Connect with us

Strategi Pemasaran

Contoh Surat Penawaran Barang yang Baik dan Benar

Surat penawaran barang adalah surat yang dibuat dengan tujuan untuk menawarkan suatu barang kepada pihak lain.

Pada umumnya surat penawaran barang berisi tentang spesifikasi barang yang ditawarkan atau seputar harganya.

Berikut ini beberapa contoh surat penawaran barang yang mungkin bisa menjadi inspirasi

Contoh Surat Penawaran Barang Peralatan Kantor

Contoh surat penawaran barang yang pertama adalah tentang penawaran produk peralatan kantor.

Dalam contoh ini sebuah perusahaan yang memproduksi alat-alat kantor berusaha menawarkan produknya ke perusahaan lain. Harapannya keduanya bisa saling menguntungkan ketika berhasil bekerja sama.

PT INCOME ID

Jalan Putri Salju No. 54

Jayapura

12 Agustus 2020

Nomor                  : 12/23/X11/2020

Hal                          : Penawaran Barang

Lampiran             : 1 Lembar Brosur

Kepada

Manager PT Batanghari Pertiwi

Jalan Merbabu Utara No.9

Manokwari

Dengan Hormat,

Sehubungan dengan pengamatan yang kami lakukan, kami melihat perusahaan yang saudara kelola sekarang mengalami perkembangan. Tentu saja semakin maju jika dibanding dengan beberapa tahun sebelumnya. Kemajuan perusahaan harus didukung dengan fasilitas yang memadahi.

Untuk itu, perusahaan kami bermaksud melakukan penawaran aneka produk peralatan kantor. Kami sengaja memilih beberapa yang terbaik dan menjadi unggulan di perusahaan kami. Bersamaan dengan surat penawaran ini, kami juga tutur melampirkan 1 lembar brosur. Saudara bisa mempergunakan brosur tersebut sebagai bahan pertimbangan.

Kami sangat yakin, jika saudara memutuskan untuk memakai produk peralatan kantor kami adalah keputusan terbaik. Pegawai perusahaan anda kami jamin dapat bekerja lebih efisien dan efektif. Hal ini tentu saja akan berpengaruh terhadap kemajuan prospek perusahaan yang saudara kelola.

Itulah surat penawaran barang berupa peralatan kantor ini kami buat. Kami yakin jika saudara memesan segera produk peralatan kantor pada kami akan dapat menguntungkan kedua belah pihak. Atas waktu dan perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat Kami

PT INCOME ID

Contoh Surat Penawaran Barang Perlengkapan Komputer

Berikutnya ada contoh surat penawaran barang yang dibuat oleh sebuah perusahaan distributor perlengkapan komputer.

Surat penawaran barang tersebut ditawarkan pada perusahaan lain dengan tujuan supaya perusahaan tersebut bisa memesan perlengkapan komputer pada mereka. Untuk lebih jelasnya pahami contoh di bawah ini

PT INCOME ID

Jl. Pohon Kaktus Kecil No, 78

Solo

18 Mei 2020

Nomor                  : 125/009/VII/2020

Hal                          : Penawaran Barang

Lampiran             : 1 Lembar Brosur

Kepada

Manager Utama PT. Sari Wahyu Abadi

Jalan Putih Murni Bersih No. 88

Semarang

Dengan hormat,

Berdasarkan surat ini, kami terlebih dahulu ingin memperkenalkan diri. Kami dari perusahaan PT INCOME ID . Perusahaan kami bergerak di bidang distributor aneka peralatan serta perlengkapan komputer.

Kami mendapatkan informasi jika PT Sari Wahyu Abadi merupakan perusahaan yang saat ini sedang berkembang pesat di Semarang. Selain itu berdasarkan beberapa sumber, kami mengetahui jika perusahaan tersebut telah membuka cabang di sekitar Semarang dan sekitarnya. Terkait hal tersebut, kami PT INCOME ID bermaksud menawarkan barang.

Kami memiliki beberapa produk unggulan berupa perlengkapan komputer terbaik untuk mendukung kegiatan operasional PT Sari Wahyu Abadi. Sebagai pertimbangan kami telah lampirkan sebuah brosur bersama dengan surat penawaran ini. Brosur tersebut berisi tentang perincian daftar produk beserta harga masing-masing.

Kami sangat berharap dapat bekerja sama yang saling menguntungkan dengan perusahaan yang anda kelola. Berikut surat penawaran barang ini dibuat, saya ucapkan terima kasih.

Hormat kami

PT INCOME ID

Contoh Surat Penawaran Barang Mesin Kontraktor

Selanjutnya adalah contoh dari surat penawaran barang yang dikirimkan oleh sebuah perusahaan sebagai balasan surat permintaan. Intinya ada perusahaan yang butuh barang kemudian mengirimkannya pada perusahaan lain yang memproduksi barang tersebut. Dalam contoh ini adalah beberapa barang kontraktor, berikut uraian selengkapnya

PT Gula Jawa

Jalan Asem Rowo No. 12

Kebumen

9 Oktober 2020

Nomor                  : 129/29/VII/2020

Hal                          : Penawaran Mesin Kontraktor

Lampiran             : 1 Lembar Brosur

Kepada

Manajer PT. Segar Bugar

Jl. Biru Hijau No. 237

Jogjakarta

Dengan hormat,

Surat permintaan penawaran dari Ibu Ika No.563/PP/II/2020 tertanggal 17 Juli 2020 telah kami terima. Sehubungan dengan surat yang ibu kirim tersebut, kami berniat menawarkan beberapa barang. Berikut perincian barang tersebut

  • Mesin tulis merek Violetta Rp4.000.000,- per unit
  • Mesin fotocopy merek Sony Rp6.000.000,- per unit
  • Mesin hitung merek Ichiban Rp3.000.000,- per unit

Seandainya ibu Ika menyetujui penawaran kami, dimohon untuk menghubungi kami di nomor 090856437 up. Bapak Wanto. Kami berharap jika perusahaan kami bisa menjalin kerjasama yang menguntungkan dengan perusahaan yang ibu kelola. Atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan banyak terima kasih.

Hormat kami

PT Gula Jawa

Contoh Surat Penawaran Barang Furniture

Selanjutnya ada contoh dari surat penawaran barang yang berupa furniture. Surat penawaran ini dibuat oleh perusahaan distributor furniture yang ingin menawarkan produknya pada perusahaan property. Berikut ulasan selengkapnya

PT Dunia Furniture

Jalan Buah Mangga No. 632

Jombang

3 April 2020

Nomor                  : 17/SS/V1/2020

Lampiran             : 2 lembar

Perihal                  : Penawaran Furniture

Kepada

PT Angkasa Awan

Jalan Bubut Utara No. 56

Jember

Dengan hormat,

Berdasarkan surat ini, perkenalkan kami dari PT  Dunia Furniture perusahaan yang bergerak di sektor distributor barang-barang furniture. Berdasarkan informasi yang kami peroleh PT. Angkasa Awan merupakan perusahaan property yang kini sedang berkembang pesat di wilayah Jember. Sehubungan dengan fakta tersebut, kami berniat menawarkan kerjasama pengadaan barang furniture dengan perincian

1.Meja Komputer Merek Kiriko

2.Lemari Kantor

3.Meja Dan Kursi Kerja

4.Sofa Dan Meja Ruang Tamu

5.Papan Pembatas Untuk Karyawan

Kami turut melampirkan juga brosur, terkait produk tersebut beserta harga dan petunjuk manualnya dengan surat penawaran ini. Jika Bapak/Ibu sekiranya tertarik, kami bisa mengirimkan staff kami guna menjelaskan lebih lanjut terkait produk yang dibutuhkan. Demikian surat penawaran ini kami sampaikan, atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami

PT Dunia Furniture

Contoh Surat Penawaran Barang Bangunan

Terakhir ada contoh dari surat penawaran barang berupa bahan bangunan. Sebuah perusahaan distributor bahan bangunan ingin menawarkan kerjasama pengadaan bahan bangunan untuk perusahaan kontraktor. Untuk lebih jelasnya simak uraian berikut ini

PT Bintang Bangun

Jl. Sawojajar No. 87

Malang

4 Januari 2020

Nomor                  : 44/DPP/X/2020

Lampiran             : 1 Bendel

Hal                          : Penawaran Bahan Bangunan

Kepada

PT Indokontraktor Megah Utama

Jl. Megah No. 9

Malang

Dengan hormat,

Bersama surat ini, kami dari PT Bintang Bangun yaitu sebuah perusahaan distributor bahan-bahan bangunan. Bermaksud untuk memberikan penawaran kerjasama dengan PT Indokontraktor Megah Utama. Penawaran tersebut terkait pengadaan bahan bangunan untuk mendukung kegiatan operasional PT Indokontraktor Megah Utama. Sebagai bahan pertimbangan kami telah melampirkan beberapa dokumen diantaranya

1.Bukti distributor resmi produk-produk bahan bangunan.

2.Katalog semua produk beserta masing-masing harga.

3.Pengajuan mekanisme kerjasama.

4.Berkas perjanjian kerjasama.

5.Pilihan metode pembayaran yang kami usulkan.

Kami berharap semua dokumen tersebut dapat menjadi pertimbangan agar kedepannya anda bisa bekerja sama dengan kami. Sekian surat penawaran ini kami buat, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami

PT Bintang Bangun

Baca Juga: Tips Membuat Brosur yang Menarik dan Mampu Membius Pembaca

Itulah beberapa contoh surat penawaran barang. Surat penawaran barang ini harus dibuat ketika suatu perusahaan ingin menawarkan produknya ke pihak lain. Jika masih bingung bagaimana cara membuatnya, lihat saja beberapa contoh di atas.

Mendirikan situs income.id sebagai perwujudan pengabdian kepada bangsa dan negara indonesia melalui media yang informatif dan edukatif

Strategi Pemasaran

Cara dan Tempat Efektif buat Promosi Online, Apapun Produk Kamu

Saat ini promosi online menjadi cara promo yang menjanjikan karena semakin mudahnya masyarakat mengakses internet melalui berbagai gadget.

Tren belanja terbaru saat ini adalah melalui online hal ini juga meningkatkan persaingan di dalam bisnis online itu sendiri.

Sehingga kamu membutuhkan cara promosi produk online yang tepat untuk memenangkan persaingan dalam berbisnis. Di bawah ini adalah cara-cara yang bisa kamu tempuh untuk promosi online:

Melalui Marketplace

Saat ini telah banyak marketplace yang bisa dimanfaatkan sebagai sarana promosi produk secara online oleh pelaku bisnis online.

Sangat mudah cara promosi produk online melalui marketplace cukup mengikuti program promosi yang berlaku pada masing-masing marketplace saja. Dengan demikian produk sudah dipromosikan secara online dan dikenal oleh seluruh pengguna aplikasi marketplace tersebut.

Sebelum mengikuti program promosi hal yang harus dilakukan pertama kali adalah membuat akun atau toko dalam marketplace tersebut. Dengan demikian maka akan mendapatkan hak untuk melakukan promosi produk secara online di sana.

Tinggal memilih salah satu marketplace atau juga bisa menggunakan semua marketplace yang tersedia agar lebih besar peluang penjualannya.

Menggunakan Media Sosial

Cara promosi selanjutnya bisa dengan menggunakan media sosial, ini sangat mudah dan murah karena tidak perlu mengeluarkan biaya apa pun.

Banyak sekali jenis media sosial yang bisa digunakan untuk melakukan promosi produk online bagi para pebisnis online. Media sosial yang bisa digunakan seperti facebook, line, Instagram, twitter dan sebagainya.

Cara melakukan promosi sangat mudah cukup dengan membuat akun khusus untuk kemudian digunakan melakukan posting produk yang akan dijual.

Jangan lupa juga memperbanyak teman di media sosial karena semakin banyak teman artinya semakin bagus network yang dimiliki. Dengan demikian produk akan semakin dikenal bayak orang melalui media sosial.

Menggunakan Google Adword

Web Google ads

Jika pemilik bisnis memiliki budget untuk melakukan kegiatan promosi maka cara promosi produk online yang satu ini bisa dilakukan.

Menggunakan Google Adword atau google ads adalah salah satu program promosi yang sangat efektif saat ini karena banyak sekali pengguna internet yang bisa mengakses Google kapan pun dan di mana pun.

Dengan menggunakan Google Adword maka produk yang dipromosikan akan menjadi yang teratas pada hasil mesin pencari Google.

Ini merupakan keuntungan besar karena produk yang dipromosikan akan berada di urutan teratas sebagai produk yang dicari konsumen. Dengan demikian promosi akan sangat efektif dan angka penjualan akan segera meningkat.

Promosi Melalui Website Atau Blog

Memiliki website toko online tersendiri dan memiliki blog sebagai pendukung sangat penting bagi sebuah perusahaan online.

Dengan menggunakan website atau blog bisa dengan mudah melakukan promosi produk secara online. Mungkin cara ini memang tidak bisa berdampak langsung tetapi dalam waktu lama juga akan membantu penjualan produk yang dipromosikan.

Cara promosi produk online satu ini cukup efektif jika didukung dengan desain website yang menarik dan professional.

Pengunjung website akan dengan mudah tertarik dengan produk yang dipromosikan jika website atau blog dibuat dengan baik. Apalagi jika ditambahkan promo-promo menarik yang tampilannya dapat memikat pengunjung website.

Menggunakan Teknik Email Marketing

Meski pun dibilang cara lama namun metode promosi menggunakan email marketing ini cukup efektif dilakukan.

Jangan pernah meremehkan cara promosi melalui email marketing karena hasilnya masih cukup efektif bagi sebuah usaha. Menggunakan cara promosi produk yang satu ini artinya harus mengirimkan berita promosi atau produk terbaru kepada alamat email pribadi.

Hasilnya promosi tersebut akan secara personal dibaca oleh pemilik alamat email sehingga akan lebih bisa secara langsung dampaknya. Setiap penerima email bisa langsung melakukan reaksi atas email yang telah diterimanya. Apakah akan langsung membeli atau reaksi lain, cara ini sangat efektif karena sifatnya adalah personal secara langsung.

Iklan Melalui Youtube

Youtube pun saat ini bisa menjadi sarana iklan yang cukup efektif bagi yang ingin melakukan promosi produknya baik barang atau pun jasa.

Dengan memasang iklan melalui youtube kemungkinan produk dikenal sangat tinggi, karena saat ini banyak sekali pengguna youtube yang selalu mengakses media ini. Iklan yang ditampilkan dalam sela-sela video yang ditayangkan youtube bisa menarik perhatian bagi pengguna youtube.

Iklan melalui youtube ini bahkan bisa menjangkau seluruh dunia karena pengguna youtube tidak terbatas pada satu daerah saja. Produk yang dipromosikan bisa merambah pasar yang sangat luas di seluruh dunia dengan beriklan melalui youutbe.

Melalui Personal Account

Personal account seperti BBM atau WA biasanya berisi kontak-kontak pribadi orang-orang terdekat yang dikenal saja. Ini akan efektif jika digunakan untuk mempromosikan produk secara online dan dampaknya akan terlihat secara langsung.

Hal ini karena promosi terjadi antar personal yaitu pemilik usaha dengan pembeli langsung sehingga sangat efektif.

Kamu bisa memasang foto produk sebagai status atau profil picture-nya agar bisa dilihat oleh banyak orang.

Dengan demikian produk kamu akan dikenal oleh seluruh kontak yang tersimpan di dalam BBM atau WA.

Jika ada yang tertarik pada produk yang diposting maka bisa secara langsung mengirimkan pesan dan bertanya lebih lanjut. Cara promosi ini cukup efektif dilakukan apalagi jika produk kebutuhan wanita.

Memanfaatkan Media Search Engine Dengan SEO

Memanfaatkan SEO untuk mempromosikan produk maksudnya adalah menggunakan pendekatan SEO ini untuk menaikkan trafik website terlebih dahulu.

Jika website toko online atau blog memiliki trafik atau pengunjung yang banyak maka produk yang dipromosikan juga akan semakin cepat dikenal. Inilah yang disebut dengan memanfaatkan media SEO untuk melakukan promosi produk online.

Caranya menggunakan metode ini adalah dengan membuat website yang sesuai dengan algoritma Google dengan konten yang mudah dikenali. Dengan demikian website akan SEO friendly dan selalu menjadi yang teratas dalam hasil pencarian Google. Kondisi inilah yang akan menguntungkan upaya promosi produk secara online yang dilakukan.

Melalui Iklan Baris Online

iklan jitu | iklan baris milik jawapos.com

Satu lagi cara promosi produk yang bisa dilakukan secara online adalah lewat iklan baris online. Banyak website-website portal berita yang menawarkan iklan baris di websitenya dengan harga tertentu.

Cara ini bisa cukup efektif karena website portal berita biasanya telah memiliki trafik yang sangat tinggi sehingga peluang produk dikenal banyak orang semakin tinggi.

Menggunakan iklan baris untuk berpromosi memang tidaklah gratis tapi cukup sebanding dengan hasil yang diberikan. Produk usaha online yang ingin dipromosikan bisa dengan segera dikenal oleh seluruh pengguna internet di seluruh dunia.

Baca Juga: Tips Membuat Brosur yang Menarik dan Mampu Membius Pembaca

Demikianlah cara promosi produk online yang bisa dicoba untuk dilakukan dalam usaha memenangkan persaingan bisnis online.

Dengan pemilihan cara promosi yang tepat maka akan dengan mudah mengenalkan produk dan mendapatkan pembeli. Banyak sekali cara yang bisa dipilih untuk menjadi sukses dalam bisnis online sesuaikan saja dengan sumber daya yang ada agar lebih mudah dilakukan.

Continue Reading

Strategi Pemasaran

Tips Membuat Brosur yang Menarik dan Mampu Membius Pembaca

Contoh Brosur Yang Menarik | © sjbatik.net

Sebelum kita bahas mengenai cara dan tips membuat brosur yang menarik coba kalian lihat dulu contoh brosur milik sjbatik.net diatas

Agar kalian mempunyai gambaran bagaimana susunan kalimat brosur yang bagus, brosur diatas adalah brosur untuk mencari agen atau reseller, jika sudah dilihat silahkan lanjutkan pembahasan kami dibawah ini:

Brosur menjadi salah satu pilihan alat promosi yang efektif dan efisien untuk perusahaan atau individu seperti kamu yang ingin mempromosikan suatu produk.

Selain itu harga brosur memang jauh lebih murah dibandingkan alat promosi lainnya.

Namun tentu saja tidak boleh sembarangan saat membuat brosur agar bisa sampai ke sasaran dan tidak dibuang begitu saja. Di bawah ini ada tips membuat brosur menarik yang bisa kamu coba:

Buatlah Desain Menarik 

Desain brosur menjadi hal pertama yang akan menarik perhatian orang sehingga memutuskan untuk membaca brosur tersebut atau menumpuknya saja. Dengan membuat desain brosur yang menarik dan tidak biasa pasti akan lebih mudah membuatnya dibaca. Jika selama ini brosur hanya berbentuk kotak begitu saja maka sekarang buatlah desain yang unik dengan berbagai bentuk menarik.

Buat Secara Singkat Namun Informatif

Buatlah brosur dengan singkat tetapi tetap bisa memuat semua informasi yang ingin disampaikan kepada pembaca. Jangan buat kata-kata di dalam brosur dengan kalimat panjang-panjang yang membosankan dan terasa penuh. Buatlah konten dengan tulisan sesingkat-singkatnya tetapi tetap mampu memberikan informasi yang sama. Dengan demikian calon konsumen tidak akan bosan membaca brosur yang dibuat karena tulisan singkat saja.

Atur Tulisan Dengan Benar Pada Konten

Buatlah pengaturan tulisan seperti font yang digunakan, size font yang digunakan, warna font dengan benar dan sesuai. Jangan pilih font yang terlalu rumit sehingga pembaca kesulitan membacanya, tapi pilih yang sederhana dan mudah terbaca. Pastikan sizenya cukup dan tidak membuat mata pembaca brosur yang dibuat sakit karena tulisan yang terlalu kecil. Begitu juga warna pilihlah yang memiliki kontras yang tepat

Beri Judul Yang Menarik Dan Tidak Terduga

Judul menjadi komponen penting dalam sebuah tulisan, termasuk brosur yang digunakan untuk promosi sebuah produk. Pemilihan judul yang tepat untuk sebuah brosur akan menentukan seberapa tertariknya pembaca terhadap brosur yang dibuat. Pilih judul yang menarik untuk membuat pembaca tertarik dengan isi dari brosur yang dibuat, dengan demikian brosur akan mencapai sasaran.

Cantumkan Keuntungan Dari Produk

Terkadang pembaca tidak mau membaca sebuah brosur karena tidak bisa menemukan keuntungan yang dicari dalam brosur tersebut. Oleh sebab itu jangan lupa untuk mencantumkan keuntungan dari sebuah produk disaat membuat brosur agar menarik. Pembaca akan lebih tertarik melihat keuntungan yang akan didapatkannya jika memilih sebuah produk baru. Brosur harus mampu memenuhi rasa ingin tahu pembaca akan keuntungan tersebut.

Pastikan Lebih Baik Dari Kompetitor

Jangan lupa untuk melihat brosur yang dikeluarkan oleh kompetitor untuk produk yang sama karena ini akan membantu untuk membuat lebih baik. Pastikan brosur yang dibuat lebih baik dari kompetitor sehingga berhasil memenangkan pertarungan untuk mendapatkan konsumen. Inilah sebenarnya tujuan dari promosi yaitu memperkenalkan produk sekaligus mendapatkan calon pembeli potensial untuk produk tersebut.

Cantumkan CTA

CTA atau call to action sangat penting untuk dicantumkan di dalam sebuah brosur agar menarik perhatian pembaca. Dengan adanya call to action artinya membuat pembaca memiliki inisiatif untuk melakukan sesuatu jika ingin memiliki produk yang ditawarkan. Pembaca akan terpengaruh untuk segera menghubungi pihak perusahaan jika tertarik dengan produk yang ditawarkan.

Berikan Penawaran Menarik

Jangan lupa untuk memberikan penawaran menarik yang bombastis kepada pembaca, namun tetap jujur. Pembaca akan tertarik dengan penawaran-penawaran yang bombastis namun jika itu menipu maka akan mengecewakan dan tidak baik untuk branding produk. Jadi berikan penawaran menarik yang sesuai dengan apa yang bisa diberikan oelh perusahaan, tapi pilih kata-kata yang tidak biasa.

Buatlah Brosur Memiliki Space Yang Cukup

Berilah space yang cukup pada brosur yang dibuat agar tidak tampak terlalu penuh sehingga membuat pembaca sudah bosan walau belum membacanya. Brosur yang terlalu penuh dengan tulisan tidak akan menarik perhatian pembacanya karena tampak membosankan dan membingungkan. Ciptakan space yang cukup agar brosur tampak menarik dan tidak membosankan untuk dibaca.

Jika Sudah Memiliki Testimoni Jangan Lupa Cantumkan

Jika perusahaan sudah memiliki testimoni dari pembeli sebelumnya maka bisa dicantumkan untuk menarik perhatian. Pembaca akan jauh lebih percaya dengan testimoni pembeli lainnya yang sudah membuktikan sendiri. Testimoni tersebut sekaligus menjadi referensi bagi pembaca yang tertarik dengan produk tetapi masih ragu-ragu, akan menjadi yakin setelah membaca testimoni. Ini akan menjadi hal yang menarik pada sebuah brosur karena selalu dicari pembaca.

Letakkan Informasi Perusahaan Secara Lengkap

Dibagian akhir brosur bisa mencantumkan informasi perusahaan dengan lengkap agar jelas dan meyakinkan. Pembaca akan lebih diyakinkan jika sebuah brosur mencantumkan secara jelas informasi perusahaan yang mengeluarkannya. Selain itu akan lebih mudah bagi pembaca untuk menghubungi perusahaan saat tertarik pada produk yang ditawarkan jika informasi perusahaan tercantum. Informasi seperti alamat, nomor telepon, email dan jam pelayanan akan sangat membantu.

Cantumkan Harga Atau Diskon Produk

Siapa sih yang tidak tertarik dengan diskon atau harga murah? Ini salah satu membuat brosur menjadi menarik di mata pembaca adalah ketika tercantum harga produk yang terjangkau atau sebuah diskon. Apalagi bagi para perempuan yang memang lebih tertarik dengan produk diskon cara ini akan menjadi salah satu tips membuat brosur menarik yang harus dicoba.

Buat Brosur Yang Memiliki Sub-Sub Judul Agar Mudah Dibaca

Tips membuat brosur menarik lainnya adalah dengan memberikan sub sub judul pada brosur yang dibuat untuk mempertegas judul utamanya. Dengan adanya sub-sub judul ini maka pembaca bisa dengan mudah mengetahui isi dari brosur secara keseluruhan. Hal ini karena sub judul memberikan informasi sesuai dengan sub bab pembahasannya.

Fokus Pada Produk Yang Dipromosikan

Pembahasan dalam brosur jangan melebar tetap fokus pada produk yang ingin dipromosikan. Jelaskan tentang produk secara mendetail agar pembaca bisa memahami produk apa yang sedang dikenalkan. Jika memungkinkan bisa menggunakan gambar produk agar pembaca bisa mengerti dengan jelas dan mudah mengetahui produk yang dimaksudkan.

Gunakan Bahasa Yang Mudah Dimengerti

Tips membuat brosur menarik yang selanjutnya adalah pilihlah bahasa yang bisa dengan mudah dimengerti oleh setiap kalangan. Jangan gunakan bahasa yang terlalu tinggi sehingga sulit untuk langsung dipahami setiap orang. Pilih kosakata yang mudah dimengerti dan jangan sekali-kali menggunakan kalimat yang membingungkan agar mudah dimengerti oleh pembaca. Tidak akan ada artinya sebuah brosur jika pembacanya tidak dapat memahami isinya.

Gunakan Struktur AIDA | Rumus Ampuh Dalam Menyusun Kalimat Brosur

Apa itu AIDA ? AIDA adalah suatu konsep atau rumus penulisan yang tersusun sedemikian rupa dengan tujuan agar pembaca brosur kamu tertarik hingga melakukan apa yang kamu mau misalnya pembelian atau gabung menjadi member kamu.

Adapun Kepanjangan rumus AIDA adalah:

  • Attention atau Attract
  • Interest
  • Desire
  • Action

Dengan rumus AIDA itu kamu bisa membuat brosur yang berfokus pada hal berikut ini:

  • Memperoleh perhatian lebih dari pembaca/ target market kamu
  • Membangun rasa ketertarikan kepada Hal yang kamu promosikan
  • Memberi stimulus atau keinginan yang kuat pada pembaca untuk membeli produk
  • Pada akhirnya akan mendorong target market kamu untuk mengambil tindakan, misalnya: membeli produkmu

Baca juga: Current Ratio Adalah: Memahami Pengertian dan Rumus Current Ratio

Dengan mengikuti tips membuat brosur menarik di atas maka akan menghasilkan brosur yang bisa menarik perhatian konsumen. Jika perhatian konsumen sudah berhasil direbut maka berikutnya dengan mudah mempengaruhi konsumen untuk membeli produk.

Inilah bukti jika brosur yang menarik adalah cara promosi yang efektif dan terjangkau bagi seluruh perusahaan yang membutuhkan.

Continue Reading

Bisnis

Contoh Market Plan, Analisis Usaha Paling Lengkap

contoh job description

Hai semuanya, kembali lagi dengan saya. Apakah kalian sudah tahu apa itu market plan? gimana sih contoh market plan?

Market plan adalah salah satu dasar penting yang ada jika kamu ingin memulai sebuah usaha atau bisnis.

Market plan sangat diperlukan agar nantinya bisnis kamu menjadi terarah dan terukur.

Lalu banyak yang belum tau apa sih sebenarnya definsi markert plan itu.

Seperti biasa, saya akan membagikan informasi kepada kalian tentang apa itu market plan, kemudian bagaimana contoh dan penjelasannya.

Bagi kalian yang ingin membuka kedai kopi, atau bisnis makanan pas banget nih. Artikel ini akan mencontohkan market plan kedai kopi dan usaha makanan. Kenapa dua hal ini yang dipilih?

Pertama karena kedai kopi adalah sebuah bisnis yang seolah-olah tak habis pesonanya, yang bisa digunakan untuk tempat nongkrong, tempat nobar,tempat kencan. Sehingga ini menjadi pilihan yang tepat bagi kalian yang bingung mau usaha apa.

Kedua, kenapa usaha makanan. Karena, makanan adalah kebutuhan manusia sehari-hari. Jadi, kalau kalian gamau membuka kedai kopi karena kalian sendiri tidak suka ngopi. Kalian bisa membuka usaha makanan yang setiap hari dibutuhkan oleh semua orang.

Namun, sebelum membahas contoh market plan kedai kopi dan usaha makanan. Terlebih dahulu kalian harus mengetahui pengertian dan komponen apa saja yang harus ada di sebuah market plan. Ayo langsung aja kita bahas contoh market plan ini!

Pengertian Market Plan dan Komponen yang Ada di Dalamnya

Pengertian Market Plan dan Komponen yang Ada di Dalamnya
Pengertian Market Plan dan Komponen yang Ada di Dalamnya

Oke, pertama adalah pengertian tentang market plan. Menurut situs thebalancesmb, market plan adalah sebuah rencana pemasaran suatu produk atau bisnis jangka panjang.

Mengapa bisa dikatakan jangka panjang karena market plan yang baik harus memuat prediksi jangka panjang keberhasilan atau keberlanjutan sebuah bisnis atau usaha.

Manfaat market plan sendiri juga banyak banget nih guys. Pertama, kalian bisa menjalin kerjasama dengan pihak yang akan mendukung bisnis kalian.

Kedua meningkatkan penjualan. Ketiga, mengerti dan paham keadaan pasar. Keempat, meminimalisir kerugian.

Lalu, apa aja sih yang harus ada dalam sebuah market plan? Oke mari kita bahas satu persatu :

  • Konsep Usaha

Komponen yang harus ada dalam market plan yang pertama adalah konsep usaha. Di sini, kamu harus tahu apa sih sebenarnya konsep usaha yang mau kalian usung. Bagaimana sih bentuknya, outdoor kah atau indoor?

Kamu juga harus mikirin nih, gimana nanti dekornya, apa yang akan kamu jual dan apa keunggulan produkmu dibanding dengan yang lain. Sedikit tips nih, kalau kamu ingin berbisnis yang sudah umum di kalangan masyarakat, cari keunikan yang menjadi ciri khas sekaligus pembeda antara produkmu dengan produk yang lain.

Misal, kamu bisa menamai produkmu dengan suasana hati kekinian. Jika kamu ingin membuka kedai kopi maka kamu bisa menamai kopimu dengan sebutan kopi cinta, kopi cemburu atau lainnya.

Kamu juga bisa membuat desain yang unik dibanding kedai kopi yang lainnya. Kesimpulannya, jelaskan konsepmu secara gamblang di bagian konsep usaha pada market plan ini.

  • Analisis Situasi

Komponen yang kedua adalah harus ada analisis situasi. Gimana tuh maksudnya? pertama sebenarnya kamu harus melakukan riset terlebih dahulu minimal 1 minggu. Mengapa ini penting untuk kamu lakukan?

Pertama, kamu harus mempertimbangkan apa produk yang ingin kamu jual? sudah pas atau tidak dengan kebutuhan masyarakat? atau malah sama sekali tidak dibutuhkan oleh masyarakat?

Kedua, apakah kemudian pasarmu mumpuni? dalam artian apakah kalian yakin akan berjualan di tempat yang sepi atau rame? Ketiga, seberapa banyak orang akan tertarik pada apa yang akan kamu jual. Jadi perhatikan analisis situasi ini.

  • Analisis SWOT

Ketiga, adalah analisis SWOT. Jika kalian belum paham apa itu SWOT, nih saya kasih tau yaa. S adalah singkatan dari strenght artinya kekuatan, W adalah singkatan dari weaknees artinya adalah kelemahan. O adalah singkatan dari Opportunities yang artinya kesempatan. Dan T adalah singkatan dari threats yang artinya ancaman.

Jadi gini guys, kalau kalian ingin membuka sebuah usaha atau bisnis kalian harus membuat rincian secara gamblang apa itu kekuatannya, kelemahannya, kesempatannya dan ancamannya. Semua harus bisa kalian baca dengan teliti.

SWOT ini juga sangat membantu kalian untuk menentukan atau mengambil langkah apabila suatu hal yang tidak diinginkan terjadi. So, apa SWOT usaha yang akan kamu dirikan?

  • Strategi Pemasaran

Keempat adalah strategi pemasaran. Strategi pemasaran juga penting untuk kamu buat. Nantinya kamu mau memasarkan produkmu dimana. Online kah? atau offline?

  • Biaya Pemasaran

Nah yang kelima adalah biaya pemasaran. Sesuaikan dan analisis secara mendalam ya budget mendirikan usahamu. Perhatikan juga bagaimana cara kamu nantinya menganalisis keuanganmu.

Beberapa Contoh Market Plan untuk Usaha Bisnis

Beberapa Contoh Market Plan untuk Usaha Bisnis
Beberapa Contoh Market Plan untuk Usaha Bisnis

1. Contoh Market Plan Kedai Kopi OKE

KONSEP USAHA

Konsep usaha kedai kopi ini adalah kedai kopi yang menyediakan kopi dengan modifikasi mobil. Berpindah dari satu lokasi ke lokasi lainnya seperti di pasar, tempat nongkrong malam minggu dan lain-lainnya.

Kedai kopi ini diberikan nama kopi bucin, dengan menunya yaitu kasmaran, perjuangan, cinta dan masih banyak yang lainnya. Dengan tujuan menarik pelanggan agar lebih dikenal dan berdatangan ke kedai kopi.

  • Analisis Situasi

Konsep usaha kedai kopi ini penting dilaksanakan karena di beberapa tempat nongkrong masih susah jika ingin membeli minuman yang sejenis kopi. Hal ini berdasarkan riset yang sudah dilaksanakan selama 1 minggu.

  • Analisis SWOT

Kekuatannya (S) belum ada kedai kopi yang mendatangi pengunjung dengan konsep kafe minimalis. Rata-rata pengunjung harus datang dulu, prinsipnya kami akan mendatangi pembeli

Kelemahannya (W) kemungkinan akan berlebih di uang transportasi, tapi ini akan diatasi dengan menghemat biaya produksi. 

Opportunities (O) menciptakan terobosan baru warung kopi berjalan

Threats (T) sulit untuk menemukan tempat nongkrong dengan lahan yang luas, rawan pengusiran dsb.

  • Strategi Pemasaran

Pemasaran akan dilakukan secara online dan offline. Online dengan mempromosikan di akun instagram, facebook dan twitter dengan video animasi yang lucu.

Kedua promosi secara offline akan memasang banner di depan mobil, dan menyebarkan brosur di tempat-tempat nongkrong.

Biaya Pemasaran :

Biaya pemasaran jasa edit video dan foto                              : Rp.500.000

Biaya pemasaran secara offline (banner dan brosur)         : Rp. 300.000

2. Contoh Market Plan Usaha Makanan Catering Maju Jaya

Contoh Market Plan Usaha Makanan
Contoh Market Plan Usaha Makanan

KONSEP USAHA

Usaha catering yang melakukan pelayanan mengantarkan barang, catering untuk acara pernikahan, masakan harian dan acara resmi lainnya. Dinamakan maju jaya karena agar pengucapannya mudah dan diingat oleh masyarakat.

Pemesanan dilakukan secara online dengan mempekerjakan salah satu costumer service untuk melayani pemesanan dan pembayaran para pembeli.

  • Analisis Situasi

Bisnis ini akan berlokasi di samping jalan raya besar yang akan memudahkan seseorang untuk menemukan alamat tempat ini. Juga akan berencana memasang banner yang besar sehingga masyarakat yang lewat mengingat dan mengetahui bahwa tempat ini adalah cateringan makanan.

  • Analisis SWOT

Kekuatan (S), bisnis ini akan menjadi terkenal karena akan dilaksanakan promosi minimal 3 kali sehari, dari segi pelayanan juga sudah online yang mana sangat memudahkan pembeli, serta layanan 24 jam.

Kelemahan (W), kelemahannya banyaknya pesaing bisnis catering yang sering kali lebih masuk di hati masyarakat dibandingkan dengan bisnis ini. Sehingga bisnis ini harus menemukan ciri khas atau menu tertentu yang tidak ada pada katering yang lainnya.

Peluang (O) peluangnya adalah para pembeli sudah tidak repot lagi untuk datang langsung ke tempat katering, karena akan melayani 24 jam, yang biasanya pelayanan semacam ini tidak ditemukan di usaha katering yang lainnya.

Ancaman (T), terancam makanan basi apabila tidak habis dalam satu hari. Oleh karena itu diperlukan strategi agar masakan tidak terbuang percuma yaitu baru masak ketika pesanan sudah ada.

  • Strategi Pemasaran

Pemasarannya akan dilaksanakan secara online dan offline. Online melalui jejaring facebook yang lebih banyak diakses dan offline melalui banner, spanduk, brosur yang ditempelkan ataupun disebar di desa-desa.

Biaya Pemasaran:

Biaya pemasaran online video dan foto                                  : Rp. 200.000

Biaya pemsaran oflline (spanduk, banner,brosur)              : Rp. 500.000

Tips Membuat Market Plan yang Baik dan Benar

Tips Membuat Market Plan yang Baik dan Benar
Tips Membuat Market Plan yang Baik dan Benar

Oke, jadi kira-kira seperti begitulah gambaran tentang contoh market plan kedai kopi dan contoh market plan usaha makanan. Semua itu fleksibel tergantung kalian ingin menambahkan apa di dalam market plan kalian.

Yang pastinya, usahakan contoh market plan adalah rancangan jangka panjang, analisis secara mendalam yang mana bisa kalian lakukan riset terlebih dahulu dalam kurun waktu kurang lebih satu bulan. kalian harus melakukannya baik secara online dan secara offline.

Target pemsasarannya juga harus jelas, apakah pasar yang kalian targetkan anak muda, orang tua atau semua kalangan ?lakukan juga survey tentang apa yang mereka inginkan dan butuhkan. Serta bagaimana kepuasaan mereka.

Hal ini penting untuk kalian lakukan agar bisnis yang kalian jalankan terarah, terencana, jelas dan pastinya tidak mengalami kebangkrutan. Pastinya kalian nggak mau kan jika bisnis atau usaha kalian amburadul.

Oleh karena itu, contoh market plan di atas bisa kalian gunakan sebagai referensi. Ingin membuat usaha yang seperti apa dan analisisnya bagaimana, oh iya tadi ada yang lupa, riset target pemasaran bisa kalian lakukan secara online dengan membuat google form juga ada offline yaitu menyebarkan kuisioner.

Jadi,bagaimana sudah siapkah bisnis kamu? sudah sejauh mana contoh market plan yang kalian buat? Jika kalian tidak bisa membuat market plan sendirian maka kalian bisa meminta tolong pakar atau ahli untuk membantu bisnis kalian.

Kalian juga harus sering-sering konsultasi kepada ahlinya. Jika sudah berkembang, rekrut pegawai yang mampu untuk menghandle pekerjaannya jangan sampai kalian salah pilih pegawai. Tidak harus sesuai dengan jurusan,asalkan kalian paham bagaimana kinerjanya dan cepat dalam menerima ilmu baru.

Jadi, sudah terfikirkan belum mau buka bisnis atau usaha apa? jika belum, pikirkan secara matang terlebih dahulu, buat market plan kemudian lakukan sesuai rencana. Semoga dengan artikel ini bisa membantu bisnis yang akan kalian jalankan lebih terarah.

Baca Juga: Marketing Mix Adalah: Pengertian dan Penerapannya dalam Dunia Bisnis

Oke mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan kepada kalian semua. Sekarang sudah tidak bingung lagi kan membuat contoh market plan. Kalian bisa coba buat market plan dari salah satu contoh yang sudah saya jelaskan diatas. Terimakasih.

Continue Reading

TOP STORIES