Connect with us

Bisnis

Tips Memulai Bisnis Bagi Mahasiswa yang Bisa Kamu Tiru

Zaman sekarang tidak ada batasan umur seseorang untuk memulai bisnis. Termasuk dari kalangan anak kuliahan atau mahasiswa. Apalagi sekarang banyak sekali peluang usaha yang masih sangat menjanjikan untuk dikerjakan oleh mahasiswa.

Banyak yang berawal hanya sekedar coba-coba atau dari hobi malah menjadi ladang penghasilan yang menjanjikan.

Bagi mahasiswa yang mulai tertarik berbisnis, berikut cara memulai bisnis untuk anak kuliahan yang bisa kalian coba

Harus Segera Mengambil Langkah Pertama

Bagi mahasiswa yang masih punya kebiasaan menunda-nunda pekerjaan, coba mulai hentikan hal tersebut jika ingin segera punya bisnis.

Menunda pekerjaan sama artinya dengan menyia-nyiakan banyak waktu. Sebaiknya jangan terlalu sering bersantai-santai dan merasa terlalu dini menjadi seorang pebisnis sebab masih berstatus pelajar.

Pada dasarnya tidak ada kata terlalu dini untuk menjadi pengusaha sukses.

Malah lebih baik, justru saat masih kuliah ini adalah waktu yang terbaik untuk meraih kesuksesan dalam usia muda.

Sudah banyak orang yang berhasil meraih kesuksesannya walaupun usianya masih tergolong muda. Untuk itu, mulai sekarang belajarlah tidak menunda-nunda pekerjaan.

Menuangkan Ide Bisnis Dalam sebuah Proposal

Jika selama ini menganggap jika proposal dalam memulai bisnis tidak terlalu penting, sebenarnya itu adalah pemikiran yang salah besar.

Faktanya, proposal bisa memperjelas dengan detail tentang ide bisnis yang akan dibuat. Proposal adalah tempat untuk menuangkan ide bisnis sehingga perencanaannya menjadi lebih jelas.

Selain itu, proposal  juga bisa digunakan untuk mencari partner bisnis. Coba ajukan proposal tersebut pada pihak-pihak yang berpotensi untuk mendukung keberhasilan bisnis yang dirintis.

Bagi yang bingung, proposal bisnis itu apa saja isinya? Isi proposal pada intinya berisi tujuan, perencanaan, apa saja yang dibutuhkan, modal, bahan baku, dan lainnya.

Awal Memulai Bisnis Carilah Dukungan Mentor

Oleh karena status masih mahasiswa, tentu banyak hal yang harus dipelajari dalam berbisnis. Untuk itu jangan ragu untuk meminta dukungan para mentor.

Para mentor akan membantu mengarahkan tujuan supaya lebih tepat sasaran. Dengan berkonsultasi dengan mentor, tentu saja dapat menambah pemahaman terhadap dunia bisnis.

Semua hal terkait bisnis yang awalnya tidak bisa diketahui, bisa lebih paham karena penjelasan dari mentor yang tepat. Jangan pernah ragu untuk meminta bimbingan para mentor terbaik.

Tidak perlu jauh-jauh, karena di kampus banyak sekali berkumpul para ahli dan professor. Sesekali meminta bimbingan dari mereka adalah pilihan terbaik untuk memulai bisnis.

Mengikuti Kelas Atau Seminar Bisnis

Walaupun bukan mahasiswa jurusan bisnis bukan merupakan halangan untuk memperlajarinya.

Ikuti saja beberapa kelas bisnis yang bisa bermanfaat untuk menambah skill dan kemampuan di bidang bisnis. Apalagi sekarang banyak ditawarkan kelas bisnis dengan beragam pilihan paket tertentu.

Ikuti saja salah satunya dengan memilih  yang paling bisa membantu untuk perkembangan bisnis yang akan dirintis. Seminar-seminar bisnis juga belakangan ini sering diadakan.

Biasanya seminar bisnis digelar melalui webinar, dan lainnya. Dengan cara ini selain bisa menambah pengetahuan tentang bisnis, dapat juga menjadi ajang untuk mencari relasi sejak dini.

Pertimbangkan Modal Awal Yang Dimiliki

Ketika memulai bisnis sebagai seorang mahasiswa juga perlu untuk mempertimbangkan modal awal sejak dini.

Dalam hal ini modal memang punya peran penting jika ingin membuka usaha atau bisnis. Namun, karena posisinya masih sebagai pelajar mahasiswa, seringkali merasa tidak yakin modal yang dimiliki mencukupi. Anggapan seperti ini sebaiknya dihilangkan.

Modal faktanya tidak melulu soal uang. Selain uang, yang namanya modal sebetulnya bisa berupa pengetahuan, relasi, maupun keahlian.

Misalnya pengetahuan, yaitu terkait dengan kemampuan untuk melakukan riset supaya bisnis dapat berjalan dengan lancar. Lalu relasi, yang sangat dibutuhkan terutama dalam urusan penambahan modal.

Terakhir modal yang berupa keahlian. Setiap orang pasti punya keahlian masing-masing.

Sebagai seorang mahasiswa, jangan sia-siakan keahlian tersebut karena bisa menjadi modal bisnis. Misalnya punya keahlian masak, coba saja buka usaha kuliner. Punya keahlian fotografi, buka saja jasa foto wedding, dan lain sebagainya.

Mencoba Untuk Magang Dan Terjun Langsung Dalam Dunia Bisnis

Memulai bisnis bagi seorang mahasiswa bisa dilakukan dengan cara terjun langsung dalam dunia tersebut. Caranya adalah dengan magang di sebuah perusahaan. Magang di sebuah perusahaan akan membantu mencari pengalaman dan tempat belajar yang tepat.

Ilmu tentang berbisnis ada banyak sekali yang bisa dipelajari di tempat magang. Bahkan tidak hanya pengetahuan dan pengalaman saja yang bisa didapatkan. Beberapa perusahaan tempat magang, kadang juga memberikan sejumlah uang sebagai bayaran.

Menjadikan Media Sosial Sebagai Alat Pemasaran Yang Paling Ampuh

Saat ini jamannya apa-apa serba digital. Mahasiswa sekarang terutama kaum milenial, tidak boleh sampai tidak paham teknologi digital. Termasuk semua hal yang menyangkut media sosial. Hal ini karena media sosial bisa menjadi alat pemasaran paling ampuh supaya produk lebih dikenal banyak orang.

Belajarlah untuk mulai memahami karakteristik pengguna dan setiap platform media sosial.

Cari tahu bagaimana cara memaksimalkan media sosial untuk kepentingan perkembangan bisnis yang dijalankan. Misalnya dengan membuat video trailer tentang produk bisnis saat akan melakukan launcing. Jangan lupa untuk membuat yang paling menarik supaya banyak yang melihat.

Seumpama mengandalkan instagram sebagai media sosial pilihan, cabalah untuk lebih pintar dalam mengatur feed.

Namun jika menggunakan media sosial lain, bisa disesuaikan menurut karakteristik masing-masing. Sudah saatnya bagi mahasiswa untuk lebih paham teknologi saat memulai bisnis.

Cobalah Untuk Mengikuti Lomba-lomba Di Kampus

Kampus atau universitas sering menyelenggarakan lomba-lomba tertentu, salah satunya bidang kewirausahaan.

Cobalah untuk mengikuti perlombaan tersebut karena hal ini juga termasuk langkah memulai bisnis seorang mahasiswa. Siapa tahu, bisa menang dan mendapat hadiah. Jika mendapatkan hadiah berupa uang tunai, bukankah lumayan untuk dijadikan tambahan modal usaha?

Saat ini bahkan banyak sekali lomba yang diperuntukkan untuk pengusaha muda dengan hadiah modal bisnis yang jumlahnya tidak sedikit. Selain itu, kadang juga ada lomba-lomba kewirausahaan juga menawarkan hadiah lain. Misalnya mentoring, tempat bisnis, dan lain sebagainya.

Melakukan Diskusi Dengan Teman Kampus Yang Satu Pikiran

Melakukan diskusi dengan teman kampus juga merupakan salah satu langkah memulai bisnis bagi mahasiswa.

Jika punya teman yang kebetulan punya pikiran yang sama terutama dalam hal berbisnis, ajak saja mereka untuk berdiskusi. Utarakan segala gagasan, atau pengalaman dengan teman tersebut.

Siapa tahu dengan berdiskusi bisa melahirkan suatu gagasan bisnis yang menarik. Tinggal selanjutnya kembangkan ide tersebut bersama-sama.

Tanamkan Sikap Pantang Menyerah

Teruntuk mahasiswa jika ingin memulai bisnis, sebaiknya tanamkan sejak dini untuk tidak ada kata menyerah.

Pada dasarnya untuk meraih kesuksesan tidak ada jalan yang mudah, terutama dalam bidang bisnis. Yakinkan diri sejak awal, jika akan selalu bekerja keras demi perkembangan bisnis yang akan dijalankan.

Penanaman mental yang baik sejak awal akan membantu untuk bertahan dan terus belajar mengembangkan suatu bisnis di masa depan.

Baca Juga: Inilah Kerja Sampingan yang Cocok Untuk Mahasiswa

Kegagalan merupakan hal biasa dirasakan oleh seorang pengusaha. Yang perlu dilakukan hanya harus bangkit dan berusaha memperbaiki apa yang menjadi penyebab kegagalan tersebut.

Faktanya memulai bisnis memang bisa dilakukan oleh siapa saja. Baik pelajar, ibu rumah tangga, dan lainnya termasuk masih berstatus mahasiswa.

Malahan sangat baik jika sudah punya pikiran untuk sukses sejak usia muda. Jangan lupa untuk selalu berpikir positif supaya lebih yakin mengembangkan bisnis.

Mendirikan situs income.id sebagai perwujudan pengabdian kepada bangsa dan negara indonesia melalui media yang informatif dan edukatif

Peluang Usaha

Mau Bisnis Pulsa? Kamu Wajib baca ini !

Menjadi seorang penjual pulsa saat ini merupakan sebuah bisnis yang sangat menjanjikan. Namun, agar bisnis jual beli pulsa bisa berjalan dengan lancar, pastikan agen yang memberikan pasokan pulsa bisa bekerja dengan baik.

Metro Pulsa dengan web resminya agenpulsamurah.id menjadi agen pulsa termurah dengan kualitas yang sudah tidak diragukan lagi. Metro Pulsa siap memasok pulsa untuk kelancaran bisnis pulsa kamu.

Sekilas Metro Pulsa

Agen pulsa memegang peranan penting dalam kelancaran dan kesuksesan berbisnis jual beli pulsa. Seorang agen pulsa bertugas untuk memastikan agar proses transaksi pulsa bisa berjalan lancar. Agen pulsa juga menjadi tempat untuk memasok pulsa yang akan dijual kembali ke masyarakat.

Metro Pulsa yang berdiri sejak 2015 merupakan agen pulsa terpercaya yang sudah memiliki banyak sekali konsumen. Metro Pulsa memiliki pelayanan yang cepat dan memuaskan sehingga dipercaya oleh banyak konsumen.

Selain menjual pulsa, Metro Pulsa juga memiliki produk lain seperti paket internet, voucher game, token listrik, dan lain-lain.

Metro Pulsa menawarkan pulsa dengan harga murah untuk modal jual beli pulsa. Mitra Metro Pulsa juga akan diberikan bonus melalui sistem keagenan yang mereka siapkan. Proses pendaftaran menjadi mitra Metro Pulsa pun sangat mudah.

Manfaat Pulsa dalam Kehidupan Sehari-Hari

Pulsa memberikan manfaat yang sangat besar dalam kehidupan sehari-hari. Apalagi pada era teknologi yang sangat berkembang saat ini, manusia tidak bisa dilepaskan dari telepon seluler dan internet.

Orang membutuhkan pulsa agar dapat mengakses internet melalui telepon selulernya. Berikut ini adalah manfaat pulsa dalam kehidupan sehari-hari.

1. Memperlancar Aktivitas Manusia dengan Internet

Dengan akses internet, orang bisa melakukan apa saja mulai dari berkomunikasi, mencari informasi hingga bermain game.

Sehingga dengan adanya pulsa, dapat mendukung kelancaran aktivitas manusia yang berkaitan dengan internet. Dengan memiliki pulsa, orang bahkan bisa melakukan komunikasi jarak jauh hingga ke luar negeri.

2. Melakukan Transaksi Online

Tak cukup di situ, pulsa kini tidak hanya sebagai pendukung manusia untuk akses internet. Ada banyak hal lain yang bisa dilakukan dengan pulsa salah satunya membeli voucher game atau keanggotaan premium di sebuah aplikasi.

Voucher game bisa digunakan untuk berbagai item dalam game tersebut mulai dari senjata, baju, dan lain-lain.

Sementara dengan keanggotaan premium pada sebuah aplikasi membuat orang bisa mengeksplorasi lebih jauh dan mendapatkan manfaat yang lebih besar dalam penggunaan aplikasi tersebut. Dan yang terpenting, dapat terhindar dari iklan yang mengganggu.

Bila dulu orang memerlukan kartu kredit untuk membeli voucher game dan keanggotaan premium di sebuah aplikasi, maka kini proses tersebut bisa dilakukan dengan menggunakan pulsa. Bahkan beberapa transaksi online lainnya juga bisa dilakukan dengan menggunakan pulsa.

Baca Juga: Mau Punya Produk Kosmetik Sendiri ? Kerjasama aja Dengan Mashmoshem.co.id

Manfaat Menjadi Pebisnis Pulsa

Pulsa menjadi barang yang masih sangat diperlukan saat ini, ketika teknologi sedang berkembang pesat. Sehingga menjadi seorang penjual pulsa saat ini bisa memberikan manfaat yang bisa dirasakan.

Dengan menjadi seorang penjual pulsa, seseorang bisa mendapatkan tambahan pemasukan untuk uang jajan. Uang jajan dari penjualan pulsa ini bisa digunakan tanpa perlu mengganggu kebutuhan sehari-hari.

Menjadi seorang penjual pulsa merupakan ide bisnis yang sangat menguntungkan. Dengan modal yang kecil, profit yang bisa diraup bisa sangat besar. Siapapun bisa menjadi seorang penjual pulsa, tanpa dibatasi oleh usia. Namun, yang terpenting sebelum menjadi seorang penjual pulsa, pastikan terdaftar pada agen pulsa yang terpercaya.

Metro Pulsa sebagai agen pulsa terpercaya memberikan pelayanan yang cepat dan memuaskan kepada para mitranya. Harga pulsa yang ditawarkan oleh Metro Pulsa cukup miring. Ditambah lagi mitra Metro Pulsa bisa melakukan transaksi dengan mudah menggunakan berbagai metode.

Continue Reading

Peluang Usaha

Mau Punya Produk Kosmetik Sendiri ? Kerjasama aja Dengan Mashmoshem.co.id

Anda yang ingin memiliki brand kosmetik sendiri kini bisa sedikit terbantu dengan adanya maklon kosmetik PT. Mash Moshem Indonesia. Melalui jasa maklon, Anda akan bisa membuat sebuah produk yang pantas untuk dipasarkan tanpa pusing memikirkan bagaimana cara untuk bisa membuatnya.

Intinya dengan bantuan dari PT Mash Moshem yang sudah berpengalaman sejak 2011 akan membuat Anda bisa memiliki produk kosmetik sendiri. Bahkan melalui PT Mash Moshem, Anda bisa menyerahkan semuanya kepada mereka. Tetapi itu semua bukan berarti Anda tidak melakukan apa-apa.

Ada syarat ketentuan kerjasama yang harus Anda penuhi untuk bisa dapat berkerjasama. Untuk lebih jelasnya akan kami paparkan mengenai apa saja syarat ketentuan yang harus Anda penuhi untuk bisa bekerjasama dengan salah satu PT maklon kosmetik terbaik di Indonesia. Kurang lebih syarat ketentuannya adalah sebagai berikut.

Menyiapkan Brand Atas Nama Anda Sendiri

Syarat pertama untuk maklon kometik adalah menyiapkan brand atas nama Anda sendiri. Brand merupakan penanda bawasannya produk tersebut adalah milik Anda. Untuk bisa mendapatkan brand, Anda hanya perlu memberikan copy sertifikat merek dan bukti pendaftaran brand bila masih dalam proses.

Lalu bagaimana Anda yang belum memiliki brand? Tentu Anda harus membuatnya karena ini adalah syarat ketentuan utama untuk bisa bekerjasama dengan PT. Mash Moshem Indonesia. Tenang saja, proses pendaftaran brand kini bisa dilakukan secara online juga.

Anda yang tidak memiliki koneksi bisa melakukan pendaftaran online agar lebih mudah dilakukan. Tetapi untuk kecepatan proses akan lebih cepat secara offline karena semua data yang diminta akan bisa langsung diserahkan kepada pihak yang berwenang mengurusi terbitnya brand.

Menyiapkan Dana Untuk Persetujuan Kerjasama

Selanjutnya untuk syarat ketentuan kedua sudah pasti adalah dana. Disini Anda mempercayakan proses produksi produk Anda kepada PT. Mash Moshem Indonesia. Sehingga wajar bila PT. Mash Moshem yang sudah berpengalaman meminta sebuah dana untuk keperluan operasional mereka.

Ada pun rincian dana yang harus Anda persiapkan untuk digunakan dalam keperluan sebagai berikut.

  1. Keperluan pendaftaran BPOM dan sertifikat halal
  2. Keperluan pembuatan mini produk pertama (sampel)
  3. Pengujian laboratorium dan pembuatan produk massal

Menyiapkan Konsep Produk Komestik Anda

Sesudah Anda menyiapkan dua syarat ketentuan awal. Anda musti menyiapkan syarat ketentuan final yakni konsep produk. Anda sendiri pemilik produk harus memastikan produk yang Anda inginkan seperti apa. Entah dari segi kualitasnya, kemasannya, bentuknya dan lain sebagainya.

Proses penyiapan konsep ini bisa Anda pilih melalui konsultasi tatap muka offline atau online. Sekarang PT. Mash Moshem sudah buka operasional mulai dari jam 08.00 sampai 17.00. Itu berarti Anda bisa bebas melakukan video call dengan tim ahli dari PT Mash Moshem.

Baca Juga: Cek Tagihan Listrik Pascabayar Secara Online Sangat Mudah

Sesudah Anda menentukan konsep produk, buat rinciannya dengan teliti untuk diserahkan kepada PT Mash Moshem. Tidak usah kawatir bila tidak tahu cara merincinya karena sudah disiapkan form perincian khusus supaya lebih memudahkan Anda. Anda pun juga bisa menggunakan produk yang sudah terkenal sebagai acuan produk Anda.

Bagaimana sudah paham akan syarat ketentuan yang harus Anda penuhi untuk bisa mendapatkan kerjasama dengan salah satu perusahaan maklon terbaik Indonesia? Bila sudah paham, langsung saja hubungi PT Mash Moshem Indonesia melalui link https://mashmoshem.co.id/ untuk bisa membuat maklon kosmetik impian Anda yang siap dipasarkan dan bersaing.

Continue Reading

Bisnis

Inilah Penyedia Hosting Murah Terbaik

Menggunakan layanan hosting untuk membangun sebuah website seperti sebuah kewajiban yang tidak tertulis. Karenanya banyak yang berusaha mencari layanan hosting yang tepat, seperti penyedia hosting murah namun dengan kualitas yang tidak murahan.

Penyedia Hosting yang Baik Harus Memiliki Semua Hal Ini

Meskipun mencari hosting murah seperti sebuah keharusan, tapi bukan berarti hal lain boleh diabaikan begitu saja. Karena yang penting dari hosting tidak hanya melulu soal harga saja tapi juga pelayanan yang diberikan oleh perusahaan penyedia jasanya.

Sebelum memilih perusahaan tersebut, perhatikan dulu beberapa hal di bawah ini.

1. Layanan Pelanggan yang Membantu

Pertama adalah pastikan bahwa layanan pelanggan yang diberikan oleh perusahaan tersebut dapat membantu pelanggan dengan baik.

Karena tidak menutup kemungkinan saat menggunakan hosting timbul beberapa pertanyaan, atau ada beberapa hal yang tidak dimengerti. Saat itulah kehadiran layanan pelanggan sangat dibutuhkan untuk membantu pelanggan keluar dari masalah yang dihadapi.

2. Pilihan Paket yang Lengkap

Selain menyediakan layanan pelanggan yang baik, hal lain yang juga harus diperhatikan adalah pilihan paket yang disediakan.

Pilihan paket ini haruslah diperhatikan sesuai dengan kebutuhan pelanggannya. Seperti paket untuk pemula yang pasti memiliki pilihan layanan dan juga harga yang berbeda dengan paket untuk para ahli,

3. Daftar Harga yang Jelas

Tidak jarang dalam menggunakan hosting akan membutuhkan pelayanan tambahan yang dibutuhkan dan terkadang tidak masuk ke dalam paket.

Untuk menghindari harga yang membengkak, pastikan bahwa perusahaan penyedia layanan memiliki daftar harga yang lengkap untuk jasa yang ditawarkan. Sehingga pengguna bisa ikut berhitung, dan meminimalisir terjadinya pembengkakan terhadap biaya.

4. Layanan Hosting yang Berkualitas

Lalu pastikan bahwa layanan hosting yang diberikan memiliki kualitas yang baik dan sudah terpercaya. Cara mengetahuinya adalah dengan melihat dari testimoni pelanggan yang ada.

Selain itu review lain dari pelanggan juga bisa dijadikan acuan. Karena percuma saja sudah membayar apabila layanan yang diberikan sama sekali tidak memuaskan dan malah terkesan sangat buruk.

5. Garansi Produk yang Sesuai

Terakhir pastikan bahwa perusahaan mampu untuk memberikan garansi produk yang sesuai dengan harga yang diberikan.

Biasanya ketika perusahaan tersebut memang memberikan layanan terbaik, maka pasti perusahaan tersebut mampu untuk memberikan jaminan untuk produknya sendiri. Jadi kalau garansinya tidak sesuai, tidak ada salahnya untuk mencari perusahaan lain.

Baca Juga: Tentang Bekasi Follower, Jasa Follower Instagram Terbaik

WarnaHost.com Sebagai Penyedia Jasa Web Hosting Termurah

Bila melihat beberapa hal diatas, ternyata dalam hal mencari perusahaan penyedia jasa hosting bisa dikatakan susah-susah gampang. Salah satu perusahaan hosting yang ada di Indonesia adalah warnahost.com yang sudah cukup dikenal di kalangan masyarakat.

Lalu bagaimana dengan pelayanan yang diberikan? Apakah semuanya sudah sesuai, atau masih ada yang kurang ?

Apabila melihat beberapa paket yang ditawarkan, maka bisa dikatakan bahwa warnahost.com ini memiliki penawaran paket yang cukup lengkap. Tidak hanya itu saja, untuk penawaran harganya sendiri bisa dikatakan cukup jelas dan tentu nya termurah di Indonesia.

Sehingga bisa menghindari pembengkakan biaya yang timbul secara tiba-tiba. Lalu dari segi pelayanan pelanggan juga warnahost.com memberikan pelayanan yang baik dan juga ramah.

Sehingga pelanggan tidak perlu merasa khawatir jika nanti ingin mengajukan sebuah pertanyaan ataupun ingin melakukan komplain.

Selain itu warna host memiliki garansi produk yang cukup untuk semua produk yang dimiliki. Jadi pengguna tidak perlu khawatir. Kesimpulannya adalah warnahost.com merupakan perusahaan hosting yang terbaik dalam menyediakan jasa hosting murah, namun berkualitas.

Continue Reading

TOP STORIES