Connect with us

Bisnis

Pepsi Hengkang dari Indonesia, Ini Sejarah dan Penyebabnya

Chris Rank | Bloomberg | Getty Images

Apa kalian termasuk pecinta minuman berkarbonasi? Bagi kalian para pecinta minuman berkarbonasi, pasti sudah tak asing lagi dengan minuman berkarbonasi asal Amerika Serikat (AS), Pepsi.

Ya, Pepsi telah lama hadir dan mewarnai toko ritel kecil maupun besar di Indonesia.

Namun sayangnya, kini para pecinta minuman berkarbonasi tampaknya sedang berduka. Pasalnya, menurut informasi yang beredar luas, produk minuman yang merupakan pesaing utama Coca-Cola ini bakal hilang dari pasar Tanah Air.

Sebab, per 10 Oktober 2019 nanti, Pepsi bakal berhenti berproduksi, menjual, dan mendistribusikan di Indonesia.

Padahal jika dikutip dari laporan keuangan PepsiCo pada tahun 2018 lalu, pendapatan PepsiCo naik menjadi sebesar USD 64,66 miliar atau setara Rp916 triliunan.

Bahkan pesaingnya Coca-Cola hanya meraup untung sebesar USD 31,8 miliar atau setara Rp451 triliunan atau lebih dari setengahnya.

Namun meski Pepsi mengalami kenaikan, angka ini memang tidak terlalu jauh, mengingat hanya naik tipis 2 persen dibandingkan tahun 2017 silam yang sebesar USD 63,52 miliar.

Lantas, kira-kira apa ya penyebab minuman ringan yang banyak digemari anak muda dan telah lama melekat di lidah orang Indonesia ini tak lagi beredar di Tanah Air? Berikut ulasannya:

Sejarah Bisnis Pepsi di Indonesia

(image: CNBC.com)

Sebelum membahas langsung ke poin mengapa Pepsi memilih hengkang dari Indonesia, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu sejarah bisnis Pepsi di Indonesia.

Mengutip dari Kompas.com yang melansir sebuah penelitian yang dikutip dari openlibrary.telkomuniversity.ac.id, Pepsi (sebelumnya bernama Pepsi-Cola) adalah merek minuman ringan yang diproduksi oleh PepsiCo dan dijual di seluruh dunia melalui toko, restoran, dan mesin penjual.

Pepsi merupakan salah satu merek yang paling sukses, berharga, dan dipuja dalam sejarah. Perusahaan dengan perkiraan nilai 16,5 miliar pada tahun 2012 ini, telah identik dengan sesuatu yang menyenangkan, menyegarkan, dan kegembiraan selama lebih dari satu abad.

Pepsi-Cola pertama (kemudian diperkenalkan sebagai “Brad Drink”) telah dibuat oleh Caleb Bradham D., seorang farmakolog atau seorang ahli farmasi yang berbasis di Carolina Utara, pada tahun 1893. Pepsi dibuat dengan campuran gula, karamel, hingga pala.

Pada 28 Agustus 1898, merek dagang “Pepsi-Cola” terdaftar pada bulan Agustus 1898, tetapi baru menjadi merek dagang pada 16 Juni 1903 dan kemudian untuk “Pepsi” pada tahun 1961.

Di Indonesia, Pepsi diproduksi oleh PT Pepsi Indobeverages dengan pabriknya di Purwakarta. Perusahaan PT Pepsi Indobeverages merupakan kerja sama antara PepsiCo Amerika Serikat dengan Indofood CBP Sukses Makmur Indonesia.

Pada tahun 1995, Salim Group mendirikan pabrik yang terletak di Purwakarta, Jawa Barat, dengan nama PT Pepsi Indobeverages. Pabrik tersebut bertujuan untuk melayani kebutuhan di wilayah Jawa Barat, Jakarta, dan sekitarnya, serta membantu melayani kebutuhan pemasaran di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Pada tahun 1996, PT Pepsi Indobeverages baru memulai produksinya karena perusahaan tersebut baru mendapat izin pada tanggal 8 Maret 1996 dengan nomor izin no. 481/I/Industri dari Departemen Perindustrian.

PT Pepsi Indobeverages telah menghasilkan beberapa produk Carbonated Soft Drink (CSD), diantaranya Pepsi Regular, Pepsi Blue, Pepsi Twist, Pepsi Cola, Mirinda Strawberry, Mirinda Root Berry, 7-UP Emerald, 7-UP Revive, A&W Root Beer, Canada Dry, dan Tekita dalam kemasan botol dan kaleng. Terdapat pula jenis minuman yang tidak berkarbonat (Non CSD), yakni Gatorade, Tropicana Apple, dan Tropicana Orange.   

Pada tanggal 28 Juni 2013, produsen makanan dan minuman Indofood telah mengakuisisi perusahaan produsen minuman PT Pepsi-Cola Indobeverages (PCIB). Akusisi itu dilakukan oleh anak usaha Indofood, yakni PT Indofood Asahi Sukses Beverage (IASB) dan PT Asahi Indofood Beverage Makmur (AIBM).

Dilansir pula dari sebuah penelitian yang dikutip dari repository.ipb.ac.id, PT Pepsi-Cola Indobeverages merupakan salah satu unit usaha (bisnis) dalam kelompok Indofood yang bergerak pada industri minuman ringan. Bentuk perusahaan adalah perusahaan patungan (joint venture) antara pihak Pepsi-Cola Internasional (USA) dan Indofood Group.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Pepsi merupakan perusahaan patungan. Pepsi diproduksi oleh PT Pepsi-Cola Indobeverages dengan pabriknya di Purwakarta, Jawa Barat.

Minuman ini didistribusikan oleh PT Indofood Asahi Sukses Beverage yang merupakan perusahaan joint-venture antara PepsiCo Amerika Serikat dengan Indofood CBP Sukses Makmur Indonesia.

Sudah Tidak Dijual di Sejumlah Gerai Ritel

(image: CNBC.com)

Sementara itu, ternyata sejumlah gerai ritel seperti Alfamart dan Circle K memang kini tak lagi menjual produk minuman yang berasal dari Amerika Serikat tersebut.

Dikutip dari Liputan6.com, Corporate Affairs Director Alfamart Solihin membenarkan bahwa minuman ringan Pepsi memang tak lagi mejeng di toko ritel miliknya.

Kata dia, Pepsi sudah hilang dari edaran sekitar satu bulan yang lalu. Pihaknya pun berharap ada distributor lain yang menyalurkan Pepsi ke Alfamart.

“Sudah sekitar satu bulan lalu kosong, tidak ada sama sekali. Kalau alasanya saya enggak tahu, itu urusan Pepsi. Tapi saya berharap ada distributor baru yang bisa salurkan Pepsi lagi,” kata dia ketika dihubungi, Kamis (3/10/2019).

Penyebab Pepsi Hengkang dari Indonesia

(image: CNBC.com)

Juru bicara (Jubir) PepsiCo mengatakan kini Pepsi akan mengakhiri kiprahnya di pasar domestik. Alasannya, masa kontrak PepsiCo Inc dan PT Anugerah Indofood Barokah Makmur (AIBM) telah habis pada tanggal tersebut. Keduanya juga telah sepakat untuk tidak melanjutkan kerja sama lagi.

“Efektif mulai 10 Oktober 2019, AIBM tidak akan memproduksi, menjual, atau mendistribusikan produk PepsiCo,” ujar Jubir PepsiCo, Rabu (2/10/2019).

Baca Juga: Terkuak, Ini Rincian Gaji dan Tunjangan Anggota DPR 2019-2024 yang Baru Dilantik

Pepsi Berharap Bisa Kembali

(image: businessinsider.com)

Meski begitu, pihaknya berharap PepsiCo dapat kembali berusaha di pasar Tanah Air melalui sejumlah produk unggul lainnya dari perusahaan.

“PepsiCo berharap bisa kembali ke pasar Indonesia dengan merek-merek ternama kami seperti Pepsi, Miranda, 7up dan Mtn Dew di masa yang akan datang,” tegas dia.

Pepsi Digantikan Coca-Cola

(image: businessinsider.sg)

Keputusan Pepsi hengkang dari Indonesia tentunya mempengaruhi beberapa mitranya selama ini, seperti makanan cepat saji KFC dan Pizza Hut. Kedua perusahaan menyatakan Pepsi telah hilang dari salah satu menu mereka. Pepsi pun dipastikan akan digeser dengan Coca-Cola.

“Iya, sudah beberapa bulan lalu Pepsi informasikan ke kita kalau mereka mau fokus ke negara lain, enggak di Indonesia. Makanya kontrak dengan kami juga akan berakhir di Oktober nanti,” ujar Direktur PT Fast Food Indonesia Tbk (KFC), Justinus Dalimin, seperti dikutip dari Liputan6.com.

“Sejauh ini pasokan minuman Pepsi aman. Nanti mungkin setelah kontrak berakhir akan pakai Coca-Cola,” lanjutnya.

Sementara itu, Direktur PT Sarimelati Kencana Tbk (Pizza Hut) Jeo Sasanto bahkan menyebutkan pihaknya sudah secara bertahap menggantikan Pepsi dengan pesaingnya, yaitu Coca-Cola.

“Secara bertahap pasokan Pepsi akan di gantikan Coca-Cola sampai dengan akhir Oktober 2019,” tegasnya.

Milenial yang tertarik dengan bisnis, keuangan, dan kuliner. Meski tak terlalu jago bertutur kata, namun senang menyalurkannya dalam sebuah tulisan. Semoga bermanfaat!

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Strategi Pemasaran

Contoh Surat Penawaran Barang yang Baik dan Benar

Surat penawaran barang adalah surat yang dibuat dengan tujuan untuk menawarkan suatu barang kepada pihak lain.

Pada umumnya surat penawaran barang berisi tentang spesifikasi barang yang ditawarkan atau seputar harganya.

Berikut ini beberapa contoh surat penawaran barang yang mungkin bisa menjadi inspirasi

Contoh Surat Penawaran Barang Peralatan Kantor

Contoh surat penawaran barang yang pertama adalah tentang penawaran produk peralatan kantor.

Dalam contoh ini sebuah perusahaan yang memproduksi alat-alat kantor berusaha menawarkan produknya ke perusahaan lain. Harapannya keduanya bisa saling menguntungkan ketika berhasil bekerja sama.

PT INCOME ID

Jalan Putri Salju No. 54

Jayapura

12 Agustus 2020

Nomor                  : 12/23/X11/2020

Hal                          : Penawaran Barang

Lampiran             : 1 Lembar Brosur

Kepada

Manager PT Batanghari Pertiwi

Jalan Merbabu Utara No.9

Manokwari

Dengan Hormat,

Sehubungan dengan pengamatan yang kami lakukan, kami melihat perusahaan yang saudara kelola sekarang mengalami perkembangan. Tentu saja semakin maju jika dibanding dengan beberapa tahun sebelumnya. Kemajuan perusahaan harus didukung dengan fasilitas yang memadahi.

Untuk itu, perusahaan kami bermaksud melakukan penawaran aneka produk peralatan kantor. Kami sengaja memilih beberapa yang terbaik dan menjadi unggulan di perusahaan kami. Bersamaan dengan surat penawaran ini, kami juga tutur melampirkan 1 lembar brosur. Saudara bisa mempergunakan brosur tersebut sebagai bahan pertimbangan.

Kami sangat yakin, jika saudara memutuskan untuk memakai produk peralatan kantor kami adalah keputusan terbaik. Pegawai perusahaan anda kami jamin dapat bekerja lebih efisien dan efektif. Hal ini tentu saja akan berpengaruh terhadap kemajuan prospek perusahaan yang saudara kelola.

Itulah surat penawaran barang berupa peralatan kantor ini kami buat. Kami yakin jika saudara memesan segera produk peralatan kantor pada kami akan dapat menguntungkan kedua belah pihak. Atas waktu dan perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat Kami

PT INCOME ID

Contoh Surat Penawaran Barang Perlengkapan Komputer

Berikutnya ada contoh surat penawaran barang yang dibuat oleh sebuah perusahaan distributor perlengkapan komputer.

Surat penawaran barang tersebut ditawarkan pada perusahaan lain dengan tujuan supaya perusahaan tersebut bisa memesan perlengkapan komputer pada mereka. Untuk lebih jelasnya pahami contoh di bawah ini

PT INCOME ID

Jl. Pohon Kaktus Kecil No, 78

Solo

18 Mei 2020

Nomor                  : 125/009/VII/2020

Hal                          : Penawaran Barang

Lampiran             : 1 Lembar Brosur

Kepada

Manager Utama PT. Sari Wahyu Abadi

Jalan Putih Murni Bersih No. 88

Semarang

Dengan hormat,

Berdasarkan surat ini, kami terlebih dahulu ingin memperkenalkan diri. Kami dari perusahaan PT INCOME ID . Perusahaan kami bergerak di bidang distributor aneka peralatan serta perlengkapan komputer.

Kami mendapatkan informasi jika PT Sari Wahyu Abadi merupakan perusahaan yang saat ini sedang berkembang pesat di Semarang. Selain itu berdasarkan beberapa sumber, kami mengetahui jika perusahaan tersebut telah membuka cabang di sekitar Semarang dan sekitarnya. Terkait hal tersebut, kami PT INCOME ID bermaksud menawarkan barang.

Kami memiliki beberapa produk unggulan berupa perlengkapan komputer terbaik untuk mendukung kegiatan operasional PT Sari Wahyu Abadi. Sebagai pertimbangan kami telah lampirkan sebuah brosur bersama dengan surat penawaran ini. Brosur tersebut berisi tentang perincian daftar produk beserta harga masing-masing.

Kami sangat berharap dapat bekerja sama yang saling menguntungkan dengan perusahaan yang anda kelola. Berikut surat penawaran barang ini dibuat, saya ucapkan terima kasih.

Hormat kami

PT INCOME ID

Contoh Surat Penawaran Barang Mesin Kontraktor

Selanjutnya adalah contoh dari surat penawaran barang yang dikirimkan oleh sebuah perusahaan sebagai balasan surat permintaan. Intinya ada perusahaan yang butuh barang kemudian mengirimkannya pada perusahaan lain yang memproduksi barang tersebut. Dalam contoh ini adalah beberapa barang kontraktor, berikut uraian selengkapnya

PT Gula Jawa

Jalan Asem Rowo No. 12

Kebumen

9 Oktober 2020

Nomor                  : 129/29/VII/2020

Hal                          : Penawaran Mesin Kontraktor

Lampiran             : 1 Lembar Brosur

Kepada

Manajer PT. Segar Bugar

Jl. Biru Hijau No. 237

Jogjakarta

Dengan hormat,

Surat permintaan penawaran dari Ibu Ika No.563/PP/II/2020 tertanggal 17 Juli 2020 telah kami terima. Sehubungan dengan surat yang ibu kirim tersebut, kami berniat menawarkan beberapa barang. Berikut perincian barang tersebut

  • Mesin tulis merek Violetta Rp4.000.000,- per unit
  • Mesin fotocopy merek Sony Rp6.000.000,- per unit
  • Mesin hitung merek Ichiban Rp3.000.000,- per unit

Seandainya ibu Ika menyetujui penawaran kami, dimohon untuk menghubungi kami di nomor 090856437 up. Bapak Wanto. Kami berharap jika perusahaan kami bisa menjalin kerjasama yang menguntungkan dengan perusahaan yang ibu kelola. Atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan banyak terima kasih.

Hormat kami

PT Gula Jawa

Contoh Surat Penawaran Barang Furniture

Selanjutnya ada contoh dari surat penawaran barang yang berupa furniture. Surat penawaran ini dibuat oleh perusahaan distributor furniture yang ingin menawarkan produknya pada perusahaan property. Berikut ulasan selengkapnya

PT Dunia Furniture

Jalan Buah Mangga No. 632

Jombang

3 April 2020

Nomor                  : 17/SS/V1/2020

Lampiran             : 2 lembar

Perihal                  : Penawaran Furniture

Kepada

PT Angkasa Awan

Jalan Bubut Utara No. 56

Jember

Dengan hormat,

Berdasarkan surat ini, perkenalkan kami dari PT  Dunia Furniture perusahaan yang bergerak di sektor distributor barang-barang furniture. Berdasarkan informasi yang kami peroleh PT. Angkasa Awan merupakan perusahaan property yang kini sedang berkembang pesat di wilayah Jember. Sehubungan dengan fakta tersebut, kami berniat menawarkan kerjasama pengadaan barang furniture dengan perincian

1.Meja Komputer Merek Kiriko

2.Lemari Kantor

3.Meja Dan Kursi Kerja

4.Sofa Dan Meja Ruang Tamu

5.Papan Pembatas Untuk Karyawan

Kami turut melampirkan juga brosur, terkait produk tersebut beserta harga dan petunjuk manualnya dengan surat penawaran ini. Jika Bapak/Ibu sekiranya tertarik, kami bisa mengirimkan staff kami guna menjelaskan lebih lanjut terkait produk yang dibutuhkan. Demikian surat penawaran ini kami sampaikan, atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami

PT Dunia Furniture

Contoh Surat Penawaran Barang Bangunan

Terakhir ada contoh dari surat penawaran barang berupa bahan bangunan. Sebuah perusahaan distributor bahan bangunan ingin menawarkan kerjasama pengadaan bahan bangunan untuk perusahaan kontraktor. Untuk lebih jelasnya simak uraian berikut ini

PT Bintang Bangun

Jl. Sawojajar No. 87

Malang

4 Januari 2020

Nomor                  : 44/DPP/X/2020

Lampiran             : 1 Bendel

Hal                          : Penawaran Bahan Bangunan

Kepada

PT Indokontraktor Megah Utama

Jl. Megah No. 9

Malang

Dengan hormat,

Bersama surat ini, kami dari PT Bintang Bangun yaitu sebuah perusahaan distributor bahan-bahan bangunan. Bermaksud untuk memberikan penawaran kerjasama dengan PT Indokontraktor Megah Utama. Penawaran tersebut terkait pengadaan bahan bangunan untuk mendukung kegiatan operasional PT Indokontraktor Megah Utama. Sebagai bahan pertimbangan kami telah melampirkan beberapa dokumen diantaranya

1.Bukti distributor resmi produk-produk bahan bangunan.

2.Katalog semua produk beserta masing-masing harga.

3.Pengajuan mekanisme kerjasama.

4.Berkas perjanjian kerjasama.

5.Pilihan metode pembayaran yang kami usulkan.

Kami berharap semua dokumen tersebut dapat menjadi pertimbangan agar kedepannya anda bisa bekerja sama dengan kami. Sekian surat penawaran ini kami buat, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami

PT Bintang Bangun

Baca Juga: Tips Membuat Brosur yang Menarik dan Mampu Membius Pembaca

Itulah beberapa contoh surat penawaran barang. Surat penawaran barang ini harus dibuat ketika suatu perusahaan ingin menawarkan produknya ke pihak lain. Jika masih bingung bagaimana cara membuatnya, lihat saja beberapa contoh di atas.

Continue Reading

Peluang Usaha

Modal Terbatas ? Ini Rekomendasi Bisnis Modal Kecil Buat Kamu

Modal sering menjadi momok bagi orang untuk memulai bisnis. Bahkan banyak yang tidak jadi buka bisnis karena dikira tidak ada bisnis modal kecil.

Padahal, kenyataannya tidak seperti itu. Tidak semua bisnis memerlukan modal besar.

Bahkan, bisnis modal kecil adalah sebuah keniscayaan. Banyak pebisnis sukses memulai bisnisnya dengan modal kecil. Apa saja bisnis modal kecil itu, berikut ulasannya:

Menjual Gas LPG dan Air Minum Galon

Gas LPG (Foto: Merdeka.com)

Bisa dibilang usaha ini memang bukan hal baru. Banyak orang sudah mencoba dan sukses. Tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk memulai bisnis ini.

Sebagai pemula, lokasi usaha bisa di garasi rumah atau teras rumah. Dapatkan pasokan gas dan air minum dari agen yang lebih besar karena harga yang ditawarkan juga lebih menguntungkan.

Hindari kulakan dari sesama pengecer karena harga sudah tinggi dan sulit untuk menaikkan harga.

Pertama kali, belilah 20 gas LPG dan 20 galon air minum. Harga gas LPG di agen besar adalah sekitar Rp. 16.000 – Rp. 18.000. Respon cepat ketika ada pesanan dan ketersediaan barang adalah kunci sukses bisnis ini.

Bisnis Juice Kemasan

Saat ini, tren minuman sehat sedang meningkat dan diprediksi tren ini akan terus ada sampai beberapa tahun kedepan. Jadi, bisnis juice dalam kemasan ini sangat potensial untuk dijalankan.

Modal bisnis ini sangat ekonomis. Untuk mendapat pasokan buah dan sayur dengan harga murah, belanjalah di agen sayur dan buah.

Biasanya, pengusaha di bisnis ini belanja ke pasar induk. Setelah itu, anda perlu membeli blender atau juicer, beruntung jika sudah ada di rumah. Di awal, isahakan untuk memanfaatkan peralatan yang ada di rumah. Hal ini untuk mengurangi belanja modal.

Pasarkan secara online melalui media sosial seperti Instagram dan WA. Terapkan sistem buat berdasarkan pesanan.

Jasa Penulisan

Bisnis ini tidak memerlukan banyak modal apalagi ketika internet dan laptop tersedia di rumah. Ketika semua perangkat tersedia dan kebetulan skill menulis bagus, bisnis ini sangat layak dijalankan.

Anak muda cenderung menyukai bisnis ini karena tingkat fleksibilitasnya tinggi. Bisnis modal kecil di bidang penulisan ini ternyata menghasilkan nominal yang cukup menarik.

Kunci sukses dari bisnis ini adalah produktivitas. Perbanyak persediaan tulisan dengan berbagai tema, sehingga ketika pesanan datang, anda sudah siap.

Selain itu, perbanyak membaca agar perbendaharaan kata dan pengetahuan bertambah. Saat ini sudah banyak situs-situs online yang membayar tulisan kita. Atau bisa juga dengan bergabung dengan komunitas penyedia konten.

Bisnis Modal Kecil Menjadi Tutor atau Buka Bimbel

Bagi anda yang memiliki keahlian mengajar dan memiliki pengetahuan akademik yang baik, bisa dicoba menjadi tutor atau buka bimbingan belajar dirumah.

Di awal, gunakan ruang tamu di rumah atau ruangan lain yang memadai sebagai kelas. Atau, agar lebih lega dan terbuka, bisa memanfaatkan teras rumah. Di hari-hari tertentu, anda juga bisa mengajar di luar rumah, yaitu ketika ada murid yang meminta kelas privat.

Usaha ini hanya memerlukan ongkos fotocopy materi, belanja kursi, papan tulis dan alat tulis. Maksimalkan jumlah murid di 10 anak untuk kelas besar. Serta 5 anak saja untuk kelas kecil.

Untuk di awal, tidak perlu membeli kursi baru, cari saja di pengepul bongkaran kantor atau kampus dan dapatkan kursi dengan harga miring.

Laundry dan Setrika Kiloan

Modal terbesar untuk usaha ini adalah pembelian mesin cuci yang lengkap dengan pengeringnya.

Namun, semua itu bisa disiasati dengan cara membeli mesin cuci bekas dengan kualitas yang masih bagus. Carilah kenalan atau saudara yang ingin menjual mesin cuci lamanya, atau buka iklan di internet tentang kebutuhan mesin cuci bekas.

Bukalah usaha di rumah dan pasarkan ke masyarakat sekitar. Di awal, kerjakan semuanya sendiri dulu. Setelah keuntungan usaha meningkat, baru bisa menambah karyawan. Untuk penggajian karyawan, bisa ditetapkan sistem insentif.

Semakin banyak baju yang disetrika karyawan, makin banyak insentifnya. Dengan begini, keuangan usaha di awal-awal usaha bisa tetap stabil daripada harus mengeluarkan biaya tetap untuk gaji.

Web Designer

Lagi-lagi ini usaha yang sedang tren. Biarpun sudah banyak pemain di bisnis ini, jasa web designer terus dicari orang.

Selain itu, web designer tergolong bisnis modal kecil. Anda hanya perlu laptop dan keahlian design tentu saja. Walaupun bisnis ini tergolong bermodal kecil, pemasukan yang diterima dari bisnis ini menggiurkan.

Jangan lupa untuk terus memperbarui portofolio. Masukkan setiap proyek yang selesai ke dalam protofolio. Anda bisa memanfaatkan media social seperti Instagram atau blog untuk memposting portofolio anda.

Bergabunglah dengan komunitas di industri kreatif ini. Tips sukses di bisnis ini adalah bagaimana anda mampu mengakomodir keinginan klien ke dalam desain anda.

Katering Anak Sekolah

Beruntunglah orang-orang yang memiliki keahlian memasak. Saat ini, catering untuk anak sekolah sangat disukai oleh ibu-ibu.

Hal ini karena dianggap meringankan pekerjaan rumah tangga karena tidak perlu menyiapkan bekal sekolah. Bisnis ini tergolong bermodal kecil karena anda bisa memulainya dengan modal kurang dari 5 juta.

Langkah awal adalah lakukan survery mengenai harga catering anak sekolah. Setelah itu, kirimkan proposal ke sekolah-sekolah di dekat tempat tinggal. Namun, jika sulit untuk menjadi rekanan resmi, anda bisa menawarkan langsung kepada orang tua murid. Biasanya cara ini lebih berhasil. Bawa contoh menu untuk dicicip.

Dropship

Mau berjualan tapi takut barang tidak laku dan keluar modal banyak? Dropship jawabannya. Menjadi drop shipper, tidak perlu stok barang dan mengeluarkan modal untuk kulakan.

Yang dilakukan adalah menjadi penghubung antara pembeli dan penjual tanpa diketahui oleh pembeli. Bisa dibilang, modal bisnis ini minim. Anda hanya perlu ponsel dan pulsanya.

Namun, perlu diperhatikan kualitas dari penjual. Pastikan barang dan pelayanan pengiriman yang disediakan oleh penjual berkualitas baik. Karena jika tidak, resiko ada pada dropshipper.

Pembeli akan melayangkan semua keluhan kepada perantara. Oleh karena itu penting untuk memastikan dan memonitor perjalanan barang sampai ke tangan penerima.

Kedai Sarapan Pagi

Usaha ini tidak butuh modal besar, namun perlu sedikit tenaga ekstra. Kedai sarapan pagi anda bisa berlokasi di rumah.

Sediakan menu yang cepat dan praktis. Kebanyakan, pembeli anda adalah pekerja kantoran dan ibu-ibu yang memiliki anak usia sekolah. Selain mendatangkan keuntungan, bisnis modal kecil ini membantu orang-orang dalam mencari menu sarapan pagi.

Berjualan Biji Kopi

Kopi sedang naik daun. Namun bisnis kedai kopi sudah terlalu menjamur dan bermodal lumayan. Anda bisa bermain di bisnis pemasok biji kopi ke kedai kopi.

Sering-seringlah berkunjung ke kedai kopi dan tawarkan jasa anda. Untuk pasokan, perbanyak datang ke pameran kopi nusantara, ada banyak petani kopi yang hadir. Harga dari petani jauh lebih murah daripada harga di pasar.

Baca Juga: Yuk Uji Nyali Bisnismu Dengan Beberapa Peluang Usaha Baru ini

Baca Juga: Tips Membuat Brosur yang Menarik dan Mampu Membius Pembaca

Tidak ada bisnis tanpa modal sama sekali. Bahkan modal dengkul sekalipun adalah modal. Namun, ada bisnis modal kecil yang bisa dijadikan batu lompatan dalam hal mempelajari pergerakan dan seluk beluk pasar.

Berani memulai adalah kunci sukses. Selain itu kegigihan dan kesabaran akan membawa bisnis modal kecil anda menjadi bisnis yang menguntungkan. Selamat berbisnis!

Continue Reading

Peluang Usaha

Yuk Uji Nyali Bisnismu Dengan Beberapa Peluang Usaha Baru ini

Sejatinya, tidak ada peluang usaha baru yang “benar-benar baru”. Semua bisnis yang ada saat ini adalah bisnis lama yang dipoles kembali atau dikembangkan. Begitupun di masa depan nanti.

Namun peluang usaha baru selalu ada bagi yang jeli dan cerdas membaca kebutuhan pasar. Karena peluang sendiri adalah apa yang sedang dibutuhkan pasar.

Berikut ini ulasan mengenai peluang usaha baru untuk memantik ide bisnis anda:

Jasa Titip Hewan

Penyedia jasa penitipan hewan peliharaan masih tergolong usaha baru. Sekarang ini, jasa titip hewan biasanya disatukan dengan toko penjual makanan hewan.

Peluang usaha baru ini sangat menjanjikan. Mengingat pemelihara hewan memerlukan bantuan orang lain ketika sedang tidak bisa merawat hewan peliharaannya.

Untuk memulai usaha ini, usahakan lokasi usaha dekat dengan perumahan. Kemudian sediakan lahan yang memadai, dalam arti tidak terlalu sempit.

Perhatikan pula kebersihan lokasi usaha. Hewan peliharaan yang dititipkan ada kemungkinan mengalami stress jika lokasi barunya kotor. Selain itu, usahakan memiliki pengetahuan tentang karakteristik hewan titipan.

Jasa Titip Cenderamata

Dengan semakin meningkatnya minat orang jalan-jalan keluar negeri, maka usaha ini bisa dicoba. Namun, kendala dana dan waktu membuat sebagian orang urung pergi ke luar negeri.

Celah inilah yang bisa anda manfaatkan. Bukalah keran pesanan barang-barang yang harganya lebih murah jika dibeli di negara asal.

Memang bisnis ini perlu modal besar dan juga memiliki resiko tinggi. Tapi dengan menerapkan sistem pembayaran dimuka, resiko bisa ditekan.

Promosi bisa dilakukan di media social anda. Usaha ini tergolong menyenangkan karena bisa dilakukan sambal jalan-jalan.

Liburan jalan bisnispun jalan. Waspada terhadap pelanggan yang suka berhutang, lebih baik tidak melayani pesanan dari pelanggan jenis ini.

T-Shirt On-Demand Printing

Menggeliatnya bisnis digital mendorong usaha di bidang fashion untuk beradaptasi. Salah satunya adalah menjual kaos berdasarkan pesanan. Siapkan desain-desain kaos dan pasarkan secara online atau dengan mengikuti pameran.

Pembeli akan mendapatkan kaos yang diinginkan setelah memesan dan membayar. Selain masih tergolong dalam peluang usaha baru, tidak perlu ada stok barang yang banyak.

Jika dikelola dengan benar, usaha ini bisa menembus pasar global. Yang perlu anda lakukan adalah menyiapkan desain kaos yang menarik dan jalin kerjasama dengan pabrik konveksi.

Ketika ada order datang, kaos siap dicetak. Namun untuk pemula, investasi anda cukup dengan membeli atau menyewa mesin printing kaos.

Kemasan Daur Ulang

Kesadaran masyarakat tentang pentingnya mengurangi sampah plastik semakin tinggi. Begitu pula di kalangan para pengusaha, penggunaan plastik mulai dikurangi.

Namun, tentu tidak mudah mengubah budaya dan kebutuhan penggunaan plastic secara drastic. Oleh karena itu, peluang usaha baru ini masih besar.

Walaupun bermodal besar, namun dengan manajemen yang tepat, usaha ini memiliki prospek yang bagus. Selain demi keuntungan, dengan berbisnis di bidang ini bisa berperan aktif menyelamatkan lingkungan. Jalinlah rekanan dengan sesama penggiat lingkungan sebagai langkah awal. Peran komunitas sangat penting jika akan menggeluti bisnis ini.

Container Designer

Contoh Desain Kafe Kontainer (Image: Brilio.net)

Kontainer bisa disulap menjadi lokasi usaha. Namun biasanya pemilik café mengaku masih kesulitan menemukan pemasok kontainer sekaligus designernya.

Selain kekinian, perakitan dan desain café container ini cukup praktis. Oleh karena itu cukup banyak pebisnis kuliner yang ingin membuka restoran atau café dalam bentuk kontainer.

Walaupun perlu merogoh kocek agak dalam untuk usaha ini, namun keuntungan usaha ini sebanding. Selain digunakan untuk café, container juga bisa digunakan untuk kantor. Beberapa pengusaha property telah bermain di bisnis ini.

Selain kemudahan kontruksinya, bisnis ini juga dinilai kekinian. Cocok untuk anak-anak muda yang ingin memiliki kantor sendiri namun ogah menyewa space di gedung.

Jasa Bersih-Bersih Rumah

Ibu rumah tangga di era millennial ini ingin semua serba praktis. Oleh karena itu urusan beres-beres rumah seolah menjadi pekerjaan yang menyita waktu.

Bisnis jasa bersih-bersih rumah ini telah ada sebelumnya, namun dengan perkembangan teknologi, bisnis ini ikut berkembang. Tak jarang pelaku usaha ini menampilkan video promosi yang menarik untuk memasarkan jasa mereka.

Jika tertarik bermain di bisnis ini, pastikan kualitas SDM yang anda pekerjakan bagus. Mereka harus mengerti betul standar kebersihan dan kerapihan sebuah rumah.

Selain itu, alat-alat dan chemical yang digunakan juga perlu diperhatikan. Carilah pemasok yang memiliki harga terjangkau serta terjamin ketersediaan produknya. Gunakan media social untuk sarana promosi.

Jasa Roasting Kopi

Industri kopi yang memasuki gelombang ketiga membuat konsumsi kopi meningkat. Selain itu gaya orang minum kopi juga mengalami perubahan.

Minum kopi sudah mulai jadi kebutuhan dan bukan lagi gaya hidup. Oleh karena itu, untuk mengimbangi ramainya bisnis kedai kopi, cobalah untuk bermain di bisnis roasting kopi.

Belum banyak yang berani bermain disini karena investasi untuk mesin roasting cukup besar. Namun, bisa disiasati dengan menggunakan sistem sewa pada awal usaha. Selain itu dapatkan pasokan kopi langsung dari petani agar harga yang didapat bisa ekonomis.

Bereksperimen adalah kunci kesuksesan bisnis ini. Cobalah mencampur beberapa jenis biji kopi kemudian roasting bersamaan dengan teknik khusus.

Flea Market

Masih seiring seirama dengan produk daur ulang, flea market menjual barang bekas dengan kualitas bagus.

Bisnis ini layak dijajal dengan kemasan kekinian. Lokasi sangat menentukan keberhasilan usaha ini. Lokasi yang mudah dijangkau dan mudah dilihat akan menarik bagi calon pembeli. Promosi bisnis ini bisa melalui internet atau media sosial.

Barang yang dijual bisa bermacam-macam. Mulai dari pernak-pernik rumah sampai dengan baju.

Walaupun menjual barang bekas, namun jangan melupakan estetika. Desain dan susun barang semenarik mungkin agar pembeli betah berlama-lama dan berbelanja di toko. Pembelian juga bisa dilakukan melalui online dengan catatan stok selalu di update.

Content Creator

Dunia digital bukanlah apa-apa tanpa konten. Kebutuhan akan content creator masih sangat tinggi. Memang kita melihat bertebaran konten di internet setiap hari, namun sedikit dari konten itu yang benar-benar berkualitas.

Oleh karena itu bisnis konten ini masih termasuk dalam peluang usaha baru. Setiap produk dan jasa pasti membutuhkan jasa content creator.

Konsultan Keuangan

Millenial adalah jenis orang yang suka menghamburkan uang. Namun, dibalik kegemaran mereka menghamburkan uang, mereka juga suka berinvestasi. Disinilah peran seorang konsultan keuangan diperlukan.

Baca Juga: Cara dan Tempat Efektif buat Promosi Online, Apapun Produk Kamu

Baca Juga: Tips Membuat Brosur yang Menarik dan Mampu Membius Pembaca

Millenial perlu diberi pandangan dan tuntunan tentang bagaimana membelanjakan dan menyimpan uangnya. Peluang usaha dibidang ini masih sangat cerah.

Transformasi model bisnis baru akan selalu ada. Oleh karena itu pebisnis diharapkan jeli dan tanggap akan hal itu. Peluang usaha baru selalu terbuka.

Perubahan yang sangat cepat harus dihadapi dengan mengidentifikasi produk dan proses bisnis yang akan dijalankan. Hadirnya bisnis baru harus bisa menjawab kebutuhan pasar. Jika kebutuhan pasar terjawab, bisnis yang anda miliki akan mendulang keuntungan.

Continue Reading

TOP STORIES