Connect with us

Lifestyle

Cara Membersihkan Sofa Kulit yang Mudah Dilakukan

Cara Membersihkan Sofa Kulit

Desain interior rumah ada berbagai macam, salah satunya sofa kulit. Saat memilih sofa kulit sebagai pelengkap maka harus memahami pula cara membersihkan sofa kulit. Pasalnya. Sofa kulit ini memiliki beberapa keistimewaan yang harus dijaga agar awet serta tidak mudah kusam. Maka sebaiknya saat membersihkan sofa kulit harus memahami cara yang akan dilakukan dengan mudah.

Memang perawatan sofa kulit dianggap paling sulit, namun bisa terasa mudah jika memahami trik dalam membersihkannya. Sehingga sofa kulit terjaga kualitas dan lebih awet digunakan dalam waktu lama tanpa perlu mengganti permukaan sofanya. Adapun cara ini bisa dilakukan dengan mudah untuk membersihkan sofa kulit:

1. Menggunakan Vacuum Cleaner

Vacuum cleaner atau alat penyedot debu bisa dipilih sebagai alternatif untuk membersihkan sofa kulit dengan mudah. Caranya dengan menggunakan vacuum cleaner pada daerah yang sulit dijangkau, seperti lipatan sofa, bagian bawah hingga sudut-sudut kecil.

Biasanya debu, kotoran sangat sulit dijangkau oleh tangan saat membersihkan sofa secara manual. Namun, saat menggunakan alat vacuum cleaner, bagian penyedot langsung menjangkau kotoran dan debu ke dalam pipa dan ruang penyimpanan. Sehingga, sofa kulit bisa bebas dari debu dan kotoran dengan cara yang mudah.

2. Gunakan Kain yang Lembut dan Lembab

Sofa berbahan kulit merupakan sesuatu yang sulit dibersihkan, karena keistimewaan bahan kulit begitu sensitif dan cepat pudar jika tidak terawat. Maka dari itu, salah satu cara membersihkan sofa kulit dengan menggunakan kain yang lembut serta lembab.

Penggunaan kain sangat penting, jika kualitas kain begitu kasar, akan berpengaruh pada sofa kulit yang terlihat tergores. Selain itu, jika menggunakan kain dibasahi air, justru akan semakin meninggalkan noda-noda seperti flek pada permukaan sofa. Sehingga diperlukan cara yang baik dan penuh kehati-hatian agar tidak membuat sofa kulit menjadi rusak.

3. Pakai Pelembab pada Permukaan Sofa Kulit

Pelembab tidak hanya digunakan untuk wajah saja, ternyata bisa digunakan pula pada sofa kulit yang ada di rumah. Kandungan pelembab yang lembut serta mudah dioleskan bisa menjadi cara membersihkan sofa kulit. Pemakaian pelembab juga sangat mudah dengan mengambil sedikit pelembab kemudian dioleskan ke bagian sofa.

Setelah mengoleskan pelembab pada sofa, selanjutnya tinggal dilap kembali bisa menggunakan kain yang lembut. Atau jika tidak ada, bisa pula menggunakan tisu atau kapas pada sofa. Sehingga sofa kulit tetap terlihat mempesona, bersih dan awet.

4. Gunakan Pembersih Khusus Material Kulit

Untuk memudahkan merawat sofa kulit dan membersihkannya bisa dengan menggunakan pembersih khusus material kulit. Bahan dasar kulit untuk sofa memang sangat sensitif serta harus dirawat dengan ekstra, karena bahan dasar kulit ini lebih cepat rusak. Jika terjadi kesalahan saat membersihkan, maka sofa kulit terlihat kusam.

Dengan adanya pembersih khusus tentu memudahkan dan dijamin membuat sofa semakin awet dan terjaga kualitasnya.  Pembersih ini biasanya berupa gel, cairan atau berbentuk lotion, maka pilihlah sesuai selera pengguna. Kemudian gunakan spons atau lap lembut saat membersihkannya, sehingga sofa tetap terjaga.

5. Bersihkan Segera Saat Sofa Kulit Kotor

Jika sofa kulit terkena kotoran, maka sesegera mungkin untuk membersihkannya. Pasalnya, jika ditunda maka kotoran semakin membandel dan tidak bisa hilang. Justru akan memperburuk tampilan sofa yang dimiliki.

Misalnya saja jika sofa kena noda makanan, maka segera ambil tisu atau kain lembut untuk membersihkannya. Kemudian gunakan pembersih lainnya agar noda pada sofa yang masih tertinggal bisa dibersihkan segera.

6. Hindari Menggunakan Deterjen

Cara membersihkan sofa kulit memang tidak mudah, karena bahan dasar kulit akan bereaksi dengan bahan kimia lainnya dan menjadikan sofa rusak. Maka hindari menggunakan deterjen, karena deterjen mengandung bahan kimia yang tinggi.

Pada kenyataannya sofa kulit sangat sensitif terhadap bahan kimia. Efeknya sofa kulit bisa mengelupas serta pudar. Oleh karena itu, pentingnya memperhatikan bahan pembersih yang akan digunakan pada sofa kulit. Agar tidak menimbulkan hal yang tidak diinginkan dan sofa kulit tetap aman, awet, dan terawat.

Baca juga: Warna Cat Dapur Menurut Feng Shui yang Paling Direkomendasikan

7. Lindungi dengan Cairan Pelapis Sofa

Sebelum terjadi hal yang tidak diinginkan pada sofa kulit, maka mencoba melindungi sofa kulit dengan cairan pelapis sofa bisa dilakukan. Cairan ini memberikan perlindungan terdepan untuk sofa kulit secara efisien. Sehingga, kotoran, noda dan penyebab lainnya menempel pada lapisan terluar.

Oleh karena itu, pentingnya memberikan perlindungan awal pada sofa kulit juga akan memberikan kemudahan pada saat membersihkan. Bisanya sofa kulit yang diberi cairan pelapis akan terlihat lebih mengkilap, baru dan begitu bersih. Jika sudah begitu kondisinya, saat kotor, terkena debu atau penyebab lain akan lebih mudah dibersihkan.

Dengan adanya cara membersihkan sofa kulit yang mudah dilakukan maka tidak perlu khawatir sofa kulit tidak terawat. Sofa kulit bisa dibersihkan dengan beberapa cara yang juga hal tersebut akan membuat sofa tetap awet, bersih dan tidak kusam. Sehingga sofa tampak lebih cantik, elegan serta selalu terlihat baru.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Education

Inilah Daftar dan Biaya Sekolah Penerbangan Bandung Saat Ini

Biaya Sekolah Penerbangan Bandung

Memiliki cita-cita atau keinginan untuk bekerja dalam bidang penerbangan merupakan hal yang tidak mudah dilakukan. Dengan alasan karena membutuhkan proses cukup panjang dan jumlah biaya luar biasa yang harus dikeluarkan. Memang biaya sekolah penerbangan Bandung tidak murah namun cita-cita bekerja di penerbangan bisa terjamin.

Berbagai sekolah penerbangan di Jawa Barat khususnya Bandung memang sangat banyak dan memiliki kualitas yang baik. Kualitas yang bagus tentu tidak lepas dengan biaya yang cukup mahal sehingga dapat menimba ilmu di sekolah tersebut. Lantas berapa biaya harus dikeluarkan? Berikut merupakan paparan mengenai daftar dan biaya sekolah penerbangan Bandung:

1. Bandung Pilot Academy (BPA)

Bandung Pilot Academy atau disingkat dengan BPA memang sudah tidak asing lagi untuk mancanegara yang berlokasi di Jawa Barat. Memang sekolah penerbangan ini bukan hanya terkenal di Indonesia saja, namun juga di luar Indonesia mengenal sekolah tersebut. Tahun 2008 adalah tahun didirikan sekolah penerbangan yang satu ini.

Adapun lisensi yang ditawarkan BAP ini antara lain MER, CPL, PPL, dan juga IR. Agar bisa masuk di sekolah tersebut pun harus melewati beberapa tahap seperti score TOEIC yang dimiliki sudah di atas 400. Mengenai biaya harus dikeluarkan kurang lebih 768 juta. Biaya tersebut bukan hanya biaya pendidikan namun juga tempat tinggal siswa.

2. Universitas Nurtanio

Universitas Nurtanio yang sudah dibangun sejak tahun 1967 ini masih di bawah asuhan dari sebuah yayasan milik seorang TNI AU. Meskipun nama awal dari sekolah ini adalah Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Angkasa namun sudah banyak yang berminat daftar di sekolah ini. Akan tetapi sekolah ini baru mendapatkan sertifikat AMTO dan DSKU pada tahun 2018.

Program yang ditawarkan oleh sekolah penerbangan ini yakni program sarjana dan juga program diploma. Kedua program tersebut menawarkan berbagai pilihan jurusan yang dapat dipilih seperti listrik pesawat, motor pesawat, dan lain-lain. Adapun biaya yang dibutuhkan untuk sekolah di Universitas Nurtanio kurang lebih Rp15 juta setiap semester.

3. Gema Mahardika Persada Academy (GMP)

Apabila memiliki impian untuk sekolah di sekolah penerbangan namun tidak ingin menjadi seorang pilot, GMP lah jawabannya. Gema Mahardhika Persada Academy atau disingkat GMP tidak menawarkan pelatihan untuk menjadi pilot. Akan tetapi jenis jurusan yang ditawarkan seperti pramugari dan juga kelas airline staff namun hanya berupa teori saja.

Menariknya sekolah di GMP adalah sudah dijamin sampai mendapatkan pekerjaan berdasarkan program yang dipilih. Hal tersebut dikarenakan sekolah ini sudah bekerja sama dengan berbagai bandara yang ada di Indonesia. Adapun rincian biaya yang harus disiapkan oleh calon siswa kurang lebih Rp30 hingga Rp45 juta.

4. Global Aviation Flying School

Global Aviation Flying School adalah sekolah untuk siswa yang tinggal di Bandung dan memiliki impian menjadi seorang pilot. Berbagai fasilitas yang memadai sehingga pelatihan pun sudah disediakan oleh sekolah tersebut. Memang sekolah penerbangan khusus pilot ini dianggap sebagai salah satu sekolah yang memiliki kualitas tinggi.

Selain itu, para alumni yang berasal dari sekolah ini sudah diakui oleh pihak regulasi pemerintah dan regulasi internasional. Berbagai persyaratan harus dipenuhi oleh calon siswa seperti dari segi usia, tinggi badan, dan lain sebagainya. Adapun biaya yang dikeluarkan oleh calon pilot kurang lebih 700 juta serta fasilitas yang akan digunakan.

5. Flight Attendant & Airline Staff Training

Fligt Attendant & Airline Staff Training atau disingkat FAAST yang juga dapat menciptakan alumni yang berkualitas. Sekolah penerbangan FAAST pada awalnya didirikan di Kota Yogyakarta yang kemudian dipindahkan ke Bandung. Sama seperti sekolah penerbangan lainnya yang juga membutuhkan berbagai persyaratan yang harus dipenuhi.

Persyaratan yang dimaksud seperti kesehatan calon siswa, tinggi badan, usia, dan lain sebagainya. Mengenai biaya sekolah penerbangan Bandung di FAAST kurang lebih 30 juta untuk setiap semester. Memang cukup mahal namun alumni bisa langsung bekerja di bandara.

6. Nasional Aviation Airline Education Center

NASA merupakan sebuah sekolah penerbangan yang didirikan di tahun 2007 silam dan sudah menciptakan banyak alumni. Nama pendiri dari Nasional Aviation Airline Education Center yaitu R. Guntur Sunarko Putro. Legalitas resmi pun sudah dimiliki oleh sekolah NASA sehingga pengarahan untuk alumni bekerja tentunya jelas.

Menimba ilmu di NASA tidak membutuhkan waktu lama dan bisa menjadi seorang pilot maupun staff di bandara. Berbagai fasilitas pun sudah disediakan seperti mini cabin, alat praktik, dan lain sebagainya. Masalah yang dibutuhkan untuk sekolah di NASA kurang lebih 900 juta yang sudah disertai dengan berbagai fasilitas yang disediakan.

Itulah beberapa paparan mengenai daftar dan biaya sekolah penerbangan Bandung. Biaya yang dibutuhkan memang lumayan besar agar bisa menimba ilmu di sekolah tersebut. Akan tetapi berbagai fasilitas pun disediakan untuk menunjang proses pendidikan siswa. Berbagai jurusan pun ditawarkan seperti pilot maupun staff bandara.

Continue Reading

Lifestyle

Urutan Skincare Pagi Untuk Menjaga Kelembapan Wajah

Urutan Skincare Pagi

Merawat wajah agar tampak glowing, ternyata tidak bisa asal-asalan. Ada urutan skincare pagi dan juga malam yang harus diperhatikan. Bahkan, seperti ditulis di falabelle official, kandungan perawatan wajah atau skincare yang aman pun patut menjadi perhatian. Berikut ini adalah langkah-langkah mengaplikasikan produk perawatan kulit ke wajah di pagi hari, agar kelembapannya terjaga.

1. Pembersih Wajah

Hal pertama yang harus dilakukan ketika bangun tidur adalah membersihkan wajah. Hal ini pun menjadi urutan skincare pagi yang sangat penting guna membersihkan residu di wajah, serta minyak yang terbentuk ketika tidur. Sapukan merata dengan lembut menggunakan kapas.

Selain cleanser, aktivitas pagi untuk menjaga kelembapan adalah penggunaan sabun khusus wajah. Dengan begitu, wajah akan bersih dari kotoran karena produksi sebum ketika tidur malam. Dengan begitu, wajah akan kembali siap, kecerahan dan kelembapan alaminya kembali sempurna.

2. Toner

Langkah berikutnya yang sering dilupakan yaitu toner. Produk ini sangat penting untuk mengembalikan pH serta menyusutkan pori-pori kulit wajah. Saat ini, toner dengan bahan alami bagi kulit sudah banyak dipasarkan secara online dan ditemui di laman jual produk kecantikan lokal. Penggunaan toner ini terkadang dilewatkan, karena banyak yang tidak mengetahui fungsinya untuk kulit wajah.

Ketika mencuci wajah, baik dengan cleanser atau sabun, ada kemungkinan tertinggal sisa-sisa sabun atau pembersih di wajah. Toner akan menyapu dan semakin membersihkan, sehingga kulit wajah akan semakin bersih serta kembali lembap alami.

3. Essence

Langkah berikutnya adalah mengoleskan essence atau vitamin tambahan bagi kulit. Produk ini merupakan nutrisi untuk mengurangi kerutan wajah. Selain itu, essence juga membantu menjaga kelembapan kulit wajah. Skincare ini berfungsi mirip dengan serum, namun memiliki kandungan nutrisi yang berbeda.

4. Serum

Setelah mengoleskan essence secara merata, berikan jeda beberapa menit untuk mengaplikasikan serum wajah. Penggunaan serum sangat direkomendasikan karena nutrisi dalam bentuk cair sangat mudah meresap ke pori-pori wajah. Dengan begitu, kulit juga akan menjadi cepat meresap manfaatnya.

Selain menjaga kelembapan kulit karena kandungan nutrisi yang sangat dibutuhkan wajah, serum juga berfungsi mencegah penuaan dini. Penggunaan produk ini harus dipastikan pada kulit yang bersih untuk mendapatkan hasil yang optimal. Tidak hanya di muka, serum dapat digunakan sampai ke bagian leher.

Teteskan sedikit serum di telapak tangan, lalu oleskan dengan rata ke wajah sampai leher. Dalam beberapa menit, tepuk-tepuk pelan wajah dan leher untuk mempercepat penyerapan serum ke kulit. Serum merupakan skincare yang digunakan agar kulit kenyal dan sehat, serta sebagai awalan pelembap.

5. Pelembap

Pelembap wajah memiliki beragam jenis sesuai dengan jenis kulit. Menggunakan pelembap akan membuat kulit wajah semakin sehat dan bernutrisi. Selain untuk menutup noda-noda di wajah, nutrisi yang dikandung oleh tiap-tiap pelembap sangat dibutuhkan untuk menghidrasi kulit, sehingga tidak lekas kering.

6. Tabir Surya

Langkah terakhir, jangan ketinggalan untuk menggunakan tabir surya. Bahaya radiasi UV akan sangat merusak kulit dengan efek yang baru terasa dalam jangka panjang. Penggunaan tabir surya ini terkadang juga dilewatkan, karena paparan sinar matahari memang tidak memberikan efek secara langsung kepada kulit.

Mengikuti langkah demi langkah dari urutan skincare pagi, tentunya membuat kulit wajah ternutrisi dengan baik. Skincare menjadi salah satu upaya menghidrasi kulit sehingga tetap lembap. Selain terjaga kelembapannya, kulit wajah yang sehat tentu akan membuat rasa percaya diri semakin optimal, dan membuat semakin siap beraktivitas sepanjang hari.

Continue Reading

Lifestyle

7 Cara Membuat Air Terjun Aquascape yang Mudah Ditiru

Cara Membuat Air Terjun Aquascape

Saat ini sudah banyak aquarium yang dibuat menggunakan teknik aquascape guna mempercantik tampilannya dan membuatnya lebih indah ketika dipandang. Terdapat aksesoris yang menjadi hiasan hingga menyerupai taman pada bawah laut, salah satunya air yang terjun. Adapun cara membuat air terjun aquascape yang menambahkan pasir putih untuk komponen pendukung, antara lain:

1. Menyiapkan Alat serta Bahan yang Dibutuhkan

Saat bagian awal ini terlihat sederhana, tapi harus diperhatikan setiap komponen yang dipakai. Mempersiapkan semua alat serta bahan yang dibutuhkan sejak awal sangat diperlukan untuk menunjang kelancaran proses pembuatannya. Detail sekecil apapun juga harus ditangani nantinya agar membuahkan hasil sebagaimana yang diinginkan.

Adapun bahan yang dibutuhkan seperti akuarium dengan ukuran yang menyesuaikan kebutuhan dan bentuknya juga mengikuti selera yang buat. Hal lainnya yang disiapkan adalah paralon, selang aerator, pipa dan benda-benda lain yang dipakai untuk menghiasinya. Jika semuanya sudah tersedia bisa dilanjutkan pada langkah berikutnya.

2. Pasangkan Sambungan Pralonnya

Sebenarnya untuk cara membuat air terjun aquascape gampang untuk dilaksanakan ketika keperluannya telah dilengkapi dengan baik. Di sini akan ada proses pemasangan dari paralon yang digunakan untuk tempat masuknya selang nantinya. Jadi ukuran sebaiknya dengan tinggi 10 cm atau biasanya disebut jenis B. Keseimbangan setiap bendanya juga dilihat.

Langkah pertama itu memasang paralon bentuk T, sehingga dapat disambungkan pada satunya lagi yang ukurannya 10 cm itu. Perhatikan polanya, jangan sembarangan menempel. Hal ini karena setiap bagian memiliki fungsi yang berbeda-beda. Sebagaimana sisi atas untuk aerator, lalu bawahnya diperuntukkan tempat pasir untuk turunnya aliran air yang terjun.

3. Sambungkan Belokan

Giliran berikutnya membuat sambungan belokan yang tujuannya untuk mengalirkan pasir yang ada. Lihatlah bagian-bagian yang ada pada paralon yang dibentuk tersebut, jangan sampai ada lubang kecil yang mempengaruhi jalannya hal lain pada tempat itu. Usahakan bisa terhubung dengan rapat tanpa celah.

Pemilihan bahan yang bagus dan tahan saat terkena air cocok untuk digunakan dalam jangka waktu yang lama. Manfaat yang diperoleh jika memakai sesuatu yang tahan akan kondisi sekitarnya lebih menguntungkan daripada benda yang hanya bisa dimanfaatkan sementara.

4. Memasukkan Selang Aeratornya

Apabila sambungannya sudah terhubung sesuai harapan bisa lanjut masukkan selang aerator dalam pipa yang sudah disiapkan sebelumnya. Mulai dari bagian atasnya pipa T terus berlanjut pada sisi bawahnya hingga melewati belokan yang ada. Kecermatan dalam mengerjakannya diperlukan agar tidak ada yang terlewat.

Kesalahan yang dibuat akan berpengaruh pada jalannya pasir, jadi arahnya jangan sampai terbalik. Pastikan ukurannya sudah benar pada bagian selangnya jangan terlalu besar ataupun kekecilan. Apabila ada sedikit kekurangan akan mempengaruhi semua proses yang telah dijalankan sebelumnya.

5. Beri Lubang Pada Paralon Guna Masuknya Pasir

Saat akan masuk pada paralon jenis A ini berikan lubang dengan diameternya 3 cm sampai 5 cm sesuai dengan kebutuhannya. Ketika melubangi usahakan tidak mengenai bagian ujungnya agar mudah untuk pengaliran, kecilnya tingkat kesalahan yang dibuat dapat merusak yang dilaksanakan. Tekanan paralon juga dipengaruhi oleh lubang yang dibuat.

Ketepatan saat menyusun semua bahan yang ada sangat dipertaruhkan guna memperoleh hasil yang memuaskan. Butuh ketelitian dan cukup memakan waktu saat membuat aquascape yang menakjubkan. Pada hakikatnya fungsi dari lubang ini untuk menyedot pasir serta mengalirkannya, sehingga harus benar-benar sesuai.

6. Pasang Paralon Beserta Penampungan Pasir

Ketika tahapan nomor satu sampai lima dilalui tanpa ada masalah, lanjut cara membuat air terjun aquascape untuk buat air terjunnya. Pasangkan paralon sebagai lintasan untuk air yang mengalami tanjakan dan turunan. Mesin aerator juga berada di posisi yang tepat sesuai fungsinya. Hal ini bermaksud supaya bisa dihidupkan dengan lancar.

Selanjutnya pasang penampung pasir pada paralon B sebelah depannya dengan peletakkan dari bawah. Pastikan tempat tampungan letaknya tepat, agar isinya tidak keluar jalur hingga berserakan pada area luar. Penampungannya dibuat miring jangan lurus, supaya pasirnya dapat turun dengan mudah. Biasanya tingkat kemiringan mencapai 45°.

7. Taruh Rangkaian Pipa ke Air

Ketika semua rangkaian yang dibuat sudah jadi, tahap terakhirnya bikin aquascape bentuk air yang terjun dengan memasukkan pada akuarium. Taruh sebagaimana yang diinginkan tapi tidak boleh menghilangkan kemiringan yang sudah dibuat. Selain itu pastikan semua perangkat terpasang dengan rapi tanpa celah.

Hal ini bertujuan agar yang sudah didesain sebelumnya dapat dijalankan dengan lancar. Periksa setiap sisi yang ada, seperti kekuatan paralon, lubangnya dan lainnya agar mampu berjalan begitu baik. Apabila terdapat yang tak rapat, dapat ditambahkan lem serta pengerat lainnya.

Demikian penjelasan tentang cara membuat air terjun aquascape dengan gampang untuk ditiru serta menciptakan suatu karya yang luar biasa menawannya. Hal ini bisa dilakukan pada tempat yang tidak terlalu luas. Tapi memiliki ruang yang cukup untuk siklus udara dan airnya.

Continue Reading

TOP STORIES