Connect with us

Bisnis

Memulai Bisnis Untuk Karyawan, Kerja Sambil Bisnis Yuk !

Gaji dari seorang karyawan mungkin tidak bisa mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari yang semakin mahal.

Hal ini membuat sebagian karyawan memutuskan untuk memulai bisnis demi mendapatkan penghasilan tambahan. Namun sebetulnya tidak mudah bagi karyawan mengembangkan bisnis selagi masih punya kewajiban menjadi karyawan.

Meskipun tidak mudah, tidak berarti sama sekali mustahil untuk dijalankan. Ikuti saja tips memulai bisnis bagi karyawan berikut ini

Pilih Bisnis Yang Tepat Dengan Keadaanmu

Tips memulai bisnis bagi para karyawan adalah usahakan untuk memilih bisnis yang tepat. Seorang karyawan terutama yang bekerja fulltime tentu ada yang merasa kesulitan untuk membuka usaha. Hal ini salah satunya disebabkan karena waktu meraka banyak dihabiskan di kantor dan sulit punya waktu luang.

Jika terlalu dipaksakan, bukan malah untung bisa jadi akan kehilangan pekerjaan sebelum berhasil mengembangkan bisnis.

Namun hal semacam ini bukan tidak ada solusinya. Caranya hanya dengan memilih bisnis yang paling tepat untuk dijalankan. Pertimbangkan apakah bisnis tersebut sekiranya dapat dikelola dengan baik, tanpa harus meninggalkan pekerjaan kantor.

Bisa juga dengan memilih bisnis sesuai bidang yang disukai. Misalnya bagi yang suka memasak, cobalah untuk membuka bisnis kuliner.

Oleh karena bekerja sesuai hobi kadang membuat lebih menyenangkan sehingga tidak cepat merasa lelah ketika melakukannya.

Usahakan Untuk Fokus Hanya Pada Satu Bisnis Saja

Kadang para karyawan merasa kurang jika hanya mengelola 1 jenis bisnis sampingan.

Supaya pendapatan bisa dimaksimalkan banyak yang ingin membuka bisnis lebih dari 1 jenis. Namun pemikiran seperti ini sebetulnya malah salah. Menjadi seorang karyawan artinya masih punya tanggung jawab pekerjaan di kantor yang tidak boleh dianggap remeh.

Tidak mungkin mengelola lebih dari 1 bisnis disaat masih punya beban pekerjaan kantor yang harus dikerjakan dengan baik. Jadi sebaiknya fokus saja dulu dengan 1 bisnis sampingan.

Pilih ide bisnis yang paling diminati atau sesuai dengan kemampuan. Semakin fokus dengan 1 bisnis, maka semakin cepat pula bisnis tersebut bisa berkembang.

Awal Memulai Bisnis Hindari Pemakaian Modal Besar

Memulai bisnis apapun memang butuh modal. Namun sebagai seorang karyawan, ketika ingin membuka sebuah bisnis, usahakan untuk menghindari pemakaian modal yang terlalu besar. Selain karena terhitung masih pemula, mendirikan bisnis dengan modal terlalu besar terlalu beresiko.

Seorang karyawan yang memutuskan mendirikan usaha sampingan harus pandai mengelola modal dengan baik dan benar.

Jangan sampai salah, karena bisa jadi bisnis sampingan yang akan dijalankan malah mengalami kegagalan. Lebih baik pilih bisnis yang tidak membutuhkan modal yang cukup besar. Sehingga jika seandainya bisnis mengalami kegagalan tidak terlalu banyak menanggung kerugian.

Memulai Bisnis Dengan Membuat Rencana Bisnis

Penting juga untuk membuat perencanaan ketika akan memulai bisnis terutama bagi karyawan. Meskipun hanya bisnis kecil-kecilan, perencanaan bisnis ini penting untuk dibuat.

Dengan membuat perencanaan yang matang, maka bisnis yang akan dijalankan bisa lebih jelas. Terkait apa saja yang dibutuhkan, atau yang harus dilakukan saat bisnis mulai berjalan.

Perencanaan bisnis terdiri dari beberapa hal. Diantaranya mulai dari persiapan produk bisnis, pengumpulan modal usaha, menentukan strategi promosi, juga melakukan riset pasar.

Dalam perencanaan bisnis juga harus tergambar jelas tujuan mendirikan bisnis itu sendiri. Perencanaan bisnis harus dibuat dengan matang sehingga lebih terarah.

Mulailah Membagi Waktu

Ketika menjadi seorang karyawan namun memutuskan untuk mencoba terjun dalam dunia bisnis di saat bersamaan bukan tanpa resiko.

Resiko paling kecil adalah harus rela mengorbankan waktu yang tersisa untuk mengurusi bisnis dan bukan untuk melakukan hal tidak penting. Segera lakukan konsultasi dengan keluarga terkait liburan atau acara keluarga.

Setelah itu buat daftar prioritas dari semua kegiatan serta tanggung jawab yang harus dilakukan. Hal ini memang tidak mudah.

Jika merasa kesulitan coba saja mulai dengan menghitung berapa jumlah waktu yang dimiliki di luar pekerjaan sebagai karyawan. Jangan lupa setelah daftar prioritas jadi, taatilah pembagian waktu tersebut.

Tetap Jaga Reputasi Sebagai Seorang Karyawan

Ingatlah, meskipun telah memutuskan untuk memulai bisnis sampingan sendiri, namun harus sadar posisi yaitu sebagai seorang karyawan. Sebagai seorang karyawan di perusahaan, artinya punya atasan yang perlu ditaati. Hal ini karena merekalah yang faktanya memberikan kepercayaan untuk memegang suatu posisi dan mereka jugalah yang memberikan gaji.

Maka sebaiknya tetap jaga attitude saat berhadapan dengan atasan. Jika reputasi di kantor tetap terjaga maka perusahaan kemungkinan akan tetap memberikan kepercayaan.

Langkah ini juga sebagai upaya untuk berjaga-jaga jikalau bisnis yang akan dijalankan menemui kegagalan. Setidaknya tidak terlalu rugi besar, karena masih bisa bekerja di kantor sebagai karyawan.

Gunakan Pekerjaan Sebagai Karyawan Untuk Media Pembelajaran

Sebetulnya bekerja sebagai karyawan punya manfaat sendiri, terutama bagi yang ingin memulai bisnis sampingan.

Dengan menjadi karyawan di perusahaan, maka setidaknya bisa mendapatkan ilmu bagaimana cara mengelola usaha dengan baik dan benar. Bisa juga memperoleh pengalaman bagaimana menjadi seorang pemimpin yang bijak.

Sebaiknya manfaatkan waktu sebaik mungkin terutama jika saat bertemu dengan para kolega perusahaan. Ilmu dan pengalaman mereka tentu sangat berguna. Bisa menjadi pengetahuan dan bisa diterapkan ketika menjalankan bisnis yang akan dirintis.

Sebisa Mungkin Manfaatkan Asset Yang Mudah Diakses

Penting bagi seorang karyawan yang memutuskan memulai bisnis sampingan sendiri adalah pandai memanfaatkan aset.

Apa aset yang paling mudah diakses oleh seorang karyawan?

Jawabannya adalah teman kantor. Mengapa bisa begitu? Misalnya saja saat kesulitan mencari pasar untuk memasarkan produk bisnis.

Maka lebih baik coba jual saja ke teman atau rekan kantor sendiri. Sebisa mungkin lakukan sejumlah riset kecil untuk mengetahui apa yang sedang dibutuhkan oleh rekan kerja di kantor. Dengan cara ini juga lebih mudah menentukan jenis bisnis apa yang ingin dijalankan.

Maksimalkan Penggunaan Internet Untuk Berbisnis

Saat ini memang sudah jamannya teknologi. Penggunaan internet menjadi basic utama masyarakat melakukan kegiatan sehari-hari.

Tidak terkecuali dalam berbisnis. Menjadi seorang karyawan pun harus pandai memanfaatkan teknologi internet untuk keperluan berbisnis. Lebih bagus jika jenis bisnis yang digeluti memang sudah berbasis online.

Tinggal pastikan saja untuk lebih menguasai strategi pemasaran melalui internet. Namun, bagi yang masih menjalankan bisnis berbasis offline pun perlu memaksimalkan internet terutama untuk pemasaran produk. Misalnya saja dengan membuat akun media sosial, atau website khusus untuk produk yang ingin dipasarkan.

Jangan Sampai Menunda Pekerjaan Kantor

Penting juga untuk diingat untuk tidak menunda-nunda pekerjaan kantor meskipun dalam tahap memulai bisnis sampingan.

Meskipun tidak mudah menjalankan pekerjaan dan bisnis di waktu yang bersamaan. Namun sebaiknya bagi keduanya sebagai prioritas supaya bisa tetap bisa berjalan beriringan. Setidaknya atur waktu sebijaksana mungkin supaya keduanya tetap berjalan dengan baik.

Baca Juga: Inilah Kerja Sampingan yang Cocok Untuk Mahasiswa

Contohnya saja dari mulai pagi sampai sore pakai lah waktu untuk menyelesaikan pekerjaan kantor. Setelah pulang kerja baru urus bisnis sampingan yang dirintis. Sebaiknya jangan pernah menunda pekerjaan kantor. Karena semakin ditunda, maka waktu untuk mengurus bisnis juga akan berkurang.

Itulah tips-tips memulai bisnis bagi para karyawan. Sebetulnya tidak masalah merintis bisnis dengan status masih menjadi karyawan kantor. Terapkan saja tips di atas supaya bisnis yang dirintis bisa berjalan dengan baik.

Mendirikan situs income.id sebagai perwujudan pengabdian kepada bangsa dan negara indonesia melalui media yang informatif dan edukatif

Bisnis

Fungsi Utama Software Payroll Terbaik Dalam Kemajuan Bisnis Perusahaan

Software payroll terbaik memang menjadi salah satu software yang saat ini tengah banyak menjadi incaran. Tentu saja didalamnya terdapat beragam sistem yang sangat berguna untuk sebuah perusahaan.

Tidak hanya masalah penggajian karyawan saja, namun software yang satu ini juga lengkap untuk pengelolaan manajemen sumber daya manusia. Salah satu fitur di dalamnya adalah untuk mengetahui kinerja karyawan dengan metode absensi online. Sehingga nantinya akan terpantau dengan jelas kedisiplinan karyawan.

Manfaat Yang Besar Bagi Sebuah Perusahaan

Sebagai pemberitahuan, bahwa gaji merupakan salah satu hal yang sangat vital dalam sebuah manajemen perusahaan. Ini menyangkut hak hidup karyawan perusahaan. Jika saja salah dalam memberikan kalkulasi tentu saja akan merugikan karyawan dan memberikan dampak yang negatif bagi perusahaan.

Dengan menggunakan software payroll tentu saja aka nada banyak manfaat yang diraih. Seperti pemantauan terhadap kinerja karyawan, serta dapat, meminimalisir kesalahan dalam kalkulasi gaji karyawan. Tak tanggung tanggung, software ini tentu saja dapat memberikan efisiensi waktu pula. Dari yang serba manual, maka dengan kehadiran software ini segalanya akan menjadi serba digital. Hal tersebut sangat selaras dengan era industri 4.0 saat ini.

Software Payroll Bagi Sebuah Bisnis

Kebanyakan perusahaan mungkin masih menerapkan sistem sdm secara manual. Tentu saja hal semacam itu dapat menguras waktu serta membuang buang biaya dalam pengelolaan data. Sebagai solusinya, maka software payroll terbaik di Indonesia ini dapat membantu perusahaan melancarkan bisnisnya dengan beragam manfaat berikut ini.

1.Pengelolaan Data Karyawan Secara Lengkap

Fungsi yang satu ini tentu saja dapat menjadi sebuah langkah yang preventif dalam pengelolaan data. Karyawan sebagai aset tentu saja harus dikelola dengan baik. Karena asset tersebut akan sangat berguna untuk kelangsungan sebuah bisnis perusahaan.

Mengelola data karyawan dengan software payroll tentu saja tidak memerlukan orang banyak. Serta hanya dalam lingkup kecil. Seluruh data terkait absensi online, rekening karyawan akan dengan mudah dikelola. Saat penggajian karyawan  tentu saja akan saling terkait dengan data karyawan.

2. Software Yang Tertaut Dengan Absensi

Jika dilakukan secara manual tentu saja akan sering mendapat sebuah kesalahan serta kekeliruan. Nah, kehadiran software payroll akan menjadi sebuah solusi yang cerdas bagi sebuah perusahaan. Tidak lagi harus mencocokkan absensi karyawan secara manual. Dengan software ini maka kehadiran karyawan akan tertaut langsung, ini dikarenakan sistem yang digunakan telah terintegrasi dengan sistem absensi online.

Hal ini tentu menjadikan kerja dari HRD menjadi lebih mudah, dan kesalahan dapat diminimalisir dengan bijak. Selain itu hal ini juga tentunya dapat menghemat waktu dan HRD dapat mengerjakan tugas tugas lainnya.

3. Bonus Bonus Serta Potongan Untuk Karyawan Dapat Dihitung Secara Tepat

Software payroll juga dapat memberikan informasi  berupa bpjs serta bonus seperti THR dan lain lain secara akurat dan tepat. Penghitungan gaji nantinya akan menjadi lebih akurat by sistem dan pengelolaannya tidak lagi harus secara manual. Insentif untuk karyawan dan lainnya akan secara otomatis tercatat by sistem. Sehingga tidak akan menimbulkan kekeliruan yang terkadang menyebabkan selisih.

Selain dapat menghitung PPh 21 software payroll juga mampu untuk menghitung jumlah bpjs karyawan. Bayangkan saja jika masih menghitung secara manual tentu saja akan memakan waktu yang lumayan lama, dan nantinya hal tersebut malah menjadi sebuah beban yang menghambat sebuah perusahaan untuk maju dalam bisnisnya.

Demikian penjelasan terkait fungsi dari software payroll. Dalam penghitungan gaji memang harus dilakukan secara akurat dan tepat. Maka dari itu dengan menggunakan software payroll terbaik yang terkait langsung dengan sistem absensi online, maka perusahaan dapat memantau karyawan nya dan meminimalisir selisih serta kesalahan saat melakukan penggajian karyawan.

Continue Reading

Bisnis

Cara Promosi Perumahan Di Sosmed Yang Efektif, Coba 7 Hal Penting Ini!

Internet merupakan sarana paling efisien dan efektif saat ini digunakan untuk melakukan promosi apapun. Salah satunya cara promosi perumahan di sosmed dengan mengandalkan internet sebagai media iklan. Tingkat jangkauan promosi lebih banyak dan lebih baik sehingga orang-orang dengan mudah mendapatkan informasi perumahan dari sosial media.

Beberapa hal yang penting dipersiapkan pada saat melakukan promosi perumahan merupakan cara paling tepat dalam menjangkau konsumen. Maka strategi dari awal hingga akhir memperkenalkan perumahan via sosmed bisa memperhatikan hal berikut ini.

1. Memiliki Akun Media Sosial

Yang paling utama dalam memulai promosi perumahan dengan memanfaatkan jejaring sosial yaitu mempunyai akun terlebih dahulu. Akun media sosial banyak macamnya saat ini, mulai dari facebook, instagram, YouTube, Twitter dan sebagainya. Hingga status WA pun menjadi ajang media promosi efektif yang bisa dilakukan.

Biasanya saat mengaktivasi satu akun media sosial akan terjadi keterkaitan antara satu akun dengan akun lainnya. Semacam jejaring dengan persen yang sama namun banyak wujud. Jadi saat mempromosikan di salah satu akun media sosial maka bisa ditayangkan pula di akun media sosial lainnya

2. Memahami Apa Yang Dibutuhkan Konsumen Tentang Perumahan

Pahami apa yang dibutuhkan konsumen merupakan cara promosi perumahan di sosmed yang ampuh. Membaca kebutuhan pasar menjadi penting, apalagi kebutuhan akan hunian rumah yang semakin meningkat. Para konsumen biasanya akan mencari informasi yang lebih akurat mulai dari bentuk perumahan, lingkungan strategis, hingga harga yang ditawarkan.

Dalam memberikan promosi yang berkaitan dengan perumahan, memang penting untuk menyajikan apa yang dibutuhkan pasar. Biasanya konsumen akan mencari harga terjangkau dengan kualitas yang terbaik. Atau tipe rumah yang sedang tren pada saat ini dan perumahan yang dekat dengan tempat-tempat strategis.

3. Buat Konten Iklan Yang Menarik

Cara promosi perumahan di sosmed yaitu dengan membuat konten yang menarik. Konten yang menarik biasanya berisi jawaban atau pemahaman yang dibutuhkan konsumen. Dengan memberikan beberapa tips menarik bagi konsumen yang berhubungan dengan home decor atau mengulas tren perumahan.

Konten sangat penting dalam menyajikan sebuah iklan agar terlihat lebih layak dan dapat menjaring konsumen. Karena dalam dunia media sosial mengandalkan visualisasi dari sebuah gambar dan tulisan. Sehingga penyajian konten menjadi daya tarik utama pada konsumen dalam mengenal suatu produk. Apalagi jika produk tersebut perumahan yang butuh banyak detail untuk dijelaskan.

4. Memahami Persaingan Harga

Hal ini sangat penting dipertimbangkan dalam mempromosikan perumahan di medsos. Karena harga biasanya menentukan nilai ketertarikan konsumen pada produk, maka dalam mengemas harga harus semenarik mungkin. Yaitu dengan melihat bagaimana produk yang sama menentukan harga jualnya kepada konsumen.

Biasanya persaingan harga ini memicu terjadinya tingkat pemesanan yang tinggi. Misalnya saja jika seseorang akan mencari perumahan via media sosial kemudian melihat harga dengan diimbangi pemberian diskon. Maka biasanya konsumen akan lebih tertarik apalagi jika ada promo lainnya saat menawarkan perumahan. Karena faktor paling utama dalam menentukan harga adalah keseimbangan harga pasar

5. Memanfaatkan Fitur Yang Ada Pada Sosial Media

Pada cara promosi perumahan di medsos, akan lebih baik lagi jika mengoptimalkan fitur lainnya yang ada. Seperti FB ads, Instagram Ads, dan sebagainya sebagai sarana iklan yang lebih baik lagi. Selanjutnya fitur yang ada pada media sosial ini tentu terintegrasi dengan akun utama sehingga, tidak perlu khawatir iklan tidak menjangkau. Justru dengan bantuan fitur iklan yang ada pada medsos semakin membantu menjangkau berbagai kalangan.

Fitur ini juga mudah digunakan serta mempunyai nilai praktis dan ekonomis. Maka perumahan yang dipromosikan akan lebih menjangkau masyarakat lebih luas lagi. Selain itu, nilai praktis media sosial sangat membantu memangkas biaya promosi karena internet dianggap lebih efektif dibandingkan promosi offline.

6. Optimalisasi SEO

Search Engine Optimization merupakan sebuah sistem mesin pencari yang mengoptimalkan situs yang dimiliki. Dengan melibatkan penggunaan kata kunci yang dicari konsumen pada mesin pencari. Yang kemudian pada search engine didasarkan pada kata kunci yang dimasukkan sehingga memunculkan traffic di sebuah situs.

Optimalisasi SEO ini diyakini efektif untuk menjaring konsumen dalam mengunjungi situs serta memahami produk perumahan yang ditawarkan. Sehingga promosi perumahan akan lebih efektif dan langsung tepat sasaran kepada konsumen yang membutuhkan hunian baru. Atau ada juga konsumen yang sedang berinvestasi pada perumahan.

7. Personal Branding

Pentingnya pengenalan secara lebih baik lagi yaitu dengan personal branding pada suatu produk. Jika ingin mempromosikan perumahan, maka ciptakan personal branding yang kuat sehingga konsumen percaya. Yaitu dengan menjalin relasi secara baik, percaya pada diri sendiri dan produk yang ditawarkan.

Selain itu berikan performa terbaik saat mempromosikan pada konsumen, bagaimana perumahan tersebut dan apa kelebihannya. Dengan begitu di medsos bisa terlihat jelas apa saja yang menjadi ciri khas hingga akhirnya orang akan tertarik dengan perumahan tersebut.

Dengan memahami beberapa cara promosi perumahan di medsos maka diharapkan mampu mengoptimalisasi berbagai peluang yang ada. Karena kekuatan medsos merupakan jaringan internet yang luas, maka saat promosi perumahan dilakukan tentu akan menjangkau lebih banyak lagi. Dan menarik para konsumen untuk mendapatkan hunian nyaman sesuai harapan.

Continue Reading

Peluang Usaha

Tips Buka Usaha di Tengah Ancaman Resesi Ekonomi Indonesia

Resesi ekonomi Indonesia tampaknya makin kencang digaungkan oleh para pakar ekonomi di negeri ini.

Pandemi virus corona telah menyebabkan perekonomian terhenti dan beberapa negara telah masuk ke dalam fase resesi. Lalu bagaimana dengan orang yang justru ingin membuka usaha? Simak tips berikut ini

Apa Itu Resesi Ekonomi ?

Resesi ekonomi adalah adanya penurunan yang tajam terhadap kegiatan ekonomi selama berbulan-bulan bahkan hitungan tahun. Jika hal itu terjadi di Indonesia, maka disebutkan resesi ekonomi Indonesia. Selama pandemi, sudah banyak negara yang terjungkal kegiatan perekonomiannya dan masuk dalam fase resesi.

Pada masa resesi, banyak orang mengalami PHK atau kehilangan mata pencaharian. Hal ini karena perusahaan tidak melakukan kegiatan produksi sebagaimana mestinya. Artinya ada penghematan dan penurunan penjualan karena output yang lebih sedikit.

Resesi bisa mengakibatkan melemahnya daya beli yang dipicu oleh semakin tingginya PHK. Belum lagi ancaman kredit macet di dunia perbankan serta inflasi yang terlalu tinggi. Deflasi juga bisa terjadi jika suatu negara masuk ke dalam fase resesi.

Seperti yang dilansir dari Harapanrakyat.com, Saat ini Indonesia belum masuk fase resesi walaupun ancaman itu sudah di depan mata. Namun jika di kuartal ketiga nanti perekonomian kembali terkontraksi, sudah pasti Indonesia akan resesi. Konsumsi rumah tangga harus meningkat serta investasi harus lebih besar lagi. Saat ini tumpuan utama Indonesia adalah investasi pada UMKM.

Tips Membuka Usaha Saat Resesi

Resesi yang pernah terjadi di beberapa negara di masa lalu justru memicu lahirnya sejumlah perusahaan besar. Contohnya saja Uber, General Motor, CNN, Burger King, dan Airbnb. Usaha-usaha mikro yang lahir di masa resesi berpotensi menjadi besar ketika perekonomian membaik. Lalu, apa tipsnya agar aman membuka usaha saat resesi?

1. Lakukan Penghematan

Berhemat adalah hal yang tepat dilakukan ketika membuka usaha di masa krisis. Ingatlah bahwa bisnis sedang dijalankan dimana pendapatan masyarakat menurun, pasokan bahan baku tersendat dan penjualan tipis. Alokasikan modal untuk keperluan produksi dan bukan yang lain.

2. Produksi Berdasarkan Pesanan

Beberapa barang bisa diproduksi saat pesanan datang. Hal ini lebih menguntungkan dan bisa menyelamatkan bisnis dari kerugian. Dengan membuat produk saat pesanan sudah masuk, maka keuntungan lebih mudah diperhitungkan. Buatlah sistem PO untuk produk yang akan dijual.

3. Manfaatkan Pemasaran Digital

Pemasaran secara digital bisa dimulai dengan sangat murah. Misalnya dengan memaksimalkan media sosial dan internet. Buatlah website untuk branding produk dan perusahaan. Resesi atau tidak, pemasaran secara digital harus dilakukan apalagi jika ingin menjaring konsumen yang lebih luas.

4. Efisiensi Pekerjaan

Mempekerjakan karyawan tetap penting untuk menjaga performa dan kualitas produksi. Tetapi, dikala resesi, beban gaji karyawan bisa mempengaruhi cash flow. Maka, usahakan setiap karyawan melakukan pekerjaannya dengan efektif dan efisien. Walaupun terkesan “pelit”, namun ini penting untuk kelangsungan usaha. Jangan ragu untuk ikut terjun sendiri membantu operasional agar lebih hemat.

Baca Juga: Satuma Kraf, Ahlinya Pembuat Kerajinan Tembaga dan Kuningan

5. Rencanakan dengan Matang

Perencanaan adalah yang terpenting ketika membuka bisnis di masa resesi. Tidak ada salahnya berkonsultasi dulu kepada konsultan atau rekanan sebelum benar-benar terjun. Setiap sen yang dikeluarkan, harus jelas kapan kembalinya dan bagaimana.

Resesi ekonomi Indonesia yang sudah di depan mata harus disikapi dengan tenang namun tetap proaktif. Saat ini Iklim bisnis masih cukup sehat walaupun persaingan ketat. Buktinya, semakin banyak orang yang terjun membuka usaha di masa pandemi. Siapa tahu, salah satunya akan sukses dan besar ketika wabah mereda.

Continue Reading

TOP STORIES