Connect with us

Bisnis

Cek Tagihan Listrik Pascabayar Secara Online Sangat Mudah

Cek Tagihan Listrik Pascabayar Secara Online Sangat Mudah

Siapa di sini yang selalu penasaran dengan tagihan listriknya setiap bulan? Sepertinya hampir semua ibu rumah tangga atau pemakai listrik selalu penasaran dengan tagihannya. Jika dulunya tagihan listrik hanya bisa diketahui saat petugas PLN datang ke rumah, saat ini cek tagihan listrik bisa dilakukan dimanapun lho. Gak percaya? Yuk simak artikel ini sampai tuntas.

Dulunya layanan cek tagihan listrik itu bisa dicek dengan berlangganan e-billing. Jadi, orang yang ingin mengecek jumlah tagihannya akan masuk ke situs ini. Nah, sekarang itu layanan ini sudah tidak berlaku lagi, ada versi barunya. Saat orang mengakses e-billing sekarang ini, maka mereka akan langsung diarahkan ke halaman menu dari situs pln.co.id. Intinya sudah berbasis online.

Macam-Macam Listrik Yang Biasanya Digunakan

Sebelum membahas tentang bagaimana cara cek tagihan listrik, sebaiknya kita tahu dulu macam-macam listrik yang biasa digunakan. Jenis listrik ini akan berbeda metode pembayarannya, jadi jangan sampai tidak tahu ya. Pertama, adalah listrik pra-bayar. Jenis listrik ini banyak digunakan oleh rumah-rumah. Adapun sistem layanan PLN ini adalah kamu bisa mengatur pemakaian listriknya berdasarkan budget.

Adapun sistem pembayaran dari listrik pra-bayar ini adalah dengan melakukan pengisian voucher atau biasa disebut dengan token listrik. Jadi, ketika lampu meteran listrikmu sudah berbunyi, maka itu tandanya listrikmu akan mati. Kelebihan dari menggunakan listrik pra-bayar ini, kamu bisa tau berapa pengeluaranmu untuk listrik kamu setiap minggu atau pun bulannya.

Sedangkan untuk jenis layanan listrik yang kedua ialah jenis listrik pasca bayar. Sesuai dengan namanya, layanan listrik satu ini sistemnya pakai dulu baru bayar. Artinya, pemakaianmu di bulan satu baru dibayarkan di bulan berikutnya. Proses pembayarannya pun boleh melalui loket, petugas yang datang ke rumah, atau membayar langsung di aplikasi resmi milik PLN.

Kelebihan yang ditawarkan oleh jenis layanan listrik satu ini, kamu tidak akan mengalami lampu mati secara tiba-tiba. Tidak seperti listrik pra bayar yang bisa kapanpun mati jika vouchernya sudah habis. Kamu juga tidak perlu repot mengisi listrik sendiri, karena semua itu secara otomatis diatur oleh pihak PLN sendiri. Jadi, menurut kamu sendiri lebih baik pakai yang mana nih?

Cara Mengecek Tagihan Listrik Secara Online

Cara cek tagihan listrik di bawah ini hanya berlaku untuk layanan listrik pasca bayar saja ya. Untuk layanan pra bayar kan disesuaikan dengan budget, artinya kamu bisa membeli berapa pun sesuai kebutuhan listrik kamu. Tanpa berlama-lama lagi, mari mengulas satu persatu cara mengecek tagihan secara online:

1. Layanan Telepon

Untuk cara mengecek yang pertama dan tentunya bisa dilakukan oleh semua ibu di rumah adalah melalui layanan telepon. Perusahaan PLN selalu menyediakan layanan ini untuk memberikan kemudahan kepada pelanggannya untuk mengecek tagihan listriknya. Sudah tau belum nomor layanan perusahaan PLN? Jadi, 123 itu adalah nomor layanan PLN.

Untuk dapat tersambung ke server PLN, kamu harus memasukkan kode wilayah. Contohnya, untuk wilayah Jakarta, maka format untuk menelponnya adalah (kode area)123 lalu tekan call. Untuk biaya telpon ini dikenakan biaya normal layaknya menelpon biasa. Layanan costumer servicenya juga bisa diakses selama 24 jam non-stop.

Biasanya, para server akan memberikan arah kepada pelanggan bagaimana agar bisa melakukan pengecekan. Kamu hanya perlu mengikuti semua arahan selama call center ini berlangsung. Cukup mudah bukan? Cara ini bisa kamu lakukan jika ingin tahu berapa jumlah tagihan yang harus dibayar nantinya, tujuannya ya untuk mempersiapkan budgetnya.

2. Melalui Website PLN

Cara cek tagihan listrik yang kedua adalah melalui website. Tenang, saat ini sudah ada layanan yang menyediakan fasilitas mengecek tagihan listrik. Meskipun tidak berasal dari PLN langsung, website ini tetap akurat lho dalam memberikan informasi yang dibutuhkan. Proses pengecekan ini hanya bisa dilakukan di smartphone yang memiliki sambungan ke internet.

Pertama pastikan ponsel yang akan dipakai itu sudah tersambung dengan jaringan internet. Kemudian masuk ke laman www.cekbill.com/cek-tagihan-listrik-online. Jika sudah masuk, kamu akan menemukan kolom yang harus diisi dengan id pelanggan. Setiap pemakai listrik pastinya sudah memiliki id pelanggannya masing-masing.

Jika sudah mengisi id pelanggan, seseorang juga harus mengisi kolom CAPTCHA sebagai bukti kalau yang mengakses bukan robot dan lainnya. Masukkan kode captcha secara benar lalu klik “cek tagihan” pada menu yang telah tersedia. Apabila jaringan bagus, maka tagihan listrik akan muncul secara sendiri beberapa saat kemudian.

3. Melalui SMS

Tidak hanya layanan telepon saja, cek tagihan listrik juga bisa dilakukan melalui layanan sms. Tentunya ini akan mempermudah proses pengecekan yang dilakukan. Untuk biayanya sendiri hampir sama dengan sms layanan pada umumnya. Dengan menggunakan layanan sms satu ini, kamu tidak perlu menggunakan smartphone ataupun sambungan internet.

Bagusnya lagi, layanan ini tersedia untuk semua jenis sim card baik telkomsel, xl, smartfren, dan lainnya. Format sms yang harus diketikkan ialah REK(spasi)NO ID PELANGGAN dan dikirimkan ke nomer 8123. Bagi yang ingin berlangganan juga bisa, formatnya yakni PLN(spasi)ON(spasi)NO ID PELANGGAN kirim ke 8123.

Layanan sms ini dikenakan biaya 500/smsnya. Sedangkan untuk yang berlangganan, membayar perbulannya. Namun, jika ingin menghentikan layanan berlangganan ini cukup kirim format ke 8123 dengan isi PLN(spasi)OFF(spasi)NO ID PELANGGAN. Beberapa format diatas bisa dijadikan pilihan untuk melakukan pengecekan. Namun, sebaiknya gunakan saja via website, selain gampang juga tidak memerlukan biaya tambahan.

4. Melalui Aplikasi

Di jaman yang sudah sangat canggih ini, tentunya juga dimanfaatkan dengan baik oleh pihak PLN. Untuk mempermudah layanannya, mereka juga telah menciptakan aplikasi yang bisa digunakan untuk cek tagihan listrik bagi pelanggan. Tentunya pengecekan via aplikasi ini lebih mudah lagi dan tentunya lebih murah.

Aplikasi yang dapat digunakan untuk melakukan aktivitas mengecek tagihan dan informasi lain ialah PLN Mobile. Dengan mengunduh aplikasi ini akan mempermudah aktivitas mengecek kamu setiap bulannya. Sebelum melakukan pengecekan, terlebih dulu kamu harus mendownload aplikasi ini di app store seperti play store maupun iOs store.

Setelah aplikasi terpasang, seseorang harus melakukan set up profile. Bagi pengguna lama, cukup dengan memindahkan data ke aplikasi mobile PLN ini. Sedangkan untuk pengguna baru harus meng-klik “DAFTAR” lalu mengisi data dan klik “simpan”. Kemudian lakukan login, dan bukalah menu yang memuat informasi tagihan listrik kamu setiap bulannya.

Selain beberapa layanan di atas, pihak PLN juga memberikan akses informasi yang lengkap untuk para pelanggannya. Ada beberapa sosial media yang bisa diakses untuk mengetahui informasi lanjutan. Sosial media itu meliputi laman Facebook, Twiter, dan juga e-mail yang bisa diakses secara gratis oleh para pelanggan.

Itulah tadi beberapa cara cek tagihan listrik secara mudah dan cepat. Sudah tahu kan caranya? Jika ya saatnya untuk menyediakan budget untuk membayar tagihan bulanan kamu. Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi yang tepat untuk pembaca yang sedang mencari tahu seputar cara cek ini. Semoga membantu.

Wartawan di beberapa media cetak dan elektronik, membaca menjadi hobinya dan sangat menyukai tantangan untuk memacu diri menjadi lebih baik

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bisnis

Fungsi Utama Software Payroll Terbaik Dalam Kemajuan Bisnis Perusahaan

Software payroll terbaik memang menjadi salah satu software yang saat ini tengah banyak menjadi incaran. Tentu saja didalamnya terdapat beragam sistem yang sangat berguna untuk sebuah perusahaan.

Tidak hanya masalah penggajian karyawan saja, namun software yang satu ini juga lengkap untuk pengelolaan manajemen sumber daya manusia. Salah satu fitur di dalamnya adalah untuk mengetahui kinerja karyawan dengan metode absensi online. Sehingga nantinya akan terpantau dengan jelas kedisiplinan karyawan.

Manfaat Yang Besar Bagi Sebuah Perusahaan

Sebagai pemberitahuan, bahwa gaji merupakan salah satu hal yang sangat vital dalam sebuah manajemen perusahaan. Ini menyangkut hak hidup karyawan perusahaan. Jika saja salah dalam memberikan kalkulasi tentu saja akan merugikan karyawan dan memberikan dampak yang negatif bagi perusahaan.

Dengan menggunakan software payroll tentu saja aka nada banyak manfaat yang diraih. Seperti pemantauan terhadap kinerja karyawan, serta dapat, meminimalisir kesalahan dalam kalkulasi gaji karyawan. Tak tanggung tanggung, software ini tentu saja dapat memberikan efisiensi waktu pula. Dari yang serba manual, maka dengan kehadiran software ini segalanya akan menjadi serba digital. Hal tersebut sangat selaras dengan era industri 4.0 saat ini.

Software Payroll Bagi Sebuah Bisnis

Kebanyakan perusahaan mungkin masih menerapkan sistem sdm secara manual. Tentu saja hal semacam itu dapat menguras waktu serta membuang buang biaya dalam pengelolaan data. Sebagai solusinya, maka software payroll terbaik di Indonesia ini dapat membantu perusahaan melancarkan bisnisnya dengan beragam manfaat berikut ini.

1.Pengelolaan Data Karyawan Secara Lengkap

Fungsi yang satu ini tentu saja dapat menjadi sebuah langkah yang preventif dalam pengelolaan data. Karyawan sebagai aset tentu saja harus dikelola dengan baik. Karena asset tersebut akan sangat berguna untuk kelangsungan sebuah bisnis perusahaan.

Mengelola data karyawan dengan software payroll tentu saja tidak memerlukan orang banyak. Serta hanya dalam lingkup kecil. Seluruh data terkait absensi online, rekening karyawan akan dengan mudah dikelola. Saat penggajian karyawan  tentu saja akan saling terkait dengan data karyawan.

2. Software Yang Tertaut Dengan Absensi

Jika dilakukan secara manual tentu saja akan sering mendapat sebuah kesalahan serta kekeliruan. Nah, kehadiran software payroll akan menjadi sebuah solusi yang cerdas bagi sebuah perusahaan. Tidak lagi harus mencocokkan absensi karyawan secara manual. Dengan software ini maka kehadiran karyawan akan tertaut langsung, ini dikarenakan sistem yang digunakan telah terintegrasi dengan sistem absensi online.

Hal ini tentu menjadikan kerja dari HRD menjadi lebih mudah, dan kesalahan dapat diminimalisir dengan bijak. Selain itu hal ini juga tentunya dapat menghemat waktu dan HRD dapat mengerjakan tugas tugas lainnya.

3. Bonus Bonus Serta Potongan Untuk Karyawan Dapat Dihitung Secara Tepat

Software payroll juga dapat memberikan informasi  berupa bpjs serta bonus seperti THR dan lain lain secara akurat dan tepat. Penghitungan gaji nantinya akan menjadi lebih akurat by sistem dan pengelolaannya tidak lagi harus secara manual. Insentif untuk karyawan dan lainnya akan secara otomatis tercatat by sistem. Sehingga tidak akan menimbulkan kekeliruan yang terkadang menyebabkan selisih.

Selain dapat menghitung PPh 21 software payroll juga mampu untuk menghitung jumlah bpjs karyawan. Bayangkan saja jika masih menghitung secara manual tentu saja akan memakan waktu yang lumayan lama, dan nantinya hal tersebut malah menjadi sebuah beban yang menghambat sebuah perusahaan untuk maju dalam bisnisnya.

Demikian penjelasan terkait fungsi dari software payroll. Dalam penghitungan gaji memang harus dilakukan secara akurat dan tepat. Maka dari itu dengan menggunakan software payroll terbaik yang terkait langsung dengan sistem absensi online, maka perusahaan dapat memantau karyawan nya dan meminimalisir selisih serta kesalahan saat melakukan penggajian karyawan.

Continue Reading

Bisnis

Cara Promosi Perumahan Di Sosmed Yang Efektif, Coba 7 Hal Penting Ini!

Internet merupakan sarana paling efisien dan efektif saat ini digunakan untuk melakukan promosi apapun. Salah satunya cara promosi perumahan di sosmed dengan mengandalkan internet sebagai media iklan. Tingkat jangkauan promosi lebih banyak dan lebih baik sehingga orang-orang dengan mudah mendapatkan informasi perumahan dari sosial media.

Beberapa hal yang penting dipersiapkan pada saat melakukan promosi perumahan merupakan cara paling tepat dalam menjangkau konsumen. Maka strategi dari awal hingga akhir memperkenalkan perumahan via sosmed bisa memperhatikan hal berikut ini.

1. Memiliki Akun Media Sosial

Yang paling utama dalam memulai promosi perumahan dengan memanfaatkan jejaring sosial yaitu mempunyai akun terlebih dahulu. Akun media sosial banyak macamnya saat ini, mulai dari facebook, instagram, YouTube, Twitter dan sebagainya. Hingga status WA pun menjadi ajang media promosi efektif yang bisa dilakukan.

Biasanya saat mengaktivasi satu akun media sosial akan terjadi keterkaitan antara satu akun dengan akun lainnya. Semacam jejaring dengan persen yang sama namun banyak wujud. Jadi saat mempromosikan di salah satu akun media sosial maka bisa ditayangkan pula di akun media sosial lainnya

2. Memahami Apa Yang Dibutuhkan Konsumen Tentang Perumahan

Pahami apa yang dibutuhkan konsumen merupakan cara promosi perumahan di sosmed yang ampuh. Membaca kebutuhan pasar menjadi penting, apalagi kebutuhan akan hunian rumah yang semakin meningkat. Para konsumen biasanya akan mencari informasi yang lebih akurat mulai dari bentuk perumahan, lingkungan strategis, hingga harga yang ditawarkan.

Dalam memberikan promosi yang berkaitan dengan perumahan, memang penting untuk menyajikan apa yang dibutuhkan pasar. Biasanya konsumen akan mencari harga terjangkau dengan kualitas yang terbaik. Atau tipe rumah yang sedang tren pada saat ini dan perumahan yang dekat dengan tempat-tempat strategis.

3. Buat Konten Iklan Yang Menarik

Cara promosi perumahan di sosmed yaitu dengan membuat konten yang menarik. Konten yang menarik biasanya berisi jawaban atau pemahaman yang dibutuhkan konsumen. Dengan memberikan beberapa tips menarik bagi konsumen yang berhubungan dengan home decor atau mengulas tren perumahan.

Konten sangat penting dalam menyajikan sebuah iklan agar terlihat lebih layak dan dapat menjaring konsumen. Karena dalam dunia media sosial mengandalkan visualisasi dari sebuah gambar dan tulisan. Sehingga penyajian konten menjadi daya tarik utama pada konsumen dalam mengenal suatu produk. Apalagi jika produk tersebut perumahan yang butuh banyak detail untuk dijelaskan.

4. Memahami Persaingan Harga

Hal ini sangat penting dipertimbangkan dalam mempromosikan perumahan di medsos. Karena harga biasanya menentukan nilai ketertarikan konsumen pada produk, maka dalam mengemas harga harus semenarik mungkin. Yaitu dengan melihat bagaimana produk yang sama menentukan harga jualnya kepada konsumen.

Biasanya persaingan harga ini memicu terjadinya tingkat pemesanan yang tinggi. Misalnya saja jika seseorang akan mencari perumahan via media sosial kemudian melihat harga dengan diimbangi pemberian diskon. Maka biasanya konsumen akan lebih tertarik apalagi jika ada promo lainnya saat menawarkan perumahan. Karena faktor paling utama dalam menentukan harga adalah keseimbangan harga pasar

5. Memanfaatkan Fitur Yang Ada Pada Sosial Media

Pada cara promosi perumahan di medsos, akan lebih baik lagi jika mengoptimalkan fitur lainnya yang ada. Seperti FB ads, Instagram Ads, dan sebagainya sebagai sarana iklan yang lebih baik lagi. Selanjutnya fitur yang ada pada media sosial ini tentu terintegrasi dengan akun utama sehingga, tidak perlu khawatir iklan tidak menjangkau. Justru dengan bantuan fitur iklan yang ada pada medsos semakin membantu menjangkau berbagai kalangan.

Fitur ini juga mudah digunakan serta mempunyai nilai praktis dan ekonomis. Maka perumahan yang dipromosikan akan lebih menjangkau masyarakat lebih luas lagi. Selain itu, nilai praktis media sosial sangat membantu memangkas biaya promosi karena internet dianggap lebih efektif dibandingkan promosi offline.

6. Optimalisasi SEO

Search Engine Optimization merupakan sebuah sistem mesin pencari yang mengoptimalkan situs yang dimiliki. Dengan melibatkan penggunaan kata kunci yang dicari konsumen pada mesin pencari. Yang kemudian pada search engine didasarkan pada kata kunci yang dimasukkan sehingga memunculkan traffic di sebuah situs.

Optimalisasi SEO ini diyakini efektif untuk menjaring konsumen dalam mengunjungi situs serta memahami produk perumahan yang ditawarkan. Sehingga promosi perumahan akan lebih efektif dan langsung tepat sasaran kepada konsumen yang membutuhkan hunian baru. Atau ada juga konsumen yang sedang berinvestasi pada perumahan.

7. Personal Branding

Pentingnya pengenalan secara lebih baik lagi yaitu dengan personal branding pada suatu produk. Jika ingin mempromosikan perumahan, maka ciptakan personal branding yang kuat sehingga konsumen percaya. Yaitu dengan menjalin relasi secara baik, percaya pada diri sendiri dan produk yang ditawarkan.

Selain itu berikan performa terbaik saat mempromosikan pada konsumen, bagaimana perumahan tersebut dan apa kelebihannya. Dengan begitu di medsos bisa terlihat jelas apa saja yang menjadi ciri khas hingga akhirnya orang akan tertarik dengan perumahan tersebut.

Dengan memahami beberapa cara promosi perumahan di medsos maka diharapkan mampu mengoptimalisasi berbagai peluang yang ada. Karena kekuatan medsos merupakan jaringan internet yang luas, maka saat promosi perumahan dilakukan tentu akan menjangkau lebih banyak lagi. Dan menarik para konsumen untuk mendapatkan hunian nyaman sesuai harapan.

Continue Reading

Peluang Usaha

Tips Buka Usaha di Tengah Ancaman Resesi Ekonomi Indonesia

Resesi ekonomi Indonesia tampaknya makin kencang digaungkan oleh para pakar ekonomi di negeri ini.

Pandemi virus corona telah menyebabkan perekonomian terhenti dan beberapa negara telah masuk ke dalam fase resesi. Lalu bagaimana dengan orang yang justru ingin membuka usaha? Simak tips berikut ini

Apa Itu Resesi Ekonomi ?

Resesi ekonomi adalah adanya penurunan yang tajam terhadap kegiatan ekonomi selama berbulan-bulan bahkan hitungan tahun. Jika hal itu terjadi di Indonesia, maka disebutkan resesi ekonomi Indonesia. Selama pandemi, sudah banyak negara yang terjungkal kegiatan perekonomiannya dan masuk dalam fase resesi.

Pada masa resesi, banyak orang mengalami PHK atau kehilangan mata pencaharian. Hal ini karena perusahaan tidak melakukan kegiatan produksi sebagaimana mestinya. Artinya ada penghematan dan penurunan penjualan karena output yang lebih sedikit.

Resesi bisa mengakibatkan melemahnya daya beli yang dipicu oleh semakin tingginya PHK. Belum lagi ancaman kredit macet di dunia perbankan serta inflasi yang terlalu tinggi. Deflasi juga bisa terjadi jika suatu negara masuk ke dalam fase resesi.

Seperti yang dilansir dari Harapanrakyat.com, Saat ini Indonesia belum masuk fase resesi walaupun ancaman itu sudah di depan mata. Namun jika di kuartal ketiga nanti perekonomian kembali terkontraksi, sudah pasti Indonesia akan resesi. Konsumsi rumah tangga harus meningkat serta investasi harus lebih besar lagi. Saat ini tumpuan utama Indonesia adalah investasi pada UMKM.

Tips Membuka Usaha Saat Resesi

Resesi yang pernah terjadi di beberapa negara di masa lalu justru memicu lahirnya sejumlah perusahaan besar. Contohnya saja Uber, General Motor, CNN, Burger King, dan Airbnb. Usaha-usaha mikro yang lahir di masa resesi berpotensi menjadi besar ketika perekonomian membaik. Lalu, apa tipsnya agar aman membuka usaha saat resesi?

1. Lakukan Penghematan

Berhemat adalah hal yang tepat dilakukan ketika membuka usaha di masa krisis. Ingatlah bahwa bisnis sedang dijalankan dimana pendapatan masyarakat menurun, pasokan bahan baku tersendat dan penjualan tipis. Alokasikan modal untuk keperluan produksi dan bukan yang lain.

2. Produksi Berdasarkan Pesanan

Beberapa barang bisa diproduksi saat pesanan datang. Hal ini lebih menguntungkan dan bisa menyelamatkan bisnis dari kerugian. Dengan membuat produk saat pesanan sudah masuk, maka keuntungan lebih mudah diperhitungkan. Buatlah sistem PO untuk produk yang akan dijual.

3. Manfaatkan Pemasaran Digital

Pemasaran secara digital bisa dimulai dengan sangat murah. Misalnya dengan memaksimalkan media sosial dan internet. Buatlah website untuk branding produk dan perusahaan. Resesi atau tidak, pemasaran secara digital harus dilakukan apalagi jika ingin menjaring konsumen yang lebih luas.

4. Efisiensi Pekerjaan

Mempekerjakan karyawan tetap penting untuk menjaga performa dan kualitas produksi. Tetapi, dikala resesi, beban gaji karyawan bisa mempengaruhi cash flow. Maka, usahakan setiap karyawan melakukan pekerjaannya dengan efektif dan efisien. Walaupun terkesan “pelit”, namun ini penting untuk kelangsungan usaha. Jangan ragu untuk ikut terjun sendiri membantu operasional agar lebih hemat.

Baca Juga: Satuma Kraf, Ahlinya Pembuat Kerajinan Tembaga dan Kuningan

5. Rencanakan dengan Matang

Perencanaan adalah yang terpenting ketika membuka bisnis di masa resesi. Tidak ada salahnya berkonsultasi dulu kepada konsultan atau rekanan sebelum benar-benar terjun. Setiap sen yang dikeluarkan, harus jelas kapan kembalinya dan bagaimana.

Resesi ekonomi Indonesia yang sudah di depan mata harus disikapi dengan tenang namun tetap proaktif. Saat ini Iklim bisnis masih cukup sehat walaupun persaingan ketat. Buktinya, semakin banyak orang yang terjun membuka usaha di masa pandemi. Siapa tahu, salah satunya akan sukses dan besar ketika wabah mereda.

Continue Reading

TOP STORIES