Connect with us

Education

Cara Membuat Aquascape Natural Bagi Pemula Beserta Perawatanya

Memelihara ikan bukan saja dapat dimanfaatkan sebagai kegemaran, bagi sebagian orang memelihara ikan sudah menjadi sesuatu yang tidak dapat dipisahkan. Aquascape natural merupakan akuarium yang menyajikan ekosistem air, dimana bahan yang digunakan berupa tanaman asli. Penasaran bagaimana cara membuat aquascape natural ? Berikut ini langkah langkahnya.

Cara Membuat Aquascape Natural

Tunggu dulu sebelum memulai mempersiapkan alat dan bahan, sebaiknya menentukan tema yang akan diusungkan untuk aquascapenya. Jangan sampai salah juga dalam memilih jenis ikan yang akan dimasukan kedalam aquariumnya. Misalkan menggunakan ikan hias maka jangan dicampurkan dengan ikan predator, karena berpotensi saling membunuh. Itu dia trik dasar cara membuat aquascape natural.

1. Mengumpulkan Alat dan Bahan

Setelah konsep ataupun tema yang ingin diusung sudah matang, langkah selanjutnya adalah mencari komponen-komponen yang mendukung untuk membuat aquascape yang dibuat semakin menarik. Beberapa bahan yang diperlukan untuk cara membuat aquascape natural adalah akuarium, pupuk, pasir, batu hias, pompa, saringan, dan lampu hias.

Bagi pemula bisa juga memanfaatkan barang-barang yang ada, alias bisa membuat DIY Aquascape versi pemanfaatan barang bekas juga. Beberapa barang yang bisa digunakan untuk DIY Cara Membuat Aquascape natural adalah mainan anak yang sudah rusak atau tidak terpakai. Selain itu juga masih ada berbagi barang yang bisa dimanfaatkan lagi.

2. Memulai Penyusunan Aquascape Dengan Membuat Dasar Aquarium

Langkah berikutnya dalam membuat aquascape adalah dengan menuangkan pasir sesuai selera ke dalam akuarium. Untuk jenis pasirnya, bisa juga menggunakan jenis – jenis pasir yang sudah banyak dijual di pasaran, salah satunya Silika.

Untuk ketinggian ataupun ketebalan dari si pasir sendiri bisa 2-3 cm. Sedikit trik, penyusunan dasar yang cekung juga akan membuat aquascape lebih baik.artinya disini, ketebalan pasir bagian tengah dapat lebih rendah apabila dibandingkan dengan tepian atau pinggirnya.

3. Pemberian Pupuk Nutrisi Tumbuhan

Sama dengan tumbuhan yang ada di daratan, meskipun pada aquascape menggunakan tumbuhan dalam porsi kecil, pemberian pupuk juga sangat diperlukan. Untuk pupuknya, bisa ditaburkan pada bagian tengah yang sebelumnya telah disusun dengan ketebalan yang telah disesuaikan.

Pupuk yang digunakan bukan pupuk sembarangan, untuk mendapatkan pupuk khususnya bisa membeli di toko ikan. Dengan modal seratus ribuan saja mampu membawa pulang pupuk yang tentunya dapat digunakan secara berulang-ulang. Pemberian pupuk ini jangan sampai terlewatkan, karena ini penting dalam cara membuat aquascape natural agar tanaman yang akan dimasukan hidup subur.

4. Penyusunan Tanaman dan Hiasan

Setelah dasar dasarnya lengkap, cara membuat aquascape natural selanjutnya adalah dengan menyusun tanaman dan isinya. Beberapa jenis tanaman yang dapat dipakai yakni Java Moss, Hygrophila Difformis, Amazon Sword, Lilaeopsis dan masih banyak lagi tanaman tanaman lainya yang dapat digunakan.

Penanaman tumbuhan pada cara membuat aquascape natural adalah menambahkan air dan hiasan secara berselang seling. Penambahan secara perlahan air berfungsi untuk mempertahankan hiasan yang ada agar dapat sesuai dengan konsep yang dibuat. Triknya disini, penambahan air dapat dilakukan dari seperempat bagian aquarium.

5. Memasang Alat Penunjang

Dalam membuat aquascape bukan hanya tumbuhan saja yang harus diperhatikan, akan tetapi ikan pun demikian. Jangan sampai usaha membuat aquascape natural yang dilakukan sia-sia karena ikan nya tidak dapat hidup ataupun bertahan lama. Alat penunjangnya juga tidak aneh-aneh, terdiri dari pompa, saringan, dan lampu saja. Alatnya juga dapat didapatkan di toko semua.

Pemasangan alat penunjang pada cara membuat aquascape natural dimulai dengan mengisi akuarium dengan air hingga penuh. Penuh disini tidaklah sampai meluap tapi cukup diberikan selang untuk udara setinggi 5-10 cm. Barulah setelah itu bisa deh alat penunjangnya dipasangkan.

6. Memasukan Ikan Ke Akuarium

Setelah tempat tinggalnya sudah siap, langsung saja ikan ikan para penghuni aquascape naturalnya meluncur ke habitat baru. Kebanyakan para aquascape pemula melakukan kesalahan dengan memilih jenis ikan yang cara pemeliharaannya sedikit rumit, padahal pengalaman yang dimiliki belum memadai. Saranya disini adalah dengan memilih ikan dengan pemeliharaan atau perawatan yang mudah.

Ikan Tetra, Rainbow Fish, Angelfish, Discus, Dwarf Gourami, Zebra Danio merupakan beberapa jenis ikan yang perawatanya mudah. Selain ikan itu masih ada banyak lagi jenis – jenis ikan yang dapat digunakan sebagai pengisi aquascape, yang tentunya selain cantik juga murah.

7. Perawatan Aquascape Yang Wajib Dilakukan

Setelah capek mempelajari cara membuat aquascape natural dan menyusun aquascape natural tadi, selama beberapa hari kedepan ada tugas yang menanti yakni perawatan aquascape. Lingkungan yang baik akan membuat ikan bertahan hidup, selain itu juga sama halnya dengan tanamanya. Entah di darat ataupun di air, kedua-duanya memerlukan asupan pupuk, sehingga wajib juga untuk memberikan pupuk secara rutin.

Di masa pandemi ini aquascape sangatlah meningkat peminatnya. Pemesananan jenis tanaman juga mengalami peningkatan, bukan hanya namanya saja akan tetapi juga ikan – ikan yang dijadikan peliharaan. Itu dia langkah – langkah cara membuat aquascape natural yang telah dirangkum, semoga bermanfaat.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Education

Inilah Daftar dan Biaya Sekolah Penerbangan Bandung Saat Ini

Biaya Sekolah Penerbangan Bandung

Memiliki cita-cita atau keinginan untuk bekerja dalam bidang penerbangan merupakan hal yang tidak mudah dilakukan. Dengan alasan karena membutuhkan proses cukup panjang dan jumlah biaya luar biasa yang harus dikeluarkan. Memang biaya sekolah penerbangan Bandung tidak murah namun cita-cita bekerja di penerbangan bisa terjamin.

Berbagai sekolah penerbangan di Jawa Barat khususnya Bandung memang sangat banyak dan memiliki kualitas yang baik. Kualitas yang bagus tentu tidak lepas dengan biaya yang cukup mahal sehingga dapat menimba ilmu di sekolah tersebut. Lantas berapa biaya harus dikeluarkan? Berikut merupakan paparan mengenai daftar dan biaya sekolah penerbangan Bandung:

1. Bandung Pilot Academy (BPA)

Bandung Pilot Academy atau disingkat dengan BPA memang sudah tidak asing lagi untuk mancanegara yang berlokasi di Jawa Barat. Memang sekolah penerbangan ini bukan hanya terkenal di Indonesia saja, namun juga di luar Indonesia mengenal sekolah tersebut. Tahun 2008 adalah tahun didirikan sekolah penerbangan yang satu ini.

Adapun lisensi yang ditawarkan BAP ini antara lain MER, CPL, PPL, dan juga IR. Agar bisa masuk di sekolah tersebut pun harus melewati beberapa tahap seperti score TOEIC yang dimiliki sudah di atas 400. Mengenai biaya harus dikeluarkan kurang lebih 768 juta. Biaya tersebut bukan hanya biaya pendidikan namun juga tempat tinggal siswa.

2. Universitas Nurtanio

Universitas Nurtanio yang sudah dibangun sejak tahun 1967 ini masih di bawah asuhan dari sebuah yayasan milik seorang TNI AU. Meskipun nama awal dari sekolah ini adalah Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Angkasa namun sudah banyak yang berminat daftar di sekolah ini. Akan tetapi sekolah ini baru mendapatkan sertifikat AMTO dan DSKU pada tahun 2018.

Program yang ditawarkan oleh sekolah penerbangan ini yakni program sarjana dan juga program diploma. Kedua program tersebut menawarkan berbagai pilihan jurusan yang dapat dipilih seperti listrik pesawat, motor pesawat, dan lain-lain. Adapun biaya yang dibutuhkan untuk sekolah di Universitas Nurtanio kurang lebih Rp15 juta setiap semester.

3. Gema Mahardika Persada Academy (GMP)

Apabila memiliki impian untuk sekolah di sekolah penerbangan namun tidak ingin menjadi seorang pilot, GMP lah jawabannya. Gema Mahardhika Persada Academy atau disingkat GMP tidak menawarkan pelatihan untuk menjadi pilot. Akan tetapi jenis jurusan yang ditawarkan seperti pramugari dan juga kelas airline staff namun hanya berupa teori saja.

Menariknya sekolah di GMP adalah sudah dijamin sampai mendapatkan pekerjaan berdasarkan program yang dipilih. Hal tersebut dikarenakan sekolah ini sudah bekerja sama dengan berbagai bandara yang ada di Indonesia. Adapun rincian biaya yang harus disiapkan oleh calon siswa kurang lebih Rp30 hingga Rp45 juta.

4. Global Aviation Flying School

Global Aviation Flying School adalah sekolah untuk siswa yang tinggal di Bandung dan memiliki impian menjadi seorang pilot. Berbagai fasilitas yang memadai sehingga pelatihan pun sudah disediakan oleh sekolah tersebut. Memang sekolah penerbangan khusus pilot ini dianggap sebagai salah satu sekolah yang memiliki kualitas tinggi.

Selain itu, para alumni yang berasal dari sekolah ini sudah diakui oleh pihak regulasi pemerintah dan regulasi internasional. Berbagai persyaratan harus dipenuhi oleh calon siswa seperti dari segi usia, tinggi badan, dan lain sebagainya. Adapun biaya yang dikeluarkan oleh calon pilot kurang lebih 700 juta serta fasilitas yang akan digunakan.

5. Flight Attendant & Airline Staff Training

Fligt Attendant & Airline Staff Training atau disingkat FAAST yang juga dapat menciptakan alumni yang berkualitas. Sekolah penerbangan FAAST pada awalnya didirikan di Kota Yogyakarta yang kemudian dipindahkan ke Bandung. Sama seperti sekolah penerbangan lainnya yang juga membutuhkan berbagai persyaratan yang harus dipenuhi.

Persyaratan yang dimaksud seperti kesehatan calon siswa, tinggi badan, usia, dan lain sebagainya. Mengenai biaya sekolah penerbangan Bandung di FAAST kurang lebih 30 juta untuk setiap semester. Memang cukup mahal namun alumni bisa langsung bekerja di bandara.

6. Nasional Aviation Airline Education Center

NASA merupakan sebuah sekolah penerbangan yang didirikan di tahun 2007 silam dan sudah menciptakan banyak alumni. Nama pendiri dari Nasional Aviation Airline Education Center yaitu R. Guntur Sunarko Putro. Legalitas resmi pun sudah dimiliki oleh sekolah NASA sehingga pengarahan untuk alumni bekerja tentunya jelas.

Menimba ilmu di NASA tidak membutuhkan waktu lama dan bisa menjadi seorang pilot maupun staff di bandara. Berbagai fasilitas pun sudah disediakan seperti mini cabin, alat praktik, dan lain sebagainya. Masalah yang dibutuhkan untuk sekolah di NASA kurang lebih 900 juta yang sudah disertai dengan berbagai fasilitas yang disediakan.

Itulah beberapa paparan mengenai daftar dan biaya sekolah penerbangan Bandung. Biaya yang dibutuhkan memang lumayan besar agar bisa menimba ilmu di sekolah tersebut. Akan tetapi berbagai fasilitas pun disediakan untuk menunjang proses pendidikan siswa. Berbagai jurusan pun ditawarkan seperti pilot maupun staff bandara.

Continue Reading

Education

Penjelasan Singkat Mengenai Budidaya Tanaman Hidroponik Mudah

Budidaya Tanaman Hidroponik

Sejak awal pandemi, muncul banyak hobi baru seperti memasak sampai berbudidaya, salah satunya ialah budidaya tanaman hidroponik dengan sangat mudah. Kata “hidroponik” sendiri datang dari Bahasa Yunani, yakni “hydro” dengan arti air serta “ponos” dengan arti kerja. Maka dapat diartikan sebagai budidaya tumbuhan tanpa tanah dengan memberikan nutrisi lewat air.

Penyusunannya pun bisa dibuat bertingkat, hingga mampu menghemat area. Dengan begitu, metode tersebut sering dipilih oleh masyarakat perkotaan yang hanya memiliki area tanam berukuran kecil.

Sarana untuk Budidaya Hidroponik

Meskipun budidaya hidroponik memakai air, tetapi tumbuhan itu tidak hanya dibiarkan diam di air. Tumbuhan tentunya masih membutuhkan sarana penyangga. Di bawah ini adalah 5 sarana atau media yang bisa dipilih untuk budidaya hidroponik:

1. Sarana Mineral Wool atau Rockwool

Sarana mineral wool terdiri atas berbagai batu, umumnya kapur, bara, dan basalt. Bebatuan ini sudah dipanaskan di suhu 1.600oC. Usai pendinginan, serat-seratnya diiris berdasarkan keperluan. Sarana yang ini lebih higienis, jadi, lebih pas untuk dipakai pada budidaya sayuran.

2. Sarana Hidroton

Sarana ini dibuat dari tanah liat yang sudah dipanaskan di suhu melebihi 1.000oC. Karena bentuknya yang kecil bulat menyerupai gundu, sarana ini praktis untuk digunakan. Hidroton pun mempunyai tingkat pH stabil dan aerasi sempurna, hingga sanggup mengemas air bersih secara baik.

3. Zeolit

Media ini tersusun atas senyawa zat kimia alumino-silikat yang terhidrasi bersama kalium, barium, dan natrium. Tingginya aktivitas katalis serta kemampuannya menukar ion membuatnya pas bagi budidaya tanaman hidroponik. Dengan tingginya nilai KTK, zeolit bisa mengikat sekaligus menyerap pupuk. Sarana ini mengandung berbagai unsur yang diperlukan tumbuhan dan mengeluarkannya berdasarkan keperluan.

4. Hidrogel

Sarana tanam hydrogel dibuat dari polymer crystal dengan penyerapan tinggi. Hidrogel sanggup menyerap serta mengemas air hingga 600 kali beratnya. Warnanya yang bermacam-macam pun membuatnya sering dipakai untuk budidaya tanaman hias.

5. Cocopeat atau Serbuk Sabut Kelapa

Media organik ini berdaya tampung air cukup besar, yakni sampai 73% dari volumenya. Meski begitu, serbuk ini mempunyai zat tanin dengan kemungkinan menghambat pertumbuhan. Untuk menghilangkannya, merendam cocopeat sampai busa putihnya hilang.

Teknik Membudidayakan Hidroponik

Seperti cocok tanam lainnya, hidroponik pun mempunyai teknik tersendiri. Tekniknya disesuaikan dengan jenis tumbuhan yang mau dibudidayakan. Di bawah ini adalah 5 teknik budidaya yang dapat dipilih sesuai tumbuhan:

1.  Teknik Deep Flow

TekniK DF merupakan yang paling terkenal, terlebih di rumah, karena kemampuannya untuk menampung banyak tumbuhan secara bertingkat. Nutrisinya dialirkan lewat akar tanaman lalu kembali ke bak awal menggunakan timer lewat pompa.

Konsepnya menggenang di pipa. Jadi, kalau terjadi pemadaman listrik, tumbuhan tidak akan mati, karena terus dinutrisi. Teknik ini cocok untuk membudidayakan bayam, selada, dan sawi.

2. Teknik Nutrient Film

Memiliki bentuk wadah miring, teknik ini senantiasa meneruskan air bernutrisi di akar tumbuhan. Tanaman ada di net pot dengan gantungan akar yang akan dialirkan air serta nutrisi.

Melalui bak, air itu dipompa ke pipa dan akar tumbuhan, kemudian kembali lagi menuju bak itu. Sayuran seperti kailan dan pakcoy tepat dibudidayakan menggunakan teknik NF.

3. Drip Technique (Teknik Tetes)

Dengan wadah datar, sesuai namanya teknik drip bekerja dengan tetesan. Air bernutrisi di penampungan dipompa ke selang tumbuhan sampai akar, supaya tumbuhan memperoleh nutrisi itu. Teknik ini tepat bagi pembudidayaan aneka buah, seperti stroberi dan melon. 

4. Sistem Floating Hydroponic

Sistem FH menanamkan net pot pada rongga gabus, hingga mengapungkan tumbuhan. Wadahnya yang tertutup memang menyulitkan oksigen untuk masuk. Maka sediakanlah airstone di bawah wadah untuk menciptakan gelembung udara.

Untuk merawatnya, diperlukan cukup lama kontrol kepekaan larutan. Ini harus dilakukan karena pengendapan larutan nutrisi bisa saja memperlambat laju pertumbuhan. Penanaman berbatang kuat semacam kangkung dan bayam sebaiknya menggunakan sistem ini.

5.  Sistem Aeroponics

Sistem ini memuat oksigen tinggi dan mudah menyerap, sebab terarah kepada akarnya secara langsung. Karena tidak memerlukan pengaturan pada debit airnya, sehingga dapat menghemat nutrisi maupun air, namun perakitannya memerlukan biaya besar. Sistem ini bisa digunakan untuk membudidayakan sawi atau selada. 

Keuntungan Hidroponik

Ada berbagai keuntungan dari budidaya tanaman hidroponik. Pertama, tumbuhan akan memperoleh kandungan air serta nutrisi yang tepat. Ini karena efisiensi penggunaan air pada hidroponik mencapai 10% dari air yang dibutuhkan tumbuhan di tanah.

Kedua, areanya bisa dikendalikan dengan mudah di dalam rumah kaca. Jadi, tidak terlalu membutuhkan pestisida maupun herbisida, bahkan mungkin tidak perlu sama sekali. 

Ketiga, budidaya ini tidak memerlukan tanah, jadi bisa dilakukan di daerah mana pun, termasuk daerah dengan tanah buruk. Keempat, cara ini memungkinkan hasil maksimum dari penanaman sayur dan buah tanpa bergantung pada cuaca.

Itulah penjelasan singkat mengenai budidaya tanaman hidroponik mudah untuk lahan kecil. Budidaya ini sangat dapat dilakukan di rumah saja. Jadi, tak perlu khawatir lagi apabila hanya memiliki lahan kecil yang sangat terbatas. 

Continue Reading

Education

Kupas Tuntas Cara Menanam Sirih Gading

Sirih gading adalah tanaman yang sangat berguna. Tumbuhan ini memiliki nama latin Epipremnum Aureum yang termasuk dalam suku talas-talasan. Sirih gading biasanya ditanam di pekarangan rumah sebagai tanaman hias. Namun, banyak orang yang menggunakan tanaman sirih gading sebagai obat herbal. Setiap orang memiliki cara menanam sirih gading yang bervariasi.

Cara Menanam Sirih Gading

Tanaman ini biasanya ditanam di tanah dan dirambatkan ke bambu atau media yang telah dibuat. Selain itu, sirih gading juga di tanam di pot yang diletakkan di pekarangan rumah. Berikut tips dan trik menanam sirih gading.

Cara Menanam Sirih Gading di Tanah Lapang

Menanam sirih gading di tanah lapang seperti pekarangan rumah sangatlah mudah. Namun, tetap harus diperhatikan agar tanaman sirih gading tumbuh subur dan lebat. Keuntungan menanam sirih gading di tanah adalah daun akan lebih besar, tanaman akan lebih tinggi dan lebat.

1. Pilih Tanah Yang Bagus

Tanah yang bagus akan mempengaruhi kualitas dari sirih gading ini. Biasanya sirih gading yang di tanam di pekarangan rumah akan dibiarkan lebat dan tinggi. Demi mendapatkan kualitas sirih gading yang baik maka kualitas tanah juga harus diperhatikan.

Untuk mendapatkan kualitas yang baik, tanah dapat dicampur dengan pupuk kompos atau pupuk kandang. Pupuk kompos atau pupuk kandang yang digunakan dapat memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh sirih gading yang tidak didapatkan dari tanah.

2. Cahaya Yang Cukup

Cahaya sinar matahari dalam tumbuhan sangatlah berguna untuk berfotosintesis. Begitu juga dengan sirih gading yang membutuhkan cahaya sinar matahari yang cukup. Jika tidak mendapatkan cahaya sinar matahari yang cukup, sirih gading tidak akan tumbuh lebat.

3. Air Yang Cukup

air yang cukup sangat diperlukan dalam perawatan sirih gading. Penyiraman sirih gading sehari sekali cukup untuk membuat sirih gading tumbuh dengan baik. Jika air yang diperlukan oleh sirih gading kurang maka daun sirih gading akan berwarna hijau terang dan tidak akan tumbuh dengan lebat.

4. Pemupukan

Pemupukan sangatlah penting dalam pertumbuhan sirih gading. Pupuk ini berfungsi untuk menambah nutrisi sirih gading dan juga tanah yang sudah habis nutrisinya karena diambil oleh sirih gading. Pupuk yang digunakan dalam penanaman sirih gading bisa menggunakan pupuk kimia atau pupuk organik. Pemupukan biasanya dilakukan 3 bulan sekali.

Cara Menanam Sirih Gading di Pot

Menanam sirih gading selain di tanah pekarangan rumah juga bisa ditanam di dalam pot. Biasanya cara menanam sirih gading seperti ini dilakukan oleh para penjual tanaman maupun ibu rumah tangga yang suka mendekorasi rumah dengan tanaman.

1. Siapkan Pot dan Media Tanam

Menanam sirih gading di dalam pot sangatlah mudah. Pot yang digunakan dalam menanam sirih gading dapat bermacam ukuran dan jenis.

Selain itu, media tanam yang digunakan dalam menanam sirih gading di dalam pot haruslah yang bernutrisi. Pilihlah tanah yang memiliki humus yang bagus,pupuk kandang dan pasir yang bagus dengan perbandingan 1:1:1.

2. Pilih Bibit Unggul

Dalam menanam sirih gading dalam pot diperlukan bibit unggul. Biasanya, sirih gading yang unggul memiliki daun yang lebar dan berwarna hijau tua.

Pilih bibit sirih gading yang berasal dari daun dan batang yang berkualitas. Kemudian potong 15 cm dan tancapkan dalam pot.

3. Air Yang Cukup

Sama seperti cara menanam sirih gading di tanah lapang. Air yang cukup dibutuhkan dalam menanam sirih gading di dalam pot. Beri air secukupnya 2-3 hari sekali hingga sirih gading tumbuh dengan baik.

Pemberian air yang berlebihan juga bisa membuat sirih gading cepat busuk. Namun, pemberian air yang kurang juga membuat tanaman sirih gading layu, kering dan mudah mati. 

4. Cahaya Yang Cukup

Pada awal menanam sirih gading jangan ditaruh pada bawah sinar matahari langsung. Hal itu tidak dianjurkan karena dapat membuat bibit sirih gading kering dan mati. Cukup taruh di teras rumah yang tidak langsung terkena cahaya sinar matahari. Letakan sirih gading di area yang lumayan redup hingga sirih gading berkembang dengan baik.

5. Pemupukan

Menanam sirih gading di dalam pot juga membutuhkan pemupukan.  Biasanya pemupukan untuk tanaman di pot lebih  dianjurkan dilakukan 2-3 bulan sekali dengan kadar pupuk yang sesuai  Pemupukan ini bertujuan untuk tetap mempertahankan kualitas tanah didalam pot.

Pupuk yang digunakan dalam pot sama dengan pupuk yang digunakan saat menanam di tanah. Idealnya pupuk yang digunakam untuk pot adalah pupuk organik. 

Cara Menanam Sirih Gading Dalam Air

Saat ini dunia pertanian dan perkebunan berkembang pesat. Menanam tidak hanya di tanah namun juga bisa dilakukan di air. Tanaman sirih gading juga bisa dilakukan secara hydroponic atau di dalam air. Pengguna media ini sudah berkembang pesat saat ini. Media dan alat yang dibutuhkan yaitu

1. Pilih Media Yang Tepat

Memilih media yang tepat menjadi kunci dalam menanam sirih gading di air. Biasanya media yang digunakan yaitu botol kaca bening. Setelah mendapatkan media yang tepat, berilah air dan nutrisi yang cukup. Nutrisi yang diperlukan dalam penanam ini bisa didapatkan di toko pertanian. kemudian campurlah air dan nutrisi dengan perbandingan 1:1.

2. Pilih Bibit Unggul

Pemilihan bibit unggul untuk menanam sirih gading menggunakan air harus betul diperhatikan. Pilih bibit yang tidak memiliki batang dan daun yang kering atau yang tidak terdapat hama.Pembibitan untuk penanam hydrophonic bisa dengan batang.  Batang yang digunakan untuk bibit tanaman sirih gading haruslah batang tua dan kuat. 

3. Tanam Dan Tata

Setelah mendapatkan bibit yang unggul, ambil bibit dengan membiarkan tangkai daun sirih gading tetap ada. Kemudian potong batang hingga akar kelihatan disela-sela tangkai daun. Kemudian masukan dan tata bibit sirih gading di dalam botol.

Setelah mengetahui kupas tuntas cara menanam sirih gading, mari mulai mendekorasi rumah dengan sirih gading. Selain sebagai media mendekorasi rumah, tanaman hias sirih gading juga bisa di jual dan menambah penghasilan di musim pandemi. 

Continue Reading

TOP STORIES