Connect with us

Bisnis

Kupas Tuntas Tentang Manajemen Rantai Pasokan

Manajemen rantai pasokan atau kadang disebut juga Supply Chain Manajemen (SCM) adalah rangkaian proses pengelolaan sekaligus pengawasan rantai siklus. SCM sudah biasa dikenal dalam industri manufaktur.

Karena proses ini melibatkan alur proses bahan mentah hingga menjadi bahan jadi dan sampai pada konsumen. Berikut serba-serbi tentang SCM

Pengertian Manajemen Rantai Pasokan (SCM) Menurut Para Ahli

Terdapat beberapa ahli di bidang manajemen yang mendefinisikan tentang SCM ini. Masing-masing mengemukakan pendapat yang berbeda namun punya makna yang hampir sama. Berikut uraian selengkapnya

Chase, Aquilano, dan Jacobs

Ketiga pakar manajemen tersebut berpendapat sama tentang SCM. Menurut mereka penerapan pendekatan secara total membutuhkan sebuah alur sistem (SCM).

Hal ini dilakukan untuk pengelolaan seluruh aliran informasi, sekaligus jasa dari bahan baku yang dimiliki pabrik atau gudang. Hingga akhirnya sampai ke tangan konsumen.

James A. dan Mona J. Fitzsimmons

Keduanya berpendapat jika SCM yaitu sebuah sistem pendekatan total. Di mana sistem tersebut bertujuan untuk mengantarkan produk pada konsumen akhir.

Dalam prosesnya, kegiatan tersebut turut digunakan teknologi informasi untuk mengkoordinasikan elemen-elemen suplay chain. Mulai dari tingkat pemasok hingga sampai pada pengecer.

Russel Dan Taylor

Russel dan Taylor, pun tidak ketinggalan mengungkapkan pendapatnya tentang SCM. Mereka menyebutkan jika SCM merupakan sebuah alur proses pengelolaan arus informasi produk dan layanan. Semua proses tersebut berlaku untuk seluruh jaringan. Jaringan tersebut mulai dari customer, perusahaan, hingga sampai pada pemasok.

Komponen Manajemen Rantai Pasokan

Setelah tahu tentang apa itu SCM menurut para ahli, selanjutnya bisa dibahas mengenai komponennya. Setidaknya ada 3 komponen SCM yang bisa diketahui. Simak penjelasan masing-masing komponennya di bawah ini

Upstream Supply Chain

Salah satu komponen SCM yang pertama ini berfokus untuk mengurus hubungan antara perusahaan dengan vendor atau bisa dikatakan pihak lain. Hubungan ini berkaitan dengan hal transfer barang.

Intinya barang yang diproduksi tidak bisa langsung sampai ke tangan konsumen. Namun harus melalui perantara atau penyalur lainnya.

Misalnya produk elektonik yang diproduksi oleh sebuah perusahaan. Tidak mungkin barang ini dapat langsung sampai ke tangan konsumen. Namun, barang ini akan dikirimkan dahulu oleh produsen pada supplier-suplier terpilih.

Downstream Supply Chain

Lain dengan komponen sebelumnya, downstream supply chain ini malah kebalikannya. Pihak manajemen barang akan langsung mengurusi transfer barang untuk sampai ke tangan konsumen. Tanpa melalui atau campur tangan pihak supplier dahulu.

Untuk lebih jelasnya, contoh komponen SCM seperti ini misalnya pabrik mebel. Pihaknya akan membuat produk sesuai pesanan konsumen. Jadi barang dapat langsung sampai ke tangan konsumen atau dalam hal ini pemesan.

Internal Supply Chain

Berbeda dengan 2 komponen sebelumnya, Internal Supply Chain ini lebih berfokus pada aktifitas pemasukan barang. Aktifitas yang dimaksud adalah mulai dari manajemen produksi, kegiatan pabrikasi, maupun controlling ketersediaan bahan baku.

Proses Manajemen Rantai Pasokan (SCM)

Dalam SCM juga terdapat proses yang saling berhubungan. Ada sekitar 6 point proses yang masing-masing berhubungan dengan pihak-pihak yang terlibat dalam SCM. Berikut penjelasan untuk tiap-tiap pointnya:

1. Pelanggan

Pelanggan bisa dikatakan merupakan mata rantai pertama dari proses SCM. Apalagi untuk perusahaan yang berbasis OEM / Original Equipment Manufacturer, dimana pelangganlah yang menentukan order. Jadi pelanggan akan memesan produk yang diinginkan dengan terlebih dahulu menghubungi bagian penjualan.

Pada umumnya, pelanggan tersebut akan menyebutkan hal-hal terperinci seputar produk yang akan dipesan oleh mereka. Misalnya kapan produk akan dikirimkan, atau berapa jumlah produk yang ingin dipesan.

2. Perencanaan

Selanjutnya, tugas akan diambil alih oleh bagian perencanaan. Jadi bagian perencanaan akan mulai mempersiapkan proses produksi barang yang diinginkan oleh pelanggan. Mereka akan menghitung perkiraan bahan mentah yang akan dibeli. Termasuk juga bahan-bahan pendukungnya.

3. Pembelian

Selesai bagian perencanaan, proses selanjutnya diteruskan oleh bagian pembelian. Dari data yang diperoleh bagian perencanaan, terkait berapa jumlah bahan mentah maupun bahan pendukungnya bagian pembelian akan mulai merealisasikannya.

Tugas mereka yaitu melakukan pemesanan bahan-bahan tersebut. Tidak lupa juga mereka akan menentukan berapa tanggal penerimaan bahannya.

4. Persediaan

Sampai pada akhirnya bahan sudah sampai ke pabrik proses diteruskan oleh bagian persediaan. Setelah diterima semua secara lengkap di pabrik, bagian persediaan akan melakukan pengecekan kualitas serta ketepatan jumlah bahan apakah sudah sesuai dengan yang dipesan. Lantas, bahan tersebut tidak langsung digunakan untuk produksi, melainkan disimpan dulu di gudang.

5. Produksi

Jika sudah waktunya, barang dibuat maka proses akan dilanjutkan oleh bagian produksi. Mereka akan menggunakan bahan mentah serta bahan pendukung yang sudah dibeli tadi, untuk menghasilkan barang jadi. Barang jadi ini tentu saja sesuai dengan pesanan pelanggan sebelumnya.

Saat barang jadi sudah siap, jika belum waktunya dikirimkan ke pelanggan maka bisa disimpan dahulu di gudang. Hingga waktu pengiriman tiba, baru barang jadi tersebut diproses untuk sampai ke tangan konsumen.

6. Transportasi

Proses terakhir akan diselesaikan oleh pihak departemen pengiriman (Shipping Departemen). Bagian ini akan mengatur kapan waktu keberangkatan barang jadi yang sebelumnya sudah disimpan dalam gudang.

Yang paling penting adalah waktu pengiriman ini harus disesuaikan dengan permintaan pelanggan. Tidak kurang atau lebih karena mempengaruhi kepuasan konsumen.

Baca Juga: Manajemen Sumber Daya Manusia dan Praktiknya di Perusahaan

Permasalahan Pada Penerapan Manajemen Rantai Pasokan

Dalam implementasinya, bukan berarti SCM ini tidak ada kendala. Justru ada beberapa hal yang perlu tindakan pengendalian khusus. Misalnya saja harus mengetahui dengan benar wilayah jaringan distribusi.

Mulai dari jumlah, dimana lokasi supplier berada, fasilitas produksi apa saja yang ada, pusat wilayah distribusi, letak gudang hingga pelanggan sendiri.

Supaya proses distribusi dapat berjalan dengan cepat, SCM butuh sistem informasi yang mudah untuk saling diintegrasikan. Hal ini karena mereka harus membagi informasi dengan cepat seputar harga, inventaris, serta transportasi yang menjadi akomodasi.

Selain itu juga mengurus syarat pembayaran produk hingga metodologi apa yang digunakan.

Bidang SCM ini sangat sibuk, karena tugasnya yang cukup kompleks serta dibutuhkan kecepatan waktu. Mereka harus mengatur arus informasi dapat tersebar dengan cepat dengan integrasi yang tepat. Hal ini dilakukan agar stok barang tidak sampai kekurangan atau malah kelebihan.

Itulah sekilas serba-serbi tentang manajemen rantai pasokan/SCM. Mulai dari pengertian dari para ahli, komponen, proses, hingga permasalahan yang terjadi saat pengimplementasiannya. SCM ini dapat diterapkan di bisnis yang sedang dikembangkan. Sistem distribusi yang rapi dengan penerapan SCM ini akan membuat bisnis lebih bisa berjalan dengan baik tentunya.

Header image: Pixabay

Mendirikan situs income.id sebagai perwujudan pengabdian kepada bangsa dan negara indonesia melalui media yang informatif dan edukatif

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Peluang Usaha

7 Cara Menjadi Selebgram Endorse Berkualitas dan Hasilkan Banyak Uang

Di zaman teknologi canggih saat ini, ada berbagai macam aplikasi media sosial yang banyak digunakan. Seiring maraknya pengguna aplikasi media sosial, banyak juga selebgram-selebgram yang hadir ikut serta meramaikan dunia media sosial. Ada selebgram yang awalnya hanya untuk senang-senang sampai menjadi sebuah lapangan pekerjaan. Lalu, bagaimana cara menjadi selebgram endorse?

Selebriti Instagram atau yang biasa dikenal dengan selebgram merupakan julukan bagi orang yang terkenal di Instagram. Biasanya memiliki banyak pengikut di akun instagramnya, mulai dari ribuan sampai dengan jutaan. Hal ini mampu menarik online shop untuk melakukan kerja sama. Maka, inilah cara untuk menjadi selebgram yang dapat menghasilkan banyak uang.

1. Miliki Akun Instagram

Cara menjadi selebgram endorse yang pertama yaitu buat akun instagram. Untuk memulai suatu hal yang besar ini, tentunya harus memiliki akun instagram yang akan digunakan. Seperti diketahui, media sosial instagram ialah wadah utama yang bisa membuat seseorang menjadi selebgram endorse.

Jika belum memiliki akun instagram, segera unduh instagram dan buat akun. Cara membuat akunnya pun mudah, hanya dengan membuat username yang diinginkan, kata sandi dan memasukan alamat email. Pastikan tidak lupa dengan kata sandi yang dibuat, agar tak menjadi sebuah masalah dikemudian hari.

2. Buat Konten Kreatif dan Fokus

Sebagai seorang selebgram endorse harus bisa mempunyai ide-ide kreatif dan cemerlang. Sebelum membuat konten, ada baiknya pikirkan terlebih dahulu tema konten yang akan dibuat. Apakah konten dalam dunia masak, seni musik, fotografi, dan lain-lain. Konten bisa dipilih sesuai dengan hal yang disukai dan memang sudah menjadi passion dalam diri. Setelah itu, fokuskan konten tersebut.

Biasanya selebgram yang memiliki konten yang fokus dan kreatif dapat menarik banyak online shop untuk bekerja sama dan menawarkan endorse. Oleh sebab itu, konten yang kreatif merupakan hal penting jika ingin menjadi selebgram endorse.

3. Cek Kualitas Unggahan

Sebelum mengunggah video dan foto di instagram, cek terlebih dahulu kualitasnya. Cara menjadi selebgram endorse kali ini sangat berpengaruh pada jumlah pengikut dan likes di akun instagram. Hindari pengunggahan video dan foto yang tak jelas dan memiliki kualitas yang tak enak dilihat.

Jika video dan foto yang diunggah memiliki kualitas yang bagus, maka akan banyak yang tertarik untuk menawarkan endorse di akun instagram yang dimiliki. Semakin banyak yang menawarkan endorse, semakin banyak pula uang yang didapat.

4. Rajin Mengunggah Video dan Foto

Selebgram yang jarang mengunggah video dan foto dalam jangka waktu yang lama biasanya tak diminati oleh banyak orang. Banyak yang ingin mengetahui keseharian, review dari produk endorse, dan hal lainnya, sehingga rajin mengunggah video dan foto merupakan cara menjadi selebgram endorse yang dapat menghasilkan uang banyak.

Namun, jangan hanya rajin mengunggah, tapi juga harus tetap memperhatikan kualitas video dan foto yang akan diunggah. Sebab, jika hanya rajin namun tak memperhatikan kualitas, hal itu juga bisa berdampak kurang baik pada image akun instagram.

5. Jangan Asal Pilih Produk yang Akan di Endorse

Sebagai selebgram endorse, tentunya akan ada banyak produk yang ditawarkan untuk di review dalam sebuah endorse. Sebelum memilih dan menyetujui produk apa saja yang akan diambil, ada baiknya ketahui dahulu produk tersebut.

Apakah produknya aman, terpercaya, dan bukan penipuan. Jangan sampai produk yang di endorse akan berdampak negatif untuk orang-orang yang melihatnya. Hal itu dapat membuat kecewa banyak orang dan rasa percaya akan berkurang.

6. Branding Diri yang Baik dan Jadi Diri Sendiri

Melakukan branding terhadap diri sendiri akan berpengaruh pada ketertarikan orang-orang untuk melihat akun instagram selebgram. Jika mampu melakukan branding diri yang menarik dan unik, maka tawaran endorse pun akan semakin banyak. Branding diri yang menarik dan unik bukan berarti harus memaksakan diri yang akhirnya bersikap tidak natural dan tak menjadi diri sendiri.

Jika tak menjadi diri sendiri, maka branding tersebut tak akan bertahan lama. Serta biasanya banyak orang yang lebih suka dengan selebgram yang menjadi dirinya sendiri, tanpa dibuat-buat menjadi berlebihan dan terkesan tak natural.

7. Belajar Berbicara yang Baik dan Menarik

Endorse produk tak hanya melalui foto, tapi juga bisa berupa video. Dengan mempelajari bagaimana berbicara yang baik dan menarik, maka akan lebih mudah untuk melakukan review endorse dalam sebuah video. Sebagai seorang selebgram endorse harus bisa melakukan review yang dapat menarik orang lain untuk membeli produk tersebut.

Apabila review dilakukan dengan asal-asalan, maka hal itu akan berdampak pada kualitas akun instagram yang dimiliki. Jika review dilakukan dengan baik dan menarik, akan ada banyak online shop yang percaya dengan kualitas akun, lalu menawarkan produknya untuk di endorse.

Demikianlah 7 cara menjadi selebgram endorse yang berkualitas dan hasilkan banyak uang. Jika ingin menjadi selebgram, ada baiknya menjadi selebgram yang berkualitas dan menyebarkan hal-hal positif. Semoga ulasan mengenai cara untuk menjadi selebgram ini bisa menjadi referensi.

Continue Reading

Bisnis

7 Usaha Sampingan untuk Karyawan Tanpa Modal

Usaha Sampingan untuk Karyawan

Memiliki pendapatan tambahan di samping penghasilan pokok adalah keinginan semua orang, termasuk karyawan. Tak jarang usaha sampingan seperti usaha kuliner atau toko kelontong pun dilakoni. Tentu saja usaha sampingan untuk karyawan yang seperti ini membutuhkan modal dan kemampuan mengelola yang baik untuk memperkecil resiko kerugian.

Namun tenang saja, peluang usaha sampingan untuk karyawan tidak terbatas pada dua hal itu saja. Era digital saat ini memungkinkan siapa saja untuk mendapatkan penghasilan tambahan dengan modal minim bahkan tanpa modal sekalipun. Ada banyak peluang usaha yang bisa dikerjakan tanpa terikat waktu dan tempat, seperti 7 usaha berikut ini.

1. Menjadi Dropshiper

Dropship merupakan bisnis online yang banyak digemari belakangan ini. Usaha ini memungkinkan seseorang untuk mendapatkan penghasilan dengan bermodalkan kata-kata dan jaringan internet saja. Tugas seorang dropshiper adalah mempromosikan suatu produk, baik melalui media sosial maupun bukan, untuk menarik minat pembeli.

Setelah mendapatkan beberapa pembeli, dropshiper menginformasikan ke supplier untuk mengirim produk-produk pesanan tersebut. Jadi, seorang dropshiper tidak perlu repot untuk membeli dan menyimpan produk lagi. Penghasilan dropshiper diperoleh dari selisih harga jual dengan harga yang diberikan oleh supplier. Artinya, semakin banyak produk yang terjual, semakin besar pula penghasilan yang didapatkan.

2. Membuka Kursus Privat

Tidak jarang seorang karyawan memiliki keterampilan khusus baik dalam bidang akademik maupun non-akademik. Nah, keterampilan ini juga bisa dimanfaatkan untuk mendapat penghasilan tambahan. Caranya dengan membuka kursus privat atau bimbingan belajar sesuai keterampilan masing-masing, misalnya kursus bahasa asing, komputer, desain, matematika, dan lain-lain.

Membuka kursus privat secara daring bisa menjadi usaha sampingan untuk karyawan karena bisa lebih mudah menyesuaikan waktu dan metode belajar-mengajar. Selain itu, kursus daring juga tidak memerlukan izin pemerintah seperti kursus luring.

3. Menjadi Voice Over Talent

Istilah voice over mungkin masih asing bagi sebagian besar orang. Padahal pekerjaan ini merupakan pekerjaan yang menarik dan tentunya bisa memberi pendapatan tambahan. Voice over merupakan suara latar yang sering kita dengar pada buku audio (audiobook), program TV, iklan TV, radio, bahkan YouTube. Orang yang melakukan voice over disebut voice over talent.

Pengerjaan voice over secara profesional biasanya dilakukan di studio rekaman. Namun, bagi pemula, bukan hal yang mustahil untuk melakukannya di rumah dengan modal smartphone, mic, dan aplikasi pengedit audio. Jasa seorang voice over talent bisa dipromosikan melalui sosial media dengan menyertakan contoh audio hasil voice over. Jasa ini banyak dilirik oleh youtuber untuk keperluan konten loh.

4. Menjadi Penulis Lepas

Penulis lepas merupakan pekerjaan sampingan yang bisa dilakukan di mana pun, sangat cocok sebagai usaha sampingan untuk karyawan. Selama internet ada, jasa penulis akan terus dibutuhkan untuk mengisi website. Jika memiliki kemampuan bahasa Inggris yang mumpuni, bergabunglah dengan komunitas penulis luar untuk tarif yang lebih tinggi.

Untuk menjadi seorang penulis, modal utama yang diperlukan adalah kemampuan berbahasa yang baik dan benar. Umumnya, agensi atau klien mensyaratkan seorang penulis untuk memahami PUEBI untuk penulis Bahasa Indonesia, dan grammar untuk penulis Bahasa Inggris.

5. Membuka Jasa Desain Grafis

Bagi karyawan yang memiliki kreativitas tinggi serta bakat mendesain, tidak ada salahnya mencoba pekerjaan sampingan sebagai desainer grafis. Selama orang-orang masih menyediakan produk dan mengiklankannya dalam bentuk visual, selama itu pula jasa desain grafis dibutuhkan. Pakaian, poster, undangan, dan logo adalah contoh kecil karya yang dihasilkan oleh desainer grafis.

Dengan memanfaatkan pasar desainer online, seseorang hanya membutuhkan modal awal berupa paket internet dan software untuk membuat desainnya. Jika bisa berbahasa Inggris, seseorang bahkan bisa bergabung di pasar desainer internasional untuk jangkauan yang lebih luas dan bayaran yang lebih tinggi.

6. Menjadi Broker

Sama seperti dropship, broker atau makelar merupakan pihak yang menghubungkan penjual dan pembeli. Seorang broker juga tidak perlu membeli apalagi menyetok property atau kendaraan yang ditawarkan. Makelar bisa bekerja sama dengan showroom kendaraan dan perusahaan property, kemudian menerapkannya di media online.

Menjadi seorang broker merupakan usaha yang sangat bagus dan menjanjikan karena komisi yang didapatkan untuk tiap produk yang terjual lumayan besar. Modal utama untuk menjadi seorang broker adalah kepercayaan dari pihak pembeli dan penjual. Sangat penting untuk menjaga kepercayaan kedua belah pihak agar usaha bisa terus berjalan.

Baca juga: Fungsi Utama Software Payroll Terbaik Dalam Kemajuan Bisnis Perusahaan

7. Menjual Foto

Bagi karyawan yang hobi mengabadikan hal-hal sekitar, seperti makanan atau pemandangan, sebaiknya cobalah menjual foto untuk bisa mendapatkan pundi-pundi rupiah. Beberapa situs penjualan foto yang bisa dikunjungi adalah ShutterStock.com, StockFresh.com, dan Istockphoto.com. Pendapatan diperoleh dari komisi penjualan foto.

Tidak perlu membeli kamera belasan juta rupiah, karena beberapa kamera ponsel pun sudah bisa menangkap gambar dengan kualitas yang bagus. Namun, tentu saja harus dibarengi dengan teknik pengambilan gambar yang baik.

Semua rekomendasi usaha sampingan untuk karyawan di atas bersifat tidak terikat, bebas, tanpa modal, bisa dikerjakan di mana pun dan kapan pun. Jadi, tidak ada alasan lagi untuk tidak mencobanya, ‘kan? Pilihlah usaha yang sesuai dengan minat dan kemampuan, serta jangan lupa memulai segalanya dengan doa. Semoga berhasil!

Continue Reading

Bisnis

Fungsi Utama Software Payroll Terbaik Dalam Kemajuan Bisnis Perusahaan

Software payroll terbaik memang menjadi salah satu software yang saat ini tengah banyak menjadi incaran. Tentu saja didalamnya terdapat beragam sistem yang sangat berguna untuk sebuah perusahaan.

Tidak hanya masalah penggajian karyawan saja, namun software yang satu ini juga lengkap untuk pengelolaan manajemen sumber daya manusia. Salah satu fitur di dalamnya adalah untuk mengetahui kinerja karyawan dengan metode absensi online. Sehingga nantinya akan terpantau dengan jelas kedisiplinan karyawan.

Manfaat Yang Besar Bagi Sebuah Perusahaan

Sebagai pemberitahuan, bahwa gaji merupakan salah satu hal yang sangat vital dalam sebuah manajemen perusahaan. Ini menyangkut hak hidup karyawan perusahaan. Jika saja salah dalam memberikan kalkulasi tentu saja akan merugikan karyawan dan memberikan dampak yang negatif bagi perusahaan.

Dengan menggunakan software payroll tentu saja aka nada banyak manfaat yang diraih. Seperti pemantauan terhadap kinerja karyawan, serta dapat, meminimalisir kesalahan dalam kalkulasi gaji karyawan. Tak tanggung tanggung, software ini tentu saja dapat memberikan efisiensi waktu pula. Dari yang serba manual, maka dengan kehadiran software ini segalanya akan menjadi serba digital. Hal tersebut sangat selaras dengan era industri 4.0 saat ini.

Software Payroll Bagi Sebuah Bisnis

Kebanyakan perusahaan mungkin masih menerapkan sistem sdm secara manual. Tentu saja hal semacam itu dapat menguras waktu serta membuang buang biaya dalam pengelolaan data. Sebagai solusinya, maka software payroll terbaik di Indonesia ini dapat membantu perusahaan melancarkan bisnisnya dengan beragam manfaat berikut ini.

1.Pengelolaan Data Karyawan Secara Lengkap

Fungsi yang satu ini tentu saja dapat menjadi sebuah langkah yang preventif dalam pengelolaan data. Karyawan sebagai aset tentu saja harus dikelola dengan baik. Karena asset tersebut akan sangat berguna untuk kelangsungan sebuah bisnis perusahaan.

Mengelola data karyawan dengan software payroll tentu saja tidak memerlukan orang banyak. Serta hanya dalam lingkup kecil. Seluruh data terkait absensi online, rekening karyawan akan dengan mudah dikelola. Saat penggajian karyawan  tentu saja akan saling terkait dengan data karyawan.

2. Software Yang Tertaut Dengan Absensi

Jika dilakukan secara manual tentu saja akan sering mendapat sebuah kesalahan serta kekeliruan. Nah, kehadiran software payroll akan menjadi sebuah solusi yang cerdas bagi sebuah perusahaan. Tidak lagi harus mencocokkan absensi karyawan secara manual. Dengan software ini maka kehadiran karyawan akan tertaut langsung, ini dikarenakan sistem yang digunakan telah terintegrasi dengan sistem absensi online.

Hal ini tentu menjadikan kerja dari HRD menjadi lebih mudah, dan kesalahan dapat diminimalisir dengan bijak. Selain itu hal ini juga tentunya dapat menghemat waktu dan HRD dapat mengerjakan tugas tugas lainnya.

3. Bonus Bonus Serta Potongan Untuk Karyawan Dapat Dihitung Secara Tepat

Software payroll juga dapat memberikan informasi  berupa bpjs serta bonus seperti THR dan lain lain secara akurat dan tepat. Penghitungan gaji nantinya akan menjadi lebih akurat by sistem dan pengelolaannya tidak lagi harus secara manual. Insentif untuk karyawan dan lainnya akan secara otomatis tercatat by sistem. Sehingga tidak akan menimbulkan kekeliruan yang terkadang menyebabkan selisih.

Selain dapat menghitung PPh 21 software payroll juga mampu untuk menghitung jumlah bpjs karyawan. Bayangkan saja jika masih menghitung secara manual tentu saja akan memakan waktu yang lumayan lama, dan nantinya hal tersebut malah menjadi sebuah beban yang menghambat sebuah perusahaan untuk maju dalam bisnisnya.

Demikian penjelasan terkait fungsi dari software payroll. Dalam penghitungan gaji memang harus dilakukan secara akurat dan tepat. Maka dari itu dengan menggunakan software payroll terbaik yang terkait langsung dengan sistem absensi online, maka perusahaan dapat memantau karyawan nya dan meminimalisir selisih serta kesalahan saat melakukan penggajian karyawan.

Continue Reading

TOP STORIES