Inilah Contoh Surat Resign Untuk Kamu Yang Mau Resign

Pernah gak sih merasa lingkungan tempat kamu sudah gak nyaman lagi buat kerja? Atau sudah jenuh dengan pekerjaan tersebut dan ingin membangun bisnis sendiri? Memberikan surat resign bisa menjadi solusi. Ada banyak contoh surat resign yang bisa dijadikan pedoman dalam penulisan surat.

Format Dan Isi Surat Resign

Untuk kamu yang belum tahu gimana cara menulis surat pengunduran diri atau resign harus nyari-nyari referensi contoh surat resign dulu nih. Surat resign itu harus dibuat sesederhana mungkin agar orang yang membaca paham dengan apa yang ingin kamu sampaikan. Jangan sampai menulis surat yang isinya berbelit-belit dan bisa aja bikin orang gagal paham maksudnya apa.

Selain isinya yang dibuat simple, etika dalam penulisan surat resign harus diperhatikan juga nih. Resign bukan sesuatu yang disukai oleh pihak perusahaan atau instansi mana pun. Untuk itu tata Bahasa dan etika dalam penulisan harus diperhatikan. Contoh surat resign yang baik itu jika bahasanya simple, mudah dimengerti, dan jelas. Berikut poin penting dalam format surat resign.

1. Judul Surat

Hal yang paling utama dan yang paling penting dari penulisan surat adalah judul. Siapa sih yang mau capek-capek baca isi surat yang gak ada judulnya? Orang akan tertarik untuk membaca isi dari sebuah surat kalau ada judul yang jelas. Judul disini juga berfungsi agar tujuan surat itu lebih terarah. Gak perlu pake kop surat, cukup tulis ‘Surat Pengunduran Diri’ aja di bagian atas surat.

2. Waktu, Tanggal, dan Tempat Surat Resign

Format surat resign harus mencantumkan waktu dibuatnya surat yang meliputi tanggal, bulan dan tahun. Selain itu pada contoh surat resign juga menggunakan tempat surat resign dibuat. Biasanya poin – poin ini ada di sebelahan kanan atas dari surat yang ditulis. Misalnya nih kamu nulis surat resign tanggal 16 Januari di Jakarta, jadi di suratnya tetulis Jakarta, 16 Januari 2020.

3. Nama dan Alamat Tujuan Surat

Pada poin ketiga, hal yang harus tertera dalam surat resign adalah nama atau untuk siapa surat itu ditujukan. Selain nama, alamat tujuan juga harus jelas. Alamat tujuan merupakan alamat perusahaan atau instansi yang ingin kamu berikan surat resign. Beberapa contoh surat resign ada yang menempatkan poin ini di bagian kanan atas. Tapi umumnya sebelah kiri lebih baik.

4. Isi Surat

Poin penting selanjutnya yang harus diperhatikan adalah isi surat resign yang kamu ajukan. Seperti yang dibahas tadi bahwa isi surat resign itu harus sesederhana mungkin supaya tujuan kamu bisa tersampaikan dengan baik. Dalam penulisan surat resign kamu bisa melihat contoh surat resign.

Pada bagian isi kamu bisa nih mengutarakan maksud dan tujuan kamu mau resign dari perusahaan tersebut. Tulisnya pake Bahasa yang baku tapi lugas yah untuk lebih jelasnya kamu bisa lihat contoh surat resign. Dalam surat, kamu juga bisa menginformasikan kalau kamu siap untuk mencarikan pengganti kamu di perusahaan, kecuali kalau memang gak bisa jangan ditulis.

Penutup, kamu bisa mengucapkan terima kasih untuk kesempatan yang diberikan perusahaan buat kamu untuk menjadi salah satu pegawainya. Selain itu, di bagian ini kamu juga bisa menuliskan hal yang berkesan selama kamu bekerja di perusahaan tersebut. Kalau masih bingung, kamu bisa lihat contoh surat resign yang cocok dengan maksud dan tujuan kamu resign.

5. Tanda Tangan, Nama Terang dan Materai

Pada bagian akhir surat sangat penting untuk mencantumkan nama terang dan tanda tangan. Ini dimaksudkan agar pihak perusahaan tahu siapa yang mengajukan surat dan surat kamu bisa cepat diproses. Selain itu, penambahan materai di dekat nama juga sangat penting untuk menerangkan bahwa surat yang kamu tulis itu sah atau resmi.

Contoh Surat Pengunduran Diri

Memiliki pekerjaan adalah hal yang patut disyukuri, tapi kalau sudah tidak tahan yah resign bisa jadi jalan keluarnya. Kalau mau resign harus pake surat yang resmi dan penulisan surat resign tidak boleh sembarangan. Ada banyak referensi contoh surat resign yang bisa dijadikan pedoman. Nah berikut ini beberapa contoh surat pengunduran diri atau resign yang bisa kamu jadikan referensi.

1. Surat Resign Dari PT. Sinar Mulia

 

SURAT PENGUNDURAN DIRI

Makassar, 16 Februari 2020

Kepada Yth

Kepala Bagian Personalia/HRD

  1. Sinar Mulya

Jl. Veteran Selatan No. 30 Makassar

Dengan Hormat

Bersamaan engan adanya surat ini, saya atas nama Karunia Lestari menyatakan mengundurkan diri dari PT. Sinar Mulya sebagai karyawan yang terhitung mulai 24 Februari 2020. Permohonan pengunduran diri ini diajukan dengan alasan kesehatan yang tidak lagi memungkinkan saya untuk bekerja secara optimal

Saya ucapkan terima kasih banyak kepada PT. Sinar Mulya yang telah memberi kesempatan yang sebesar-besarnya kepada saya untuk menjadi salah satu karyawan. Selama menjadi karyawan di PT. Sinar Mulya, saya mendapatkan banyak pengalaman kerja yang sangat bermanfaat.

Saya juga ingin menyampaikan permohonan maaf kepada visitas manajemen PT. Sinar Mulya serta seluruh karyawan PT. Sinar Mulya. Jika dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab sebagai karyawan PT. Sinar Mulya saya banyak melakukan kesalahan.

Semoga PT. Sinar Mulya semakin maju, sukses dan selalu Berjaya. Akhir kata, saya ucapkan terima kasih banyak atas perhatian yang diberikan.

Hormat Saya,

Kurnia Lestari

2. Surat Resign Dari PT. Vale Indonesia

SURAT PENGUNDURAN DIRI

Sorowako, 20 Januari 2020

Kepada Yth

Kepala Bagian Personalia/HRD

  1. Vale Indonesia

Jl. Trans Sulawesi Sorowako

Dengan Hormat

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Fajar Abdillah

Alamat: Sorowako

Jabatan: Network Engineer

Dengan adanya surat ini, saya bermaksud mengajukan permohonan untuk mengundurkan diri dari jabatan Network Engineer pada tanggal 29 Januari 202. Semua tugas yang telah menjadi wewenang dan tanggung jawab saya sebagai Networ Engineer akan saya laksanakan dengan sebaik-baiknya hingga tanggal pengunduran diri yang saya ajukan.

Terima kasih yang sebesar-besarnya saya ucapkan kepada segenap pimpinan direksi PT. Vale Indonesia yang telah memberi kesempatan kepada saya untuk bekerja dan menunjukkan kemampuan saya. Dan saya juga mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada seluruh karyawan PT. Vale Indonesia serta pihak-pihak yang turut serta membimbing dan membantu saya selama bekerja di PT. Vale Indonesia.

Dan Permohon maaf yang sebesar-besarnya saya ucapkan kepada untuk semua visitas PT.Vale Indonesia. Apabila selama bekerja di PT. Vale Indonesia saya melakukan banyak kesalahan-kesalahan yang disengaja maupun tidak disengaja.

Saya menyatakan bahwa surat pengunduran diri ini dibuat murni atas keinginan saya sendiri dan dengan kesadaran penuh serta tanpa paksaan dari siapa pun. Akhir kata, saya ucapkan terima kasih banyak atas perhatian yang diberikan.

Hormat Saya,

Fajar Abdillah

Nah itulah beberapa hal yang harus kamu perhatikan dalam membuat surat pengunduran diri. Kamu juga bisa melihat contoh surat resign yang sudah dipaparkan di atas. Satu hal yang perlu diingat, kalau mau buat surat resign itu harus dipikir baik-baik dulu. Pastikan kamu sudah mantap dengan keputusanmu baru deh tulis surat resign.

 

Check Also

Gaji Pilot

Inilah Gaji Pilot dari Berbagai Maskapai di Indonesia

Memiliki profesi sebagai pengemudi pesawat terbang atau pilot sekarang menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bagi orang …