Connect with us

Bisnis

Yuk Belajar Bisnis Secara Mandiri

Bisnis adalah salah satu jalan untuk dapat mencukupi kebutuhan sehari-hari. Dengan berbisnis akan ada pemasukan tambahan sehingga kebutuhan sehari-hari bisa dipenuhi.

Belajar bisnis itu tidaklah sulit. Serta tidak ada kata terlambat dalam belajar bisnis. Meski sudah memiliki pekerjaan tetap misalnya kerja kantoran, tidak ada salahnya untuk menambah ilmu di bidang bisnis.

Apa Untungnya Belajar Bisnis

Belajar bisnis bisa dilakukan oleh siapa saja. Dengan belajar bisnis akan ada banyak untung yang didapatkan. Pasti penasaran bukan dengan keuntungan yang didapat dari belajar bisnis itu sendiri. Mari simak ulasannya berikut ini.

●      Tambah Ilmu. Dengan belajar bisnis tentu wawasan atau ilmu tentang dunia bisnis akan bertambah. Bisnis ini sendiri ada banyak sekali macamnya. Ada bisnis makanan, bisnis travel, rental, toko online dan masih banyak lagi. Semua itu bisa dipelajari dari awal.

●      Tambah Pengalaman. Selama proses belajar tentu ada pengalaman yang didapatkan. Pengalaman saat belajar bisnis dapat dijadikan bekal dalam memulai bisnis sendiri nantinya. Pengalaman adalah sesuatu yang berharga dan sangat bermanfaat untuk menjalankan bisnis sendiri.

●      Tambah Relasi. Saat belajar bisnis tentu secara otomatis pertemanan akan bertambah pula. Dengan bertambahnya pertemanan ini nanti akan sangat membantu untuk membentuk relasi sehingga bisnis bisa dimulai dengan lebih mudah.

Perlu diketahui saat proses belajar bisnis nantinya akan bertemu para pebisnis dari yang masih pemula hingga yang senior. Dari situlah nanti akan terbentuk pertemanan yang baru dan nanti menjadi relasi bisnis di kemudian hari.

Belajar Bisnis Secara Mandiri

Belajar bisnis sendiri tidaklah susah. Mengingat sekarang ini semua serba ada dan mudah didapatkan. Jika memang serius ingin memulai bisnis lebih baik lakukan beberapa tips berikut ini agar belajar bisnis sendiri jadi lebih mudah.

1. Niat

Paling utama dan paling penting adalah niat untuk belajar dan memulai bisnis sendiri. Jika sudah ada niat semua akan terasa ringan dan mudah dilakukan. Sebab jika sesuatu yang dilakukan secara terpaksa membuat orang yang menjalaninya akan merasa terbebani. Hasil yang diperoleh tidak bisa maksimal, padahal capek buang tenaga, waktu, bahkan biaya.

Pastikan niat belajar sudah bulat dengan visi bisnis yang akan dimulai berjalan lancar dan sukses. Nah oleh karena itu tata niat dahulu agar tidak ada hal yang sia-sia.

2. Sediakan Waktu

Setelah niat sudah ditata, pastikan untuk menyisihkan waktu untuk belajar. Belajar bisnis sekarang ini akan lebih mudah meski dilakukan sendiri. Waktu bisa diatur sesuai dengan aktifitas sehari-hari.

Hal ini karena sekarang semua serba digital. Dengan bantuan internet dan gadget yang dimiliki, belajar pun bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Asalkan ada jaringan internet belajar bisnis tersebut bisa terlaksana. Waktu bisa menyesuaikan belakangan.

Baca Juga: Peluang Usaha Yang Bisa Bikin Kamu Jadi Sultan, Cek Yuk!

3. Bertanya Pada yang Sudah Mengerti

Sebagai pelajar bisnis yang masih pemula dan memulai dari awal sekali. Bertanya saat ada hal yang sedikit membingungkan sangat perlu dilakukan.

Belajar sendiri bukan berarti apa-apa harus dipahami sendiri. Jika memang tidak paham maka bisa bertanya pada teman, saudara, kerabat atau orang sekitar yang sudah memiliki pengalaman dalam berbisnis.

Dengan bertanya penguasaan materi akan lebih cepat. Selain itu bisa juga mendapatkan pelajaran dari pengalaman para orang sekitar yang membantu belajar dalam bidang bisnis.

Dari pengalaman orang-orang tersebut akan banyak ilmu dan wawasan yang sangat berharga untuk dijadikan pegangan saat membuka bisnis sendiri nantinya.

Nah, tunggu apalagi. Mulailah belajar dari sekarang dan jangan menunda lagi. Semakin menunda akan semakin lama bisnis berjalan. Sayang sekali jika melewatkan kesempatan belajar bisnis sekarang ini. Salam sukses semua!

Mendirikan situs income.id sebagai perwujudan pengabdian kepada bangsa dan negara indonesia melalui media yang informatif dan edukatif

Bisnis

Fungsi Utama Software Payroll Terbaik Dalam Kemajuan Bisnis Perusahaan

Software payroll terbaik memang menjadi salah satu software yang saat ini tengah banyak menjadi incaran. Tentu saja didalamnya terdapat beragam sistem yang sangat berguna untuk sebuah perusahaan.

Tidak hanya masalah penggajian karyawan saja, namun software yang satu ini juga lengkap untuk pengelolaan manajemen sumber daya manusia. Salah satu fitur di dalamnya adalah untuk mengetahui kinerja karyawan dengan metode absensi online. Sehingga nantinya akan terpantau dengan jelas kedisiplinan karyawan.

Manfaat Yang Besar Bagi Sebuah Perusahaan

Sebagai pemberitahuan, bahwa gaji merupakan salah satu hal yang sangat vital dalam sebuah manajemen perusahaan. Ini menyangkut hak hidup karyawan perusahaan. Jika saja salah dalam memberikan kalkulasi tentu saja akan merugikan karyawan dan memberikan dampak yang negatif bagi perusahaan.

Dengan menggunakan software payroll tentu saja aka nada banyak manfaat yang diraih. Seperti pemantauan terhadap kinerja karyawan, serta dapat, meminimalisir kesalahan dalam kalkulasi gaji karyawan. Tak tanggung tanggung, software ini tentu saja dapat memberikan efisiensi waktu pula. Dari yang serba manual, maka dengan kehadiran software ini segalanya akan menjadi serba digital. Hal tersebut sangat selaras dengan era industri 4.0 saat ini.

Software Payroll Bagi Sebuah Bisnis

Kebanyakan perusahaan mungkin masih menerapkan sistem sdm secara manual. Tentu saja hal semacam itu dapat menguras waktu serta membuang buang biaya dalam pengelolaan data. Sebagai solusinya, maka software payroll terbaik di Indonesia ini dapat membantu perusahaan melancarkan bisnisnya dengan beragam manfaat berikut ini.

1.Pengelolaan Data Karyawan Secara Lengkap

Fungsi yang satu ini tentu saja dapat menjadi sebuah langkah yang preventif dalam pengelolaan data. Karyawan sebagai aset tentu saja harus dikelola dengan baik. Karena asset tersebut akan sangat berguna untuk kelangsungan sebuah bisnis perusahaan.

Mengelola data karyawan dengan software payroll tentu saja tidak memerlukan orang banyak. Serta hanya dalam lingkup kecil. Seluruh data terkait absensi online, rekening karyawan akan dengan mudah dikelola. Saat penggajian karyawan  tentu saja akan saling terkait dengan data karyawan.

2. Software Yang Tertaut Dengan Absensi

Jika dilakukan secara manual tentu saja akan sering mendapat sebuah kesalahan serta kekeliruan. Nah, kehadiran software payroll akan menjadi sebuah solusi yang cerdas bagi sebuah perusahaan. Tidak lagi harus mencocokkan absensi karyawan secara manual. Dengan software ini maka kehadiran karyawan akan tertaut langsung, ini dikarenakan sistem yang digunakan telah terintegrasi dengan sistem absensi online.

Hal ini tentu menjadikan kerja dari HRD menjadi lebih mudah, dan kesalahan dapat diminimalisir dengan bijak. Selain itu hal ini juga tentunya dapat menghemat waktu dan HRD dapat mengerjakan tugas tugas lainnya.

3. Bonus Bonus Serta Potongan Untuk Karyawan Dapat Dihitung Secara Tepat

Software payroll juga dapat memberikan informasi  berupa bpjs serta bonus seperti THR dan lain lain secara akurat dan tepat. Penghitungan gaji nantinya akan menjadi lebih akurat by sistem dan pengelolaannya tidak lagi harus secara manual. Insentif untuk karyawan dan lainnya akan secara otomatis tercatat by sistem. Sehingga tidak akan menimbulkan kekeliruan yang terkadang menyebabkan selisih.

Selain dapat menghitung PPh 21 software payroll juga mampu untuk menghitung jumlah bpjs karyawan. Bayangkan saja jika masih menghitung secara manual tentu saja akan memakan waktu yang lumayan lama, dan nantinya hal tersebut malah menjadi sebuah beban yang menghambat sebuah perusahaan untuk maju dalam bisnisnya.

Demikian penjelasan terkait fungsi dari software payroll. Dalam penghitungan gaji memang harus dilakukan secara akurat dan tepat. Maka dari itu dengan menggunakan software payroll terbaik yang terkait langsung dengan sistem absensi online, maka perusahaan dapat memantau karyawan nya dan meminimalisir selisih serta kesalahan saat melakukan penggajian karyawan.

Continue Reading

Bisnis

Cara Promosi Perumahan Di Sosmed Yang Efektif, Coba 7 Hal Penting Ini!

Internet merupakan sarana paling efisien dan efektif saat ini digunakan untuk melakukan promosi apapun. Salah satunya cara promosi perumahan di sosmed dengan mengandalkan internet sebagai media iklan. Tingkat jangkauan promosi lebih banyak dan lebih baik sehingga orang-orang dengan mudah mendapatkan informasi perumahan dari sosial media.

Beberapa hal yang penting dipersiapkan pada saat melakukan promosi perumahan merupakan cara paling tepat dalam menjangkau konsumen. Maka strategi dari awal hingga akhir memperkenalkan perumahan via sosmed bisa memperhatikan hal berikut ini.

1. Memiliki Akun Media Sosial

Yang paling utama dalam memulai promosi perumahan dengan memanfaatkan jejaring sosial yaitu mempunyai akun terlebih dahulu. Akun media sosial banyak macamnya saat ini, mulai dari facebook, instagram, YouTube, Twitter dan sebagainya. Hingga status WA pun menjadi ajang media promosi efektif yang bisa dilakukan.

Biasanya saat mengaktivasi satu akun media sosial akan terjadi keterkaitan antara satu akun dengan akun lainnya. Semacam jejaring dengan persen yang sama namun banyak wujud. Jadi saat mempromosikan di salah satu akun media sosial maka bisa ditayangkan pula di akun media sosial lainnya

2. Memahami Apa Yang Dibutuhkan Konsumen Tentang Perumahan

Pahami apa yang dibutuhkan konsumen merupakan cara promosi perumahan di sosmed yang ampuh. Membaca kebutuhan pasar menjadi penting, apalagi kebutuhan akan hunian rumah yang semakin meningkat. Para konsumen biasanya akan mencari informasi yang lebih akurat mulai dari bentuk perumahan, lingkungan strategis, hingga harga yang ditawarkan.

Dalam memberikan promosi yang berkaitan dengan perumahan, memang penting untuk menyajikan apa yang dibutuhkan pasar. Biasanya konsumen akan mencari harga terjangkau dengan kualitas yang terbaik. Atau tipe rumah yang sedang tren pada saat ini dan perumahan yang dekat dengan tempat-tempat strategis.

3. Buat Konten Iklan Yang Menarik

Cara promosi perumahan di sosmed yaitu dengan membuat konten yang menarik. Konten yang menarik biasanya berisi jawaban atau pemahaman yang dibutuhkan konsumen. Dengan memberikan beberapa tips menarik bagi konsumen yang berhubungan dengan home decor atau mengulas tren perumahan.

Konten sangat penting dalam menyajikan sebuah iklan agar terlihat lebih layak dan dapat menjaring konsumen. Karena dalam dunia media sosial mengandalkan visualisasi dari sebuah gambar dan tulisan. Sehingga penyajian konten menjadi daya tarik utama pada konsumen dalam mengenal suatu produk. Apalagi jika produk tersebut perumahan yang butuh banyak detail untuk dijelaskan.

4. Memahami Persaingan Harga

Hal ini sangat penting dipertimbangkan dalam mempromosikan perumahan di medsos. Karena harga biasanya menentukan nilai ketertarikan konsumen pada produk, maka dalam mengemas harga harus semenarik mungkin. Yaitu dengan melihat bagaimana produk yang sama menentukan harga jualnya kepada konsumen.

Biasanya persaingan harga ini memicu terjadinya tingkat pemesanan yang tinggi. Misalnya saja jika seseorang akan mencari perumahan via media sosial kemudian melihat harga dengan diimbangi pemberian diskon. Maka biasanya konsumen akan lebih tertarik apalagi jika ada promo lainnya saat menawarkan perumahan. Karena faktor paling utama dalam menentukan harga adalah keseimbangan harga pasar

5. Memanfaatkan Fitur Yang Ada Pada Sosial Media

Pada cara promosi perumahan di medsos, akan lebih baik lagi jika mengoptimalkan fitur lainnya yang ada. Seperti FB ads, Instagram Ads, dan sebagainya sebagai sarana iklan yang lebih baik lagi. Selanjutnya fitur yang ada pada media sosial ini tentu terintegrasi dengan akun utama sehingga, tidak perlu khawatir iklan tidak menjangkau. Justru dengan bantuan fitur iklan yang ada pada medsos semakin membantu menjangkau berbagai kalangan.

Fitur ini juga mudah digunakan serta mempunyai nilai praktis dan ekonomis. Maka perumahan yang dipromosikan akan lebih menjangkau masyarakat lebih luas lagi. Selain itu, nilai praktis media sosial sangat membantu memangkas biaya promosi karena internet dianggap lebih efektif dibandingkan promosi offline.

6. Optimalisasi SEO

Search Engine Optimization merupakan sebuah sistem mesin pencari yang mengoptimalkan situs yang dimiliki. Dengan melibatkan penggunaan kata kunci yang dicari konsumen pada mesin pencari. Yang kemudian pada search engine didasarkan pada kata kunci yang dimasukkan sehingga memunculkan traffic di sebuah situs.

Optimalisasi SEO ini diyakini efektif untuk menjaring konsumen dalam mengunjungi situs serta memahami produk perumahan yang ditawarkan. Sehingga promosi perumahan akan lebih efektif dan langsung tepat sasaran kepada konsumen yang membutuhkan hunian baru. Atau ada juga konsumen yang sedang berinvestasi pada perumahan.

7. Personal Branding

Pentingnya pengenalan secara lebih baik lagi yaitu dengan personal branding pada suatu produk. Jika ingin mempromosikan perumahan, maka ciptakan personal branding yang kuat sehingga konsumen percaya. Yaitu dengan menjalin relasi secara baik, percaya pada diri sendiri dan produk yang ditawarkan.

Selain itu berikan performa terbaik saat mempromosikan pada konsumen, bagaimana perumahan tersebut dan apa kelebihannya. Dengan begitu di medsos bisa terlihat jelas apa saja yang menjadi ciri khas hingga akhirnya orang akan tertarik dengan perumahan tersebut.

Dengan memahami beberapa cara promosi perumahan di medsos maka diharapkan mampu mengoptimalisasi berbagai peluang yang ada. Karena kekuatan medsos merupakan jaringan internet yang luas, maka saat promosi perumahan dilakukan tentu akan menjangkau lebih banyak lagi. Dan menarik para konsumen untuk mendapatkan hunian nyaman sesuai harapan.

Continue Reading

Peluang Usaha

Tips Buka Usaha di Tengah Ancaman Resesi Ekonomi Indonesia

Resesi ekonomi Indonesia tampaknya makin kencang digaungkan oleh para pakar ekonomi di negeri ini.

Pandemi virus corona telah menyebabkan perekonomian terhenti dan beberapa negara telah masuk ke dalam fase resesi. Lalu bagaimana dengan orang yang justru ingin membuka usaha? Simak tips berikut ini

Apa Itu Resesi Ekonomi ?

Resesi ekonomi adalah adanya penurunan yang tajam terhadap kegiatan ekonomi selama berbulan-bulan bahkan hitungan tahun. Jika hal itu terjadi di Indonesia, maka disebutkan resesi ekonomi Indonesia. Selama pandemi, sudah banyak negara yang terjungkal kegiatan perekonomiannya dan masuk dalam fase resesi.

Pada masa resesi, banyak orang mengalami PHK atau kehilangan mata pencaharian. Hal ini karena perusahaan tidak melakukan kegiatan produksi sebagaimana mestinya. Artinya ada penghematan dan penurunan penjualan karena output yang lebih sedikit.

Resesi bisa mengakibatkan melemahnya daya beli yang dipicu oleh semakin tingginya PHK. Belum lagi ancaman kredit macet di dunia perbankan serta inflasi yang terlalu tinggi. Deflasi juga bisa terjadi jika suatu negara masuk ke dalam fase resesi.

Seperti yang dilansir dari Harapanrakyat.com, Saat ini Indonesia belum masuk fase resesi walaupun ancaman itu sudah di depan mata. Namun jika di kuartal ketiga nanti perekonomian kembali terkontraksi, sudah pasti Indonesia akan resesi. Konsumsi rumah tangga harus meningkat serta investasi harus lebih besar lagi. Saat ini tumpuan utama Indonesia adalah investasi pada UMKM.

Tips Membuka Usaha Saat Resesi

Resesi yang pernah terjadi di beberapa negara di masa lalu justru memicu lahirnya sejumlah perusahaan besar. Contohnya saja Uber, General Motor, CNN, Burger King, dan Airbnb. Usaha-usaha mikro yang lahir di masa resesi berpotensi menjadi besar ketika perekonomian membaik. Lalu, apa tipsnya agar aman membuka usaha saat resesi?

1. Lakukan Penghematan

Berhemat adalah hal yang tepat dilakukan ketika membuka usaha di masa krisis. Ingatlah bahwa bisnis sedang dijalankan dimana pendapatan masyarakat menurun, pasokan bahan baku tersendat dan penjualan tipis. Alokasikan modal untuk keperluan produksi dan bukan yang lain.

2. Produksi Berdasarkan Pesanan

Beberapa barang bisa diproduksi saat pesanan datang. Hal ini lebih menguntungkan dan bisa menyelamatkan bisnis dari kerugian. Dengan membuat produk saat pesanan sudah masuk, maka keuntungan lebih mudah diperhitungkan. Buatlah sistem PO untuk produk yang akan dijual.

3. Manfaatkan Pemasaran Digital

Pemasaran secara digital bisa dimulai dengan sangat murah. Misalnya dengan memaksimalkan media sosial dan internet. Buatlah website untuk branding produk dan perusahaan. Resesi atau tidak, pemasaran secara digital harus dilakukan apalagi jika ingin menjaring konsumen yang lebih luas.

4. Efisiensi Pekerjaan

Mempekerjakan karyawan tetap penting untuk menjaga performa dan kualitas produksi. Tetapi, dikala resesi, beban gaji karyawan bisa mempengaruhi cash flow. Maka, usahakan setiap karyawan melakukan pekerjaannya dengan efektif dan efisien. Walaupun terkesan “pelit”, namun ini penting untuk kelangsungan usaha. Jangan ragu untuk ikut terjun sendiri membantu operasional agar lebih hemat.

Baca Juga: Satuma Kraf, Ahlinya Pembuat Kerajinan Tembaga dan Kuningan

5. Rencanakan dengan Matang

Perencanaan adalah yang terpenting ketika membuka bisnis di masa resesi. Tidak ada salahnya berkonsultasi dulu kepada konsultan atau rekanan sebelum benar-benar terjun. Setiap sen yang dikeluarkan, harus jelas kapan kembalinya dan bagaimana.

Resesi ekonomi Indonesia yang sudah di depan mata harus disikapi dengan tenang namun tetap proaktif. Saat ini Iklim bisnis masih cukup sehat walaupun persaingan ketat. Buktinya, semakin banyak orang yang terjun membuka usaha di masa pandemi. Siapa tahu, salah satunya akan sukses dan besar ketika wabah mereda.

Continue Reading

TOP STORIES