Urutan Universitas Terbaik di Indonesia Tahun ini

Membahas tentang urutan universitas terbaik di Indonesia tentunya akan sangat membantu bagi kamu pelajar yang ingin meneruskan jenjang pendidikan. Pembahasan seperti ini bertujuan memudahkan dalam mencari pekerjaan di masa depan dan jangka panjang.

Terutama untuk pelajar yang akan lulus SMA, pasti saat ini sedang sibuk-sibuknya untuk mencari universitas atau Perguruan Tinggi Negeri (PTN) mana yang terbaik dengan membaca beberapa referensi universitas yang ada di Indonesia.

QS World University Rankings akhir-akhir ini sudah merilis data tentang urutan universitas terbaik di Indonesia. QS World University Rankings merupakan kegiatan publikasi rutinan yang dilakukan setiap tahun untuk menentukan peringkat universitas di dunia yang dilakukan oleh Quacquarelli Symonds (QS).

Pada tahun ini diketahui sudah terdapat sekitar 22 universitas di Indonesia yang berhasil masuk dalam daftar riset. Dibawah ini merupakan beberapa perguruan tinggi yang paling top dari urutan universitas terbaik di Indonesia tahun ini.

1. Universitas Indonesia

image: Fanspage Universitas Indonesia

Urutan universitas terbaik di Indonesia yang pertama adalah Universitas Indonesia (UI). Perguruan tinggi ini terletak di daerah perbatasan kota Depok dan juga Jakarta, akan tetapi banyak orang sering mengatakan Universitas Indonesia ini sebagai universitas di Jakarta.

Perguruan tinggi negeri yang berada di Jakarta ini didirikan pertama kali pada tahun 1849.

Kemudian Universitas Indonesia ini juga sempat merajai dunia perguruan tinggi di Indonesia, karena UI pernah beberapa kali mendapatkan peringkat pertama dari urutan universitas paling top di Indonesia seperti saat ini.

UI pada tahun 2019 ini masuk dalam peringkat 57 di Asia yang pada tahun lalu UI menduduki peringkat 54 di Asia.

2. Institut Teknologi Bandung

image: itb.ac.id

Kemudian untuk universitas yang kedua merupakan salah satu universitas yang berlokasi di daerah Jawa Barat. Biasanya orang-orang menyebut dengan ITB yang dimana nama itu merupakan kependekan dari Institut Teknologi Bandung.

Perguruan Tinggi Negeri di bandung ini unggul dalam bidang pengembangan teknik sains dan menjadi universitas terbaik di Indonesia.

Institut Teknologi Bandung ini berdiri sejak tahun 1959 dan mampu bersaing dengan universitas lainnya dengan mempertahankan kualitas sebagai PTN terbaik di Indonesia. Pada tahun 2019, ITB masuk dalam peringkat 73 di Asia yang pada tahun lalu menduduki peringkat 65 di Asia.

3. Universitas Gadjah Mada

image: aceh.tribunnews.com

Daftar urutan universitas terbaik di Indonesia selanjutnya adalah Universitas Gadjah Mada (UGM). Perguruan Tinggi Negeri ini terletak di provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta tepatnya di daerah Sleman yang dimana perguruan tinggi negeri ini sudah berdiri sejak tahun 1949.

Hampir sama dengan Universitas Indonesia, hanya saja UGM juga sering menempati posisi pertama untuk PTN terbaik di Indonesia. Pada tahun 2019 Universitas Gadjah Mada berhasil naik ranking dan masuk dalam peringkat 74 di Asia, yang pada tahun lalu UGM menduduki peringkat 85 di Asia.

4. Institut Pertanian Bogor

image: ipb.ac.id

Perguruan Tinggi Negeri Institut Pertanian Bogor (IPB) ini sama seperti Institut Teknologi Bandung karena terletak di daerah Jawa Barat.

Akan tetapi IPB terletak di daerah Kota Bogor dan Institut Pertanian Bogor ini lebih fokus dalam bidang pertanian meskipun terdapat banyak jurusan non-agraris disitu. IPB juga sering masuk sepuluh besar dalam urutan universitas terbaik di Indonesia seperti pada tahun ini.

Institut Pertanian Bogor pertama didirikan pada tahun 1963 di Bogor Jawa Barat tepatnya di awal bulan September. IPB saat ini masuk dalam peringkat 199 di Asia, yang pada tahun lalu sempat menduduki peringkat 171 di Asia.

5. Universitas Airlangga

image: idntimes.com

Urutan universitas terbaik di Indonesia selanjutnya adalah salah satu PTN yang tepatnya berada di Kota Surabaya, yaitu Universitas Airlangga (UNAIR).

UNAIR berhasil masuk dalam 10 besar peringkat perguruan tinggi terbaik di Indonesia pada tahun ini dan universitas ini telah dikenal banyak orang akan kredibilitas dan moralitas yang tinggi.

Universitas Airlangga pertama kali berdiri pada 10 November 1954. Pada saat ini UNAIR telah menduduki peringkat 199 di Asia, yang pada tahun lalu berada di posisi nomor 171 di Asia.

6. Universitas Padjajaran

image: Facebook Fanspage UNPAD

Perguruan Tinggi Negeri ini terletak di daerah Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Universitas Padjajaran (UNPAD) di tahun 2019 ini berhasil menempati posisi 10 besar di urutan universitas terbaik di Indonesia.

UNPAD pertama didirikan pada tahun 1957 yang sampai saat ini sudah memiliki sekitar 30.000 mahasiswa.

UNPAD memiliki program resmi untuk menawarkan kursus yang lebih mengarah pada gelar pendidikan tinggi. Program tersebut diantaranya adalah gelar pra-sarjana, gelar sarjana, magister, dan juga gelar doktor.

Universitas Padjajaran pada saat ini masuk dalam peringkat 225 di Asia, yang pada tahun lalu sempat menduduki peringkat 176 di Asia.

7. Institut Teknologi Sepuluh Nopember

image: its.ac.id

Selanjutnya untuk urutan universitas terbaik di Indonesia adalah Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Perguruan Tinggi Negeri ini berdiri sejak tanggal 10 November 1957 di daerah Surabaya, Jawa Timur.

ITS sendiri saat ini lebih fokus dalam pengembangan bidang teknologi dan juga bidang maritim di Indonesia. Institut Teknologi Sepuluh Nopember kini masuk dalam peringkat 229 di Asia, yang pada tahun lalu menduduki peringkat 232 di Asia.

Baca Juga: Rekomendasi Universitas Swasta Terbaik di Indonesia Tahun ini

8. Universitas Diponegoro

image: UNDIP Facebook Fanspage

Kini Semarang hadir dengan membawakan Perguruan Tinggi Negeri Semarang yang dimana tetap mampu bersaing dengan universitas di Indonesia bahkan dunia.

Kini, universitas di Jawa Tengah ini berhasil masuk ke dalam peringkat 10 besar di urutan universitas terbaik di Indonesia maupun di Jawa Tengah pada tahun ini. UNDIP didirikan pada tanggal 9 Januari 1957 di Semarang, Jawa Tengah.

Letak PTN ini sangat strategis dan UNDIP juga sudah memiliki pilihan konsentrasi atau jurusan yang bervariasi, sehingga PTN ini bisa menjadi salah satu rekomendasi tempat kuliah yang enak.

Universitas Diponegoro pada saat ini masuk dalam peringkat antara 271-280 di Asia, yang pada tahun lalu menduduki peringkat 240 di Asia.

9. Universitas Brawijaya

image: ub.ac.id

Kemudian untuk urutan universitas terbaik di Indonesia yang terakhir adalah Universitas Brawijaya (UB). Perguruan Negeri terbaik ini didirikan pada tahun 1963 di Kota Malang, Jawa Timur.

Pada tahun 2019, UB masuk dalam peringkat antara 271-280 di Asia, yang pada tahun lalu menempati posisi 291-300 di Asia.

Nah, diatas merupakan list urutan universitas terbaik di Indonesia terbaru tahun 2019 yang bisa menjadi rekomendasi bagi yang ingin berkuliah.

Dengan adanya pemeringkatan ini akan memudahkan calon mahasiswa untuk mencari kampus yang diinginkan dan dapat memunculkan rasa untuk berlomba-lomba guna dapat mengantarkan kelulusan menuju kesuksesan.

Header Image: Pixabay

Check Also

Beasiswa s2 Jepang

Daftar Beasiswa S2 Jepang yang Menarik Dicoba

Kendala biaya, kini bukan lagi menjadi hal utama bagi orang yang ingin melanjutkan pendidikan S2, …