Connect with us

Lifestyle

Syarat Pembuatan SKCK Terbaru

SKCK banyak dibutuhkan masyarakat untuk beragam keperluan. Baik untuk mendaftar sekolah, CPNS, melamar pekerjaan, dan lain-lain.

Karena cukup penting, pahami syarat pembuatan SKCK berikut :

Surat Pengantar Sebagai Syarat Pembuatan SKCK Yang Paling Umum

Yang paling umum, syarat untuk membuat SKCK adalah mempersiapkan surat pengantar. Surat pengantar ini akan dikeluarkan oleh pihak kelurahan setempat.

Jadi sebelumnya , pemohon harus lebih dulu memperoleh surat pengantar dari ketua RT atau desa setempat. Setelah itu, surat tersebut dibawa ke kelurahan.

Dari kelurahan, pemohon hanya tinggal mengisi beberapa formulir sebagai pendukung pembuatan surat pengantar.

Memang tidak dikenakan biaya, namun cukup menghabiskan waktu.

Mengingat kelurahan kadang mengeluarkan surat pengantar tidak langsung satu hari. Sehingga baru-baru ini beberapa Polsek atau Polres di Indonesia mengeluarkan peraturan baru.

Salah satunya yaitu di Polrestabes Surabaya, yang dilansir dari laman JawaPos.com. Di tempat tersebut pengajuan SKCK sudah tidak memberlakukan persyaratan surat pengantar lagi.

Hal ini dilakukan untuk mempermudah masyarakat melamar kerja. Seperti diketahui SKCK merupakan syarat utama untuk mendaftar menjadi PNS atau beberapa perusahaan swasta.

Syarat Pembuatan SKCK Secara Online

image: skck.polri.go.id

Untuk mengurus SKCK bisa dilakukan secara online. Hal ini untuk mempermudah pemohon agar segera dapat melakukan pembuatan maupun perpanjangan SKCK.

Cara online dipandang lebih mudah karena bebas antri, cocok bagi mereka yang cukup sibuk. Ada pun beberapa persyaratan yang harus disediakan ketika memilih untuk  membuat SKCK secara online

  • Siapkan kartu keluarga. Pastikan pakai yang terbaru, dan karena nantinya akan diunggah ke website jadi pastikan untuk menscannya terlebih dahulu.
  • Kartu tanda penduduk yang sudah e-ktp, jangan lupa yang sudah di scan.
  • Akta kelahiran dan pastikan dalam bentuk scan.
  • Pass foto ukuran 4×6 sebanyak 6 buah. Semua discan terlebih dahulu dan pastikan menggunakan background warna merah. Jangan lupa foto dalam keadaan berpakaian sopan dan usahakan tampak muka secara jelas.
  • Scan paspor. Ini berlaku bagi WNI yang ingin menggunakan SKCK nanti untuk keperluan bepergian ke luar negeri.

Syarat Pembuatan SKCK Jika Pemohon Seorang WNI

Berikutnya adalah syarat membuat SKCK yang diperuntukkan khusus bagi pemohon yang berstatus sebagai WNI. Ada banyak WNI yang sengaja membuat SKCK ini untuk beberapa keperluan.

Misalnya untuk melamar kerja, untuk dokumen pendamping karena ingin ke luar negeri dan lain-lain. Untuk persyaratannya juga cukup mudah. Berikut syarat membuat SKCK pemohon WNI

  • Fotocopi identitas diri, dalam hal ini adalah E-KTP. Namun selain fotocopi nanti juga diminta untuk menunjukkan yang asli saat di tempat pembuatan. Jadi siapkan juga yang asli.
  • Namun, jika dokumen E-KTP misalnya belum ada karena suatu hal, bisa menggunakan identitas lain. Misalnya saja menggunakan fotokopi SIM yang masih berlaku.
  • Fotocopi paspor. Sekali lagi ini persyaratan bagi WNI yang berkepentingan akan mempergunakan SKCK untuk keperluan dokumen pendukung saat akan pergi ke luar negeri.
  • Copian kartu keluarga pemohon.
  • Pass foto pemohon dengan ketentuan ukuran 4×6. Jangan lupa siapkan foto sebanyak 6 lembar dengan background warna merah. Usahakan saat foto berpakaian rapi, serta tampak muka. Bagi pemohon yang berhijab, bagian wajah harus tampak utuh.
  • Fotokopi dokumen akta kelahiran.
  • Siapkan juga fotokopi ijazah terakhir yang dimiliki pemohon.

Syarat Pembuatan SKCK Jika Pemohon Seorang WNA

Selain WNI, warga negara asing juga diperbolehkan untuk mengurus kepemilikan SKCK di Indonesia.

Persyaratan yang dibutuhkan tentu saja tidak sama dengan pemohon yang berasal dari Indonesia. Bagi warga negara asing, berikut apa saja yang harus disiapkan untuk membuat SKCK

  • Surat permohonan yang berasal dari sponsor, atau bisa juga dari perusahaan juga dari lembaga yang bertanggung jawab pada WNA. Bisa mereka yang memperkerjakan atau menggunakan tenaga dari pemohon WNA. Surat ini harus asli bukan fotokopi.
  • Fotokopi E-KTP serta surat nikah, jika kebetulan pemohon punya istri atau suami merupakan bagian dari WNI.
  • Fotocopi passport pemohon WNA.
  • Fotocopi dokumen KITAS atau biasa disebut Kartu Izin Tinggal Terbatas. Termasuk KITAP atau Kartu Izin Tinggal Tetap.
  • Fotocopi dokumen IMTA. IMTA adalah izin menggunakan tenaga kerja asing. Dokumen IMTA ini dikeluarkan oleh Kementrian Tenaga Kerja RI.
  • Fotokopi STM atau disebut Surat Tanda Melapor. Surat ini dikeluarkan oleh pihak kepolisian Indonesia.
  • Passfoto ukuran 4×6. Siapkan sebanyak 6 lembar dan dilengkapi dengan latar belakang warna kuning.

o ya jika online silahkan info lengkap di web skck.polri.go.id ya

Syarat Pembuatan SKCK Baru

SKCK dibuat memang untuk beberapa kepentingan. Mungkin dibuat karena sebelumnya memang tidak punya. Atau dibuat untuk memperpanjang masa berlakunya.

Di sini akan dibahas persyaratan apa saja yang dibutuhkan untuk membuat SKCK baru. Di kutip dari laman website resmi Polri.go.id syarat untuk membuat SKCK baru adalah

  • Membawa surat pengantar yang dikeluarkan langsung oleh kelurahan setempat. Kelurahan setempat maksudnya sesuai dengan domisili pemohon. Namun, seperti yang dijelaskan sebelumnya persyaratan ini sudah ditiadakan pada beberapa polres. Jadi sesuaikan saja, dimana tempat kepengurusan SKCK.
  • Membawa fotokopi identitas diri yaitu E-KTP. Bisa juga menggunakan SIM jika ada kendala dengan kepemilikan E-KTP. E-KTP harus sesuai dengan domisili atau alamat yang tertera pada surat pengantar dari kantor kelurahan.
  • Membawa copian kartu keluarga.
  • Membawa copian akta kelahiran pemohon. Bisa juga digantikan dengan fotokopi ijazah terakhir yang dimiliki pemohon.
  • Membawa passfoto yang paling baru. Ketentuan ukuran 4×6, berwarna, dan dicetak sebanyak 6 lembar.
  • Mengisi daftar riwayat hidup. Formnya sudah disediakan di kantor polisi. Pemohon cukup mengisinya dengan benar dan jelas.
  • Selanjutnya petugas akan mengambil sidik jari. Sidik jari pemohon ini juga merupakan salah satu persyaratan ketika akan membuat SKCK baru.

Syarat Pembuatan SKCK Untuk Keperluan Perpanjangan

Terakhir adalah syarat membuat SKCK yang tadinya sudah tidak berlaku kemudian ingin memperpanjang lagi. Masa berlaku SKCK ini hanya 6 bulan saja.

Jadi pemohon yang sudah punya SKCK sebelumnya, harus melakukan perpanjangan. Dengan begitu, SKCK bisa aktif dan berlaku kembali. Berikut syarat untuk membuat SKCK menjadi aktif lagi

  • Membawa SKCK yang lama (tidak berlaku) harus asli atau yang sudah dilegalisir juga bisa. Namun, SKCK yang bisa diperpajang hanya yang lewat habis masanya maksimal 1 tahun saja. Jika lebih dari itu, pemohon harus melakukan pembuatan baru dari awal.
  • Membawa copian E-KTP. Bisa juga fotokopi identitas lain, misalnya SIM.
  • Fotocopy kartu keluarga.
  • Membawa fotokopi dokumen akta kelahiran atau bisa juga ijazah terakhir yang dimiliki pemohon.
  • Membawa pass foto 3 lembar. Usahakan yang paling baru, berwarna, dengan ukuran 4×6.
  • Mengisi formulir permohonan perpanjangan SKCK. Formulir ini sudah disediakan di kantor polisi.

Itulah beberapa syarat pembuatan SKCK. Baik secara online, untuk  WNA, WNI, permohonan pembuatan baru, atau pembuatan dalam kepentingan perpanjangan.

Jadi sebelum membuat SKCK sebaiknya persiapkan dulu persyaratannya, agar proses bisa menjadi lebih cepat.

Header Image: TEMPO/STR/Prima Mulia

Mendirikan situs income.id sebagai perwujudan pengabdian kepada bangsa dan negara indonesia melalui media yang informatif dan edukatif

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Inspirasi

Inilah Daftar Kekayaan Prabowo Subianto yang Ternyata Tajir Banget

Prabowo Subianto (Foto: suratkabar.id)

Siapa yang tidak kenal Prabowo Subianto? Mantan capres periode 2019-2024 tersebut harus menerima kekalahan dengan rivalnya yaitu Joko Widodo waktu itu.

Namun, meskipun gagal menjadi presiden, dirinya ternyata ditunjuk langsung oleh Jokowi menjadi menteri pertahanan. Diketahui kekayaan Prabowo bernilai fantastis, hingga Rp1,9 triliun.

Jumlah tersebut diduga dari hasil keahliannya mengendalikan kerajaan bisnis di berbagai bidang. Mulai dari pertambangan, perikanan, kelapa sawit, sampai batu bara.

Dari kerja kerasnya tersebut, Prabowo dikenal punya harta kekayaan melimpah ruah. Berikut ini akan dijelaskan beberapa perusahaan yang dikelola olehnya serta daftar kekayaan yang dimiliki.

Perusahaan Yang Dikelola Langsung Oleh Prabowo Subianto

Prabowo selain menjadi politikus terkenal, nyatanya ia juga seorang pengusaha yang ulung.

Di duga kekayaan prabowo sebagian besar memang bersumber dari perusahaan-perusahaan yang telah dikelola nya sejak lama. Berikut daftar perusahaan sebagai sumber kekayaan prabowo subianto.

1. PT Kiani Kertas

PT Kiani Kertas atau biasa disebut sebagai PT Kertas Nusantara ini merupakan salah satu anak cabang perusahaan yang dibangun oleh prabowo. Induk dari perusahaan ini adalah PT Nusantara Energy. Sebelumnya, PT Kiani kertas ini adalah perusahaan milik Bob Hasan. Bob Hasan juga merupakan pengusaha yang cukup dekat dengan Presiden Soeharto.

Baru setelah itu dibeli oleh Prabowo dan diganti namanya menjadi PT Kertas Nusantara. Sekaligus menjadi salah satu anak perusahaan dari PT Nusantara Energy. PT Kertas Nusantara merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pengolahan bubur kertas. Diketahui pabrik bubur kertas ini merupakan yang terbesar se-Asia Tenggara.

2. Perusahaan Bidang Pertambangan

Prabowo juga memiliki usaha di bidang pertambangan. Beberapa perusahaan pertambangan yang dimiliki olehnya masih masuk dalam daftar anak cabang PT Nusantara Energy. Setidaknya ada 7 anak cabang perusahaan PT Nusantara Energy yang bergerak di bidang pertambangan.

Ada PT Nusantara Berau Coal, PT Batubara Nusantara Coal, kemudian PT Nusantara Wahana Coal. Selain itu ada sekitar 4 perusahaan lagi yang masih berkembang dengan baik hingga saat ini.

3. PT Tanjung Redeb Hutani

Selain pertambangan, Prabowo juga punya bisnis di bidang kehutanan. Dalam bidang ini, dirinya secara langsung mengelola PT Tanjung Redeb Hutani yang terletak di Berau Kalimantan Timur. Namun sebenarnya perusahaan tersebut merupakan usaha patungan. Tujuan pendirian perusahaan ini adalah menghasilkan kayu pulp.

Perusahaan ini berdiri atas kerjasama saham dari PT Tanjung Redeb HUtani dan PT Inhutani. Status dari PT Tanjung Redeb Hutani ini sudah berbadan hukum sejak 10 juni 1993.

4. PT Tidar Kerinci Agung

Dalam bidang usaha pengolahan sawit, Prabowo punya PT Tidar Kerinci Agung. Perusahaan ini sudah berdiri sejak tahun 1984. Namun dikelola oleh keluarga besar Soemitro Djojohadikusumo, yang tak lain adalah orang tua Prabowo. Bisnis sawit punya prabowo diketahui ada 2 lahan, yaitu ada di Sumatera barat dan provinsi Jambi.

Hingga saat ini perusahaan ini setidaknya telah melakukan penanaman sawit seluas 16.048 hektar. Bisa dibayangkan dari bisnis ini saja berapa besar kekayaan prabowo, mengingat harga sawit cukup tinggi di pasaran.

5. PT Jaladri Swadesi Nusantara

Prabowo juga diketahui punya bisnis di bidang perikanan. PT Jalandri Sulawesi Nusantara merupakan perusahaan penangkapan ikan yang berdiri sejak September 2001. Prestasi terbaik perusahaan ini adalah pada tahun 2002 dimana berhasil memproduksi ikan tuna seberat 100 ton per bulan.

Daftar Kekayaan Prabowo Subianto

Selain kelima perusahaan di atas, sebetulnya prabowo masih memiliki sekitar 27 perusahaan lain yang ada di dalam dan luar negeri. Prabowo juga mempunyai beberapa aset lain yang jumlahnya fantastis hingga diduga nilainya sekitar 1,9 triliun rupiah. Berikut daftar kekayaan Prabowo sebagai sumber referensi

Tanah Dan Bangunan

Prabowo diketahui punya sejumlah tanah dan bangunan yang letakanya didominasi di Jakarta dan Bogor. Tidak main-main jika ditotal daftar kekayaan prabowo berupa aset tanah dan bangunan nilainya mencapai Rp230,44 miliar. Berikut perincian aset tanah dan bangunan yang dimiliki oleh Prabowo Subianto

  • Aset berupa tanah dan bangunan dengan jumlah total luas sebesar 841 meter persegi / 850 meter persegi senilai Rp24,84 miliar. Tanah dan bangunan tersebut berada di Jakarta selatan.
  • Tanah dengan luas total sebesar 48.970 meter persegi. Untuk aset ini nilainya mencapai Rp6,46 miliar. Aset tanah tersebut berada di Bogor.
  • Aset tanah di Bogor dengan total luas seluruhnya sebesar 8.905 meter persegi. Tanah tersebut diketahui bernilai sekitar Rp5,46 miliar.
  • Tanah seluas 8.365 meter persegi dan bangunan seluas 2.175 meter persegi. Kedua aset tersebut berlokasi di Jakarta selatan. Total nilai dari keduanya mencapai Rp.124,76 miliar.
  • Bangunan dengan luas total sekitar 760 meter persegi. Berlokasi di Bogor, bangunan ini bernilai sekitar Rp5 miliar.
  • Ada juga tanah di bogor dengan luas sebesar 2.100 meter persegi. Nilai dari aset tanah tersebut mencapai Rp45 milar.
  • Aset tanah dan bangunan di Bogor dengan luas masing-masing yaitu 1 meter persegi dan 180.00 meter persegi. Tanah dan bangunan ini ada di Bogor dengan total nilainya sebesar Rp15 miliar.
  • Tanah dan bangunan di Bogor dengan luas masing-masing 1 meter persegi/61 meter persegi. Keduanya bernilai sekitar Rp400 juta.
  • Aset tanah seluas 10.000 meter persegi dan dan bangunan 800 meter persegi. Keduanya berlokasi di Bogor dengan nilai total sebesar Rp3 miliar.
  • Bangunan dengan total luas area 500 meter persegi yang berlokasi di Bogor. Nilai untuk bangunan tersebut diketahui sebesar Rp500 juta.

Alat Transportasi

Kekayaan prabowo juga bisa dilihat dari kepemilikan sejumlah alat transportasi yang jika ditotal nilainya cukup besar. Aset milik prabowo tersebut jika ditotal jumlahnya sekitar Rp1,43 miliar. Berikut perincian selengkapnya

  • Toyota Alphart yang termasuk mobil mewah berjenis minibus. Mobil ini diketahui Kluaran tahun 2005. Nilai untuk mobil alphard milik prabowo ini adalah sekitar Rp400 juta.
  • Honda CR-V yaitu sejenis mobi jeep keluaran tahun 2007. Nilai untuk mobil ini yaitu Rp200 juta.
  • Land Rover, mobil jeep dengan nilai Rp50 juta.
  • Mitsubshi Pajero, mobil jeep mewah keluaran tahun 2000 dengan tafsiran nilai Rp175 juta.
  • Toyota Land Cruiser jeep keluaran tahun 2000. Mobil ini bernilai sekitar Rp50 juta.
  • Motor merek Suzuki keluaran tahun 2002 dengan nilainya sekitar Rp7,5 juta.
  • Mobil merek Toyota Lexus keluaran sekitar tahun 2002. Nilai untuk mobil ini Rp500 juta.
  • Land Rover, mobil jeep keluaran tahun 1992 dengan nilai sekitar Rp50 juta.

Harta Bergerak Lainnya, Surat Berharga, Serta Kas Dan Setara Kas

Selain aset tanah, bangunan, dan sejumlah kendaraan, kekayaan prabowo juga bisa dilihat dari jenis harta lain.

Diketahui, prabowo memiliki sejumlah harta bergerak lain yang nilainya tidak main-main. Harta bergerak lain yang dimilikinya saat ini mencapai 127 jenis dengan nilai totalnya sebesar Rp16,42 miliar.

Belum lagi surat berharga yang dimilikinya. Diketahui, harta prabowo yang paling besar adalah dari surat berharganya tersebut. Prabowo ternyata mempunyai kepemilikan saham di 26 perusahaan dengan nilai totalnya sebesar Rp1,70 triliun.

Prabowo juga mempunyai sejumlah uang tunai, deposito, tabungan, serta setara kas lainnya. Untuk nilainya sendiri ada dalam 2 rekening, yaitu dalam negeri dan luar negeri.

Dalam bentuk rupiah, prabowo punya 4 rekening yang jumlah totalnya sebesar Rp20,5 miliar. Sedangkan rekening dolar ada 1 buah dengan nilai sebesar US 3.134.

Baca Juga: Mengenal Lebih Jauh Tentang Sosok Nadim Makarim

Itulah perician daftar kekayaan Prabowo Subianto serta perusahaan yang dimiliki olehnya. Menariknya, dengan jumlah aset sebesar itu, Prabowo diketahui tidak punya saldo hutang sama sekali. Kepiawaiannya mengelola bisnis memang tidak bisa diragukan lagi.

Continue Reading

Inspirasi

Mengenal Lebih Jauh Tentang Sosok Nadim Makarim

Nadim makarim (Foto: Go-jek)

Siapa orang Indonesia yang tidak tahu Go jek?

Aplikasi transportasi paling populer ini bahkan sudah masuk menjadi bisnis deacorn. Apa sudah tahu siapa pendiri aplikasi Gojek? Namanya Nadim Makarim, salah satu orang hebat dengan segudang prestasi. Ingin tahu lebih jauh tentang dirinya? Simak uraian selengkapnya berikut ini

Sekilas Biografi Nadim Makarim

Nadim Makarim (kemdikbud.go.id)

Pertama-tama akan dibahas dahulu tentang biografi seorang Nadim Makarim. Dalam biografi ini akan dijelaskan tentang kehidupan keluarga, latar belakang pendidikan serta kehidupan pernikahan beliau. Berikut penjelasan selengkapnya

Latar Belakang Keluarga Nadim Makarim

Nadim makarim (sumber: facebook/sarimakkiphotography)

Diketahui dari beberapa sumber Nadim ternyata lahir di Singapura. Tanggal tepatnya yaitu 4 Juli 1984. Beliau lahir dari pasangan Nono Anwar Makarim yaitu ayahnya Dan seorang ibu bernama Atika Algadrie. Ayahnya, Nano Anwar Makarim merupakan seorang keturunan minang-Arab yang berprofesi sebagai aktivis dan pengacara terkemuka.

Ibunya, Atika Algadrie berprofesi sebagai penulis lepas. Fakta yang tidak banyak orang tahu, jika Atika Algadrie merupakan putri dari Hamid Algadrie. Beliau merupakan salah satu dari sekian orang yang menjadi perintis kemerdekaan Indonesia. Nadim punya saudari perempuan yang bernama Rayya Makarim. Saudarinya tersebut bekerja sebagai penulis naskah film.

Pendidikan Nadim Makarim

Soal pendidikan, Nadim Makarim diketahui mengenyam sekolah dasarnya di Jakarta. Begitu juga pada jenjang sekolah menengah pertamanya. Namun setelah lulus SMP , beliau memilih melanjutkan pendidikannya ke tingkat SMA ke Singapura.

Nadim Makarim dikenal sebagai sosok yang begitu mandiri di mata keluarganya. Terbukti, saat tahun 2002 tepatnya ketika lulus SMA, beliau memilih untuk melanjutkan kuliah di Amerika Serikat. Nadim memilih jurusan yang cukup bergengsi yaitu hubungan internasional di Brown University. Hebatnya lagi, selama berkuliah dirinya pun sempat mengikuti pertukaran pelajar.

Saat itu, beliau mengikuti program foreign exchange di London School of economics selama kurang lebih setahun. Setelah lulus sarjana, Nadim pun melanjutkan program masternya. Kala itu, beliau memilih melanjutkan studinya nya di Harvard Business School. Lagi-lagi Nadim menorehkan prestasinya dengan memperoleh gelar MBA dari studinya tersebut.

Kehidupan Pernikahan

Kini Nadim Makarim pun sudah tidak sendiri. Beliau akhirnya melabuhkan hatinya pada seorang wanita cantik yang ia pilih menjadi istrinya. Diketahui istri dari pendiri Gojek tersebut bernama Franka Franklin.

Keduanya melangsungkan pernikahan sekitar tahun 2014 lalu. Dari pernikahannya tersebut, keduanya diketahui telah memiliki satu orang putri bernama Solara Franklin Makarim. Uniknya, baik Nadim dan istrinya ternyata punya perbedaan keyakinan.

Nadim Makarim dari lahir memang beragam islam. Sementara Franklin istrinya merupakan penganut agama Kristen yang taat. Namun keduanya membuktikan jika perbedaan lah yang malah membuat sesuatu menjadi lebih indah. Terbukti dengan pernikahan mereka yang bisa lenggeng hingga sekarang.

Perjalanan Karier Dan Bisnis Yang Dibangun Olehnya

Nadim Makarim (Foto: Go-jek)

Selanjutnya adalah soal perjalanan karir dan bisnis. Jadi setelah lulus bergelar MBA, Nadim tidak langsung mengelola bisnis. Beliau nyatanya juga pernah beberapa kali bekerja di perusahaan. Sampai akhirnya membuka bisnis sendiri, bahkan saat ini menjadi salah satu jajaran menteri. Berikut perjalanan karir dan bisnis yang dijalani oleh seorang Nadim

1. Bekerja Di McKinsey & Co 

Setelah lulus dan mendapat gelar MBA, Nadim Makarim memilih untuk kembali ke Indonesia. Kala itu beliau langsung diterima menjadi konsultan manajemen di perusahaan Mckinsey & Company. Beliau bekerja di tempat tersebut selama lebih kurang tiga tahun. Namun kemudian Nadim memilih untuk resign.

2. Menjadi Co-Founder Dan Managing Director Di Zalora Indonesia

Menjadi seorang konsultan manajemen, tidak membuatnya cukup puas. Setelah resign dari pekerjaan sebelumnya, Nadim diketahui bekerja di Zalora sekitar tahun 2011 hingga 2012. Kala itu, langsung menduduki jabatan sebagai Co-Founder dan Managing Director.

Sayangnya tahun 2012, Nadim memilih resign kembali. Menurutnya pengetahuan yang ia peroleh dari bekerja di Zalora sudah cukup untuk membangun bisnis sendiri. Setelah keluar dari Zalora inilah, pelan-pelan Nadim mulai membangun startup Gojek. 

3. Sempat Bekerja di Kartuku

Keluar dari Zalora, Nadim pun mencoba untuk bekerja di Kartuku. Di sana ia menghabiskan waktu untuk menggali ilmu Selama setahun yaitu dari tahun 2013 hingga tahun 2014. Pekerjaan ini dilakoninya sambil menjalankan bisnis Gojek yang juga baru dirintis olehnya. Sebagai informasi “Kartuku” merupakan salah satu sistem pembayaran non tunai di Indonesia.

Pada awal-awal berdiri dulu Kartuku sempat booming. Hal ini karena kala itu hampir tidak ada kompetitor lain seperti saat ini. Setelah banyak bermunculan kompetitor, Kartuku mulai sepi peminat. Sampai akhirnya kini diakuisisi sendiri oleh Gojek menjadi Gopay.

4. Berhasil Mengembangkan Gojek

Tepatnya pada tahun 2010, Gojek resmi didirikan sendiri oleh Nadim. Menurut beberapa sumber menyebutkan, jika kini Gojek sudah masuk dalam salah satu dari 19 deacorn di dunia. Awal berdiri Gojek ini merupakan pelayanan call centre. Lingkup pelayanan hanya pengiriman barang serta ride hailing dengan motor.

Kini, Gojek telah berubah banyak dengan menyediakan lebih dari 20 pelayanan. Sekaligus membawa Gojek menjadi bisnis dengan valuasi mencapai USD 10 miliar. Atas prestasinya ini, Nadim bahkan masuk dalam 150 orang terkaya di Indonesia versi majalah Globe Asia. Dengan total kekayaan mencapai US 100 juta.

5. Menjadi Salah satu Menteri Pada Kabinet Indonesia Maju

Karir puncak Nadim Makarim adalah ketika dirinya terpilih menjadi salah satu jajaran menteri yang ditunjuk langsung oleh presiden Jokowi. Atas keputusan tersebut, Nadim pun akhirnya mengundurkan diri dari Gojek. Tepatnya tanggal 23 Oktober 2019, presiden Joko Widodo secara resmi mengangkatnya sebagai menteri pendidikan dan kebudayaan.

Baca Juga: Daftar Startup Terbaik dan Terbesar di Indonesia Bergelar Unicorn

Baca Juga: Bahas Tuntas Potensi Startup di Indonesia saat ini

Prestasi Terbaik, Masuk Majalah Time

Prestasi yang kini telah diraih oleh Nadim memang semua termasuk membanggakan. Namun, selain dirinya yang berhasil masuk dalam jajajaran kabinet menteri, baru-bari ini Nadim pun kembali menorehkan prestasi terbaiknya. Prestasi tersebut adalah namanya yang masuk dalam majalah “Time” sebagai salah satu orang yang paling berpengaruh di dunia.

Fakta tersebut dikutip dari laman resmi majalah “Time”, tepatnya tanggal 14 November 2019. Majalah Time sendiri telah merilis 100 orang yang berkontribusi dalam membentuk masa depan dunia bisnis, olahraga, kesehatan, dan lainnya. Istimewanya, nama Nadim Makarim terbukti tercantum dalam daftar 100 orang tersebut.

Pada daftar tersebut, Nadim ditempatkan dalam kategori leaders atau pemimpin. Bersanding dengan menteri lingkungan hidup jepang Shinjiro Quesada, serta beberapa pemimpin muda lainnya. Sebagai informasi, selain kategori pemimpin, majalah time juga merilis daftar nama-nama influencer di kategori artis, tokoh fenomenal, penemu, maupun kalangan pengacara.

Telah banyak diketahui, jika Nadim telah resmi keluar dari Gojek, dan memenuhi permintaan Presiden Jokowi untuk menjadi menteri. Pada kabinet Jokowi-Ma’ruf Amin tersebut, Nadim diberi wewenang sebagai menteri pendidikan dan kebudayaan sampai 5 tahun mendatang. Jabatan inilah yang membuat dirinya dianggap sebagai pemimpin masa depan ekonomi terbesar ke-16 dunia.

Wakil Direktur Center For Strategic and International Studies, Brian Harding mengungkapkan jika Nadim mampu membawa anak muda berjiwa wirausaha dalam kabinet. Daftar orang berpengaruh menurut Time saat ini didominasi oleh tokoh usia muda. Membuat Nadim yang berusia 35 tahun cukup layak untuk masuk dalam daftar tersebut.

Itulah sekilas tentang seorang Nadim Makarim. Pendiri sebuah Startup yang sukses di Indonesia yaitu Gojek. Bagi yang penasaran tentang beliau, artikel ini mungkin bisa menjadi bahan informasi.

Continue Reading

Entertainment

Sepak Terjang Perjalanan Karier Sulli Eks f(x) Hingga Akhir Hayatnya

Sulli was a member of the girl group f(x). 
Han Myung-Gu/WireImage/Getty Images

Berita duka datang dari dunia hiburan Korea Selatan. Pasalnya aktris sekaligus penyanyi asal Korea, Choi Jin-ri atau yang lebih dikenal dengan nama Sulli ditemukan meninggal dunia.

Sebelum meninggal, Sulli sempat menjalin kontak telepon dengan sang manajer pada Minggu (13/10/2019) pukul 18.30 waktu setempat.

Namun keesokan harinya, sang manajer akhirnya memutuskan untuk menghampiri rumah Sulli karena tak kunjung mendapat jawaban saat meneleponnya.

Pada saat itu juga, manajer menemukan Sulli sudah tidak bernyawa di lantai dua rumah sang artis di kawasan Seongnam, Provinsi Gyeonggi, Seoul Selatan, Senin (14/10/2019) sekitar pukul 15.21 waktu setempat.

Pihak kepolisian Seongnam saat ini masih menginvestigasi kasus meninggalnya Sulli. Dugaan sementara, Sulli meninggal karena bunuh diri.

Berita duka tersebut tentu mengejutkan banyak pihak. Tak hanya keluarga, penggemar hingga rekan artisnya yang lain pun juga sangat merasa kehilangan.

Bagaimana tidak? Sehari sebelum meninggalnya, Sulli masih melakukan syuting iklan dan juga tampil sebagai cameo di drama hits ‘Hotel del Luna’. Bahkan belum lama ini, Sulli juga menggunggah video di akun Instagram pribadinya, @jelly_jilli.

Wanita yang masih menginjak usia 25 tahun ini, dikabarkan mengakhiri hidupnya karena depresi berat. Sulli kerap kali mendapat komentar negatif atau di-bully banyak orang.

Meski memiliki kehidupan yang cukup berat, Sulli sendiri dapat dikatakan memiliki karier yang cemerlang. Sulli telah mencatatkan banyak sekali karya, mulai dari sebagai penyanyi, aktris, hingga model iklan.

Kali ini, Income.id ingin merangkum perjalanan karier Sulli, mulai dari debutnya hingga akhir hayatnya, seperti dirangkum dari berbagai sumber:

Debut Sebagai Aktris Cilik

image: ©SBS

Sulli lahir pada tanggal 29 Maret 1994 di Kota Yangsan, provinsi Gyeongsang Selatan, Korea Selatan. Tapi sejak kecil ia adalah seorang warga Busan.

Nama asli Sulli adalah Choi Jin Ri. Jinri itu sendiri artinya adalah kebenaran. Sulli merupakan putri tunggal dari keluarganya, ia memiliki dua saudara yang lebih tua.

Sejak kecil, ia sudah tertarik menjadi aktris. Hal ini membuat sang ibu akhirnya mendaftarkan Sulli ke sekolah akting.

Bahkan demi mendukung karier sang anak, keluarga Sulli sampai rela pindah ke Seoul pada tahun 2004. Ketika itu, Sulli masih duduk di kelas 4 Sekolah Dasar.

Tak sia-sia, setahun setelah pindah ke Seoul, yaitu pada tahun 2005, ketika Sulli duduk di kelas 5 Sekolah Dasar, Sulli mendapatkan peran pertamanya sebagai putri Sun-Hwa, karakter utama versi muda dalam drama SBS berjudul ‘The Ballad of Seodong’. Penampilannya kala itu mendapat cukup perhatian dari banyak orang karena parasnya yang sangat cantik.

‘The Ballad of Seodong’ merupakan drama yang dibintangi oleh Jo Hyun-Jae, Lee Bo-Young, dan Ryu Jin. Drama ini tayang di SBS pada 5 September 2005 hingga 21 Maret 2006.

Drama ini didasarkan pada lagu rakyat tertua di Korea yang ditulis oleh Seodong, rakyat jelata yang mengagumi kecantikan Putri Seonhwa, putri dari Raja Jinpyeong dari Kerajaan Silla.

Selain mendapatkan peran di drama ‘The Ballad of Seodong’, Sulli juga menjadi pemeran pendukung dalam drama SBS lain berjudul ‘Love Needs a Miracle’.

Pada 2006, ia menjadi pemain pendukung dalam drama teater ‘Vacation’. Drama teater ini merupakan serial yang dibintangi oleh member TVXQ pada tahun 2006 silam. ‘Vacation’ merupakan drama 4 episode dengan cerita yang berbeda tiap episodenya.

Dalam drama ini, Sulli mucul di episode 4 yang berjudul Eternal. Ia beradu akting dengan Yoochun sebagai gadis kecil dari masa lalu yang sangat dicintainya.

Trainee SM Entertainment dan Tetap Akting

Image: ©SM Entertainment

Setelah debut sebagai seorang aktris cilik yang menawan, Sulli berkeinginan untuk debut sebagai seorang penyanyi. Sulli pun mulai belajar musik dan melanjutkan pendidikan di Seoul Performing Arts High School.

Sulli kemudian juga mengikuti audisi di SM Entertainment dengan menyanyikan lagu milik group girl S.E.S berjudul ‘Chingu (Friend)’.

Berkat kerja kerasnya, Sulli dinyatakan lolos audisi dan diterima menjadi trainee SM Entertainment. Sulli pun pindah ke asrama dan berbagi kamar dengan Taeyeon SNSD serta Tiffany Girl’s Generation hingga 2007.

Meski sedang trainee, Sulli tetap aktif di dunia akting. Namun kini tak hanya membintangi drama, Sulli kerap menjajal peruntungan di drama city (kumpulan drama pendek yang hanya memiliki satu episode dengan cerita berbeda) dan film layar lebar.

Sulli mendapat peran kecil dalam film Punch Lady dan drama city berjudul ‘The Flower Girl is Here’ (2007) serta film Babo (2008).

Sulli menjalani masa training yang cukup panjang. Ia menjalani kehidupan sebagai trainee setidaknya selama 4 tahun sebelum akhirnya debut.

Debut Bersama f(x)

Pada tahun 2009, Sulli bersama dengan 4 kawannya, yakni Amber, Victoria, Cyrstal Jung, dan Luna sama-sama debut sebagai girlband f(x) yang diproduksi SM Entertainment, dengan lagu perdana ‘La Cha Tha’.

Dalam masa debut ini, ia mendapat banyak perhatian dari penggemar. Wajah cantik dan kemampuan menyanyi yang cukup mumpuni, membuat Sulli dengan cepat menjadi idola banyak orang.

Meski telah menjadi penyanyi, Sulli tetap terjun di dunia akting. Ia memerankan drama populer berjudul ‘Oh! My Lady’ yang tayang di SBS pada 22 Maret hingga 11 Mei 2010.

Dalam drama yang dibintangi sejumlah aktor dan aktris ternama Korea, seperti Chae Rim, Choi Siwon, dan Park Han Byeol ini, Sulli tampil sebagai cameo di episode pertama dan menjadi partner runaway Siwon.

Drama ini merupakan komedi romantis seorang bintang top dan manajernya yang berusia 35 tahun. Sang manajer berusaha mendapatkan uang untuk memperoleh hak asuh atas anaknya.

Selanjutnya, Sulli juga membintangi sitkom Korea yang berjudul ‘Welcome To The Show’. Sitkom yang tayang pada 2011 silam ini, merupakan sitkom yang menunjukkan bagaimana kehidupan di balik layar peran idol, penyanyi, manajer, dan produser acara Inkigayo.

Dalam drama ini, Sulli muncul sebagai dirinya sendiri. Ia beradu peran dengan Im Seulong dan Nichkhun 2PM.

Lalu, Sulli juga tampil di film dokumenter SM Entertainment yang berjudul I Am.

Pada 2012, popularitas Sulli semakin menanjak usai membintangi drama ‘To The Beautiful You’, yang mana saat itu ia menjadi peran utama dan beradu akting dengan Minho SHINee.

Bahkan berkat drama ini, ia berhasil mendapat penghargaan New Star Award dalam ajang SBS Drama Award tahun 2012 silam.

Drama ini sendiri merupakan versi korea dari drama Jepang ‘Hana Kimi’ atau yang berjudul lengkap ‘Hanzakari no Kimitachi e’.

Dalam drama ini, Sulli berperan sebagai Koo Jae Hee, seorang wanita yang menyamar menjadi seorang laki-laki. Ia pun bersekolah dan tinggal di asrama pria untuk membantu seorang atlet favoritnya yang diperankan oleh Minho SHINee.

Setelah membintangi drama tersebut, ia muncul dalam sejumlah judul film, seperti The Pirates (2014) dan Fashion King (2014).

Sulli Keluar f(x) dan Diterpa Skandal

©Instagram/jelly_jilli

Sementara itu, di tahun 2014 juga, f(x) merilis album baru dengan konsep yang seksi dan misterius. Album tersebut berjudul Red Light. Sayangnya, selama kegiatan promosi untuk album Red Light ini Sulli harus hiatus panjang, yaitu hingga 14 bulan hingga di tahun 2015.

Setelah cukup lama hiatus, SM Entertainment pun mengumumkan bahwa Sulli telah hengkang dari grup yang membesarkan namanya. Pihak agensi menyatakan bahwa Sulli ingin fokus pada karier beraktingnya.

Ada berbagai macam alasan ia keluar dari girlband yang cukup membesarkan namanya, Sulli memutuskan hengkang dari grup dengan alasan ingin fokus di dunia seni peran dan karena jadwal syuting yang sangat padat.

Sulli juga mengatakan lelah dengan kabar miring yang menerpanya, khususnya gosip dirinya yang berpacaran dengan Choiza.

Sementara alasan lainnya adalah ia mengalami penyakit mental setelah mendapat serangan komentar dan rumor daring yang berbahaya dari warganet.

Alasan Sulli hengkang dari f(x) dianggap tak masuk akal oleh warganet atau beberapa penggemar. Sejak itu, Sulli pun punya banyak haters.

Dalam perjalanan karier pasca keluar dari f(x), Sulli juga banyak dikabarkan tersandung banyak kontroversi, salah satunya ketika ia tidak sengaja memperlihatkan buah dada saat live streaming. Saat itu, Sulli disinyalir sedang mabuk, sehingga tidak sadar bajunya tersingkap.

Sulli juga makin menghadapi cercaan karena beradegan intim di film Real (2017), bersama Kim Soo Hyun.

Sederet Prestasi Sulli

Meski begitu berat kehidupannya, Sulli tetap tak peduli dengan haters-nya. Ia bahkan tetap merangkai prestasi dengan caranya sendiri.

Pada 2018, setelah cukup sukses dengan kariernya sebagai entertainer, Sulli juga melebarkan sayapnya dengan mendirikan sebuah bisnis bernama Jinri Store. Kabar bahagia ini dibagikannya melalui akun Instagram pribadinya.

Ia mengunggah sebuah foto yang menunjukkan kartu namanya. Dalam kartu nama tersebut ia diketahui menjadi CEO dari unit bisnis yang bernaung di bawah SM Entertainment tersebut.

Selain itu, Sulli juga terpilih menjadi model kosmetik ternama dunia, Estee Lauder. Pesona Sulli dianggap cocok untuk mencerminkan serangkaian kosmetik dan perawatan terkenal dunia itu.

Sulli pun mendapatkan banyak pujian dari penggemar dengan penampilannya. Di akun Instagram milik Sulli, sang artis disebut sangat cantik.

Baca Juga: Demam Film Joker Merajalela, Ini Fakta Menarik yang Harus Kalian Tahu

Beberapa dari mereka juga memberikan dukungan kepada Sulli, yang masih terus menghadapi haters.

Pada Maret 2019, Sulli terpilih tampil untuk sampul majalah Cosmopolitan Korea. Dalam pemotretan, Sulli terlihat cantik dengan rambut panjangnya.

Dalam pemotretan tersebut, Sulli membicarakan bagaimana kehidupannya sekarang ini. Ia mengaku sedang menikmati waktu santai sambil beristirahat dan mulai belajar menari.

Sulli bahkan mengakui bahwa dengan dirinya yang baru ini, ia mengharapkan orang lain akan menganggapnya sebagai wanita yang percaya diri.

Tapi tampaknya pernyataan Sulli soal keinginannya untuk disebut sebagai wanita percaya diri mendapat banyak tanggapan dari warganet. Sayangnya, warganet justru melontarkan komentar negatif terhadap tanggapan tersebut.

Pada Juni 2019, Sulli meluncurkan single solo berjudul ‘Goblin’. Lagu ini menceritakan penderitaan sosok yang mengalami gangguan kejiwaan. Dalam video klipnya, digambarkan seseorang dengan gangguan kesehatan mental yang memiliki tiga kepribadian berbeda.

Tahun 2019 merupakan tahun yang sibuk bagi Sulli. Ia disibukkan dengan sejumlah kegiatan solonya. Salah satunya, menjadi panel dalam talk show baru bertajuk ‘Night of Hate Comments’.

Sulli juga muncul dalam drama sukses tahun ini, Hotel Del Luna. Dalam drama yang diperankan oleh IU, sang sahabat, Sulli berperan sebagai Jang Ji Eun. Ia muncul di episode 10.

Kemunculan Sulli dalam drama ini pun sempat menjadi perbincangan publik. Drama ini memang menampilkan banyak aktor dan aktris ternama sebagai cameo.

Itulah perjalanan karier Sulli, mulai dari debut sebagai aktris cilik, menjadi Trainee SM Entertainment, debut bersama f(x), menjadi pemeran utama, dan sukses bersolo. Sangat banyak ya pelajaran positif yang bisa kita ambil.

Selamat jalan, Sulli. Karyamu tak akan pernah hilang ditelan waktu dan akan selalu dikenang!

Continue Reading

TOP STORIES