Connect with us

Personal Finance

Manfaat Lain Slip Gaji Karyawan yang Jarang Diketahui

Bagi kamu yang berstatus sebagai karyawan atau pekerja di sebuah perusahaan, tentu sudah tak asing lagi dengan slip gaji karyawan yang selalu diterima setelah menerima gaji bulanan.

Secara umum, slip gaji karyawan merupakan bukti otentik atau bukti resmi penerimaan gaji dari pemberi kerja kepada pekerja atau pegawai.

Dalam slip gaji karyawan yang diberikan perusahaan, terdapat bagian-bagian nominal tertentu, baik terperinci maupun hanya sekadar rangkuman. Terkait dengan gaji bersihnya, seperti gaji pokok, penambah gaji, dan pengurang gaji termasuk nilai pinjaman jika ada.

Slip gaji tetap diterbitkan, baik perusahaan tersebut memberikan gaji take home pay atau yang lain.

Bagi perusahaan, slip gaji karyawan berfungsi sebagai dokumentasi atas pencatatan pengeluaran gaji yang dibayarkan perusahaan kepada karyawan. Atau dengan kata lain sebagai bukti resmi bahwa perusahaan telah melakukan kewajibannya terhadap karyawan yang bersangkutan berkaitan dengan sejumlah nominal tertentu yang menjadi hak karyawan.

Hal ini tercatat dalam Pasal 17 ayat (2) Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan yang berbunyi, “Pengusaha wajib memberikan bukti pembayaran upah (slip gaji) yang memuat rincian upah yang diterima pekerja pada saat upah dibayarkan”.

Sementara untuk pekerja, slip gaji merupakan bukti kejelasan proses penggajian atau sebagai informasi potongan pajak dan penyetoran pajak penghasilan.

Nah, yang sering terjadi, masih banyak dari kita yang belum mengetahui manfaat lain dari slip gaji. Memang apa saja sih manfaat lainnya? Berikut manfaat lain dari slip gaji karyawan yang telah dirangkum oleh Income.id:

Slip Gaji Karyawan Sebagai Syarat Kartu Kredit

Slip gaji karyawan bisa digunakan ketika akan mengajukan sebuah kartu kredit. Slip gaji menjadi penentu apakah pengajuanmu akan diterima dan berapa jumlah limit yang diterima setiap bulannya.

Slip Gaji Karyawan untuk Kredit Alat Elektronik

Sering kali keinginan membeli alat-alat elektronik harus dikesampingkan mengingat masih banyak kebutuhan lain yang harus lebih diprioritaskan. Hal itulah yang menyebabkan sebagian orang memilih membeli televisi, kulkas, mesin cuci, atau peralatan elektronik lain secara kredit.

Untuk yang belum tahu, sudah ada beberapa perusahaan seperti FIF atau ADIRA yang menawarkan jasa pembelian alat-alat elektronik secara kredit.

Salah satu syarat yang harus dipenuhi adalah ketersediaan slip gaji karyawan, sebagai pertimbangan kemampuan debitur dalam membayar cicilan setiap bulannya dan menentukan jangka waktu cicilannya.

Kredit Motor dan Mobil

Manfaat lain yang bisa kamu dapatkan dari slip gaji karyawan adalah dalam hal pengajuan kredit kendaraan bermotor, baik mobil maupun motor.

Jika ingin membeli sebuah kendaraan dengan sistem cicil, kamu harus melampirkan slip gaji bersamaan dengan dokumen lainnya sebagai syarat mengambil kredit tersebut.

Tentu saja jenis, merek, dan DP atau uang muka kendaraan akan berpengaruh terhadap jumlah cicilan yang harus kamu bayarkan.

Slip Gaji Karyawan Sebagai Syarat KPR

Bagi kamu yang ingin membeli rumah dengan Kredit Pemilikan Rumah (KPR), memiliki slip gaji karyawan menjadi syarat utama yang harus dipenuhi.

Melalui slip gaji, bank penyedia akan menganalisa kemampuanmu dalam membayar cicilan rumah setiap bulannya.

Idealnya, slip gaji yang diserahkan atau gaji bulanan kamu harus tiga kali lipat lebih besar dari jumlah cicilan per bulan. Oleh karena itu, pastikan untuk menyesuaikan cicilan dengan jumlah pendapatanmu.

Syarat KTA

Ingin mengajukan Kredit Tanpa Agunan (KTA)? Slip gaji karyawan juga merupakan syarat wajib jika kamu ingin mengajukan pinjaman dana kepada KTA.

Kesesuaian dengan kemampuan membayar dapat dilihat dari slip gaji dan disertakan dalam formulir pengajuan kredit tanpa jaminan tersebut.

Sama seperti pengajuan KPR, besarnya slip gaji berpengaruh pada penilaian dan persetujuan Bank terhadap kredit yang kamu ajukan.

Menawar Gaji di Perusahaan Baru

Mungkin banyak yang tidak tahu ada beberapa perusahaan yang mensyaratkan pelamarnya untuk melampirkan slip gaji saat melamar pekerjaan.

Nah, gunanya slip gaji karyawan ini sebagai alat untuk tawar-menawar (negosiasi) gaji di tempat kerja baru dengan pihak HRD perusahaan.

Pelamar dalam hal ini bisa menaikkan (mark up) gajinya di kantor lama, lalu memasang gaji jauh lebih tinggi di kantor baru.

Tapi dengan slip gaji, HRD perusahaan dapat mengetahui kebenaran berapa sebenarnya gajimu di kantor lama, sehingga kamu tidak bisa seenaknya memberikan penawaran gaji tinggi. HRD perusahaan kantor baru pun dapat memperkirakan gaji yang pas sesuai dengan pengalaman kerjamu.

Intinya, kunci saat negosiasi gaji adalah buka harga dengan permintaan gaji naik dari kantor sebelumnya, namun tetap melihat kemampuan dan pengalaman kerjamu.

Yuk, Simpan Slip Gajimu

Berdasarkan penjabaran yang telah diuraikan di atas, kini kita tahu bahwa banyak manfaat dan kegunaan yang bisa kamu dapat dari slip gaji karyawan.

Selain untuk mengetahui angka gaji bersih yang memuat berapa gaji pokok, tunjangan-tunjangan, maupun potongan-potongan seperti untuk BPJS Ketenagakerjaan, BPJS Kesehatan, sampai pajak yang harus dibayar, slip gaji karyawan ternyata sangat membantu kamu untuk berbagai urusan, mulai dari mengajukan kartu kredit, mengajukan kredit alat elektronik, mengajukan kredit motor dan mobil, mengajukan KPR, mengajukan KTA, hingga menawar gaji di perusahaan baru.

Seiring perkembangan, slip gaji kini tak hanya menggunakan kertas, tapi dapat diberikan dalam bentuk elektronik atau via e-mail sehingga mudah disimpan serta tak takut hilang ataupun rusak.

Baca Juga: Peluang Usaha Yang Bisa Bikin Kamu Jadi Sultan, Cek Yuk!

Mengingat begitu banyak manfaat yang diperoleh dari slip gaji karyawan, yuk simpan baik-baik slip gajimu.

Bagi kamu yang  masih mendapatkan slip gaji menggunakan kertas, taruh di tempat yang mudah diingat ya, sehingga nantinya mudah ditemukan saat kamu membutuhkan.

Milenial yang tertarik dengan bisnis, keuangan, dan kuliner. Meski tak terlalu jago bertutur kata, namun senang menyalurkannya dalam sebuah tulisan. Semoga bermanfaat!

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Personal Finance

7 Hal yang Harus Dipertimbangkan dalam Perhitungan Dana Pensiun Ketika Menggunakan The 4% Rule

Perhitungan Dana Pensiun

Ketika sudah bekerja cukup lama hingga mencapai usia di mana tidak dapat melakukan pekerjaannya lagi, itulah saat paling rentan dalam perekonomian. Sehingga butuh pengolahan dana agar tidak terjadi kesulitan pada masa tua. Adanya perhitungan dana pensiun diperlukan untuk mencapai kesejahteraan dalam menyambung hidup. Berikut disajikan hal-hal yang perlu dipertimbangkan, diantaranya:

1. Keefektifan Rumus

Adanya formula khusus yang digunakan untuk menghitung uang yang diperoleh seorang karyawan. Sayangnya keefektifan dari rumus ini berlaku untuk orang-orang yang usianya 25 sampai 30 tahun. Apabila melebihi batas umur itu akan ada beberapa kemungkinan yang membuatnya tak menghasilkan nominal yang tepat.

Hal ini disebabkan naik turunnya perekonomian, serta hal-hal lain yang tidak bisa diprediksi akan terjadi lalu mempengaruhi semua bidang kehidupan. Inilah salah satu kelemahan dari the 4% rule karena keadaan yang tak menentu dapat berpengaruh dalam hal yang luas. Sehingga bukan alat yang efisien untuk dijadikan pedoman hitungan.

2. Perubahan Nilai Investasi

Semua orang saat melakukan perhitungan dana pensiun juga harus melihat ada atau tidaknya perubahan suatu nilai dari investasi yang berlangsung. Tidak boleh asal mengambil keputusan tanpa melihat sekitarnya. Besarnya dampak dimunculkan dari kejadian ini. Pantauan dikerjakan tidak hanya dalam satu waktu, tapi beberapa kali.

Tak ada yang mampu memastikan pergolakan yang terjadi dalam dunia industri ketika berdampak pada bidang perekonomian. Adanya nilai investasi yang terjadi itu bisa mengalami kenaikan bahkan penurunan yang tak terduga. Aktivitas seperti ini bisa memberikan hal buruk pada perhitungan yang dilaksanakan, karena bisa saja jauh diluar prediksi.

3. Adanya kemungkinan Inflasi

Usaha dalam menghitung jumlah uang yang didapatkan itu bagus, tapi hasilnya tidak bisa dipastikan benar juga. Segala kemungkinan dapat terjadi, besar maupun kecil hal itu akan memiliki pengaruh. Jadi validitas dari the 4% rule untuk perhitungan uang ketika pensiun bisa dipikirkan kembali.

Banyak faktor yang terlibat serta ikut menentukan kredibilitasnya. Sehingga butuh kecermatan dalam melakukan sesuatu yang berhubungan dengan uang, agar tidak terjadi hal diluar batas kewajaran.

4. Pengeluaran yang Tidak Tetap

Gaji tetap dan sudah ada perincian dana untuk memenuhi kebutuhan apa saja. Namun tak bisa dipungkiri bahwa hal-hal yang telah direncanakan kadang tak berjalan lurus. Hal ini menjadi penyebab butuh alat pendukung lainnya dalam memastikan hasil dari hitungan yang dikerjakan. Tidak ada yang tahu masa mendatang serta peristiwa yang terjadi.

Maka penting untuk melakukan pertimbangan saat perhitungan dananya, agar terhindar dari hal-hal tak mengenakan. Ketelitian dalam menghitung sangat dibutuhkan, apalagi untuk dana pensiun. Hal ini untuk menunjang kehidupan pada masa tua supaya tetap nyaman tanpa gangguan minimnya dana sebab tak bisa kelola.

5. Kondisi Ekonomi Tak Stabil

Pentingnya perhitungan dana pensiun ini berkaitan dengan kondisi ekonomi yang terdapat di suatu wilayah. Ketidakstabilan yang terjadi membuat tak bisa diperkirakan jumlahnya. Alasan ini yang bikin rumus 4% itu takkan dapat menangani kondisi yang ada, jika tidak diamati terlebih dahulu.

Memonitor segala pemasukan serta pengeluaran berperan aktif terhadap prosedur yang dijalankan. Kebutuhan masa depan juga tidak bisa diprediksi jika tak ada keseimbangan dalam berbagai bidang yang bersangkutan dalam melakukan perhitungannya. Gunakan kesempatan yang ada sebaik mungkin selama menghitung uang pensiun, agar memperoleh hasil yang valid.

6. Perkiraan hanya untuk Satu Sumber Pendapatan

Hanya ada satu sumber pendapatan yang bisa diolah menggunakan formula the 4% rule ini. Apabila kegiatannya bercabang, butuh perhitungan lebih dari satu kali dengan memperhatikan kondisi yang ada, agar tidak terjadi kesalahan. Perkiraan hitungan yang dihasilkan dapat diperiksa kembali sesuai keadaan saat itu.

Sebenarnya pemeriksaan suatu kondisi yang berhubungan dengan uang itu tak dapat dilakukan satu kali. Butuh beberapa kali pemeriksaan agar memperoleh hitungan dana yang sesuai dengan harapan. Jangan menyepelekan hal sederhana ketika melakukan kegiatan ini. Semua yang dikerjakan berdampak nantinya.

7. Mengontrol Keuangan

Pada saat mau menghitung pakai rumus, sesuaikan ketentuannya dan lakukan pengontrolan yang tepat supaya tak timbul kecacatan hitungan. Sebenarnya untuk mengendalikan uang agar stabil itu tidak begitu mudah. Hal ini dikarenakan kebutuhan setiap bulannya tak selalu sama, sehingga kadang pengeluaran membengkak.

Bukan hanya itu, ada faktor lainnya membuat pengendalian yang dilakukan keluar dari jalur yang ada. Perkara ini yang membuat naik dan turunnya dana pensiun. Banyak hal harus dipersiapkan ketika melakukan perhitungan, tak bisa sembarangan bahkan menentang aturan dari the 4% rule.

Demikian ulasan yang bisa menjadi referensi perihal yang butuh dipikirkan dalam perhitungan dana pensiun dengan mudah tanpa ada masalah. Kegiatan yang dilakukan mampu meminimalisir perkara yang berkaitan kekurangan uang, karena proses pengalokasiannya yang salah.

Continue Reading

Personal Finance

6 Alasan Mengapa Memilih Alterra Bills sebagai Layanan Bill Payments Terbaik

Saat ini sudah banyak website yang menyediakan layanan untuk melakukan bill payment. Namun, meskipun banyak, tetap harus hati-hati dalam memilihnya. Sebab, tak semua memiliki keamanan dan kulaitas baik. Salah satu yang menyediakan layanan bills adalah Alterra Bills. Begitu banyak alasan memilih alterra bills baik untuk dijadikan layanan bill payments.

Alterra Bills menyediakan layanan untuk melakukan bill payment dari sabang sampai merauke. Melalui layanan bill payment ini nantinya semua yang terlibat akan dihubungkan satu sama lain, sehingga menjadi layanan bill payments terbaik. Maka dari itu, inilah beberapa alasan mengeapa Alterra Bills sangat cocok untuk dipilih sebagai layanan bill payments terbaik.

1. Terdapat Ratusan Mitra Kanal Pembayaran

Banyaknya mitra kanal pembayaran pada layanan bill payments disini menjadi alasan pertama mengapa memilih Alterra Bills. Terdapat ratusan mitra kanal pembayaran yang tersebar di berbagai kota yang ada di Indonesia. Mitra kanal pembayaran merupakan bagian penting dalam pelaksanaan bill payments. Tanpa adanya mitra kanal pembayaran, pelaksanaan bill payments akan terhambat.

Mitra kanal pembayaran di layanan bill payments ini semuanya sudah berpengalaman dan berkualitas. Memiliki jam terbang yang mumpuni dan baik. Sudah lebih dari 200 kali melayani kanal pembayaran membuat mitra kanal pembayarannya sudah tidak diragukan lagi. Pelayanan yang sudah dilakukan oleh mitra ialah modern retail, e-commerce, bank, dan digitan commerce.

2. Memiliki Beragam Macam Produk Digital

Produk digital merupakan sebuah produk virtual yang dijadikan sebuah layanan online. Untuk produk digital bisa dipilih sesuai kebutuhan masing-masing. Pada layanan bill payments disini terdapat lebih dari 1.500 produk digital yang dapat dipilih dengan bebas. Kategori produk digitalnya antara lain BPJS, Voucher Games, Token Listrik, Telkom, dan produk digital lainnya.

3. Memakai Dasbor Real Time

Alasan selanjutnya mengapa memilih alterra bills sebagai layanan bill payments terbaik ialah karena layanan bill payments disini sudah memakai dasbor real time. Layanan bill payments yang satu ini memberikan kemudahan bagi penggunanya untuk memantau segala informasi terkait disertai fitur notifikasi. Mulai dari sisa deposit, pembayaran, produk yang tersedia, dan lainnya.

4. Terhubung dengan Telco Provider dan Aggregator Resmi Biller

Telco provider merupakan sebuah layanan penyedia telekomunikasi di dunia digital. Sementara itu, Aggregator Biller ialah sebuah perusahaan yang menyuplai produk digital yang dibutuhkan oleh tiap layanan bill payment. Layanan bill payments disini sudah bekerja sama dengan Aggregator Resmi Biller dan terhubung dengan Telco Provider. Artinya, sudah memiliki kualitas yang tinggi.

5. Memberi Pelayanan 24/7

Melayani pelanggan dengan baik adalah prioritas paling utama bagi layanan bill payments disini. Kenyamanan pelanggan menjadi kepuasan tersendiri bagi pihak terkait. Oleh sebab itu, layanan bill payments disini menyediakan pelayanan 24 jam. Maka, tak perlu khawatir jika ada membutuhkan pelayanan yang mendadak. Sebab layanan bill payments disini siap melayani kapanpun.

6. Memiliki Kemudahan pada Integrasi API

Alasan terakhir mengapa layanan bills payments disini ialah karena sudah memiliki kemudahan pada integrasi API yang telah disediakan. Integrasi API merupakan dimana ada dua buah sistem yang nantinya akan diintegrasikan menjadi satu meski berasal dari lingkungan yang berbeda. Kemudahan integrasi API pada layanan bills payment ini mampu memberikan kenyamanan pengguna.

Demikian 6 alasan mengapa memilih alterra bills sebagai layanan bill payments terbaik. Banyaknya layanan bills payment yang tersedia masih belum terjamin kualitasnya. Akan tetapi, alterra bills memiliki kualitas yang baik serta tidak perlu diragukan lagi. Semoga ulasan mengenai layanan bill payments ini bisa menjadi referensi.

Continue Reading

Finansial

BPJS Ketenagakerjaan Online Memberikan Banyak Kemudahan Bagi Semua

image: bpjs-kesehatan.go.id

Adanya sebuah jaminan tentu menjadi hal yang penting untuk dimiliki sekarang ini bukan? Terlebih bagi seorang pekerja, mendapatkan jaminan sosial menjadikan hal yang akan memberikan sebuah manfaat baik itu dari pekerja maupun perusahaan.

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) salah satu bidang yang dipercaya pemerintah untuk menyelenggarakan program tersebut. Bahkan kini semakin mudah dengan adanya akses BPJS Ketenagakerjaan online yang bisa dilakukan.

Apa Program Dari BPJS Itu?

Banyak sekali manfaat yang akan didapatkan ketika mendaftarkan dalam BPJS Ketenagakerjaan online ini, tentunya banyak program yang ada dan bisa kita nikmati. Berbagai program tersebut tentunya sangat bermanfaat dan memberikan keuntungan bagi pesertanya. Adapun program yang disediakan dari BPJS tersebut, seperti halnya:

1. Adanya Jaminan Kematian

Semua orang tentu akan merasakan mati bukan? Namun bagaimana ketika kita meninggal tidak memiliki apapun yang bisa ditinggalkan untuk anak cucu kita. Hal ini mungkin tidak terlalu penting bagi mereka yang memiliki banyak perusahaan besar yang bisa diwariskan. Dengan adanya BPJS ketenagakerjaan ini akan mampu memberikan jaminan kematian yang tentunya memberikan manfaat uang tunai yang bisa diberikan kepada ahli waris.

Dengan adanya hal itu pasti akan menjadikan manfaat besar bagi ahli waris dengan memanfaatkan uang tunai yang ada tersebut dikedepannya. Jaminan kematian yang satu ini bukan karena akibat dari kecelakaan kerja ya. Santunan kematian, santunan berkala 24 bulan, dan biaya pemakaman menjadi salah satu manfaat ketika mendaftar dalam BPJS ketenagakerjaan ini.

2. Jaminan Kecelakaan Kerja

Setiap pekerjaan pasti memiliki risiko, seringan dan seberat apapun risiko dalam bekerja itu akan kita temui. Ketika mendapatkan sebuah perlindungan atas segala risiko yang ada dalam bekerja akan menjadikan diri kita lebih nyaman tentunya. Baik itu dari kecelakaan yang ada di tempat kerja, akses menuju ke tempat kerja, atau bahkan penyakit yang ditimbulkan dari lingkungan kerja. Semua hal itu masuk dalam jaminan yang diberikan oleh program BPJS ini.

Bahkan sekarang ini BPJS Ketenagakerjaan online telah memudahkan kita untuk mengakses dan memberikan penjelasan ketika kita tidak paham akan hal ini. Segala perlindungan atas risiko kecelakaan kerja, serta perawatan, dan santunan selama tidak bekerja menjadi hal yang bisa dirasakan.

3. Lebih Nyaman Dengan Jaminan Hari Tua

Saat muda tidak perlu diherankan tenaga yang kita gunakan untuk bekerja akan maksimal dan mampu melakukan segala hal dengan mudah. Namun ketika umur sudah tidak lagi muda dan kita sudah memasuki umur dimana tenaga sudah tidak bisa diandalkan. Tentunya hal tersebut menjadi pemikiran tersendiri bagaimana kehidupan yang akan dilalui setelahnya bukan?

Adanya jaminan hari tua berupa uang tunai yang besarnya merupakan akumulasi dari iuran yang kita berikan serta tambahan hasil pengembangannya bisa menjadi uang yang tak disangka-sangka. Manfaat yang ada tentunya akan sangat dirasakan ketika kita sudah tidak aktif dalam bekerja. BPJS ketenagakerjaan online menjadikan akses untuk mendapatkan jaminan yang atau ini lebih mudah tentunya.

4. Beda Dengan Jaminan Hari Tua, Ini Untuk Jaminan Pensiun

Pastikan kita bisa membedakan antara hari tuan dan pensiun. Meskipun pensiun relatif bagi mereka yang berusia menuju tua, namun faktanya jaminan dari BPJS ini dibedakan antara keduanya. Jaminan yang diberikan untuk mempertahankan derajat sehingga kehidupan peserta tetap layak meskipun sudah pensiun.

BPJS ketenagakerjaan memberikan sebuah uang tunai untuk pensiun ini bisa untuk ahli waris, pensiun cacat, untuk pensiun anak, pensiun orang tua, maupun untuk pensiun hari tua diri mereka sendiri. Banyaknya pilihan ini tergantung dari apa yang akan digunakan dari dana pensiun yang diberikan ketika kita telah tidak bekerja. Menjadi langkah yang aman bukan sebagai anggaran di masa tua?

Siapa Yang Perlu Untuk Mendaftar BPJS Ketenagakerjaan Online Ini?

Banyaknya program yang disediakan oleh badan penyelenggara jaminan sosial ini menjadikan sebagai orang yang sadar akan pentingnya jaminan tentu haruslah mendaftar. Mengingat manfaat yang akan diterima bukan suatu kerugian ketika kita membayar iuran setiap bulannya. Jika anda termasuk dalam salah satu pihak yang disebutkan dibawah ini, itu berarti sangat penting untuk melakukan pendaftaran BPJS ini, diantaranya:

  • Seorang pemimpin perusahaan atau pemberi kerja: Jika memiliki sebuah perusahaan alangkah lebih baik untuk mendaftarkan karyawan yang ada untuk mengikuti BPJS ketenagakerjaan ini. terlebih kini BPJS ketenagakerjaan online memudahkan untuk siapa pun dalam melakukan pendaftaran. Hal ini menjadikan akses yang sangat membantu dalam perusahaan untuk mengontrol program yang ada.
  • Penerima upah atau gaji: Jika anda orang yang selalu menerima upah dan gaji dari perusahaan, pastikan diri anda mendapatkan layanan BPJS ketenagakerjaan ini. dengan menghubungi BPJS ketenagakerjaan secara online bisa dengan mudah ketika hendak mendaftar. Hanya dengan mengisi formulir baik untuk perusahaan dan pendaftaran pekerja, kini prosesnya sangat cepat.
  • Pekerja Jasa Konstruksi: Baik itu pekerja harian lepas, borongan, dan perjanjian kerja pada periode tertentu dalam skala usaha jasa konstruksi sangat penting untuk mendaftarkan jaminan sosial ini. proyek yang terbilang wajib untuk mendaftarkan pekerjaanya dalam BPJS ketenagakerjaan online ini seperti proyek APBD, Dana Internasional, APBN, proyek swasta, maupun yang lainnya.
  • Pekerja migran Indonesia: Termasuk dalam pekerja yang akan, sedang, atau telah melakukan sebuah pekerjaan diluar negeri? Tentu pekerjaan itu sangat menyenangkan. Selain bisa mendapatkan penghasilan, kita bisa sekaligus jalan-jalan dan mengetahui dunia luar yang luas. Nah, bagi yang melakukan pekerjaan diluar negeri tersebut, pastikan untuk mendaftarkan diri dalam BPJS ketenagakerjaan itu ya.

Kemudahan Dari BPJS Ketenagakerjaan Online

Teknologi yang semakin canggih tentunya harus menjadikan semua orang yang berada di era digital ini harus pandai dalam mengoperasikannya. Sama halnya dengan program jaminan yang penting ini. adanya BPJS ketenagakerjaan secara online menjadikan langkah inovasi yang memudahkan siapa saja untuk mengakses ketika mereka memerlukan pelayanan. Nah, berikut ini beberapa hal yang dimudahkan dengan adanya BPJS sistem online:

1. Pendaftaran Peserta

Tidak harus datang ke kantor BPJS yang mungkin jauh dari tempat tinggal atau perusahaan. Hanya dengan menggunakan koneksi internet dan masuk ke website BPJSketenagakerjaan.go.id kemudian pilih opsi daftar menjadi hal yang sangat dimudahkan.

2. Mengklaim Secara Online

Bagi yang ingin mencairkan saldo JHT, akan dilakukan dengan mudah dengan adanya BPJS ketenagakerjaan online ini. hanya dengan bermodalkan laptop dan koneksi internet, proses klaim akan terbilang cepat.

3. Mendaftar Antrean Secara Online

Ingin melakukan klaim, atau mengurus kartu yang hilang dan rusak? Takut lama menunggu antrean karena disibukkan dengan bekerja? Melakukan pendaftaran antrean BPJS ketenagakerjaan yang dilakukan secara online solusinya. layanan antrean online ini bisa digunakan untuk melakukan klaim data, registrasi, maupun segala hal pelayanan dari BPJS ini.

Hadirnya BPJS ketenagakerjaan online memang sangat menunjang segala pelayanan yang ada. Caranya yang mudah dan juga adanya langkah prosedur yang jelas dirasa semua orang bisa menggunakan akses BPJS online ini. Jika membutuhkan segala pelayanan yang berhubungan dengan jaminan sosial, pilih saja sistem online yang semakin memudahkan.

Continue Reading

TOP STORIES