Connect with us

Tech

Cara Atasi Laptop Lemot Dengan Mudah Dan Gampang

Di era digital sekarang ini, semua orang pasti membutuhkan yang namanya gadget. Salah satu gadget yang sering dipakai selain smartphone adalah laptop. Sama seperti gadget lainnya, adakalanya laptop akan mengalami yang namanya lemot. Kalau sudah begini siapa yang tidak akan emosi? Untuk itu artikel kali ini akan membeberkan cara atasi laptop lemot dengan mudah dan gampang.

Cara Atasi Laptop Lemot

1. Menghapus Sebagian File Di Harddisk

Masalah klasik yang menyebabkan laptop lemot adalah harddisk yang dipenuhi dengan file-file yang menumpuk. File-file yang bertumpuk terlalu lama didalam harddisk ini akan memenuhi kapasitas penyimpanan sehingga membuat performa laptop lama kelamaan menjadi menurun.

Untuk mengatasi hal ini, pengguna perlu menghapus file-file yang sekiranya sudah tidak diperlukan lagi. Dengan hilangnya file-file ini, laptop akan lebih bernafas lega. Jika sekiranya file-file tersebut terlalu penting untuk dihapus, cukup backup file ke aplikasi Microsoft Onedrive.

2. Memperbaharui Sistem Operasi dan Aplikasi

Cara atasi lemot pada laptop yang selanjutnya adalah dengan memperbarui sistem operasi dan aplikasi yang ada pada laptop. Banyak dari pengguna laptop terlalu malas untuk mengupdate sistem operasi pada laptop mereka. Padahal hal ini merupakan hal yang sangat wajib dilakukan.

Meski kadang update ini sedikit memakan ruang, namun manfaatnya sangat besar dan berpengaruh terhadap performa laptop. Sistem yang up-to-date menjadikan laptop memiliki performa yang lebih cepat. Selain itu update juga berguna untuk mengurangi potensi virus.

3. Uninstall Anti Virus dan Aplikasi Tak Penting

Aplikasi antivirus memang diklaim akan melindungi laptop dari virus. Namun kebanyakan aplikasi anti virus malah harddisk laptop. Lantas bagaimana solusinya? Pengguna bisa menggunakan Windows Defender yang merupakan antivirus bawaan Windows yang tak kalah canggih.

Selain antivirus, pengguna bisa meng uninstall aplikasi-aplikasi yang tak penting dan jarang digunakan. Windows juga membawa bloatware atau aplikasi bawaan pabrik yang pada kenyataannya jarang digunakan. Pengguna bisa menghapus bloatware yang sekiranya tak berguna.

4. Mengurangi Aplikasi Startup

Ketika pengguna menyalakan laptop biasanya akan ada beberapa aplikasi yang langsung berjalan secara otomatis di desktop. Aplikasi seperti ini tergolong kedalam aplikasi startup yang kadang menyebabkan booting pada Windows membutuhkan waktu yang cukup lama.

Untuk menonaktifkan aplikasi startup ini pengguna cukup pergi ke Setting >  Apps > Startup dan disini pengguna bisa melihat aplikasi mana saja yang akan berjalan secara otomatis. Cukup pilih aplikasi mana yang akan dinonaktifkan dan geser slide ke off.

5. Melakukan Defragment Hard Disk

Penggunaan laptop selama bertahun-tahun akan menyebabkan harddisk ter-fragmented atau lebih tepatnya file-file di harddisk tidak terorganisir dengan baik dan memakan banyak ruang. Defrag berguna untuk mengembalikan file ke sektor harddisk yang tepat.

Untuk melakukan defragment caranya cukup gampang. Cukup klik menu Start dan ketikkan Defragment and Optimize Drives di kolom pencarian. Klik Run as Administrator lalu Analyze file yang akan di defrag. Jika tingkat fragmentednya diatas 5 persen, maka wajib di defrag dengan cara mengklik menu Optimize.

6. Meningkatkan Kapasitas RAM

Random Access Memory RAM atau  adalah perangkat keras yang ada di dalam perangkat komputer atau laptop. Simpelnya, kegunaan utama RAM adalah sebagai tempat untuk menyimpan data saat suatu software sedang dijalankan.

Semakin besar kapasitas RAM yang ada pada laptop, maka performa laptop pun akan lebih terdorong. Di laptop terbaru yang sudah memakai Windows 10, kapasitas RAM 4 GB masih terasa berat untuk dijalankan. Untuk itu ada baiknya jika pengguna mengupgrade RAM menjadi 6 GB atau 8 GB.

7. Mengganti HDD

Harddisk adalah komponen vital yang ada pada laptop. Setiap laptop memiliki kapasitas HDD mulai dari yang terkecil hingga terbesar sesuai dengan kebutuhan. HDD atau Hard Disk Drive  adalah hardware untuk menyimpan data-data serta file pada laptop.

Ketika laptop dinyalakan maka harddisk yang ada di dalam laptop akan berputar dan  mulai memproses data. Dari tahun ke tahun ada masanya dimana harddisk ini sudah terlalu tua dan terlalu lambat untuk memproses data yang masuk. Untuk itu HDD ini perlu diganti dengan jenis yang lebih baru.

8. Menggunakan SSD

Jika memakai harddisk masih terlalu lemot maka pengguna bisa mencoba yang namanya SSD. Apa itu SSD? Solid State Drive atau SSD adalah hardware penyimpanan yang menggunakan sirkuit terpadu dan berbeda dengan Harddisk yang masih menggunakan piringan cakram.

Dengan microchip yang ada didalam SSD, membuat SSD jauh lebih cepat ketika menerima dan mengolah data yang masuk. Dengan begitu, kecepatan laptop akan meningkat secara drastis. Sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya, SSD memiliki harga yang jauh lebih mahal ketimbang HDD.

9. Menginstall Ulang Laptop

Cara atasi lemot pada laptop yang terakhir adalah dengan melakukan reset dan install ulang pada laptop. Dengan melakukan install ulang, maka laptop akan terlihat seperti baru dan performanya akan jauh lebih meningkat daripada sebelum di reset.

Sebelum melakukan install ulang ada baiknya cadangkan terlebih dahulu data-data penting yang terdapat di dalam laptop. Jika semua data sudah dicadangkan maka laptop siap untuk di reset dengan cara pergi Setting > Update and Security> Recovery dan pilih reset.

Nah, itulah tadi beberapa cara atasi laptop lemot yang bisa dicoba. Semoga dengan membaca artikel ini bisa menambah referensi dan membantu memulihkan keadaan laptop seperti sedia kala.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tech

Cara Menggunakan Google Classroom di Hp dengan Mudah

Cara Menggunakan Google Classroom di Hp

Pada saat ini model pembelajaran dilakukan secara online untuk menghindari hal yang tak diinginkan akibat dari Covid-19 jika berkerumun. Berbagai platform pendidikan digunakan untuk mendukung kegiatan belajar. Di sini akan dijelaskan cara menggunakan google classroom di Hp yang sebagai salah satu sarana untuk menunjang aktivitas peserta didik.

1. Masuk Aplikasi Google Classroom

Pada saat akan mengaksesnya bisa melalui situs http://classroom.google.com/ guna memasuki halaman utama dari aplikasinya. Tidak sulit untuk sampai pada halaman ini jika koneksi internet lancar dan tidak ada masalah dari perangkat yang dipakai. Pastikan semua alatnya dalam kondisi baik dan aman untuk belajar.

Apabila tiba-tiba mengalami kesulitan saat mengetik dan mengakibatkan ponsel lebih panas dan error. Gunakan aplikasi untuk mengubah suara menjadi teks yang rekomendasi aplikasinya bisa dilihat pada link https://www.gohitzz.com dan pastinya akan sangat membantu. Kecanggihan teknologi masa kini mempermudah segala urusan.

2. Pilih Get Started

Setelah berhasil memasuki classroom, tulis nama dan kata sandi untuk melihat segala aktivitas yang terjadi. Pada tahap ini pengguna diminta untuk mengisi email agar bisa bergabung pada tempat ini. Usahakan ingat email dan password yang dimiliki, agar segera memasuki lokasi yang dituju. Ikuti instruksinya dengan benar.

Apabila lupa dengan kata sandinya, bisa menanganinya sementara hingga memperoleh yang baru. Ketika sudah berhasil memasuki ruangan, siap-siap masuk tahap berikutnya yang mengatarkan pada kelas. Selama aktivitas yang dikerjakan, pastikan daya laptop terisi dan tidak mati mendadak. Hal ini untuk menghindari pengulangan hal-hal yang telah dilakukan.

3. Tekan Tanda Tambah (+)

Pada waktu semuanya berjalan lancar, hingga jendela awal aplikasi terbuka. Cari tombol yang berbentuk seperti tambah dan berfungsi untuk bergabung dalam kelas yang disediakan. Jangan sampai salah kelas, karena setiap ruang mempunyai perbedaan isi. Jika masih kesusahan menemukan tandanya, bisa dilihat sisi atas pojok kanan.

Terlihat tombol tambah, lalu tekan dan tunggu hingga keluar kotak dialog yang betuliskan “Join Class” terus diklik aja. Perintah seperti ini berlaku untuk peserta didik, bedanya dengan pendidiknya yaitu pilih “Create Class” saat masuk. Hal ini terlihat pada menu akses untuk melanjutkan cara menggunakan google classroom di Hp dengan terarah.

4. Masukkan Kode

Ketika sudah melewati beberapa tahapan yang ada, saat bergabung dengan kelasnya bisa memasukan kode yang ditunjukkan oleh guru. Periksa bahwa 7 digit yang dimasukkan itu benar sesuai catatan yang diberikan. Hal ini bertujuan agar tidak ada kekeliruan sampai tak bisa memasuki kelasnya.

Apabila sudah sesuai, bisa tekan gabung dan tunggu beberapa saat. Jangan akhiri proses yang belum selesai. Biarkan memuat data hingga ada halaman baru yang terbuka. Gunakan kesabaran saat menunggu, jangan terlalu terburu-buru. Cepat atau lambatnya laman terbuka itu akibat dari sinyal internet juga.

5. Gabung dalam Kelas

Saat sudah terbuka bisa lanjut untuk bergabung di sana. Banyak hal yang ditunjukkan, mulai dari materi sampai tugas yang diberikan. Semua itu tergantung pada pengajarnya juga karena yang mengisi gurunya. Banyak fitur menarik yang bisa memfasilitasi belajar menjadi lebih menyenangkan dan tidak banyak tanggungan. Ini adalah aplikasi gratis untuk pendidikan.

Itulah uraian dari cara menggunakan google classroom di Hp yang mudah untuk diikuti serta tidak memakan banyak waktu saat menjalankannya. Adanya interaksi antara guru dan murid tanpa ada biaya tambahan terhadap fasilitas yang digunakan menjadi nilai tambah aplikasi ini.

Continue Reading

Gadget

7 Tips Cermat Membeli Laptop Bekas Agar Tidak Kecewa

Laptop adalah alat yang kini tidak bisa lepas bagi masyarakat urban. Kehidupan perkotaan yang serba sibuk melibatkan teknologi yang satu ini begitu dibutuhkan. Mulai dari pekerja hingga anak sekolah membutuhkan laptop.

Cara membeli laptop yang benar adalah dengan menyesuaikan kebutuhan, seperti yang dikutip dari Portal Teknologi Tedas. Dengan begitu akan lebih mudah untuk menentukan spek serta harga yang dibutuhkan. Membeli laptop bekas pun jadi gagasan yang menghemat kantong.

Apakah kamu sudah tahu bagaimana cara untuk membeli laptop bekas yang kualitasnya masih bagus? Jangan sampai kecewa, apalagi bagi kamu yang kurang paham soal teknologi laptop. Ikuti tips berikut ini agar mendapatkan laptop yang tepat.

Tips Membeli Laptop yang Kualitasnya Masih Bagus

Kamu tidak bisa menuntut untuk mendapatkan laptop dengan kualitas sama seperti baru. Namanya saja laptop bekas tentu saja ada beberapa kelemahan di beberapa aspek. Namun setidaknya uang yang kamu keluarkan untuk membeli laptop sepadan dengan kualitasnya.

Membantu kamu menemukan laptop dengan harga sesuai, ikuti beberapa tips cermat berikut ini.

Memeriksa Fisik Laptop

Hindari untuk membeli laptop bekas secara online karena kamu tidak pernah bisa mengecek

 kondisi fisiknya secara langsung. Mengetahui kondisi fisik akan memperlihatkan bahwa laptop mendapat perawatan terbaik oleh pemilik sebelumnya.

Jika tampilannya mulus justru perlu dicurigai karena bisa saja tampilannya telah diganti. Sedikit cacat seperti baret tentu adalah hal lumrah karena pemakaian. Namun jangan sampai ada kerusakan parah seperti retak yang artinya laptop pernah jatuh sebelumnya.

Mengecek jangka waktu pemakaian

Pemakaian laptop yang tidak terlalu lama tentu menjadi pilihan yang bagus. Kamu bisa melihat dari nota pembelian terdahulu sehingga mengetahui berapa lama pemakaiannya. Usia sangat penting karena bisa jadi aspek menentukan kondisi hardware.

Paling tidak usia satu tahun adalah pilihan tepat atau kurang dari itu yang sedikit menjamin kualitasnya masih bagus. Karena jika laptop sudah digunakan lebih dari setahun pasti kinerjanya akan menurun.

Mengetahui dan cek speknya

Jangan pernah percaya kepada penjual mengenai spek yang mereka bicarakan. Meskipun kamu bukan orang ahli teknologi, kamu bisa mencoba untuk mengecek kualitas speknya sendiri. Ada banyak software yang bisa digunakan seperti dxdiag atau CPU-Z.

Mengecek spek sendiri sangat penting karena akan mempengaruhi kinerja ke depannya. Setidaknya kamu harus tahu seri prosesornya karena semakin menggunakan prosesor baru kualitasnya tentu lebih baik.

Melihat Garansi laptop

Garansi pabrikan yang diberikan bervariasi mulai dari satu tahun hingga 3 tahun tergantung merk dan juga harganya. Supaya kamu aman, akan lebih baik untuk membeli laptop dengan garansi 3 atau 2 tahun yang masih berlaku.

Oleh karena itulah sebaiknya kamu membeli laptop bekas yang penggunaannya maksimal satu tahun. Sehingga selama penggunaan sendiri nantinya garansi masih bisa digunakan apabila terjadi masalah pada laptop yang kamu beli.

Keyboard lengkap dan nyaman

Pada kondisi fisik laptop, cek juga soal keyboardnya. Harus lengkap dan masih berfungsi dengan baik. Tuts keyboard adalah bagian yang sangat penting dan kamu harus mencoba fungsinya satu per satu agar tahu kualitasnya.

Jika keyboard sulit dioperasikan bahkan fungsinya tidak berjalan baik maka cari laptop yang lain. Karena jika keyboard rusak kamu harus mengganti atau menambahkan keyboard eksternal.

Harga masih terasa wajar

Kamu harus riset terlebih dahulu harga pasaran dari sebuah laptop yang diinginkan. Baik harga baru dan juga harga second di beberapa tempat. Kamu perlu curiga jika laptop yang seharusnya berharga mahal dijual dengan sangat murah atau justru terlalu mahal.

Selain itu survey harga ini juga akan membantumu menemukan manakah laptop yang harganya sesuai kantong. Jika harga terpaut ratusan ribu masih wajar, tapi juga sudah satu juta lebih perlu dicurigai.

Baca Juga: Cara Merekam Layar PC dan Laptop, Sangat Mudah dan Simpel

Jangan lupa cek semua port

Tips terakhir adalah mencoba semua port yang tersedia, mulai dari charge, HDMI, USB headset dan lainnya. Fungsi pada bagian port ini harus bagus sehingga kamu tidak akan masalah jika ingin menggunakan aksesoris laptop lainnya.

Tapi jika untuk USB saja sudah ada masalah maka sebaiknya cari laptop bekas yang lainnya. Inilah pentingnya untuk melihat laptop secara langsung untuk cek fisik karena harganya sendiri tentu tidak murah. 

Continue Reading

Apps

6 Rekomendasi Aplikasi Rekam Video Call yang Bisa Digunakan Secara Gratis!

Di era modern seperti sekarang, berkomunikasi jarak jauh menjadi terasa lebih mudah dilakukan. Interaksi tatap muka tanpa bertemu seseorang cukup dengan menggunakan aplikasi yang mendukung video call, seperti Line atau Whatsapp. Namun, sayangnya aplikasi itu tidak bisa disimpan secara langsung karena tidak memiliki fitur untuk merekam. Tapi, jangan khawatir! Saat ini sudah banyak aplikasi rekam video call yang bisa digunakan secara gratis!

Biasanya sebagian orang melakukan video call di ponsel atau laptop yang menyediakan webcam. Dengan aplikasi rekam video call, para pengguna bisa menonton ulang percakapan yang telah dilakukan. Berikut 6 rekomendasi aplikasi rekam video call yang bisa digunakan secara gratis!

1. AZ Screen Recorder 

Pertama adalah AZ Screen Recorder. Aplikasi ini berfungsi merekam aktivitas di layar ponsel penggunanya secara gratis dan tanpa iklan yang mengganggu. Selain itu, aplikasi ini dilengkapi fitur seperti menjeda perekaman, tanpa watermark, dan fitur-fitur lainnya. Pengguna juga bisa menghitung waktu mundur, menambahkan logo, teks, atau memberi efek time lapse.

AZ Screen Recorder juga membebaskan penggunanya untuk mengatur sendiri resolusi video. Namun, semakin besar resolusinya, akan semakin bagus hasil video, dan sizenya semakin besar. Aplikasi ini sangat mudah untuk digunakan karena tidak perlu repot-repot melakukan root. Tidak hanya sebagai perekam video call, aplikasi ini bisa digunakan untuk merekam aktivitas layar lain, seperti bermain game, membuat tutorial, dan lain-lain.

2. Mobizen Screen Recorder

Mobizen Screen Recorder juga termasuk aplikasi rekam video call yang sangat mudah digunakan. Aplikasi ini masuk jajaran aplikasi perekam paling populer dan telah diinstal lebih dari 100 juta!

Kualitas video yang dihasilkan pun bagus. Terdapat pilihan antara 240p hingga 1080p.  Tidak hanya itu, Mobizen Screen Recorder juga menyediakan fitur untuk memotong video hasil rekaman yang dapat digunakan secara gratis! Uniknya, ada fitur FaceCam yang mampu merekam ekspresi wajah sekaligus layar si pengguna saat yang bersamaan.

Sama seperti AZ Screen Recorder, aplikasi ini bisa digunakan untuk keperluan selain merekam video call, seperti bermain game atau merekam video. Namun, tampilannya yang kurang simple akan membingungkan pengguna baru dan juga ukurannya yang lumayan besar.

3. DU Recorder

DU Recorder juga menjadi salah satu aplikasi yang digunakan pengguna ponsel. Tidak hanya menyediakan aplikasi perekam dengan kualitas video yang tinggi, DU Recorder juga menyediakan fitur streaming ke beberapa platform seperti YouTube dan Facebook.

Pengguna juga tidak perlu repot-repot mengunduh aplikasi pemotong video karena DU Recorder sudah dilengkapi dengan video editor. Sehingga para pengguna bisa mengedit video dengan cepat.

4. Record Video Call

Agak berbeda dengan aplikasi sebelumnya, aplikasi ini memang berfungsi sebagai perekam video call dari berbagai aplikasi. Cocok untuk para pengguna yang sering melakukan video call dengan berbagai kepentingan. Misal saja, WhatsApp, Skype, Facebook, dan aplikasi video call yang lain.

Aplikasi ini juga bisa merekam suara dengan jelas sehingga tidak merepotkan pengguna saat digunakan. Hanya saja, aplikasi ini tidak dapat memotong video secara langsung dan membutuhkan aplikasi video editor. Aplikasi ini juga bisa diunduh secara gratis dengan ukuran yang amat kecil, yaitu 4 MB.

5. Video Call Record

Sama seperti aplikasi nomor 4, aplikasi ini ditujukan untuk merekam video call dengan mudah. Cukup mengklik tombol start untuk merekam dan stop, maka video call sudah bisa direkam. Tampilannya yang sederhana pun memudahkan para pengguna baru. Video yang dihasilkan juga berkualitas tinggi sehingga tidak perlu khawatir resolusinya akan pecah atau buram.

Aplikasi ini juga dapat merekam video call dari berbagai aplikasi seperti WhatsApp, IMO, bahkan Google Duo. Memiliki ukuran install yang kecil hanya 5 MB saja tidak akan memberatkan ponsel. Namun, sama seperti Record Video Call, aplikasi ini tidak menyediakan fitur untuk memotong video secara langsung dan membutuhkan aplikasi tambahan.

6. Automatic Call Recorder

Aplikasi satu ini merupakan gabungan antara perekam layar sekaligus perekam video call. Aplikasi yang dikembangkan oleh Photo Corner ini sekilas sama seperti aplikasi sebelumnya. Tampilan yang sederhana sehingga para pengguna tidak akan kesulitan menggunakannya. Kualitas video yang dihasilkan juga HD.

Tidak seperti aplikasi nomor 4 dan 5 yang tidak dilengkapi fitur edit, Automatic Call Recorder telah menyediakan fitur untuk mengedit video. Walau tidak terlalu lengkap seperti DU Recorder atau Mobizen Recorder, fitur ini tetap cocok untuk mengedit video secara sederhana. Ukuran filenya juga tidak terlalu besar sehingga tetap cocok di ponsel-ponsel dengan penyimpanan kecil.

 Mengabadikan momen penting memang sangat diperlukan. Apalagi di masa digital saat ini tidak ada kesulitan untuk melakukan panggilan tatap muka via Zoom, WhatsApp, atau Skype. Nah, itulah 6 rekomendasi aplikasi rekam video call yang bisa digunakan secara gratis!

Continue Reading

TOP STORIES