Connect with us

Bisnis

Pepsi Hengkang dari Indonesia, Ini Sejarah dan Penyebabnya

Chris Rank | Bloomberg | Getty Images

Apa kalian termasuk pecinta minuman berkarbonasi? Bagi kalian para pecinta minuman berkarbonasi, pasti sudah tak asing lagi dengan minuman berkarbonasi asal Amerika Serikat (AS), Pepsi.

Ya, Pepsi telah lama hadir dan mewarnai toko ritel kecil maupun besar di Indonesia.

Namun sayangnya, kini para pecinta minuman berkarbonasi tampaknya sedang berduka. Pasalnya, menurut informasi yang beredar luas, produk minuman yang merupakan pesaing utama Coca-Cola ini bakal hilang dari pasar Tanah Air.

Sebab, per 10 Oktober 2019 nanti, Pepsi bakal berhenti berproduksi, menjual, dan mendistribusikan di Indonesia.

Padahal jika dikutip dari laporan keuangan PepsiCo pada tahun 2018 lalu, pendapatan PepsiCo naik menjadi sebesar USD 64,66 miliar atau setara Rp916 triliunan.

Bahkan pesaingnya Coca-Cola hanya meraup untung sebesar USD 31,8 miliar atau setara Rp451 triliunan atau lebih dari setengahnya.

Namun meski Pepsi mengalami kenaikan, angka ini memang tidak terlalu jauh, mengingat hanya naik tipis 2 persen dibandingkan tahun 2017 silam yang sebesar USD 63,52 miliar.

Lantas, kira-kira apa ya penyebab minuman ringan yang banyak digemari anak muda dan telah lama melekat di lidah orang Indonesia ini tak lagi beredar di Tanah Air? Berikut ulasannya:

Sejarah Bisnis Pepsi di Indonesia

(image: CNBC.com)

Sebelum membahas langsung ke poin mengapa Pepsi memilih hengkang dari Indonesia, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu sejarah bisnis Pepsi di Indonesia.

Mengutip dari Kompas.com yang melansir sebuah penelitian yang dikutip dari openlibrary.telkomuniversity.ac.id, Pepsi (sebelumnya bernama Pepsi-Cola) adalah merek minuman ringan yang diproduksi oleh PepsiCo dan dijual di seluruh dunia melalui toko, restoran, dan mesin penjual.

Pepsi merupakan salah satu merek yang paling sukses, berharga, dan dipuja dalam sejarah. Perusahaan dengan perkiraan nilai 16,5 miliar pada tahun 2012 ini, telah identik dengan sesuatu yang menyenangkan, menyegarkan, dan kegembiraan selama lebih dari satu abad.

Pepsi-Cola pertama (kemudian diperkenalkan sebagai “Brad Drink”) telah dibuat oleh Caleb Bradham D., seorang farmakolog atau seorang ahli farmasi yang berbasis di Carolina Utara, pada tahun 1893. Pepsi dibuat dengan campuran gula, karamel, hingga pala.

Pada 28 Agustus 1898, merek dagang “Pepsi-Cola” terdaftar pada bulan Agustus 1898, tetapi baru menjadi merek dagang pada 16 Juni 1903 dan kemudian untuk “Pepsi” pada tahun 1961.

Di Indonesia, Pepsi diproduksi oleh PT Pepsi Indobeverages dengan pabriknya di Purwakarta. Perusahaan PT Pepsi Indobeverages merupakan kerja sama antara PepsiCo Amerika Serikat dengan Indofood CBP Sukses Makmur Indonesia.

Pada tahun 1995, Salim Group mendirikan pabrik yang terletak di Purwakarta, Jawa Barat, dengan nama PT Pepsi Indobeverages. Pabrik tersebut bertujuan untuk melayani kebutuhan di wilayah Jawa Barat, Jakarta, dan sekitarnya, serta membantu melayani kebutuhan pemasaran di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Pada tahun 1996, PT Pepsi Indobeverages baru memulai produksinya karena perusahaan tersebut baru mendapat izin pada tanggal 8 Maret 1996 dengan nomor izin no. 481/I/Industri dari Departemen Perindustrian.

PT Pepsi Indobeverages telah menghasilkan beberapa produk Carbonated Soft Drink (CSD), diantaranya Pepsi Regular, Pepsi Blue, Pepsi Twist, Pepsi Cola, Mirinda Strawberry, Mirinda Root Berry, 7-UP Emerald, 7-UP Revive, A&W Root Beer, Canada Dry, dan Tekita dalam kemasan botol dan kaleng. Terdapat pula jenis minuman yang tidak berkarbonat (Non CSD), yakni Gatorade, Tropicana Apple, dan Tropicana Orange.   

Pada tanggal 28 Juni 2013, produsen makanan dan minuman Indofood telah mengakuisisi perusahaan produsen minuman PT Pepsi-Cola Indobeverages (PCIB). Akusisi itu dilakukan oleh anak usaha Indofood, yakni PT Indofood Asahi Sukses Beverage (IASB) dan PT Asahi Indofood Beverage Makmur (AIBM).

Dilansir pula dari sebuah penelitian yang dikutip dari repository.ipb.ac.id, PT Pepsi-Cola Indobeverages merupakan salah satu unit usaha (bisnis) dalam kelompok Indofood yang bergerak pada industri minuman ringan. Bentuk perusahaan adalah perusahaan patungan (joint venture) antara pihak Pepsi-Cola Internasional (USA) dan Indofood Group.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Pepsi merupakan perusahaan patungan. Pepsi diproduksi oleh PT Pepsi-Cola Indobeverages dengan pabriknya di Purwakarta, Jawa Barat.

Minuman ini didistribusikan oleh PT Indofood Asahi Sukses Beverage yang merupakan perusahaan joint-venture antara PepsiCo Amerika Serikat dengan Indofood CBP Sukses Makmur Indonesia.

Sudah Tidak Dijual di Sejumlah Gerai Ritel

(image: CNBC.com)

Sementara itu, ternyata sejumlah gerai ritel seperti Alfamart dan Circle K memang kini tak lagi menjual produk minuman yang berasal dari Amerika Serikat tersebut.

Dikutip dari Liputan6.com, Corporate Affairs Director Alfamart Solihin membenarkan bahwa minuman ringan Pepsi memang tak lagi mejeng di toko ritel miliknya.

Kata dia, Pepsi sudah hilang dari edaran sekitar satu bulan yang lalu. Pihaknya pun berharap ada distributor lain yang menyalurkan Pepsi ke Alfamart.

“Sudah sekitar satu bulan lalu kosong, tidak ada sama sekali. Kalau alasanya saya enggak tahu, itu urusan Pepsi. Tapi saya berharap ada distributor baru yang bisa salurkan Pepsi lagi,” kata dia ketika dihubungi, Kamis (3/10/2019).

Penyebab Pepsi Hengkang dari Indonesia

(image: CNBC.com)

Juru bicara (Jubir) PepsiCo mengatakan kini Pepsi akan mengakhiri kiprahnya di pasar domestik. Alasannya, masa kontrak PepsiCo Inc dan PT Anugerah Indofood Barokah Makmur (AIBM) telah habis pada tanggal tersebut. Keduanya juga telah sepakat untuk tidak melanjutkan kerja sama lagi.

“Efektif mulai 10 Oktober 2019, AIBM tidak akan memproduksi, menjual, atau mendistribusikan produk PepsiCo,” ujar Jubir PepsiCo, Rabu (2/10/2019).

Baca Juga: Terkuak, Ini Rincian Gaji dan Tunjangan Anggota DPR 2019-2024 yang Baru Dilantik

Pepsi Berharap Bisa Kembali

(image: businessinsider.com)

Meski begitu, pihaknya berharap PepsiCo dapat kembali berusaha di pasar Tanah Air melalui sejumlah produk unggul lainnya dari perusahaan.

“PepsiCo berharap bisa kembali ke pasar Indonesia dengan merek-merek ternama kami seperti Pepsi, Miranda, 7up dan Mtn Dew di masa yang akan datang,” tegas dia.

Pepsi Digantikan Coca-Cola

(image: businessinsider.sg)

Keputusan Pepsi hengkang dari Indonesia tentunya mempengaruhi beberapa mitranya selama ini, seperti makanan cepat saji KFC dan Pizza Hut. Kedua perusahaan menyatakan Pepsi telah hilang dari salah satu menu mereka. Pepsi pun dipastikan akan digeser dengan Coca-Cola.

“Iya, sudah beberapa bulan lalu Pepsi informasikan ke kita kalau mereka mau fokus ke negara lain, enggak di Indonesia. Makanya kontrak dengan kami juga akan berakhir di Oktober nanti,” ujar Direktur PT Fast Food Indonesia Tbk (KFC), Justinus Dalimin, seperti dikutip dari Liputan6.com.

“Sejauh ini pasokan minuman Pepsi aman. Nanti mungkin setelah kontrak berakhir akan pakai Coca-Cola,” lanjutnya.

Sementara itu, Direktur PT Sarimelati Kencana Tbk (Pizza Hut) Jeo Sasanto bahkan menyebutkan pihaknya sudah secara bertahap menggantikan Pepsi dengan pesaingnya, yaitu Coca-Cola.

“Secara bertahap pasokan Pepsi akan di gantikan Coca-Cola sampai dengan akhir Oktober 2019,” tegasnya.

Milenial yang tertarik dengan bisnis, keuangan, dan kuliner. Meski tak terlalu jago bertutur kata, namun senang menyalurkannya dalam sebuah tulisan. Semoga bermanfaat!

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Peluang Usaha

7 Cara Menjadi Selebgram Endorse Berkualitas dan Hasilkan Banyak Uang

Di zaman teknologi canggih saat ini, ada berbagai macam aplikasi media sosial yang banyak digunakan. Seiring maraknya pengguna aplikasi media sosial, banyak juga selebgram-selebgram yang hadir ikut serta meramaikan dunia media sosial. Ada selebgram yang awalnya hanya untuk senang-senang sampai menjadi sebuah lapangan pekerjaan. Lalu, bagaimana cara menjadi selebgram endorse?

Selebriti Instagram atau yang biasa dikenal dengan selebgram merupakan julukan bagi orang yang terkenal di Instagram. Biasanya memiliki banyak pengikut di akun instagramnya, mulai dari ribuan sampai dengan jutaan. Hal ini mampu menarik online shop untuk melakukan kerja sama. Maka, inilah cara untuk menjadi selebgram yang dapat menghasilkan banyak uang.

1. Miliki Akun Instagram

Cara menjadi selebgram endorse yang pertama yaitu buat akun instagram. Untuk memulai suatu hal yang besar ini, tentunya harus memiliki akun instagram yang akan digunakan. Seperti diketahui, media sosial instagram ialah wadah utama yang bisa membuat seseorang menjadi selebgram endorse.

Jika belum memiliki akun instagram, segera unduh instagram dan buat akun. Cara membuat akunnya pun mudah, hanya dengan membuat username yang diinginkan, kata sandi dan memasukan alamat email. Pastikan tidak lupa dengan kata sandi yang dibuat, agar tak menjadi sebuah masalah dikemudian hari.

2. Buat Konten Kreatif dan Fokus

Sebagai seorang selebgram endorse harus bisa mempunyai ide-ide kreatif dan cemerlang. Sebelum membuat konten, ada baiknya pikirkan terlebih dahulu tema konten yang akan dibuat. Apakah konten dalam dunia masak, seni musik, fotografi, dan lain-lain. Konten bisa dipilih sesuai dengan hal yang disukai dan memang sudah menjadi passion dalam diri. Setelah itu, fokuskan konten tersebut.

Biasanya selebgram yang memiliki konten yang fokus dan kreatif dapat menarik banyak online shop untuk bekerja sama dan menawarkan endorse. Oleh sebab itu, konten yang kreatif merupakan hal penting jika ingin menjadi selebgram endorse.

3. Cek Kualitas Unggahan

Sebelum mengunggah video dan foto di instagram, cek terlebih dahulu kualitasnya. Cara menjadi selebgram endorse kali ini sangat berpengaruh pada jumlah pengikut dan likes di akun instagram. Hindari pengunggahan video dan foto yang tak jelas dan memiliki kualitas yang tak enak dilihat.

Jika video dan foto yang diunggah memiliki kualitas yang bagus, maka akan banyak yang tertarik untuk menawarkan endorse di akun instagram yang dimiliki. Semakin banyak yang menawarkan endorse, semakin banyak pula uang yang didapat.

4. Rajin Mengunggah Video dan Foto

Selebgram yang jarang mengunggah video dan foto dalam jangka waktu yang lama biasanya tak diminati oleh banyak orang. Banyak yang ingin mengetahui keseharian, review dari produk endorse, dan hal lainnya, sehingga rajin mengunggah video dan foto merupakan cara menjadi selebgram endorse yang dapat menghasilkan uang banyak.

Namun, jangan hanya rajin mengunggah, tapi juga harus tetap memperhatikan kualitas video dan foto yang akan diunggah. Sebab, jika hanya rajin namun tak memperhatikan kualitas, hal itu juga bisa berdampak kurang baik pada image akun instagram.

5. Jangan Asal Pilih Produk yang Akan di Endorse

Sebagai selebgram endorse, tentunya akan ada banyak produk yang ditawarkan untuk di review dalam sebuah endorse. Sebelum memilih dan menyetujui produk apa saja yang akan diambil, ada baiknya ketahui dahulu produk tersebut.

Apakah produknya aman, terpercaya, dan bukan penipuan. Jangan sampai produk yang di endorse akan berdampak negatif untuk orang-orang yang melihatnya. Hal itu dapat membuat kecewa banyak orang dan rasa percaya akan berkurang.

6. Branding Diri yang Baik dan Jadi Diri Sendiri

Melakukan branding terhadap diri sendiri akan berpengaruh pada ketertarikan orang-orang untuk melihat akun instagram selebgram. Jika mampu melakukan branding diri yang menarik dan unik, maka tawaran endorse pun akan semakin banyak. Branding diri yang menarik dan unik bukan berarti harus memaksakan diri yang akhirnya bersikap tidak natural dan tak menjadi diri sendiri.

Jika tak menjadi diri sendiri, maka branding tersebut tak akan bertahan lama. Serta biasanya banyak orang yang lebih suka dengan selebgram yang menjadi dirinya sendiri, tanpa dibuat-buat menjadi berlebihan dan terkesan tak natural.

7. Belajar Berbicara yang Baik dan Menarik

Endorse produk tak hanya melalui foto, tapi juga bisa berupa video. Dengan mempelajari bagaimana berbicara yang baik dan menarik, maka akan lebih mudah untuk melakukan review endorse dalam sebuah video. Sebagai seorang selebgram endorse harus bisa melakukan review yang dapat menarik orang lain untuk membeli produk tersebut.

Apabila review dilakukan dengan asal-asalan, maka hal itu akan berdampak pada kualitas akun instagram yang dimiliki. Jika review dilakukan dengan baik dan menarik, akan ada banyak online shop yang percaya dengan kualitas akun, lalu menawarkan produknya untuk di endorse.

Demikianlah 7 cara menjadi selebgram endorse yang berkualitas dan hasilkan banyak uang. Jika ingin menjadi selebgram, ada baiknya menjadi selebgram yang berkualitas dan menyebarkan hal-hal positif. Semoga ulasan mengenai cara untuk menjadi selebgram ini bisa menjadi referensi.

Continue Reading

Bisnis

7 Usaha Sampingan untuk Karyawan Tanpa Modal

Usaha Sampingan untuk Karyawan

Memiliki pendapatan tambahan di samping penghasilan pokok adalah keinginan semua orang, termasuk karyawan. Tak jarang usaha sampingan seperti usaha kuliner atau toko kelontong pun dilakoni. Tentu saja usaha sampingan untuk karyawan yang seperti ini membutuhkan modal dan kemampuan mengelola yang baik untuk memperkecil resiko kerugian.

Namun tenang saja, peluang usaha sampingan untuk karyawan tidak terbatas pada dua hal itu saja. Era digital saat ini memungkinkan siapa saja untuk mendapatkan penghasilan tambahan dengan modal minim bahkan tanpa modal sekalipun. Ada banyak peluang usaha yang bisa dikerjakan tanpa terikat waktu dan tempat, seperti 7 usaha berikut ini.

1. Menjadi Dropshiper

Dropship merupakan bisnis online yang banyak digemari belakangan ini. Usaha ini memungkinkan seseorang untuk mendapatkan penghasilan dengan bermodalkan kata-kata dan jaringan internet saja. Tugas seorang dropshiper adalah mempromosikan suatu produk, baik melalui media sosial maupun bukan, untuk menarik minat pembeli.

Setelah mendapatkan beberapa pembeli, dropshiper menginformasikan ke supplier untuk mengirim produk-produk pesanan tersebut. Jadi, seorang dropshiper tidak perlu repot untuk membeli dan menyimpan produk lagi. Penghasilan dropshiper diperoleh dari selisih harga jual dengan harga yang diberikan oleh supplier. Artinya, semakin banyak produk yang terjual, semakin besar pula penghasilan yang didapatkan.

2. Membuka Kursus Privat

Tidak jarang seorang karyawan memiliki keterampilan khusus baik dalam bidang akademik maupun non-akademik. Nah, keterampilan ini juga bisa dimanfaatkan untuk mendapat penghasilan tambahan. Caranya dengan membuka kursus privat atau bimbingan belajar sesuai keterampilan masing-masing, misalnya kursus bahasa asing, komputer, desain, matematika, dan lain-lain.

Membuka kursus privat secara daring bisa menjadi usaha sampingan untuk karyawan karena bisa lebih mudah menyesuaikan waktu dan metode belajar-mengajar. Selain itu, kursus daring juga tidak memerlukan izin pemerintah seperti kursus luring.

3. Menjadi Voice Over Talent

Istilah voice over mungkin masih asing bagi sebagian besar orang. Padahal pekerjaan ini merupakan pekerjaan yang menarik dan tentunya bisa memberi pendapatan tambahan. Voice over merupakan suara latar yang sering kita dengar pada buku audio (audiobook), program TV, iklan TV, radio, bahkan YouTube. Orang yang melakukan voice over disebut voice over talent.

Pengerjaan voice over secara profesional biasanya dilakukan di studio rekaman. Namun, bagi pemula, bukan hal yang mustahil untuk melakukannya di rumah dengan modal smartphone, mic, dan aplikasi pengedit audio. Jasa seorang voice over talent bisa dipromosikan melalui sosial media dengan menyertakan contoh audio hasil voice over. Jasa ini banyak dilirik oleh youtuber untuk keperluan konten loh.

4. Menjadi Penulis Lepas

Penulis lepas merupakan pekerjaan sampingan yang bisa dilakukan di mana pun, sangat cocok sebagai usaha sampingan untuk karyawan. Selama internet ada, jasa penulis akan terus dibutuhkan untuk mengisi website. Jika memiliki kemampuan bahasa Inggris yang mumpuni, bergabunglah dengan komunitas penulis luar untuk tarif yang lebih tinggi.

Untuk menjadi seorang penulis, modal utama yang diperlukan adalah kemampuan berbahasa yang baik dan benar. Umumnya, agensi atau klien mensyaratkan seorang penulis untuk memahami PUEBI untuk penulis Bahasa Indonesia, dan grammar untuk penulis Bahasa Inggris.

5. Membuka Jasa Desain Grafis

Bagi karyawan yang memiliki kreativitas tinggi serta bakat mendesain, tidak ada salahnya mencoba pekerjaan sampingan sebagai desainer grafis. Selama orang-orang masih menyediakan produk dan mengiklankannya dalam bentuk visual, selama itu pula jasa desain grafis dibutuhkan. Pakaian, poster, undangan, dan logo adalah contoh kecil karya yang dihasilkan oleh desainer grafis.

Dengan memanfaatkan pasar desainer online, seseorang hanya membutuhkan modal awal berupa paket internet dan software untuk membuat desainnya. Jika bisa berbahasa Inggris, seseorang bahkan bisa bergabung di pasar desainer internasional untuk jangkauan yang lebih luas dan bayaran yang lebih tinggi.

6. Menjadi Broker

Sama seperti dropship, broker atau makelar merupakan pihak yang menghubungkan penjual dan pembeli. Seorang broker juga tidak perlu membeli apalagi menyetok property atau kendaraan yang ditawarkan. Makelar bisa bekerja sama dengan showroom kendaraan dan perusahaan property, kemudian menerapkannya di media online.

Menjadi seorang broker merupakan usaha yang sangat bagus dan menjanjikan karena komisi yang didapatkan untuk tiap produk yang terjual lumayan besar. Modal utama untuk menjadi seorang broker adalah kepercayaan dari pihak pembeli dan penjual. Sangat penting untuk menjaga kepercayaan kedua belah pihak agar usaha bisa terus berjalan.

Baca juga: Fungsi Utama Software Payroll Terbaik Dalam Kemajuan Bisnis Perusahaan

7. Menjual Foto

Bagi karyawan yang hobi mengabadikan hal-hal sekitar, seperti makanan atau pemandangan, sebaiknya cobalah menjual foto untuk bisa mendapatkan pundi-pundi rupiah. Beberapa situs penjualan foto yang bisa dikunjungi adalah ShutterStock.com, StockFresh.com, dan Istockphoto.com. Pendapatan diperoleh dari komisi penjualan foto.

Tidak perlu membeli kamera belasan juta rupiah, karena beberapa kamera ponsel pun sudah bisa menangkap gambar dengan kualitas yang bagus. Namun, tentu saja harus dibarengi dengan teknik pengambilan gambar yang baik.

Semua rekomendasi usaha sampingan untuk karyawan di atas bersifat tidak terikat, bebas, tanpa modal, bisa dikerjakan di mana pun dan kapan pun. Jadi, tidak ada alasan lagi untuk tidak mencobanya, ‘kan? Pilihlah usaha yang sesuai dengan minat dan kemampuan, serta jangan lupa memulai segalanya dengan doa. Semoga berhasil!

Continue Reading

Bisnis

Fungsi Utama Software Payroll Terbaik Dalam Kemajuan Bisnis Perusahaan

Software payroll terbaik memang menjadi salah satu software yang saat ini tengah banyak menjadi incaran. Tentu saja didalamnya terdapat beragam sistem yang sangat berguna untuk sebuah perusahaan.

Tidak hanya masalah penggajian karyawan saja, namun software yang satu ini juga lengkap untuk pengelolaan manajemen sumber daya manusia. Salah satu fitur di dalamnya adalah untuk mengetahui kinerja karyawan dengan metode absensi online. Sehingga nantinya akan terpantau dengan jelas kedisiplinan karyawan.

Manfaat Yang Besar Bagi Sebuah Perusahaan

Sebagai pemberitahuan, bahwa gaji merupakan salah satu hal yang sangat vital dalam sebuah manajemen perusahaan. Ini menyangkut hak hidup karyawan perusahaan. Jika saja salah dalam memberikan kalkulasi tentu saja akan merugikan karyawan dan memberikan dampak yang negatif bagi perusahaan.

Dengan menggunakan software payroll tentu saja aka nada banyak manfaat yang diraih. Seperti pemantauan terhadap kinerja karyawan, serta dapat, meminimalisir kesalahan dalam kalkulasi gaji karyawan. Tak tanggung tanggung, software ini tentu saja dapat memberikan efisiensi waktu pula. Dari yang serba manual, maka dengan kehadiran software ini segalanya akan menjadi serba digital. Hal tersebut sangat selaras dengan era industri 4.0 saat ini.

Software Payroll Bagi Sebuah Bisnis

Kebanyakan perusahaan mungkin masih menerapkan sistem sdm secara manual. Tentu saja hal semacam itu dapat menguras waktu serta membuang buang biaya dalam pengelolaan data. Sebagai solusinya, maka software payroll terbaik di Indonesia ini dapat membantu perusahaan melancarkan bisnisnya dengan beragam manfaat berikut ini.

1.Pengelolaan Data Karyawan Secara Lengkap

Fungsi yang satu ini tentu saja dapat menjadi sebuah langkah yang preventif dalam pengelolaan data. Karyawan sebagai aset tentu saja harus dikelola dengan baik. Karena asset tersebut akan sangat berguna untuk kelangsungan sebuah bisnis perusahaan.

Mengelola data karyawan dengan software payroll tentu saja tidak memerlukan orang banyak. Serta hanya dalam lingkup kecil. Seluruh data terkait absensi online, rekening karyawan akan dengan mudah dikelola. Saat penggajian karyawan  tentu saja akan saling terkait dengan data karyawan.

2. Software Yang Tertaut Dengan Absensi

Jika dilakukan secara manual tentu saja akan sering mendapat sebuah kesalahan serta kekeliruan. Nah, kehadiran software payroll akan menjadi sebuah solusi yang cerdas bagi sebuah perusahaan. Tidak lagi harus mencocokkan absensi karyawan secara manual. Dengan software ini maka kehadiran karyawan akan tertaut langsung, ini dikarenakan sistem yang digunakan telah terintegrasi dengan sistem absensi online.

Hal ini tentu menjadikan kerja dari HRD menjadi lebih mudah, dan kesalahan dapat diminimalisir dengan bijak. Selain itu hal ini juga tentunya dapat menghemat waktu dan HRD dapat mengerjakan tugas tugas lainnya.

3. Bonus Bonus Serta Potongan Untuk Karyawan Dapat Dihitung Secara Tepat

Software payroll juga dapat memberikan informasi  berupa bpjs serta bonus seperti THR dan lain lain secara akurat dan tepat. Penghitungan gaji nantinya akan menjadi lebih akurat by sistem dan pengelolaannya tidak lagi harus secara manual. Insentif untuk karyawan dan lainnya akan secara otomatis tercatat by sistem. Sehingga tidak akan menimbulkan kekeliruan yang terkadang menyebabkan selisih.

Selain dapat menghitung PPh 21 software payroll juga mampu untuk menghitung jumlah bpjs karyawan. Bayangkan saja jika masih menghitung secara manual tentu saja akan memakan waktu yang lumayan lama, dan nantinya hal tersebut malah menjadi sebuah beban yang menghambat sebuah perusahaan untuk maju dalam bisnisnya.

Demikian penjelasan terkait fungsi dari software payroll. Dalam penghitungan gaji memang harus dilakukan secara akurat dan tepat. Maka dari itu dengan menggunakan software payroll terbaik yang terkait langsung dengan sistem absensi online, maka perusahaan dapat memantau karyawan nya dan meminimalisir selisih serta kesalahan saat melakukan penggajian karyawan.

Continue Reading

TOP STORIES