Connect with us

Gadget

Cara Merekam Layar PC dan Laptop, Sangat Mudah dan Simpel

Banyak orang hanya mengetahui bahwa satu-satunya cara merekam layar pc harus membutuhkan suatu software tambahan screen recording.

Akan tetapi tidak semua software tersebut kompatibel dengan sistem operasi yang digunakan, atau mungkin bisa saja software tersebut bersifat berbayar.

Karena biasanya untuk aplikasi perekam layar pc versi gratisan itu terdapat watermark bawaan yang tidak bisa diubah oleh pengguna. Pastinya dengan adanya hal tersebut akan sangat mengganggu penampilan hasil video hasil rekaman.

Tetapi tenang saja, karena sebenarnya ada fitur bawaan dari sistem operasi yang dapat dimanfaatkan untuk melakukan perekaman dekstop atau layar komputer. Dibawah ini merupakan cara merekam layar pc tanpa menggunakan software tambahan yang mudah untuk diterapkan.

Cara pertama : Merekam Layar PC/ Laptop Tanpa Software Tambahan

image: income.id

Bagi pengguna sistem operasi Windows 10 akan sangat terbantu dan tidak perlu lagi menambah aplikasi tambahan untuk merekam layar pc. Karena pada windows 10 ini telah dibekali satu fitur yang bisa digunakan untuk merekam layar yaitu Game Bar.

Bagi orang yang belum tau fitur ini apalagi menggunakan, akan terjebak dengan nama fitur ini. Sebenarnya Game Bar tidak dikhususkan untuk merekam dalam game atau permainan di pc.

Akan tetapi, pada fitur ini sudah dilakukan pengembangan yang dimana pengguna bisa merekam layar pc dengan mudah. Jadi, disini akan lebih memudahkan pengguna windows 10 karena tidak perlu lagi memasang aplikasi screen recording tambahan untuk merekam layar.

Dengan memanfaatkan fitur ini akan menjadi satu-satunya cara merekam layar pc dengan mudah.

Dibawah ini adalah langkah-langkah untuk menggunakan fitur tambahan dari windows 10.

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengaktifkan Game Bar. Adapun cara untuk mengaktifkan fitur ini adalah dengan masuk ke menu pengaturan dan pilih yang Gaming. Setelah itu baru bisa mengaktifkan option Game Barnya.
  2. Kemudian jika Game Bar telah aktif, silahkan tekan (WinKey + G) pada keyboard untuk Anda sudah dapat memunculkan Game Bar secara otomatis. Lalu, klik check box dengan tulisan “Yes this is a game” untuk mengaktifkan.
  3. Selanjutnya, klik tombol berbentuk lingkaran untuk memulai merekam layar PC.
  4. Secara otomatis proses merekam akan berlangsung. Jika misalkan ingin berhenti, bisa klik tombol Stop Recording. Secara otomatis video hasil rekaman akan memiliki format .mp4 yang disimpan dalam folder defaultnya, yaitu di folder Captures.

Terlepas dari cara diatas, bukan berarti selain windows 10 tidak bisa merekam layar pc dengan cara gratis.

Tenang, disini akan ada salah satu cara alternatif untuk merekam layar pc menggunakan aplikasi yang bisa dibilang sangat ringan.

Memang cara kedua ini membutuhkan aplikasi tambahan, tetapi berbeda dengan aplikasi screen recording pada umumnya. Aplikasi ini lebih ringan untuk digunakan dan juga memiliki manfaat yang banyak atau multifungsi.

Cara Kedua : Merekam Layar Menggunakan VLC Media Player

image: videolan.org/vlc

Untuk cara merekam layar pc yang kedua adalah dengan menggunakan software VLC Media Player.

Sebagian besar orang mengetahui bahwa VLC ini hanya dikenal sebagai media untuk pemutar berbagai format video dan audio.

Padahal VLC ini bisa dikatakan memiliki banyak fungsi yang belum diketahui oleh banyak pengguna pc, salah satunya adalah bisa digunakan untuk merekam layar pc/ laptop.

Cara yang kedua ini menjadi alternatif jika tidak sedang menggunakan sistem operasi windows 10. Daripada semakin penasaran, dibawah ini merupakan cara merekam layar pc menggunakan VLC Media Player.

  1. Silakan install dan buka terlebih dahulu software VLC Media Player. Kemudian klik pada bagian Media dan pilih yang ada kata Open Capture Device.
  2. Maka, akan dialihkan ke bagian tab Capture Device dan pilih Desktop yang berada di bagian Capture Mode. Jika sudah, coba dilihat pada desired frame rate for the capture biasanya adalah sebesar 10 fps saja yang sudah bisa digunakan untuk merekam video secara singkat.
  3. Selanjutnya, coba lihat pada menu dropdown akan nampak tombol “Play” dan klik simbol yang berbentuk segitiga kemudian pilih opsi Convert.
  4. Secara otomatis akan muncuk popup untuk memilih folder lokasi penyimpanan hasil rekaman yang akan direkam nantinya. Seperti biasa, hanya dengan memberi nama file dan klik start untuk memulai.
  5. Kemudian untuk mengakhiri proses merekam, bisa memberhentikannya dengan cara klik tombol Stop Recording.

Dengan menggunakan VLC ini adalah salah satu cara merekam layar pc yang cocok diterapkan pada sistem operasi windows selain windows 10.

Baca Juga ya: 7 Perekam Layar PC Gratis dan Terbaik Tahun ini

Hasil akhir dari rekaman akan disimpan pada lokasi yang telah di tentukan tadi. Disini kamu juga bisa memilih format hasil rekaman sesuai dengan keinginan.

Kemudian untuk masalah size video hasil rekaman tergantung dengan berapa lama melakukan rekam layar. Jadi, semakin besar size videonya, maka akan semakin besar pula ukuran video tersebut.

Header Image: Pixabay

Mendirikan situs income.id sebagai perwujudan pengabdian kepada bangsa dan negara indonesia melalui media yang informatif dan edukatif

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Gadget

Cara Menghapus Virus Malware di Android, Tuntas !

Pernah mengalami smartphone dengan kinerja yang terus menurun ?

Baterai cepat habis ?

Atau mungkin android sering hang ?

Kemungkinan itu tandanya android telah terinfeksi virus malware. Malware ini harus segera dihilangkan atau bila perlu dicegah agar tidak semakin parah. Berikut cara menghapus virus malware di android yang bisa kamu coba.

Cara Menghapus Virus Malware di Android Menggunakan Antivirus

image: google play

Cara menghapus virus malware yang ada di android bisa mengandalkan aplikasi antivirus terbaik versi income.id. Pastikan memilih antivius yang akan diinstal pada smartphone yang memiliki kekuatan handal serta terpercaya. Kami Ada beberapa rekomendasi antivirus yang handal yang bisa kamu coba instal diantaranya:

  • AVG Antivirus. Antivirus ini bahkan lebih dulu ampuh untuk memberantas virus malware pada PC dan laptop. Namun sekarang pengguna android pun bisa dengan mudah mendowloadnya secara gratis. Cara kerja keamanannya juga tidak kalah dengan AVG untuk versi PC.
  • 360 security, juga bisa menjadi salah satu pilihan antivirus terbaik. Selain melindungi, antivirus ini juga mampu mencegah timbulnya virus baru yang mungkin akan menjangkit. Kemampuan lainya yaitu bisa meningkatkan performa android kamu.
  • Clean master juga bisa menjadi andalan antivirus handal untuk melindungi android. Cara kerja aplikasi ini adalah mencegah, melindungi, serta membersihkan virus malware yang menjangkit android.
  • Security master yang juga dapat didapatkan secara gratis. Antivirus ini sangat efektif untuk melindungi android dari serangan virus malware serta sangat mudah pengaplikasiannya.

Itulah beberapa rekomendasi antivirus handal yang bisa menjadi pelindung android dari gangguan virus malware.

Namun, masih banyak pengguna android yang abai dengan pemasangan antivirus pada smartphonenya. Padahal Virus malware ini bisa menjangkit android merek apapun, dan kapan pun, Oleh sebab itu semua pengguna android wajib selalu waspada.

Cara Menghapus Virus Malware Di Android Dengan Masuk Safe Mode

Ada lagi cara lain untuk menghapus virus malware yang menjangkit android yaitu dengan masuk safe mode.

Salah satu yang terjadi jika android terkena virus malware adalah menurun kualitas performanya. Cara mengembalikannya bisa dengan menggunakan cara ini. Berikut cara menghapus virus malware dengan masuk pada safe mode :

  • Lakukan resart hp dengan menekan tombol power agak lama. Maka akan muncul tab “power off” pada layar.
  • Tekan tab “power off” tersebut agak lama.
  • Akan muncul pop up untuk konfirmasi jika setuju untuk melakukan reboot ke safe mode.
  • Setelah ikon “Safe Mode” muncul, tinggal pilih OK.
  • Bisa juga kondisi dimana android sudah tidak bisa masuk pada mode safe mode karena virus malware telah menjangkitnya. Lakukan hard reset dengan cara melepas baterai. Bisa juga dengan melakukan booting dengan cara menekan tombol vol up+down secara bersamaan. Ada banyak cara tergantung masing-masing tipe android.
  • Setelah masuk ke safe mode, buka menu pengaturan kemudian pilih apps dan download. Disitu akan terlihat aplikasi apa saja yang terkena virus malware. Untuk mengetahui aplikasi mana yang terkena malware, coba periksa aplikasi asing yang sebenarnya belum pernah didownload namun ada di daftar. Makan itulah sebenarnya virus malware.
  • Setelah itu bisa langsung lakukan uninstal malware tersebut.

Cara Menghapus Virus Malware Di Android Menggunakan Fitur Keamanan Smartphone

image: pocophone F1 | mi.co.id

Selain 2 cara yang sudah dijelaskan sebelumnya, ada cara lagi yang lebih praktis. Namun cara ini hanya bisa digunakan oleh tipe smartphone tertentu.

Terutama untuk tipe-tipe android yang memang sudah dibekali oleh aplikasi keamanan khusus oleh pengembangnya.

Misalnya pada pengguna smartphone Asus mapun Xiaomi.

Pengguna kedua merek android ini agaknya bisa sedikit tenang karena keamanan androidnya telah terjamin. Pada kedua tipe android tersebut lengkap disematkan oleh pengembangnya sebuah antivirus khusus yang diberi nama bervariasi. Ada yang menyebutnya aplikasi Security maupun Mobile Manager.

Oleh karena ini merupakan antivirus bawaan smartphone android sendiri, artinya jangan tanyakan lagi keampuhannya. Aplikasi antivirus bawaan ini sangat efektif untuk memindai serta sekaligus menghapus malware yang menjangkit android.

Baca juga ya guys: 7 Antivirus Android Terbaik Untuk Keamanan HP Kamu

Cara Menghapus Virus Malware Di Android Dengan Menghapus Hak Administrator Aplikasi

Cara terakhir untuk menghapus keberadaan virus malware bisa dengan menghapus hak administrator aplikasi.

Jika sebelumnya sudah mencoba menghapus malware dengan menguninstal aplikasi yang diduga terjangkit namun tidak berhasil, tandanya aplikasi itu punya hak administrator. Maka hak administrator ini harus juga dihapus dengan cara :

  • Pertama masuk pada menu setting pada masing-masing android.
  • Pilih tab Security, lalu pilihlah pada menu “Device Administrator”.
  • Setelah pilih menu “Device Administrator” dipilih, maka akan muncul menu android device manager.
  • Pilih aplikasi mana yang tidak bisa terhapus dan diduga telah terjangkit virus malware. Cabut hak administratornya.
  • Untuk memastikan langkah ini sudah berhasil lakukan pengujian dengan melakukan resart android. Setelah di restart, lihat apakah kinerja samrtphone sudah bisa menunjukkan kemajuan. Pastinya sudah bisa berjalan optimal jika langkah-langkah yang disebutkan di atas sudah benar-benar dilakukan dengan teliti.

Itulah setidaknya ada 4 cara menghapus virus malware di android. Bisa dengan penggunaan antivirus terbaik yang kita sebutkan diatas, dengan masuk safe mode, memanfaatkan fitur keamanan bawaan, serta menghapus hak adminstartor aplikasi. Virus malware ini memang harus lah diwaspadai.

Keberadaannya bisa mengacaukan kinerja smartphone. Bahkan kemungkinan paling buruk, smartphone android pengguna bisa mati total dan rusak

Header image: Pixabay

Continue Reading

Gadget

7 Cara Melihat Spesifikasi Laptop, Simpel Banget

Banyak orang yang tidak mengetahui cara melihat spesifikasi laptop. Padahal untuk dapat melihat informasi tersebut sangatlah mudah untuk dilakukan.

Biasanya orang yang ingin melihat spek dari laptop yang dimiliki adalah untuk mau dijual atau yang lainnya. Di bawah ini adalah cara untuk melihat informasi tersebut mulai dari bawaan windows maupun dari pihak ketiga.

1. Dilihat Di Pengaturan Aplikasi

Jika mau melihat atau mendapatkan gambaran umum tentang konfigurasi system pada laptop. Maka aplikasi pengaturan sudah menyediakan berbagai informasi mulai dari perangkat keras sampai perangkat lunak yang terdaftar.

Untuk mengetahui spesifikasi bisa dilakukan dengan cara buka setting terlebih dahulu.lalu klik system dan kemudian klik about.

Pada halaman tersebut akan dapat melihat system operasi windows yang terinstall. Dan juga ada informasi seputar prosesor, kapasitas RAM, hard drive yang bisa dilihat.

Atau juga bisa dengan cara lain yaitu klik kanan pada halaman depan,  lalu personalize, pilih control panel. Di sana akan dapat melihat spesifikasi atau system informasi dari laptop atau pc yang dimiliki.

2. Menggunakan Sistem Informasi

Untuk dapat melihat spesifikasi system yang lebih lengkap dari laptop atau pc yang dimiliki. Salah satu caranya adalah menggunakan atau memanfaatkan informasi system. Cara ini adalah salah satu cara yang termudah dan terbaik untuk dilakukan saat ingin mengecek.

Yang pertama tama adalah buka start menu lalu ketik msinfo32 atau system information di kolom search.

Tekan tombol enter, maka akan muncul informasi yang ingin diketahui. Nah system informasi ini berupa informasi tentang hardware, software, maupun component yang ada di laptop atau pc.

Saat sudah muncul informasi system, maka akan melihat informasi tentang BIOS, RAM, Processor, Nama Sistem, dan masih banyak lagi. Dan system informasi ini juga bisa berguna untuk mengecek saat mengalami kegagalan perangkat keras. Seperti laptop tidak mau boot bisa dicek disini.

3. Menggunakan Commond Prompt

Cara melihat spesifikasi yang selanjutnya adalah menggunakan systeminfo.exe yang merupakan perintah CMD.

Untuk memungkinkan mendapatkan banyak informasi mengenai spesifikasi laptop yang dimiliki. Dan yang pertama adalah ketik command prompt di kotak pencarian pada start. Lalu klik kanan pada software yang muncul dan pilih run as administrator.

Setelah itu ketikkan systeminfo dan klik enter setelahnya. Dan maka akan muncul konfigurasi terperinci tentang perangkat keras pada laptop tersebut.

Dan masih banyak lagi informasi yang bisa didapatkan dengan menggunakan command prompt ini. Seperti system operasi, informasi pembaruan, detail network adapter.

4. Menggunakan Software CPU-Z

Selain menggunakan fitur yang memang sudah ada di windows, juga dapat menggunakan software yang disediakan oleh pihak ketiga. Salah satunya adalah CPU-Z. software ini dapat memberikan tam[ilan informasi spesifikasi dari laptop dengan cukup lengkap.

Proses instalasinya pun bisa dilakukan dengan mudah. Untuk mendapatkan aplikasi pihak ketiga ini bisa didownload di beberapa situs web. Lalu lanjutkan dengan menginstallnya, setelah proses instalisasi  selesai. Buka software tersebut dan spesifikasi laptop sudah bisa dilihat.

5. Menggunakan Software Speccy

Sama halnya dengan CPU-Z software Speccy ini juga berasal dari pihak ketiga. Yang bisa di download di beberapa situs web. Cara cek spesifikasi laptop menggunakan speecy ini sangat mudah sekali. Tinggal download aplikasi dan install, lalu buka aplikasi yang diinstall maka akan muncul spesifikasi laptp.

6. Menggunakan DXdiag

Cara ini juga bisa menjadi salah satu opsi untuk bisa melihat spesifikasi laptop. Yang pertama adalah buka RUN atau dengan cara menekan windows+R pada keyboard. Lalu tulis kata dxdiag pada kolom “open” yang tersedia. Setelah itu klik ok, maka akan muncul berbagai informasi tentang spesifikasi laptop.

Pada cara ini akan menampilkan informasi seputar System, display, sound, dan input. Cara ini bisa untuk laptop atau computer mulai dari windows 7XP, 8XP, 10XP.

Baca juga ya: 7 Merk Laptop Terbaik Di Dunia

7. Sticker Yang Ada Di Laptop

Cara yang terakhir dan tanpa perlu menghidupkan laptop adalah dengan melihat pada sticker yang tertempel di laptop atau computer.

Memang biasanya setiap jenis laptop akan berbeda beda sticker yang tertempel. Biasanya sticker yang ada di laptop berisi informasi tentang processor, windows, dan informasi yang lainnya.

Dan juga hanya ada sekitar 3 atau 4 sticker saja. Yang pasti setiap laptop akan menempelkan sticker tentang processor yang digunakan. Apakah menggunakan intel ataukah  AMD.

Jadi jika ingin membeli laptop dan ingin mengetahui processornya tinggal lihat sticker yang tertempel menggunakan processor jenis apa. Ada banyak software yang disediakan oleh pihak ketiga ini, dan untuk memiliki software tersebut tersedia di banyak situs web.

Cara melihat spesifikasi laptop yang ada di windows ataupun melalui pihak ketiga mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tidak semua informasi terdapat di situ.

Continue Reading

Gadget

7 Rekomendasi Laptop Untuk Desain Terbaik dari Berbagai Merek

Ingin mencari laptop untuk keperluan desain? Memang tidak boleh menggunakan sembarangan laptop agar menghasilkan desain yang bagus.

Dibutuhkan spesifikasi ideal untuk memenuhi kebutuhan komputasi desain yang diperlukan seorang desain grafis. Pilih laptop untuk desain yang tepat agar pekerjaan desain grafis tetap bisa dilakukan dengan baik. Berikut ini beberapa rekomendasi laptop terbaik untuk desain:

1. Apple MacBook Pro

image: apple.com

Banyak pelaku bisnis kreatif yang menyarankan untuk menggunakan Apple MacBook pro untuk keperluan desain. Pasalnya hasil akan lebih baik jika mendesain dengan laptop Apple ini dibandingkan dengan laptop yang sistem operasinya Windows. Faktor utamanya laptop Apple memiliki tampilan warna yang lebih kaya dan nyata dibanding laptop merk lainnya.

Tampilan layar Apple MacBook Pro ini sangat memukau dengan lebar 15,4 Inchi dan layar LED berteknologi IPS. Untuk seri paling baru bahkan tersedia touch bar yang dapat menggantikan fungsi keyboard. Perkembangan MacBook sangat pesat hampir tiap tahun ada seri baru yang dikeluarkan dengan berbagai peningkatan spesifikasi.

2. ASUS Zenbook Pro

image: asus.com

Asus Zenbook Pro UX550VD adalah laptop yang direkomendasikan berikutnya untuk keperluan desain. Laptop tipe ini merupakan laptop kelas atas dari Asus yang kinerja prosesornya cukup kencang yaitu intel Corei7-7700HQ. Layarnya full HD dengan lebar 15,6 Inchi 85% dari luas penampang layar adalah LED.

Internal memorinya adalah 512 GB dengan RAM 16 GB sangat cocok untuk kebutuhan desain grafis serta game. Memiliki konektivitas dual band 802,11ac WI-Fi + Bluetooth 4.1. Meskipun masih di bawah seri ROG tapi tipe ini juga laptop untuk desain yang baik.

3. Microsoft Surface Pro 5

image: microsoft.com

Untuk para desainer yang membutuhkan laptop untuk desain dengan OS Windows maka Microsoft Surface Pro 5 pilihannya. Laptop ini menawarkan pengalaman menarik dalam mendesain karena bentuk dari surface yang tidak biasa. Memiliki layar lebar 17,3 Inchi dengan resolusi 2736×1824 pixel memberikan tampilan yang luas saat melakukan desain.

Kemampuan laptop juga tidak perlu di diragukan lagi, karena prosesor yang ada didalamnya adalah Core i5-7300U dan RAM 16 GB. Laptop ini sangat unik karena bisa diubah menjadi mode tablet. Memang sangat cocok untuk graphic desaigner dan para professional lainnya.

4. Acer Swift 3 SF314-56G 57A7

image: acer.com

Bagi yang ingin laptop untuk desain murah maka tipe inilah jawabannya, Acer Swift 3 SF314-56G 57A7. Laptop ini memiliki spesifikasi sangat mumpuni untuk melakukan desain dan mendukung pekerjaan lainnya. Dengan bandrol di bawah 10 juta lapto Acer yang satu ini mampu mempermudah pekerjaan desain yang dilakukan.

Dilengkapi prosesor Intel Core i5 82650 dan kartu grafis MX150, kapasitas RAM hingga 8 GB. Bodynya sangat tipis dan dibuat dari logam sehingga kuat serta mudah dibawa kemana-mana. Bagi yang memiliki keterbatasan budget laptop ini adalah rekomendasi yang sangat tepat.

5. Apple Macbook Air

image: apple.com

Laptop seri Macbook Air ini memiliki spesifikasi yang lebih rendah dari laptop Apple lainnya yaitu MacBook Pro. Namun untuk keperluan desain laptop ini masih cukup mumpuni dan bisa digunakan menyelesaikan pekerjaan desain dengan baik. Hal ini karena teknologi layar yang digunakan semua laptop apple sama, dan ini adalah kebutuhan utama untuk mendesain.

Untuk Macbook Air keluaran 2017 dimensi layarnya memiliki lebar 13,3 Inchi dengan resolusi 1440×900 pixel. Untuk memori RAM 8 GB DDR3, tidak perlu ditanya lagi apakah mumpuni untuk mendesain, karena jawabannya pasti iya.

Baca juga: Rekomendasi Laptop Gaming 5 Jutaan Untuk Bermain Game Sepuasnya

6. Dell XPS 15 9560

image: dell.com

Keunggulan utama dari laptop Dell sehingga menjadi laptop yang direkomendasikan adalah kemampuan layarnya menampilkan gambar yang detail dan tampilannya luas. Mengingat kebutuhan mendesain adalah berurusan dengan gambar, warna, bentuk dan luas sehingga tampilan layar jadi pertimbangan utama.

Dell hadir dengan seri terbarunya yang menghadirkan layar 15,6 Inchi dan teknologi Infinity Edge touch display. Prosesor yang ada di dalamnya adalah prosesor intel Core i7-770HQ yang disokong gravis vidie GeForce. Spsesifikasinya yang memikat setara dengan harganya yang sangat tinggi untuk sebuah laptop.

7. MSI PS42 8RB

image: msi.com

Merk ini memang terkenal dengan laptop yang memiliki spesifikasi dan performa keren. MSI meluncurkan kembali laptop MSI Ps42 dengan spesifikasi cocok untuk kelas menengah dan mengklaim bahwa MSI menciptakan laptop untuk desain. Memang memiliki sedikit perbedaan dengan MSI sebelumnya laptop ini memiliki desain yang elegan dan tipis.

Prosesor di dalamnya adalah generasi intel Core i7 yang memiliki kecepatan 1,8Ghz dan RAM berkapasitas 16GB. Spesifikasi yang sangat cocok untuk kegiatan desain memang, ditambah layarnya dengan lebar 14 inchi IPS LCD.

Itulah beberapa rekomendasi laptop untuk desain yang terbaik untuk membantu kelancaran pekerjaan desain grafis. Dengan memilih laptop yang tepat seperti salah satu tipe di atas, maka tugas-tugas desain akan dapat selesai dengan baik dan tepat waktu. Jangan sampai salah pilih laptop, lihat baik-baik spesifikasinya dan pilih sesuai kebutuhan desain.

Continue Reading

TOP STORIES