Connect with us

Education

Cara Mendapatkan Beasiswa Bidikmisi Paling Mudah dan Ampuh

Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kemenristek Dikti saban tahun kerap mengeluarkan program beasiswa Bidikmisi. Program ini adalah program yang bisa digunakan untuk siswa yang baru lulus SMA agar melanjutkan ke perguruan tinggi. Lalu bagaimana cara mendapatkan beasiswa Bidikmisi?

Cara Mendapatkan Beasiswa Bidikmisi

Persyaratan untuk mendapatkan beasiswa Bidikmisi sebenarnya tidak terlalu sulit. Biasanya setiap kali dibuka, pemerintah secara formal juga mengumumkan prasayaratannya. Namun cara-cara berikut juga perlu diperhatikan mana kala mengajukan beasiswa Bidikmisi.

1. Penuhi Kriteria

Bagi siswa yang ingin mengajukan beasiswa Bidikmisi ini harus memenuhi kriteria. Cukup dua saja kriteria untuk mendapatkan beasiswa Bidikmisi, yaitu kurang mampu dan berprestasi. Ketika mendaftar, calon penerima beasiswa Bidikmisi diharuskan untuk mengisi ke borang di website yang telah disediakan. Isi data diri dengan lengkap termasuk kondisi perekonomian keluarga dan prestasi yang pernah diraih.

Tapi perlu diingat, mengisi borang tersebut harus jujur. Maksudnya tidak memanipulasi data, karena tak sedikit juga terkadang ada yang coba untuk mengelabui dengan memasukkan data palsu.

Misalnya, ketika diminta mengungga foto rumah, ada seorang pendaftar yang mengunggah foto bukan rumahnya sendiri. Ada pula yang mengunggah foto rumah dengan sudut yang paling tidak bagus.

Seperti difoto bagian depannya saja, bagian belakangannya, atau cukup bagian tengahnya.  Begitupun saat diminta untuk mengupload prestasi. Boleh jadi piagam penghargaan yang dimasukkan bukan miliknya sendiri.

Kasus-kasus seperti itu memang cukup sering terjadi. Maka untuk menginput data, diperlukan kejujuran. Selain itu, beasiswa ini hanya bisa di-apply untuk siswa yang terdaftar dalam sekolah yang direkomendasikan.

2. Cari Tahu Standar Nilai Kampus atau Sekolah

Mengetahui standar nilai dari masing-masing kampus bisa memperbesar peluang untuk mendapatkan beasiswa Bidikmisi. Alasannya tentu saja karena masing-masing kampus atau universitas mempunyai standar nilai masing-masing.

Cari tahu terlebih dahulu standar kampus yang ingin disasar untuk program Bidikmisi. Setelah mengetahuinya, para pelamar beasiswa Bidikmisi bisa langsung mengkonsultasikan ke pihak tata usaha.

Selain mencari tahu standar nilai dari kampus, perlu juga mengetahui standar nilai dari masing-masing sekolah. Agar nanti calon penerima beasiswa Bidikmisi bisa memperkirakan peluang diterimanya. Kalau semuanya sudah tinggal daftar saja sesuai prosedur.

3. Up To Date

Perkembangan informasi hari ini sangatlah cepat. Segala informasi apa pun, termasuk juga beasiswa Bidikmisi bisa kelewat begitu saja kalau tidak up to date. Up to date ini bisa menjadi kunci utama untuk mendapatkan beasiswa Bidikmisi.

Cari tahu informasi program Bidikmisi di internet. Sebab biasanya beasiswa yang satu ini bakal tersebar di media sosial, seperti Facebook, Twitter, ataupun Instagram. Maka mutlak hukumnya bagi sesiapa yang hendak mendaftar Bidikmisi update informasi.

4. Pilih Jalur Masuk, Universitas dan Jurusan yang Tepat

Banyak calon mahasiswa gagal mendapatkan beasiswa Bidikmisi karena tidak tahu caranya. Padahal cara mendapatkan beasiswa Bidikmisi ini terbilang cukup mudah. Butuh strategi yang pas dan cocok agar tak meleset.

Beberapa calon mahasiswa yang ngotot mengajukan beasiswa Bidikmisi kadang merupakan tips yang satu ini. Hingga pada akhirnya terjerembab dan gagal bersaing. Cobalah untuk memperhitungkan jalur masuk, universitas, dan jurusan yang tepat.

Bisa dengan mengikuti jalur SNMPTN dulu, baru kalau tidak lolos pilih jalur SBMPTN. Baru jika belum lolos juga, ambil jalur mandiri. Selain SNMPTN dan SBMPTN, bagi yang ingin mendaftar ke Perguruan Tinggi Islam, bisa mendaftarkan diri ke jalur SPAN-PTKIN atau UM-PTKIN.

Jika sudah memilih jalur yang dirasa tepat, jangan lupa juga untuk memilih universitas yang sesuai. Maksudnya tepat dengan kemampuan para calon mahasiswa. Jadi nanti dapat memperkirakan peluang masuk dan persaingan. Begitu pula dengan jurusan.

5. Siapkan Berkas

Agar terdaftar sebagai calon penerima beasiswa Bidikmisi, berkas jangan sampai dilupakan. Siapkan berkas sedini mungkin demi mengantisipasi kuota penuh atau hal lain.

Berkas yang dibutuhkan untuk mendaftar beasiswa Bidikmisi secara umum adalah tagihan listik, tagihan air, tagihan pajak, sertifikat rumah, kartu keluarga, surat keterangan tidak mampu, foto keluarga, foto rumah, dan tentu saja rapor. Berkas tersebut kemudian dikumpulkan jadi satu. Sehingga sewaktu mendaftar dan dibutuhkan mudah untuk dicari.

6. Rajin Belajar

Persyaratan supaya mendapatkan beasiswa Bidikmisi itu ada dua, kurang mampu dan berprestasi. Jika kurang mampu saja tidak cukup, harus memiliki prestasi juga. Baru bisa untuk mendaftar.

Prestasi ini bisa diraih dengan cara rajin belajar. Siswa yang rajin belajar tentu saja prestasinya lama-lama akan meroket. Nilai rata-rata di rapor juga akan bikin hati senang bukan main.

Kalau rata-rata nilai bagus, kemungkinan untuk diterima beasiswa Bidikmisi terbuka lebar. Maka rajinlah belajar dan jangan sampai bosan. Karena belajar adalah cara mendapatkan beasiswa Bidikmisi yang cukup ampuh.

7. Bangun Komunikasi dan Jaringan

Memperlebar jaringan itu sangat perlu untuk mempermudah mendapat info beasiswa Bidikmisi. Karena info itu bukan cuma yang tersebar di internet. Kakak kelas, guru, TU, dan bahkan kepala sekolah juga tak jarang mendapat informasi itu.

Mungkin untuk membangun komunikasi dengan kepala sekolah ribet, bisa mulai bertanya dengan kakak kelas. Pengalamannya bisa menjadi pelajaran, misalnya pengalaman dalam mendaftar beasiswa Bidikmisi.

Selain langkah-langkah di atas ada cara mendapatkan beasiswa Bidikmisi lainnya yang tak boleh dilupakan. Ya, mintalah restu dan doa orang tua. Karena doa dan restu ibu-ayah bisa jadi mujarab, disamping tentu saja berdoa kepada Tuhan.

Education

Aneka Rempah Pembersih Pembuluh Darah yang Wajib Diketahui

Banyak orang lalai terhadap masalah ini, padahal sebenarnya merawatnya terbilang mudah, yakni dengan memanfaatkan rempah pembersih pembuluh darah, seperti:

Pembuluh merupakan elemen penting dalam sistem peredaran darah di dalam tubuh manusia yang harus terjaga kebersihan dan kesehatannya. Lantaran, apabila ada gangguan seperti pembekuan bisa berakibat penyakit seperti jantung ataupun stroke. Banyak orang lalai terhadap masalah ini, padahal sebenarnya merawatnya terbilang mudah, yakni dengan memanfaatkan rempah pembersih pembuluh darah, seperti: 

1. Kunyit 

Jenis pertama rempah pembersih pembuluh darah yang wajib untuk diketahui adalah kunyit. Tentu masyarakat Indonesia sudah tidak asing lagi dengan pemanfaatan bumbu dapur yang satu ini. Karena selain sebagai bahan pewarna kuning alami pada makanan, kunyit juga digunakan sebagai bumbu dalam berbagai masakan tradisional seperti soto, nasi kuning, dan sebagainya. 

Ternyata, bumbu ini kaya akan kandungan kurkumin yang berperan penting dalam optimasi peran endotelium. Yakni lapisan pembuluh darah yang melakukan pengaturan tekanan, pembekuan, serta tugas aliran darah lainnya. Seorang yang memiliki endotelium sehat lebih kecil resikonya untuk terkena penyakit jantung sebagai akibat lancarnya sistem perputaran darah yang ada pada tubuhnya. 

2. Kopi 

Bahan kedua yang juga masuk dalam daftar rempah pembersih pembuluh darah yang sangat ampuh adalah kopi, yang banyak dibudidayakan di Indonesia. Usut punya usut, ternyata rempah yang dimanfaatkan sebagai olahan minuman ini memiliki banyak senyawa antioksidan yang bermanfaat bagi tubuh. Salah satunya menjaga kesehatan organ seperti jantung dan pembuluh darahnya. 

Meski kaya akan manfaat, konsumsi kopi ini sebaiknya dibatasi, maksimal sebanyak dua cangkir saja setiap harinya. Sebab, bila masuk ke dalam tubuh secara berlebih, dapat mengakibatkan penyakit hipertensi. Selain itu, baiknya juga menghindari konsumsi kopi dengan penambahan gula berlebihan karena dapat memicu penyakit yang berkaitan dengan kadar gula atau diabetes. 

3. Bawang Putih 

Memasak sayuran tanpa menggunakan bumbu bawang putih barangkali akan menjadikan masakan terasa kurang sedap. Karena, cita rasa dan aroma khas dari bawang putih tidak dapat digantikan dengan jenis rempah yang lain. Sebut saja misalnya aneka tumis sayuran, lodeh, beragam jenis sambal, bumbu kerupuk, nasi goreng, ataupun masakan nusantara yang lainnya. 

Istimewanya lagi, selain berbagai kegunaan yang meningkatkan minat untuk mengonsumsi makanan, ternyata ada manfaat penting yang jarang dipahami. Yaitu seputar kandungan senyawa belerang yang di dalamnya terdapat zat allicin. Berkat kandungan baik ini, tekanan darah pada tubuh akan turun menjadi stabil sehingga bisa untuk mencegah atau mengobati adanya penyakit TDT.

4. Bawang Bombay 

Memang, bumbu dapur berbentuk bulat dan besar yang satu ini jarang dipergunakan pada jenis masakan tradisional di tanah air. Namun demikian, masyarakat sudah sangat akrab dengannya dan mudah untuk mendapatkannya baik di pasar tradisional maupun modern. Terutama ketika masyarakat ingin membuat hidangan tertentu dengan jenis chinese food atau western food. 

Soal aroma, memang tidak sekuat jenis bawang yang lain, namun soal khasiat rempah ini tidak kalah istimewa. Pasalnya, menurut penelitian yang dilakukan para ahli, bawang bombay banyak memiliki kalium. Senyawa ini sangat diperlukan oleh tubuh manusia, khususnya dalam menormalkan tekanan darah yang dapat digunakan untuk pencegahan penyakit berat seperti gangguan jantung. 

5. Kayu Manis 

Selanjutnya yang tidak kalah istimewa adalah rempah bernama kayu manis. Bagian yang dimanfaatkan dari rempah ini adalah bagian kulit yang dikeringkan. Biasanya oleh masyarakat di tanah air, digunakan untuk penyedap rasa maupun olahan wedang herba laiknya uwuh maupun sechang yang terkenal di mana-mana, untuk menambah kehangatan saat musim hujan melanda. 

Uniknya, di balik rasanya yang khas, rempah ini kaya akan zat-zat bermanfaat. Semisal kandungan kumarin yang memiliki guna untuk mencegah terjadinya penyempitan pada pembuluh. Akibatnya, aliran darah terjaga kelancarannya sehingga resiko gangguan seperti penyumbatan kotoran maupun penggumpalan dapat dihindari. Selain itu, juga menstabilkan tingkat gula darah agar tetap normal. 

6. Jahe 

Terakhir, yang juga termasuk dalam daftar rempah pembersih pembuluh darah yang wajib untuk diketahui adalah Jahe. Masyarakat di tanah air, biasa memanfaatkan rempah ini untuk memberikan kesan hangat setelah mengkonsumsinya. Baik ketika dipakai dalam bumbu masakan tradisional seperti tumis kangkung, maupun saat dijadikan sebagai wedang jahe, STMJ dan ronde. 

Tapi, meski banyak dikonsumsi ternyata masih banyak orang yang belum tahu bahwa rempah ini banyak mengandung gingerol. Yakni sebuah senyawa baik yang memiliki karakteristik antikoagulan dengan peran mencegah penggumpalan dalam pembuluh darah. Sehingga, adanya zat ini dalam tubuh dapat menghindarkan diri dari resiko penyakit jantung hingga stroke yang datang tiba-tiba. 

Nah, demikianlah tadi sejumlah daftar rempah pembersih pembuluh darah yang seyogyanya  diketahui dari sekarang. Terutama, setelah melihat manfaatnya dalam mencegah berbagai macam penyakit yang berkaitan dengan aliran darah. Jadi, ke depan tidak hanya memanfaatkan kelezatannya sebagai penambah cita rasa masakan saja, tapi juga mengoptimasi kemanfaatan dari senyawa penting di dalamnya. 

Continue Reading

Education

Daftar Beasiswa S2 Jepang yang Menarik Dicoba

Beasiswa s2 Jepang

Kendala biaya, kini bukan lagi menjadi hal utama bagi orang yang ingin melanjutkan pendidikan S2, khususnya di negeri sakura. Pasalnya, ada banyak lembaga yang menyediakan peluang beasiswa S2 Jepang dengan berbagai macam fasilitas yang sangat menggiurkan. Laiknya beberapa lembaga rujukan pemburu beasiswa dari tanah air, yang disebutkan di bawah ini: 

1. Monbukagakusho 

Rekomendasi beasiswa S2 Jepang pertama yang sangat direkomendasikan adalah Monbukagakusho atau yang dikenal juga dengan nama MEXT. Ini merupakan beasiswa resmi yang disediakan oleh pemerintah negara Jepang melalui lembaga kementeriannya. Sebagai bukti komitmen Jepang dalam mendukung kemajuan sumber daya manusia yang ada di seluruh dunia melalui program pendidikan yang disediakan. 

Syaratnya, harus lolos uji primary dan secondary screening baik oleh kedutaan maupun oleh pihak universitas. Bila berhasil, maka calon mahasiswa akan mendapatkan beragam fasilitas yang sangat menarik. Mulai dari beasiswa pendidikan penuh, tunjangan hidup bulanan, akomodasi pesawat pulang pergi, pengurusan visa tanpa bayar sepeser pun, sampai kebebasan dari ikatan kedinasan. 

2. Meiji 

Universitas Meiji yang ada di Jepang, dikenal loyal bagi para calon mahasiswa asal Asia Tenggara. Hal ini dibuktikan dengan pemberian beasiswa khusus pada warga negara Asean, termasuk Indonesia di setiap tahunnya. Meliputi beasiswa pendidikan penuh, bantuan tunjangan hidup senilai kurang lebih 10.000 Yen, serta akomodasi pesawat terbang ke Jepang pulang pergi. 

Syarat utama yang diberikan oleh pihak universitas Meiji pun tidak muluk-muluk, hanya terdiri dari tiga komponen utama. Yakni lolos dari serangkaian tes seleksi penerimaan mahasiswa yang diselenggarakan universitas dan tidak sedang menerima beasiswa dari lembaga serupa. Selainnya, penerima beasiswa juga harus setuju bergabung dengan jaringan mahasiswa internasional Meiji yang ada. 

3. Honjo Internasional 

Berikutnya yang ketiga ada beasiswa Honjo Internasional yang banyak diperebutkan oleh mahasiswa sejak jaman dulu. Lantaran, beasiswa ini dinilai sebagai salah satu yang memiliki prestise lebih apabila berhasil mendapatkannya. Bukan hanya dalam hal raihan sejumlah fasilitas unggulan, tapi juga berkaitan dengan perwujudan misi lembaga dalam pembangunan masyarakat di ranah global. 

Setidaknya, hal tersebut dapat dilihat dari dua jenis keuntungan yang didapatkan oleh mahasiswa penerima beasiswa. Pertama keuntungan berupa tunjangan beasiswa pendidikan yang dibayarkan setiap bulan sampai berakhirnya masa pendidikan. Selain itu, juga masih terdapat dana hibah yang dipergunakan untuk keperluan menghadiri sejumlah konferensi di lingkup internasional yang memberi banyak pengalaman. 

4. ADB JSP 

Apabila ditinjau dari segi usia penyelenggaraan, jenis beasiswa S2 Jepang ini masih terbilang baru. Namun demikian, beasiswa ini menyedot banyak animo calon penerima beasiswa khususnya yang datang dari tanah air. Lantaran, kuota yang disediakan cukup banyak, dan terbagi dalam berbagai studi keilmuan laiknya Pertanian, Manajemen SDA, maupun jurusan penting lainnya. 

Animo yang besar tersebut pun semakin bertambah setelah menyimak beragam fasilitas yang disediakan ADB JSP. Yakni meliputi tunjangan biaya hidup dan akademik yang akan diberikan pada mahasiswa di setiap bulannya. Serta masih ada fasilitas lain berupa beasiswa studi penuh, jaminan asuransi kesehatan serta bantuan transportasi selama belajar di negara Jepang. 

5. Aichi 

Bisa dikatakan, bahwa jenis beasiswa S2 Jepang yang kelima ini bersifat khusus. Yaitu pertama dari segi penyelenggara yakni prefektur Aichi, kedua dari segi jurusan yang berfokus pada bidang ilmu Manufaktur. Di samping itu, menyoal kuota pun terbatas 5 orang setiap tahunnya untuk mengisi posisi di empat Universitas pilihan yang telah disediakan. 

Walaupun demikian, nyatanya peminat dari beasiswa ini setiap tahunnya pun tidak sedikit. Lantaran, sejumlah fasilitas yang disediakan pun sangat menggiurkan bagi para pelamar. Dimulai dari biaya seleksi, bantuan akademik hingga melakukan riset, tunjangan kehidupan selama berada di Jepang dengan nominal 18 jutaan rupiah, sampai akomodasi pulang pergi Jepang via pesawat terbang. 

6. Ajinomoto 

Terakhir, namun cukup diperhitungkan bagi para pemburu beasiswa S2 Jepang yang ada di tanah air adalah Ajinomoto. Perusahaan yang akrab di telinga masyarakat Indonesia dengan produk penyedap rasanya ini ternyata memberi peluang besar bagi civitas akademika. Khususnya, yang menaruh minat untuk menyelesaikan pendidikan Master Research Graduate dan Master Course Graduate. 

Biasanya, beasiswa ini akan dibuka pada bulan Maret di setiap tahunnya. Memperebutkan sejumlah beasiswa istimewa yakni biaya pendidikan penuh dan tunjangan hidup senilai 150.000 Yen untuk MRG dan 180.000 Yen bagi mahasiswa MCGS. Nominal yang sangat besar tersebut belum termasuk dengan tiket pesawat terbang gratis pulang pergi dari negara asal ke Jepang. 

Nah, demikianlah tadi sejumlah informasi menarik dan penting terkait beasiswa S2 Jepang 2021, dari berbagai lembaga yang wajib diketahui. Bagaimana? Tidakkah tertarik untuk mencoba peluang pada berbagai lembaga penyedia beasiswa yang disebutkan di atas? Pastinya, siapkan terlebih dahulu berbagai hal yang diperlukan untuk mengikuti seleksinya, agar besar kemungkinan untuk dapat diterima!

Continue Reading

Education

Inilah Prospek Kerja Teknik Mesin dan Gaji yang Menggiurkan Wajib Diketahui

Prospek Kerja Teknik Mesin dan Gaji

Melanjutkan studi ke perguruan tinggi merupakan impian banyak orang, apalagi mengingat berbagai prodi yang sediakan ini bisa berpeluang bagus untuk karir di masa depan. Salah satunya adalah bisa dilihat dari prospek kerja Teknik mesin dan gaji yang cukup dibilang menggiurkan. Bahkan pada beberapa kampus pun, jurusan ini begitu difavoritkan serta memiliki persaingan cukup tinggi.

Tentunya gaji yang menggiurkan ini menjadi daya tariknya tersendiri dibandingkan pada prospek kerja jurusan lainnya. Apabila berminat untuk terjun dalam bidang teknik mesin, maka hal berikut wajib disimak.

Mengenal Tentang Prodi Teknik Mesin

Sektor keilmuan satu ini pada umumnya mempelajari mengenai prinsip dasar fisika, yaitu seperti pada analisis, manufaktur, desain hingga pemeliharaan sistem mekanik. Bahkan pada abad ke-18, keilmuan ini telah berkembang secara cepat dan terfokus pada mekanika, kinematika, teknik material dan juga energi.

Pada prodi teknik mesin sendiri pada umumnya akan mempelajari beberapa hal meliputi bekal dasar untuk merancang, menggunakan hingga mengelola mesin sesuai sistemnya. Dengan begitu, kriteria calon mahasiswa yang ingin mendaftarkan diri pun haruslah mengerti dasar matematika maupun fisika agar proses pembelajaran berjalan dengan baik.

Kepopuleran prodi satu ini juga tidak terlepas dari  prospek kerja teknik mesin dan gajinya yang terbilang menggiurkan. Untuk mendapatkan informasi lengkapnya, maka ulasan berikut bisa menjadi bahan pertimangan terbaik.

Prospek Kerja Teknik Mesin dan Gaji

Setelah mengenal lebih dekat mengenai jurusan satu ini, tentu ada baiknya pula mengerti bagaimana prospek kerja Teknik mesin beserta gaji yang ditawarkannya. Berikut inilah penjelasannya, yaitu antara lain:

1. Insinyur Pengelasan

Istilah insinyur di bidang pengelasan atau welding engineer ini memang cukup populer di kalangan anak teknik mesin. Hal ini mengingat pekerjaannya yang begitu ekstrim namun gajinya cukup sepadan dengan apa yang dikerjakan. Untuk mendapatkan pekerjaan satu ini, maka keharusan untuk mengikuti pelatihan haruslah diutamakan agar mendapatkan sertifikasi secara legal.

2. Bidang Perminyakan

Prospek kerja teknik mesin dan gaji yang menggiurkan juga bisa didapatkan dari pekerjaan di bidang perminyakan. Apalagi jika lulusan sudah berpengalaman serta ahli di bidangnya, maka peluang kerja pun juga cukup bagus. Seorang insinyur pada sektor ini sangat dibutuhkan, terutama pada berbagai perusahaan bonafit yang tersebar di seluruh dunia.

3. Pengusaha

Selain di bidang perminyakan, prospek kerja teknik mesin menjanjikan bisa didapatkan dengan cara berwirausaha. Terdapat banyak pengusaha yang sukses karena memilih untuk berkarir di bidang ini, yaitu dengan berjualan produk-produk teknik maupun onderdil kendaraan. Jadi, tertarik untuk menggeluti bidang satu ini?

4. Developer

Menjadi seorang lulusan teknik mesin juga memungkinkan untuk menjadi seorang developer di perusahaan bergengsi loh. Misalnya saja pada berbagai produk seperti mobil tenaga listrik, robot pembersih, hingga produk lainnya. Keahlian serta ketelatenan seorang insinyur pun tentunya cukup dibutuhkan dalam hal ini.

5. Bengkel

Meskipun banyak orang yang mencemooh pekerjaan satu ini, namun ternyata keahlian di bidang mesin bisa mendatangkan keuntungan menjanjikan loh. Apalagi mengingat bagaimana susahnya orang awam memperbaiki mobil, tentunya hal ini bisa menjadi lahan bisnis. Lulusan teknik mesin pun tidak perlu menjadi montir, namun hanya perlu bekerja di balik meja dan melatih pegawai untuk memperbaikinya.

6. Instansi Pemerintah

Tidak hanya berurusan dengan bidang otomotif, namun lulusan teknik mesin juga dapat bergabung di instansi pemerintah. Salah satunya adalah berkarir menjadi seorang abdi negara di IPTN maupun BPPT sesuai keinginan. Gaji yang didapatkan pun bisa dibilang cukup menggiurkan, sehingga banyak orang mulai melirik pekerjaan di sektor satu ini.

7. Konsultan

Prospek kerja lainnya lulusan bidang teknik mesin adalah menjadi seorang konsultan. Dalam hal ini, tugas yang harus dilakukan adalah memecahkan segala permasalahan yang tidak dapat ditangani oleh karyawan pada perusahaan tersebut. Dengan begitu, peran konsultan sangat penting dan tak heran gaji yang ditawarkan pun sangat menarik. Tertarik untuk mencobanya?

8. Bagian Produksi Industri

Sebagian industri sudah mulai memanfaatkan mesin yang canggih agar proses produksi jadi lebih cepat, otomatis serta terkontrol. Sehingga, peran lulusan bidang teknik mesin disini begitu dibutuhkan dalam mengawasi prosesnya serta berbagai hal terkait.

9. Sales

Siapa bilang pekerjaan menjadi sales hanya bisa dilakukan oleh lulusan marketing saja. Pasalnya, kini peluang kerja bagus akan terbuka lebar bagi lulusan teknik mesin. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya produk-produk di bidang teknik yang kini mulai banyak beredar di pasaran. Jadi, para sales pun dapat menjabarkan mengenai fungsi ataupun hal lainnya dari alat tersebut dengan cukup mumpuni.

Nah itulah informasi tentang prospek kerja Teknik mesin dan gaji menjanjikan yang ditawarkannya. Sehingga apabila memiliki keahlian serta pengalaman kerja sesuai, tentu bisa menjadi peluang terbaik dalam mendapatkan masa depan yang cerah. Namun pastikan bahwa jurusan dari kampus yang dipilih telah terakreditasi baik. Jadi, apakah tertarik untuk melanjutkan studi dan mempelajari jurusan satu ini?

Continue Reading

TOP STORIES