Connect with us

Bisnis

Manajemen Sumber Daya Manusia dan Praktiknya di Perusahaan

Sumber daya manusia menjadi salah satu isu yang sering dibicarakan pada sebuah perusahaan.

Bagaimana tidak, sumber daya manusia erat kaitannya dengan hak manusia yang mana sebagai penggerak dan penentu kesuksesan perusahaan tersebut. Guna menjaga praktiknya tetap pada track-nya dibutuhkan sebuah manajemen sumber daya manusia.

Sebelum masuk ke manajemen sumber daya manusia, ketahui dulu konsep sumber daya manusia.

Ada dua pengertian yang bisa menjadi acuan, yaitu secara mikro dan makro.

Melalui kacamata mikro, sumber daya manusia adalah individu yang bekerja pada perusahaan atau organisasi sehingga disebut sebagai pegawai, buruh, dan sebagainya.

Sedangkan secara makro dipahami sebagai sekelompok usia produktif, baik yang sedang bekerja maupun tidak.

Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia Menurut Ahli

Layaknya urusan keuangan, sumber daya manusia pun harus diatur agar bisa mendukung pencapaian tujuan sebuah perusahaan lewat manajemen sumber daya manusia.

Dengan adanya sistem yang mengatur, pekerjaan dapat selesai sejalan dengan visi misi perusahaan. Untuk lebih jelas mengenai manajemen sumber daya manusia, simak pengertiannya dari beberapa ahli di bawah ini:

1. Hasibuan

Menurut Hasibuan (2006), manajemen sumber daya manusia erat kaitannya dengan seni. Di sini maksudnya adalah sebuah seni dalam mengatur hubungan serta peran setiap tenaga kerja. Harus ada sistem yang terstruktur agar kerja menjadi efektif dan efisien sehingga tujuan perusahaan, karyawan itu sendiri, serta masyarakat terwujud.

2. Bohlarander dan Snell

Pendekatan yang digunakan Bohlarander dan Snell (2010) lebih humanis.

Mereka mengartikan manajemen sumber daya manusia sebagai usaha perusahaan untuk memberdayakan, mengembangkan, sekaligus memberikan imbalan kepada setiap pekerja dalam perusahaan.

Jadi karyawan tidak hanya dipandang sebagai alat pencapai tujuan. Mereka harus juga dikembangkan dan diberi apresiasi atas usahanya.

Maka tak heran jika perusahaan menerapkan training dan kenaikan gaji setiap tahunnya.

Di Indonesia sendiri pemerintah memberikan kenaikan upah minimum provinsi (UMP) hingga 8% pada tahun 2019. Ini sebagai bukti bahwa seseorang yang bekerja tidak lagi dinilai sebatas pengabdiannya. Lebih dari itu, pekerja adalah pihak yang harus diperhatikan kesejahteraannya.

3. Sofyandi

Berbeda lagi dengan pemahaman yang didapat oleh Sofyandi (2009). Ia melihat manajemen sumber daya manusia sebagai strategi penerapan fungsi-fungsi manajemen.

Di dalamnya terdapat langkah planning, organizing, leading, serta controlling terhadap aktivitas sumber daya manusia.

Aktivitas yang dimaksud adalah proses rekrutmen, penempatan, promosi, penilaian kinerja, hingga pemutusan hubungan kerja. Kesemuanya dilihat bertujuan untuk meningkatkan produktivitas agar visi misi perusahaan tercapai.

Merangkum dari ketiga pendapat di atas, dapat dipahami bahwa manajemen sumber daya manusia adalah sebuah ilmu atau strategi yang berkaitan dengan pekerja meliputi sistem pengembangannya, pemberian apresiasi, penilaian performa, hingga pemutusan kerja.

Semuanya harus diatur dalam sebuah sistem agar tujuan perusahaan tercapai secara efektif dan efisien.

Manfaat Manajemen Sumber Daya Manusia

Setelah memahami konsep manajemen sumber daya manusia, maka penting sebuah perusahaan menerapkan sistem yang layak. Tidak hanya menguntungkan pihak perusahaan atau stakeholder tertentu saja. Para manajer harus menguasai sistem manajemen ini karena mereka penengah antara stakeholder level atas dan pekerja lapangan.

Berikut adalah manfaat jika menguasai manajemen sumber daya manusia dengan baik:

1. Mampu Membuat Perencanaan Jangka Pendek dan Panjang

Fungsi perencanaan sudah pasti dilakukan oleh policy maker. Mereka duduk di level struktural yang menerjemahkan jalannya perusahaan mau di bawa ke mana.

Tanpa menguasai manajemen pegawainya, mereka tidak mampu mengarahkan para pekerja untuk mencapai goal yang telah dibuatnya. Biasanya goal ini disusun dalam dua versi, yaitu jangka pendek dan jangka panjang.

Program jangka pendek umumnya didesain untuk tiga sampai lima tahun ke depan. Sedangkan untuk jangka panjang, proyeksi keberhasilan digambarkan pada sepuluh tahun kemudian. Para pegawai ini lah yang bertugas untuk mewujudkan mimpi-mimpi perusahaan.

Semakin baik sistem manajemen yang diterapkan, maka semakin efektif langkah perusahaan hingga berpuluh tahun ke depan.

2. Efisiensi Beban Perusahaan

Restrukturisasi pegawai menjadi salah satu upaya untuk memulihkan perusahaan yang sedang “sakit”.

Sebut saja PT Krakatau Steel yang sekarang sedang ramai diberitakan akan bangkrut. Pada tahun 2019 hingga 2022 manajemennya akan melakukan restrukturisasi terhadap 1.300 pegawai organik. Pengurangan sebesar 30% tersebut tidak lepas dari efisiensi beban perusahaan. Selain dari pengurangan beban gaji, mereka pun berencana untuk restrukturisasi bisnis.

image: economy.okezone.com

Jika pihak struktural tidak memahami manajemen pegawainya dengan baik, maka beban gaji perusahaan dapat terus membengkak. Perusahaan harus membayar orang-orang yang kurang produktif atau berkontribusi terhadap kemajuan perusahaan.

Adanya pemahaman terhadap manajemen yang baik bisa memilah mana pegawai yang patut dipertahankan dan mana yang sebaiknya dipensiunkan dini.

3. Membuka Kesempatan Kepada Setiap Pegawai Untuk Berkembang

Sudah menjadi tanggung jawab perusahaan untuk memperhatikan kondisi pegawainya, termasuk dalam pengembangan diri.

Ini bisa diwujudkan dalam bentuk pemberian training. Setiap unit memiliki fokus pengembangan yang berbeda dari unit lainnya. Begitu pun setiap individu pasti menyimpan ekspetasi yang berbeda pula.

Pihak HRD tidak mesti memenuhi harapan setiap individu secara spesifik. Namun HRD setidaknya bisa memberikan kesempatan kepada setiap orang untuk berkembang. Misalnya ada pegawainya yang ingin mencoba hal baru di unit lain. Atau tidak jarang juga ditemukan seseorang yang justru lebih berkompeten di bidang lain.

Ini semua tidak mungkin terdeteksi tanpa adanya manajemen terhadap pegawai yang baik.

The right person in the right place adalah sebuah pepatah yang harus dipegang dalam melaksanakan manajemen kepegawaian.

Jangan langsung menilai performa kinerja seseorang buruk hanya karena hasilnya tidak sesuai. Bisa saja mereka berada di tempat yang salah atau memiliki atasan yang kurang komunikatif. Semuanya harus dianalisis mendalam guna menciptakan kebijakan yang tepat.

4. Mendorong Sikap Proaktif Pegawai

Salah satu indikator manajemen yang baik adalah terciptanya transparansi antarlevel. Dengan keterbukaan ini pasti jalinan komunikasi pun berjalan dengan lancar tanpa adanya sesuatu yang ditutupi.

Kalau sudah begini, tingkat kepercayaan pegawai terhadap manajerial tidak perlu dipertanyakan lagi. Begitu pula dengan manajemen yang diterapkan pasti lah sudah sangat baik.

Adanya kedekatan antara pegawai dan para struktural mampu mendorong sikap proaktif yang positif. Pegawai akan dengan sendirinya mendukung segala keputusan dan kebijakan yang dibuat.

Hal ini dikarenakan mereka percaya apapun yang direncanakan oleh level atas akan memberikan keuntungan. Tanpa adanya manajemen yang baik, pegawai akan bersikap skeptis karena mereka merasa hanya dianggap sebagai alat perusahaan.

5. Menciptakan Sistem Informasi yang Akurat

Seiring dengan perkembangan teknologi, sumber daya manusia tidak hanya berkaitan dengan manusia saja.

Kini sudah menyentuh ranah teknologi, yakni bagaimana sebuah perusahaan mengatur data-data kepegawaiannya secara sistematis dan aman. Melalui praktik manajemen yang baik, data pegawai akan tercatat akurat, detail, up to date, serta terintegrasi.

Manajemen yang buruk tidak memiliki data kepegawaian yang update. Jangankan untuk mendeteksi keahlian seseorang, terkadang jumlah actual pegawainya pun tidak sinkron dengan di lapangan. Sesungguhnya ini berbahaya karena akan berdampak pada hal lainnya, seperti budgeting keuangan untuk periode selanjutnya, dan lainnya.

Praktik Manajemen Sumber Daya Manusia di Perusahaan

Kini saatnya mengetahui praktik riil dari manajemen sumber daya manusia di beberapa perusahaan. Contoh di bawah ini diangkat dari berbagai kegiatan yang telah diterapkan di masyarakat.

Ingat, aktivitas sumber daya manusia meliputi banyak hal, yakni proses rekrutmen, pemberian gaji, sistem promosi atau naik jabatan, hingga pemutusan hubungan kerja. Berikut adalah contoh-contohnya:

1. Rekrutmen Management Trainee

Sistem rekrutmen ini sedang populer di banyak perusahaan, baik banking, service, dan sebagainya. Sistem management trainee (MT) adalah proses rekrutmen karyawan baru dari fresh graduate yang akan dididik untuk menjadi future leader.

Artinya, perusahaan memang mencari bibit-bibit unggul yang akan menempati level manajerial. Tak heran persyaratannya pun cukup tinggi dan proses seleksinya berlangsung lama serta ketat.

2. Promosi Melalui Mutasi

Kenaikan jabatan adalah impian bagi setiap pegawai. Sayangnya, kadang tak semudah itu dilakukan. Salah satu penyebabnya adalah karena kotak organisasinya yang tidak ada atau belum kosong.

Untuk menyiasati hal tersebut, perusahaan biasanya melakukan mutasi kepada pegawai yang dianggap sudah pantas naik jabatan. Mereka sengaja dipindahkan unit atau lokasi kerja agar naik jabatan. Karena seperti yang sudah disebutkan, mungkin saja ditempatnya saat ini posisi vertikal di atasnya masih ditempati orang lain.

3. Uang Lembur Ekstra di Hari Raya

Ini adalah strategi lain dari manajemen kepegawaian. Tak banyak pegawai yang bersedia masuk saat tanggal merah, apalagi hari raya keagamaan. Maka dari itu, pegawai yang tetap bekerja di hari raya diberikan ekstra uang lembur. Nilai pengali uang lembur lebih tinggi dari lemburan di hari biasanya.

Tak jarang beberapa perusahaan memberikan dua kali lipat dari nominal biasanya. Bagi beberapa orang ini kesempatan yang menggiurkan meski harus mengorbankan waktu bersama keluarga.

4. Penerimaan Pro Hire

Rekrutment terhadap pro hire mengundang pro kontra di internal perusahaan. Wajar saja, dengan diterimanya pro hire mengundang pertanyaan apakah tidak ada orang yang kompeten dari pegawai lama?

Karena orang-orang pro hire adalah ahli atau profesional yang akan langsung menduduki posisi strategis.

Nominal gajinya pun tidak main-main, meski menduduki level senior manager bisa saja si pro hire nilainya lebih tinggi dari senior manager pegawai organik.

Namun langkah ini kadang dibutuhkan untuk menciptakan inovasi di sebuah perusahaan. Terkadang dengan menghadirkan orang luar bisa memberikan perspektif baru untuk perusahaan.

Baca juga: Laporan Keuangan Perusahaan, Lengkap dan Mendalam !

5. Program Pensiun Dini

Program pensiun dini pun cukup familiar di kalangan masyarakat. Ini adalah strategi perusahaan untuk mengurangi jumlah pegawainya dengan cara menawarkan pensiun lebih awal.

Imbalan yang diterima berupa uang pesangon dan pencairan tunjangan lainnya. Uang gaji pun akan dikalikan berlipat-lipat sesuai kebijakan perusahaan.

Sebagai contoh, pada tahun 2017 PT Jasa Marga (Persero) Tbk melakukan restrukturisasi terhadap penjaga tol.

Perusahaan ini tidak melakukan pemecatan, namun memberikan dua opsi.

Pertama, mereka dialihfungsikan, yang kedua, menerima tawaran pensiun dini. Bagi yang memilih opsi kedua manfaat purnakarya yang diperoleh adalah 24 kali gaji dibayar di muka. Hal ini berlaku untuk seluruh 400 pegawai yang kala itu terancam terkena restrukturisasi.

Sebenarnya masih banyak lagi contoh praktik manajemen sumber daya manusia. Hanya saja kelima poin di atas adalah strategi-strategi yang banyak dipilih oleh perusahaan di Indonesia.

Dengan memahami manajemen kepegawaian yang baik, maka kebijakan pun sudah semestinya memfasilitasi kepentingan berbagai pihak.

Jangan sampai pegawai yang sudah berkontribusi dirugikan. Begitu pun dengan perusahaan yang berjuang bersaing namun harus bangkrut dikarenakan manajemen manusianya yang berantakan.

Mendirikan situs income.id sebagai perwujudan pengabdian kepada bangsa dan negara indonesia melalui media yang informatif dan edukatif

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Peluang Usaha

7 Cara Menjadi Selebgram Endorse Berkualitas dan Hasilkan Banyak Uang

Di zaman teknologi canggih saat ini, ada berbagai macam aplikasi media sosial yang banyak digunakan. Seiring maraknya pengguna aplikasi media sosial, banyak juga selebgram-selebgram yang hadir ikut serta meramaikan dunia media sosial. Ada selebgram yang awalnya hanya untuk senang-senang sampai menjadi sebuah lapangan pekerjaan. Lalu, bagaimana cara menjadi selebgram endorse?

Selebriti Instagram atau yang biasa dikenal dengan selebgram merupakan julukan bagi orang yang terkenal di Instagram. Biasanya memiliki banyak pengikut di akun instagramnya, mulai dari ribuan sampai dengan jutaan. Hal ini mampu menarik online shop untuk melakukan kerja sama. Maka, inilah cara untuk menjadi selebgram yang dapat menghasilkan banyak uang.

1. Miliki Akun Instagram

Cara menjadi selebgram endorse yang pertama yaitu buat akun instagram. Untuk memulai suatu hal yang besar ini, tentunya harus memiliki akun instagram yang akan digunakan. Seperti diketahui, media sosial instagram ialah wadah utama yang bisa membuat seseorang menjadi selebgram endorse.

Jika belum memiliki akun instagram, segera unduh instagram dan buat akun. Cara membuat akunnya pun mudah, hanya dengan membuat username yang diinginkan, kata sandi dan memasukan alamat email. Pastikan tidak lupa dengan kata sandi yang dibuat, agar tak menjadi sebuah masalah dikemudian hari.

2. Buat Konten Kreatif dan Fokus

Sebagai seorang selebgram endorse harus bisa mempunyai ide-ide kreatif dan cemerlang. Sebelum membuat konten, ada baiknya pikirkan terlebih dahulu tema konten yang akan dibuat. Apakah konten dalam dunia masak, seni musik, fotografi, dan lain-lain. Konten bisa dipilih sesuai dengan hal yang disukai dan memang sudah menjadi passion dalam diri. Setelah itu, fokuskan konten tersebut.

Biasanya selebgram yang memiliki konten yang fokus dan kreatif dapat menarik banyak online shop untuk bekerja sama dan menawarkan endorse. Oleh sebab itu, konten yang kreatif merupakan hal penting jika ingin menjadi selebgram endorse.

3. Cek Kualitas Unggahan

Sebelum mengunggah video dan foto di instagram, cek terlebih dahulu kualitasnya. Cara menjadi selebgram endorse kali ini sangat berpengaruh pada jumlah pengikut dan likes di akun instagram. Hindari pengunggahan video dan foto yang tak jelas dan memiliki kualitas yang tak enak dilihat.

Jika video dan foto yang diunggah memiliki kualitas yang bagus, maka akan banyak yang tertarik untuk menawarkan endorse di akun instagram yang dimiliki. Semakin banyak yang menawarkan endorse, semakin banyak pula uang yang didapat.

4. Rajin Mengunggah Video dan Foto

Selebgram yang jarang mengunggah video dan foto dalam jangka waktu yang lama biasanya tak diminati oleh banyak orang. Banyak yang ingin mengetahui keseharian, review dari produk endorse, dan hal lainnya, sehingga rajin mengunggah video dan foto merupakan cara menjadi selebgram endorse yang dapat menghasilkan uang banyak.

Namun, jangan hanya rajin mengunggah, tapi juga harus tetap memperhatikan kualitas video dan foto yang akan diunggah. Sebab, jika hanya rajin namun tak memperhatikan kualitas, hal itu juga bisa berdampak kurang baik pada image akun instagram.

5. Jangan Asal Pilih Produk yang Akan di Endorse

Sebagai selebgram endorse, tentunya akan ada banyak produk yang ditawarkan untuk di review dalam sebuah endorse. Sebelum memilih dan menyetujui produk apa saja yang akan diambil, ada baiknya ketahui dahulu produk tersebut.

Apakah produknya aman, terpercaya, dan bukan penipuan. Jangan sampai produk yang di endorse akan berdampak negatif untuk orang-orang yang melihatnya. Hal itu dapat membuat kecewa banyak orang dan rasa percaya akan berkurang.

6. Branding Diri yang Baik dan Jadi Diri Sendiri

Melakukan branding terhadap diri sendiri akan berpengaruh pada ketertarikan orang-orang untuk melihat akun instagram selebgram. Jika mampu melakukan branding diri yang menarik dan unik, maka tawaran endorse pun akan semakin banyak. Branding diri yang menarik dan unik bukan berarti harus memaksakan diri yang akhirnya bersikap tidak natural dan tak menjadi diri sendiri.

Jika tak menjadi diri sendiri, maka branding tersebut tak akan bertahan lama. Serta biasanya banyak orang yang lebih suka dengan selebgram yang menjadi dirinya sendiri, tanpa dibuat-buat menjadi berlebihan dan terkesan tak natural.

7. Belajar Berbicara yang Baik dan Menarik

Endorse produk tak hanya melalui foto, tapi juga bisa berupa video. Dengan mempelajari bagaimana berbicara yang baik dan menarik, maka akan lebih mudah untuk melakukan review endorse dalam sebuah video. Sebagai seorang selebgram endorse harus bisa melakukan review yang dapat menarik orang lain untuk membeli produk tersebut.

Apabila review dilakukan dengan asal-asalan, maka hal itu akan berdampak pada kualitas akun instagram yang dimiliki. Jika review dilakukan dengan baik dan menarik, akan ada banyak online shop yang percaya dengan kualitas akun, lalu menawarkan produknya untuk di endorse.

Demikianlah 7 cara menjadi selebgram endorse yang berkualitas dan hasilkan banyak uang. Jika ingin menjadi selebgram, ada baiknya menjadi selebgram yang berkualitas dan menyebarkan hal-hal positif. Semoga ulasan mengenai cara untuk menjadi selebgram ini bisa menjadi referensi.

Continue Reading

Bisnis

7 Usaha Sampingan untuk Karyawan Tanpa Modal

Usaha Sampingan untuk Karyawan

Memiliki pendapatan tambahan di samping penghasilan pokok adalah keinginan semua orang, termasuk karyawan. Tak jarang usaha sampingan seperti usaha kuliner atau toko kelontong pun dilakoni. Tentu saja usaha sampingan untuk karyawan yang seperti ini membutuhkan modal dan kemampuan mengelola yang baik untuk memperkecil resiko kerugian.

Namun tenang saja, peluang usaha sampingan untuk karyawan tidak terbatas pada dua hal itu saja. Era digital saat ini memungkinkan siapa saja untuk mendapatkan penghasilan tambahan dengan modal minim bahkan tanpa modal sekalipun. Ada banyak peluang usaha yang bisa dikerjakan tanpa terikat waktu dan tempat, seperti 7 usaha berikut ini.

1. Menjadi Dropshiper

Dropship merupakan bisnis online yang banyak digemari belakangan ini. Usaha ini memungkinkan seseorang untuk mendapatkan penghasilan dengan bermodalkan kata-kata dan jaringan internet saja. Tugas seorang dropshiper adalah mempromosikan suatu produk, baik melalui media sosial maupun bukan, untuk menarik minat pembeli.

Setelah mendapatkan beberapa pembeli, dropshiper menginformasikan ke supplier untuk mengirim produk-produk pesanan tersebut. Jadi, seorang dropshiper tidak perlu repot untuk membeli dan menyimpan produk lagi. Penghasilan dropshiper diperoleh dari selisih harga jual dengan harga yang diberikan oleh supplier. Artinya, semakin banyak produk yang terjual, semakin besar pula penghasilan yang didapatkan.

2. Membuka Kursus Privat

Tidak jarang seorang karyawan memiliki keterampilan khusus baik dalam bidang akademik maupun non-akademik. Nah, keterampilan ini juga bisa dimanfaatkan untuk mendapat penghasilan tambahan. Caranya dengan membuka kursus privat atau bimbingan belajar sesuai keterampilan masing-masing, misalnya kursus bahasa asing, komputer, desain, matematika, dan lain-lain.

Membuka kursus privat secara daring bisa menjadi usaha sampingan untuk karyawan karena bisa lebih mudah menyesuaikan waktu dan metode belajar-mengajar. Selain itu, kursus daring juga tidak memerlukan izin pemerintah seperti kursus luring.

3. Menjadi Voice Over Talent

Istilah voice over mungkin masih asing bagi sebagian besar orang. Padahal pekerjaan ini merupakan pekerjaan yang menarik dan tentunya bisa memberi pendapatan tambahan. Voice over merupakan suara latar yang sering kita dengar pada buku audio (audiobook), program TV, iklan TV, radio, bahkan YouTube. Orang yang melakukan voice over disebut voice over talent.

Pengerjaan voice over secara profesional biasanya dilakukan di studio rekaman. Namun, bagi pemula, bukan hal yang mustahil untuk melakukannya di rumah dengan modal smartphone, mic, dan aplikasi pengedit audio. Jasa seorang voice over talent bisa dipromosikan melalui sosial media dengan menyertakan contoh audio hasil voice over. Jasa ini banyak dilirik oleh youtuber untuk keperluan konten loh.

4. Menjadi Penulis Lepas

Penulis lepas merupakan pekerjaan sampingan yang bisa dilakukan di mana pun, sangat cocok sebagai usaha sampingan untuk karyawan. Selama internet ada, jasa penulis akan terus dibutuhkan untuk mengisi website. Jika memiliki kemampuan bahasa Inggris yang mumpuni, bergabunglah dengan komunitas penulis luar untuk tarif yang lebih tinggi.

Untuk menjadi seorang penulis, modal utama yang diperlukan adalah kemampuan berbahasa yang baik dan benar. Umumnya, agensi atau klien mensyaratkan seorang penulis untuk memahami PUEBI untuk penulis Bahasa Indonesia, dan grammar untuk penulis Bahasa Inggris.

5. Membuka Jasa Desain Grafis

Bagi karyawan yang memiliki kreativitas tinggi serta bakat mendesain, tidak ada salahnya mencoba pekerjaan sampingan sebagai desainer grafis. Selama orang-orang masih menyediakan produk dan mengiklankannya dalam bentuk visual, selama itu pula jasa desain grafis dibutuhkan. Pakaian, poster, undangan, dan logo adalah contoh kecil karya yang dihasilkan oleh desainer grafis.

Dengan memanfaatkan pasar desainer online, seseorang hanya membutuhkan modal awal berupa paket internet dan software untuk membuat desainnya. Jika bisa berbahasa Inggris, seseorang bahkan bisa bergabung di pasar desainer internasional untuk jangkauan yang lebih luas dan bayaran yang lebih tinggi.

6. Menjadi Broker

Sama seperti dropship, broker atau makelar merupakan pihak yang menghubungkan penjual dan pembeli. Seorang broker juga tidak perlu membeli apalagi menyetok property atau kendaraan yang ditawarkan. Makelar bisa bekerja sama dengan showroom kendaraan dan perusahaan property, kemudian menerapkannya di media online.

Menjadi seorang broker merupakan usaha yang sangat bagus dan menjanjikan karena komisi yang didapatkan untuk tiap produk yang terjual lumayan besar. Modal utama untuk menjadi seorang broker adalah kepercayaan dari pihak pembeli dan penjual. Sangat penting untuk menjaga kepercayaan kedua belah pihak agar usaha bisa terus berjalan.

Baca juga: Fungsi Utama Software Payroll Terbaik Dalam Kemajuan Bisnis Perusahaan

7. Menjual Foto

Bagi karyawan yang hobi mengabadikan hal-hal sekitar, seperti makanan atau pemandangan, sebaiknya cobalah menjual foto untuk bisa mendapatkan pundi-pundi rupiah. Beberapa situs penjualan foto yang bisa dikunjungi adalah ShutterStock.com, StockFresh.com, dan Istockphoto.com. Pendapatan diperoleh dari komisi penjualan foto.

Tidak perlu membeli kamera belasan juta rupiah, karena beberapa kamera ponsel pun sudah bisa menangkap gambar dengan kualitas yang bagus. Namun, tentu saja harus dibarengi dengan teknik pengambilan gambar yang baik.

Semua rekomendasi usaha sampingan untuk karyawan di atas bersifat tidak terikat, bebas, tanpa modal, bisa dikerjakan di mana pun dan kapan pun. Jadi, tidak ada alasan lagi untuk tidak mencobanya, ‘kan? Pilihlah usaha yang sesuai dengan minat dan kemampuan, serta jangan lupa memulai segalanya dengan doa. Semoga berhasil!

Continue Reading

Bisnis

Fungsi Utama Software Payroll Terbaik Dalam Kemajuan Bisnis Perusahaan

Software payroll terbaik memang menjadi salah satu software yang saat ini tengah banyak menjadi incaran. Tentu saja didalamnya terdapat beragam sistem yang sangat berguna untuk sebuah perusahaan.

Tidak hanya masalah penggajian karyawan saja, namun software yang satu ini juga lengkap untuk pengelolaan manajemen sumber daya manusia. Salah satu fitur di dalamnya adalah untuk mengetahui kinerja karyawan dengan metode absensi online. Sehingga nantinya akan terpantau dengan jelas kedisiplinan karyawan.

Manfaat Yang Besar Bagi Sebuah Perusahaan

Sebagai pemberitahuan, bahwa gaji merupakan salah satu hal yang sangat vital dalam sebuah manajemen perusahaan. Ini menyangkut hak hidup karyawan perusahaan. Jika saja salah dalam memberikan kalkulasi tentu saja akan merugikan karyawan dan memberikan dampak yang negatif bagi perusahaan.

Dengan menggunakan software payroll tentu saja aka nada banyak manfaat yang diraih. Seperti pemantauan terhadap kinerja karyawan, serta dapat, meminimalisir kesalahan dalam kalkulasi gaji karyawan. Tak tanggung tanggung, software ini tentu saja dapat memberikan efisiensi waktu pula. Dari yang serba manual, maka dengan kehadiran software ini segalanya akan menjadi serba digital. Hal tersebut sangat selaras dengan era industri 4.0 saat ini.

Software Payroll Bagi Sebuah Bisnis

Kebanyakan perusahaan mungkin masih menerapkan sistem sdm secara manual. Tentu saja hal semacam itu dapat menguras waktu serta membuang buang biaya dalam pengelolaan data. Sebagai solusinya, maka software payroll terbaik di Indonesia ini dapat membantu perusahaan melancarkan bisnisnya dengan beragam manfaat berikut ini.

1.Pengelolaan Data Karyawan Secara Lengkap

Fungsi yang satu ini tentu saja dapat menjadi sebuah langkah yang preventif dalam pengelolaan data. Karyawan sebagai aset tentu saja harus dikelola dengan baik. Karena asset tersebut akan sangat berguna untuk kelangsungan sebuah bisnis perusahaan.

Mengelola data karyawan dengan software payroll tentu saja tidak memerlukan orang banyak. Serta hanya dalam lingkup kecil. Seluruh data terkait absensi online, rekening karyawan akan dengan mudah dikelola. Saat penggajian karyawan  tentu saja akan saling terkait dengan data karyawan.

2. Software Yang Tertaut Dengan Absensi

Jika dilakukan secara manual tentu saja akan sering mendapat sebuah kesalahan serta kekeliruan. Nah, kehadiran software payroll akan menjadi sebuah solusi yang cerdas bagi sebuah perusahaan. Tidak lagi harus mencocokkan absensi karyawan secara manual. Dengan software ini maka kehadiran karyawan akan tertaut langsung, ini dikarenakan sistem yang digunakan telah terintegrasi dengan sistem absensi online.

Hal ini tentu menjadikan kerja dari HRD menjadi lebih mudah, dan kesalahan dapat diminimalisir dengan bijak. Selain itu hal ini juga tentunya dapat menghemat waktu dan HRD dapat mengerjakan tugas tugas lainnya.

3. Bonus Bonus Serta Potongan Untuk Karyawan Dapat Dihitung Secara Tepat

Software payroll juga dapat memberikan informasi  berupa bpjs serta bonus seperti THR dan lain lain secara akurat dan tepat. Penghitungan gaji nantinya akan menjadi lebih akurat by sistem dan pengelolaannya tidak lagi harus secara manual. Insentif untuk karyawan dan lainnya akan secara otomatis tercatat by sistem. Sehingga tidak akan menimbulkan kekeliruan yang terkadang menyebabkan selisih.

Selain dapat menghitung PPh 21 software payroll juga mampu untuk menghitung jumlah bpjs karyawan. Bayangkan saja jika masih menghitung secara manual tentu saja akan memakan waktu yang lumayan lama, dan nantinya hal tersebut malah menjadi sebuah beban yang menghambat sebuah perusahaan untuk maju dalam bisnisnya.

Demikian penjelasan terkait fungsi dari software payroll. Dalam penghitungan gaji memang harus dilakukan secara akurat dan tepat. Maka dari itu dengan menggunakan software payroll terbaik yang terkait langsung dengan sistem absensi online, maka perusahaan dapat memantau karyawan nya dan meminimalisir selisih serta kesalahan saat melakukan penggajian karyawan.

Continue Reading

TOP STORIES