Connect with us

Bisnis

Kupas Tuntas Perbedaan Bank Syariah dan Bank Konvensional

Banyaknya Bank Konvensional yang juga membuka unit usaha syariah menyebabkan masyarakat semakin bingung menilai perbedaan Bank Syariah dan Bank Konvensional. Hal tersebut disebabkan oleh potensi going concernnya.

Going Concern adalah potensi keberlanjutan suatu usaha atau perusahaan. Meski perbedaan jumlah nasabahnya belum signifikan, Bank Syariah telah bangkit dan menyaingi Bank Konvensional.

Berdasarkan survei dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan), ditemukan pembiayaan Bank Syariah naik 11,58% sebelumnya. Beberapa masyarakat masih meragukan perbedaan kedua bank tersebut.

Masih bingung memilih Bank Syariah atau konvensional?

Berikut ini perbedaan Bank Syariah dan Bank Konvensional sebagai bahan pertimbangan memilih salah satunya.

1. Pengertian dan Dasar Hukum yang Digunakan

image: tribunnews.com

Bank Syariah dari namanya sudah dapat ditebak bahwa bank ini memiliki dasar hukum yang masih berhubungan dengan dalil dalam Islam. Dasar hukum bank syariah adalah Al-Qur’an dan Hadist juga fatwa dari para ulama.

OJK mengungkapkan pengertian Bank Syariah sebagai bank yang prinsipnya berdasarkan ketentuan fatwa MUI.

Bank Konvensional dasar hukum yang digunakan yakni hukum Perdata dan Pidana (hukum positif yang berlaku di Indonesia).

UU Nomor 10 Tahun 1998 menjelaskan bahwa Bank Konvensional adalah bank memberikan jasa dalam lalu lintas pembayaran secara konvensional. Pada saat ini bank konvensional juga sudah membuka unit Bank Syariah.

2. Perbedaan Prinsip yang Digunakan

Prinsip syariah menurut fatwa MUI tersebut dijelaskan dalam UU No. 21 tahun 2008.

Prinsip tersebut diantaranya, prinsip keadilan dan keseimbangan (Al Adl wa tawazun), universalisme (alamiyah), kemaslahatan (maslahah), juga tidak mengandung objek haram. Objek haram diantaranya, gharar, riba, masyir, dan halim.

Menurut Martono (2002) terdapat dua prinsip Bank Konvensional diantaranya, penetapan bunga sebagai harga dan sistem biaya fee based.

Penetapan bunga sebagai harga dilakukan untuk semua produk seperti, tabungan, kredit, dan deposito. Sistem biaya fee based berarti bahwa bank menentukan berbagai biaya dalam nominal atau prosentase terntentu.

3. Berdasarkan Investasinya

Perbedaan Bank Syariah Dan Bank Konvensional juga terdapat pada segi investasinya. Menurut POJK Nomor 31/POJK.05/2014, investasi untuk Bank Syariah hanya untuk perdagangan yang halal (bebas riba dan gharar). Perdagangan tersebut seperti, perdagangan, peternakan, perikanan, dll.

Bank Konvensional melayani investasi dalam berbagai hal usaha baik tujuannya untuk mencari keuntungan atau hanya untuk membeli barang konsumsi.

Aturan Investasi Bank Konvensional tersebut terdapat pada POJK Nomor 42/POJK.03/2017. Semua investasi walaupun tidak halal asalkan diakui oleh hukum positif pemerintah dapat dilakukan.

4. Segi Pembagian Keuntungan

Berdasarkan POJK Nomor 31/POJK.05/2014 Pasal 22 menyebutkan bahwa pembagian keuntungan Bank Syariah adalah dari sistem bagi hasil. Bagi hasil investasi harus ditentukan saat perjanjian awal.

Nisbah atau ukuran bagi hasil didasarkan pada keuntungan yang diperoleh. Kerugian pun harus dibagi dan tidak ada pengecualian antar keduabelah pihak.

Berdasarkan penjelasan dari Syafi’i Antonio (2001:34) dalam bukunya, Bank Kovensional sistem pembagiannya menggunakan sistem bunga.

Penentuan harga Bank Konvensional dinilai dari tingkat suku bunga tertentu yang disebut sebagai based. Bank konvensional tidak memedulikan untung atau ruginya pihak kedua.

5. Segi Tujuan atau Orientasi Lembaga

image: pixabay

Bank Syariah dengan prinsip yang berlandaskan pada Al-Qur’an dan Al- Hadist harus memiliki tujuan yang baik. Bank Syariah memiliki orientasi yang menguntungkan kedua belah pihak dan juga rugi yang ditanggung bersama.

Tujuan dari Bank Syariah tidak hanya untuk mendapatkan keuntungan, tetapi juga kemakmuran, dan kebahagiaan dunia dan akhirat.

Bank Konvensional lebih mengedepankan keuntungan dan tidak ikut menanggung kerugian atas investasi yang diberikannya. Orientasi dari Bank Konvensional adalah profit oriented.

Hal ini berarti orientasinya hanya keuntungan terbukti dalam hal pemberian kredit untuk usaha denda untuk keterlambatan pembayaran tidak ada pemakluman.

6. Hubungan Nasabah dengan Pihak Bank

Perbedaan Bank Syariah dan Bank Konvensional yang satu ini berkaitan dengan hubungan di antara nasabah dengan bank.

Bank Syariah memperlakukan nasabah seperti ikatan mitra atau pihak yang saling memberikan keuntungan. Perlakuan tersebut juga didukung dengan transparansi perjanjian di antara kedua belah pihak sehingga dipastikan memiliki hubungan yang baik.

Bank Konvensional lebih kepada memberikan keuntungan atau pembayaran cicilan kredit tepat waktu, maka pihak bank akan berperilaku baik.

Perbedaan yang menonjol yaitu pada transparansi perjanjian mengenai keterlambatan pembayarannya. Pihak Bank Konvensional tidak memberikan kelonggaran terhadap keterlambatan tertentu dan akan langsung melakukan penyitaan aset.

7. Dewan Pengawas

Berdasarkan UU Nomor 21 Tahun 2008, Bank Syariah memiliki lembaga pengawasan yang disebut dengan DPS (Dewan Pengawas Syariah). DPS adalah dewan yang menilai apakah pelaksanaan Bank Syariah sesuai dengan prinsip syariah atau tidak.

Pembuatan fatwa untuk produk baru yang masih belum terdapat fatwa dari MUI juga harus dilakukan lembaga ini.

Bank konvensional tidak memiliki lembaga pengawasan setara DPS seperti Bank Syariah. Pengawasan hanya berpusat dari OJK yang juga mengawasi Bank Syariah (tidak khusus untuk Bank Konvensional).

Namun, semua transaksi atau kegiatan ekonomi dari Bank Konvensional harus sesuai dengan hukum-hukum positif yang telah diatur pemerintah yang berwenang.

Baca Juga: Kupas Tuntas lembaga keuangan bukan bank di Indonesia

8. Segi Produk

Produk dari Bank Syariah menurut POJK Nomor 31/POJK.05/2014 terbagi menjadi tiga dan perbedaannya terletak pada akad yang digunakan. Jenis produknya diantaranya, pembiayaan jual beli, investasi, dan jasa.

Pembiayaan jual beli diantaranya murabahah, salam, dan istishna’. Pembiayaan investasi meliputi, mudharabah dan musyarakah (masih terbagi lagi). Pembiayaan jasa diantaranya, ijarah, hawalah, dll.

Menurut Pasal 20  ayat 1 PBI Nomor 5/8/PBI/2003 (Penerapan Manajemen Resiko bagi Bank Umum) menjelaskan produk-produk Bank Konvensional. Bank Konvensional memberikan pembeda pada produknya langsung dari kegunaan dari produknya.

Produk-produk dari bank konvensional diantaranya, tabungan, deposito (deposito berjangka, sertifikat deposito, dan deposit on call), giro, dan berbagai jenis kredit.

Itulah penjelasan tentang perbedaan Bank Syariah dan Bank Konvensional yang dapat dijadikan acuan pertimbangan pemilihan bank.

Kedua bank tersebut memiliki perbedaan dan juga sekaligus menggambarkan kelemahan dan kelebihannya seperti, pada segi hubungan nasabah dengan pihak bank. Perbedaan tersebut menjelaskan kelebihan Bank Syariah yang memperlakukan nasabah sebagai mitranya dan sebaliknya.

Pemahaman menyeluruh terhadap segala perbedaan Bank Syariah dan Bank Konvensional dapat memberikan masukan/ referensi agar dapat mudah menentukan akan menjadi nasabah dari bank yang mana.

Terlepas dari semua perbedaan tersebut, alangkah baiknya juga disesuaikan dengan kebutuhan nasabah itu sendiri. Lebih baik juga langsung berkonsultasi dengan Customer Service dari kedua bank tersebut.

Hal tersebut bertujuan agar dapat lebih rinci lagi kelebihan dan kekurangan dari kedua bank tersebut.

Lebih baik sedikit rumit di awal daripada rumit di akhir bukan?

Kemampuan pembayaran dari pembiayaan juga harus dipertimbangkan agar tidak menjadi kendala yang berarti di kemudian hari (jika berkaitan dengan pinjaman).

Header image: Pixabay

Mendirikan situs income.id sebagai perwujudan pengabdian kepada bangsa dan negara indonesia melalui media yang informatif dan edukatif

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Peluang Usaha

Mau Punya Produk Kosmetik Sendiri ? Kerjasama aja Dengan Mashmoshem.co.id

Anda yang ingin memiliki brand kosmetik sendiri kini bisa sedikit terbantu dengan adanya maklon kosmetik PT. Mash Moshem Indonesia. Melalui jasa maklon, Anda akan bisa membuat sebuah produk yang pantas untuk dipasarkan tanpa pusing memikirkan bagaimana cara untuk bisa membuatnya.

Intinya dengan bantuan dari PT Mash Moshem yang sudah berpengalaman sejak 2011 akan membuat Anda bisa memiliki produk kosmetik sendiri. Bahkan melalui PT Mash Moshem, Anda bisa menyerahkan semuanya kepada mereka. Tetapi itu semua bukan berarti Anda tidak melakukan apa-apa.

Ada syarat ketentuan kerjasama yang harus Anda penuhi untuk bisa dapat berkerjasama. Untuk lebih jelasnya akan kami paparkan mengenai apa saja syarat ketentuan yang harus Anda penuhi untuk bisa bekerjasama dengan salah satu PT maklon kosmetik terbaik di Indonesia. Kurang lebih syarat ketentuannya adalah sebagai berikut.

Menyiapkan Brand Atas Nama Anda Sendiri

Syarat pertama untuk maklon kometik adalah menyiapkan brand atas nama Anda sendiri. Brand merupakan penanda bawasannya produk tersebut adalah milik Anda. Untuk bisa mendapatkan brand, Anda hanya perlu memberikan copy sertifikat merek dan bukti pendaftaran brand bila masih dalam proses.

Lalu bagaimana Anda yang belum memiliki brand? Tentu Anda harus membuatnya karena ini adalah syarat ketentuan utama untuk bisa bekerjasama dengan PT. Mash Moshem Indonesia. Tenang saja, proses pendaftaran brand kini bisa dilakukan secara online juga.

Anda yang tidak memiliki koneksi bisa melakukan pendaftaran online agar lebih mudah dilakukan. Tetapi untuk kecepatan proses akan lebih cepat secara offline karena semua data yang diminta akan bisa langsung diserahkan kepada pihak yang berwenang mengurusi terbitnya brand.

Menyiapkan Dana Untuk Persetujuan Kerjasama

Selanjutnya untuk syarat ketentuan kedua sudah pasti adalah dana. Disini Anda mempercayakan proses produksi produk Anda kepada PT. Mash Moshem Indonesia. Sehingga wajar bila PT. Mash Moshem yang sudah berpengalaman meminta sebuah dana untuk keperluan operasional mereka.

Ada pun rincian dana yang harus Anda persiapkan untuk digunakan dalam keperluan sebagai berikut.

  1. Keperluan pendaftaran BPOM dan sertifikat halal
  2. Keperluan pembuatan mini produk pertama (sampel)
  3. Pengujian laboratorium dan pembuatan produk massal

Menyiapkan Konsep Produk Komestik Anda

Sesudah Anda menyiapkan dua syarat ketentuan awal. Anda musti menyiapkan syarat ketentuan final yakni konsep produk. Anda sendiri pemilik produk harus memastikan produk yang Anda inginkan seperti apa. Entah dari segi kualitasnya, kemasannya, bentuknya dan lain sebagainya.

Proses penyiapan konsep ini bisa Anda pilih melalui konsultasi tatap muka offline atau online. Sekarang PT. Mash Moshem sudah buka operasional mulai dari jam 08.00 sampai 17.00. Itu berarti Anda bisa bebas melakukan video call dengan tim ahli dari PT Mash Moshem.

Baca Juga: Cek Tagihan Listrik Pascabayar Secara Online Sangat Mudah

Sesudah Anda menentukan konsep produk, buat rinciannya dengan teliti untuk diserahkan kepada PT Mash Moshem. Tidak usah kawatir bila tidak tahu cara merincinya karena sudah disiapkan form perincian khusus supaya lebih memudahkan Anda. Anda pun juga bisa menggunakan produk yang sudah terkenal sebagai acuan produk Anda.

Bagaimana sudah paham akan syarat ketentuan yang harus Anda penuhi untuk bisa mendapatkan kerjasama dengan salah satu perusahaan maklon terbaik Indonesia? Bila sudah paham, langsung saja hubungi PT Mash Moshem Indonesia melalui link https://mashmoshem.co.id/ untuk bisa membuat maklon kosmetik impian Anda yang siap dipasarkan dan bersaing.

Continue Reading

Bisnis

Inilah Penyedia Hosting Murah Terbaik

Menggunakan layanan hosting untuk membangun sebuah website seperti sebuah kewajiban yang tidak tertulis. Karenanya banyak yang berusaha mencari layanan hosting yang tepat, seperti penyedia hosting murah namun dengan kualitas yang tidak murahan.

Penyedia Hosting yang Baik Harus Memiliki Semua Hal Ini

Meskipun mencari hosting murah seperti sebuah keharusan, tapi bukan berarti hal lain boleh diabaikan begitu saja. Karena yang penting dari hosting tidak hanya melulu soal harga saja tapi juga pelayanan yang diberikan oleh perusahaan penyedia jasanya.

Sebelum memilih perusahaan tersebut, perhatikan dulu beberapa hal di bawah ini.

1. Layanan Pelanggan yang Membantu

Pertama adalah pastikan bahwa layanan pelanggan yang diberikan oleh perusahaan tersebut dapat membantu pelanggan dengan baik.

Karena tidak menutup kemungkinan saat menggunakan hosting timbul beberapa pertanyaan, atau ada beberapa hal yang tidak dimengerti. Saat itulah kehadiran layanan pelanggan sangat dibutuhkan untuk membantu pelanggan keluar dari masalah yang dihadapi.

2. Pilihan Paket yang Lengkap

Selain menyediakan layanan pelanggan yang baik, hal lain yang juga harus diperhatikan adalah pilihan paket yang disediakan.

Pilihan paket ini haruslah diperhatikan sesuai dengan kebutuhan pelanggannya. Seperti paket untuk pemula yang pasti memiliki pilihan layanan dan juga harga yang berbeda dengan paket untuk para ahli,

3. Daftar Harga yang Jelas

Tidak jarang dalam menggunakan hosting akan membutuhkan pelayanan tambahan yang dibutuhkan dan terkadang tidak masuk ke dalam paket.

Untuk menghindari harga yang membengkak, pastikan bahwa perusahaan penyedia layanan memiliki daftar harga yang lengkap untuk jasa yang ditawarkan. Sehingga pengguna bisa ikut berhitung, dan meminimalisir terjadinya pembengkakan terhadap biaya.

4. Layanan Hosting yang Berkualitas

Lalu pastikan bahwa layanan hosting yang diberikan memiliki kualitas yang baik dan sudah terpercaya. Cara mengetahuinya adalah dengan melihat dari testimoni pelanggan yang ada.

Selain itu review lain dari pelanggan juga bisa dijadikan acuan. Karena percuma saja sudah membayar apabila layanan yang diberikan sama sekali tidak memuaskan dan malah terkesan sangat buruk.

5. Garansi Produk yang Sesuai

Terakhir pastikan bahwa perusahaan mampu untuk memberikan garansi produk yang sesuai dengan harga yang diberikan.

Biasanya ketika perusahaan tersebut memang memberikan layanan terbaik, maka pasti perusahaan tersebut mampu untuk memberikan jaminan untuk produknya sendiri. Jadi kalau garansinya tidak sesuai, tidak ada salahnya untuk mencari perusahaan lain.

Baca Juga: Tentang Bekasi Follower, Jasa Follower Instagram Terbaik

WarnaHost.com Sebagai Penyedia Jasa Web Hosting Termurah

Bila melihat beberapa hal diatas, ternyata dalam hal mencari perusahaan penyedia jasa hosting bisa dikatakan susah-susah gampang. Salah satu perusahaan hosting yang ada di Indonesia adalah warnahost.com yang sudah cukup dikenal di kalangan masyarakat.

Lalu bagaimana dengan pelayanan yang diberikan? Apakah semuanya sudah sesuai, atau masih ada yang kurang ?

Apabila melihat beberapa paket yang ditawarkan, maka bisa dikatakan bahwa warnahost.com ini memiliki penawaran paket yang cukup lengkap. Tidak hanya itu saja, untuk penawaran harganya sendiri bisa dikatakan cukup jelas dan tentu nya termurah di Indonesia.

Sehingga bisa menghindari pembengkakan biaya yang timbul secara tiba-tiba. Lalu dari segi pelayanan pelanggan juga warnahost.com memberikan pelayanan yang baik dan juga ramah.

Sehingga pelanggan tidak perlu merasa khawatir jika nanti ingin mengajukan sebuah pertanyaan ataupun ingin melakukan komplain.

Selain itu warna host memiliki garansi produk yang cukup untuk semua produk yang dimiliki. Jadi pengguna tidak perlu khawatir. Kesimpulannya adalah warnahost.com merupakan perusahaan hosting yang terbaik dalam menyediakan jasa hosting murah, namun berkualitas.

Continue Reading

Strategi Pemasaran

Tentang Bekasi Follower, Jasa Follower Instagram Terbaik

Ada banyak sekali website dan jasa follower instagram yang ada di seluruh Indonesia. Salah satu yang jual followers instagram untuk meningkatkan jumlah follower Instagram kamu adalah Bekasi Follower.

Bekasi Follower memiliki website yang berisikan tentang informasi mengenai cara kerja dan keuntungan bergabung dengan program mereka. Mari berkenalan lebih dalam tentang Bekasi Follower melalui websitenya bekasifollowers.com

Tentang Bekasi Followers

Bekasi Follower adalah salah satu jasa yang akan membantu siapa saja untuk meningkat jumlah follower di Instagram. Dalam mengenalkan tentang jasa follower Instagram, Bekasi Follower menggunakan platform website yang berisikan berbagai jenis informasi.

Menggunakan jasa untuk meningkatkan jumlah followers Instagram akan sangat membantu terutama para influencer atau kamu yang lagi membuka toko online.

Para influencer dan toko online tentu sangat menggantungkan pada jumlah follower di Instagram mereka. Jumlah follower yang tinggi akan membuat pengikutnya mempercayai kapabilitas sebuah toko online.

Sementara bagi para influencer, dengan adanya jumlah follower yang semakin banyak, maka popularitas mereka akan semakin tinggi pula.

Fitur-Fitur Pada Website Bekasi Follower

Bekasi Follower menggunakan media website dalam mengenalkan diri.

Dalam websitenya tersebut Bekasi Follower memberikan beberapa fitur penjelasan yang informatif kepada para pembacanya, sehingga pembaca dapat langsung memahami dan mengeksplorasi website serta bergabung ke dalam program mereka.

Fitur-fitur website mereka antara lain:

1. Penjelasan Terkait Cara Kerja Bekasi Follower

Ada banyak sekali cara kerja untuk meningkatkan jumlah follower yang dilakukan jasa follower Instagram. Umumnya, mereka menggunakan penjelasan yang rumit terkait dengan bot dan hal-hal teknis lainnya.

Penjelasan yang rumit justru membuat orang bingung dan ragu akan menggunakan jasa untuk meningkatkan jumlah follower di Instagram.

Berbeda dengan Bekasi Follower yang menggunakan tata bahasa yang sederhana. Cara kerja program mereka juga sangat sederhana yakni menggunakan follower aktif seperti pada umumnya. Penjelasan yang sederhana ini sangat membantu orang awam untuk memahami cara kerja Bekasi Follower dalam meningkatkan jumlah follower di suatu akun Instagram.

2. Fitur Unggulan dan Aturan Program Peningkatan Jumlah Follower

Bekasi Follower juga memberikan penjelasan tentang fitur-fitur unggulan dan peraturan dalam program peningkatan jumlah follower.

Fitur unggulan ini yang membedakan Bekasi Follower dengan jasa peningkatan jumlah follower lainnya. Bekasi Follower menyebutkan ada tiga fitur unggulan, yakni Auto Follower, Auto Likes, dan Live Chat.

Fitur-fitur ini dapat menarik siapapun untuk turut bergabung dalam program peningkatan jumlah follower bersama Bekasi Follower. Bekasi Follower juga memiliki beberapa peraturan sebagai syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi oleh siapapun yang bergabung dalam program tersebut.

Peraturan ini ibarat kontrak antara Bekasi Follower dengan akun yang bergabung. Bekasi Follower akan bertanggung jawab terhadap akun-akun yang tergabung, selama masih dalam aturan yang dibuatnya.

3. Daftar Harga dan Cara Bergabung

Untuk melengkapi website tersebut, Bekasi Follower tentu saja memasukkan penjelasan tentang daftar harga dan cara bergabungnya. Daftar harga ditulis dengan menggunakan tabel yang membuat pembaca mudah memahami harga yang harus dikeluarkan untuk bergabung dalam program meningkatkan jumlah follower.

Terakhir, Bekasi Follower juga memberikan cara pemesanan secara otomatis. Cara pemesanan otomatis ini menggunakan link yang langsung terhubung dengan admin Bekasi Follower. Sehingga siapa saja bisa langsung berkontak untuk melakukan transaksi dengan Bekasi Follower.

Baca Juga: Contoh Surat Penawaran Barang yang Baik dan Benar

3. Informatif

Bekasi Follower memanfaatkan website sebagai media untuk melakukan promosi jasa follower Instagram mereka.

Website yang dikelola oleh Bekasi Follower sangat ringan, sehingga kamu akan lebih nyaman dalam mempelajari cara kerja dan fitur yang mereka tawarkan.

Desain dengan pemetaan yang sederhana membuat siapa saja bisa langsung bisa menuju layanan yang diinginkan. Penjelasan yang disampaikan juga sangat informatif dan mudah dipahami.

Continue Reading

TOP STORIES