Intip Kelebihan dan Kekurangan Vivo Y20 Terbaru 2021

Kelebihan dan Kekurangan Vivo Y20

Vivo Y20 menjadi salah satu ponsel kelas menengah yang banyak diburu masyarakat.  Seri ini masih terbagi ke dalam 3 series lain. Ada juga yang baru saja keluar dengan seri sama namun jeroan upgrade yaitu Y20. Ada beberapa kelebihan dan kekurangan Vivo Y20 dari versi terbarunya ini.

Sebelum itu, pengguna cukup mengeluarkan uang 2 juta saja untuk meminangnya. Dilihat dari spesifikasi yang ada, ponsel ini cukup terjangkau dan worth it untuk dibeli. Tanpa berlama-lama lagi, ini dia kelebihan dan kekurangan dari Vivo Y20? Simak penjelasan lengkapnya dibawah!

1. Desain Elegan Namun Rangka Plastik

Jika melihat dari segi desain, Vivo Y20 memiliki desain super elegan serta minimalis. Bezel tipis berbentuk lengkung yang mempesona dan nyaman ketika digenggam. Body belakang juga memiliki gambar pancaran sinar sangat memanjakan mata. Walaupun seharga 2 jutaan, bentuknya terlihat seperti ponsel eksklusif.

Warna dari Vivo Y20 tersedia dalam 2 pilihan yaitu biru dan putih. Untuk warna biru merupakan warna biru gradasi yaitu biru muda bagian atas dan biru tua bagian bawah. Sayangnya, dibalik desain elegannya, body-nya masih memiliki rangka plastik. Apabila terbanting terus menerus, bagian belakang bisa pecah.

2. Kamera Belakang Jernih, Tidak Pada Bagian Depan

Kamera menjadi kelebihan dan kekurangan Vivo Y20 selanjutnya. Memiliki resolusi lumayan jernih pada main camera yaitu 13MP. Terdapat juga 2 kamera lain beresolusi 2MP yaitu macro dan depth. Walaupun masih belum dibekali lensa width, hasil tangkapannya cukup jernih. Untuk diunggah di media sosial pun masih terlihat kece.

Untuk model desain kamera juga elegan dengan bentuknya yang memanjang. Walaupun dari kamera belakang bagus, kamera selfie atau depan masih kurang berkesan dengan resolusi 8MP. Resolusi ini banyak ditemukan di ponsel lain dengan harga dibawah 2 juta. Dari hasil tangkapan video juga belum stabil karena tidak ada teknologi gyro.

3. Baterai Gahar, Sayangnya Tidak Fast Charging

Dengan kapasitas baterai gahar 5000 mAh yang dibawa, sangat cukup jika digunakan seharian. Sayangnya, baterai gahar tersebut tidak didukung dengan teknologi pengisian cepat. Pengguna akan membutuhkan waktu 3 jam agar baterai ponsel penuh. Padahal di ponsel lain seharga 2 juta, sebagian besar sudah membawa fitur fast charging.

Selain itu, untuk colokan charger juga masih versi lama yaitu microUSB. Walaupun begitu, kapasitasnya yang besar menjadikan ponsel ini tetap worth it untuk dibeli. Pembeli dengan budget minimal tetap bisa membeli ponsel murah namun dengan kapasitas baterai raksasa.

4. Fitur dan Sensor Mempesona Namun Belum 5G

Urutan keempat kelebihan dan kekurangan Vivo Y20 ada pada fitur dan sensor. Banyaknya fitur keren akan tersedia pada Vivo Y20. Salah satunya adalah fitur untuk mengatur tingkat kecerahan cahaya biru. Ini sangat bermanfaat bagi pengguna yang matanya sering lelah. Ponsel ini juga mengusung fitur penambah performa bermain game bernama multi turbo.

Tidak hanya fitur yang keren, sensor ponsel ini juga lengkap. Bagian samping juga tersedia keamanan finger print lho. Hal tersebut pun menambah kesan berkelas serta kekinian. Walaupun memiliki fitur dan sensor lengkap dan keren, konektivitas jaringan masih 4G. Padahal HP ini keluar tahun 2021 dimana sudah banyak bertebaran ponsel 5G.

5. Memori Besar Walau Chipset Lawas

Tak tanggung-tanggung, Vivo Y20 memiliki kapasitas memori RAM 4GB dan internal hingga 64GB. Dengan daya tampung ini, pengguna bisa menyimpan ribuan foto. Apalagi, Y20 juga bisa dimasuki memori eksternal up to 256 GB dengan slot berbeda dari SIM card. Pengguna tak perlu khawatir akan penyimpanan full.

Namun, untuk ponsel harga 2 juta keluaran baru, Vivo Y20 masih membawa chipset atau prosessor lawas Helio P35. Chipset tersebut biasanya dimasukkan pada ponsel tahun 2019 atau awal 2020. Selain lawas, untuk dijalankan di fitur canggih yang tersedia masih kurang memiliki performa. Sehingga kurang cocok digunakan untuk aktivitas berat.

6. Layar Besar Tanpa Dibekali Layar Gorilla Glass

Ukuran layar sebesar 6.51 inchi yang dibawa ponsel ini cukup besar dan memanjakan mata terutama ketika dipakai untuk menonton video. Ditambah dengan rasio luas sebesar 20:9, Vivo Y20 benar-benar memuaskan penggunanya. Walaupun layar dari ponsel ini sudah mumpuni, sayangnya masih belum dibekali dengan Gorilla Glass.

Padahal, pada gawai lain dengan harga sama sudah menggunakan keamanan layar jenis ini. Gorilla Glass sendiri merupakan layar anti gores yang sangat kuat. Karena belum membawa layar Gorilla Glass, pengguna pun diharuskan membeli keamanan tambahan untuk layar. Tentunya hal ini akan menambah biaya.

Nah, itulah kelebihan dan kekurangan Vivo Y20 terbaru tahun 2021. Bagi pembeli yang suka bermain game, kurang cocok membeli ponsel ini. Namun, untuk penyuka game ringan dan tidak memakai ponsel dengan intensitas tinggi, Vivo Y20 sangat direkomendasikan. Segera beli dan nikmati kelebihannya!

Check Also

Menambah RAM HP Android

5 Cara Menambah RAM HP Android Dengan Mudah serta Tanpa Biaya

Handphone merupakan salah satu barang elektronik yang paling sering digunakan oleh manusia. Selain karena bentuknya …