Connect with us

Bisnis

Tips Memulai Bisnis Bagi Wanita Supaya Cepat Berkembang

Jumlah pebisnis di Indonesia sudah makin meningkat saat ini. Tidak terbatas pada gender pria saja.

Bahkan kini bermunculan pebisnis wanita yang juga tidak kalah berhasil dalam mengembangkan bisnisnya.

Para wanita yang ingin mencoba terjun ke dunia bisnis, simak beberapa tips memulai bisnis khusus untuk perempuan berikut ini

Persiapkan Niat

Para wanita yang ingin memulai bisnis, pertama sekali adalah pastikan untuk mempersiapkan niat. Semua hal tidak terkecuali berbisnis harus didukung dengan niat yang kuat dulu supaya dapat berjalan dengan baik.

Niat yang kuat ini akan membantu supaya dalam menjalankan bisnis nanti tidak mudah mudah menyerah jika menghadapi hambatan dan kesulitan.

Khusus untuk wanita yang sudah berkeluarga, perlu juga untuk mengkomunikasikannya dahulu dengan anggota keluarga. Hal ini dikarenakan, waktu untuk mengurus keluarga bisa jadi berkurang demi mengurusi bisnis.

Selain waktu, ada kemungkinan juga bila keuangan keluarga akan terpakai untuk menjalankan bisnis tersebut.

Cari Tahu Dulu Apa Yang Paling Disukai Atau Melakukan Riset Pasar

Penting yang mesti diingat oleh wanita yang ingin memulai bisnis adalah mencari tahu apa yang paling disenangi.

Ini bisa menjadi dasar keputusan mau berbisnis di bidang apa. Karena jika berbisnis dalam bidang yang kurang disenangi kadang bisa merasa cepat bosan. Jika begitu, bisnis yang baru mulai dirintis mungkin akan sulit untuk berkembang.

Dengan berbisnis sesuai dengan kesenangan sendiri, tentu akan punya motivasi lebih untuk mengembangkan bisnis tersebut. Dalam menjalankannya pun tidak mudah bosan dan cepat lelah.

Pada umumnya, wanita suka dengan hal-hal seperti tas, baju, sepatu, atau aksesoris. Selain itu, bisa juga dengan melakukan riset pasar kecil-kecilan.

Kadang bingung juga jika kebetulan menyukai banyak hal. Baik sepatu, tas , baju, semua suka. Cara termudah adalah lakukan sedikit riset pasar.

Setidaknya barang apa yang sedang trend pada saat itu. Kadang barang yang sedang trend ini bisa meningkatkan peluang orang untuk membeli.

Misalnya di masyarakat sedang populer trend make up dengan tema tertentu. Apa yang dibutuhkan untuk bermake-up? Tentu saja kosmetik. Ini bisa menjadi peluang bisnis yang bisa dipilih.

Awal Memulai bisnis Coba Dulu Untuk Menjadi Reseller

Ketika memulai berbisnis paling cocok bagi seorang wanita adalah mencoba untuk menjadi reseller. Sebelumnya tadi sudah memilih produk yang tepat dan sesuai kesenangan sebagai objek berbisnis. Selanjutnya mulailah dengan menjadi reseller.

Menjadi reseller ini paling mudah dilakukan, dan termasuk bisnis tersimple untuk dijalankan. Misalnya memilih menjadi reseller produk kosmetik.

Langkah awal untuk menjadi reseller, cukup temukan supplier yang tepat. Sebaiknya cari supplier yang mampu memberikan harga paling murah. Dengan begitu keuntungan bisa dimaksimalkan.

Jangan lupa juga soal pemasaran. Saat ini pemasaran yang paling mudah dilakukan adalah menggunakan media online. Manfaatkan saja sosial media yang ada.

Bila perlu jualan di market place yang saat ini makin banyak menjamur. Terakhir berikan pelayanan yang prima pada pelanggan. Jangan mudah menyerah jika seandainya pada awal-awal pembeli tidak seberapa banyak. Berbisnis memang tidak ada yang berjalan mulus tanpa hambatan.

Pelajari Tips-tips Berbisnis Pada Beragam Media

Hal ini memang harus dipahami oleh setiap orang yang ingin memulai bisnis termasuk seorang wanita. Apalagi yang baru pemula, terus belajar adalah hal wajib. Banyak sekali caranya, seperti mempelajarinya lewat internet, ikut kursus dan seminar bisnis, atau sharing langsung pada ahlinya.

Misalnya di internet, sekarang pasti sudah banyak disediakan informasi seputar berbagai kebutuhan untuk berbisnis. Diantaranya ada tutorial bagaimana teknik foto produk, cara packaging yang bisa menarik minat pembeli dan lain sebagainya.

Atau jika memang punya dana lebih coba ikuti saja beberapa kursus atau seminar bisnis.

Biasanya di sana akan diajarkan teknik berbisnis dengan lengkap, termasuk pemasaran dan lain-lain.

Bila punya teman atau saudara yang lebih dulu terjun ke dunia bisnis, mereka bisa jadi guru pembimbing. Sesekali ajak mereka berdiskusi sambil bersantai, makan di café sambil sharing pengalaman dalam berbisnis.

Jangan Sesekali Mencampurkan Uang Bisnis dan Pribadi

Kebiasan buruk para wanita mungkin selalu lupa untuk mempergunakan semua uang untuk membeli sesuatu yang diinginkan. Tidak perduli itu sebenarnya uang pribadi atau dari keuntungan bisnis.

Kebiasaan ini lebih baik segera ditinggalkan, jika ingin segera punya bisnis yang berkembang. Ketika memulai bisnis pastikan untuk selalu memisahkan uang bisnis dan uang pribadi.

Jadi keduanya tidak tercampur. Dengan cara seperti ini, bisa lebih tahu berapa keuntungan bisnis yang didapatkan per waktu tertentu. Sehingga bisa menilai, apakah bisnis yang dijalankan mengalami perkembangan atau malah terjadi penurunan. Selain itu, pemisahan uang seperti ini juga akan memudahkan untuk mengetahui arus kas bisnis.

Caranya mudah, tinggal simpan saja uang hasil bisnis pada rekening tertentu. Beda dengan rekening pribadi. Ingatlah untuk tidak mempergunakan uang dalam rekening tersebut untuk kepentingan pribadi.

Membuat Laporan Arus Kas

Memahami Pengertian dan Rumus Current Ratio

Tidak peduli seberapa kecil bisnis bisnis yang akan dirintis, laporan arus kas sebaiknya perlu dibuat.

Para wanita cenderung lebih teliti dalam membuat perincian dana. Maka membuat laporan arus kas ini seharusnya tidak menjadi hambatan ketika akan memulai bisnis. Tulis pengeluaran apa saja selama bisnis mulai dijalankan.

Jangan lupa juga untuk menuliskan pemasukan apa yang terjadi selama bisnis berjalan. Seperti perolehan laba, dan lain-lain.

Wajib bagi wanita yang baru memulai bisnis untuk selalu rutin melakukan pencatatan. Baik itu untuk arus kas masuk atau keluar. Selain itu laporan arus kas ini ternyata juga punya manfaat lain.

Laporan ini bisa menjadi alat ketika ingin mengajukan pinjaman ke bank. Tentu dalam memulai bisnis dibutuhkan banyak tambahan modal. Meminjamnya ke bank bisa menjadi solusi terbaik.

Biasanya rata-rata bank bersedia memberikan pinjaman kredit modal usaha jika pengusaha mampu menunjukkan laporan arus kasnya dengan baik.

Laporan kas akan dijadikan penilaian bank untuk memutuskan memberikan pinjaman atau tidak. Jika dari laporan arus kas menunjukkan keuangan bisnis ada dalam kondisi baik, tentu bank dengan senang hati memberikan pinjaman modal usaha.

Baca Juga: Modal Terbatas ? Ini Rekomendasi Bisnis Modal Kecil Buat Kamu

Baca Juga: Tips Menabung Buat Kalian yang Susah Mengatur keuangan

Jangan Mudah Panik Jika Tiba-Tiba Kebanjiran Pesanan

Rezeki memang susah ditebak. Kadang yang sudah berbisnis sekian lama, namun hanya mampu melayani pemesan sedikit.

Tapi ada juga pebisnis yang baru saja memulai bisnis langsung kebanjiran order. Untuk pebisnis wanita yang kebetulan berada pada kondisi tersebut sebaiknya jangan terlalu panik.

Pada dasarnya sifat wanita memang sedikit mudah panik jika ada kondisi tertentu yang tidak biasa dialaminya.

Sebaiknya ketika menghadapi situasi mendadak misalnya kebanjiran pesanan, jangan lantas bingung sendiri.

Caranya adalah persiapkan lebih dulu segalanya dengan baik. Misalnya menyiapkan pengelolaan keuangan yang tepat, atau hal-hal yang mendukung kelancaran berbisnis lainnya.

Itu tadi beberapa tips untuk memulai bisnis bagi para wanita. Sebagai seorang wanita sebaiknya jangan kalah dengan kaum laki-laki.

Buktikan jika wanita juga bisa berprestasi dalam bidang apapun, termasuk berbisnis. Jika masih bingung bagaimana cara memulainya, coba saja menerapkan tips-tips di atas.  Mulai berbisnis untuk masa depan yang lebih baik.

Mendirikan situs income.id sebagai perwujudan pengabdian kepada bangsa dan negara indonesia melalui media yang informatif dan edukatif

Bisnis

Fungsi Utama Software Payroll Terbaik Dalam Kemajuan Bisnis Perusahaan

Software payroll terbaik memang menjadi salah satu software yang saat ini tengah banyak menjadi incaran. Tentu saja didalamnya terdapat beragam sistem yang sangat berguna untuk sebuah perusahaan.

Tidak hanya masalah penggajian karyawan saja, namun software yang satu ini juga lengkap untuk pengelolaan manajemen sumber daya manusia. Salah satu fitur di dalamnya adalah untuk mengetahui kinerja karyawan dengan metode absensi online. Sehingga nantinya akan terpantau dengan jelas kedisiplinan karyawan.

Manfaat Yang Besar Bagi Sebuah Perusahaan

Sebagai pemberitahuan, bahwa gaji merupakan salah satu hal yang sangat vital dalam sebuah manajemen perusahaan. Ini menyangkut hak hidup karyawan perusahaan. Jika saja salah dalam memberikan kalkulasi tentu saja akan merugikan karyawan dan memberikan dampak yang negatif bagi perusahaan.

Dengan menggunakan software payroll tentu saja aka nada banyak manfaat yang diraih. Seperti pemantauan terhadap kinerja karyawan, serta dapat, meminimalisir kesalahan dalam kalkulasi gaji karyawan. Tak tanggung tanggung, software ini tentu saja dapat memberikan efisiensi waktu pula. Dari yang serba manual, maka dengan kehadiran software ini segalanya akan menjadi serba digital. Hal tersebut sangat selaras dengan era industri 4.0 saat ini.

Software Payroll Bagi Sebuah Bisnis

Kebanyakan perusahaan mungkin masih menerapkan sistem sdm secara manual. Tentu saja hal semacam itu dapat menguras waktu serta membuang buang biaya dalam pengelolaan data. Sebagai solusinya, maka software payroll terbaik di Indonesia ini dapat membantu perusahaan melancarkan bisnisnya dengan beragam manfaat berikut ini.

1.Pengelolaan Data Karyawan Secara Lengkap

Fungsi yang satu ini tentu saja dapat menjadi sebuah langkah yang preventif dalam pengelolaan data. Karyawan sebagai aset tentu saja harus dikelola dengan baik. Karena asset tersebut akan sangat berguna untuk kelangsungan sebuah bisnis perusahaan.

Mengelola data karyawan dengan software payroll tentu saja tidak memerlukan orang banyak. Serta hanya dalam lingkup kecil. Seluruh data terkait absensi online, rekening karyawan akan dengan mudah dikelola. Saat penggajian karyawan  tentu saja akan saling terkait dengan data karyawan.

2. Software Yang Tertaut Dengan Absensi

Jika dilakukan secara manual tentu saja akan sering mendapat sebuah kesalahan serta kekeliruan. Nah, kehadiran software payroll akan menjadi sebuah solusi yang cerdas bagi sebuah perusahaan. Tidak lagi harus mencocokkan absensi karyawan secara manual. Dengan software ini maka kehadiran karyawan akan tertaut langsung, ini dikarenakan sistem yang digunakan telah terintegrasi dengan sistem absensi online.

Hal ini tentu menjadikan kerja dari HRD menjadi lebih mudah, dan kesalahan dapat diminimalisir dengan bijak. Selain itu hal ini juga tentunya dapat menghemat waktu dan HRD dapat mengerjakan tugas tugas lainnya.

3. Bonus Bonus Serta Potongan Untuk Karyawan Dapat Dihitung Secara Tepat

Software payroll juga dapat memberikan informasi  berupa bpjs serta bonus seperti THR dan lain lain secara akurat dan tepat. Penghitungan gaji nantinya akan menjadi lebih akurat by sistem dan pengelolaannya tidak lagi harus secara manual. Insentif untuk karyawan dan lainnya akan secara otomatis tercatat by sistem. Sehingga tidak akan menimbulkan kekeliruan yang terkadang menyebabkan selisih.

Selain dapat menghitung PPh 21 software payroll juga mampu untuk menghitung jumlah bpjs karyawan. Bayangkan saja jika masih menghitung secara manual tentu saja akan memakan waktu yang lumayan lama, dan nantinya hal tersebut malah menjadi sebuah beban yang menghambat sebuah perusahaan untuk maju dalam bisnisnya.

Demikian penjelasan terkait fungsi dari software payroll. Dalam penghitungan gaji memang harus dilakukan secara akurat dan tepat. Maka dari itu dengan menggunakan software payroll terbaik yang terkait langsung dengan sistem absensi online, maka perusahaan dapat memantau karyawan nya dan meminimalisir selisih serta kesalahan saat melakukan penggajian karyawan.

Continue Reading

Bisnis

Cara Promosi Perumahan Di Sosmed Yang Efektif, Coba 7 Hal Penting Ini!

Internet merupakan sarana paling efisien dan efektif saat ini digunakan untuk melakukan promosi apapun. Salah satunya cara promosi perumahan di sosmed dengan mengandalkan internet sebagai media iklan. Tingkat jangkauan promosi lebih banyak dan lebih baik sehingga orang-orang dengan mudah mendapatkan informasi perumahan dari sosial media.

Beberapa hal yang penting dipersiapkan pada saat melakukan promosi perumahan merupakan cara paling tepat dalam menjangkau konsumen. Maka strategi dari awal hingga akhir memperkenalkan perumahan via sosmed bisa memperhatikan hal berikut ini.

1. Memiliki Akun Media Sosial

Yang paling utama dalam memulai promosi perumahan dengan memanfaatkan jejaring sosial yaitu mempunyai akun terlebih dahulu. Akun media sosial banyak macamnya saat ini, mulai dari facebook, instagram, YouTube, Twitter dan sebagainya. Hingga status WA pun menjadi ajang media promosi efektif yang bisa dilakukan.

Biasanya saat mengaktivasi satu akun media sosial akan terjadi keterkaitan antara satu akun dengan akun lainnya. Semacam jejaring dengan persen yang sama namun banyak wujud. Jadi saat mempromosikan di salah satu akun media sosial maka bisa ditayangkan pula di akun media sosial lainnya

2. Memahami Apa Yang Dibutuhkan Konsumen Tentang Perumahan

Pahami apa yang dibutuhkan konsumen merupakan cara promosi perumahan di sosmed yang ampuh. Membaca kebutuhan pasar menjadi penting, apalagi kebutuhan akan hunian rumah yang semakin meningkat. Para konsumen biasanya akan mencari informasi yang lebih akurat mulai dari bentuk perumahan, lingkungan strategis, hingga harga yang ditawarkan.

Dalam memberikan promosi yang berkaitan dengan perumahan, memang penting untuk menyajikan apa yang dibutuhkan pasar. Biasanya konsumen akan mencari harga terjangkau dengan kualitas yang terbaik. Atau tipe rumah yang sedang tren pada saat ini dan perumahan yang dekat dengan tempat-tempat strategis.

3. Buat Konten Iklan Yang Menarik

Cara promosi perumahan di sosmed yaitu dengan membuat konten yang menarik. Konten yang menarik biasanya berisi jawaban atau pemahaman yang dibutuhkan konsumen. Dengan memberikan beberapa tips menarik bagi konsumen yang berhubungan dengan home decor atau mengulas tren perumahan.

Konten sangat penting dalam menyajikan sebuah iklan agar terlihat lebih layak dan dapat menjaring konsumen. Karena dalam dunia media sosial mengandalkan visualisasi dari sebuah gambar dan tulisan. Sehingga penyajian konten menjadi daya tarik utama pada konsumen dalam mengenal suatu produk. Apalagi jika produk tersebut perumahan yang butuh banyak detail untuk dijelaskan.

4. Memahami Persaingan Harga

Hal ini sangat penting dipertimbangkan dalam mempromosikan perumahan di medsos. Karena harga biasanya menentukan nilai ketertarikan konsumen pada produk, maka dalam mengemas harga harus semenarik mungkin. Yaitu dengan melihat bagaimana produk yang sama menentukan harga jualnya kepada konsumen.

Biasanya persaingan harga ini memicu terjadinya tingkat pemesanan yang tinggi. Misalnya saja jika seseorang akan mencari perumahan via media sosial kemudian melihat harga dengan diimbangi pemberian diskon. Maka biasanya konsumen akan lebih tertarik apalagi jika ada promo lainnya saat menawarkan perumahan. Karena faktor paling utama dalam menentukan harga adalah keseimbangan harga pasar

5. Memanfaatkan Fitur Yang Ada Pada Sosial Media

Pada cara promosi perumahan di medsos, akan lebih baik lagi jika mengoptimalkan fitur lainnya yang ada. Seperti FB ads, Instagram Ads, dan sebagainya sebagai sarana iklan yang lebih baik lagi. Selanjutnya fitur yang ada pada media sosial ini tentu terintegrasi dengan akun utama sehingga, tidak perlu khawatir iklan tidak menjangkau. Justru dengan bantuan fitur iklan yang ada pada medsos semakin membantu menjangkau berbagai kalangan.

Fitur ini juga mudah digunakan serta mempunyai nilai praktis dan ekonomis. Maka perumahan yang dipromosikan akan lebih menjangkau masyarakat lebih luas lagi. Selain itu, nilai praktis media sosial sangat membantu memangkas biaya promosi karena internet dianggap lebih efektif dibandingkan promosi offline.

6. Optimalisasi SEO

Search Engine Optimization merupakan sebuah sistem mesin pencari yang mengoptimalkan situs yang dimiliki. Dengan melibatkan penggunaan kata kunci yang dicari konsumen pada mesin pencari. Yang kemudian pada search engine didasarkan pada kata kunci yang dimasukkan sehingga memunculkan traffic di sebuah situs.

Optimalisasi SEO ini diyakini efektif untuk menjaring konsumen dalam mengunjungi situs serta memahami produk perumahan yang ditawarkan. Sehingga promosi perumahan akan lebih efektif dan langsung tepat sasaran kepada konsumen yang membutuhkan hunian baru. Atau ada juga konsumen yang sedang berinvestasi pada perumahan.

7. Personal Branding

Pentingnya pengenalan secara lebih baik lagi yaitu dengan personal branding pada suatu produk. Jika ingin mempromosikan perumahan, maka ciptakan personal branding yang kuat sehingga konsumen percaya. Yaitu dengan menjalin relasi secara baik, percaya pada diri sendiri dan produk yang ditawarkan.

Selain itu berikan performa terbaik saat mempromosikan pada konsumen, bagaimana perumahan tersebut dan apa kelebihannya. Dengan begitu di medsos bisa terlihat jelas apa saja yang menjadi ciri khas hingga akhirnya orang akan tertarik dengan perumahan tersebut.

Dengan memahami beberapa cara promosi perumahan di medsos maka diharapkan mampu mengoptimalisasi berbagai peluang yang ada. Karena kekuatan medsos merupakan jaringan internet yang luas, maka saat promosi perumahan dilakukan tentu akan menjangkau lebih banyak lagi. Dan menarik para konsumen untuk mendapatkan hunian nyaman sesuai harapan.

Continue Reading

Peluang Usaha

Tips Buka Usaha di Tengah Ancaman Resesi Ekonomi Indonesia

Resesi ekonomi Indonesia tampaknya makin kencang digaungkan oleh para pakar ekonomi di negeri ini.

Pandemi virus corona telah menyebabkan perekonomian terhenti dan beberapa negara telah masuk ke dalam fase resesi. Lalu bagaimana dengan orang yang justru ingin membuka usaha? Simak tips berikut ini

Apa Itu Resesi Ekonomi ?

Resesi ekonomi adalah adanya penurunan yang tajam terhadap kegiatan ekonomi selama berbulan-bulan bahkan hitungan tahun. Jika hal itu terjadi di Indonesia, maka disebutkan resesi ekonomi Indonesia. Selama pandemi, sudah banyak negara yang terjungkal kegiatan perekonomiannya dan masuk dalam fase resesi.

Pada masa resesi, banyak orang mengalami PHK atau kehilangan mata pencaharian. Hal ini karena perusahaan tidak melakukan kegiatan produksi sebagaimana mestinya. Artinya ada penghematan dan penurunan penjualan karena output yang lebih sedikit.

Resesi bisa mengakibatkan melemahnya daya beli yang dipicu oleh semakin tingginya PHK. Belum lagi ancaman kredit macet di dunia perbankan serta inflasi yang terlalu tinggi. Deflasi juga bisa terjadi jika suatu negara masuk ke dalam fase resesi.

Seperti yang dilansir dari Harapanrakyat.com, Saat ini Indonesia belum masuk fase resesi walaupun ancaman itu sudah di depan mata. Namun jika di kuartal ketiga nanti perekonomian kembali terkontraksi, sudah pasti Indonesia akan resesi. Konsumsi rumah tangga harus meningkat serta investasi harus lebih besar lagi. Saat ini tumpuan utama Indonesia adalah investasi pada UMKM.

Tips Membuka Usaha Saat Resesi

Resesi yang pernah terjadi di beberapa negara di masa lalu justru memicu lahirnya sejumlah perusahaan besar. Contohnya saja Uber, General Motor, CNN, Burger King, dan Airbnb. Usaha-usaha mikro yang lahir di masa resesi berpotensi menjadi besar ketika perekonomian membaik. Lalu, apa tipsnya agar aman membuka usaha saat resesi?

1. Lakukan Penghematan

Berhemat adalah hal yang tepat dilakukan ketika membuka usaha di masa krisis. Ingatlah bahwa bisnis sedang dijalankan dimana pendapatan masyarakat menurun, pasokan bahan baku tersendat dan penjualan tipis. Alokasikan modal untuk keperluan produksi dan bukan yang lain.

2. Produksi Berdasarkan Pesanan

Beberapa barang bisa diproduksi saat pesanan datang. Hal ini lebih menguntungkan dan bisa menyelamatkan bisnis dari kerugian. Dengan membuat produk saat pesanan sudah masuk, maka keuntungan lebih mudah diperhitungkan. Buatlah sistem PO untuk produk yang akan dijual.

3. Manfaatkan Pemasaran Digital

Pemasaran secara digital bisa dimulai dengan sangat murah. Misalnya dengan memaksimalkan media sosial dan internet. Buatlah website untuk branding produk dan perusahaan. Resesi atau tidak, pemasaran secara digital harus dilakukan apalagi jika ingin menjaring konsumen yang lebih luas.

4. Efisiensi Pekerjaan

Mempekerjakan karyawan tetap penting untuk menjaga performa dan kualitas produksi. Tetapi, dikala resesi, beban gaji karyawan bisa mempengaruhi cash flow. Maka, usahakan setiap karyawan melakukan pekerjaannya dengan efektif dan efisien. Walaupun terkesan “pelit”, namun ini penting untuk kelangsungan usaha. Jangan ragu untuk ikut terjun sendiri membantu operasional agar lebih hemat.

Baca Juga: Satuma Kraf, Ahlinya Pembuat Kerajinan Tembaga dan Kuningan

5. Rencanakan dengan Matang

Perencanaan adalah yang terpenting ketika membuka bisnis di masa resesi. Tidak ada salahnya berkonsultasi dulu kepada konsultan atau rekanan sebelum benar-benar terjun. Setiap sen yang dikeluarkan, harus jelas kapan kembalinya dan bagaimana.

Resesi ekonomi Indonesia yang sudah di depan mata harus disikapi dengan tenang namun tetap proaktif. Saat ini Iklim bisnis masih cukup sehat walaupun persaingan ketat. Buktinya, semakin banyak orang yang terjun membuka usaha di masa pandemi. Siapa tahu, salah satunya akan sukses dan besar ketika wabah mereda.

Continue Reading

TOP STORIES