Connect with us

Lifestyle

Cara Update Google Chrome pada PC dan Smartphone

Pembaharuan google chrome baik pada perangkat PC maupun smartphone memang kadang berjalan secara otomatis.

Namun, bukan berarti kamu tidak bisa mengupdate peramban ini secara manual. Bagi yang masih bingung, berikut cara update google chrome baik di PC, android, maupun pada iphone.

Cara Update Google Chrome Pada PC

image: Pixabay

Google chrome memang banyak digunakan karena memang sebagai salah satu peramban PC ter-favorit. Sebenarnya, google chrome ini bisa secara otomatis terupdate saat PC terkoneksi dengan internet.

Namun kadang PC tidak langsung mengupdate aplikasi ini namun hanya menundanya. Lantas bagaimana cara melakukan update google chrome pada PC, ikuti langkah berikut :

1. Buka Aplikasi Google Chrome

Pertama silahkan buka aplikasi google chrome pada PC atau komputer. Untuk mencarinya, aplikasi tersebut punya penampilan ikon berbentuk lingkaran. Warnanya hijau, merah, dan kuning dan di tengah ada semacam bulatan berwarna biru.

2. Pilih Tombol Titik 3

Setelah aplikasi google chrome terbuka, maka segera cari ikon titik tiga. Jika kesulitan menemukannya, tombol ini Letaknya ada di pojok kanan atas layar jendela chrome. Jika ikon ini dipilih maka akan muncul menu drop-down atau puldown.

3. Pilih Menu Help

Setelah muncul tampilan drop down, silahkan pilih menu help. Sesaat setelah menu help ini dipilih akan muncul pop- out. Pop out tersebut akan menampilkan pilihan “update google chrome”. Biasanya menu help ini ada di bagian atas menu. Bisa langsung klik pilihan tersebut.

4. Pilih menu “about google chrome”

Coba lihat bagian atas jendela pop out yang muncul sebelumnya. Pasti muncul pilihan menu “about google chrome”. Pilih menu tersebut dengan mengkliknya.

5. Tunggu Proses

Sampai langkah ini, pengguna hanya tinggal menunggu hingga proses update selesai. Proses update kadang memakan waktu maksimal hanya beberapa menit. Jika misalnya tiba-tiba ada sebuah pesan muncul yang tertulis “google chrome is up to date” tidak perlu cemas. Karena itu tandanya peramban tidak perlu diupdate lagi.

6. Jalankan Chrome Yang Baru Diupdate

Setelah itu pengguna bisa langsung klik “Relauch” jika proses update sudah selesai. Maka google chrome versi terbaru siap digunakan.

Cara Update Google Chrome Pada Android

image: pixabay

Selain PC, pengguna android juga pastinya memakai peramban google chrome. Cara untuk mengupdate peramban ini pada android juga cukup mudah. Simak langkah-langkah selengkapnya berikut ini :

1. Buka Google Play Store

Pertama sekali silahkan temukan menu google playstore pada android. Jika kesulitan menemukannya, menu ini ditandai dengan bentuk segitiga dengan warna-warni yang cerah. Latar belakang gambar segitiga tersebut berwarna putih.

2. Pilih Ikon Garis 3 Melintang

Selanjutnya setelah menu google play terbuka, maka silahkan cari ikon garis 3. Jika sulit untuk menemukan, silahkan cari ikon tersebut pada pojok kiri atas layar. Ketika ikon tersebut dipilih, maka akan muncul beberapa menu pilihan pop out lainnya.

3. Pilih “My apps & games”

Setelah ikon garis 3 terbuka, maka akan muncul beberapa menu lain. Beberapa pilihan menu ini muncul pada layar bagian kiri. Silahkan cari dan pilih “my apps & games”.

4. Cari Dan Pilih Ikon “Chrome”

Setelah pilihan “my apps & games” terbuka, maka akan muncul beberapa aplikasi yang tersedia untuk diupdate. Silahkan cari dengan teliti aplikasi chrome. Namun jika sudah dicari dengan benar masih tidak ketemu, artinya android sudah memakai versi yang paling baru.

5. Klik “Update” Dan Tunggu Proses

Jika sudah menemukan ikon “chrome” segera pilih tab “update”. Sampai langkah ini, pengguna hanya tinggal menunggu hingga proses update selesai.

Cara Update Google Chrome Pada Iphone

image: pixabay

Peramban google chrome memang tidak hanya terkenal pada pengguna PC maupun android saja. Melainkan banyak juga pengguna iphone yang lebih nyaman menggunakan peramban ini ketimbang yang lain. Begini cara untuk mengupdate google chrome pada Iphone :

1. Buka App Store

Jika pengguna android bisa memilih beragam pilihan aplikasi pada playstore, maka pengguna iphone bisa mengaksesnya di app store. App store pada i phone di tandai dengan ikon mirip alat tulis yang membentuk huruf “A” dengan warna putih. Latar belakang ikon tersebut berwarna biru muda.

Jika belum bisa menemukan app store, biasanya menu tersebut ada di home screen perangkat.

2. Pilih Menu Update

Selanjutnya setelah menemukan app store, silahkan sentuh tombol update. Untuk memudahkan pencarian, tombol ini ada di sisi tengah bawah layar. Jika google chrome memang belum terupdate, maka seharusnya peramban tersebut ada di menu tersebut.

3. Klik Pilihan “Update”

Jika sudah menemukan google chrome pada pilihan menu update, coba lihat sisi kanan ikon tersebut. Muncul tab “update”, Klik tab tersebut. Jika seumpama tidak melihat ikon google chrome pada menu update, artinya i-phone sudah memakai versi terbaru. Sehingga tidak perlu diupdate lagi.

4. Masukkan Kata Sandi Apple

Kadang, sebelum proses update dimulai iphone akan meminta untuk memasukkan sandi ID apple milik pengguna. Segera masukkan sandi ID dengan benar dan jangan sampai salah. Namun terkadang, perangkat iphone juga tidak menyuruh untuk menginput ID terlebih dahulu. Jadi begitu klik “update” proses update google chrome akan langsung berjalan.

Itulah beberapa cara update google chrome yang bisa diketahui. Baik untuk PC, android, maupun pengguna iphone. Mulai sekarang segera update google chrome versi terbaru, agar aplikasi ini dapat berjalan lebih optimal.

Mendirikan situs income.id sebagai perwujudan pengabdian kepada bangsa dan negara indonesia melalui media yang informatif dan edukatif

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Entertainment

Demam Film Joker Merajalela, Ini Fakta Menarik yang Harus Kalian Tahu

(image: Forbes.com)

Apa kamu sudah menonton film Joker? Bagi pecinta DC Universe, tentu sudah tak asing lagi dengan karakter villain musuh abadi Batman yang diciptakan oleh DC Comics ini.

Film garapan Todd Philiips yang diperankan oleh Joaquin Phoenix (Arthur Fleck atau Joker), dan sederet nama-nama besar yang ikut serta bermain, seperti aktor kawakan Robert de Niro (Muraay Franklin), Zazie Beetz (Sophie Dumond), Frances Conroy (Penny Fleck), Brett Cullen (Thomas Wayne), dan Marc Maron (Ted Marco) tentu wajib buat masuk di daftar list film kamu bulan Oktober.

Bagaimana tidak? Film Joker yang baru saja tayang 5 hari ini, yaitu sejak 2 Oktober 2019 lalu, sudah masuk peringkat 10 besar film dengan rating tertinggi versi IMDb.

Menurut pantauan di situs IMDb pada Minggu, 6 Oktober 2019, nilai yang diraih Joker tak main-main, yakni 8,8 versi IMDb dan 9,1 versi IMDb users. Ini membuktikan Joker benar-benar diminati.

Joker merupakan film pertama sekaligus pembuka lini terbaru khusus untuk film-film DC Comics yang berdiri sendiri, yakni DC Black.

Sineas Todd Phillips menyebut, Joker versinya terpisah dari film-film DC Extended Universe (DCEU). Bahkan tidak bersinggungan dengan Batman yang akan dimainkan Robert Pattinson. Joker akan diikuti sejumlah biografi para musuh.

Film Joker sendiri tidak mengisahkan mengenai pertarungannya dengan Batman. Film ini malah menceritakan tentang kisah awal mula terbentuknya karakter Joker yang sejatinya bukanlah seorang kriminal, melainkan hanya seorang komedian.

Mengutip laman CNN Indonesia, film Joker berfokus pada perjalanan sosok komedian gagal, Arthur Fleck (dibintangi Phoenix), pria yang diabaikan oleh masyarakat dan berubah menjadi penjahat yang sangat keji.

Arthur tumbuh dari masyarakat kalangan bawah yang terus gagal untuk meraih kesuksesan dalam profesinya sebagai komedian stand up. Hidupnya kerap dirundung pilu.

Hal itu diperjelas dalam trailer, kala berusaha menghibur seorang anak kecil di dalam bus sekalipun raut muka Arthur Fleck terlihat sedang diliputi rasa kecewa dan putus asa. Ia kemudian dihardik oleh ibu si anak karena dianggap mengganggu.

Selain itu, pekerjaannya sebagai badut yang bertugas memegang papan penanda di jalanan membuatnya dirundung, bahkan pernah sampai terkapar di sebuah gang. Arthur Fleck tampak terbiasa diperlakukan tak adil oleh lingkungan sekitar.

Titik terbawah hidup Arthur terjadi saat ia diolok-olok oleh presenter yang diperankan Robert De Niro lewat siaran TV nasional. Begitu banyak kekecewaan yang membuatnya menjadi pribadi pahit dan akhirnya berubah menjadi pembunuh.

Arthur mengubah identitas dirinya dengan menjadi Joker, menampilkan pribadi baru yang jahat.

Bagi kamu yang sudah nonton filmnya atau baru akan nonton filmnya, wajib banget buat tahu beberapa fakta menarik film Joker ini. Apa saja ya fakta menarik dari film Joker ini? Yuk, cek uraiannya berikut yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

Kontroversial Film Joker Tapi Banjir Pujian

(image: Forbes.com)

Sebelum resmi tayang, hadirnya kembali badut psikopat ini ternyata dikabarkan sempat menuai kontroversi. Bukan hanya di Indonesia, tapi beberapa negara lain yang menayangkan film tersebut.

Penghayatan tingkat tinggi aktor Joaquin Phoenix sebagai Joker, dikhawatirkan menginspirasi masyarakat awam yang mentalnya kurang stabil untuk melakukan aksi serupa.

Seperti yang diketahui, Joker melakukan aksi penembakan di stasiun kereta api dan sejumlah ruang publik. Banyaknya adegan kekerasan fisik, membuat Joker dikategorikan ke dalam R-rated yaitu penonton berusia 17 tahun ke bawah harus didampingi orangtua.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, bahkan Angkatan Darat AS dan Departemen Kepolisian Los Angeles (LAPD) waspada dan berjaga-jaga saat pemutaran perdana film Joker. Satu bioskop disebut sudah melarang penonton datang memakai kostum.

Penjagaan itu menyusul sebagai antisipasi peristiwa penembakan massal yang terjadi di penayangan film Batman: The Dark Knight Rises, pada 2012 silam di Colorado. Saat itu, 12 orang tewas akibat peluru panas yang dilepaskan secara membabi-buta oleh seorang pria dari depan layar bioskop.

Namun meski sempat menuai kontrovesi, Joker juga banjir pujian. Contohnya usai penayangan perdana di Venice Film Festival yang dihelat pada 31 Agustus 2019 kemarin, Joker mendapatkan sambutan hangat dari para penonton dan kritikus film.

Mulai dari standing ovation selama 8 menit hingga ragam pujian dari kritikus. Hal ini merupakan sebuah kehormatan tertinggi yang bisa didapatkan sebuah film.

Tidak hanya menerima apresiasi penonton, Joker juga menerima piala The Golden Lion, yang merupakan penghargaan untuk Film Terbaik dalam perhelatan bergengsi yang berlangsung 28 Agustus hingga 7 September 2019 lalu.

Joker mampu mengalahkan film besutan Roman Polanski berjudul An Officer and a Spy yang berada di posisi kedua sekaligus meraih gelar Silver Lion.

Atas keberhasilan meraih gelar Golden Lion, banyak kalangan yang mulai memperhitungkan film Joker di ajang yang lebih bergengsi, yakni Academy Awards atau Piala Oscars yang digelar awal tahun depan.

Tak hanya itu saja, bahkan sebelum resmi dirilis, Joker sudah lebih dulu mendapatkan rating 9,6/10 di IMDb dan 93 persen versi Rotten Tomatoes.

Mimpi Jadi Nyata, Belajar dari Penderita Gangguan Tertawa, hingga Turun Berat Badan Drastis

(image: Forbes.com)

Penghayatan tingkat tinggi aktor Joaquin Phoenix sebagai Joker menjadi salah satu faktor keberhasilan film ini. Lantas, bagaimana sosok Joaquin Phoenix ini?

Bernama lengkap Joaquin Rafael Phoniex, merupakan seorang aktor, produser, musisi, dan aktivis asal Amerika yang lahir di San Juan, pada 28 Oktober 1974 (usia 44 tahun).

Mengutip laman Liputan6.com, Joaquin Phoenix adalah aktor yang memulai karier di dunia akting sejak kecil. Ia tampil pertama kali di serial “Seven Brides for Seven Brothers” pada 1982, saat usianya masih 8 tahun. Karena kemampuannya yang luar biasa dalam berakting dan menjiwai sebuah karakter, Joaquin Phoenix pun masuk kategori aktor papan atas Hollywood.

Terpilihnya Joaquin Phoenix sebagai Joker tak terlalu mengejutkan, mengingat rekam jejaknya yang lumayan sering memerankan karakter nyeleneh dan antagonis. Walaupun sudah berkarier bertahun-tahun, Joaquin Phoenix juga mengaku masih tetap gugup saat berakting.

Film terkenal yang diperankan oleh Joaquin Phoenix, yaitu Commodus di Gladiator (2000) dan karakter Theodore Twombly di film Her (2013). Selain itu ada juga film Sign (2002), Hotel Rwanda (2004), dan Maria Magdalene (2018). Phoenix juga pernah menjadi dubber di film Brother Bear (2003).

Di sisi lain, Phoenix sendiri ternyata terkenal sebagai aktor yang menolak untuk berkomitmen dalam berbagai film superhero karena dia harus memerankan tokoh yang sama dalam rangkaian film.

Bahkan Marvel pernah menawarkan beberapa tokoh superhero yang untuk diperankan oleh Joaquin Phoenix, seperti Doctor Strange dan The Hulk. Namun Joaquin Phoenix menolak itu semua karena ia merasa kurang sreg dengan sekuel dan crossover yang kerap lahir di film superhero.

Hingga akhirnya, Joaquin Phoenix sempat dipertimbangkan untuk menjadi Batman di film Batman: Year One karya Darren Aronofsky.

Sayang, proyek Batman: Year One dibatalkan. Padahal, Darren Aronofsky sudah menyatakan keinginan meminang Joaquin Phoenix ke sejumlah media, pada September 2017.

Yang terjadi kemudian, pihak DC Comics bersama para petinggi Warner Bros. menggagas film Batman terbaru semester pertama tahun ini. Bintang film Twilight Saga, Robert Pattinson dipercaya menjadi Sang Manusia Kelelawar.

Akan tetapi, kali ini Joaquin Phoenix tidak bisa menolak untuk memerankan film Joker. Dalam sebuah wawancara yang dilansir dari Collider.com, Joaquin Phoenix mengatakan bahwa ia sudah sejak lama memimpikan peran jadi sosok joker.

“Tiga atau empat tahun yang lalu, saya menelepon agen saya dan berkata, ‘Mengapa mereka tidak mau mengambil salah satu dari karakter ini dan hanya membuat film dengan anggaran lebih rendah tentang itu, sebuah film tetapi sebuah studi karakter, dan mengapa tidak mengambil salah satu dari penjahat?’,” ungkap Joaquin Phoenix.

Film Joker merupakan film yang berdiri sendiri dan tidak memiliki hubungan dengan DC Universe. Hal inilah yang membuat Phoenix dengan mudahnya setuju, ketika sang sutradara menawarkan script film yang diadaptasi dari tokoh komik yang lahir tahun 1940.

Selain itu, fakta menarik lainnya Joaquin Phoenix ternyata merupakan teman baik dari Heath Ledger, yang dikenang sebagai sosok Joker sejati dari musuh besarnya batman.

Dalam mendalami karakter tokoh antagonis populer tersebut, Joaquin Phoenix ternyata tak main-main. Terutama soal tawa Joker yang ikonis.

Joaquin Phoenix ternyata mengaku terinspirasi dari orang-orang yang menderita tawa patologis, atau sejenis gangguan tertawa tanpa sebab dan tidak bisa dikontrol.

Dilansir dari NME, Joaquin Phoenix mengungkapkan hal ini dalam sebuah wawancara dengan Vernerdi.

“Saya melihat video yang menunjukkan orang yang menderita tawa patologis, penyakit mental yang membuat mimikri tidak dapat dikendalikan,” kata Joaquin Phoenix.

Tak hanya itu saja perjuangan dari Joaquin Phoenix untuk memerankan Joker. Demi Joker, Joaquin Phoenix menurunkan bobot hingga 23 kilogram. Aktor ini mengatur pola makan di bawah pengawasan tim dokter.

Joaquin mengonsumsi sejumlah sayur dan buah di antaranya apel, selada, dan kacang hijau rebus. Transformasi fisik ini membuat para kritikus yakin Joaquin akan masuk nominasi Oscar tahun depan.

Film DC dengan Bujet Termurah

(image: Forbes.com)

Dibalik fakta-fakta yang telah disebutkan di atas, ternyata ada fakta lainnya yang sangat menarik yang mesti kalian tahu. Jika pada film-film DC kerap menganggarkan bujet tinggi, mulai dari Suicide Squad (2016) yang menghabiskan sekitar USD 175 juta atau film Justice League (2016) dengan kisaran bujet USD 300 juta, namun rupanya, Joker kali ini dibuat dengan bujet yang tak sebesar film DC lainnya. Jika dibandingkan dengan film-film DC lain, Joker jauh di bawah rata-rata.

Mengutip laman Viva.co.id yang melansir Screen Rant, Joker kabarnya hanya menelan bujet produksi USD 64 juta. Tentu saja, jauh di bawah film lain dalam genre-nya. Aquaman misalnya, sampai menghabiskan USD 160 juta dan Shazam USD 100 juta.

Joker diprediksi bisa memecah rekor box office Oktober, mengalahkan Venom dari Sony Pictures, yang tayang tahun lalu. Jika yang dibutuhkan untuk balik modal sekitar dua kali lipat dari bujet, maka Joker hanya butuh sekitar Rp128 juta saja.

Itulah beberapa fakta menarik dari film Joker yang harus kalian ketahui. Menarik, bukan? Untuk kamu yang belum nonton film ini, yuk segera nonton! Tapi ingat ya, film ini bukan untuk anak-anak. Selamat menonton!

Continue Reading

Lifestyle

Cara Mengurus SKCK Secara Online dan Offline, Simpel !

Surat keterangan catatan kepolisian atau familiar disebut SKCK, hingga saat ini masih diperlukan bagi semua orang.

Surat ini akan menerangkan tentang catatan kelakuan baik yang dilakukan pemohonnya.

SKCK dibuat untuk banyak keperluan. Bisa untuk melamar kerja, pendaftaran universitas, dan lain-lain.

Bagi yang belum paham berikut cara mengurus SKCK untuk diketahui

Cara Mengurus SKCK Offline

image: polrestrobekasikota.com

Untuk kepengurusan pembuatan SKCK bisa dilakukan langsung ke kantor polsek, polres, polda, atau ke mabes.

Masing-masing tempat memiliki porsinya sendiri-sendiri. Untuk kepentingan umum, biasanya orang memilih mengurus SKCK offline ke polres atau polsek.

Apa saja yang perlu disiapkan dan bagaimana cara mengurus SKCK offline, berikut uraiannya

Surat Pengantar

Sebetulnya, surat pengantar ini bisa dikatakan syarat kepengurusan SKCK.

Namun kini, ada beberapa wilayah di Indonesia yang sudah menghapus persyaratan ini.

Jika memang ingin mengurus SKCK yang masih mempergunakan surat pengantar sebagai syarat, surat ini bisa didapatkan dari kelurahan/desa tempat tinggal pemohon.

Pertama mintalah dahulu surat dari RT untuk ditujukan ke RW wilayah tempat tinggal.

Dari RW inilah nantinya akan dikeluarkan surat pengantar untuk pergi ke kelurahan.

Setelah dapat surat dari RW, berikan pada petugas di kelurahan.

Maka surat pengantar sebagai syarat kepengurusan SKCK akan otomatis dikeluarkan.

Syarat Kepengurusan SKCK Offline

Jangan lupa, setelah surat pengantar dipegang siapkan juga beberapa berkasnya.

Kelengkapan berkas ini nanti akan mempermudah dalam proses kepengurusan.

Dilansir dari laman skck.polri.go.id berikut apa saja yang harus dipersiapkan saat ingin mengurus SKCK

  • Fotocopy Kartu Identitas Diri (E-KTP), namun yang asli nanti juga tetap harus ditunjukkan.
  • Fotocopi Passpor (Jika mengurus SKCK untuk keperluan bepergian ke luar negeri).
  • Fotocopy kartu keluarga (KK).
  • Copian Akta Kelahiran Atau Ijazah Terakhir.
  • Fotocopi kartu identitas lain (berlaku bagi yang belum memenuhi syarat mendapat E-KTP) bisa kartu pelajar, dan lainnya.
  • Pas Foto ukuran 4×6 sebanyak 6 lembar. Jangan  lupa background belakang harus warna merah.

Proses Kepengurusan SKCK Offline

Setelah semua berkas siap, kepengurusan SKCK bisa langsung dilakukan ke polsek maupun polres terdekat. Langkah-langlahnya pun cukup mudah.

Sebagai informasi baik polsek maupun pores ini pada umumnya punya jam operasional yaitu buka mulai senin sampai jumat pukul 8 pagi hingga 3 sore.

Sementara hari sabtu buka di jam 8 dan tutup jam 11 siang.

Jadi usahakan untuk pergi saat jam-jam tersebut saja.

Tinggal masukkan saja semua berkas yang disiapkan tadi ke loket pendaftaran.

Disana petugas akan menyuruh untuk mengisi semacam formulir. Satu lagi masalah perekaman sidik jari yang harus dilakukan di polres.

Jika terlanjur mengurus SKCK di polsek maka mereka akan memberikan surat pengantar dulu untuk dibawa ke polres guna merekam sidik jari.

Jika proses perekaman sudah selesai, dan berkas sudah dikumpulkan tinggal menunggu SKCK keluar.

Namun sebelumnya harus membayar biaya penerbitan di loket pembayaran.

Cara Mengurus SKCK Online

Jaman sekarang, semua bisa dilakukan secara online tidak terkecuali mengurus SKCK.

Ini tentu akan lebih praktis dan mudah.

Bila ingin tahu apa saja syarat serta bagaimana cara mengurus SKCK online, berikut uraian selengkapnya

Dokumen Yang Harus Dipersiapkan

Meskipun secara online, nanti akan diperlukan beberapa dokumen untuk diupload ke halaman pendaftaran online polri.

Karena nanti akan diunduh, semua dokumen terlebih dahulu harus dalam bentuk softcopy alias discan.

Apa saja yang harus dipersiapkan untuk mengurus SKCK online, berikut uraiannya

1.Softcopy (scan) kartu identitas diri atau E-KTP.

2.Softcopy (scan) kartu keluarga asli.

3.Softcopy (scan) akta kelahiran.

4.Softcopy (scan) foto diri pemohon ukuran 4×6. Memakai latar belakang warna merah serta siapkan sebanyak 6 lembar juga dalam bentuk softcopy.

5.Softcopy (scan) paspor. Dokumen ini diperlukan bagi pemohon yang menjadi WNi dengan tujuan pergi ke luar negeri. Seperti sekolah, kunjungan, dan lain-lain.

Tahapan Mengurus SKCK Online

image: skck.polri.go.id

Sama dengan mengurus surat lain, SKCK juga perlu beberapa tahapan hingga bisa jadi dan siap untuk digunakan.

Bagi yang masih bingung pelajari saja tiap tahapan yang akan dijelaskan. Berikut uraian selengkapnya

Baca juga: Syarat Pembuatan SKCK Terbaru

1. Buka Situs Resmi Polri Di skck.polri.go.id

Setelah website tersebut di buka, pada halaman utama carailah menu formulir online SKCK. Setelah ketemu silahkan klik next step.

2.Isi Data Pribadi

Selanjutnya setelah next step diklik, maka akan muncul halaman mirip formulir. Isilah secara teliti terkait data diri seperti nama, NIK, wilayah Polres, hingga perintah upload foto. Setelah itu ada juga perintah mengisi data tentang orang tua serta keluarga.

3 .Isi Data Tentang Riwayat Pendidikan

Setelah isi tentang data diri, serta orang tua dan keluarga ada juga perintah untuk mengisi tentang riwayat pendidikan. Terkait nama sekolah, kota, serta tahun terakhir lulus.

Di bagian akhir juga ada pertanyaan apakah sebelumnya pemohon pernah terlibat pidana atau tidak. Isilah dengan jujur dan lengkap kemudian klik next.

4. Isi Alasan Kepengurusan SKCK dan Tunggu Data Diproses

Terakhir akan ada perintah untuk mengisi alasan mengapa ingin mengurus SKCK. Setelah diisi klik next. Lalu tinggal klik “kirim data”. Tinggal tunggu data akan diproses oleh sistem.

5. Mendapat Kode Registrasi

Tanda jika data sudah berhasil diproses oleh sistem adalah dikirimkannya kode registrasi. Nanti kode ini dibawa ke loket polsek atau polsek. Gunanya untuk pengambilan SKCK yang sudah jadi.

6. Pergi Ke Polsek/Polres

Ketentuan pengambilan SKCK setelah pendaftaran online adalah jika dilakukan pukul 8 pagi, maka SKCK sudah bisa diambil jam 4 sorenya.

Bahkan sudah bisa diambil walaupun pada hari yang sama.

Jangan lupa untuk menunjukkan dokumen yang diperlukan termasuk kode registrasi tadi.

Jangan sampai mengambil SKCK lebih dari 3 hari sejak pendaftaran karena pemohon harus mengulang proses daftar online lagi.

Setelah itu, bisa langsung menuju loket pembayaran terlebih dahulu baru bisa mengambil SKCK asli yang baru.

Dokumen Untuk Syarat Perekaman Sidik Jari

Baik untuk mengurus SKCK online maupun Offline, pemohon harus melakukan perekaman sidik jari terlebih dahulu ke polres.

Tentu saja sebelum proses ini juga perlu disiapkan dokumen-dokumen. Berikut apa saja dokumen yang harus dipersiapkan

  • Fotocopy E-KTP 1 lembar.
  • Foto pemohon tampak depan latar belakang merah ukuran 4×6 1 lembar.
  • Foto pemohon tampak samping kanan latar belakang merah ukuran 4×6 1 lembar.
  • Mengisi formulir permohonan perekaman sidik jari, terkait nama, bentuk wajah, rambut, serta ciri-ciri fisik.

Itulah cara mengurus SKCK. Baik dilakukan secara offline maupun online.

Secara online memang terlihat lebih mudah karena tidak perlu antri untuk verifikasi dokumen.

Namun yang paling penting adalah persiapkan dokumen terlebih dahulu agar proses pengurusan SKCK jadi lebih cepat.

Continue Reading

Tokoh

Biografi Sang Penemu, Thomas Alva Edison

Banyak sekali tokoh-tokoh dunia yang menarik untuk dibahas.

Salah satu yang bisa dikatakan paling populer yaitu Thomas Alva Edison.

Ingin tahu kisah biografi sang penemu bola lampu pijar yang hingga sekarang masih dikenang seantero dunia?

Simak biografi salah satu tokoh dunia tersebut berikut ini.

1. Kisah Masa Kecil Thomas Alva Edison 

Sejarah mencatatkan jika Edison lahir di sebuah kota di Daerah Milan, Ohio.

Tepatnya pada tanggal 11 Februari 1847.

Edison merupakan anak bungsu dari 7 orang bersaudara. Ayahnya bernama Smauel Ogden Edison, sementara Ibunya bernama Nancy Mattews Elliot.

Sayangnya saat kevil Edison terkenal tidak terlalu pintar.

Bahkan saat duduk di bangku sekolah Edison terpaksa hanya melewatkan beberapa pekan saja.

Dalam lingkungan sekolahnya, dirinya termasuk murid yang dianggap kurang berbakat dan sering tertinggal dibanding teman-teman lainnya.

Oleh sebab itu, akhirnya ibunya pun memutuskan untuk menariknya dari sekolah.

Edison diajari sendiri oleh ibunya di rumah.

Namun, sejak saat itu Edison mulai menunjukkan ketertarikannya pada ilmu pengetahuan.

Ia sering kedapatan membaca banyak buku-buku ilmiah yang seharusnya dibaca oleh orang dewasa.

Bahkan ia pun tidak ragu untuk melakukan percobaan sendiri. Semua itu dia lakukan sekitar umur 11-12 tahunan.

2. Awal Karir Thomas Alva Edison

Pada tahun 1854, keluarga Edison terpaksa pindah ke daerah Port Huron, Michigan.

Hal terebut didasarkan karena pemilik kanal telah berhasil menjauhkan jalur kereta api dari Milan.

Dampaknya adalah ayah Edison harus rela kehilangan pekerjaan.

Namun, melihat hal itu Edison yang masih remaja tidak tinggal diam.

Saat usianya baru menginjak 12 tahun, ia berhasil meyakinkan orang tuanya untuk mencoba bekerja.

Salah satunya menjadi penjual koran dan menjajakan dagangannya di sekitar jalur kereta api Huron yang mengarah menuju Detroit.

Suatu hari, Edison menyelamatkan seorang anak berusia 3 tahun yang terjebak di rel kereta bernama Jimmie.

Kebetulan, bocah yang ditolongnya merupakan anak dari seorang operator telegraf.

Selanjutnya ayah Jimmie, JU MacKenzie mengajarinya menjadi seorang operator telegraf.

Akhirnya dirinya pun menggeluti pekerjaan tersebut.

Untuk tugas pertamanya, ia beroperasi di jalur GrandTrunk serta Straford Junction.

Sekitar umur 19 tahun dirinya pindah ke Louisville lalu memilih bekerja di Western Union dan sebuah kantor berita.

Ia juga tetap melakukan kegemarannya bereksperimen, namun suatu hari ia melakukan kesalahan.

Edison menumpahkan asam sulfat ke meja bosnya dan membuatnya dipecat.

3. Thomas Alva Edison Menjadi Seorang Penemu

image: Pixabay

Menginjak usia 33 tahun, Edison pindah lagi ke New York. Mulai saat itu dirinya mulai mengembangkan beberapa penemuannya.

Bahkan di masanya Edison sudah dianggap sebagai penemu dan pencipta paling produktif.

Dilansir dari Wikipedia.org Edison telah memegang rekor 1.093 hak paten atas namanya. Berikut beberapa penemuannya

  • Universal Stock Printer yang bisa untuk menyeragamkan beberapa transaksi saham. Perusahaan The Gold And Stock Telegraph membayar hak ciptanya dengan nilai fantastis saat itu yaitu sekitar 40 ribu dollar.
  • Alat Perekam Suara (phonograph) yaitu sebuah alat perekam suara. Alat ini akan membuat seseorang bisa merekam semua suara dan memutarnya kembali di lain waktu. Tanpa penemuan ini, orang-orang sekarang tidak akan mampu merekam music, tidak bakal ada smartphone, atau pemutar lagu online seperti Joox.
  • Menemukan generasi awal kamera film. Sekitar tahun 1893, Edison menjadi yang pertama sebagai pembuat studio film yang kemudian di beri nama Black Maria. Banyak jenis film-film pendek diproduksi disini.                 

4. Lampu Pijar Hasil Karya Paling Fenomenal Thomas Alva Edison

Sekitar Tahun 1878, ia mulai memikirkan untuk mengembangkan sistem penerangan menggunakan tenaga listrik.

Ia mulai jengah dengan penerangan tradisional yang masih menggunakan minyak tanah maupun gas sebagai bahan bakarnya.

Untuk memfokuskan penelitiannya, ia lebih memilih lampu pijar sebagai perhatian utamanya.

Sebelumnya sudah banyak penemu lain lampu pijar sebut saja Alessandro Volta. Henru Woodwarh, serta Mathew Rvans.

Namun Edison menganggap hasil karya mereka masih punya kekurangan terutama terkait biaya untuk memproduksinya yang masih mahal.

Lampu pijar karya penemu lain juga dianggap punya ketahanan yang sebentar.

Tahun 1879 ia mulai mengembangkan lampu pijar dengan bahan filamen yang ternyata bisa bertahan hingga 13,5 jam.

Tidak sampai disitu, dia masih tetap mengembangkannya hingga akhirnya mendapat hak paten lampu pijar karyanya pada tahun yang sama.

Bahkan akhirnya dia pun menemukan bahan lain untuk lampunya.  

Bahan karbon  yang ternyata bisa bertahan lebih lama yaitu 1.200 jam.

Sampai tahun 1880 an ia berhasil mendirikan perusahaan yang mampu mendistribusikan listrik untuk menyinari kota.

Tahun 1881 Edison juga berhasil mendirikan beberapa fasilitas kebutuhan penerangan kota.

Diantaranya gardu-gardu listrik yang menyediakan 110 volt listrik untuk 59 pelanggan di Manhattan.

5. Bisnis Yang Dibangun Thomas Alva Edison

Selain fokus untuk melakukan penelitian serta mengembangkan proyek kelistrikannya, Edison juga mulai berbisnis.

Ada beberapa bisnis yang dirintisnya meskipun ada yang berhasil atau pun mengalami kegagalan. Berikut apa saja bisnis yang dikembangkannya

  • Tahun 1887 berhasil membangun pusat penelitian industri di West Orange, New Jersey. Di sana dirinya fokus untuk meneliti penemuan mesin perekam serta sistem gambar gerak atau film yang berhasil diciptakannya.
  • Tahun 1890 Edison mampu mendirikan pabrik yang berfokus pada pengolahan bijih besi. Tepatnya di daerah New Jersey utara. Namun sayangnya bisnis ini terbukti gagal berkembang.
  • Tahun 1912, ia bersama temannya Henry Ford bekerja sama untuk mengembangkan industri mobil. Peran Edison yaitu menemukan baterei untuk starter mobil model T. Sistem starter ini bahkan dipakai dalam industri mobil selama beberapa decade.

6. Kematian Thomas Alva Edison

Image: Pixabay

Selama berkarir sebagai ilmuan, Edison memang tidak hentinya menorehkan prestasi.

Namun sayang, sekitar tahun 1931, ilmuan berbakat ini harus berhenti menciptakan karyanya yang gemilang.

Tepat pada tanggal 18 Oktober 131 Edison dinyatakan meninggal dunia.

Saat itu usianya sudah menginjak 84 tahun. Diduga, kematiannya karena suatu penyakit yang sudah dideritanya sejak lama.

Ia diketahui mengidap diabetes. Penyakit ini juga sekaligus merenggut nyawanya.

Saat itu, Edison meninggal dunia di rumahnya yaitu daerah Glenmont, Liewellyn Park, Wwest Orange.

Seluruh dunia turut merasakan kehilangan karena Edison memang tergolong sosok ilmuan cerdas yang bisa dijadikan panutan.

Kematiannya meninggalkan banyak sekali ilmu yang berguna untuk masa depan.

Bahkan tepat saat hari kematiannya, Edison juga mendapatkan penghormatan terakhir yang cukup menyentuh.

Semua komunitas serta perusahaan di seluruh dunia melakukan aksi mematikan lampu sekaligus listriknya.

Langkah tersebut semata-mata sebagai bentuk duka cita pada tokoh ilmuan yang berbakat di jaman tersebut.

Itulah sekilas tentang biografi tokoh dunia yaitu Thomas Alva Edison.

Bagi generasi sekarang mungkin penemuan ilmuan tersebut bisa jadi sangat berarti. Ketekunan serta kerja kerasnya juga sebaiknya dijadikan teladan oleh generasi saat ini.

Header Image: liveinternet.ru via idntimes.com

Continue Reading

TOP STORIES