Connect with us

Education

Simak 8 Cara Merawat Kucing Persia Agar Tumbuh Sehat

Memiliki hewan peliharaan memang sangat menyenangkan karena dapat menjadi hiburan tersendiri. Salah satu hewan yang banyak dipelihara adalah kucing, terutama dari ras Persia yang populer di dunia. Kucing Persia sangat populer disebabkan karena sifatnya yang penurut dan tidak agresif. Nah, berikut ini cara merawat kucing persia yang benar agar tumbuh sehat.

Cara Merawat Kucing Persia

1. Membuat Kandang Khusus

Langkah pertama yang harus disiapkan sebelum memelihara kucing persia adalah menyiapkan kandang khusus baginya. Jadi, ukuran kandang memang disesuaikan dengan ukuran kucing persia yang akan dipelihara. Jangan lupa untuk memberikan sirkulasi udara yang baik pada kandang agar menjadi tempat istirahat yang nyaman bagi si kucing.

Letakkan kandang tersebut di tempat yang agak terbuka agar sirkulasi udara di dalam kandang menjadi lancar. Selain itu, dengan diletakkan di tempat terbuka, sinar matahari juga bisa masuk dengan leluasa ke kandang tersebut. Hal ini sangat baik untuk pertumbuhan dan juga kesehatan kucing Persia.

2. Sediakan Tempat Makan dan Minum Khusus

Tak hanya menyediakan tempat tinggal khusus bagi si kucing, tetapi juga harus menyediakan tempat untuk makan dan minum yang khusus. Dengan menyediakan tempat makan dan minum khusus, maka kebersihan lingkungan juga bisa terjaga. Hal ini karena kucing Persia akan bisa makan tanpa berantakan atau tercecer ke mana mana.

Sebaiknya sediakan tempat makan dan minum menjadi satu wadah yang sama agar praktis. Jadi, satu wadah terdiri dari dua lubang dengan cekungan yang tidak terlalu dalam. Hal ini dikarenakan lidah kucing Persia pendek. Letakkan wadah tersebut di tempat yang sama agar si kucing tidak kebingungan saat mencari makanan.

3. Menyediakan Pasir dan Tempat Pasir

Pecinta kucing tentu sudah tidak asing lagi mengenai apa fungsi pasir dalam pemeliharaan kucing. Pasir menjadi media yang bagus untuk mengurangi dan juga mengeringkan kotoran kucing. Pasir ini harus sering diganti, minimal tiga kali dalam sehari. Hal ini karena pasir tersebut menjadi media kotoran yang mengundang penyakit bila tidak dibersihkan.

4. Berikan Makanan Bergizi

Cara merawat kucing persia yang selanjutnya adalah dengan memberikan makanan yang bergizi. Sama seperti manusia, kucing juga membutuhkan makanan yang bergizi untuk tumbuh kembangnya. Oleh sebab itu, jangan sampai memberikan makanan sembarangan, seperti makanan sisa. Namun, berikan makanan kucing yang memang mempunyai kualitas bagus, seperti daging atau dari buatan pabrik.

Untuk minuman, juga harus dari air yang memang bersih agar tidak mengundang penyakit masuk. Jika memang hendak memberikan susu, maka harus menggunakan susu khusus untuk kucing, bukan untuk yang lain. Hal ini karena kucing memerlukan kandungan susu yang berbeda dari manusia atau yang lainnya.

5. Sering Membersihkan Kandang

Kandang sejatinya merupakan tempat bagi kucing Persia untuk beristirahat. Jadi, kandang tersebut harus sering sering dibersihkan agar membuat si kucing nyaman berada di dalamnya. Selain itu, kandang yang bersih bisa membuat kucing Persia tumbuh sehat dan terhindar dari penyakit. Bersihkan kandang dari sisa sisa makanan kucing maupun dari kotorannya.

6. Memandikan Kucing Persia Secara Rutin

Secara alamiah, kucing memang mempunyai kemampuan untuk membersihkan dirinya sendiri dengan air liurnya. Namun, terkadang hal ini tidak cukup untuk membersihkan badan kucing secara keseluruhan. Oleh sebab itu, kucing perlu dimandikan secara rutin untuk membersihkan badannya dari kotoran dan kuman.

Mandikan kucing paling tidak seminggu sekali dengan menggunakan shampo khusus untuk kucing. Setelah dimandikan, keringkan bulu kucing dengan menggunakan handuk atau bisa juga dengan hair dryer. Kemudian, sisir bulu kucing persia agar bulu bulunya kembali rapi serta bulu bulu yang sudah mati dapat terangkat.

7. Bersihkan Kucing Persia Pada Bagian Tubuh Yang Sulit Dijangkau

Kucing memang bisa membersihkan badannya sendiri, namun terdapat beberapa bagian tubuh yang sulit dijangkau. Contohnya adalah pada area mulut, telinga dan mata yang juga kerap kali kotor. Bagian bagian tersebut perlu dibersihkan agar kucing terhindar dari berbagai jenis penyakit.

Mulut kucing bisa kotor setelah makan, bahkan bisa timbul karang gigi dan juga pembengkakan gusi. Oleh sebab itu, membersihkan gigi kucing setiap selesai makan bisa menjadi tindakan pencegahan yang bagus. Telinga kucing dan juga matanya sering mengeluarkan kotoran dan bisa menimbulkan iritasi. Bersihkanlah dengan menggunakan cotton bud secara hati hati.

8. Rutin Memberikan Vaksin

Cara terakhir yang bisa digunakan untuk merawat kucing persia adalah dengan rajin memberinya vaksin. Hal ini bertujuan untuk menjaga sistem imun atau kekebalan tubuh si kucing. Dengan begitu, kucing persia bisa bebas bermain dan tidak rentan terkena berbagai penyakit.

Demikianlah pembahasan singkat mengenai cara merawat kucing Persia agar dapat tumbuh sehat. Jadi, merawat kucing Persia tidak sebatas hanya memberikan makanan saja, tetapi juga tentang menjaga kebersihan dan kesehatannya. Semoga informasi di atas dapat menambah wawasan dan membawa manfaat dalam proses perawatan kucing Persia.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Education

Penjelasan Singkat Mengenai Budidaya Tanaman Hidroponik Mudah

Budidaya Tanaman Hidroponik

Sejak awal pandemi, muncul banyak hobi baru seperti memasak sampai berbudidaya, salah satunya ialah budidaya tanaman hidroponik dengan sangat mudah. Kata “hidroponik” sendiri datang dari Bahasa Yunani, yakni “hydro” dengan arti air serta “ponos” dengan arti kerja. Maka dapat diartikan sebagai budidaya tumbuhan tanpa tanah dengan memberikan nutrisi lewat air.

Penyusunannya pun bisa dibuat bertingkat, hingga mampu menghemat area. Dengan begitu, metode tersebut sering dipilih oleh masyarakat perkotaan yang hanya memiliki area tanam berukuran kecil.

Sarana untuk Budidaya Hidroponik

Meskipun budidaya hidroponik memakai air, tetapi tumbuhan itu tidak hanya dibiarkan diam di air. Tumbuhan tentunya masih membutuhkan sarana penyangga. Di bawah ini adalah 5 sarana atau media yang bisa dipilih untuk budidaya hidroponik:

1. Sarana Mineral Wool atau Rockwool

Sarana mineral wool terdiri atas berbagai batu, umumnya kapur, bara, dan basalt. Bebatuan ini sudah dipanaskan di suhu 1.600oC. Usai pendinginan, serat-seratnya diiris berdasarkan keperluan. Sarana yang ini lebih higienis, jadi, lebih pas untuk dipakai pada budidaya sayuran.

2. Sarana Hidroton

Sarana ini dibuat dari tanah liat yang sudah dipanaskan di suhu melebihi 1.000oC. Karena bentuknya yang kecil bulat menyerupai gundu, sarana ini praktis untuk digunakan. Hidroton pun mempunyai tingkat pH stabil dan aerasi sempurna, hingga sanggup mengemas air bersih secara baik.

3. Zeolit

Media ini tersusun atas senyawa zat kimia alumino-silikat yang terhidrasi bersama kalium, barium, dan natrium. Tingginya aktivitas katalis serta kemampuannya menukar ion membuatnya pas bagi budidaya tanaman hidroponik. Dengan tingginya nilai KTK, zeolit bisa mengikat sekaligus menyerap pupuk. Sarana ini mengandung berbagai unsur yang diperlukan tumbuhan dan mengeluarkannya berdasarkan keperluan.

4. Hidrogel

Sarana tanam hydrogel dibuat dari polymer crystal dengan penyerapan tinggi. Hidrogel sanggup menyerap serta mengemas air hingga 600 kali beratnya. Warnanya yang bermacam-macam pun membuatnya sering dipakai untuk budidaya tanaman hias.

5. Cocopeat atau Serbuk Sabut Kelapa

Media organik ini berdaya tampung air cukup besar, yakni sampai 73% dari volumenya. Meski begitu, serbuk ini mempunyai zat tanin dengan kemungkinan menghambat pertumbuhan. Untuk menghilangkannya, merendam cocopeat sampai busa putihnya hilang.

Teknik Membudidayakan Hidroponik

Seperti cocok tanam lainnya, hidroponik pun mempunyai teknik tersendiri. Tekniknya disesuaikan dengan jenis tumbuhan yang mau dibudidayakan. Di bawah ini adalah 5 teknik budidaya yang dapat dipilih sesuai tumbuhan:

1.  Teknik Deep Flow

TekniK DF merupakan yang paling terkenal, terlebih di rumah, karena kemampuannya untuk menampung banyak tumbuhan secara bertingkat. Nutrisinya dialirkan lewat akar tanaman lalu kembali ke bak awal menggunakan timer lewat pompa.

Konsepnya menggenang di pipa. Jadi, kalau terjadi pemadaman listrik, tumbuhan tidak akan mati, karena terus dinutrisi. Teknik ini cocok untuk membudidayakan bayam, selada, dan sawi.

2. Teknik Nutrient Film

Memiliki bentuk wadah miring, teknik ini senantiasa meneruskan air bernutrisi di akar tumbuhan. Tanaman ada di net pot dengan gantungan akar yang akan dialirkan air serta nutrisi.

Melalui bak, air itu dipompa ke pipa dan akar tumbuhan, kemudian kembali lagi menuju bak itu. Sayuran seperti kailan dan pakcoy tepat dibudidayakan menggunakan teknik NF.

3. Drip Technique (Teknik Tetes)

Dengan wadah datar, sesuai namanya teknik drip bekerja dengan tetesan. Air bernutrisi di penampungan dipompa ke selang tumbuhan sampai akar, supaya tumbuhan memperoleh nutrisi itu. Teknik ini tepat bagi pembudidayaan aneka buah, seperti stroberi dan melon. 

4. Sistem Floating Hydroponic

Sistem FH menanamkan net pot pada rongga gabus, hingga mengapungkan tumbuhan. Wadahnya yang tertutup memang menyulitkan oksigen untuk masuk. Maka sediakanlah airstone di bawah wadah untuk menciptakan gelembung udara.

Untuk merawatnya, diperlukan cukup lama kontrol kepekaan larutan. Ini harus dilakukan karena pengendapan larutan nutrisi bisa saja memperlambat laju pertumbuhan. Penanaman berbatang kuat semacam kangkung dan bayam sebaiknya menggunakan sistem ini.

5.  Sistem Aeroponics

Sistem ini memuat oksigen tinggi dan mudah menyerap, sebab terarah kepada akarnya secara langsung. Karena tidak memerlukan pengaturan pada debit airnya, sehingga dapat menghemat nutrisi maupun air, namun perakitannya memerlukan biaya besar. Sistem ini bisa digunakan untuk membudidayakan sawi atau selada. 

Keuntungan Hidroponik

Ada berbagai keuntungan dari budidaya tanaman hidroponik. Pertama, tumbuhan akan memperoleh kandungan air serta nutrisi yang tepat. Ini karena efisiensi penggunaan air pada hidroponik mencapai 10% dari air yang dibutuhkan tumbuhan di tanah.

Kedua, areanya bisa dikendalikan dengan mudah di dalam rumah kaca. Jadi, tidak terlalu membutuhkan pestisida maupun herbisida, bahkan mungkin tidak perlu sama sekali. 

Ketiga, budidaya ini tidak memerlukan tanah, jadi bisa dilakukan di daerah mana pun, termasuk daerah dengan tanah buruk. Keempat, cara ini memungkinkan hasil maksimum dari penanaman sayur dan buah tanpa bergantung pada cuaca.

Itulah penjelasan singkat mengenai budidaya tanaman hidroponik mudah untuk lahan kecil. Budidaya ini sangat dapat dilakukan di rumah saja. Jadi, tak perlu khawatir lagi apabila hanya memiliki lahan kecil yang sangat terbatas. 

Continue Reading

Education

Kupas Tuntas Cara Menanam Sirih Gading

Sirih gading adalah tanaman yang sangat berguna. Tumbuhan ini memiliki nama latin Epipremnum Aureum yang termasuk dalam suku talas-talasan. Sirih gading biasanya ditanam di pekarangan rumah sebagai tanaman hias. Namun, banyak orang yang menggunakan tanaman sirih gading sebagai obat herbal. Setiap orang memiliki cara menanam sirih gading yang bervariasi.

Cara Menanam Sirih Gading

Tanaman ini biasanya ditanam di tanah dan dirambatkan ke bambu atau media yang telah dibuat. Selain itu, sirih gading juga di tanam di pot yang diletakkan di pekarangan rumah. Berikut tips dan trik menanam sirih gading.

Cara Menanam Sirih Gading di Tanah Lapang

Menanam sirih gading di tanah lapang seperti pekarangan rumah sangatlah mudah. Namun, tetap harus diperhatikan agar tanaman sirih gading tumbuh subur dan lebat. Keuntungan menanam sirih gading di tanah adalah daun akan lebih besar, tanaman akan lebih tinggi dan lebat.

1. Pilih Tanah Yang Bagus

Tanah yang bagus akan mempengaruhi kualitas dari sirih gading ini. Biasanya sirih gading yang di tanam di pekarangan rumah akan dibiarkan lebat dan tinggi. Demi mendapatkan kualitas sirih gading yang baik maka kualitas tanah juga harus diperhatikan.

Untuk mendapatkan kualitas yang baik, tanah dapat dicampur dengan pupuk kompos atau pupuk kandang. Pupuk kompos atau pupuk kandang yang digunakan dapat memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh sirih gading yang tidak didapatkan dari tanah.

2. Cahaya Yang Cukup

Cahaya sinar matahari dalam tumbuhan sangatlah berguna untuk berfotosintesis. Begitu juga dengan sirih gading yang membutuhkan cahaya sinar matahari yang cukup. Jika tidak mendapatkan cahaya sinar matahari yang cukup, sirih gading tidak akan tumbuh lebat.

3. Air Yang Cukup

air yang cukup sangat diperlukan dalam perawatan sirih gading. Penyiraman sirih gading sehari sekali cukup untuk membuat sirih gading tumbuh dengan baik. Jika air yang diperlukan oleh sirih gading kurang maka daun sirih gading akan berwarna hijau terang dan tidak akan tumbuh dengan lebat.

4. Pemupukan

Pemupukan sangatlah penting dalam pertumbuhan sirih gading. Pupuk ini berfungsi untuk menambah nutrisi sirih gading dan juga tanah yang sudah habis nutrisinya karena diambil oleh sirih gading. Pupuk yang digunakan dalam penanaman sirih gading bisa menggunakan pupuk kimia atau pupuk organik. Pemupukan biasanya dilakukan 3 bulan sekali.

Cara Menanam Sirih Gading di Pot

Menanam sirih gading selain di tanah pekarangan rumah juga bisa ditanam di dalam pot. Biasanya cara menanam sirih gading seperti ini dilakukan oleh para penjual tanaman maupun ibu rumah tangga yang suka mendekorasi rumah dengan tanaman.

1. Siapkan Pot dan Media Tanam

Menanam sirih gading di dalam pot sangatlah mudah. Pot yang digunakan dalam menanam sirih gading dapat bermacam ukuran dan jenis.

Selain itu, media tanam yang digunakan dalam menanam sirih gading di dalam pot haruslah yang bernutrisi. Pilihlah tanah yang memiliki humus yang bagus,pupuk kandang dan pasir yang bagus dengan perbandingan 1:1:1.

2. Pilih Bibit Unggul

Dalam menanam sirih gading dalam pot diperlukan bibit unggul. Biasanya, sirih gading yang unggul memiliki daun yang lebar dan berwarna hijau tua.

Pilih bibit sirih gading yang berasal dari daun dan batang yang berkualitas. Kemudian potong 15 cm dan tancapkan dalam pot.

3. Air Yang Cukup

Sama seperti cara menanam sirih gading di tanah lapang. Air yang cukup dibutuhkan dalam menanam sirih gading di dalam pot. Beri air secukupnya 2-3 hari sekali hingga sirih gading tumbuh dengan baik.

Pemberian air yang berlebihan juga bisa membuat sirih gading cepat busuk. Namun, pemberian air yang kurang juga membuat tanaman sirih gading layu, kering dan mudah mati. 

4. Cahaya Yang Cukup

Pada awal menanam sirih gading jangan ditaruh pada bawah sinar matahari langsung. Hal itu tidak dianjurkan karena dapat membuat bibit sirih gading kering dan mati. Cukup taruh di teras rumah yang tidak langsung terkena cahaya sinar matahari. Letakan sirih gading di area yang lumayan redup hingga sirih gading berkembang dengan baik.

5. Pemupukan

Menanam sirih gading di dalam pot juga membutuhkan pemupukan.  Biasanya pemupukan untuk tanaman di pot lebih  dianjurkan dilakukan 2-3 bulan sekali dengan kadar pupuk yang sesuai  Pemupukan ini bertujuan untuk tetap mempertahankan kualitas tanah didalam pot.

Pupuk yang digunakan dalam pot sama dengan pupuk yang digunakan saat menanam di tanah. Idealnya pupuk yang digunakam untuk pot adalah pupuk organik. 

Cara Menanam Sirih Gading Dalam Air

Saat ini dunia pertanian dan perkebunan berkembang pesat. Menanam tidak hanya di tanah namun juga bisa dilakukan di air. Tanaman sirih gading juga bisa dilakukan secara hydroponic atau di dalam air. Pengguna media ini sudah berkembang pesat saat ini. Media dan alat yang dibutuhkan yaitu

1. Pilih Media Yang Tepat

Memilih media yang tepat menjadi kunci dalam menanam sirih gading di air. Biasanya media yang digunakan yaitu botol kaca bening. Setelah mendapatkan media yang tepat, berilah air dan nutrisi yang cukup. Nutrisi yang diperlukan dalam penanam ini bisa didapatkan di toko pertanian. kemudian campurlah air dan nutrisi dengan perbandingan 1:1.

2. Pilih Bibit Unggul

Pemilihan bibit unggul untuk menanam sirih gading menggunakan air harus betul diperhatikan. Pilih bibit yang tidak memiliki batang dan daun yang kering atau yang tidak terdapat hama.Pembibitan untuk penanam hydrophonic bisa dengan batang.  Batang yang digunakan untuk bibit tanaman sirih gading haruslah batang tua dan kuat. 

3. Tanam Dan Tata

Setelah mendapatkan bibit yang unggul, ambil bibit dengan membiarkan tangkai daun sirih gading tetap ada. Kemudian potong batang hingga akar kelihatan disela-sela tangkai daun. Kemudian masukan dan tata bibit sirih gading di dalam botol.

Setelah mengetahui kupas tuntas cara menanam sirih gading, mari mulai mendekorasi rumah dengan sirih gading. Selain sebagai media mendekorasi rumah, tanaman hias sirih gading juga bisa di jual dan menambah penghasilan di musim pandemi. 

Continue Reading

Education

Cara Mendapatkan Beasiswa Bidikmisi Paling Mudah dan Ampuh

Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kemenristek Dikti saban tahun kerap mengeluarkan program beasiswa Bidikmisi. Program ini adalah program yang bisa digunakan untuk siswa yang baru lulus SMA agar melanjutkan ke perguruan tinggi. Lalu bagaimana cara mendapatkan beasiswa Bidikmisi?

Cara Mendapatkan Beasiswa Bidikmisi

Persyaratan untuk mendapatkan beasiswa Bidikmisi sebenarnya tidak terlalu sulit. Biasanya setiap kali dibuka, pemerintah secara formal juga mengumumkan prasayaratannya. Namun cara-cara berikut juga perlu diperhatikan mana kala mengajukan beasiswa Bidikmisi.

1. Penuhi Kriteria

Bagi siswa yang ingin mengajukan beasiswa Bidikmisi ini harus memenuhi kriteria. Cukup dua saja kriteria untuk mendapatkan beasiswa Bidikmisi, yaitu kurang mampu dan berprestasi. Ketika mendaftar, calon penerima beasiswa Bidikmisi diharuskan untuk mengisi ke borang di website yang telah disediakan. Isi data diri dengan lengkap termasuk kondisi perekonomian keluarga dan prestasi yang pernah diraih.

Tapi perlu diingat, mengisi borang tersebut harus jujur. Maksudnya tidak memanipulasi data, karena tak sedikit juga terkadang ada yang coba untuk mengelabui dengan memasukkan data palsu.

Misalnya, ketika diminta mengungga foto rumah, ada seorang pendaftar yang mengunggah foto bukan rumahnya sendiri. Ada pula yang mengunggah foto rumah dengan sudut yang paling tidak bagus.

Seperti difoto bagian depannya saja, bagian belakangannya, atau cukup bagian tengahnya.  Begitupun saat diminta untuk mengupload prestasi. Boleh jadi piagam penghargaan yang dimasukkan bukan miliknya sendiri.

Kasus-kasus seperti itu memang cukup sering terjadi. Maka untuk menginput data, diperlukan kejujuran. Selain itu, beasiswa ini hanya bisa di-apply untuk siswa yang terdaftar dalam sekolah yang direkomendasikan.

2. Cari Tahu Standar Nilai Kampus atau Sekolah

Mengetahui standar nilai dari masing-masing kampus bisa memperbesar peluang untuk mendapatkan beasiswa Bidikmisi. Alasannya tentu saja karena masing-masing kampus atau universitas mempunyai standar nilai masing-masing.

Cari tahu terlebih dahulu standar kampus yang ingin disasar untuk program Bidikmisi. Setelah mengetahuinya, para pelamar beasiswa Bidikmisi bisa langsung mengkonsultasikan ke pihak tata usaha.

Selain mencari tahu standar nilai dari kampus, perlu juga mengetahui standar nilai dari masing-masing sekolah. Agar nanti calon penerima beasiswa Bidikmisi bisa memperkirakan peluang diterimanya. Kalau semuanya sudah tinggal daftar saja sesuai prosedur.

3. Up To Date

Perkembangan informasi hari ini sangatlah cepat. Segala informasi apa pun, termasuk juga beasiswa Bidikmisi bisa kelewat begitu saja kalau tidak up to date. Up to date ini bisa menjadi kunci utama untuk mendapatkan beasiswa Bidikmisi.

Cari tahu informasi program Bidikmisi di internet. Sebab biasanya beasiswa yang satu ini bakal tersebar di media sosial, seperti Facebook, Twitter, ataupun Instagram. Maka mutlak hukumnya bagi sesiapa yang hendak mendaftar Bidikmisi update informasi.

4. Pilih Jalur Masuk, Universitas dan Jurusan yang Tepat

Banyak calon mahasiswa gagal mendapatkan beasiswa Bidikmisi karena tidak tahu caranya. Padahal cara mendapatkan beasiswa Bidikmisi ini terbilang cukup mudah. Butuh strategi yang pas dan cocok agar tak meleset.

Beberapa calon mahasiswa yang ngotot mengajukan beasiswa Bidikmisi kadang merupakan tips yang satu ini. Hingga pada akhirnya terjerembab dan gagal bersaing. Cobalah untuk memperhitungkan jalur masuk, universitas, dan jurusan yang tepat.

Bisa dengan mengikuti jalur SNMPTN dulu, baru kalau tidak lolos pilih jalur SBMPTN. Baru jika belum lolos juga, ambil jalur mandiri. Selain SNMPTN dan SBMPTN, bagi yang ingin mendaftar ke Perguruan Tinggi Islam, bisa mendaftarkan diri ke jalur SPAN-PTKIN atau UM-PTKIN.

Jika sudah memilih jalur yang dirasa tepat, jangan lupa juga untuk memilih universitas yang sesuai. Maksudnya tepat dengan kemampuan para calon mahasiswa. Jadi nanti dapat memperkirakan peluang masuk dan persaingan. Begitu pula dengan jurusan.

5. Siapkan Berkas

Agar terdaftar sebagai calon penerima beasiswa Bidikmisi, berkas jangan sampai dilupakan. Siapkan berkas sedini mungkin demi mengantisipasi kuota penuh atau hal lain.

Berkas yang dibutuhkan untuk mendaftar beasiswa Bidikmisi secara umum adalah tagihan listik, tagihan air, tagihan pajak, sertifikat rumah, kartu keluarga, surat keterangan tidak mampu, foto keluarga, foto rumah, dan tentu saja rapor. Berkas tersebut kemudian dikumpulkan jadi satu. Sehingga sewaktu mendaftar dan dibutuhkan mudah untuk dicari.

6. Rajin Belajar

Persyaratan supaya mendapatkan beasiswa Bidikmisi itu ada dua, kurang mampu dan berprestasi. Jika kurang mampu saja tidak cukup, harus memiliki prestasi juga. Baru bisa untuk mendaftar.

Prestasi ini bisa diraih dengan cara rajin belajar. Siswa yang rajin belajar tentu saja prestasinya lama-lama akan meroket. Nilai rata-rata di rapor juga akan bikin hati senang bukan main.

Kalau rata-rata nilai bagus, kemungkinan untuk diterima beasiswa Bidikmisi terbuka lebar. Maka rajinlah belajar dan jangan sampai bosan. Karena belajar adalah cara mendapatkan beasiswa Bidikmisi yang cukup ampuh.

7. Bangun Komunikasi dan Jaringan

Memperlebar jaringan itu sangat perlu untuk mempermudah mendapat info beasiswa Bidikmisi. Karena info itu bukan cuma yang tersebar di internet. Kakak kelas, guru, TU, dan bahkan kepala sekolah juga tak jarang mendapat informasi itu.

Mungkin untuk membangun komunikasi dengan kepala sekolah ribet, bisa mulai bertanya dengan kakak kelas. Pengalamannya bisa menjadi pelajaran, misalnya pengalaman dalam mendaftar beasiswa Bidikmisi.

Selain langkah-langkah di atas ada cara mendapatkan beasiswa Bidikmisi lainnya yang tak boleh dilupakan. Ya, mintalah restu dan doa orang tua. Karena doa dan restu ibu-ayah bisa jadi mujarab, disamping tentu saja berdoa kepada Tuhan.

Continue Reading

TOP STORIES