Connect with us

Peluang Usaha

Usaha Sampingan yang Mudah Dijalankan Bagi Karyawan

Banyak orang yang ingin memiliki penghasilan tambahan selain dari penghasilan tetapnya. Biasanya, seorang karyawan kantoran yang sudah memiliki gaji tetap juga ingin penghasilan tambahan.

Hal ini disebabkan karena adanya kebutuhan yang harus dipenuhi. Entah itu kebutuhan pokok atau kebutuhan karena gaya hidup. Inilah mengapa usaha sampingan jadi penting bagi karyawan kantoran.

Bisa dibilang, usaha sampingan sudah merupakan gaya hidup masyarakat saat ini. Rasanya, hampir tidak ada karyawan kantoran yang tidak memiliki usaha sampingan.

Karyawan kantoran terkadang merasa tidak puas akan gajinya. Ketidakpuasan ini bisa karena memang kebutuhannya yang cukup banyak, atau untuk mengimbangi gaya hidupnya. Intinya, mereka memerlukan penghasilan tambahan.

Apa Sih Sebenarnya Usaha Sampingan Itu?

Usaha sampingan adalah sebuah kegiatan bisnis yang dijalankan seseorang untuk mendapatkan penghasilan tambahan diluar pekerjaan tetapnya. Usaha sampingan biasanya bermodal kecil. Namun begitu, ada pula usaha sampingan yang memerlukan modal cukup besar. Selain itu, umumnya usaha sampingan mudah dioperasikan atau dijalankan.

Oleh karena itu, usaha ini biasanya berupa pekerjaan-pekerjaan yang mampu dijalankan oleh seorang karyawan di sela-sela waktu kerjanya. Walaupun bermodal kecil, banyak usaha yang mendatangkan income tambahan besar. Bahkan lebih besar daripada gaji tetap karyawan di tempat kerjanya. Ini juga yang kadang membuat seorang karyawan lebih rajin mengerjakan pekerjaan sampingannya.

Alasan Orang Menjalankan Usaha Sampingan

cara mengatur keuangan pribadi

Ada beberapa hal yang mendasari orang menjalankan usaha sampingan. Pertama, karena adanya kebutuhan yang tidak bisa dipenuhi jika hanya mengandalkan gaji tetap.

Seseorang yang memiliki jumlah tanggungan banyak, tentu membutuhkan income yang sebanding juga. Ketika income dari tempat kerja tidak mencukupi, tentunya ia akan mencari tambahan dari tempat lain.

Kedua, adanya keinginan untuk memiliki usaha sendiri. Belakangan ini, keinginan orang untuk berwirausaha cenderung meningkat. Dengan memiliki pekerjaan sampingan, seseorang bisa berlatih untuk membuka usaha sendiri.

Memanfaatkan jaringan pertemanan di kantor, kamu bisa mulai menjaring konsumen dan mempelajari peluang usaha yang potensial. Dari sinilah keinginan untuk memiliki usaha diluar pekerjaan tetap muncul.

Ketiga, ingin menyalurkan minat dan bakat dibidang lain yang berbeda dengan pekerjaan sekarang. Banyak orang yang merasa bahwa pekerjaannya tidak sesuai passion.

Itulah alasannya banyak karyawan yang “nyambi” hanya untuk menyalurkan passion dan mengembangkan bakat. Tidak melulu mengenai uang, namun lebih kepada kepuasan batin.

Pilihan Usaha Sampingan Yang Mudah Untuk Dijalankan

Pada dasarnya, sebuah usaha akan sukses jika usaha itu bisa menjawab kebutuhan masyarakat. Oleh karena itu, jika ingin melakukan pekerjaan sampingan, baca kebutuhan lingkungan sekitar. Mulai dari yang terdekat dulu. Berikut ini beberapa pilihan usaha sampingan yang mudah untuk dijalankan:

Usaha Sampingan dengan Membuka Laundry

Walaupun bukan jenis usaha baru, namun usaha ini masih menjadi andalan bagi orang yang ingin mendapatkan pendapatan tambahan.

Biarpun pesaing di usaha ini ramai, usaha ini masih mampu mendatangkan pundi-pundi rupiah yang tidak sedikit. Ini alasannya masih banyak orang yang tergiur untuk membuka laundry di dekat tempat tinggalnya.

Modal usaha laundry tidaklah mahal. Yang diperlukan untuk sukses di usaha ini adalah manajemen karyawan dan usaha yang baik.

Usaha ini tergolong usaha yang memiliki turn over karyawan tinggi, oleh karena itu sejak dari proses rekrutmen, harus sudah dipertimbangkan matang-matang. Usaha laundry ini selalu bisa sukses karena ini menjawab kebutuhan dasar masyarakat. Apalagi masyarakat perkotaan.

Usaha Sampingan dengan Membuka Jasa Pengiriman

Dengan meroketnya pamor e-commerce, kebutuhan akan jasa pengiriman juga meningkat.

Konsumen-konsumen e-commerce mengharapkan barangnya sampai dengan cepat namun dengan ongkos yang murah. Inilah tantangan bagi para pemain di usaha ini. Namun begitu, usaha ini cocok dijadikan sampingan bagi karyawan kantoran.

Untuk modal, usaha ini memerlukan modal yang lumayan apalagi jika membeli franchise.

Namun, income yang didapatkan sebanding dengan modal yang dikeluarkan. Selain itu, usaha ini mudah dijalankan dan dikelola. Kuncinya adalah kualitas dari seluruh komponen pengantaran, terutama driver. Rekrut driver yang benar-benar berintegritas dan bisa dipercaya.

Jasa Penulisan

contoh job description

Usaha ini bisa dibilang adalah yang paling cocok untuk karyawan kantoran. Khususnya, karyawan kantoran yang mempunyai bakat dan hoby menulis. Dengan membuka jasa penulisan, baik itu untuk blog, artikel di media cetak, dan buku, karyawan bisa menyalurkan hobinya namun juga mendapatkan penghasilan dari situ.

Jasa penulisan tidak memerlukan modal yang banyak. Bahkan bisa dibilang tanpa modal karena yang diperlukan hanya skill menulis. Untuk laptop atau computer, sementara bisa menggunakan fasilitas dari kantor terlebih dahulu. Selain itu, usaha ini juga bisa dijalankan disela-sela jam kosong kantor. Bicara soal rupiah, penghasilan dari usaha ini cukup besar. Apalagi jika produktivitas menulis tinggi.

Jasa Web Designer

Ini adalah jenis usaha yang sedang naik daun sekarang. Dengan semakin banyak orang yang ingin memiliki website sendiri, jasa web designer semakin dibutuhkan.

Penghasilan dari usaha sampingan ini cukup besar. Harga untuk satu klien saja bisa berkisar antara 5-10 juta rupiah. Selain itu, usaha ini mudah untuk dijalankan dan bisa dikerjakan di sela-sela jam kantor atau after office hour.

Untuk bisa sukses di bisnis ini adalah dengan cara mempromosikan jasa dengan gencar. Buat portofolio yang menarik agar klien percaya akan jasa dan kualitas produk yang dihasilkan.

Manfaatkan media sosial dan internet untuk mempromosikan portofolio yang sudah dibuat tadi. Usahakan ada testimoni dari klien. Calon konsumen biasanya percaya pada produk atau jasa yang berkesan ketika digunakan oleh orang lain.

Day Care

Penitipan anak atau day care adalah usaha yang sangat dibutuhkan oleh ibu bekerja. Jumlah day care di Jakarta saja masih belum mencukupi untuk menjawab kebutuhan ibu bekerja akan tempat penitipan anak.

Oleh karena itu, membuka day care sangat potensial untuk dijadikan usaha sampingan. Namun, walaupun sebagai sampingan, usaha ini memerlukan manajemen yang baik.

Seperti diketahui, bahwa penitipan anak haruslah secure dan terpercaya.

Mulai dari kualitas pengasuh, kebersihan dan kerapian tempat, kualitas pengajar dan juga ketersediaan fasilitas kesehatan, semuanya harus diperhatikan benar. Modal usaha ini cukup besar, namun bisa disiasati dengan berkongsi dengan teman atau kerabat.

Dropshiper

Ini adalah jenis usaha yang cocok dijalankan oleh pemula dalam hal berjualan. Menjadi seorang dropshiper cenderung aman dan minim resiko karena tidak perlu stok barang dan kulakan.

Dropshiper hanya perlu menjual barang dari toko orang lain, kemudian mencantumkan namanya sebagai penjual. Pembeli tidak akan tahu bahwa barang yang ia terima berasal dari dropshiper.

Dropshiper bisa menjual barang jenis apa saja. Ini tentu sebuah hal yang menarik karena ini berarti usaha akan sangat mudah dijalankan. Kelemahan usaha ini adalah dropshiper tidak bisa menjamin kualitas pengiriman dan kualitas barang dagangan itu sendiri. Dropshiper harus menanggung komplain dari customer jika barang tidak sesuai.

Keberadaan usaha sampingan memang berasal dari adanya kebutuhan akan pendapatan tambahan. Walaupun terkesan sebagai usaha kecil, namun jika ditekuni akan bisa membuahkan hasil yang baik.

Tidak jarang orang yang menjalankan usaha sampingan mengembangkan usahanya tadi menjadi besar. Bahkan rela meninggalkan pekerjaan kantoran demi membesarkan usahanya tadi.

Mendirikan situs income.id sebagai perwujudan pengabdian kepada bangsa dan negara indonesia melalui media yang informatif dan edukatif

Peluang Usaha

Tips Buka Usaha di Tengah Ancaman Resesi Ekonomi Indonesia

Resesi ekonomi Indonesia tampaknya makin kencang digaungkan oleh para pakar ekonomi di negeri ini.

Pandemi virus corona telah menyebabkan perekonomian terhenti dan beberapa negara telah masuk ke dalam fase resesi. Lalu bagaimana dengan orang yang justru ingin membuka usaha? Simak tips berikut ini

Apa Itu Resesi Ekonomi ?

Resesi ekonomi adalah adanya penurunan yang tajam terhadap kegiatan ekonomi selama berbulan-bulan bahkan hitungan tahun. Jika hal itu terjadi di Indonesia, maka disebutkan resesi ekonomi Indonesia. Selama pandemi, sudah banyak negara yang terjungkal kegiatan perekonomiannya dan masuk dalam fase resesi.

Pada masa resesi, banyak orang mengalami PHK atau kehilangan mata pencaharian. Hal ini karena perusahaan tidak melakukan kegiatan produksi sebagaimana mestinya. Artinya ada penghematan dan penurunan penjualan karena output yang lebih sedikit.

Resesi bisa mengakibatkan melemahnya daya beli yang dipicu oleh semakin tingginya PHK. Belum lagi ancaman kredit macet di dunia perbankan serta inflasi yang terlalu tinggi. Deflasi juga bisa terjadi jika suatu negara masuk ke dalam fase resesi.

Seperti yang dilansir dari Harapanrakyat.com, Saat ini Indonesia belum masuk fase resesi walaupun ancaman itu sudah di depan mata. Namun jika di kuartal ketiga nanti perekonomian kembali terkontraksi, sudah pasti Indonesia akan resesi. Konsumsi rumah tangga harus meningkat serta investasi harus lebih besar lagi. Saat ini tumpuan utama Indonesia adalah investasi pada UMKM.

Tips Membuka Usaha Saat Resesi

Resesi yang pernah terjadi di beberapa negara di masa lalu justru memicu lahirnya sejumlah perusahaan besar. Contohnya saja Uber, General Motor, CNN, Burger King, dan Airbnb. Usaha-usaha mikro yang lahir di masa resesi berpotensi menjadi besar ketika perekonomian membaik. Lalu, apa tipsnya agar aman membuka usaha saat resesi?

1. Lakukan Penghematan

Berhemat adalah hal yang tepat dilakukan ketika membuka usaha di masa krisis. Ingatlah bahwa bisnis sedang dijalankan dimana pendapatan masyarakat menurun, pasokan bahan baku tersendat dan penjualan tipis. Alokasikan modal untuk keperluan produksi dan bukan yang lain.

2. Produksi Berdasarkan Pesanan

Beberapa barang bisa diproduksi saat pesanan datang. Hal ini lebih menguntungkan dan bisa menyelamatkan bisnis dari kerugian. Dengan membuat produk saat pesanan sudah masuk, maka keuntungan lebih mudah diperhitungkan. Buatlah sistem PO untuk produk yang akan dijual.

3. Manfaatkan Pemasaran Digital

Pemasaran secara digital bisa dimulai dengan sangat murah. Misalnya dengan memaksimalkan media sosial dan internet. Buatlah website untuk branding produk dan perusahaan. Resesi atau tidak, pemasaran secara digital harus dilakukan apalagi jika ingin menjaring konsumen yang lebih luas.

4. Efisiensi Pekerjaan

Mempekerjakan karyawan tetap penting untuk menjaga performa dan kualitas produksi. Tetapi, dikala resesi, beban gaji karyawan bisa mempengaruhi cash flow. Maka, usahakan setiap karyawan melakukan pekerjaannya dengan efektif dan efisien. Walaupun terkesan “pelit”, namun ini penting untuk kelangsungan usaha. Jangan ragu untuk ikut terjun sendiri membantu operasional agar lebih hemat.

Baca Juga: Satuma Kraf, Ahlinya Pembuat Kerajinan Tembaga dan Kuningan

5. Rencanakan dengan Matang

Perencanaan adalah yang terpenting ketika membuka bisnis di masa resesi. Tidak ada salahnya berkonsultasi dulu kepada konsultan atau rekanan sebelum benar-benar terjun. Setiap sen yang dikeluarkan, harus jelas kapan kembalinya dan bagaimana.

Resesi ekonomi Indonesia yang sudah di depan mata harus disikapi dengan tenang namun tetap proaktif. Saat ini Iklim bisnis masih cukup sehat walaupun persaingan ketat. Buktinya, semakin banyak orang yang terjun membuka usaha di masa pandemi. Siapa tahu, salah satunya akan sukses dan besar ketika wabah mereda.

Continue Reading

Peluang Usaha

Mau Bisnis Pulsa? Kamu Wajib baca ini !

Menjadi seorang penjual pulsa saat ini merupakan sebuah bisnis yang sangat menjanjikan. Namun, agar bisnis jual beli pulsa bisa berjalan dengan lancar, pastikan agen yang memberikan pasokan pulsa bisa bekerja dengan baik.

Metro Pulsa dengan web resminya agenpulsamurah.id menjadi agen pulsa termurah dengan kualitas yang sudah tidak diragukan lagi. Metro Pulsa siap memasok pulsa untuk kelancaran bisnis pulsa kamu.

Sekilas Metro Pulsa

Agen pulsa memegang peranan penting dalam kelancaran dan kesuksesan berbisnis jual beli pulsa. Seorang agen pulsa bertugas untuk memastikan agar proses transaksi pulsa bisa berjalan lancar. Agen pulsa juga menjadi tempat untuk memasok pulsa yang akan dijual kembali ke masyarakat.

Metro Pulsa yang berdiri sejak 2015 merupakan agen pulsa terpercaya yang sudah memiliki banyak sekali konsumen. Metro Pulsa memiliki pelayanan yang cepat dan memuaskan sehingga dipercaya oleh banyak konsumen.

Selain menjual pulsa, Metro Pulsa juga memiliki produk lain seperti paket internet, voucher game, token listrik, dan lain-lain.

Metro Pulsa menawarkan pulsa dengan harga murah untuk modal jual beli pulsa. Mitra Metro Pulsa juga akan diberikan bonus melalui sistem keagenan yang mereka siapkan. Proses pendaftaran menjadi mitra Metro Pulsa pun sangat mudah.

Manfaat Pulsa dalam Kehidupan Sehari-Hari

Pulsa memberikan manfaat yang sangat besar dalam kehidupan sehari-hari. Apalagi pada era teknologi yang sangat berkembang saat ini, manusia tidak bisa dilepaskan dari telepon seluler dan internet.

Orang membutuhkan pulsa agar dapat mengakses internet melalui telepon selulernya. Berikut ini adalah manfaat pulsa dalam kehidupan sehari-hari.

1. Memperlancar Aktivitas Manusia dengan Internet

Dengan akses internet, orang bisa melakukan apa saja mulai dari berkomunikasi, mencari informasi hingga bermain game.

Sehingga dengan adanya pulsa, dapat mendukung kelancaran aktivitas manusia yang berkaitan dengan internet. Dengan memiliki pulsa, orang bahkan bisa melakukan komunikasi jarak jauh hingga ke luar negeri.

2. Melakukan Transaksi Online

Tak cukup di situ, pulsa kini tidak hanya sebagai pendukung manusia untuk akses internet. Ada banyak hal lain yang bisa dilakukan dengan pulsa salah satunya membeli voucher game atau keanggotaan premium di sebuah aplikasi.

Voucher game bisa digunakan untuk berbagai item dalam game tersebut mulai dari senjata, baju, dan lain-lain.

Sementara dengan keanggotaan premium pada sebuah aplikasi membuat orang bisa mengeksplorasi lebih jauh dan mendapatkan manfaat yang lebih besar dalam penggunaan aplikasi tersebut. Dan yang terpenting, dapat terhindar dari iklan yang mengganggu.

Bila dulu orang memerlukan kartu kredit untuk membeli voucher game dan keanggotaan premium di sebuah aplikasi, maka kini proses tersebut bisa dilakukan dengan menggunakan pulsa. Bahkan beberapa transaksi online lainnya juga bisa dilakukan dengan menggunakan pulsa.

Baca Juga: Mau Punya Produk Kosmetik Sendiri ? Kerjasama aja Dengan Mashmoshem.co.id

Manfaat Menjadi Pebisnis Pulsa

Pulsa menjadi barang yang masih sangat diperlukan saat ini, ketika teknologi sedang berkembang pesat. Sehingga menjadi seorang penjual pulsa saat ini bisa memberikan manfaat yang bisa dirasakan.

Dengan menjadi seorang penjual pulsa, seseorang bisa mendapatkan tambahan pemasukan untuk uang jajan. Uang jajan dari penjualan pulsa ini bisa digunakan tanpa perlu mengganggu kebutuhan sehari-hari.

Menjadi seorang penjual pulsa merupakan ide bisnis yang sangat menguntungkan. Dengan modal yang kecil, profit yang bisa diraup bisa sangat besar. Siapapun bisa menjadi seorang penjual pulsa, tanpa dibatasi oleh usia. Namun, yang terpenting sebelum menjadi seorang penjual pulsa, pastikan terdaftar pada agen pulsa yang terpercaya.

Metro Pulsa sebagai agen pulsa terpercaya memberikan pelayanan yang cepat dan memuaskan kepada para mitranya. Harga pulsa yang ditawarkan oleh Metro Pulsa cukup miring. Ditambah lagi mitra Metro Pulsa bisa melakukan transaksi dengan mudah menggunakan berbagai metode.

Continue Reading

Peluang Usaha

Mau Punya Produk Kosmetik Sendiri ? Kerjasama aja Dengan Mashmoshem.co.id

Anda yang ingin memiliki brand kosmetik sendiri kini bisa sedikit terbantu dengan adanya maklon kosmetik PT. Mash Moshem Indonesia. Melalui jasa maklon, Anda akan bisa membuat sebuah produk yang pantas untuk dipasarkan tanpa pusing memikirkan bagaimana cara untuk bisa membuatnya.

Intinya dengan bantuan dari PT Mash Moshem yang sudah berpengalaman sejak 2011 akan membuat Anda bisa memiliki produk kosmetik sendiri. Bahkan melalui PT Mash Moshem, Anda bisa menyerahkan semuanya kepada mereka. Tetapi itu semua bukan berarti Anda tidak melakukan apa-apa.

Ada syarat ketentuan kerjasama yang harus Anda penuhi untuk bisa dapat berkerjasama. Untuk lebih jelasnya akan kami paparkan mengenai apa saja syarat ketentuan yang harus Anda penuhi untuk bisa bekerjasama dengan salah satu PT maklon kosmetik terbaik di Indonesia. Kurang lebih syarat ketentuannya adalah sebagai berikut.

Menyiapkan Brand Atas Nama Anda Sendiri

Syarat pertama untuk maklon kometik adalah menyiapkan brand atas nama Anda sendiri. Brand merupakan penanda bawasannya produk tersebut adalah milik Anda. Untuk bisa mendapatkan brand, Anda hanya perlu memberikan copy sertifikat merek dan bukti pendaftaran brand bila masih dalam proses.

Lalu bagaimana Anda yang belum memiliki brand? Tentu Anda harus membuatnya karena ini adalah syarat ketentuan utama untuk bisa bekerjasama dengan PT. Mash Moshem Indonesia. Tenang saja, proses pendaftaran brand kini bisa dilakukan secara online juga.

Anda yang tidak memiliki koneksi bisa melakukan pendaftaran online agar lebih mudah dilakukan. Tetapi untuk kecepatan proses akan lebih cepat secara offline karena semua data yang diminta akan bisa langsung diserahkan kepada pihak yang berwenang mengurusi terbitnya brand.

Menyiapkan Dana Untuk Persetujuan Kerjasama

Selanjutnya untuk syarat ketentuan kedua sudah pasti adalah dana. Disini Anda mempercayakan proses produksi produk Anda kepada PT. Mash Moshem Indonesia. Sehingga wajar bila PT. Mash Moshem yang sudah berpengalaman meminta sebuah dana untuk keperluan operasional mereka.

Ada pun rincian dana yang harus Anda persiapkan untuk digunakan dalam keperluan sebagai berikut.

  1. Keperluan pendaftaran BPOM dan sertifikat halal
  2. Keperluan pembuatan mini produk pertama (sampel)
  3. Pengujian laboratorium dan pembuatan produk massal

Menyiapkan Konsep Produk Komestik Anda

Sesudah Anda menyiapkan dua syarat ketentuan awal. Anda musti menyiapkan syarat ketentuan final yakni konsep produk. Anda sendiri pemilik produk harus memastikan produk yang Anda inginkan seperti apa. Entah dari segi kualitasnya, kemasannya, bentuknya dan lain sebagainya.

Proses penyiapan konsep ini bisa Anda pilih melalui konsultasi tatap muka offline atau online. Sekarang PT. Mash Moshem sudah buka operasional mulai dari jam 08.00 sampai 17.00. Itu berarti Anda bisa bebas melakukan video call dengan tim ahli dari PT Mash Moshem.

Baca Juga: Cek Tagihan Listrik Pascabayar Secara Online Sangat Mudah

Sesudah Anda menentukan konsep produk, buat rinciannya dengan teliti untuk diserahkan kepada PT Mash Moshem. Tidak usah kawatir bila tidak tahu cara merincinya karena sudah disiapkan form perincian khusus supaya lebih memudahkan Anda. Anda pun juga bisa menggunakan produk yang sudah terkenal sebagai acuan produk Anda.

Bagaimana sudah paham akan syarat ketentuan yang harus Anda penuhi untuk bisa mendapatkan kerjasama dengan salah satu perusahaan maklon terbaik Indonesia? Bila sudah paham, langsung saja hubungi PT Mash Moshem Indonesia melalui link https://mashmoshem.co.id/ untuk bisa membuat maklon kosmetik impian Anda yang siap dipasarkan dan bersaing.

Continue Reading

TOP STORIES