 jutaan dan akan terus bertambah nantinya. 

2. KP GIA 

Seorang yang telah lama bekerja di Garuda Indonesia Airways akan berpeluang untuk menjadi seorang KP atau Kapten Pilot. Tentunya, ini lebih memiliki prestise bukan hanya dari segi jabatan tapi juga dari tanggung jawab yang diemban. Lain daripada itu, gaji pilot yang diterima pun sangat menggiurkan, yakni paling sedikit sekira 50 jutaan. 

Menariknya, gaji yang besar tersebut masih memiliki kemungkinan untuk bertambah. Yaitu dari adanya tunjangan yang diberikan dari tugas-tugas yang berhasil diselesaikan dengan baik. Apalagi, bila kapten pilot yang bersangkutan memiliki prestasi tertentu, maka akan diberikan reward khusus dari pihak maskapai. Ini sebagai bentuk komitmen dari GIA terhadap loyalitas para pekerjanya. 

3. Lion Air 

Perusahaan penerbangan berikutnya yang memberikan gaji istimewa adalah maskapai Lion Air. Bila bekerja di tempat ini, seorang Co-pilot akan diberi gaji pokok senilai minimal 35 Jutaan. Sedangkan, bagi kapten pilot senior nominalnya bisa mencapai 45 jutaan, belum termasuk dengan tunjangan terbang per jam, serta tunjangan menarik lain yang diberikan pada setiap bulan. 

Akan tetapi, untuk menjadi bagian dari maskapai ini tidaklah mudah. Seseorang harus terlebih dahulu menyelesaikan pendidikan penerbangan di WFS dan harus mendapat sertifikat penerbangan pula. Selain itu, santer berhembus kabar bahwa pihak manajemen maskapai lebih tertarik untuk mempekerjakan pilot dari negara asing, lantaran gaji yang harus dibayarkan relatif lebih kecil. 

4. Perusahaan Citilink 

Keempat, sebuah maskapai yang aktif membuka lowongan kerja bagi pilot baru setiap tahunnya ialah Citilink. Maskapai yang beroperasi di jalur penerbangan dalam dan luar negeri ini bahkan memberi perhatian lebih pada pilot-pilot barunya. Semisal dengan memberikan penawaran gaji pilot pemula yang besar, mulai dari 15 sampai 20 jutaan di awal karir penerbangannya. 

Seiring berjalannya waktu, dan bertambahnya pengalaman terbang maka pilot baru akan diberikan tugas untuk menjadi Co-Pilot. Tentu, ini disertai dengan penambahan nilai gaji mulai dari kisaran 30 hingga 40 jutaan. Besaran tersebut bahkan akan meningkat lagi, bila Co-pilot dinilai sigap untuk mengambil tanggung jawab besar sebagai kapten penerbangan dengan gaji  sekira 48 jutaan. 

5. Pilot AirAsia 

Terakhir, namun tidak boleh terlewatkan dalam daftar adalah gaji pada maskapai penerbangan populer AirAsia. Kabarnya, perusahaan asal negeri Jiran ini juga dikenal cukup loyal pada pemberian fasilitas awak pesawatnya. Yakni gaji pokok sekira 40 jutaan ditambah dengan tunjangan lain semisal flight allowance yang bila dijumlahkan, setiap bulannya dapat mencapai nominal 80 jutaan  

Nah, itulah tadi sejumlah informasi penting dan menarik terkait kisaran gaji pilot pada sejumlah maskapai penerbangan di Indonesia. Bagaimana? Sangat besar dan menggiurkan bukan? Jadi bagi siapapun yang tertarik untuk mendapatkan profesi ini, baiknya mulai siap-siap dari sekarang! Utamanya, menyiapkan masalah fisik, akademik, dan juga finansial untuk menempuh pendidikan Penerbangan. 

Continue Reading

TOP STORIES