Connect with us

Bisnis

Memulai Bisnis Untuk Karyawan, Kerja Sambil Bisnis Yuk !

Gaji dari seorang karyawan mungkin tidak bisa mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari yang semakin mahal.

Hal ini membuat sebagian karyawan memutuskan untuk memulai bisnis demi mendapatkan penghasilan tambahan. Namun sebetulnya tidak mudah bagi karyawan mengembangkan bisnis selagi masih punya kewajiban menjadi karyawan.

Meskipun tidak mudah, tidak berarti sama sekali mustahil untuk dijalankan. Ikuti saja tips memulai bisnis bagi karyawan berikut ini

Pilih Bisnis Yang Tepat Dengan Keadaanmu

Tips memulai bisnis bagi para karyawan adalah usahakan untuk memilih bisnis yang tepat. Seorang karyawan terutama yang bekerja fulltime tentu ada yang merasa kesulitan untuk membuka usaha. Hal ini salah satunya disebabkan karena waktu meraka banyak dihabiskan di kantor dan sulit punya waktu luang.

Jika terlalu dipaksakan, bukan malah untung bisa jadi akan kehilangan pekerjaan sebelum berhasil mengembangkan bisnis.

Namun hal semacam ini bukan tidak ada solusinya. Caranya hanya dengan memilih bisnis yang paling tepat untuk dijalankan. Pertimbangkan apakah bisnis tersebut sekiranya dapat dikelola dengan baik, tanpa harus meninggalkan pekerjaan kantor.

Bisa juga dengan memilih bisnis sesuai bidang yang disukai. Misalnya bagi yang suka memasak, cobalah untuk membuka bisnis kuliner.

Oleh karena bekerja sesuai hobi kadang membuat lebih menyenangkan sehingga tidak cepat merasa lelah ketika melakukannya.

Usahakan Untuk Fokus Hanya Pada Satu Bisnis Saja

Kadang para karyawan merasa kurang jika hanya mengelola 1 jenis bisnis sampingan.

Supaya pendapatan bisa dimaksimalkan banyak yang ingin membuka bisnis lebih dari 1 jenis. Namun pemikiran seperti ini sebetulnya malah salah. Menjadi seorang karyawan artinya masih punya tanggung jawab pekerjaan di kantor yang tidak boleh dianggap remeh.

Tidak mungkin mengelola lebih dari 1 bisnis disaat masih punya beban pekerjaan kantor yang harus dikerjakan dengan baik. Jadi sebaiknya fokus saja dulu dengan 1 bisnis sampingan.

Pilih ide bisnis yang paling diminati atau sesuai dengan kemampuan. Semakin fokus dengan 1 bisnis, maka semakin cepat pula bisnis tersebut bisa berkembang.

Awal Memulai Bisnis Hindari Pemakaian Modal Besar

Memulai bisnis apapun memang butuh modal. Namun sebagai seorang karyawan, ketika ingin membuka sebuah bisnis, usahakan untuk menghindari pemakaian modal yang terlalu besar. Selain karena terhitung masih pemula, mendirikan bisnis dengan modal terlalu besar terlalu beresiko.

Seorang karyawan yang memutuskan mendirikan usaha sampingan harus pandai mengelola modal dengan baik dan benar.

Jangan sampai salah, karena bisa jadi bisnis sampingan yang akan dijalankan malah mengalami kegagalan. Lebih baik pilih bisnis yang tidak membutuhkan modal yang cukup besar. Sehingga jika seandainya bisnis mengalami kegagalan tidak terlalu banyak menanggung kerugian.

Memulai Bisnis Dengan Membuat Rencana Bisnis

Penting juga untuk membuat perencanaan ketika akan memulai bisnis terutama bagi karyawan. Meskipun hanya bisnis kecil-kecilan, perencanaan bisnis ini penting untuk dibuat.

Dengan membuat perencanaan yang matang, maka bisnis yang akan dijalankan bisa lebih jelas. Terkait apa saja yang dibutuhkan, atau yang harus dilakukan saat bisnis mulai berjalan.

Perencanaan bisnis terdiri dari beberapa hal. Diantaranya mulai dari persiapan produk bisnis, pengumpulan modal usaha, menentukan strategi promosi, juga melakukan riset pasar.

Dalam perencanaan bisnis juga harus tergambar jelas tujuan mendirikan bisnis itu sendiri. Perencanaan bisnis harus dibuat dengan matang sehingga lebih terarah.

Mulailah Membagi Waktu

Ketika menjadi seorang karyawan namun memutuskan untuk mencoba terjun dalam dunia bisnis di saat bersamaan bukan tanpa resiko.

Resiko paling kecil adalah harus rela mengorbankan waktu yang tersisa untuk mengurusi bisnis dan bukan untuk melakukan hal tidak penting. Segera lakukan konsultasi dengan keluarga terkait liburan atau acara keluarga.

Setelah itu buat daftar prioritas dari semua kegiatan serta tanggung jawab yang harus dilakukan. Hal ini memang tidak mudah.

Jika merasa kesulitan coba saja mulai dengan menghitung berapa jumlah waktu yang dimiliki di luar pekerjaan sebagai karyawan. Jangan lupa setelah daftar prioritas jadi, taatilah pembagian waktu tersebut.

Tetap Jaga Reputasi Sebagai Seorang Karyawan

Ingatlah, meskipun telah memutuskan untuk memulai bisnis sampingan sendiri, namun harus sadar posisi yaitu sebagai seorang karyawan. Sebagai seorang karyawan di perusahaan, artinya punya atasan yang perlu ditaati. Hal ini karena merekalah yang faktanya memberikan kepercayaan untuk memegang suatu posisi dan mereka jugalah yang memberikan gaji.

Maka sebaiknya tetap jaga attitude saat berhadapan dengan atasan. Jika reputasi di kantor tetap terjaga maka perusahaan kemungkinan akan tetap memberikan kepercayaan.

Langkah ini juga sebagai upaya untuk berjaga-jaga jikalau bisnis yang akan dijalankan menemui kegagalan. Setidaknya tidak terlalu rugi besar, karena masih bisa bekerja di kantor sebagai karyawan.

Gunakan Pekerjaan Sebagai Karyawan Untuk Media Pembelajaran

Sebetulnya bekerja sebagai karyawan punya manfaat sendiri, terutama bagi yang ingin memulai bisnis sampingan.

Dengan menjadi karyawan di perusahaan, maka setidaknya bisa mendapatkan ilmu bagaimana cara mengelola usaha dengan baik dan benar. Bisa juga memperoleh pengalaman bagaimana menjadi seorang pemimpin yang bijak.

Sebaiknya manfaatkan waktu sebaik mungkin terutama jika saat bertemu dengan para kolega perusahaan. Ilmu dan pengalaman mereka tentu sangat berguna. Bisa menjadi pengetahuan dan bisa diterapkan ketika menjalankan bisnis yang akan dirintis.

Sebisa Mungkin Manfaatkan Asset Yang Mudah Diakses

Penting bagi seorang karyawan yang memutuskan memulai bisnis sampingan sendiri adalah pandai memanfaatkan aset.

Apa aset yang paling mudah diakses oleh seorang karyawan?

Jawabannya adalah teman kantor. Mengapa bisa begitu? Misalnya saja saat kesulitan mencari pasar untuk memasarkan produk bisnis.

Maka lebih baik coba jual saja ke teman atau rekan kantor sendiri. Sebisa mungkin lakukan sejumlah riset kecil untuk mengetahui apa yang sedang dibutuhkan oleh rekan kerja di kantor. Dengan cara ini juga lebih mudah menentukan jenis bisnis apa yang ingin dijalankan.

Maksimalkan Penggunaan Internet Untuk Berbisnis

Saat ini memang sudah jamannya teknologi. Penggunaan internet menjadi basic utama masyarakat melakukan kegiatan sehari-hari.

Tidak terkecuali dalam berbisnis. Menjadi seorang karyawan pun harus pandai memanfaatkan teknologi internet untuk keperluan berbisnis. Lebih bagus jika jenis bisnis yang digeluti memang sudah berbasis online.

Tinggal pastikan saja untuk lebih menguasai strategi pemasaran melalui internet. Namun, bagi yang masih menjalankan bisnis berbasis offline pun perlu memaksimalkan internet terutama untuk pemasaran produk. Misalnya saja dengan membuat akun media sosial, atau website khusus untuk produk yang ingin dipasarkan.

Jangan Sampai Menunda Pekerjaan Kantor

Penting juga untuk diingat untuk tidak menunda-nunda pekerjaan kantor meskipun dalam tahap memulai bisnis sampingan.

Meskipun tidak mudah menjalankan pekerjaan dan bisnis di waktu yang bersamaan. Namun sebaiknya bagi keduanya sebagai prioritas supaya bisa tetap bisa berjalan beriringan. Setidaknya atur waktu sebijaksana mungkin supaya keduanya tetap berjalan dengan baik.

Baca Juga: Inilah Kerja Sampingan yang Cocok Untuk Mahasiswa

Contohnya saja dari mulai pagi sampai sore pakai lah waktu untuk menyelesaikan pekerjaan kantor. Setelah pulang kerja baru urus bisnis sampingan yang dirintis. Sebaiknya jangan pernah menunda pekerjaan kantor. Karena semakin ditunda, maka waktu untuk mengurus bisnis juga akan berkurang.

Itulah tips-tips memulai bisnis bagi para karyawan. Sebetulnya tidak masalah merintis bisnis dengan status masih menjadi karyawan kantor. Terapkan saja tips di atas supaya bisnis yang dirintis bisa berjalan dengan baik.

Mendirikan situs income.id sebagai perwujudan pengabdian kepada bangsa dan negara indonesia melalui media yang informatif dan edukatif

Peluang Usaha

Usaha Sampingan yang Mudah Dijalankan Bagi Karyawan

Banyak orang yang ingin memiliki penghasilan tambahan selain dari penghasilan tetapnya. Biasanya, seorang karyawan kantoran yang sudah memiliki gaji tetap juga ingin penghasilan tambahan.

Hal ini disebabkan karena adanya kebutuhan yang harus dipenuhi. Entah itu kebutuhan pokok atau kebutuhan karena gaya hidup. Inilah mengapa usaha sampingan jadi penting bagi karyawan kantoran.

Bisa dibilang, usaha sampingan sudah merupakan gaya hidup masyarakat saat ini. Rasanya, hampir tidak ada karyawan kantoran yang tidak memiliki usaha sampingan.

Karyawan kantoran terkadang merasa tidak puas akan gajinya. Ketidakpuasan ini bisa karena memang kebutuhannya yang cukup banyak, atau untuk mengimbangi gaya hidupnya. Intinya, mereka memerlukan penghasilan tambahan.

Apa Sih Sebenarnya Usaha Sampingan Itu?

Usaha sampingan adalah sebuah kegiatan bisnis yang dijalankan seseorang untuk mendapatkan penghasilan tambahan diluar pekerjaan tetapnya. Usaha sampingan biasanya bermodal kecil. Namun begitu, ada pula usaha sampingan yang memerlukan modal cukup besar. Selain itu, umumnya usaha sampingan mudah dioperasikan atau dijalankan.

Oleh karena itu, usaha ini biasanya berupa pekerjaan-pekerjaan yang mampu dijalankan oleh seorang karyawan di sela-sela waktu kerjanya. Walaupun bermodal kecil, banyak usaha yang mendatangkan income tambahan besar. Bahkan lebih besar daripada gaji tetap karyawan di tempat kerjanya. Ini juga yang kadang membuat seorang karyawan lebih rajin mengerjakan pekerjaan sampingannya.

Alasan Orang Menjalankan Usaha Sampingan

cara mengatur keuangan pribadi

Ada beberapa hal yang mendasari orang menjalankan usaha sampingan. Pertama, karena adanya kebutuhan yang tidak bisa dipenuhi jika hanya mengandalkan gaji tetap.

Seseorang yang memiliki jumlah tanggungan banyak, tentu membutuhkan income yang sebanding juga. Ketika income dari tempat kerja tidak mencukupi, tentunya ia akan mencari tambahan dari tempat lain.

Kedua, adanya keinginan untuk memiliki usaha sendiri. Belakangan ini, keinginan orang untuk berwirausaha cenderung meningkat. Dengan memiliki pekerjaan sampingan, seseorang bisa berlatih untuk membuka usaha sendiri.

Memanfaatkan jaringan pertemanan di kantor, kamu bisa mulai menjaring konsumen dan mempelajari peluang usaha yang potensial. Dari sinilah keinginan untuk memiliki usaha diluar pekerjaan tetap muncul.

Ketiga, ingin menyalurkan minat dan bakat dibidang lain yang berbeda dengan pekerjaan sekarang. Banyak orang yang merasa bahwa pekerjaannya tidak sesuai passion.

Itulah alasannya banyak karyawan yang “nyambi” hanya untuk menyalurkan passion dan mengembangkan bakat. Tidak melulu mengenai uang, namun lebih kepada kepuasan batin.

Pilihan Usaha Sampingan Yang Mudah Untuk Dijalankan

Pada dasarnya, sebuah usaha akan sukses jika usaha itu bisa menjawab kebutuhan masyarakat. Oleh karena itu, jika ingin melakukan pekerjaan sampingan, baca kebutuhan lingkungan sekitar. Mulai dari yang terdekat dulu. Berikut ini beberapa pilihan usaha sampingan yang mudah untuk dijalankan:

Usaha Sampingan dengan Membuka Laundry

Walaupun bukan jenis usaha baru, namun usaha ini masih menjadi andalan bagi orang yang ingin mendapatkan pendapatan tambahan.

Biarpun pesaing di usaha ini ramai, usaha ini masih mampu mendatangkan pundi-pundi rupiah yang tidak sedikit. Ini alasannya masih banyak orang yang tergiur untuk membuka laundry di dekat tempat tinggalnya.

Modal usaha laundry tidaklah mahal. Yang diperlukan untuk sukses di usaha ini adalah manajemen karyawan dan usaha yang baik.

Usaha ini tergolong usaha yang memiliki turn over karyawan tinggi, oleh karena itu sejak dari proses rekrutmen, harus sudah dipertimbangkan matang-matang. Usaha laundry ini selalu bisa sukses karena ini menjawab kebutuhan dasar masyarakat. Apalagi masyarakat perkotaan.

Usaha Sampingan dengan Membuka Jasa Pengiriman

Dengan meroketnya pamor e-commerce, kebutuhan akan jasa pengiriman juga meningkat.

Konsumen-konsumen e-commerce mengharapkan barangnya sampai dengan cepat namun dengan ongkos yang murah. Inilah tantangan bagi para pemain di usaha ini. Namun begitu, usaha ini cocok dijadikan sampingan bagi karyawan kantoran.

Untuk modal, usaha ini memerlukan modal yang lumayan apalagi jika membeli franchise.

Namun, income yang didapatkan sebanding dengan modal yang dikeluarkan. Selain itu, usaha ini mudah dijalankan dan dikelola. Kuncinya adalah kualitas dari seluruh komponen pengantaran, terutama driver. Rekrut driver yang benar-benar berintegritas dan bisa dipercaya.

Jasa Penulisan

contoh job description

Usaha ini bisa dibilang adalah yang paling cocok untuk karyawan kantoran. Khususnya, karyawan kantoran yang mempunyai bakat dan hoby menulis. Dengan membuka jasa penulisan, baik itu untuk blog, artikel di media cetak, dan buku, karyawan bisa menyalurkan hobinya namun juga mendapatkan penghasilan dari situ.

Jasa penulisan tidak memerlukan modal yang banyak. Bahkan bisa dibilang tanpa modal karena yang diperlukan hanya skill menulis. Untuk laptop atau computer, sementara bisa menggunakan fasilitas dari kantor terlebih dahulu. Selain itu, usaha ini juga bisa dijalankan disela-sela jam kosong kantor. Bicara soal rupiah, penghasilan dari usaha ini cukup besar. Apalagi jika produktivitas menulis tinggi.

Jasa Web Designer

Ini adalah jenis usaha yang sedang naik daun sekarang. Dengan semakin banyak orang yang ingin memiliki website sendiri, jasa web designer semakin dibutuhkan.

Penghasilan dari usaha sampingan ini cukup besar. Harga untuk satu klien saja bisa berkisar antara 5-10 juta rupiah. Selain itu, usaha ini mudah untuk dijalankan dan bisa dikerjakan di sela-sela jam kantor atau after office hour.

Untuk bisa sukses di bisnis ini adalah dengan cara mempromosikan jasa dengan gencar. Buat portofolio yang menarik agar klien percaya akan jasa dan kualitas produk yang dihasilkan.

Manfaatkan media sosial dan internet untuk mempromosikan portofolio yang sudah dibuat tadi. Usahakan ada testimoni dari klien. Calon konsumen biasanya percaya pada produk atau jasa yang berkesan ketika digunakan oleh orang lain.

Day Care

Penitipan anak atau day care adalah usaha yang sangat dibutuhkan oleh ibu bekerja. Jumlah day care di Jakarta saja masih belum mencukupi untuk menjawab kebutuhan ibu bekerja akan tempat penitipan anak.

Oleh karena itu, membuka day care sangat potensial untuk dijadikan usaha sampingan. Namun, walaupun sebagai sampingan, usaha ini memerlukan manajemen yang baik.

Seperti diketahui, bahwa penitipan anak haruslah secure dan terpercaya.

Mulai dari kualitas pengasuh, kebersihan dan kerapian tempat, kualitas pengajar dan juga ketersediaan fasilitas kesehatan, semuanya harus diperhatikan benar. Modal usaha ini cukup besar, namun bisa disiasati dengan berkongsi dengan teman atau kerabat.

Dropshiper

Ini adalah jenis usaha yang cocok dijalankan oleh pemula dalam hal berjualan. Menjadi seorang dropshiper cenderung aman dan minim resiko karena tidak perlu stok barang dan kulakan.

Dropshiper hanya perlu menjual barang dari toko orang lain, kemudian mencantumkan namanya sebagai penjual. Pembeli tidak akan tahu bahwa barang yang ia terima berasal dari dropshiper.

Dropshiper bisa menjual barang jenis apa saja. Ini tentu sebuah hal yang menarik karena ini berarti usaha akan sangat mudah dijalankan. Kelemahan usaha ini adalah dropshiper tidak bisa menjamin kualitas pengiriman dan kualitas barang dagangan itu sendiri. Dropshiper harus menanggung komplain dari customer jika barang tidak sesuai.

Keberadaan usaha sampingan memang berasal dari adanya kebutuhan akan pendapatan tambahan. Walaupun terkesan sebagai usaha kecil, namun jika ditekuni akan bisa membuahkan hasil yang baik.

Tidak jarang orang yang menjalankan usaha sampingan mengembangkan usahanya tadi menjadi besar. Bahkan rela meninggalkan pekerjaan kantoran demi membesarkan usahanya tadi.

Continue Reading

Peluang Usaha

Peluang Usaha Yang Bisa Bikin Kamu Jadi Sultan, Cek Yuk!

Dunia usaha terus berkembang dan berevolusi. Hal itu sejalan dengan peluang usaha yang muncul. Setiap saat, bisa dipastikan ada model usaha baru yang melantai ke pasar.

Konsumen adalah yang paling diuntungkan dari banyaknya bisnis baru yang muncul ini. Seolah-olah semua masalah ada solusinya, hampir tidak ada yang tidak mungkin.

Bagi pengusaha, semakin kompleksnya kebutuhan manusia sejalan dengan semakin banyaknya peluang usaha.

Orang yang jeli dan tanggap akan kebutuhan ini akan langsung menangkap peluang-peluang yang ada. Sebenarnya, tidak ada usaha yang benar-benar baru. Semua usaha yang ada saat ini, bahkan yang dibilang revolusioner, adalah pengembangan dari usaha sebelumnya.

Mengapa Peluang Usaha Harus Ditangkap

Peluang ada karena ada permintaan dan kebutuhan. Ketika permintaan ini belum terpenuhi maka peluang itu masih terbuka lebar.

Kalian harus menangkap peluang ini agar kebutuhan masyarakat terpenuhi. Selain itu, usaha-usaha baru perlu dihasilkan untuk meningkatkan pendapatan kamu dan semua orang di sekitar kamu, karena sudah pasti bahwa munculnya usaha baru, berarti munculnya lapangan kerja.

Dengan munculnya lapangan kerja, berarti pendapatan masyarakat akan meningkat. Begitu juga dengan daya beli masyarakatnya.

Semakin banyak orang yang jeli melihat peluang usaha baru kemudian menjalankannya, maka kestabilan ekonomi bisa tercipta. Inilah mengapa usaha itu penting walaupun dalam skala yang kecil. Bahkan usaha rumahan sekalipun.

Dewasa ini, usaha-usaha baru cenderung dikerjakan oleh kaum muda atau millennial. Pun juga Pangsa pasar yang cukup potensial saat ini adalah millennial. Karena memang kaum ini cukup konsumtif dan ingin segalanya serba praktis dan cepat.

Mereka cenderung percaya apa yang dikatakan orang sebelum membeli sebuah produk. Inilah alasannya, peluang usaha baru perlu mendapat dukungan dari seluruh pihak. Dukungan ini untuk menciptakan keyakinan konsumen sebelum membeli sebuah produk.

Peluang Usaha Baru yang Bisa Dijalankan oleh Kaum Millenial

Dengan gaya hidup yang cukup tinggi, tentunya Millenial memerlukan banyak pemasukan. Inilah saatnya menangkap peluang usaha baru dan menjadikannya pundi-pundi rupiah. Sesuai dengan karakteristik Millenials yang cenderung mempercayai internet diatas segalanya, peluang usaha baru tidak jauh-jauh dari itu. Berikut beberapa pilihannya:

Peluang Usaha Persewaan Baju Branded

Siapa bilang baju dengan brand ternama dunia hanya bisa dipakai oleh para konglomerat?

Semua orang bisa tampil trendi dengan baju karya designer terbaik tanpa perlu bangkrut. Ini adalah peluang usaha yang sangat menarik. Bagaimana memulainya? Semuanya berawal dari internet. Bisnis ini menjawab kebutuhan sekaligus solusi untuk orang yang kelebihan stok baju branded.

Untuk memulai bisnis ini, kamu harus memiliki jaringan yang kuat dengan designer. Lakukan kerja sama dengan mereka sebagai penyuplai baju second line mereka.

Cara kerja usaha ini adalah pelanggan membayar sejumlah biaya berlangganan dalam sebulan untuk jumlah baju tertentu. Biasanya sekali peminjaman bisa 3-4 baju.

Usaha ini mengandalkan internet untuk sarana promosi dan pemasaran. Website perusahaan dan promosi di sosial media yang gencar menjadi kunci sukses.

Untuk awal usaha, tidak perlu menyewa tempat yang mahal, lakukan di rumah atau dengan menyewa rumah yang luas. Perlu diingat usaha ini memerlukan space yang luas untuk tempat penyimpanan baju beserta laundry-nya.

Modal awal yang diperlukan adalah untuk sewa rumah atau kantor, membeli peralatan laundry, membeli domain dan beberapa office supplies. Untuk stok baju yang akan disewakan, bisa dengan tanpa modal. Yaitu menjalin kesepakatan dengan designer dan menerapkan sistem bagi hasil.

Peluang Bisnis Sayur Mayur Online

Usaha ini tidak benar-benar baru karena sudah ada beberapa pemain yang melakukannya. Namun, tetap saja ini masih tergolong peluang usaha baru bagi kalangan konservatif atau baby boomers.

Tips sukses untuk bertahan bahkan mendulang keuntungan dari bisnis ini adalah ketersediaan produk. Banyak online shop untuk sayur mayur yang minim pasokan sehingga mengecewakan pembeli.

Untuk mengatasi ini, jaring kerjasama dengan banyak pemasok. Pemasok dalam hal ini adalah petani. Pastikan petani adalah supplier utama dan bukan agen sayur mayur. Mengapa harus petani? Karena dengan membeli langsung dari petani, harga menjadi lebih murah. Selain itu, petanilah yang bisa menjamin ketersediaan produk.

Peluang Usaha Jasa Cuci Sepatu

Jenis Usaha ini sudah ada sebelumnya. Namun, pemain di usaha ini masih jarang sehingga belum terlalu bisa menjawab kebutuhan masyarakat yang ingin sepatu mereka bersih tanpa harus repot.

Ada ratusan bahkan jutaan pengguna sepatu, dan ini adalah pasar yang sangat potensial. Usaha ini juga tidak memerlukan modal yang terlalu besar.

Modal awal diperlukan untuk sewa tempat, membeli chemical untuk mencuci sepatu, peralatan cuci sepatu, serta perlengkapan toko.

Dengan modal awal 5-10 juta, kamu sudah bisa memulai usaha ini. Untuk gaji karyawan, terapkan sistem gaji pokok dan insentif yang diambil dari jumlah sepatu yang dikerjakan. Dengan begini, integritas karyawan akan semakin tinggi.

Untuk lokasi usaha, carilah yang dekat dengan perkantoran atau pusat perbelanjaan. Perkaya juga pengetahuan mengenai jenis-jenis bahan sepatu dan perawatannya. Karena tidak semua sepatu bisa diperlakukan sama.

Pasarkan usaha ini dengan gencar melalui internet dan media sosial. Bisa dengan membuat vlog, memuat foto-foto before and after, serta website perusahaan yang kompeten.

Peluang Usaha Financial Planner

Millenial adalah generasi yang boros namun sangat peduli pada hal-hal berbau investasi.

Mereka rela bangkrut demi travelling, tapi juga rela pelit demi bisa membeli produk investasi. Kecenderungan mereka untuk asal beli besar sekali. Oleh karena itu, mereka perlu kehadiran seorang financial planner. Peluang usaha di bidang ini terbuka lebar.

Boleh dibilang usaha ini minim modal. Namun bukan berarti tidak pakai modal sama sekali.

Keahlian tentang financial planning adalah modal terbesar, perlu pendidikan yang cukup untuk bisa memiliki keahlian ini. Tidak hanya untuk perorangan, jasa ini juga diperlukan oleh perusahaan. Bisa dibilang jasa ini akan terus dibutuhkan orang.

Untuk menjaring konsumen, promosikan jasa melalui media sosial. Lebih dalam lagi, adakan workshop atau juga sharing session yang menggandeng komunitas, perusahaan atau kemahasiswaan.

Gencarkan promosi melalui website dan media sosial. Berikan konten-konten mengenai perencanaan keuangan dan tips-tips mengatur keuangan.

Travel Photography

Fotografi memang bukan barang baru. Usaha di bidang ini juga bukanlah usaha yang benar-benar baru. Namun, tetap selalu ada peluang usaha baru setiap harinya. Tak ketinggalan di bidang fotografi.

Dengan meningkatnya minat masyarakat untuk berwisata dan mengabadikan momen wisata itu, travel fotografi mendapatkan pasarnya. Perlu diketahui traveler saat ini ingin berwisata tanpa perlu repot-repot mengambil foto dirinya sendiri dan memilih orang lain untuk melakukannya.

Usaha ini juga memaksimalkan penggunaan sosial media sebagai promosinya. Idealnya, travel fotografi ini tersedia di setiap kota di Indonesia.

Peluang usaha yang bisa diambil adalah menjadi private fotografer yang mengabadikan setiap momen wisata traveler. Foto-foto candid biasanya banyak disukai traveler. Modal usaha ini cenderung kecil, hanya perlu membeli kamera dengan lensa yang mumpuni.

Jasa Penyedia Adopsi Peliharaan

Mungkin usaha ini terdengar aneh. Namun, ini adalah peluang usaha yang sangat bisa digarap oleh millennial.

Banyak hewan-hewan terlantar yang memerlukan pertolongan. Selain itu, ada juga orang yang sudah kelebihan peliharaan. Millenial yang ingin menjajal usaha ini bisa mulai dengan membuat aplikasi yang bisa diunduh.

Melalui aplikasi itu, informasikan hewan-hewan yang perlu diadopsi. Selain itu, bisa juga untuk mengajak masyarakat berdonasi untuk kepentingan pemeliharaan atau menolong hewan.

Seperti diketahui di Indonesia ini masih jarang komunitas yang memperhatikan masalah kebutuhan hewan. Untuk itu, hadirnya jasa penyedia adopsi hewan akan sangat membantu.

Produsen Eco-Product

Dengan semangat untuk menghapuskan sampah plastik dari bumi ini, perlu ada sebuah badan usaha yang mampu memproduksi pengganti plastik.

Jawabannya adalah dengan memproduksi dari bahan-bahan yang mudah terurai. Untuk bisa sukses di usaha ini, perlu bergabung dengan beberapa komunitas penggiat lingkungan dan juga UMKM.

Telah banyak UMKM yang memproduksi barang sekali pakai dengan bahan-bahan alami. Selain mempunyai nilai ekonomi, peluang usaha ini juga menjadi solusi bagi masalah yang sangat penting, yaitu sampah plastik. Dengan kata lain, usaha ini menyelamatkan bumi.

Blogging

Millenial sangat menyukai usaha ini. Hanya perlu membuat blog atau website dan mengisinya dengan konten-konten menarik, memastikan traffic website ramai, serta konsisten mengunggah konten, maka sebuah blog bisa dijadikan mesin uang.

Tentunya, seseorang yang ingin sukses menjadi blogger harus memiliki keahlian menulis. Bukan asal menulis, tapi bisa memproduksi artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Promosikan blog melalui media sosial dengan cara memberikan upload caption-caption menarik yang berhubungan dengan konten di blog. Arahkan follower untuk mengunjungi blog jika ingin mengetahui info lengkapnya.

Blogging sangat mudah dikerjakan karena bisa dijalankan dari mana saja. Bahkan dari sebuah kamar kos sekalipun.

Bisnis Aplikasi Konsultasi Gizi

Saat ini budaya hidup sehat sedang digandrungi. Istilah body goals-pun makin akrab di telinga orang-orang.

Untuk mencapai body goals ada langkah-langkah yang harus dilalui. Salah satunya adalah masalah makanan atau diet menu. Sebenarnya sudah ada beberapa pemain di bisnis ini, namun mereka kebanyakan berperan sebagai penyedia menu diet.

Bagi millennials, menjadi konsultan gizi lebih menantang daripada harus terjun ke dapur untuk memasak menu yang dianjurkan.

Membuat aplikasi khusus mengenai konsultasi gizi akan sangat menarik bagi masyarakat. Selain itu, usaha model startup ini sangat cocok untuk millennial yang sangat mengandalkan internet untuk kehidupan sehari-hari.

Virtual Assistant

Millenial ingin keleluasaan dalam bekerja, mereka tidak suka terikat dengan jam kerja dan aturan-aturan yang kaku.

Oleh karena itu menyediakan jasa sebagai virtual assistant adalah peluang usaha yang cocok untuk millennial. Untuk mendapatkan customer, seorang virtual assistant perlu membuat milestone atau summary tentang apa saja yang sanggup dikerjakan.

Berbekal summary dan milestone tadi, seorang calon virtual assistant bisa menawarkan jasanya melalui website perusahaan dengan dukungan promosi di media sosial.

Unggah hal-hal yang berhubungan dengan jasa yang diberikan serta pasang tarif yang relevan. Usaha ini bukan usaha baru namun tetap ini ide bisnis yang potensial untuk millennial

Peluang usaha bisa datang dari mana saja. Modal juga bisa beragam untuk setiap bisnisnya.

Namun yang terpenting adalah bukan berapa modal yang dimiliki, namun konsistensi untuk memulai dan menjalankan usaha itu.

Tanggap akan kebutuhan-kebutuhan manusia dan sediakan solusi untuk kebutuhan itu. Selamat mencoba berwirausaha!

Continue Reading

Bisnis

Tips Memulai Bisnis Bagi Mahasiswa yang Bisa Kamu Tiru

Zaman sekarang tidak ada batasan umur seseorang untuk memulai bisnis. Termasuk dari kalangan anak kuliahan atau mahasiswa. Apalagi sekarang banyak sekali peluang usaha yang masih sangat menjanjikan untuk dikerjakan oleh mahasiswa.

Banyak yang berawal hanya sekedar coba-coba atau dari hobi malah menjadi ladang penghasilan yang menjanjikan.

Bagi mahasiswa yang mulai tertarik berbisnis, berikut cara memulai bisnis untuk anak kuliahan yang bisa kalian coba

Harus Segera Mengambil Langkah Pertama

Bagi mahasiswa yang masih punya kebiasaan menunda-nunda pekerjaan, coba mulai hentikan hal tersebut jika ingin segera punya bisnis.

Menunda pekerjaan sama artinya dengan menyia-nyiakan banyak waktu. Sebaiknya jangan terlalu sering bersantai-santai dan merasa terlalu dini menjadi seorang pebisnis sebab masih berstatus pelajar.

Pada dasarnya tidak ada kata terlalu dini untuk menjadi pengusaha sukses.

Malah lebih baik, justru saat masih kuliah ini adalah waktu yang terbaik untuk meraih kesuksesan dalam usia muda.

Sudah banyak orang yang berhasil meraih kesuksesannya walaupun usianya masih tergolong muda. Untuk itu, mulai sekarang belajarlah tidak menunda-nunda pekerjaan.

Menuangkan Ide Bisnis Dalam sebuah Proposal

Jika selama ini menganggap jika proposal dalam memulai bisnis tidak terlalu penting, sebenarnya itu adalah pemikiran yang salah besar.

Faktanya, proposal bisa memperjelas dengan detail tentang ide bisnis yang akan dibuat. Proposal adalah tempat untuk menuangkan ide bisnis sehingga perencanaannya menjadi lebih jelas.

Selain itu, proposal  juga bisa digunakan untuk mencari partner bisnis. Coba ajukan proposal tersebut pada pihak-pihak yang berpotensi untuk mendukung keberhasilan bisnis yang dirintis.

Bagi yang bingung, proposal bisnis itu apa saja isinya? Isi proposal pada intinya berisi tujuan, perencanaan, apa saja yang dibutuhkan, modal, bahan baku, dan lainnya.

Awal Memulai Bisnis Carilah Dukungan Mentor

Oleh karena status masih mahasiswa, tentu banyak hal yang harus dipelajari dalam berbisnis. Untuk itu jangan ragu untuk meminta dukungan para mentor.

Para mentor akan membantu mengarahkan tujuan supaya lebih tepat sasaran. Dengan berkonsultasi dengan mentor, tentu saja dapat menambah pemahaman terhadap dunia bisnis.

Semua hal terkait bisnis yang awalnya tidak bisa diketahui, bisa lebih paham karena penjelasan dari mentor yang tepat. Jangan pernah ragu untuk meminta bimbingan para mentor terbaik.

Tidak perlu jauh-jauh, karena di kampus banyak sekali berkumpul para ahli dan professor. Sesekali meminta bimbingan dari mereka adalah pilihan terbaik untuk memulai bisnis.

Mengikuti Kelas Atau Seminar Bisnis

Walaupun bukan mahasiswa jurusan bisnis bukan merupakan halangan untuk memperlajarinya.

Ikuti saja beberapa kelas bisnis yang bisa bermanfaat untuk menambah skill dan kemampuan di bidang bisnis. Apalagi sekarang banyak ditawarkan kelas bisnis dengan beragam pilihan paket tertentu.

Ikuti saja salah satunya dengan memilih  yang paling bisa membantu untuk perkembangan bisnis yang akan dirintis. Seminar-seminar bisnis juga belakangan ini sering diadakan.

Biasanya seminar bisnis digelar melalui webinar, dan lainnya. Dengan cara ini selain bisa menambah pengetahuan tentang bisnis, dapat juga menjadi ajang untuk mencari relasi sejak dini.

Pertimbangkan Modal Awal Yang Dimiliki

Ketika memulai bisnis sebagai seorang mahasiswa juga perlu untuk mempertimbangkan modal awal sejak dini.

Dalam hal ini modal memang punya peran penting jika ingin membuka usaha atau bisnis. Namun, karena posisinya masih sebagai pelajar mahasiswa, seringkali merasa tidak yakin modal yang dimiliki mencukupi. Anggapan seperti ini sebaiknya dihilangkan.

Modal faktanya tidak melulu soal uang. Selain uang, yang namanya modal sebetulnya bisa berupa pengetahuan, relasi, maupun keahlian.

Misalnya pengetahuan, yaitu terkait dengan kemampuan untuk melakukan riset supaya bisnis dapat berjalan dengan lancar. Lalu relasi, yang sangat dibutuhkan terutama dalam urusan penambahan modal.

Terakhir modal yang berupa keahlian. Setiap orang pasti punya keahlian masing-masing.

Sebagai seorang mahasiswa, jangan sia-siakan keahlian tersebut karena bisa menjadi modal bisnis. Misalnya punya keahlian masak, coba saja buka usaha kuliner. Punya keahlian fotografi, buka saja jasa foto wedding, dan lain sebagainya.

Mencoba Untuk Magang Dan Terjun Langsung Dalam Dunia Bisnis

Memulai bisnis bagi seorang mahasiswa bisa dilakukan dengan cara terjun langsung dalam dunia tersebut. Caranya adalah dengan magang di sebuah perusahaan. Magang di sebuah perusahaan akan membantu mencari pengalaman dan tempat belajar yang tepat.

Ilmu tentang berbisnis ada banyak sekali yang bisa dipelajari di tempat magang. Bahkan tidak hanya pengetahuan dan pengalaman saja yang bisa didapatkan. Beberapa perusahaan tempat magang, kadang juga memberikan sejumlah uang sebagai bayaran.

Menjadikan Media Sosial Sebagai Alat Pemasaran Yang Paling Ampuh

Saat ini jamannya apa-apa serba digital. Mahasiswa sekarang terutama kaum milenial, tidak boleh sampai tidak paham teknologi digital. Termasuk semua hal yang menyangkut media sosial. Hal ini karena media sosial bisa menjadi alat pemasaran paling ampuh supaya produk lebih dikenal banyak orang.

Belajarlah untuk mulai memahami karakteristik pengguna dan setiap platform media sosial.

Cari tahu bagaimana cara memaksimalkan media sosial untuk kepentingan perkembangan bisnis yang dijalankan. Misalnya dengan membuat video trailer tentang produk bisnis saat akan melakukan launcing. Jangan lupa untuk membuat yang paling menarik supaya banyak yang melihat.

Seumpama mengandalkan instagram sebagai media sosial pilihan, cabalah untuk lebih pintar dalam mengatur feed.

Namun jika menggunakan media sosial lain, bisa disesuaikan menurut karakteristik masing-masing. Sudah saatnya bagi mahasiswa untuk lebih paham teknologi saat memulai bisnis.

Cobalah Untuk Mengikuti Lomba-lomba Di Kampus

Kampus atau universitas sering menyelenggarakan lomba-lomba tertentu, salah satunya bidang kewirausahaan.

Cobalah untuk mengikuti perlombaan tersebut karena hal ini juga termasuk langkah memulai bisnis seorang mahasiswa. Siapa tahu, bisa menang dan mendapat hadiah. Jika mendapatkan hadiah berupa uang tunai, bukankah lumayan untuk dijadikan tambahan modal usaha?

Saat ini bahkan banyak sekali lomba yang diperuntukkan untuk pengusaha muda dengan hadiah modal bisnis yang jumlahnya tidak sedikit. Selain itu, kadang juga ada lomba-lomba kewirausahaan juga menawarkan hadiah lain. Misalnya mentoring, tempat bisnis, dan lain sebagainya.

Melakukan Diskusi Dengan Teman Kampus Yang Satu Pikiran

Melakukan diskusi dengan teman kampus juga merupakan salah satu langkah memulai bisnis bagi mahasiswa.

Jika punya teman yang kebetulan punya pikiran yang sama terutama dalam hal berbisnis, ajak saja mereka untuk berdiskusi. Utarakan segala gagasan, atau pengalaman dengan teman tersebut.

Siapa tahu dengan berdiskusi bisa melahirkan suatu gagasan bisnis yang menarik. Tinggal selanjutnya kembangkan ide tersebut bersama-sama.

Tanamkan Sikap Pantang Menyerah

Teruntuk mahasiswa jika ingin memulai bisnis, sebaiknya tanamkan sejak dini untuk tidak ada kata menyerah.

Pada dasarnya untuk meraih kesuksesan tidak ada jalan yang mudah, terutama dalam bidang bisnis. Yakinkan diri sejak awal, jika akan selalu bekerja keras demi perkembangan bisnis yang akan dijalankan.

Penanaman mental yang baik sejak awal akan membantu untuk bertahan dan terus belajar mengembangkan suatu bisnis di masa depan.

Baca Juga: Inilah Kerja Sampingan yang Cocok Untuk Mahasiswa

Kegagalan merupakan hal biasa dirasakan oleh seorang pengusaha. Yang perlu dilakukan hanya harus bangkit dan berusaha memperbaiki apa yang menjadi penyebab kegagalan tersebut.

Faktanya memulai bisnis memang bisa dilakukan oleh siapa saja. Baik pelajar, ibu rumah tangga, dan lainnya termasuk masih berstatus mahasiswa.

Malahan sangat baik jika sudah punya pikiran untuk sukses sejak usia muda. Jangan lupa untuk selalu berpikir positif supaya lebih yakin mengembangkan bisnis.

Continue Reading

TOP STORIES