Connect with us

Lifestyle

Cara Membersihkan Sofa Kulit yang Mudah Dilakukan

Cara Membersihkan Sofa Kulit

Desain interior rumah ada berbagai macam, salah satunya sofa kulit. Saat memilih sofa kulit sebagai pelengkap maka harus memahami pula cara membersihkan sofa kulit. Pasalnya. Sofa kulit ini memiliki beberapa keistimewaan yang harus dijaga agar awet serta tidak mudah kusam. Maka sebaiknya saat membersihkan sofa kulit harus memahami cara yang akan dilakukan dengan mudah.

Memang perawatan sofa kulit dianggap paling sulit, namun bisa terasa mudah jika memahami trik dalam membersihkannya. Sehingga sofa kulit terjaga kualitas dan lebih awet digunakan dalam waktu lama tanpa perlu mengganti permukaan sofanya. Adapun cara ini bisa dilakukan dengan mudah untuk membersihkan sofa kulit:

1. Menggunakan Vacuum Cleaner

Vacuum cleaner atau alat penyedot debu bisa dipilih sebagai alternatif untuk membersihkan sofa kulit dengan mudah. Caranya dengan menggunakan vacuum cleaner pada daerah yang sulit dijangkau, seperti lipatan sofa, bagian bawah hingga sudut-sudut kecil.

Biasanya debu, kotoran sangat sulit dijangkau oleh tangan saat membersihkan sofa secara manual. Namun, saat menggunakan alat vacuum cleaner, bagian penyedot langsung menjangkau kotoran dan debu ke dalam pipa dan ruang penyimpanan. Sehingga, sofa kulit bisa bebas dari debu dan kotoran dengan cara yang mudah.

2. Gunakan Kain yang Lembut dan Lembab

Sofa berbahan kulit merupakan sesuatu yang sulit dibersihkan, karena keistimewaan bahan kulit begitu sensitif dan cepat pudar jika tidak terawat. Maka dari itu, salah satu cara membersihkan sofa kulit dengan menggunakan kain yang lembut serta lembab.

Penggunaan kain sangat penting, jika kualitas kain begitu kasar, akan berpengaruh pada sofa kulit yang terlihat tergores. Selain itu, jika menggunakan kain dibasahi air, justru akan semakin meninggalkan noda-noda seperti flek pada permukaan sofa. Sehingga diperlukan cara yang baik dan penuh kehati-hatian agar tidak membuat sofa kulit menjadi rusak.

3. Pakai Pelembab pada Permukaan Sofa Kulit

Pelembab tidak hanya digunakan untuk wajah saja, ternyata bisa digunakan pula pada sofa kulit yang ada di rumah. Kandungan pelembab yang lembut serta mudah dioleskan bisa menjadi cara membersihkan sofa kulit. Pemakaian pelembab juga sangat mudah dengan mengambil sedikit pelembab kemudian dioleskan ke bagian sofa.

Setelah mengoleskan pelembab pada sofa, selanjutnya tinggal dilap kembali bisa menggunakan kain yang lembut. Atau jika tidak ada, bisa pula menggunakan tisu atau kapas pada sofa. Sehingga sofa kulit tetap terlihat mempesona, bersih dan awet.

4. Gunakan Pembersih Khusus Material Kulit

Untuk memudahkan merawat sofa kulit dan membersihkannya bisa dengan menggunakan pembersih khusus material kulit. Bahan dasar kulit untuk sofa memang sangat sensitif serta harus dirawat dengan ekstra, karena bahan dasar kulit ini lebih cepat rusak. Jika terjadi kesalahan saat membersihkan, maka sofa kulit terlihat kusam.

Dengan adanya pembersih khusus tentu memudahkan dan dijamin membuat sofa semakin awet dan terjaga kualitasnya.  Pembersih ini biasanya berupa gel, cairan atau berbentuk lotion, maka pilihlah sesuai selera pengguna. Kemudian gunakan spons atau lap lembut saat membersihkannya, sehingga sofa tetap terjaga.

5. Bersihkan Segera Saat Sofa Kulit Kotor

Jika sofa kulit terkena kotoran, maka sesegera mungkin untuk membersihkannya. Pasalnya, jika ditunda maka kotoran semakin membandel dan tidak bisa hilang. Justru akan memperburuk tampilan sofa yang dimiliki.

Misalnya saja jika sofa kena noda makanan, maka segera ambil tisu atau kain lembut untuk membersihkannya. Kemudian gunakan pembersih lainnya agar noda pada sofa yang masih tertinggal bisa dibersihkan segera.

6. Hindari Menggunakan Deterjen

Cara membersihkan sofa kulit memang tidak mudah, karena bahan dasar kulit akan bereaksi dengan bahan kimia lainnya dan menjadikan sofa rusak. Maka hindari menggunakan deterjen, karena deterjen mengandung bahan kimia yang tinggi.

Pada kenyataannya sofa kulit sangat sensitif terhadap bahan kimia. Efeknya sofa kulit bisa mengelupas serta pudar. Oleh karena itu, pentingnya memperhatikan bahan pembersih yang akan digunakan pada sofa kulit. Agar tidak menimbulkan hal yang tidak diinginkan dan sofa kulit tetap aman, awet, dan terawat.

Baca juga: Warna Cat Dapur Menurut Feng Shui yang Paling Direkomendasikan

7. Lindungi dengan Cairan Pelapis Sofa

Sebelum terjadi hal yang tidak diinginkan pada sofa kulit, maka mencoba melindungi sofa kulit dengan cairan pelapis sofa bisa dilakukan. Cairan ini memberikan perlindungan terdepan untuk sofa kulit secara efisien. Sehingga, kotoran, noda dan penyebab lainnya menempel pada lapisan terluar.

Oleh karena itu, pentingnya memberikan perlindungan awal pada sofa kulit juga akan memberikan kemudahan pada saat membersihkan. Bisanya sofa kulit yang diberi cairan pelapis akan terlihat lebih mengkilap, baru dan begitu bersih. Jika sudah begitu kondisinya, saat kotor, terkena debu atau penyebab lain akan lebih mudah dibersihkan.

Dengan adanya cara membersihkan sofa kulit yang mudah dilakukan maka tidak perlu khawatir sofa kulit tidak terawat. Sofa kulit bisa dibersihkan dengan beberapa cara yang juga hal tersebut akan membuat sofa tetap awet, bersih dan tidak kusam. Sehingga sofa tampak lebih cantik, elegan serta selalu terlihat baru.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Lifestyle

Cara Membuat Lilin Aromaterapi yang Mudah Dilakukan

Cara Membuat Lilin Aromaterapi

Lilin aromaterapi identik dengan bentuk, warna serta aroma yang khas dan memiliki sifat menenangkan. Untuk memiliki lilin tersebut bisa dengan melakukan cara membuat lilin aromaterapi sendiri. Daripada membeli lilin dengan harga mahal, dengan membuat sendiri akan lebih menghemat budget serta bisa disesuaikan dengan selera pembuat.

Ada beberapa hal penting yang harus disediakan dan memperhatikan tahapan dari membuat lilin aromaterapi ini. sehingga bisa menghasilkan lilin aromaterapi yang berkualitas serta tidak kalah mutunya dengan lilin aromaterapi yang dijual di pasaran.

1. Pilihlan Bahan Berkualitas

Pemilihan bahan berkualitas ini akan berpengaruh pada pengolahan lilin dari segi mutu dan aromanya. Bisa dengan menyediakan potongan lilin atau disebut dengan parafin atau beeswax. Kemudian pilihlah aroma esensial yang disukai seperti lavender, green tea, lemon dan sebagainya. Minyak aroma inilah yang menghasilkan aroma khas dari lilin aromaterapi.

Pewarna atau krayon atau cat minyak, hal ini yang akan menghasilkan berbagai macam warna yang dihasilkan oleh lilin aromaterapi. Jika ingin memilih warna, sebaiknya pilih warna yang natural dan lembut sehingga semakin memberikan kesan lilin terapi yang nyaman.

Perpaduan dari bahan yang berkualitas akan diolah menjadi satu untuk menghasilkan lilin aromaterapi dengan disesuaikan selera pembuatnya. Saat membeli bahan juga jangan tergiur dengan harga murah namun tetap pilihlah bahan dengan kualitas tinggi agar menghasilkan lilin aromaterapi kualitas pertama.

2. Persiapkan Peralatan yang Dibutuhkan untuk Membuat Lilin

Cara membuat lilin aromaterapi dengan mempersiapkan beberapa alat yang digunakan untuk mengolah lilin tersebut. Berikut ini adalah alat-alat yang dibutuhkan dan digunakan untuk menghasilkan lilin aromaterapi, yaitu :

  • Benang kasur, yang fungsinya untuk diletakkan pada tengah lilin sebagai sumbu saat lilin siap dinyalakan.
  • Gelas kaca atau tempat bening lainnya, yang menjadi tempat paraffin yang sudah dilelehkan dan diletakkan dengan bentuk sesuai tempatnya.
  • Panci, digunakan untuk melelehkan lilin di atas suhu api yang panas sehingga paraffin bisa meleleh dengan sempurna.
  • Tusuk sate, digunakan untuk membantu mengaduk lilin dan melakukan cek kepadatan lilin setelah lilin dituangkan ke wadah yang digunakan.
  • Sumber panas, bisa dengan menggunakan kompor gas dengan mengatur api dalam kondisi yang paling kecil.
  • Pisau, dibutuhkan saat memotong lilin menjadi bagian lebih kecil agar memudahkan dalam proses.
  • Gunting, digunakan untuk memotong benang kasur sebagai sumbu lilin agar tidak kepanjangan.

3. Pastikan Pembuatan Lilin Dilakukan dengan Benar

Dalam membuat lilin aromaterapi memang perlu adanya pemahaman yang benar, seperti persiapan alat yang lengkap serta bahan yang digunakan. Pada saat awal pengolahan pastikan juga pembuatan ini disesuaikan dengan selera awal. Yang paling utama yaitu paraffin ini yang menjadi bahan dasar pembuatannya, kemudian disusul oleh bahan lainnya hingga diolah.

Dalam mengolah lilin aromaterapi, cobalah untuk dimasak pada api paling kecil di kompor. Sehingga tidak terjadi gosong atau terlalu panas. Pada saat pelelehan ini yang menjadi inti awal menghasilkan lilin yang berkualitas.  Kemudian campurkan semua bahan dan aduk secara merata sehingga hasilnya tidak ada yang terlalu lembek atau terlalu keras.

4. Perhatikan Proses Dilalui Secara Urut

Adapun saat melakukan cara membuat lilin aromaterapi yaitu memperhatikan cara membuatnya secara urut. Proses ini dilakukan dengan beberapa tahapan yang harus dilakukan, yaitu dengan melakukan urutan berikut,

  • Lilin yang sudah dipotong siap untuk dilelehkan di atas panci.
  • Lilin yang sudah masuk ke dalam panci dengan pengaturan api paling kecil, biarkan meleleh perlahan.
  • Sesekali aduk lilin yang ada di panci.
  • Jika sudah mencair, masukkan pewarna serta minyak essensial dan aduk terus.
  • Setelah tercampur merata, masukkan ke wadah yang sudah ditentukan.
  • Beri benang kasur dengan bantuan tusuk sate di dalam lilin sebelum mengeras.
  • Jika ingin memberikan kesan berbeda dan berkreasi tinggal memberikan beberapa kreativitas di dalamnya seperti daun kering, biji semangka, bunga dan sebagainya.

Baca juga: Cara Membersihkan Sofa Kulit yang Mudah Dilakukan

5. Berikan Sentuhan Kreasi Pada Lilin aromaterapi

Ada berbagai macam kreasi yang bisa dihasilkan saat membuat lilin aromaterapi sehingga lilin tidak terlihat polos saja namun lebih menarik. Ada beberapa pilihan hiasan yang bisa digunakan dalam menghasilkan kreasi lilin terapi ini. Bisa dengan perpaduan warna atau memberikan kesan bentuk dengan ditambahkan hiasan lain ke dalam lilin.

Saat membentuk lilin aromaterapi di dalam wadah maka selanjutnya bisa berkreasi dengan memberikan warna dasar berbeda. Kemudian dipadukan dengan memasukkan biji-bijian, daun kering atau hiasan lainnya, sehingga lilin terlihat lebih menarik. Penggunaan warna yang berbeda pada penyusuan lilin di wadah juga memberikan kesan berbeda.

Pentingnya mengkreasikan lilin aromaterapi agar tidak terlihat monoton seperti biasanya, bisa juga memberikan tema tertentu saat membuat lilin. Dengan begitu lilin aromaterapi tidak hanya memberikan kenyamanan namun juga menciptakan nilai estetika yang tinggi.

Adapun cara membuat lilin aromaterapi yang bisa dilakukan dengan mudah ini menjadi referensi untuk membuat lilin yang lebih baik lagi. Bahkan jika berhasil , lilin aromaterapi hasil karya sendiri bisa dijual. Namun, yang paling utama bisa menikmati secara pribadi tanpa harus mengeluarkan budget yang banyak untuk sebuah lilin.

Continue Reading

Game

Rekomendasi Senjata Free Fire untuk Pemula Ini Dijamin Auto Booyah

Senjata Free Fire untuk Pemula

Baru menjadi penggemar game Free Fire? Ketahuilah, pemilihan senjata yang tepat itu sangat penting. Sebab akan mempengaruhi perolehan kill dan booyah. Sedangkan seperti yang sering dibahas di Gamebleng.com, dalam Free Fire semuanya senjata tentu punya keunggulan masing-masing. Agar tidak salah pilih, berikut rekomendasi senjata Free Fire untuk pemula :

1. Scar

Urutan pertama adalah senjata Scar yang dikenal memiliki akurasi tembakan cenderung stabil. Scar nyatanya menjadi senjata yang paling banyak digunakan oleh pemain Free Fire. Hal ini disebabkan karena akurasi tembakan yang dihasilkan sangat bagus.

Selain itu scar juga dikenal punya kecepatan tembakan yang tinggi. Bahkan Scar juga tergolong sangat mematikan jika digunakan dengan tepat. Kemampuannya sudah sangat diakui, sampai disebut-sebut sebagai Groza kedua.

2. M1014

M1014 juga lebih dikenal dengan sebutan shotgun. Penggunaan senjata ini lebih diperuntukkan ketika akan menembak sasaran jarak dekat. M1014 ini termasuk senjata Free Fire dengan damage tinggi. Oleh sebab itu, senjata ini menjadi yang paling tepat untuk dipakai ketika ingin menghancurkan vest musuh jarak dekat.

Menariknya lagi senjata M1014 ini pun sangat mudah digunakan. Pemain cukup perlu menahan tombol tembak saja. Maka secara otomatis senjata M1014 ini akan langsung mengeluarkan tembakannya. Senjata ini pun sangat direkomendasikan bagi yang ingin menjadi seorang Rusher.

3. MP5

Dulu senjata MP5 ini memang tidak cukup terkenal. Banyak yang memilih tidak menggunakannya sebab kemampuannya tidak cukup mumpuni. Namun setelah mendapatkan Buff baru, MP5 ini seakan lahir kembali dengan kualitas lebih tinggi. Saat ini kemampuan MP5 ini sudah diupgrade menjadi Meta dan dikenal sangat mematikan.

4. Groza

Meskipun masih pemula, tidak ada salahnya untuk menggunakan senjata yang dikenal bagus ini. Groza ini termasuk senjata Free Fire yang cukup sulit untuk didapatkan. Senjata ini hanya bisa ditemukan di air drop. Namun jika tidak sengaja menemukannya, sebaiknya ambil dan memanfaatkan kemampuannya.

Senjata Groza mempunyai stabilitas dan free rate yang cukup tinggi. Meskipun senjata buatan Rusia ini lebih sulit dikendalikan, namun baik pemain pemula maupun player lama sepertinya masih aman untuk menggunakannya.

5. VSS

Bagi yang merasa masih pemula dalam game Free Fire sangat disarankan untuk mencoba senjata VSS ini. Senjata VSS sebenarnya masuk tipe SMG, tapi Sniper. Jangan salah, perpaduan keduanya sangat cocok dipakai untuk memberantas musuh di arena pertarungan. Para pemula akan lebih mudah menggunakan senjata ini ketika ingin membunuh musuh.

Penggunaan VSS lebih diperuntukan untuk tembakan jarak jauh. Hal ini disebabkan damage yang dihasilkan oleh VSS ini tergolong cukup besar. Sehingga akan mematikan sekali ketika digunakan. Bahkan VSS pun memungkinkan para pemain untuk membunuh musuh secara diam-diam.

6. M4A1

Rekomendasi senjata Free Fire untuk pemula selanjutnya adalah M4A1. Senjata ini dikenal memiliki akurasi tembakan stabil sehingga cukup ampuh ketika digunakan mengalahkan musuh selama pertempuran berlangsung. M4A1 ini punya kelebihan yang tidak dimiliki oleh senjata lainnya. Salah satunya adalah mempunyai range atau jarak tembakan yang lumayan jauh.

Meskipun jarak tembakan yang dihasilkan cukup jauh, M4A1 tetap bisa menghasilkan damage tembakan tinggi. Bahkan ketika posisi musuh berada dalam jarak jauh sekalipun. Bila mendapatkan senjata ini ada baiknya lengkapi dulu dengan beberapa attachment. Dengan begitu bisa dipakai membunuh musuh dengan lebih cepat.

Baca juga: Top Up Game Makin Gampang dengan Codashop Pro Apk

7. Spas12

Spas12 juga merupakan senjata yang bisa menjadi andalan para pemain free fire pemula. Senjata ini punya kemampuan mematikan cukup bagus. Banyak yang bilang Spas12 akan sangat mematikan ketika penggunaannya tepat.

Spas12 sangat disarankan untuk penggunaan tembakan jarak dekat. Sebab damage dari senjata ini bisa lebih besar hanya ketika saat sasaran berada jarak dekat saja.

Itu tadi beberapa rekomendasi senjata Free Fire untuk pemula. Sebenarnya senjata-senjata di atas tidak hanya bisa dipergunakan bagi yang pemula saja. Para player lama pun sangat disarankan untuk mencobanya. Bila penggunaannya tepat, senjata-senjata tersebut pasti bisa membantu memberantas musuh dengan baik.

Continue Reading

Entertainment

Rekomendasi Serial Netflix Terbaik 2020 yang Wajib Ditonton

Serial Netflix Terbaik 2020

Netflix adalah media penyedia layanan streaming berbasis digital asal Amerika yang telah mendunia. Netflix memproduksi banyak serial film yang diminati oleh banyak orang. Di Netflix, pengguna bisa menonton konten dan serial dari berbagai negara. Ada banyak sekali ribuan serial yang ditayangkan di Netflix, namun artikel kali ini hanya akan merangkum beberapa serial Netflix terbaik 2020. Berikut adalah daftarnya:

1. La Casa De Papel

La Casa De Papel (Rumah Kertas) atau dalam bahasa Inggris disebut Money Heist adalah serial televisi bertema kriminal asal Spanyol yang diproduseri oleh Alex Pina. Sejak perilisan season pertamanya, serial ini mendulang kesuksesan yang cukup besar di seluruh dunia. Meskipun begitu, di negara asalnya yaitu Spanyol, Money Heist memiliki rating yang rendah dan kurang diminati.

Strategi Netflix dalam memecah serial ini menjadi dua season terbilang berhasil. Jutaan orang menonton serial ini ketika dirilis ke Netflix. Secara garis besar, Money Heist bercerita tentang sekelompok perampok yang berencana merampok Badan percetakan uang Spanyol. Berkat jalan cerita yang menarik, banyak orang menantikan kelanjutan serial ini dan akhirnya Netflix pun memproduksi season 3 dan 4.

2. Stranger Things

Salah satu yang bisa menyandang sebagai serial Netflix terbaik 2020 dan tak kalah populer selanjutnya adalah Stranger Things. Bergenre fiksi ilmiah serta berbumbu horor, serial ini diperankan oleh Millie Bobby Brown sebagai tokoh utama dalam serial ini. Stranger Things mengambil latar cerita di  pedesaan fiksi bernama Hawkins, Indiana di tahun 1980-an. Season pertama serial ini menceritakan tentang anak lelaki yang bernama Will Byers yang menghilang secara misterius.

Teman-temannya bersama polisi pun mencoba mencari Will. Sementara itu, Will sendiri bertemu dengan monster yang kabur dari laboratorium. Singkatnya, teman-temannya berhasil menemukan Will dan juga gadis muda bernama berkepala plontos Eleven yang mempunyai kemampuan telekinesis yang juga merupakan hasil uji coba laboratorium. Sejak saat itu mereka harus menghadapi berbagai ancaman yang ada baik dari monster maupun dari pemerintah AS.

3. Itaewon Class

Itaewon Class adalah serial drama kehidupan asal Korea Selatan yang diadaptasi dari serial Webtoon populer dengan judul yang sama. Serial ditayangkan di saluran JTBC Korea Selatan serta disiarkan secara internasional di Netflix. Serial ini mampu menyedot banyak penonton. Di Korea Selatan sendiri, serial Itaewon Class berhasil meraih posisi sebagai salah satu serial drama yang paling banyak ditonton.

Itaewon Class menceritakan tentang mantan narapidana bernama Park Sae-roy yang bercita-cita untuk memiliki restoran terbesar di Korea Selatan. Park Sae-roy berencana untuk menghancurkan Jangga Group yang telah menghancurkan hidupnya. Berbekal pengalamannya di penjara, Park Sae-roy mulai membangun kedai kecil bernama Danbam. Tidak ada yang menyangka bahwa kedai kecil tersebut bisa menjadi perusahaan raksasa

4. Dark

Tak kalah hits, Netflix juga mempunyai serial yang sangat populer berjudul Dark. Mengangkat tema science fiction yang bercerita tentang fisika kuantum, penonton sukses dibawa kepada jalan cerita yang penuh teka-teki serta mind blowing. Jalan cerita yang unik membuat serial ini mendapat rating yang sangat sempurna. Season pertama memperoleh rating 89 persen disusul season 2 dengan rating 100 persen dan season tiga dengan rating 93 persen.

Dark mengambil latar di kota fiksi bernama Winden. Suatu hari, sekelompok anak di kota Winden menghilang secara misterius. Belakangan, anak anak itu diketahui masuk ke lorong waktu yang ada di gua misterius. Kejadian membingungkan pun terus terjadi sepanjang film. Serial ini mendulang kesuksesan meskipun awalnya kedua sutradara serial ini yaitu Baran bo Odar dan Jantje Friese tak yakin serial ini akan menjadi hit di seluruh dunia.

5. Sex Education

Sedang mencari serial drama komedi? maka Sex Education bisa menjadi jawabannya. Serial drama komedi Netflix asal Inggris ini berhasil meraih 40 juta penonton di penayangan musim pertamanya. Meskipun judul dan temanya sedikit tabu di masyarakat, Sex Education sebenarnya banyak memberi manfaat positif dimana remaja bisa belajar lebih lanjut tentang masalah seksualitas yang sedang dialami.

Sex Education mengisahkan tentang remaja pendiam bernama Otis Milburn yang diperankan oleh Asa Butterfield. Otis selalu menyembunyikan fakta bahwa ibunya adalah seorang terapis sex. Sampai temannya yang bernama Adam mengetahui hal ini dan membocorkan rahasia Otis ke teman-temannya. Maeve Wiley, teman sekelas Otis menganggap ini sebagai peluang bisnis dan akhirnya mereka berdua membuka jasa konsultasi sex amatiran.

Baca juga: Ini Dia Jenis-jenis Musik di Indonesia yang Banyak Menyita Perhatian

6. The Witcher

The Witcher adalah serial drama fantasi Netflix yang bercerita tentang seorang pemburu monster bernama Geralt of Rivia yang berjuang mencari jati dirinya. Diperankan oleh Henry Cavill yang sudah biasa membawa persona sebagai Superman, serial ini akan membawa penonton melihat sisi lain dari Henry Cavill. The Witcher sendiri diangkat dari novel dengan judul yang sama karya Andrzej Sapkowski.

Bersetting di abad pertengahan, The Witcher mengambil jalan cerita dunia yang kacau setelah perang. Geralt mencoba berkelana untuk menemukan siapa dia sebenarnya. Dalam perjalanannya, dia seringkali melihat bahwa manusia terkadang bisa menjadi lebih menyeramkan daripada monster. Penasaran bagaimana kisah Geralt selanjutnya? Saksikan di Netflix.

Rekomendasi Serial Netflix Terbaik 2020 yang Wajib DitontonNah, itulah tadi beberapa rekomendasi serial Netflix terbaik 2020 terbaik yang bisa ditonton langsung di aplikasi Netflix. Selamat menonton!

Continue Reading

TOP STORIES