Connect with us

Lifestyle

Syarat Pembuatan SKCK Terbaru

SKCK banyak dibutuhkan masyarakat untuk beragam keperluan. Baik untuk mendaftar sekolah, CPNS, melamar pekerjaan, dan lain-lain.

Karena cukup penting, pahami syarat pembuatan SKCK berikut :

Surat Pengantar Sebagai Syarat Pembuatan SKCK Yang Paling Umum

Yang paling umum, syarat untuk membuat SKCK adalah mempersiapkan surat pengantar. Surat pengantar ini akan dikeluarkan oleh pihak kelurahan setempat.

Jadi sebelumnya , pemohon harus lebih dulu memperoleh surat pengantar dari ketua RT atau desa setempat. Setelah itu, surat tersebut dibawa ke kelurahan.

Dari kelurahan, pemohon hanya tinggal mengisi beberapa formulir sebagai pendukung pembuatan surat pengantar.

Memang tidak dikenakan biaya, namun cukup menghabiskan waktu.

Mengingat kelurahan kadang mengeluarkan surat pengantar tidak langsung satu hari. Sehingga baru-baru ini beberapa Polsek atau Polres di Indonesia mengeluarkan peraturan baru.

Salah satunya yaitu di Polrestabes Surabaya, yang dilansir dari laman JawaPos.com. Di tempat tersebut pengajuan SKCK sudah tidak memberlakukan persyaratan surat pengantar lagi.

Hal ini dilakukan untuk mempermudah masyarakat melamar kerja. Seperti diketahui SKCK merupakan syarat utama untuk mendaftar menjadi PNS atau beberapa perusahaan swasta.

Syarat Pembuatan SKCK Secara Online

image: skck.polri.go.id

Untuk mengurus SKCK bisa dilakukan secara online. Hal ini untuk mempermudah pemohon agar segera dapat melakukan pembuatan maupun perpanjangan SKCK.

Cara online dipandang lebih mudah karena bebas antri, cocok bagi mereka yang cukup sibuk. Ada pun beberapa persyaratan yang harus disediakan ketika memilih untuk  membuat SKCK secara online

  • Siapkan kartu keluarga. Pastikan pakai yang terbaru, dan karena nantinya akan diunggah ke website jadi pastikan untuk menscannya terlebih dahulu.
  • Kartu tanda penduduk yang sudah e-ktp, jangan lupa yang sudah di scan.
  • Akta kelahiran dan pastikan dalam bentuk scan.
  • Pass foto ukuran 4×6 sebanyak 6 buah. Semua discan terlebih dahulu dan pastikan menggunakan background warna merah. Jangan lupa foto dalam keadaan berpakaian sopan dan usahakan tampak muka secara jelas.
  • Scan paspor. Ini berlaku bagi WNI yang ingin menggunakan SKCK nanti untuk keperluan bepergian ke luar negeri.

Syarat Pembuatan SKCK Jika Pemohon Seorang WNI

Berikutnya adalah syarat membuat SKCK yang diperuntukkan khusus bagi pemohon yang berstatus sebagai WNI. Ada banyak WNI yang sengaja membuat SKCK ini untuk beberapa keperluan.

Misalnya untuk melamar kerja, untuk dokumen pendamping karena ingin ke luar negeri dan lain-lain. Untuk persyaratannya juga cukup mudah. Berikut syarat membuat SKCK pemohon WNI

  • Fotocopi identitas diri, dalam hal ini adalah E-KTP. Namun selain fotocopi nanti juga diminta untuk menunjukkan yang asli saat di tempat pembuatan. Jadi siapkan juga yang asli.
  • Namun, jika dokumen E-KTP misalnya belum ada karena suatu hal, bisa menggunakan identitas lain. Misalnya saja menggunakan fotokopi SIM yang masih berlaku.
  • Fotocopi paspor. Sekali lagi ini persyaratan bagi WNI yang berkepentingan akan mempergunakan SKCK untuk keperluan dokumen pendukung saat akan pergi ke luar negeri.
  • Copian kartu keluarga pemohon.
  • Pass foto pemohon dengan ketentuan ukuran 4×6. Jangan lupa siapkan foto sebanyak 6 lembar dengan background warna merah. Usahakan saat foto berpakaian rapi, serta tampak muka. Bagi pemohon yang berhijab, bagian wajah harus tampak utuh.
  • Fotokopi dokumen akta kelahiran.
  • Siapkan juga fotokopi ijazah terakhir yang dimiliki pemohon.

Syarat Pembuatan SKCK Jika Pemohon Seorang WNA

Selain WNI, warga negara asing juga diperbolehkan untuk mengurus kepemilikan SKCK di Indonesia.

Persyaratan yang dibutuhkan tentu saja tidak sama dengan pemohon yang berasal dari Indonesia. Bagi warga negara asing, berikut apa saja yang harus disiapkan untuk membuat SKCK

  • Surat permohonan yang berasal dari sponsor, atau bisa juga dari perusahaan juga dari lembaga yang bertanggung jawab pada WNA. Bisa mereka yang memperkerjakan atau menggunakan tenaga dari pemohon WNA. Surat ini harus asli bukan fotokopi.
  • Fotokopi E-KTP serta surat nikah, jika kebetulan pemohon punya istri atau suami merupakan bagian dari WNI.
  • Fotocopi passport pemohon WNA.
  • Fotocopi dokumen KITAS atau biasa disebut Kartu Izin Tinggal Terbatas. Termasuk KITAP atau Kartu Izin Tinggal Tetap.
  • Fotocopi dokumen IMTA. IMTA adalah izin menggunakan tenaga kerja asing. Dokumen IMTA ini dikeluarkan oleh Kementrian Tenaga Kerja RI.
  • Fotokopi STM atau disebut Surat Tanda Melapor. Surat ini dikeluarkan oleh pihak kepolisian Indonesia.
  • Passfoto ukuran 4×6. Siapkan sebanyak 6 lembar dan dilengkapi dengan latar belakang warna kuning.

o ya jika online silahkan info lengkap di web skck.polri.go.id ya

Syarat Pembuatan SKCK Baru

SKCK dibuat memang untuk beberapa kepentingan. Mungkin dibuat karena sebelumnya memang tidak punya. Atau dibuat untuk memperpanjang masa berlakunya.

Di sini akan dibahas persyaratan apa saja yang dibutuhkan untuk membuat SKCK baru. Di kutip dari laman website resmi Polri.go.id syarat untuk membuat SKCK baru adalah

  • Membawa surat pengantar yang dikeluarkan langsung oleh kelurahan setempat. Kelurahan setempat maksudnya sesuai dengan domisili pemohon. Namun, seperti yang dijelaskan sebelumnya persyaratan ini sudah ditiadakan pada beberapa polres. Jadi sesuaikan saja, dimana tempat kepengurusan SKCK.
  • Membawa fotokopi identitas diri yaitu E-KTP. Bisa juga menggunakan SIM jika ada kendala dengan kepemilikan E-KTP. E-KTP harus sesuai dengan domisili atau alamat yang tertera pada surat pengantar dari kantor kelurahan.
  • Membawa copian kartu keluarga.
  • Membawa copian akta kelahiran pemohon. Bisa juga digantikan dengan fotokopi ijazah terakhir yang dimiliki pemohon.
  • Membawa passfoto yang paling baru. Ketentuan ukuran 4×6, berwarna, dan dicetak sebanyak 6 lembar.
  • Mengisi daftar riwayat hidup. Formnya sudah disediakan di kantor polisi. Pemohon cukup mengisinya dengan benar dan jelas.
  • Selanjutnya petugas akan mengambil sidik jari. Sidik jari pemohon ini juga merupakan salah satu persyaratan ketika akan membuat SKCK baru.

Syarat Pembuatan SKCK Untuk Keperluan Perpanjangan

Terakhir adalah syarat membuat SKCK yang tadinya sudah tidak berlaku kemudian ingin memperpanjang lagi. Masa berlaku SKCK ini hanya 6 bulan saja.

Jadi pemohon yang sudah punya SKCK sebelumnya, harus melakukan perpanjangan. Dengan begitu, SKCK bisa aktif dan berlaku kembali. Berikut syarat untuk membuat SKCK menjadi aktif lagi

  • Membawa SKCK yang lama (tidak berlaku) harus asli atau yang sudah dilegalisir juga bisa. Namun, SKCK yang bisa diperpajang hanya yang lewat habis masanya maksimal 1 tahun saja. Jika lebih dari itu, pemohon harus melakukan pembuatan baru dari awal.
  • Membawa copian E-KTP. Bisa juga fotokopi identitas lain, misalnya SIM.
  • Fotocopy kartu keluarga.
  • Membawa fotokopi dokumen akta kelahiran atau bisa juga ijazah terakhir yang dimiliki pemohon.
  • Membawa pass foto 3 lembar. Usahakan yang paling baru, berwarna, dengan ukuran 4×6.
  • Mengisi formulir permohonan perpanjangan SKCK. Formulir ini sudah disediakan di kantor polisi.

Itulah beberapa syarat pembuatan SKCK. Baik secara online, untuk  WNA, WNI, permohonan pembuatan baru, atau pembuatan dalam kepentingan perpanjangan.

Jadi sebelum membuat SKCK sebaiknya persiapkan dulu persyaratannya, agar proses bisa menjadi lebih cepat.

Header Image: TEMPO/STR/Prima Mulia

Mendirikan situs income.id sebagai perwujudan pengabdian kepada bangsa dan negara indonesia melalui media yang informatif dan edukatif

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Lifestyle

Cara Mengurus SKCK Secara Online dan Offline, Simpel !

cara mengurus skck

Surat keterangan catatan kepolisian atau familiar disebut SKCK, hingga saat ini masih diperlukan bagi semua orang.

Surat ini akan menerangkan tentang catatan kelakuan baik yang dilakukan pemohonnya.

SKCK dibuat untuk banyak keperluan. Bisa untuk melamar kerja, pendaftaran universitas, dan lain-lain.

Bagi yang belum paham berikut cara mengurus SKCK untuk diketahui

Cara Mengurus SKCK Offline

image: polrestrobekasikota.com

Untuk kepengurusan pembuatan SKCK bisa dilakukan langsung ke kantor polsek, polres, polda, atau ke mabes.

Masing-masing tempat memiliki porsinya sendiri-sendiri. Untuk kepentingan umum, biasanya orang memilih mengurus SKCK offline ke polres atau polsek.

Apa saja yang perlu disiapkan dan bagaimana cara mengurus SKCK offline, berikut uraiannya

Surat Pengantar

Sebetulnya, surat pengantar ini bisa dikatakan syarat kepengurusan SKCK.

Namun kini, ada beberapa wilayah di Indonesia yang sudah menghapus persyaratan ini.

Jika memang ingin mengurus SKCK yang masih mempergunakan surat pengantar sebagai syarat, surat ini bisa didapatkan dari kelurahan/desa tempat tinggal pemohon.

Pertama mintalah dahulu surat dari RT untuk ditujukan ke RW wilayah tempat tinggal.

Dari RW inilah nantinya akan dikeluarkan surat pengantar untuk pergi ke kelurahan.

Setelah dapat surat dari RW, berikan pada petugas di kelurahan.

Maka surat pengantar sebagai syarat kepengurusan SKCK akan otomatis dikeluarkan.

Syarat Kepengurusan SKCK Offline

Jangan lupa, setelah surat pengantar dipegang siapkan juga beberapa berkasnya.

Kelengkapan berkas ini nanti akan mempermudah dalam proses kepengurusan.

Dilansir dari laman skck.polri.go.id berikut apa saja yang harus dipersiapkan saat ingin mengurus SKCK

  • Fotocopy Kartu Identitas Diri (E-KTP), namun yang asli nanti juga tetap harus ditunjukkan.
  • Fotocopi Passpor (Jika mengurus SKCK untuk keperluan bepergian ke luar negeri).
  • Fotocopy kartu keluarga (KK).
  • Copian Akta Kelahiran Atau Ijazah Terakhir.
  • Fotocopi kartu identitas lain (berlaku bagi yang belum memenuhi syarat mendapat E-KTP) bisa kartu pelajar, dan lainnya.
  • Pas Foto ukuran 4×6 sebanyak 6 lembar. Jangan  lupa background belakang harus warna merah.

Proses Kepengurusan SKCK Offline

Setelah semua berkas siap, kepengurusan SKCK bisa langsung dilakukan ke polsek maupun polres terdekat. Langkah-langlahnya pun cukup mudah.

Sebagai informasi baik polsek maupun pores ini pada umumnya punya jam operasional yaitu buka mulai senin sampai jumat pukul 8 pagi hingga 3 sore.

Sementara hari sabtu buka di jam 8 dan tutup jam 11 siang.

Jadi usahakan untuk pergi saat jam-jam tersebut saja.

Tinggal masukkan saja semua berkas yang disiapkan tadi ke loket pendaftaran.

Disana petugas akan menyuruh untuk mengisi semacam formulir. Satu lagi masalah perekaman sidik jari yang harus dilakukan di polres.

Jika terlanjur mengurus SKCK di polsek maka mereka akan memberikan surat pengantar dulu untuk dibawa ke polres guna merekam sidik jari.

Jika proses perekaman sudah selesai, dan berkas sudah dikumpulkan tinggal menunggu SKCK keluar.

Namun sebelumnya harus membayar biaya penerbitan di loket pembayaran.

Cara Mengurus SKCK Online

Jaman sekarang, semua bisa dilakukan secara online tidak terkecuali mengurus SKCK.

Ini tentu akan lebih praktis dan mudah.

Bila ingin tahu apa saja syarat serta bagaimana cara mengurus SKCK online, berikut uraian selengkapnya

Dokumen Yang Harus Dipersiapkan

Meskipun secara online, nanti akan diperlukan beberapa dokumen untuk diupload ke halaman pendaftaran online polri.

Karena nanti akan diunduh, semua dokumen terlebih dahulu harus dalam bentuk softcopy alias discan.

Apa saja yang harus dipersiapkan untuk mengurus SKCK online, berikut uraiannya

1.Softcopy (scan) kartu identitas diri atau E-KTP.

2.Softcopy (scan) kartu keluarga asli.

3.Softcopy (scan) akta kelahiran.

4.Softcopy (scan) foto diri pemohon ukuran 4×6. Memakai latar belakang warna merah serta siapkan sebanyak 6 lembar juga dalam bentuk softcopy.

5.Softcopy (scan) paspor. Dokumen ini diperlukan bagi pemohon yang menjadi WNi dengan tujuan pergi ke luar negeri. Seperti sekolah, kunjungan, dan lain-lain.

Tahapan Mengurus SKCK Online

image: skck.polri.go.id

Sama dengan mengurus surat lain, SKCK juga perlu beberapa tahapan hingga bisa jadi dan siap untuk digunakan.

Bagi yang masih bingung pelajari saja tiap tahapan yang akan dijelaskan. Berikut uraian selengkapnya

Baca juga: Syarat Pembuatan SKCK Terbaru

1. Buka Situs Resmi Polri Di skck.polri.go.id

Setelah website tersebut di buka, pada halaman utama carailah menu formulir online SKCK. Setelah ketemu silahkan klik next step.

2.Isi Data Pribadi

Selanjutnya setelah next step diklik, maka akan muncul halaman mirip formulir. Isilah secara teliti terkait data diri seperti nama, NIK, wilayah Polres, hingga perintah upload foto. Setelah itu ada juga perintah mengisi data tentang orang tua serta keluarga.

3 .Isi Data Tentang Riwayat Pendidikan

Setelah isi tentang data diri, serta orang tua dan keluarga ada juga perintah untuk mengisi tentang riwayat pendidikan. Terkait nama sekolah, kota, serta tahun terakhir lulus.

Di bagian akhir juga ada pertanyaan apakah sebelumnya pemohon pernah terlibat pidana atau tidak. Isilah dengan jujur dan lengkap kemudian klik next.

4. Isi Alasan Kepengurusan SKCK dan Tunggu Data Diproses

Terakhir akan ada perintah untuk mengisi alasan mengapa ingin mengurus SKCK. Setelah diisi klik next. Lalu tinggal klik “kirim data”. Tinggal tunggu data akan diproses oleh sistem.

5. Mendapat Kode Registrasi

Tanda jika data sudah berhasil diproses oleh sistem adalah dikirimkannya kode registrasi. Nanti kode ini dibawa ke loket polsek atau polsek. Gunanya untuk pengambilan SKCK yang sudah jadi.

6. Pergi Ke Polsek/Polres

Ketentuan pengambilan SKCK setelah pendaftaran online adalah jika dilakukan pukul 8 pagi, maka SKCK sudah bisa diambil jam 4 sorenya.

Bahkan sudah bisa diambil walaupun pada hari yang sama.

Jangan lupa untuk menunjukkan dokumen yang diperlukan termasuk kode registrasi tadi.

Jangan sampai mengambil SKCK lebih dari 3 hari sejak pendaftaran karena pemohon harus mengulang proses daftar online lagi.

Setelah itu, bisa langsung menuju loket pembayaran terlebih dahulu baru bisa mengambil SKCK asli yang baru.

Dokumen Untuk Syarat Perekaman Sidik Jari

Baik untuk mengurus SKCK online maupun Offline, pemohon harus melakukan perekaman sidik jari terlebih dahulu ke polres.

Tentu saja sebelum proses ini juga perlu disiapkan dokumen-dokumen. Berikut apa saja dokumen yang harus dipersiapkan

  • Fotocopy E-KTP 1 lembar.
  • Foto pemohon tampak depan latar belakang merah ukuran 4×6 1 lembar.
  • Foto pemohon tampak samping kanan latar belakang merah ukuran 4×6 1 lembar.
  • Mengisi formulir permohonan perekaman sidik jari, terkait nama, bentuk wajah, rambut, serta ciri-ciri fisik.

Itulah cara mengurus SKCK. Baik dilakukan secara offline maupun online.

Secara online memang terlihat lebih mudah karena tidak perlu antri untuk verifikasi dokumen.

Namun yang paling penting adalah persiapkan dokumen terlebih dahulu agar proses pengurusan SKCK jadi lebih cepat.

Continue Reading

Tokoh

Biografi Sang Penemu, Thomas Alva Edison

Thomas Alva Edison

Banyak sekali tokoh-tokoh dunia yang menarik untuk dibahas.

Salah satu yang bisa dikatakan paling populer yaitu Thomas Alva Edison.

Ingin tahu kisah biografi sang penemu bola lampu pijar yang hingga sekarang masih dikenang seantero dunia?

Simak biografi salah satu tokoh dunia tersebut berikut ini.

1. Kisah Masa Kecil Thomas Alva Edison 

Sejarah mencatatkan jika Edison lahir di sebuah kota di Daerah Milan, Ohio.

Tepatnya pada tanggal 11 Februari 1847.

Edison merupakan anak bungsu dari 7 orang bersaudara. Ayahnya bernama Smauel Ogden Edison, sementara Ibunya bernama Nancy Mattews Elliot.

Sayangnya saat kevil Edison terkenal tidak terlalu pintar.

Bahkan saat duduk di bangku sekolah Edison terpaksa hanya melewatkan beberapa pekan saja.

Dalam lingkungan sekolahnya, dirinya termasuk murid yang dianggap kurang berbakat dan sering tertinggal dibanding teman-teman lainnya.

Oleh sebab itu, akhirnya ibunya pun memutuskan untuk menariknya dari sekolah.

Edison diajari sendiri oleh ibunya di rumah.

Namun, sejak saat itu Edison mulai menunjukkan ketertarikannya pada ilmu pengetahuan.

Ia sering kedapatan membaca banyak buku-buku ilmiah yang seharusnya dibaca oleh orang dewasa.

Bahkan ia pun tidak ragu untuk melakukan percobaan sendiri. Semua itu dia lakukan sekitar umur 11-12 tahunan.

2. Awal Karir Thomas Alva Edison

Pada tahun 1854, keluarga Edison terpaksa pindah ke daerah Port Huron, Michigan.

Hal terebut didasarkan karena pemilik kanal telah berhasil menjauhkan jalur kereta api dari Milan.

Dampaknya adalah ayah Edison harus rela kehilangan pekerjaan.

Namun, melihat hal itu Edison yang masih remaja tidak tinggal diam.

Saat usianya baru menginjak 12 tahun, ia berhasil meyakinkan orang tuanya untuk mencoba bekerja.

Salah satunya menjadi penjual koran dan menjajakan dagangannya di sekitar jalur kereta api Huron yang mengarah menuju Detroit.

Suatu hari, Edison menyelamatkan seorang anak berusia 3 tahun yang terjebak di rel kereta bernama Jimmie.

Kebetulan, bocah yang ditolongnya merupakan anak dari seorang operator telegraf.

Selanjutnya ayah Jimmie, JU MacKenzie mengajarinya menjadi seorang operator telegraf.

Akhirnya dirinya pun menggeluti pekerjaan tersebut.

Untuk tugas pertamanya, ia beroperasi di jalur GrandTrunk serta Straford Junction.

Sekitar umur 19 tahun dirinya pindah ke Louisville lalu memilih bekerja di Western Union dan sebuah kantor berita.

Ia juga tetap melakukan kegemarannya bereksperimen, namun suatu hari ia melakukan kesalahan.

Edison menumpahkan asam sulfat ke meja bosnya dan membuatnya dipecat.

3. Thomas Alva Edison Menjadi Seorang Penemu

image: Pixabay

Menginjak usia 33 tahun, Edison pindah lagi ke New York. Mulai saat itu dirinya mulai mengembangkan beberapa penemuannya.

Bahkan di masanya Edison sudah dianggap sebagai penemu dan pencipta paling produktif.

Dilansir dari Wikipedia.org Edison telah memegang rekor 1.093 hak paten atas namanya. Berikut beberapa penemuannya

  • Universal Stock Printer yang bisa untuk menyeragamkan beberapa transaksi saham. Perusahaan The Gold And Stock Telegraph membayar hak ciptanya dengan nilai fantastis saat itu yaitu sekitar 40 ribu dollar.
  • Alat Perekam Suara (phonograph) yaitu sebuah alat perekam suara. Alat ini akan membuat seseorang bisa merekam semua suara dan memutarnya kembali di lain waktu. Tanpa penemuan ini, orang-orang sekarang tidak akan mampu merekam music, tidak bakal ada smartphone, atau pemutar lagu online seperti Joox.
  • Menemukan generasi awal kamera film. Sekitar tahun 1893, Edison menjadi yang pertama sebagai pembuat studio film yang kemudian di beri nama Black Maria. Banyak jenis film-film pendek diproduksi disini.                 

4. Lampu Pijar Hasil Karya Paling Fenomenal Thomas Alva Edison

Sekitar Tahun 1878, ia mulai memikirkan untuk mengembangkan sistem penerangan menggunakan tenaga listrik.

Ia mulai jengah dengan penerangan tradisional yang masih menggunakan minyak tanah maupun gas sebagai bahan bakarnya.

Untuk memfokuskan penelitiannya, ia lebih memilih lampu pijar sebagai perhatian utamanya.

Sebelumnya sudah banyak penemu lain lampu pijar sebut saja Alessandro Volta. Henru Woodwarh, serta Mathew Rvans.

Namun Edison menganggap hasil karya mereka masih punya kekurangan terutama terkait biaya untuk memproduksinya yang masih mahal.

Lampu pijar karya penemu lain juga dianggap punya ketahanan yang sebentar.

Tahun 1879 ia mulai mengembangkan lampu pijar dengan bahan filamen yang ternyata bisa bertahan hingga 13,5 jam.

Tidak sampai disitu, dia masih tetap mengembangkannya hingga akhirnya mendapat hak paten lampu pijar karyanya pada tahun yang sama.

Bahkan akhirnya dia pun menemukan bahan lain untuk lampunya.  

Bahan karbon  yang ternyata bisa bertahan lebih lama yaitu 1.200 jam.

Sampai tahun 1880 an ia berhasil mendirikan perusahaan yang mampu mendistribusikan listrik untuk menyinari kota.

Tahun 1881 Edison juga berhasil mendirikan beberapa fasilitas kebutuhan penerangan kota.

Diantaranya gardu-gardu listrik yang menyediakan 110 volt listrik untuk 59 pelanggan di Manhattan.

5. Bisnis Yang Dibangun Thomas Alva Edison

Selain fokus untuk melakukan penelitian serta mengembangkan proyek kelistrikannya, Edison juga mulai berbisnis.

Ada beberapa bisnis yang dirintisnya meskipun ada yang berhasil atau pun mengalami kegagalan. Berikut apa saja bisnis yang dikembangkannya

  • Tahun 1887 berhasil membangun pusat penelitian industri di West Orange, New Jersey. Di sana dirinya fokus untuk meneliti penemuan mesin perekam serta sistem gambar gerak atau film yang berhasil diciptakannya.
  • Tahun 1890 Edison mampu mendirikan pabrik yang berfokus pada pengolahan bijih besi. Tepatnya di daerah New Jersey utara. Namun sayangnya bisnis ini terbukti gagal berkembang.
  • Tahun 1912, ia bersama temannya Henry Ford bekerja sama untuk mengembangkan industri mobil. Peran Edison yaitu menemukan baterei untuk starter mobil model T. Sistem starter ini bahkan dipakai dalam industri mobil selama beberapa decade.

6. Kematian Thomas Alva Edison

Image: Pixabay

Selama berkarir sebagai ilmuan, Edison memang tidak hentinya menorehkan prestasi.

Namun sayang, sekitar tahun 1931, ilmuan berbakat ini harus berhenti menciptakan karyanya yang gemilang.

Tepat pada tanggal 18 Oktober 131 Edison dinyatakan meninggal dunia.

Saat itu usianya sudah menginjak 84 tahun. Diduga, kematiannya karena suatu penyakit yang sudah dideritanya sejak lama.

Ia diketahui mengidap diabetes. Penyakit ini juga sekaligus merenggut nyawanya.

Saat itu, Edison meninggal dunia di rumahnya yaitu daerah Glenmont, Liewellyn Park, Wwest Orange.

Seluruh dunia turut merasakan kehilangan karena Edison memang tergolong sosok ilmuan cerdas yang bisa dijadikan panutan.

Kematiannya meninggalkan banyak sekali ilmu yang berguna untuk masa depan.

Bahkan tepat saat hari kematiannya, Edison juga mendapatkan penghormatan terakhir yang cukup menyentuh.

Semua komunitas serta perusahaan di seluruh dunia melakukan aksi mematikan lampu sekaligus listriknya.

Langkah tersebut semata-mata sebagai bentuk duka cita pada tokoh ilmuan yang berbakat di jaman tersebut.

Itulah sekilas tentang biografi tokoh dunia yaitu Thomas Alva Edison.

Bagi generasi sekarang mungkin penemuan ilmuan tersebut bisa jadi sangat berarti. Ketekunan serta kerja kerasnya juga sebaiknya dijadikan teladan oleh generasi saat ini.

Header Image: liveinternet.ru via idntimes.com

Continue Reading

Education

Peran Indonesia dalam Organisasi Internasional, Bikin Bangga !

peran indonesia

Menurut N.A Maryam organisasi internasional yaitu sebuah bentuk organisasi yang dibentuk berdasarkan perjanjian.

Dimana hasil perjanjian tersebut, akhirnya melibatkan 3 atau lebih negara yang kemudian berperan menjadi anggota organisasi.

Indonesia, juga terhitung ikut serta dalam beberapa organisasi internasional.

Berikut apa saja peran Indonesia dalam organisasi internasional yang bisa diketahui :

Peran Indonesia Dalam Organisasi Internasional PBB

image: un.org

Peran Indonesia dalam organisasi PBB mulanya adalah sebagai keikutsertaannya dalam sejarah berdirinya organisasi tersebut.

Indonesia sendiri secara resmi masuk menjadi anggota ke 60 PBB tepat pada tanggal 28 September 1950.

Setelah itu, Indonesia memang sempat keluar yang dilatarbelakangi oleh rasa protesnya terhadap organisasi tersebut.

Hal tersebut terkait dengan diterimanya Malaysia sebagai anggota tidak tetap dewan keamanan PBB.

Namun tanggal 28 September 1966, Indonesia masuk lagi sekaligus membawanya menjadi salah satu struktur PBB yaitu menjadi dewan tetap.

Keanggotaan dewan tetap ini akan disandang hingga tahun 2020 nanti.

Keanggotaan dewan tetap PBB ini tidak begitu saja diraih dengan mudah oleh Indonesia.

Terpilihnya Indonesia tersebut didasarkan pada kepemilikan rasa toleransi yang tinggi.

Hal ini secara tidak langsung dapat berperan dalam mewujudkan perdamaian dunia.

Peran Indonesia Dalam Organisasi Internasional MEA

MEA
image: asean.org

MEA atau yang lebih dikenal Masyarakat Ekonomi Asean, merupakan organisasi sosial yang dibentuk tahun 2015 lalu.

Berdirinya organisasi ini ditengarai oleh fenomena era globalisasi dimana semua negara ASEAN mau tidak mau harus mempersiapkan diri.

Peran Indonesia dalam organisasi ini adalah sebagai pelaksana MEA.

Tujuan didirikan MEA supaya beberapa sektor ekonomi negara-negara ASEAN tetap stabil meskipun terkena efek dari globalisasi.

Mereka khawatir, jika sampai terjadi kondisi dimana tidak mampu untuk memenuhi kebutuhan masyarakatnya akibat persaingan bisnis yang semakin ketat.

Adanya MEA ini diharapkan akan memacu daya saing pebisnis di Indonesia agar bekerja lebih profesional.

Selain itu, pengusaha dalam negeri pun dapat lebih terpacu untuk memperbaiki kualitas produknya.

Dengan begitu, secara otomatis mereka akan lebih siap untuk bersaing dengan produk asing yang turut beredar di pasaran.

Peran Indonesia Dalam Organisasi Internasional GNB

image: medium.com

Organisasi GNB atau biasa disebut Gerakan Non Blok berdiri pada tahun 1961.

Peran Indonesia sendiri berperan aktif yaitu sebagai salah satu pendiri organisasi tersebut.

Bahkan pada tahun 1992 Indonesia berhasil ditunjuk sebagai ketua gerakan non blok.

Kedudukan ini diraih saat dilaksanakannya konferensi negara-negara non blok yang saat itu digelar di Jakarta.

Organisasi ini merupakan usaha negara-negara untuk meredakan ketegangan antara blok barat dan blok timur.

Jika keduanya tidak segera diselesaikan, perdamaian dunia pasti akan ikut terancam.

Dengan keikutsertaan Indonesia ini, artinya negara tersebut turut serta dalam meredakan ketegangan antara blok barat dan blok timur.

Peran Indonesia Dalam Organisasi Internasional APEC

image: apec.org

APEC atau Asia Pacific Economic Coorporation didirikan bulan januari tahun 1989.

Anggota dari organisasi ini berjumlah 20 negara dari asia serta beberapa negara di samudera pasifik. Adapun tujuan dari dibentuknya APEC ini adalah

  • Membuat pertumbuhan serta pembangunan ekonomi di kawasan asia pasifik semakin kuat.
  • Hubungan kerja sama ekonomi antar anggota APEC makin erat.
  • Memacu tingkat perkembangan pasar bebas area asia pasifik.

Tentu saja keikutsertaan Indonesia dalam APEK ini punya beberapa peran khusus. Terutama saat digelar KTT APEC tahun 1994 lalu.

Saat itu Indonesia berperan sebagai ketua periode tahun 1994 dan menjadi negara tuan rumah KTT APEC pada tahun yang sama.

Selain itu di waktu yang sama Indonesia juga berperan dalam perumus bogor declaration, serta menjadi pendorong terbentuknya ECOTECH.

Peran Indonesia Dalam Organisasi Internasional OKI

image: oic-oci.org

OKI atau Organisasi Konferensi Islam awalnya berdiri tahun 1969, setelah para negara islam mengadakan KTT Islam.

Namun berubah nama menjadi organisasi kerjasama islam tepat pada tanggal 28 Juli 2011.

OKI sendiri berdiri atas dasar reaksi demi meningkatkan solidaritas islam, mendukung perdamaian dunia, serta melindungi tempat-tempat islam.

Selain itu, OKI juga bertujuan untuk wadah agar lebih mudah mengkoordinasikan hubungan kerjasama antar negara anggota.

OKI kemudian berfokus untuk membantu memperjuangkan kemerdekaan palestina sehingga menjadi negara berdaulat.

Indonesia juga berperan dalam mewujudkan tujuan tersebut.

Salah satunya yaitu upaya Indonesia untuk memfasilitasi penyelesaian konflik antara Moro National Liberation Front dengan pemerintah Filipina.

Peran Indonesia yang lain adalah ikut serta dalam mendukung berdirinya negara palestina.

Bentuk dukungan dari gerakan tersebut adalah dengan dibukanya hubungan diplomatik antara Indonesia dan Palestina tahun 1989.

Peran Indonesia Dalam Organisasi Internasional OPEC

image: opec.org

OPEC lebih dikenal sebagai organisasi internasional yang anggotanya merupakan negara-negara penghasil serta pengekspor minyak dunia.

Seluruh anggotanya diketahui telah mengendalikan 61% ekspor serta bisa dikatakan menguasai 80% cadangan minyak dunia.

Awal berdiri OPEC beranggotakan 5 negara di dunia.

Diantaranya Iran, Irak, Kuwait, Arab Saudi serta Venezuela.

Kemudian pada tahun yang sama Indonesia mulai bergabung.

Perannya dalam organisasi ini pun nyata yaitu berkedudukan sebagai sekjen OPEC yang saat itu dijabat oleh Prof. Subroto. Jabatan ini disandang sejak tahun 1988 hingga 1994.

Saat itu Indonesia berperan menjadi penengah jika ada negara anggota OPEC yang terlibat konflik.

Sayangnya sejak tahun 2008 status keanggotaan Indonesia ini mulai dibekukan.

Hal ini terkait dengan Indonesia yang mulai melakukan impor minyak dari negara lain.

Tentu saja hal ini menimbulkan ketidaksetujuan anggota OPEC lainnya.

Peran Indonesia Dalam Organisasi Internasional G-20

image: upload.wikimedia.org/wikipedia

Sebagai informasi, Indonesia merupakan satu-satunya negara ASEAN yang menjadi adggota G-20 ini.

Kelompok G-20 ini sendiri sebetulnya beranggotakan 19 negara kemudian bertambah dengan masuknya negara Uni Eropa.

Anggota organisasi kelompok G-20 ini dapat dikatakan menguasai 75% perdagangan dunia.

Sementara Indonesia sendiri berperan sebagai anggota dari organisasi ini.

Seperti yang telah diketahui Indonesia ini mempunyai pertumbuhan ekonomi yang cukup stabil setiap tahunnya.

Hal ini tentu saja menjadikan negara tersebut menjadi salah satu sumber kekuatan ekonomi dunia.

Apalagi Indonesia memiliki model pembangunan yang tergolong lengkap.

Sebut saja kepemilikan sumber daya alam yang melimpah serta sumber daya manusia yang berkualitas.

Selain itu Indonesia sendiri juga memiliki letak geografis yang stabil. Begitu juga iklim demokrasinya yang cenderung cukup stabil setiap waktu.

Itulah beberapa peran Indonesia dalam organisasi internasional. Dengan mengetahui cukup banyak peran Indonesia dalam organisasi internasional dapat menjadi bukti nyata negara ini cukup aktif dalam organisasi global.

Langkah Indonesia untuk memajukan kehidupan dalam negeri ternyata juga bisa terlihat keseriusanya. Salah satunya dengan menjalin kerjasama dengan negara luar.

Header Image: indonesia.go.id

Continue Reading

TOP STORIES