Connect with us

Education

Urutan Universitas Terbaik di Indonesia Tahun ini

Membahas tentang urutan universitas terbaik di Indonesia tentunya akan sangat membantu bagi kamu pelajar yang ingin meneruskan jenjang pendidikan. Pembahasan seperti ini bertujuan memudahkan dalam mencari pekerjaan di masa depan dan jangka panjang.

Terutama untuk pelajar yang akan lulus SMA, pasti saat ini sedang sibuk-sibuknya untuk mencari universitas atau Perguruan Tinggi Negeri (PTN) mana yang terbaik dengan membaca beberapa referensi universitas yang ada di Indonesia.

QS World University Rankings akhir-akhir ini sudah merilis data tentang urutan universitas terbaik di Indonesia. QS World University Rankings merupakan kegiatan publikasi rutinan yang dilakukan setiap tahun untuk menentukan peringkat universitas di dunia yang dilakukan oleh Quacquarelli Symonds (QS).

Pada tahun ini diketahui sudah terdapat sekitar 22 universitas di Indonesia yang berhasil masuk dalam daftar riset. Dibawah ini merupakan beberapa perguruan tinggi yang paling top dari urutan universitas terbaik di Indonesia tahun ini.

1. Universitas Indonesia

image: Fanspage Universitas Indonesia

Urutan universitas terbaik di Indonesia yang pertama adalah Universitas Indonesia (UI). Perguruan tinggi ini terletak di daerah perbatasan kota Depok dan juga Jakarta, akan tetapi banyak orang sering mengatakan Universitas Indonesia ini sebagai universitas di Jakarta.

Perguruan tinggi negeri yang berada di Jakarta ini didirikan pertama kali pada tahun 1849.

Kemudian Universitas Indonesia ini juga sempat merajai dunia perguruan tinggi di Indonesia, karena UI pernah beberapa kali mendapatkan peringkat pertama dari urutan universitas paling top di Indonesia seperti saat ini.

UI pada tahun 2019 ini masuk dalam peringkat 57 di Asia yang pada tahun lalu UI menduduki peringkat 54 di Asia.

2. Institut Teknologi Bandung

image: itb.ac.id

Kemudian untuk universitas yang kedua merupakan salah satu universitas yang berlokasi di daerah Jawa Barat. Biasanya orang-orang menyebut dengan ITB yang dimana nama itu merupakan kependekan dari Institut Teknologi Bandung.

Perguruan Tinggi Negeri di bandung ini unggul dalam bidang pengembangan teknik sains dan menjadi universitas terbaik di Indonesia.

Institut Teknologi Bandung ini berdiri sejak tahun 1959 dan mampu bersaing dengan universitas lainnya dengan mempertahankan kualitas sebagai PTN terbaik di Indonesia. Pada tahun 2019, ITB masuk dalam peringkat 73 di Asia yang pada tahun lalu menduduki peringkat 65 di Asia.

3. Universitas Gadjah Mada

image: aceh.tribunnews.com

Daftar urutan universitas terbaik di Indonesia selanjutnya adalah Universitas Gadjah Mada (UGM). Perguruan Tinggi Negeri ini terletak di provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta tepatnya di daerah Sleman yang dimana perguruan tinggi negeri ini sudah berdiri sejak tahun 1949.

Hampir sama dengan Universitas Indonesia, hanya saja UGM juga sering menempati posisi pertama untuk PTN terbaik di Indonesia. Pada tahun 2019 Universitas Gadjah Mada berhasil naik ranking dan masuk dalam peringkat 74 di Asia, yang pada tahun lalu UGM menduduki peringkat 85 di Asia.

4. Institut Pertanian Bogor

image: ipb.ac.id

Perguruan Tinggi Negeri Institut Pertanian Bogor (IPB) ini sama seperti Institut Teknologi Bandung karena terletak di daerah Jawa Barat.

Akan tetapi IPB terletak di daerah Kota Bogor dan Institut Pertanian Bogor ini lebih fokus dalam bidang pertanian meskipun terdapat banyak jurusan non-agraris disitu. IPB juga sering masuk sepuluh besar dalam urutan universitas terbaik di Indonesia seperti pada tahun ini.

Institut Pertanian Bogor pertama didirikan pada tahun 1963 di Bogor Jawa Barat tepatnya di awal bulan September. IPB saat ini masuk dalam peringkat 199 di Asia, yang pada tahun lalu sempat menduduki peringkat 171 di Asia.

5. Universitas Airlangga

image: idntimes.com

Urutan universitas terbaik di Indonesia selanjutnya adalah salah satu PTN yang tepatnya berada di Kota Surabaya, yaitu Universitas Airlangga (UNAIR).

UNAIR berhasil masuk dalam 10 besar peringkat perguruan tinggi terbaik di Indonesia pada tahun ini dan universitas ini telah dikenal banyak orang akan kredibilitas dan moralitas yang tinggi.

Universitas Airlangga pertama kali berdiri pada 10 November 1954. Pada saat ini UNAIR telah menduduki peringkat 199 di Asia, yang pada tahun lalu berada di posisi nomor 171 di Asia.

6. Universitas Padjajaran

image: Facebook Fanspage UNPAD

Perguruan Tinggi Negeri ini terletak di daerah Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Universitas Padjajaran (UNPAD) di tahun 2019 ini berhasil menempati posisi 10 besar di urutan universitas terbaik di Indonesia.

UNPAD pertama didirikan pada tahun 1957 yang sampai saat ini sudah memiliki sekitar 30.000 mahasiswa.

UNPAD memiliki program resmi untuk menawarkan kursus yang lebih mengarah pada gelar pendidikan tinggi. Program tersebut diantaranya adalah gelar pra-sarjana, gelar sarjana, magister, dan juga gelar doktor.

Universitas Padjajaran pada saat ini masuk dalam peringkat 225 di Asia, yang pada tahun lalu sempat menduduki peringkat 176 di Asia.

7. Institut Teknologi Sepuluh Nopember

image: its.ac.id

Selanjutnya untuk urutan universitas terbaik di Indonesia adalah Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Perguruan Tinggi Negeri ini berdiri sejak tanggal 10 November 1957 di daerah Surabaya, Jawa Timur.

ITS sendiri saat ini lebih fokus dalam pengembangan bidang teknologi dan juga bidang maritim di Indonesia. Institut Teknologi Sepuluh Nopember kini masuk dalam peringkat 229 di Asia, yang pada tahun lalu menduduki peringkat 232 di Asia.

Baca Juga: Rekomendasi Universitas Swasta Terbaik di Indonesia Tahun ini

8. Universitas Diponegoro

image: UNDIP Facebook Fanspage

Kini Semarang hadir dengan membawakan Perguruan Tinggi Negeri Semarang yang dimana tetap mampu bersaing dengan universitas di Indonesia bahkan dunia.

Kini, universitas di Jawa Tengah ini berhasil masuk ke dalam peringkat 10 besar di urutan universitas terbaik di Indonesia maupun di Jawa Tengah pada tahun ini. UNDIP didirikan pada tanggal 9 Januari 1957 di Semarang, Jawa Tengah.

Letak PTN ini sangat strategis dan UNDIP juga sudah memiliki pilihan konsentrasi atau jurusan yang bervariasi, sehingga PTN ini bisa menjadi salah satu rekomendasi tempat kuliah yang enak.

Universitas Diponegoro pada saat ini masuk dalam peringkat antara 271-280 di Asia, yang pada tahun lalu menduduki peringkat 240 di Asia.

9. Universitas Brawijaya

image: ub.ac.id

Kemudian untuk urutan universitas terbaik di Indonesia yang terakhir adalah Universitas Brawijaya (UB). Perguruan Negeri terbaik ini didirikan pada tahun 1963 di Kota Malang, Jawa Timur.

Pada tahun 2019, UB masuk dalam peringkat antara 271-280 di Asia, yang pada tahun lalu menempati posisi 291-300 di Asia.

Nah, diatas merupakan list urutan universitas terbaik di Indonesia terbaru tahun 2019 yang bisa menjadi rekomendasi bagi yang ingin berkuliah.

Dengan adanya pemeringkatan ini akan memudahkan calon mahasiswa untuk mencari kampus yang diinginkan dan dapat memunculkan rasa untuk berlomba-lomba guna dapat mengantarkan kelulusan menuju kesuksesan.

Header Image: Pixabay

Mendirikan situs income.id sebagai perwujudan pengabdian kepada bangsa dan negara indonesia melalui media yang informatif dan edukatif

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Education

Plagiarisme Sendiri dan Daur Ulang Tekstual

Para penulis dari seluruh penjuru dunia mengklaim bahwa karena mereka adalah penulis dan profesional di bidang ini, mereka dapat menggunakan kembali karya mereka berulang kali tanpa mengutip atau mengutipnya.

Sekarang Anda pasti bertanya-tanya bagaimana menggunakan karya Anda sendiri, gagasan, dan konten dapat didefinisikan sebagai plagiarisme!

Nah, artikel ini hanya akan mengeksplorasi dan membimbing Anda di sekitar definisi plagiarisme yang luas ditambah dengan itu, Anda harus tahu bahwa dalam konten ini kami juga akan memberi tahu Anda tentang bagaimana plagiarisme diri melintasi masalah etika dan hukum.

Kami juga akan memberi tahu Anda bagaimana sebagai penulis, Anda dapat menghindari plagiarisme sendiri atau seperti yang Anda katakan, daur ulang karya Anda sendiri!

Apa itu plagiarisme diri? 🙂

Sekarang mari kita mulai dengan definisi plagiarisme diri dan beri tahu kami apa itu sebenarnya! Plagiarisme diri juga dikenal sebagai penipuan akademik jika kita membicarakannya dalam hal akademis.

Anda harus tahu bahwa plagiarisme sebenarnya adalah tindakan menyalin karya Anda sendiri yang telah Anda terbitkan pada sumber lain. Jika tindakan ini dilakukan oleh profesor bertenor atau mahasiswa, maka itu dikenal sebagai penipuan akademik; jika tidak, itu dikenal sebagai duplikasi diri.

Sekarang plagiarisme diri atau duplikasi diri memiliki cakupan yang luas, dan Anda dapat dituduh melakukan plagiarisme sendiri jika Anda menyalin beberapa bagian dari pekerjaan Anda atau bahkan melengkapi dokumen.

Menurut pakar web dan manajer konten, dinyatakan bahwa tuduhan duplikasi diri terjadi ketika seseorang menggunakan atau mendaur ulang karyanya sendiri tanpa memberi tahu audiensnya bahwa materi yang ia gunakan sudah muncul di bagian lain di web atau sumber lain dalam hal ini!

Pertimbangkan beberapa poin yang telah kami sebutkan di bawah ini untuk kalian! Ada beberapa jenis dan skenario umum plagiarisme diri

  • Jika Anda menerbitkan ulang artikel yang sama atau makalah yang sama yang diterbitkan sebelumnya di lokasi atau halaman yang berbeda tanpa memberi tahu pembaca jurnal asli Anda, maka itu akan dihitung sebagai tindakan plagiarisme diri.
  • Menerbitkan studi di bagian-bagian kecil untuk meningkatkan jumlah publikasi juga dikenal sebagai daur ulang konten atau plagiarisme sendiri. Jika Anda menerbitkan cerita-cerita kecil dari satu publikasi, maka itu juga menyalin ide-ide asli dan karenanya merupakan duplikasi.
  • Jika Anda menggunakan kembali sebagian kecil dari konten yang ditulis sebelumnya maka itu juga dikenal sebagai duplikasi diri, tidak masalah apakah itu diterbitkan atau tidak, itu masih tidak etis!

Pemeriksa plagiarisme online terbaik!

Mungkin ada lebih dari ratusan alat gratis yang tersedia di web yang dapat membantu Anda dalam memeriksa plagiarisme konten tetapi perlu diingat bahwa tidak semua alat online akurat dalam menghasilkan hasil.

Kami ingin pembaca mengetahui tentang alat terbaik di web sehingga mereka tidak hanya dapat menemukan plagiarisme tetapi juga dapat menghapusnya seperti seorang profesional!

Pemeriksa plagiarisme online oleh searchenginereports.net adalah yang terbaik di web di liga ini karena berbagai alasan. Beberapa fitur pemeriksa plagiarisme ini disebutkan di bawah untuk kalian!

  • Pemeriksa plagiarisme ini bebas biaya untuk digunakan.
  • Ini memiliki tata letak yang sederhana dan antarmuka yang ramah pengguna.
  • Ini menawarkan beberapa opsi untuk input konten.
  • Alat ini dapat memeriksa plagiarisme berdasarkan alamat URL.
  • Anda dapat dengan cepat mendapatkan laporan plagiarisme dengan alat ini, ini akan memberi tahu Anda tentang konten yang memiliki plagiarisme di dalamnya dan konten yang 100% unik!
  • Anda dapat menggunakan alat ini tanpa batasan dan formalitas apa pun!

Bagaimana cara menghindari plagiarisme diri?

Sekarang setelah Anda tahu bahwa tidak ada hal etis seperti daur ulang konten dan plagiarisme yang tidak dapat diterima di seluruh dunia.

Penting bagi Anda untuk mengetahui pedoman tertentu yang akan membantu Anda menghindari plagiarisme dalam bentuk apa pun. Kami ingin pembaca kami membaca semua tips ini sehingga mereka dapat menghindari tuduhan plagiarisme diri!

  • Jika Anda menggunakan ide yang sudah digunakan dalam konten yang telah Anda terbitkan sebelumnya, Anda cukup mengutip dan menambahkan referensi ke konten itu setelah Anda menyelesaikan konten. Ini akan membantu Anda menghindari tuduhan plagiarisme diri.
  • Jika Anda menggunakan beberapa fakta dan angka atau bahkan sebagian dari karya yang telah Anda terbitkan, maka Anda perlu menambahkan kutipan ke karya itu dan mengutipnya dengan sumber asli.
  • Teknologi juga merupakan cara lain untuk menghindari plagiarisme diri. Anda harus tahu bahwa dunia modern telah membuatnya sangat mudah bagi Anda untuk menyelesaikan semua masalah relatif terhadap penulisan dan manajemen konten. Anda dapat dengan mudah menggunakan pendeteksi plagiarisme online untuk menghindari segala jenis plagiarisme. Di bawah ini kita telah membahas ini dengan agak detail!

Continue Reading

Education

Peran Indonesia dalam Organisasi Internasional, Bikin Bangga !

Menurut N.A Maryam organisasi internasional yaitu sebuah bentuk organisasi yang dibentuk berdasarkan perjanjian.

Dimana hasil perjanjian tersebut, akhirnya melibatkan 3 atau lebih negara yang kemudian berperan menjadi anggota organisasi.

Indonesia, juga terhitung ikut serta dalam beberapa organisasi internasional.

Berikut apa saja peran Indonesia dalam organisasi internasional yang bisa diketahui :

Peran Indonesia Dalam Organisasi Internasional PBB

image: un.org

Peran Indonesia dalam organisasi PBB mulanya adalah sebagai keikutsertaannya dalam sejarah berdirinya organisasi tersebut.

Indonesia sendiri secara resmi masuk menjadi anggota ke 60 PBB tepat pada tanggal 28 September 1950.

Setelah itu, Indonesia memang sempat keluar yang dilatarbelakangi oleh rasa protesnya terhadap organisasi tersebut.

Hal tersebut terkait dengan diterimanya Malaysia sebagai anggota tidak tetap dewan keamanan PBB.

Namun tanggal 28 September 1966, Indonesia masuk lagi sekaligus membawanya menjadi salah satu struktur PBB yaitu menjadi dewan tetap.

Keanggotaan dewan tetap ini akan disandang hingga tahun 2020 nanti.

Keanggotaan dewan tetap PBB ini tidak begitu saja diraih dengan mudah oleh Indonesia.

Terpilihnya Indonesia tersebut didasarkan pada kepemilikan rasa toleransi yang tinggi.

Hal ini secara tidak langsung dapat berperan dalam mewujudkan perdamaian dunia.

Peran Indonesia Dalam Organisasi Internasional MEA

MEA
image: asean.org

MEA atau yang lebih dikenal Masyarakat Ekonomi Asean, merupakan organisasi sosial yang dibentuk tahun 2015 lalu.

Berdirinya organisasi ini ditengarai oleh fenomena era globalisasi dimana semua negara ASEAN mau tidak mau harus mempersiapkan diri.

Peran Indonesia dalam organisasi ini adalah sebagai pelaksana MEA.

Tujuan didirikan MEA supaya beberapa sektor ekonomi negara-negara ASEAN tetap stabil meskipun terkena efek dari globalisasi.

Mereka khawatir, jika sampai terjadi kondisi dimana tidak mampu untuk memenuhi kebutuhan masyarakatnya akibat persaingan bisnis yang semakin ketat.

Adanya MEA ini diharapkan akan memacu daya saing pebisnis di Indonesia agar bekerja lebih profesional.

Selain itu, pengusaha dalam negeri pun dapat lebih terpacu untuk memperbaiki kualitas produknya.

Dengan begitu, secara otomatis mereka akan lebih siap untuk bersaing dengan produk asing yang turut beredar di pasaran.

Peran Indonesia Dalam Organisasi Internasional GNB

image: medium.com

Organisasi GNB atau biasa disebut Gerakan Non Blok berdiri pada tahun 1961.

Peran Indonesia sendiri berperan aktif yaitu sebagai salah satu pendiri organisasi tersebut.

Bahkan pada tahun 1992 Indonesia berhasil ditunjuk sebagai ketua gerakan non blok.

Kedudukan ini diraih saat dilaksanakannya konferensi negara-negara non blok yang saat itu digelar di Jakarta.

Organisasi ini merupakan usaha negara-negara untuk meredakan ketegangan antara blok barat dan blok timur.

Jika keduanya tidak segera diselesaikan, perdamaian dunia pasti akan ikut terancam.

Dengan keikutsertaan Indonesia ini, artinya negara tersebut turut serta dalam meredakan ketegangan antara blok barat dan blok timur.

Peran Indonesia Dalam Organisasi Internasional APEC

image: apec.org

APEC atau Asia Pacific Economic Coorporation didirikan bulan januari tahun 1989.

Anggota dari organisasi ini berjumlah 20 negara dari asia serta beberapa negara di samudera pasifik. Adapun tujuan dari dibentuknya APEC ini adalah

  • Membuat pertumbuhan serta pembangunan ekonomi di kawasan asia pasifik semakin kuat.
  • Hubungan kerja sama ekonomi antar anggota APEC makin erat.
  • Memacu tingkat perkembangan pasar bebas area asia pasifik.

Tentu saja keikutsertaan Indonesia dalam APEK ini punya beberapa peran khusus. Terutama saat digelar KTT APEC tahun 1994 lalu.

Saat itu Indonesia berperan sebagai ketua periode tahun 1994 dan menjadi negara tuan rumah KTT APEC pada tahun yang sama.

Selain itu di waktu yang sama Indonesia juga berperan dalam perumus bogor declaration, serta menjadi pendorong terbentuknya ECOTECH.

Peran Indonesia Dalam Organisasi Internasional OKI

image: oic-oci.org

OKI atau Organisasi Konferensi Islam awalnya berdiri tahun 1969, setelah para negara islam mengadakan KTT Islam.

Namun berubah nama menjadi organisasi kerjasama islam tepat pada tanggal 28 Juli 2011.

OKI sendiri berdiri atas dasar reaksi demi meningkatkan solidaritas islam, mendukung perdamaian dunia, serta melindungi tempat-tempat islam.

Selain itu, OKI juga bertujuan untuk wadah agar lebih mudah mengkoordinasikan hubungan kerjasama antar negara anggota.

OKI kemudian berfokus untuk membantu memperjuangkan kemerdekaan palestina sehingga menjadi negara berdaulat.

Indonesia juga berperan dalam mewujudkan tujuan tersebut.

Salah satunya yaitu upaya Indonesia untuk memfasilitasi penyelesaian konflik antara Moro National Liberation Front dengan pemerintah Filipina.

Peran Indonesia yang lain adalah ikut serta dalam mendukung berdirinya negara palestina.

Bentuk dukungan dari gerakan tersebut adalah dengan dibukanya hubungan diplomatik antara Indonesia dan Palestina tahun 1989.

Peran Indonesia Dalam Organisasi Internasional OPEC

image: opec.org

OPEC lebih dikenal sebagai organisasi internasional yang anggotanya merupakan negara-negara penghasil serta pengekspor minyak dunia.

Seluruh anggotanya diketahui telah mengendalikan 61% ekspor serta bisa dikatakan menguasai 80% cadangan minyak dunia.

Awal berdiri OPEC beranggotakan 5 negara di dunia.

Diantaranya Iran, Irak, Kuwait, Arab Saudi serta Venezuela.

Kemudian pada tahun yang sama Indonesia mulai bergabung.

Perannya dalam organisasi ini pun nyata yaitu berkedudukan sebagai sekjen OPEC yang saat itu dijabat oleh Prof. Subroto. Jabatan ini disandang sejak tahun 1988 hingga 1994.

Saat itu Indonesia berperan menjadi penengah jika ada negara anggota OPEC yang terlibat konflik.

Sayangnya sejak tahun 2008 status keanggotaan Indonesia ini mulai dibekukan.

Hal ini terkait dengan Indonesia yang mulai melakukan impor minyak dari negara lain.

Tentu saja hal ini menimbulkan ketidaksetujuan anggota OPEC lainnya.

Peran Indonesia Dalam Organisasi Internasional G-20

image: upload.wikimedia.org/wikipedia

Sebagai informasi, Indonesia merupakan satu-satunya negara ASEAN yang menjadi adggota G-20 ini.

Kelompok G-20 ini sendiri sebetulnya beranggotakan 19 negara kemudian bertambah dengan masuknya negara Uni Eropa.

Anggota organisasi kelompok G-20 ini dapat dikatakan menguasai 75% perdagangan dunia.

Sementara Indonesia sendiri berperan sebagai anggota dari organisasi ini.

Seperti yang telah diketahui Indonesia ini mempunyai pertumbuhan ekonomi yang cukup stabil setiap tahunnya.

Hal ini tentu saja menjadikan negara tersebut menjadi salah satu sumber kekuatan ekonomi dunia.

Apalagi Indonesia memiliki model pembangunan yang tergolong lengkap.

Sebut saja kepemilikan sumber daya alam yang melimpah serta sumber daya manusia yang berkualitas.

Selain itu Indonesia sendiri juga memiliki letak geografis yang stabil. Begitu juga iklim demokrasinya yang cenderung cukup stabil setiap waktu.

Itulah beberapa peran Indonesia dalam organisasi internasional. Dengan mengetahui cukup banyak peran Indonesia dalam organisasi internasional dapat menjadi bukti nyata negara ini cukup aktif dalam organisasi global.

Langkah Indonesia untuk memajukan kehidupan dalam negeri ternyata juga bisa terlihat keseriusanya. Salah satunya dengan menjalin kerjasama dengan negara luar.

Header Image: indonesia.go.id

Continue Reading

Education

Sekilas Tentang Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM)

Selesai lulus SMA, pasti banyak yang punya keinginan untuk melanjutkan ke perguruan tinggi.

Bandung, menjadi kota yang menyediakan tempat belajar tingkat universitas cukup banyak.

Salah satunya yaitu Universitas Komputer Indonesia. Bagi yang ingin tahu tentang kampus yang berlokasi di Jawa barat ini, berikut uraian selengkapnya.

Tata Cara Pendaftaran Universitas Komputer Indonesia

Sama dengan prosedur pendaftaran kampus atau universitas lain di Indonesia, unikom juga mengharuskan calon maba untuk daftar secara online.

Namun, selain melakukan pendaftaran secara resmi melalui website resmi kampus, memang perlu langkah-langkah khusus. Berikut informasi selengkapnya

1. Membayar Sejumlah Biaya Pendaftaran Terlebih Dahulu

Pertama untuk memulai proses pendaftaran, calon maba harus melakukan pembayaran sejumlah biaya pendaftaran terlebih dahulu.

Ada 2 pilihan, calon maba bisa membayarnya via ATM atau datang langsung setor pada bank. Nomor rekening resmi kampus yaitu 1031960660 atas nama FORM UNIKOM.

Jangan lupa untuk mencatat data transaksi. Termasuk nomor transaksi serta nomor transfer.

Khususnya bagi yang memilih membayar via transfer ATM. Biaya pendaftaran masuk sebesar 350 ribu rupiah.

2. Mempersiapkan Kelengkapan Data Akademik

Nantinya setelah masuk website, calon maba akan diminta mengisi form pendaftaran. Selain itu juga perlu mengupload beberapa dokumen penunjang.

Persiapkan semuanya terlebih dahulu yang lengkap. Supaya nantinya proses pendaftaran bisa sukses dan lebih cepat.

3. Buka Website Resmi Universitas

image: unikom.ac.id

Setelah semua siap, tinggal buka website resmi kampus yaitu di Unicom.ac.id. Setelah laman website tersebut terbuka, tinggal cari dan klik tab “Daftar”.

Kemudian setelah itu akan dibawa ke pop up yang menanyakan apa ingin daftar sekarang?, dan klik tab tersebut.

4. Mengisi Formulir Dan Melakukan Pengecekan

Setelah tab daftar sekarang terbuka, maka akan dialihkan pada halaman paduan pengisian formulir pendaftaran online. Kira-kira berisi agar pendaftar  benar-benar melakukan pengisian data dengan benar.

Setelah itu pendaftar juga diminta untuk memberikan nomor berikut alamat surel sebagai kode konfirmasi pendaftaran. Lalu pendaftar diminta untuk melakukan pengecekan ulang.

5. Mengisi Data Informasi Secara Lengkap

Data-data yang akan diisikan pada form pendaftaran harus diisi dengan sebaik-baiknya. Termasuk kontak pribadi, terkait data diri seperti nama, asal sekolah, informasi orang tua serta jurusan yang ingin dipilih. Jika ada data 1 saja yang tidak tepat mengisinya maka bisa terjadi masalah nantinya.

6. Mengisi Data Pembayaran

Setelah semua data pada form pendaftaran diisi, maka jangan lupa untuk mengisikan data pembayaran yang sudah dilakukan sebelumnya.

Akan ada form khusus untuk diisi terkait informasi hal ini. Pendaftar hanya tinggal isikan saja tanggal, nomor transfer juga siapa nama pengirim.

7. Periksa Data Kembali

Setelah semua terisi, jangan lupa cek kembali semua apakah ada yang tertinggal atau belum terisi. Usahakan semua sudah diisi dengan benar.

Hal ini akan memudahkan pihak admin untuk melakukan verifikasi sehingga lebih cepat diproses. Jika sudah yakin terisi lengkap, silahkan klik “kirim” yang letaknya di bawah formulir.

8. Melakukan Cetak Kartu

Pendaftar akan mendapatkan konfirmasi dari admin seputar konfirmasi pendaftaran yang telah dilakukan. Baik melalui email maupun telepon.

Hal ini menjadi bukti jika pendaftaran sudah berhasil terverifikasi. Baru kemudian pendaftar bisa langsung mencetak kartu ujian untuk melakukan seleksi masuk di unikom.

9. Mengikuti Ujian Seleksi Masuk Universitas Komputer Indonesia

Proses terakhir sebelum resmi menjadi maba di unikom adalah terlebih dahulu mengikuti ujian masuk.

Jika setelah mengerjakan, pihak unikom memutuskan pendaftar diterima, maka akan diberitahu melalui email. Baru bisa resmi menjadi maba unikom.

Perkiraan Biaya Dan Pilihan Jurusan Universitas Komputer Indonesia

Dilansir dari situs resmi unicom.ac.id, universitas ini memiliki setidaknya 6 fakultas.

Bagi yang masih penasaran berapa kisaran biaya untuk setiap fakultas, bisa melihat informasi di bawah ini. Berikut uraian selengkapnya :

1. Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer

Bagi calon maba yang berminat untuk masuk fakultas teknik dan komputer ada beberapa pilihan jurusan yang dipilih.

Setidaknya ada  11 jurusan yang menjadi pilihan. Pendaftar bisa memilih sesuai minat masing-masing. Berikut beberapa jurusan di fakutas teknik dan komputer di unikom :

  • Teknik Informatika
  • Sistem Komputer
  • Teknik Komputer
  • Teknik Elektro
  • Sistem Informasi
  • Teknik Sipil
  • Teknik Arsitektur
  • Manajemen Informatika
  • Teknik Perencanaan Wilayah Dan Kota
  • Komputerisasi Akuntansi

Pendaftar yang berminat untuk masuk fakultas ini harus membayar biaya pengembangan pendidikan dengan kisaran 6 hingga 9 juta rupiah.

Sementara untuk biaya tiap semesternya akan dikenakan biaya antara 5 juta hingga 8 juta rupiah.

2. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis

Meskipun namanya universitas komputer, unikom ini juga menyediakan fakultas ekonomi dan bisnis juga.

Ada beberapa pilihan studi s1 yang bisa dipilih oleh calon maba. Berikut jurusan apa saja yang ada di fakultas ekonomi dan bisnis unikom :

  • Akuntansi
  • Manajemen
  • Manajemen Pemasaran
  • Keuangan Dan Perbankan

Calon maba jurusan ini akan dikenakan biaya pengembangan sekitar 6 juta hingga 8 juta rupiah.

Sementara untuk per semesternya biaya yang harus dibayarkan bekisar antara 5 hingga 7 juta rupiah.

3. Fakultas Hukum

Untuk fakultas hukum memang jurusan yang ditawarkan hanya jurusan ilmu hukum saja.

Namun jangan salah, ilmu hukum yang bisa diambil di kampus ini tidak kalah dengan sistem pengajaran di kampus lain. Berikut kisaran biaya yang harus dibayarkan oleh peminat jurusan ini :

  • Biaya untuk pengembangan pendidikan 7 juta rupiah
  • Biaya studi per semester 6 juta rupiah

Baca juga: Urutan Universitas Terbaik di Indonesia Tahun ini

4. Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik

Bagi yang berminat terjun di dunia politik, mempelajarinya bisa di kampus ini. Unikom juga menyediakan fakultas ilmu sosial dan politik dengan beragam jurusan yang bisa dipilih. 

Jurusan apa saja yang disediakan di fakultas ilmu sosial politik unikom adalah ilmu komunikasi, ilmu pemerintahan dan ilmu hubungan internasional.

Biaya pengembangan pendidikan yang harus dibayar calon maba untuk fakultas ini adalah 8 juta rupiah. Serta per semesternya dengan biaya 7 juta rupiah.

5. Fakultas Desain

Calon maba yang suka dengan dunia desain, masuk universitas komputer indonesia juga bisa menjadi pilihan terbaik.

Ada beberapa jurusan yang bisa dipilih pada fakultas ini. Diantaranya adalah desain komunikasi visual atau desain interior.

Biaya untuk pengembangan pendidikan, fakultas ini mematok biaya 7 hingga 8 juta rupiah. Sedangkan per semester sebesar 6 hingga 7 juta rupiah.

6. Fakultas Sastra

Bahkan universitas komputer Indonesia sudah menyediakan fakultas sastra, dengan pilihan 2 jurusan.

Ada jurusan sastra inggris serta sastra jepang. Biaya pengembangan pendidikan untuk fakultas ini sekitar 7 jutaan. Dan 6 jutaan rupiah untuk biaya tiap semesternya.

Itulah informasi tentang Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM) untuk kalian ketahui.

Terkait bagaimana prosedur pendaftarannya serta apa saja fakultas berikut jurusan pilihannya serta perkiraan biaya masing-masing.

Bisa menjadi bahan informasi untuk yang sedang mencari kampus di daerah Jawa Barat khususnya Bandung.

NOTE: Jumlah Perkiraan Biaya Diatas Bisa Berubah Sewaktu-Waktu Karena Berbagai Hal

Header Image: Kampus UNIKOM

Continue Reading

TOP STORIES