Connect with us

Peluang Usaha

Usaha Sampingan yang Mudah Dijalankan Bagi Karyawan

Banyak orang yang ingin memiliki penghasilan tambahan selain dari penghasilan tetapnya. Biasanya, seorang karyawan kantoran yang sudah memiliki gaji tetap juga ingin penghasilan tambahan.

Hal ini disebabkan karena adanya kebutuhan yang harus dipenuhi. Entah itu kebutuhan pokok atau kebutuhan karena gaya hidup. Inilah mengapa usaha sampingan jadi penting bagi karyawan kantoran.

Bisa dibilang, usaha sampingan sudah merupakan gaya hidup masyarakat saat ini. Rasanya, hampir tidak ada karyawan kantoran yang tidak memiliki usaha sampingan.

Karyawan kantoran terkadang merasa tidak puas akan gajinya. Ketidakpuasan ini bisa karena memang kebutuhannya yang cukup banyak, atau untuk mengimbangi gaya hidupnya. Intinya, mereka memerlukan penghasilan tambahan.

Apa Sih Sebenarnya Usaha Sampingan Itu?

Usaha sampingan adalah sebuah kegiatan bisnis yang dijalankan seseorang untuk mendapatkan penghasilan tambahan diluar pekerjaan tetapnya. Usaha sampingan biasanya bermodal kecil. Namun begitu, ada pula usaha sampingan yang memerlukan modal cukup besar. Selain itu, umumnya usaha sampingan mudah dioperasikan atau dijalankan.

Oleh karena itu, usaha ini biasanya berupa pekerjaan-pekerjaan yang mampu dijalankan oleh seorang karyawan di sela-sela waktu kerjanya. Walaupun bermodal kecil, banyak usaha yang mendatangkan income tambahan besar. Bahkan lebih besar daripada gaji tetap karyawan di tempat kerjanya. Ini juga yang kadang membuat seorang karyawan lebih rajin mengerjakan pekerjaan sampingannya.

Alasan Orang Menjalankan Usaha Sampingan

cara mengatur keuangan pribadi

Ada beberapa hal yang mendasari orang menjalankan usaha sampingan. Pertama, karena adanya kebutuhan yang tidak bisa dipenuhi jika hanya mengandalkan gaji tetap.

Seseorang yang memiliki jumlah tanggungan banyak, tentu membutuhkan income yang sebanding juga. Ketika income dari tempat kerja tidak mencukupi, tentunya ia akan mencari tambahan dari tempat lain.

Kedua, adanya keinginan untuk memiliki usaha sendiri. Belakangan ini, keinginan orang untuk berwirausaha cenderung meningkat. Dengan memiliki pekerjaan sampingan, seseorang bisa berlatih untuk membuka usaha sendiri.

Memanfaatkan jaringan pertemanan di kantor, kamu bisa mulai menjaring konsumen dan mempelajari peluang usaha yang potensial. Dari sinilah keinginan untuk memiliki usaha diluar pekerjaan tetap muncul.

Ketiga, ingin menyalurkan minat dan bakat dibidang lain yang berbeda dengan pekerjaan sekarang. Banyak orang yang merasa bahwa pekerjaannya tidak sesuai passion.

Itulah alasannya banyak karyawan yang “nyambi” hanya untuk menyalurkan passion dan mengembangkan bakat. Tidak melulu mengenai uang, namun lebih kepada kepuasan batin.

Pilihan Usaha Sampingan Yang Mudah Untuk Dijalankan

Pada dasarnya, sebuah usaha akan sukses jika usaha itu bisa menjawab kebutuhan masyarakat. Oleh karena itu, jika ingin melakukan pekerjaan sampingan, baca kebutuhan lingkungan sekitar. Mulai dari yang terdekat dulu. Berikut ini beberapa pilihan usaha sampingan yang mudah untuk dijalankan:

Usaha Sampingan dengan Membuka Laundry

Walaupun bukan jenis usaha baru, namun usaha ini masih menjadi andalan bagi orang yang ingin mendapatkan pendapatan tambahan.

Biarpun pesaing di usaha ini ramai, usaha ini masih mampu mendatangkan pundi-pundi rupiah yang tidak sedikit. Ini alasannya masih banyak orang yang tergiur untuk membuka laundry di dekat tempat tinggalnya.

Modal usaha laundry tidaklah mahal. Yang diperlukan untuk sukses di usaha ini adalah manajemen karyawan dan usaha yang baik.

Usaha ini tergolong usaha yang memiliki turn over karyawan tinggi, oleh karena itu sejak dari proses rekrutmen, harus sudah dipertimbangkan matang-matang. Usaha laundry ini selalu bisa sukses karena ini menjawab kebutuhan dasar masyarakat. Apalagi masyarakat perkotaan.

Usaha Sampingan dengan Membuka Jasa Pengiriman

Dengan meroketnya pamor e-commerce, kebutuhan akan jasa pengiriman juga meningkat.

Konsumen-konsumen e-commerce mengharapkan barangnya sampai dengan cepat namun dengan ongkos yang murah. Inilah tantangan bagi para pemain di usaha ini. Namun begitu, usaha ini cocok dijadikan sampingan bagi karyawan kantoran.

Untuk modal, usaha ini memerlukan modal yang lumayan apalagi jika membeli franchise.

Namun, income yang didapatkan sebanding dengan modal yang dikeluarkan. Selain itu, usaha ini mudah dijalankan dan dikelola. Kuncinya adalah kualitas dari seluruh komponen pengantaran, terutama driver. Rekrut driver yang benar-benar berintegritas dan bisa dipercaya.

Jasa Penulisan

contoh job description

Usaha ini bisa dibilang adalah yang paling cocok untuk karyawan kantoran. Khususnya, karyawan kantoran yang mempunyai bakat dan hoby menulis. Dengan membuka jasa penulisan, baik itu untuk blog, artikel di media cetak, dan buku, karyawan bisa menyalurkan hobinya namun juga mendapatkan penghasilan dari situ.

Jasa penulisan tidak memerlukan modal yang banyak. Bahkan bisa dibilang tanpa modal karena yang diperlukan hanya skill menulis. Untuk laptop atau computer, sementara bisa menggunakan fasilitas dari kantor terlebih dahulu. Selain itu, usaha ini juga bisa dijalankan disela-sela jam kosong kantor. Bicara soal rupiah, penghasilan dari usaha ini cukup besar. Apalagi jika produktivitas menulis tinggi.

Jasa Web Designer

Ini adalah jenis usaha yang sedang naik daun sekarang. Dengan semakin banyak orang yang ingin memiliki website sendiri, jasa web designer semakin dibutuhkan.

Penghasilan dari usaha sampingan ini cukup besar. Harga untuk satu klien saja bisa berkisar antara 5-10 juta rupiah. Selain itu, usaha ini mudah untuk dijalankan dan bisa dikerjakan di sela-sela jam kantor atau after office hour.

Untuk bisa sukses di bisnis ini adalah dengan cara mempromosikan jasa dengan gencar. Buat portofolio yang menarik agar klien percaya akan jasa dan kualitas produk yang dihasilkan.

Manfaatkan media sosial dan internet untuk mempromosikan portofolio yang sudah dibuat tadi. Usahakan ada testimoni dari klien. Calon konsumen biasanya percaya pada produk atau jasa yang berkesan ketika digunakan oleh orang lain.

Day Care

Penitipan anak atau day care adalah usaha yang sangat dibutuhkan oleh ibu bekerja. Jumlah day care di Jakarta saja masih belum mencukupi untuk menjawab kebutuhan ibu bekerja akan tempat penitipan anak.

Oleh karena itu, membuka day care sangat potensial untuk dijadikan usaha sampingan. Namun, walaupun sebagai sampingan, usaha ini memerlukan manajemen yang baik.

Seperti diketahui, bahwa penitipan anak haruslah secure dan terpercaya.

Mulai dari kualitas pengasuh, kebersihan dan kerapian tempat, kualitas pengajar dan juga ketersediaan fasilitas kesehatan, semuanya harus diperhatikan benar. Modal usaha ini cukup besar, namun bisa disiasati dengan berkongsi dengan teman atau kerabat.

Dropshiper

Ini adalah jenis usaha yang cocok dijalankan oleh pemula dalam hal berjualan. Menjadi seorang dropshiper cenderung aman dan minim resiko karena tidak perlu stok barang dan kulakan.

Dropshiper hanya perlu menjual barang dari toko orang lain, kemudian mencantumkan namanya sebagai penjual. Pembeli tidak akan tahu bahwa barang yang ia terima berasal dari dropshiper.

Dropshiper bisa menjual barang jenis apa saja. Ini tentu sebuah hal yang menarik karena ini berarti usaha akan sangat mudah dijalankan. Kelemahan usaha ini adalah dropshiper tidak bisa menjamin kualitas pengiriman dan kualitas barang dagangan itu sendiri. Dropshiper harus menanggung komplain dari customer jika barang tidak sesuai.

Keberadaan usaha sampingan memang berasal dari adanya kebutuhan akan pendapatan tambahan. Walaupun terkesan sebagai usaha kecil, namun jika ditekuni akan bisa membuahkan hasil yang baik.

Tidak jarang orang yang menjalankan usaha sampingan mengembangkan usahanya tadi menjadi besar. Bahkan rela meninggalkan pekerjaan kantoran demi membesarkan usahanya tadi.

Mendirikan situs income.id sebagai perwujudan pengabdian kepada bangsa dan negara indonesia melalui media yang informatif dan edukatif

Peluang Usaha

Peluang Usaha Yang Bisa Bikin Kamu Jadi Sultan, Cek Yuk!

Dunia usaha terus berkembang dan berevolusi. Hal itu sejalan dengan peluang usaha yang muncul. Setiap saat, bisa dipastikan ada model usaha baru yang melantai ke pasar.

Konsumen adalah yang paling diuntungkan dari banyaknya bisnis baru yang muncul ini. Seolah-olah semua masalah ada solusinya, hampir tidak ada yang tidak mungkin.

Bagi pengusaha, semakin kompleksnya kebutuhan manusia sejalan dengan semakin banyaknya peluang usaha.

Orang yang jeli dan tanggap akan kebutuhan ini akan langsung menangkap peluang-peluang yang ada. Sebenarnya, tidak ada usaha yang benar-benar baru. Semua usaha yang ada saat ini, bahkan yang dibilang revolusioner, adalah pengembangan dari usaha sebelumnya.

Mengapa Peluang Usaha Harus Ditangkap

Peluang ada karena ada permintaan dan kebutuhan. Ketika permintaan ini belum terpenuhi maka peluang itu masih terbuka lebar.

Kalian harus menangkap peluang ini agar kebutuhan masyarakat terpenuhi. Selain itu, usaha-usaha baru perlu dihasilkan untuk meningkatkan pendapatan kamu dan semua orang di sekitar kamu, karena sudah pasti bahwa munculnya usaha baru, berarti munculnya lapangan kerja.

Dengan munculnya lapangan kerja, berarti pendapatan masyarakat akan meningkat. Begitu juga dengan daya beli masyarakatnya.

Semakin banyak orang yang jeli melihat peluang usaha baru kemudian menjalankannya, maka kestabilan ekonomi bisa tercipta. Inilah mengapa usaha itu penting walaupun dalam skala yang kecil. Bahkan usaha rumahan sekalipun.

Dewasa ini, usaha-usaha baru cenderung dikerjakan oleh kaum muda atau millennial. Pun juga Pangsa pasar yang cukup potensial saat ini adalah millennial. Karena memang kaum ini cukup konsumtif dan ingin segalanya serba praktis dan cepat.

Mereka cenderung percaya apa yang dikatakan orang sebelum membeli sebuah produk. Inilah alasannya, peluang usaha baru perlu mendapat dukungan dari seluruh pihak. Dukungan ini untuk menciptakan keyakinan konsumen sebelum membeli sebuah produk.

Peluang Usaha Baru yang Bisa Dijalankan oleh Kaum Millenial

Dengan gaya hidup yang cukup tinggi, tentunya Millenial memerlukan banyak pemasukan. Inilah saatnya menangkap peluang usaha baru dan menjadikannya pundi-pundi rupiah. Sesuai dengan karakteristik Millenials yang cenderung mempercayai internet diatas segalanya, peluang usaha baru tidak jauh-jauh dari itu. Berikut beberapa pilihannya:

Peluang Usaha Persewaan Baju Branded

Siapa bilang baju dengan brand ternama dunia hanya bisa dipakai oleh para konglomerat?

Semua orang bisa tampil trendi dengan baju karya designer terbaik tanpa perlu bangkrut. Ini adalah peluang usaha yang sangat menarik. Bagaimana memulainya? Semuanya berawal dari internet. Bisnis ini menjawab kebutuhan sekaligus solusi untuk orang yang kelebihan stok baju branded.

Untuk memulai bisnis ini, kamu harus memiliki jaringan yang kuat dengan designer. Lakukan kerja sama dengan mereka sebagai penyuplai baju second line mereka.

Cara kerja usaha ini adalah pelanggan membayar sejumlah biaya berlangganan dalam sebulan untuk jumlah baju tertentu. Biasanya sekali peminjaman bisa 3-4 baju.

Usaha ini mengandalkan internet untuk sarana promosi dan pemasaran. Website perusahaan dan promosi di sosial media yang gencar menjadi kunci sukses.

Untuk awal usaha, tidak perlu menyewa tempat yang mahal, lakukan di rumah atau dengan menyewa rumah yang luas. Perlu diingat usaha ini memerlukan space yang luas untuk tempat penyimpanan baju beserta laundry-nya.

Modal awal yang diperlukan adalah untuk sewa rumah atau kantor, membeli peralatan laundry, membeli domain dan beberapa office supplies. Untuk stok baju yang akan disewakan, bisa dengan tanpa modal. Yaitu menjalin kesepakatan dengan designer dan menerapkan sistem bagi hasil.

Peluang Bisnis Sayur Mayur Online

Usaha ini tidak benar-benar baru karena sudah ada beberapa pemain yang melakukannya. Namun, tetap saja ini masih tergolong peluang usaha baru bagi kalangan konservatif atau baby boomers.

Tips sukses untuk bertahan bahkan mendulang keuntungan dari bisnis ini adalah ketersediaan produk. Banyak online shop untuk sayur mayur yang minim pasokan sehingga mengecewakan pembeli.

Untuk mengatasi ini, jaring kerjasama dengan banyak pemasok. Pemasok dalam hal ini adalah petani. Pastikan petani adalah supplier utama dan bukan agen sayur mayur. Mengapa harus petani? Karena dengan membeli langsung dari petani, harga menjadi lebih murah. Selain itu, petanilah yang bisa menjamin ketersediaan produk.

Peluang Usaha Jasa Cuci Sepatu

Jenis Usaha ini sudah ada sebelumnya. Namun, pemain di usaha ini masih jarang sehingga belum terlalu bisa menjawab kebutuhan masyarakat yang ingin sepatu mereka bersih tanpa harus repot.

Ada ratusan bahkan jutaan pengguna sepatu, dan ini adalah pasar yang sangat potensial. Usaha ini juga tidak memerlukan modal yang terlalu besar.

Modal awal diperlukan untuk sewa tempat, membeli chemical untuk mencuci sepatu, peralatan cuci sepatu, serta perlengkapan toko.

Dengan modal awal 5-10 juta, kamu sudah bisa memulai usaha ini. Untuk gaji karyawan, terapkan sistem gaji pokok dan insentif yang diambil dari jumlah sepatu yang dikerjakan. Dengan begini, integritas karyawan akan semakin tinggi.

Untuk lokasi usaha, carilah yang dekat dengan perkantoran atau pusat perbelanjaan. Perkaya juga pengetahuan mengenai jenis-jenis bahan sepatu dan perawatannya. Karena tidak semua sepatu bisa diperlakukan sama.

Pasarkan usaha ini dengan gencar melalui internet dan media sosial. Bisa dengan membuat vlog, memuat foto-foto before and after, serta website perusahaan yang kompeten.

Peluang Usaha Financial Planner

Millenial adalah generasi yang boros namun sangat peduli pada hal-hal berbau investasi.

Mereka rela bangkrut demi travelling, tapi juga rela pelit demi bisa membeli produk investasi. Kecenderungan mereka untuk asal beli besar sekali. Oleh karena itu, mereka perlu kehadiran seorang financial planner. Peluang usaha di bidang ini terbuka lebar.

Boleh dibilang usaha ini minim modal. Namun bukan berarti tidak pakai modal sama sekali.

Keahlian tentang financial planning adalah modal terbesar, perlu pendidikan yang cukup untuk bisa memiliki keahlian ini. Tidak hanya untuk perorangan, jasa ini juga diperlukan oleh perusahaan. Bisa dibilang jasa ini akan terus dibutuhkan orang.

Untuk menjaring konsumen, promosikan jasa melalui media sosial. Lebih dalam lagi, adakan workshop atau juga sharing session yang menggandeng komunitas, perusahaan atau kemahasiswaan.

Gencarkan promosi melalui website dan media sosial. Berikan konten-konten mengenai perencanaan keuangan dan tips-tips mengatur keuangan.

Travel Photography

Fotografi memang bukan barang baru. Usaha di bidang ini juga bukanlah usaha yang benar-benar baru. Namun, tetap selalu ada peluang usaha baru setiap harinya. Tak ketinggalan di bidang fotografi.

Dengan meningkatnya minat masyarakat untuk berwisata dan mengabadikan momen wisata itu, travel fotografi mendapatkan pasarnya. Perlu diketahui traveler saat ini ingin berwisata tanpa perlu repot-repot mengambil foto dirinya sendiri dan memilih orang lain untuk melakukannya.

Usaha ini juga memaksimalkan penggunaan sosial media sebagai promosinya. Idealnya, travel fotografi ini tersedia di setiap kota di Indonesia.

Peluang usaha yang bisa diambil adalah menjadi private fotografer yang mengabadikan setiap momen wisata traveler. Foto-foto candid biasanya banyak disukai traveler. Modal usaha ini cenderung kecil, hanya perlu membeli kamera dengan lensa yang mumpuni.

Jasa Penyedia Adopsi Peliharaan

Mungkin usaha ini terdengar aneh. Namun, ini adalah peluang usaha yang sangat bisa digarap oleh millennial.

Banyak hewan-hewan terlantar yang memerlukan pertolongan. Selain itu, ada juga orang yang sudah kelebihan peliharaan. Millenial yang ingin menjajal usaha ini bisa mulai dengan membuat aplikasi yang bisa diunduh.

Melalui aplikasi itu, informasikan hewan-hewan yang perlu diadopsi. Selain itu, bisa juga untuk mengajak masyarakat berdonasi untuk kepentingan pemeliharaan atau menolong hewan.

Seperti diketahui di Indonesia ini masih jarang komunitas yang memperhatikan masalah kebutuhan hewan. Untuk itu, hadirnya jasa penyedia adopsi hewan akan sangat membantu.

Produsen Eco-Product

Dengan semangat untuk menghapuskan sampah plastik dari bumi ini, perlu ada sebuah badan usaha yang mampu memproduksi pengganti plastik.

Jawabannya adalah dengan memproduksi dari bahan-bahan yang mudah terurai. Untuk bisa sukses di usaha ini, perlu bergabung dengan beberapa komunitas penggiat lingkungan dan juga UMKM.

Telah banyak UMKM yang memproduksi barang sekali pakai dengan bahan-bahan alami. Selain mempunyai nilai ekonomi, peluang usaha ini juga menjadi solusi bagi masalah yang sangat penting, yaitu sampah plastik. Dengan kata lain, usaha ini menyelamatkan bumi.

Blogging

Millenial sangat menyukai usaha ini. Hanya perlu membuat blog atau website dan mengisinya dengan konten-konten menarik, memastikan traffic website ramai, serta konsisten mengunggah konten, maka sebuah blog bisa dijadikan mesin uang.

Tentunya, seseorang yang ingin sukses menjadi blogger harus memiliki keahlian menulis. Bukan asal menulis, tapi bisa memproduksi artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Promosikan blog melalui media sosial dengan cara memberikan upload caption-caption menarik yang berhubungan dengan konten di blog. Arahkan follower untuk mengunjungi blog jika ingin mengetahui info lengkapnya.

Blogging sangat mudah dikerjakan karena bisa dijalankan dari mana saja. Bahkan dari sebuah kamar kos sekalipun.

Bisnis Aplikasi Konsultasi Gizi

Saat ini budaya hidup sehat sedang digandrungi. Istilah body goals-pun makin akrab di telinga orang-orang.

Untuk mencapai body goals ada langkah-langkah yang harus dilalui. Salah satunya adalah masalah makanan atau diet menu. Sebenarnya sudah ada beberapa pemain di bisnis ini, namun mereka kebanyakan berperan sebagai penyedia menu diet.

Bagi millennials, menjadi konsultan gizi lebih menantang daripada harus terjun ke dapur untuk memasak menu yang dianjurkan.

Membuat aplikasi khusus mengenai konsultasi gizi akan sangat menarik bagi masyarakat. Selain itu, usaha model startup ini sangat cocok untuk millennial yang sangat mengandalkan internet untuk kehidupan sehari-hari.

Virtual Assistant

Millenial ingin keleluasaan dalam bekerja, mereka tidak suka terikat dengan jam kerja dan aturan-aturan yang kaku.

Oleh karena itu menyediakan jasa sebagai virtual assistant adalah peluang usaha yang cocok untuk millennial. Untuk mendapatkan customer, seorang virtual assistant perlu membuat milestone atau summary tentang apa saja yang sanggup dikerjakan.

Berbekal summary dan milestone tadi, seorang calon virtual assistant bisa menawarkan jasanya melalui website perusahaan dengan dukungan promosi di media sosial.

Unggah hal-hal yang berhubungan dengan jasa yang diberikan serta pasang tarif yang relevan. Usaha ini bukan usaha baru namun tetap ini ide bisnis yang potensial untuk millennial

Peluang usaha bisa datang dari mana saja. Modal juga bisa beragam untuk setiap bisnisnya.

Namun yang terpenting adalah bukan berapa modal yang dimiliki, namun konsistensi untuk memulai dan menjalankan usaha itu.

Tanggap akan kebutuhan-kebutuhan manusia dan sediakan solusi untuk kebutuhan itu. Selamat mencoba berwirausaha!

Continue Reading

Peluang Usaha

Modal Terbatas ? Ini Rekomendasi Bisnis Modal Kecil Buat Kamu

Modal sering menjadi momok bagi orang untuk memulai bisnis. Apalagi jika kalian sudah menemukan peluang usaha yang potensial biasanya dibarengi dengan sulitnya permodalan, Bahkan banyak yang tidak jadi buka bisnis karena hal ini.

Padahal, kenyataannya tidak seperti itu. Tidak semua bisnis memerlukan modal besar, diluaran sana masih banyak sekali bisnis modal kecil yang bisa kamu kerjakan.

Bahkan, bisnis modal kecil adalah sebuah keniscayaan. Banyak pebisnis sukses memulai bisnisnya dengan modal kecil. Apa saja bisnis modal kecil itu, berikut ulasannya:

Bisnis Modal Kecil Dengan Menjual Gas LPG dan Air Minum Galon

Gas LPG (Foto: Merdeka.com)

Bisa dibilang usaha ini memang bukan hal baru. Banyak orang sudah mencoba dan sukses. Tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk memulai bisnis ini.

Sebagai pemula, lokasi usaha bisa di garasi rumah atau teras rumah. Dapatkan pasokan gas dan air minum dari agen yang lebih besar karena harga yang ditawarkan juga lebih menguntungkan.

Hindari kulakan dari sesama pengecer karena harga sudah tinggi dan sulit untuk menaikkan harga.

Pertama kali, belilah 20 gas LPG dan 20 galon air minum. Harga gas LPG di agen besar adalah sekitar Rp. 16.000 – Rp. 18.000. Respon cepat ketika ada pesanan dan ketersediaan barang adalah kunci sukses bisnis ini.

Bisnis Modal Kecil Juice Kemasan

Saat ini, tren minuman sehat sedang meningkat dan diprediksi tren ini akan terus ada sampai beberapa tahun kedepan. Jadi, bisnis juice dalam kemasan ini sangat potensial untuk dijalankan.

Modal bisnis ini sangat ekonomis. Untuk mendapat pasokan buah dan sayur dengan harga murah, belanjalah di agen sayur dan buah.

Biasanya, pengusaha di bisnis ini belanja ke pasar induk. Setelah itu, anda perlu membeli blender atau juicer, beruntung jika sudah ada di rumah. Di awal, isahakan untuk memanfaatkan peralatan yang ada di rumah. Hal ini untuk mengurangi belanja modal.

Pasarkan secara online melalui media sosial seperti Instagram dan WA. Terapkan sistem buat berdasarkan pesanan.

Jasa Penulisan

Bisnis ini tidak memerlukan banyak modal apalagi ketika internet dan laptop tersedia di rumah. Ketika semua perangkat tersedia dan kebetulan skill menulis bagus, bisnis ini sangat layak dijalankan.

Anak muda cenderung menyukai bisnis ini karena tingkat fleksibilitasnya tinggi. Bisnis modal kecil di bidang penulisan ini ternyata menghasilkan nominal yang cukup menarik.

Kunci sukses dari bisnis ini adalah produktivitas. Perbanyak persediaan tulisan dengan berbagai tema, sehingga ketika pesanan datang, anda sudah siap.

Selain itu, perbanyak membaca agar perbendaharaan kata dan pengetahuan bertambah. Saat ini sudah banyak situs-situs online yang membayar tulisan kita. Atau bisa juga dengan bergabung dengan komunitas penyedia konten.

Bisnis Modal Kecil Menjadi Tutor atau Buka Bimbel

Bagi anda yang memiliki keahlian mengajar dan memiliki pengetahuan akademik yang baik, bisa dicoba menjadi tutor atau buka bimbingan belajar dirumah.

Di awal, gunakan ruang tamu di rumah atau ruangan lain yang memadai sebagai kelas. Atau, agar lebih lega dan terbuka, bisa memanfaatkan teras rumah. Di hari-hari tertentu, anda juga bisa mengajar di luar rumah, yaitu ketika ada murid yang meminta kelas privat.

Usaha ini hanya memerlukan ongkos fotocopy materi, belanja kursi, papan tulis dan alat tulis. Maksimalkan jumlah murid di 10 anak untuk kelas besar. Serta 5 anak saja untuk kelas kecil.

Untuk di awal, tidak perlu membeli kursi baru, cari saja di pengepul bongkaran kantor atau kampus dan dapatkan kursi dengan harga miring.

Laundry dan Setrika Kiloan

Modal terbesar untuk usaha ini adalah pembelian mesin cuci yang lengkap dengan pengeringnya.

Namun, semua itu bisa disiasati dengan cara membeli mesin cuci bekas dengan kualitas yang masih bagus. Carilah kenalan atau saudara yang ingin menjual mesin cuci lamanya, atau buka iklan di internet tentang kebutuhan mesin cuci bekas.

Bukalah usaha di rumah dan pasarkan ke masyarakat sekitar. Di awal, kerjakan semuanya sendiri dulu. Setelah keuntungan usaha meningkat, baru bisa menambah karyawan. Untuk penggajian karyawan, bisa ditetapkan sistem insentif.

Semakin banyak baju yang disetrika karyawan, makin banyak insentifnya. Dengan begini, keuangan usaha di awal-awal usaha bisa tetap stabil daripada harus mengeluarkan biaya tetap untuk gaji.

Web Designer

Lagi-lagi ini usaha yang sedang tren. Biarpun sudah banyak pemain di bisnis ini, jasa web designer terus dicari orang.

Selain itu, web designer tergolong bisnis modal kecil. Anda hanya perlu laptop dan keahlian design tentu saja. Walaupun bisnis ini tergolong bermodal kecil, pemasukan yang diterima dari bisnis ini menggiurkan.

Jangan lupa untuk terus memperbarui portofolio. Masukkan setiap proyek yang selesai ke dalam protofolio. Anda bisa memanfaatkan media social seperti Instagram atau blog untuk memposting portofolio anda.

Bergabunglah dengan komunitas di industri kreatif ini. Tips sukses di bisnis ini adalah bagaimana anda mampu mengakomodir keinginan klien ke dalam desain anda.

Katering Anak Sekolah

Beruntunglah orang-orang yang memiliki keahlian memasak. Saat ini, catering untuk anak sekolah sangat disukai oleh ibu-ibu.

Hal ini karena dianggap meringankan pekerjaan rumah tangga karena tidak perlu menyiapkan bekal sekolah. Bisnis ini tergolong bermodal kecil karena anda bisa memulainya dengan modal kurang dari 5 juta.

Langkah awal adalah lakukan survery mengenai harga catering anak sekolah. Setelah itu, kirimkan proposal ke sekolah-sekolah di dekat tempat tinggal. Namun, jika sulit untuk menjadi rekanan resmi, anda bisa menawarkan langsung kepada orang tua murid. Biasanya cara ini lebih berhasil. Bawa contoh menu untuk dicicip.

Dropship

Mau berjualan tapi takut barang tidak laku dan keluar modal banyak? Dropship jawabannya. Menjadi drop shipper, tidak perlu stok barang dan mengeluarkan modal untuk kulakan.

Yang dilakukan adalah menjadi penghubung antara pembeli dan penjual tanpa diketahui oleh pembeli. Bisa dibilang, modal bisnis ini minim. Anda hanya perlu ponsel dan pulsanya.

Namun, perlu diperhatikan kualitas dari penjual. Pastikan barang dan pelayanan pengiriman yang disediakan oleh penjual berkualitas baik. Karena jika tidak, resiko ada pada dropshipper.

Pembeli akan melayangkan semua keluhan kepada perantara. Oleh karena itu penting untuk memastikan dan memonitor perjalanan barang sampai ke tangan penerima.

Kedai Sarapan Pagi

Usaha ini tidak butuh modal besar, namun perlu sedikit tenaga ekstra. Kedai sarapan pagi anda bisa berlokasi di rumah.

Sediakan menu yang cepat dan praktis. Kebanyakan, pembeli anda adalah pekerja kantoran dan ibu-ibu yang memiliki anak usia sekolah. Selain mendatangkan keuntungan, bisnis modal kecil ini membantu orang-orang dalam mencari menu sarapan pagi.

Berjualan Biji Kopi

Kopi sedang naik daun. Namun bisnis kedai kopi sudah terlalu menjamur dan bermodal lumayan. Anda bisa bermain di bisnis pemasok biji kopi ke kedai kopi.

Sering-seringlah berkunjung ke kedai kopi dan tawarkan jasa anda. Untuk pasokan, perbanyak datang ke pameran kopi nusantara, ada banyak petani kopi yang hadir. Harga dari petani jauh lebih murah daripada harga di pasar.

Baca Juga: Yuk Uji Nyali Bisnismu Dengan Beberapa Peluang Usaha Baru ini

Baca Juga: Tips Membuat Brosur yang Menarik dan Mampu Membius Pembaca

Tidak ada bisnis tanpa modal sama sekali. Bahkan modal dengkul sekalipun adalah modal. Namun, ada bisnis modal kecil yang bisa dijadikan batu lompatan dalam hal mempelajari pergerakan dan seluk beluk pasar.

Berani memulai adalah kunci sukses. Selain itu kegigihan dan kesabaran akan membawa bisnis modal kecil anda menjadi bisnis yang menguntungkan. Selamat berbisnis!

Continue Reading

Peluang Usaha

Yuk Uji Nyali Bisnismu Dengan Beberapa Peluang Usaha Baru ini

Sejatinya, tidak ada peluang usaha baru yang “benar-benar baru”. Semua bisnis yang ada saat ini adalah bisnis lama yang dipoles kembali atau dikembangkan. Begitupun di masa depan nanti.

Namun peluang usaha baru selalu ada bagi yang jeli dan cerdas membaca kebutuhan pasar. Karena peluang sendiri adalah apa yang sedang dibutuhkan pasar.

Berikut ini ulasan mengenai peluang usaha baru untuk memantik ide bisnis anda:

Jasa Titip Hewan

Penyedia jasa penitipan hewan peliharaan masih tergolong usaha baru. Sekarang ini, jasa titip hewan biasanya disatukan dengan toko penjual makanan hewan.

Peluang usaha baru ini sangat menjanjikan. Mengingat pemelihara hewan memerlukan bantuan orang lain ketika sedang tidak bisa merawat hewan peliharaannya.

Untuk memulai usaha ini, usahakan lokasi usaha dekat dengan perumahan. Kemudian sediakan lahan yang memadai, dalam arti tidak terlalu sempit.

Perhatikan pula kebersihan lokasi usaha. Hewan peliharaan yang dititipkan ada kemungkinan mengalami stress jika lokasi barunya kotor. Selain itu, usahakan memiliki pengetahuan tentang karakteristik hewan titipan.

Jasa Titip Cenderamata

Dengan semakin meningkatnya minat orang jalan-jalan keluar negeri, maka usaha ini bisa dicoba. Namun, kendala dana dan waktu membuat sebagian orang urung pergi ke luar negeri.

Celah inilah yang bisa anda manfaatkan. Bukalah keran pesanan barang-barang yang harganya lebih murah jika dibeli di negara asal.

Memang bisnis ini perlu modal besar dan juga memiliki resiko tinggi. Tapi dengan menerapkan sistem pembayaran dimuka, resiko bisa ditekan.

Promosi bisa dilakukan di media social anda. Usaha ini tergolong menyenangkan karena bisa dilakukan sambal jalan-jalan.

Liburan jalan bisnispun jalan. Waspada terhadap pelanggan yang suka berhutang, lebih baik tidak melayani pesanan dari pelanggan jenis ini.

T-Shirt On-Demand Printing

Menggeliatnya bisnis digital mendorong usaha di bidang fashion untuk beradaptasi. Salah satunya adalah menjual kaos berdasarkan pesanan. Siapkan desain-desain kaos dan pasarkan secara online atau dengan mengikuti pameran.

Pembeli akan mendapatkan kaos yang diinginkan setelah memesan dan membayar. Selain masih tergolong dalam peluang usaha baru, tidak perlu ada stok barang yang banyak.

Jika dikelola dengan benar, usaha ini bisa menembus pasar global. Yang perlu anda lakukan adalah menyiapkan desain kaos yang menarik dan jalin kerjasama dengan pabrik konveksi.

Ketika ada order datang, kaos siap dicetak. Namun untuk pemula, investasi anda cukup dengan membeli atau menyewa mesin printing kaos.

Kemasan Daur Ulang

Kesadaran masyarakat tentang pentingnya mengurangi sampah plastik semakin tinggi. Begitu pula di kalangan para pengusaha, penggunaan plastik mulai dikurangi.

Namun, tentu tidak mudah mengubah budaya dan kebutuhan penggunaan plastic secara drastic. Oleh karena itu, peluang usaha baru ini masih besar.

Walaupun bermodal besar, namun dengan manajemen yang tepat, usaha ini memiliki prospek yang bagus. Selain demi keuntungan, dengan berbisnis di bidang ini bisa berperan aktif menyelamatkan lingkungan. Jalinlah rekanan dengan sesama penggiat lingkungan sebagai langkah awal. Peran komunitas sangat penting jika akan menggeluti bisnis ini.

Container Designer

Contoh Desain Kafe Kontainer (Image: Brilio.net)

Kontainer bisa disulap menjadi lokasi usaha. Namun biasanya pemilik café mengaku masih kesulitan menemukan pemasok kontainer sekaligus designernya.

Selain kekinian, perakitan dan desain café container ini cukup praktis. Oleh karena itu cukup banyak pebisnis kuliner yang ingin membuka restoran atau café dalam bentuk kontainer.

Walaupun perlu merogoh kocek agak dalam untuk usaha ini, namun keuntungan usaha ini sebanding. Selain digunakan untuk café, container juga bisa digunakan untuk kantor. Beberapa pengusaha property telah bermain di bisnis ini.

Selain kemudahan kontruksinya, bisnis ini juga dinilai kekinian. Cocok untuk anak-anak muda yang ingin memiliki kantor sendiri namun ogah menyewa space di gedung.

Jasa Bersih-Bersih Rumah

Ibu rumah tangga di era millennial ini ingin semua serba praktis. Oleh karena itu urusan beres-beres rumah seolah menjadi pekerjaan yang menyita waktu.

Bisnis jasa bersih-bersih rumah ini telah ada sebelumnya, namun dengan perkembangan teknologi, bisnis ini ikut berkembang. Tak jarang pelaku usaha ini menampilkan video promosi yang menarik untuk memasarkan jasa mereka.

Jika tertarik bermain di bisnis ini, pastikan kualitas SDM yang anda pekerjakan bagus. Mereka harus mengerti betul standar kebersihan dan kerapihan sebuah rumah.

Selain itu, alat-alat dan chemical yang digunakan juga perlu diperhatikan. Carilah pemasok yang memiliki harga terjangkau serta terjamin ketersediaan produknya. Gunakan media social untuk sarana promosi.

Jasa Roasting Kopi

Industri kopi yang memasuki gelombang ketiga membuat konsumsi kopi meningkat. Selain itu gaya orang minum kopi juga mengalami perubahan.

Minum kopi sudah mulai jadi kebutuhan dan bukan lagi gaya hidup. Oleh karena itu, untuk mengimbangi ramainya bisnis kedai kopi, cobalah untuk bermain di bisnis roasting kopi.

Belum banyak yang berani bermain disini karena investasi untuk mesin roasting cukup besar. Namun, bisa disiasati dengan menggunakan sistem sewa pada awal usaha. Selain itu dapatkan pasokan kopi langsung dari petani agar harga yang didapat bisa ekonomis.

Bereksperimen adalah kunci kesuksesan bisnis ini. Cobalah mencampur beberapa jenis biji kopi kemudian roasting bersamaan dengan teknik khusus.

Flea Market

Masih seiring seirama dengan produk daur ulang, flea market menjual barang bekas dengan kualitas bagus.

Bisnis ini layak dijajal dengan kemasan kekinian. Lokasi sangat menentukan keberhasilan usaha ini. Lokasi yang mudah dijangkau dan mudah dilihat akan menarik bagi calon pembeli. Promosi bisnis ini bisa melalui internet atau media sosial.

Barang yang dijual bisa bermacam-macam. Mulai dari pernak-pernik rumah sampai dengan baju.

Walaupun menjual barang bekas, namun jangan melupakan estetika. Desain dan susun barang semenarik mungkin agar pembeli betah berlama-lama dan berbelanja di toko. Pembelian juga bisa dilakukan melalui online dengan catatan stok selalu di update.

Content Creator

Dunia digital bukanlah apa-apa tanpa konten. Kebutuhan akan content creator masih sangat tinggi. Memang kita melihat bertebaran konten di internet setiap hari, namun sedikit dari konten itu yang benar-benar berkualitas.

Oleh karena itu bisnis konten ini masih termasuk dalam peluang usaha baru. Setiap produk dan jasa pasti membutuhkan jasa content creator.

Konsultan Keuangan

Millenial adalah jenis orang yang suka menghamburkan uang. Namun, dibalik kegemaran mereka menghamburkan uang, mereka juga suka berinvestasi. Disinilah peran seorang konsultan keuangan diperlukan.

Baca Juga: Cara dan Tempat Efektif buat Promosi Online, Apapun Produk Kamu

Baca Juga: Tips Membuat Brosur yang Menarik dan Mampu Membius Pembaca

Millenial perlu diberi pandangan dan tuntunan tentang bagaimana membelanjakan dan menyimpan uangnya. Peluang usaha dibidang ini masih sangat cerah.

Transformasi model bisnis baru akan selalu ada. Oleh karena itu pebisnis diharapkan jeli dan tanggap akan hal itu. Peluang usaha baru selalu terbuka.

Perubahan yang sangat cepat harus dihadapi dengan mengidentifikasi produk dan proses bisnis yang akan dijalankan. Hadirnya bisnis baru harus bisa menjawab kebutuhan pasar. Jika kebutuhan pasar terjawab, bisnis yang anda miliki akan mendulang keuntungan.

Continue Reading

TOP STORIES