Connect with us

Apps

Wajib Tahu, Ini Cara Aktifkan Instagram Dark Mode yang Lagi Hits

The new dark mode feature is now available under the iOS 13 update and on Android 10. Shutterstock

Apa kamu termasuk pengguna aktif media sosial, terutama Instagram? Jika ya, maka kabar baik bagi kamu karena Instagram telah resmi menghadirkan fitur Dark Mode atau mode gelap untuk aplikasinya di platform iOS dan Android.

Kabar baik ini sendiri telah disambut dengan suka cita oleh netizen. Terbukti dari hastag #instagramdarkmode yang sempat memuncaki trending topic Twitter.

Lalu apa sebenarnya fitur Dark Mode itu? Fitur Dark Mode merupakan salah satu fitur yang banyak ditunggu pengguna. Fitur Dark Mode di Instagram hadir dengan latar belakang berwarna hitam dan teks berwarna putih.

Selain dapat menghemat daya baterai perangkat yang digunakan, fitur ini juga mereduksi cahaya pada layar agar tidak menyakiti mata alias membuat mata lebih nyaman ketika scrolling Instagram ataupun ketika sedang melihat foto maupun video di Instagram yang biasanya terasa mencolok karena latar aplikasi yang berwarna putih.

Dikutip dari laman Kompas.com, fitur Dark Mode ini hadir dalam pembaruan Instagram versi 114.0 di perangkat iOS maupun Android. Syarat utamanya, perangkat harus menjalankan iOS versi 13 atau Android 10. Namun di beberapa kasus, pengguna Android versi 9 juga telah kebagian.

Sayangnya, mode gelap Instagram tidak memiliki tombol khusus di dalam aplikasi untuk mengaktifkan dan menon-aktifkan secara manual.

Dengan kata lain, mode ini tidak dapat diaktifkan apabila ponsel tidak sedang menggunakan mode gelap. Jika mode gelap pada ponsel dimatikan, maka tampilan Instagram akan kembali seperti biasa.

Lantas, bagaimana sih cara mengaktifkan Instagram Dark Mode untuk iOS dan Android? Tenang, Income.id telah merangkumnya dari berbagai sumber. Berikut uraiannya:

Instagram Dark Mode untuk iOS

(Image: businessinsider.sg)

1. Pastikan iPhone Menggunakan iOS 13

Fitur Dark Mode di Instagram untuk iOS, hanya bisa diaktifkan jika perangkat kalian sudah mendukung fitur Dark Mode System Wide yang hadir bersama sistem operasi iOS 13.

Jadi, pastikan dulu kalau perangkat kalian sudah mendukung fitur Dark Mode System Wide yang hadir bersama sistem operasi iOS 13. Kalau belum, kamu bisa unduh dahulu, ya.

2. Aktifkan Dark Mode di iPhone

Jika iPhone sudah menjalankan sistem operasi paling anyar, selanjutnya aktifkan fitur Dark Mode atau mode gelap di perangkat. Caranya masuk ke aplikasi Settings, kemudian Display, dan pilih opsi Dark Mode (Settings -> Display -> Dark Mode).

3. Unduh Instagram Versi Terbaru

Setelah fitur Dark Mode di perangkat aktif, pastikan juga bahwa kalian sudah menginstall aplikasi Instagram ke versi terbaru yang bisa kalian unduh di Apple App Store.

4. Buka Aplikasi Instagram

Setelah proses instalasi selesai, buka aplikasi Instagram di iPhone kalian dan tampilan aplikasi secara default akan berubah menjadi gelap.

Jika kalian ingin mengubahnya kembali jadi ‘mode normal’, kalian bisa menonaktifkan mode gelap langsung di pengaturan iPhone. Mudah, bukan?

Instagram Dark Mode untuk Android

Instagram has rolled out ‘dark mode’ to its users on iOS and Android after a short beta test was announced late last month (Image: dailymail.co.uk)

Tak perlu berkecil hati bagi kamu para pengguna Android. Pasalnya, pengguna Android juga sudah bisa lho mencicipi fitur Instagram Dark Mode ini. Meski sudah bisa mencicipinya, namun sayang jika fitur tersebut masih dalam tahap uji coba beta.

Tanpa berlama-lama lagi, berikut cara mengaktifkan Instagram Dark Mode di ponsel Android:

1. Pastikan Ponsel Mendukung Mode Gelap

Sama seperti iOS, untuk mengaktifkan Instagram Dark Mode di ponsel Android, pastikan terlebih dahulu bahwa ponsel kalian sudah menggunakan sistem operasi Android 10. Ini dikarenakan Android 10 sudah mendukung fitur Dark Mode System Wide.

Tapi jika ponsel kalian menggunakan skin atau antarmuka yang mendukung Dark Mode seperti One UI buatan Samsung, kalian juga bisa menggunakan Dark Mode di aplikasi Instagram.

2. Aktifkan Mode Gelap di Ponsel

Jika ponsel kalian telah dipastikan menggunakan Android 10, aktifkan Dark Mode atau mode gelap di ponsel. Caranya masuk ke aplikasi Settings, kemudian Display, setelah itu pilih opsi Night Mode dan aktifkan (Setting -> Display -> Night Mode -> On).

3. Bergabung dengan Uji Coba Beta

Karena untuk Android baru tersedia dalam versi beta, kalian harus bergabung terlebih dahulu untuk mengikuti uji coba beta. Caranya buka Google Play Store dan cari aplikasi Instagram (Play Store -> Instagram).

Klik halaman Instagram di Google Play Store dan scroll hingga menemukan “You’re a beta tester” dan klik Join Beta. Kemudian tunggu sesaat.

Namun perlu diingat bahwa beberapa aplikasi membatasi jumlah orang yang bisa mengikuti uji coba beta. Jika sudah tidak ada slot lagi, kalian akan melihat pesan yang mengatakan bahwa slot sudah penuh.

4. Install Instagram Versi Beta

Jika kalian sudah berhasil bergabung dalam uji coba beta, langkah selanjutnya adalah mengunduh aplikasi Instagram dalam versi beta.

Setelah proses instalasi selesai, aplikasi Instagram akan secara default tampil dengan Dark Mode.

Apa kalian sudah mencobanya? Jika belum, yuk buruan coba. Jika sudah mencobanya, kira-kira apa tanggapan kamu setelah mencoba fitur yang lagi hits ini? Kasih tahu, ya!

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Apps

Aplikasi Telegram PC dan Macam-macam OS yang Mendukungnya

Aplikasi yang menjadi pesaing Whatsapp ini, pada mulanya dirilis untuk versi mobile. Hingga saat ini, aplikasi tersebut dikembangkan untuk PC. Joshswiller.com juga telah mengulas tentang hal ini di websitenya. Terdapat Macam-macam operating system yang mendukung aplikasi Telegram PC tersebut, yaitu:

1. Telegram Windows 

Windows merupakan salah satu operating system yang mendukung aplikasi Telegram PC. Berbeda dengan Whatsapp yang mengharuskan sinkronisasi dengan mobile phone terlebih dahulu. Khusus untuk Telegram tidak perlu melakukan hal tersebut. Aplikasi bisa langsung digunakan. 

Fiturnya pun memiliki keunggulan yang sama dengan versi mobile phone. Tidak hanya bisa saling berkirim pesan teks saja. Versi dekstop menggunakan OS ini pun bisa melakukan panggilan suara, layaknya versi mobile. Termasuk diantaranya dalam menjalankan bot. 

2. Telegram Mac OS 

Tidak ketinggalan komputer dengan basis MacOS pun bisa mendukung penggunaan aplikasi Telegram ini. Aplikasi ini pun bisa diunduh secara gratis di App Store ataupun website resmi Telegram. Tidak ada perbedaan antara Telegram versi Windows dan Mac OS dari segi tampilan. 

Demikian juga dengan fitur yang digunakan terdapat pada Mac OS ini tidak memiliki perbedaan yang signifikan antara keduanya. Keduanya bisa memanfaatkan aplikasi Telegram ini dengan lebih mudah. Dan pastinya dapat diandalkan dalam berkomunikasi. 

3. Telegram Linux 32 Bit 

Aplikasi Telegram PC pun didukung oleh operating system Linux 32 Bit. Walaupun tidak ada perbedaan dari segi interface dengan OS lainnya. Namun, adanya Telegram dengan desktop berbasis Linux tersebut sangat dibutuhkan oleh para programmer. Pasalnya terdapat banyak grup Telegram khusus untuk para programer yang membahasnya. 

Telegram Linux ini bisa dijalankan di semua sistem operasi Linux. Sebut saja, seperti Ubuntu, Redhat, Debian, serta sistem operasi Linux lainnya. Keunggulan lainnya, Telegram memiliki fitur bots untuk semua aplikasi. Termasuk diantaranya adalah sistem Linux ini. 

4. Telegram Linux 64 Bit 

Sistem operasi Linux untuk Telegram ini terdapat dua versi, yaitu versi 32 Bit dan juga 64 Bit. Keduanya tidak terlalu memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Bahkan dari segi tampilannya terlihat sama. Pasalnya yang membedakannya hanyalah sistem operasi yang digunakannya ketika melakukan instalasi. 

Sebelum melakukan pengunduhan aplikasi tersebut, pastikan terlebih dahulu untuk memilih sistem operasi yang sesuai dengan yang digunakan agar tidak terjadi kesalahan dalam memilih versi. Pasalnya, aplikasi tidak akan dapat diinstal apabila terdapat kesalahan dalam memilih versi. 

5. Telegram Unix 

Aplikasi Telegram PC didukung pula untuk sistem operasi Unix. Terutama jika aplikasi tersebut membutuhkan kapasitas sistem operasi yang lebih besar karena peruntukannya yang mengharuskan saling berkirim file dalam jumlah yang lebih besar. Oleh sebab itu, sistem operasi ini sangat cocok untuk digunakan di perkantoran. 

Sistem operasi yang satu ini biasa digunakan oleh aplikasi – aplikasi yang memerlukan kapasitas yang lebih besar. Namun, walaupun aplikasi Telegram sendiri tidak membutuhkan kapasitas yang lebih besar. Tetapi beberapa pekerjaannya membutuhkan kapasitas yang lebih besar. Oleh sebab memilih sistem operasi ini sangat disarankan. 

Baca Juga: Download VN Mod Apk, Aplikasi Edit Video yang Mudah

Itulah macam-macam sistem operasi yang dapat mendukung aplikasi Telegram di desktop. Walaupun dari segi interface, tidak ada perbedaan yang menonjol dari penggunaan sistem operasi tersebut. Yang membedakannya adalah sistem operasi yang digunakan, yang harus diketahui dengan pasti saat melakukan instalasi. 

Menggunakan aplikasi Telegram PC dapat mempermudah komunikasi dan berbagai macam jenis pekerjaan yang mengharuskan saling mengirim file baik besar maupun kecil. Pastikan terlebih dahulu sebelumnya untuk menggunakan PC dengan operating system yang telah dijelaskan sebelumnya. 

Continue Reading

Apps

Download VN Mod Apk, Aplikasi Edit Video yang Mudah

VN mod apk (Foto: imls.net)

Bagi yang suka melakukan kegiatan editing video untuk keperluan konten YouTube dan sebagainya pasti kenal dengan VN Mod apk.

Aplikasi yang populer dikalangan para editor video ini memang banyak dipilih karena bisa menampilkan video resolusi tinggi. Tidak tanggung-tanggung, aplikasi ini bahkan mendukung kualitas video hingga 1080 pixel atau HD.

Review Singkat Aplikasi VN Mod

Untuk mereka yang bergelut dalam dunia YouTube pastinya mengenal VN Mod apk yang bisa mengedit video yang menarik. Video yang dihasilkan pun terlihat profesional dengan berbagai tambahan efek di dalamnya.  Salah satu efek yang paling disukai dari aplikasi ini adalah efeknya yang bisa membuat audio semakin jernih sehingga suara bising bisa dikurangi.

Selain YouTuber, mereka yang berprofesi sebagai Blogger juga kerap kali menggunakan aplikasi ini untuk menyuguhkan konten menarik untuk blognya. Seperti yang diketahui bahwa konten yang menarik membuat penonton tertarik dan betah menonton konten yang disajikan. Fitur yang dimiliki aplikasi ini juga terbilang lengkap sehingga hasil editing lebih mulus dan professional.

Selain hasilnya yang menjanjikan, bagi editor amatir tidak perlu khawatir karena aplikasi ini cukup friendly. Fitur-fiturnya mudah dipahami bahkan untuk pemula dalam hal editing, hanya butuh waktu singkat untuk memahami fungsi dari fiturnya. Untuk memudahkan penggunanya, aplikasi ini kini bisa digunakan oleh PC maupun android yang lebih simple.

Fitur Utama Aplikasi VN Mod

Setelah mereview secara singkat mengenai VN Mod apk, mari bahas lebih lanjut mengenai fitur-fitur yang dimilikinya. Untuk mengedit sebuah video yang menarik tentu editor perlu memahami fungsi dari tiap item yang dimiliki oleh aplikasi tersebut. Berikut beberapa fitur yang akan sangat membantu menghasilkan video yang menarik dan terlihat profesional.

1. Semua Effect bisa digunakan

Fitur pertama yang dimiliki oleh aplikasi VN mod adalah editor bisa menggunakan semua effect yang ada dalam aplikasi. Mulai dari effect transisi hingga efek lain bisa digunakan untuk menghasilkan video yang menarik.

2. No Watermark

Fitur lain yang akan didapatkan adalah tidak ada lagi watermark ketika video akan disimpan. Editor dapat dengan mudah menonaktifkan watermark pada video dengan masuk di menu pengaturan agar video lebih rapi.

3. Mengatur Kecepatan Video

Selanjutnya ada fitur untuk mengatur kecepatan video agar dihasilkan video sesuai keinginan. Editor bisa mempercepat bagian video seperlunya atau justru memperlambat beberapa bagian video sebagai highlight yang membuatnya semakin artistic.

4. Fitur Add Text untuk Subtitle Video

Untuk membuat video terasa lebih berdimensi dan komunikatif, pengguna juga bisa menambahkan fitur Add Text. Fitur ini digunakan untuk menambahkan subtitle atau teks dalam video dengan berbagai pilihan font menarik.

5. Video Cutter

Kadang beberapa bagian video dirasa kurang menarik untuk ditampilkan, maka editor perlu memotong bagian tersebut. Pada aplikasi VN mod, pengguna bisa memanfaatkan fitur pemotong video untuk menghilangkan bagian yang tidak diperlukan tersebut.

6. Menambahkan Musik dan Mengganti Background

Fitur lain adalah untuk menambahkan audio atau musik pada latar belakang video yang dibuat. Selain itu, VN mod ini juga mendukung penggantian background video untuk mendapatkan hasil yang lebih menarik.

Baca Juga: Aplikasi Edit Foto Terbaik Untuk Hasil Foto Yang WOW

Bagaimana Menginstal Aplikasi VN Mod?

Untuk menginstal aplikasi ini, pengguna hanya perlu mendownloadnya melalui link berikut. Setelah terdownload, silahkan izinkan pemasangan VN mod apk ini di menu Pengaturan dan lakukan pemasangan hingga selesai. Tunggu beberapa saat hingga aplikasi terpasang dan siap digunakan untuk mengedit video.

Nah itulah ulasan mengenai VN mod apk, salah satu aplikasi yang sangat direkomendasikan untuk mengedit video. Bagi YouTuber, Blogger maupun orang awam tentu saja membutuhkan aplikasi seperti ini untuk mengedit video. Disamping aplikasinya yang mudah digunakan, pengguna juga bisa menggunakan fiturnya secara lengkap dan mudah.

Continue Reading

Apps

Aplikasi Edit Foto Terbaik Untuk Hasil Foto Yang WOW

(Foto: Nefriz Youtube Channel)

Foto merupakan suatu hal yang sangat bermanfaat bagi masyarakat. Dengan tujuan untuk mengambil gambar pada momen tertentu yang dianggap penting.

Di mana foto tersebut nantinya akan diingat kembali di waktu yang berbeda. Namun hasil foto tersebut masih akan di edit menggunakan aplikasi edit foto terbaik baik di android maupun komputer. Sehingga nantinya bisa mendapatkan hasil yang lebih bagus.

Karena pada dasarnya tidak semua kamera yang digunakan bisa menghasilkan gambar yang sesuai dengan keinginan seseorang. Maka dari itu diperlukan suatu kreatifitas untuk menjadikan foto tersebut lebih bagus. Di mana kreatifitas yang dimaksud ini adalah dengan edit foto meskipun dengan aplikasi tertentu.

Berikut dilansir dari ponseloka.com paparan mengenai aplikasi edit foto terbaik untuk hasil foto yang lebih bagus dan wow!

1. VSCO Cam

VSCO Cam merupakan aplikasi yang paling populer digunakan untuk edit foto seseorang. Selain itu, aplikasi edit foto yang satu ini biasanya dijadikan sebagai aplikasi andalan di kalangan photographer.

Mengapa demikian ? Karena banyaknya tawaran filter yang telah disediakan. Sehingga hasil gambar bisa menjadi lebih baik dari hasil sebelumnya. Bukan hanya itu, rancangan aplikasi ini untuk meniru film analog.

2. Adobe Photoshop Express

Aplikasi Adobe Photoshop merupakan sebuah aplikasi edit foto terbaik yang bisa digunakan di smartphone maupun komputer. Selain itu, cara penggunaan aplikasi ini juga sangat mudah meskipun menggunakan di smartphone atau komputer.

Banyak pula fitur yang disediakan sehingga foto bisa tampak lebih elegan. Untuk fitur tersebut seperti adanya crop, straighten, rotasi, dan masih banyak lagi.

3. Prisma Photo Editor

Prisma Photo Editor hampir sama dengan aplikasi VSCO Cam yang juga sangat populer khususnya pengguna smartphone. Banyak keunggulan yang dimiliki dari aplikasi edit foto yang satu ini antaranya bisa mendeteksi objek yang ada di foto.

Selain itu, memiliki juga banyak pilihan  filter untuk para pengguna. Cara penggunaan aplikasi ini juga sangatlah mudah dan membutuhkan koneksi internet.

4. Canva

Canva merupakan edit foto yang memiliki banyak kegunaan untuk para pengguna. Di mana aplikasi edit foto ini sudah menyediakan banyak templates untuk menghasilkan edit yang keren. Selain itu, melalui aplikasi ini seseorang bisa mendesain sesuai dengan keinginan yang disertai quotes. Ada pula edit gif yang sangat keren disediakan dan ditujukan oleh para pemilik instagram.

5. Snapseed

Selanjutnya adalah aplikasi edit foto yang dinamakan Snapseed. Seperti dengan aplikasi edit foto lainnya yang juga menyediakan berbagai banyak fitur dan juga filter.

Cara penggunaannya juga sangat gampang dan mudah dengan memanfaatkan 28 jenis fitur yang berbeda-beda. Untuk pecinta konten visual vintage ada fitur khusus yang disediakan sesuai dengan keinginan yaitu fitur grain dan fitur retrolux.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Uang Dari Youtube, Sangat Mudah lho

6. PicsArt

PicsArt merupakan aplikasi yang sangat populer dan banyak diunduh oleh masyarakat. Di mana aplikasi ini juga banyak menyediakan fitur yang berbeda dan dijadikan sebagai sebuah pilihan.

Untuk fitur tersebut seperti borders, clipart, crop, rotate, text effect, dan lain sebagainya. Namun untuk mendapatkan hasil foto yang lebih keren lagi sudah disediakan fitur magic effect.

Itulah beberapa aplikasi edit foto terbaik dengan cara penggunaan yang sangat mudah digunakan. Berbagai aplikasi tersebut memang sudah sangat banyak digunakan oleh masyarakat untuk edit foto.

Selain itu, bisa juga digunakan di smartphone maupun perangkat komputer. Bukan hanya itu, berbagai efek yang telah ditawarkan tersebut dijadikan sebagai pendukung untuk hasil yang keren.

Continue Reading

TOP STORIES