Connect with us

Kerja

Syarat Membuat NPWP untuk Melamar Kerja serta Keperluan Lainnya

Syarat Membuat NPWP Untuk Melamar Kerja

Mungkin istilah NPWP tidak terdengar asing, namun ternyata belum banyak yang tahu apa itu sebenarnya NPWP dan apa keuntungan  memiliki kartu NPWP. Terlebih saat ini tidak sedikit perusahaan yang mengharuskan calon karyawannya untuk memiliki NPWP. Dalam artikel ini akan secara lengkap menjelaskan mengenai seluk beluk serta syarat membuat NPWP untuk melamar kerja.

Pengertian Dasar NPWP

Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) ialah sebuah nomor yang diberikan kepada setiap wajib pajak sebagai suatu sarana administrasi perpajakan  untuk memenuhi kewajiban dalam membayar pajak. NPWP berfungsi sebagai identitas diri yang mana setiap warga masyarakat hanya akan memiliki satu NPWP saja. Sehingga dengan adanya kartu ini akan memudahkan dalam pembayaran dan pengawasan terhadap setiap wajib pajak.

Semua warga Indonesia diharuskan membayar pajak, yang mana seluruh dana hasil pembayaran tersebut akan digunakan untuk mensejahterakan rakyat juga. Oleh karenanya dengan memiliki kartu NPWP masyarakat telah memenuhi kewajiban untuk taat membayar pajak.

Syarat dan Cara Membuat NPWP untuk Berbagai Keperluan

Secara umum syarat untuk mengurus NPWP dibagi menjadi beberapa. Yakni NPWP untuk pribadi, syarat NPWP pemilik usaha atau NPWP bagi wanita kawin. Untuk lebih jelasnya mari simak pembahasan di bawah ini agar tidak keliru nanti saat akan berencana membuat NPWP:

1. Syarat Membuat NPWP Pribadi

NPWP pribadi adalah NPWP yang dibuat secara pribadi atau perorangan. Seseorang dapat mengajukan meskipun tidak bekerja atau belum memiliki pekerjaan. Pengajuan dapat dilakukan secara online atau offline. Prosesnya juga tidak sulit, hanya perlu mengisi formulir yang disediakan. Sebelum berniat mencari kerja, silahkan penuhi syarat membuat NPWP untuk melamar kerja seperti di bawah ini:

  • Fotocopy KTP (Warga Negara Indonesia )
  • Copy Paspor / KITAS (Kartu Izin Tinggal Terbatas ) / KITAP (Kartu Izin Tinggal Tetap ) untuk warga Negara asing.
  • Fotocopy keterangan kerja dari perusahaan bagi yang telah memiliki pekerjaan.

2. Syarat NPWP Wiraswasta Atau Pemilik Usaha

Bagi pemilik usaha juga diwajibkan untuk mengurus NPWP. Ada banyak keuntungan bagi seorang apabila memiliki NPWP. Diantaranya adalah usaha terlihat lebih terpercaya, mudah menjalin kerjasama dengan perusahaan lain, mudah dalam mengajukan pinjaman ke bank, mendapatkan keringanan membayar pajak penghasilan dan banyak lagi lainnya. Mengenai syarat, berikut ini beberapa dokumen yang dibutuhkan:

  • Fotocopy KTP pemilik usaha
  • Memberikan surat keterangan usaha paling tidak dari kelurahan.
  • Mengisi formulir usaha dilengkapi dengan materai 6000
  • Datang ke kantor pajak dan mengisi formulir pendaftaran. Proses ini tidak dapat diwakilkan.

3. Syarat Mengurus NPWP Wanita Kawin

Sebenarnya dalam satu keluarga hanya diwajibkan memiliki satu NPWP, namun diperbolehkan bagi seorang wanita menikah memperoleh nomor pajak apabila memenuhi syarat antara lain hidup terpisah dengan suami berdasar putusan pengadilan, terdapat perjanjian pemisahan penghasilan dan harta, memiliki keinginan memenuhi kewajiban terlepas dari hak kewajiban perpajakan suami. Nah untuk syarat membuatnya adalah sebagai berikut:

  • Fotocopy NPWP suami
  • Fotocopy NPWP keluarga
  • Menyertakan foto copy surat perjanjian pemisahan penghasilan dan harta atau menyertakan surat pernyataan menghendaki hak perpajakan terpisah dari hak perpajakan suami.
  • Fotokopi surat keterangan kerja dari perusahaan atau SK PNS

Tahapan Mengurus NPWP

Pada dasarnya syarat membuat NPWP untuk melamar kerja atau keperluan lainnya tidaklah sulit. Terlebih saat ini pemerintah tengah memudahkan dengan memfasilitasi pengajuan NPWP melalui online. Jadi tidak ada alasan untuk tidak membuat nomor pajak. Dibawah ini beberapa tahapan pembuatan pengajuan nomor pajak:

1. Meminta Surat Keterangan Dari Kelurahan

Tahap pertama yakni mendatangi kantor kelurahan untuk meminta surat keterangan. Proses ini dibutuhkan untuk mengurus melalui jalur online atau offline. Jangan lupa untuk mempersiapkan dokumen pendukungnya seperti KTP dan lain-lain.

2. Membuat Secara Online Lebih Mudah

Untuk efisiensi waktu tidak ada salahnya mendaftar secara online. Apabila semua syarat telah terpenuhi silahkan kunjungi website resmi kantor pajak di www.ereg.pajak.go.id lalu pilih e-registration. Nantinya akan ada pengarahan yang selanjutnya diminta untuk mengisi formulir.

3. Periksa Kotak Email

Selepas mengisi formulir di website pajak, nantinya kantor pajak akan mengirimkan notifikasi melalui email. Di dalamnya tertera nomor transaksi lengkap beserta KPP (Kantor Pajak Pratama) terdekat yang akan menerbitkan kartu pajak.

4. Menunggu Pengajuan Diterima

Proses pembuatan NPWP akan segera selesai. Dalam waktu kurang lebih 14 hari nantinya pihak Ditjen pajak akan mengirimkan notifikasi melalui email yang mana di dalamnya akan tertera diterima atau tidaknya pengajuan tersebut. Apabila pengajuan tidak disetujui kemungkinan besar terdapat salah satu dokumen yang belum dilengkapi.

Baca juga: Cara Daftar Kerja di Indomaret yang Perlu Diperhatikan

5. Mengambil NPWP di KPP Terdekat

Langkah terakhir apabila pengajuan telah disetujui adalah mengambil nomor NPWP di kantor KPP terdekat. Yakni dengan mencetak dokumen yang dikirim melalui email yang untuk selanjutnya akan dicetak oleh KPP. Terkadang ada beberapa yang ditolak saat mengambil nomor karena perbedaan domisili, namun jangan bingung tinggal sesuaikan dengan domisili yang telah didaftarkan.

Membayar pajak adalah kewajiban setiap warga masyarakat, dengan mengetahui syarat membuat NPWP untuk melamar kerja diharapkan mampu membantu bagi siapa saja yang berniat mencari pekerjaan. Tidak hanya untuk pelamar kerja namun juga pemilik usaha dan wanita kawin juga dapat membuat dengan proses yang tidak sulit tentunya.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kerja

Begini Cara Email Lamaran Kerja yang Baik dan Benar:

Cara Email Lamaran Kerja

Di era digital dan serba online saat ini, melamar kerja bisa dilakukan secara online. Maka saat akan memasukkan lamaran harus memahami cara email lamaran kerja dengan benar. Adapun cara pengiriman lewat email sama prosedurnya jika melamar lamaran kerja ke alamat kantor. Hanya saja pengiriman email dilakukan dengan bantuan internet dan langsung masuk pada saat itu juga.

Sehingga surat lamaran yang dikirim pelamar akan lebih cepat terproses. Selain itu juga, berkirim via email lebih praktis dan efisien. Namun, pelamar kerja harus memperhatikan beberapa hal penting dalam melamar kerja.

1. Mempersiapkan Dokumen yang Akan Digunakan

Pada saat akan melamar kerja via email maka harus menyediakan dokumen yang berkaitan dengan persyaratan kerja. Dan lakukan pengecekan dokumen apakah sudah sesuai dengan kriteria yang diberikan oleh perusahaan penerima lamaran kerja.

Adapun dokumen yang dibutuhkan saat akan mengirim email lamaran kerja yaitu sebagai berikut :

  • Surat lamaran kerja harus ditulis dengan bahasa formal dan susunan yang benar.
  • Melampirkan CV yang menarik serta tersusun dengan baik.
  • Ijazah pelamar yang harus di scanner.
  • Adanya daftar nilai yang di scan.
  • Terdapat kartu identitas pelamar.
  • Jika perusahaan meminta bukti sertifikat, maka sediakan berupa scan sertifikat. Seperti TOEFL, pelatihan, pengalaman kerja yang dimiliki.
  • Pas foto diri yang sudah di scan.
  • Memastikan ukuran file secara benar, tidak terlalu rendah atau terlalu tinggi kualitasnya.
  • Tidak perlu mengedit atau merubah file asli saat mengirimkan.
  • Teliti kembali format file sesuai yang diminta perusahaan seperti doc, jpeg atau pdf.

Itulah beberapa dokumen yang harus dipersiapkan dan pastikan kembali agar dokumen lengkap serta berupa scan. Sehingga ketika mengirimkan via email, dokumen tersebut bisa dilihat dan dibuka sesuai format.

2. Gunakan Alamat Email yang Jelas

Cara email lamaran kerja yaitu dengan memiliki akun email dengan alamat yang jelas dan tidak membingungkan. Alamat email bisa dibuat berdasarkan nama panjang . hindari untuk menggunakan email dengan nama alias atau kata tambahan lain pada email. Hal ini dilakukan agar perusahaan melihat keseriusan pelamar dan memudahkan perusahaan dalam melihat data pelamar.

Jika pada saat melamar belum memiliki email sesuai nama, maka pelamar harus segera membuatnya. Bisa via domain email apa saja, seperti Gmail milik Google ataupun Ymail milik Yahoo. Adapun tata cara membuat akun email di kedua domain tersebut sangat mudah. Membuka halaman Gmail atau Ymail, kemudian pilih daftar dan ikuti instruksi selanjutnya hingga selesai.

3. Gunakan Standar Pengiriman

Pada saat akan mengirim email maka harus memperhatikan standar pengiriman dengan format yang sesuai. Yaitu nama penerima email yang akan dituju, cc penerima, subjek, isi email kemudian lampiran yang benar.

Tuliskan nama penerima dengan memperhatikan format yang benar apabila ada syarat dari perusahaan penerima kerja. Dan tulislah cc yang disesuaikan dengan permintaan perusahaan saat akan mengirim email lamaran kerja. Berikan pula subject yang jelas sebagai pelamar dan posisi yang akan dipilih untuk masuk sebagai pelamar kerja.

Pada badan email, berikan kalimat pengantar terlebih dahulu seperti salam pembuka dan penjelasan pengiriman email dengan singkat. Masukkan dokumen dengan melampirkan attachment pada badan email. Kemudian lakukan ceking kembali apakah format sudah lengkap dan sesuai kemudian segera kirim email lamaran kerja.

4. Perhatikan Waktu Pengiriman Email

Cara email lamaran kerja yang harus diperhatikan selanjutnya yaitu waktu untuk mengirimkan email. Hal ini perlu diperhatikan oleh pelamar agar email yang dikirim mendapat tanggapan atau respon segera. Pada saat pengiriman disarankan untuk mengirimkan email di jam kerja yaitu pukul 09.00-12.00 atau 13.00-16.00.

Memilih menggunakan jam kerja pada saat pengiriman email menunjukkan bahwa pelamar mengikuti standar waktu .Dan keseriusannya dalam mengirim dokumen untuk melamar kerja. Serta diharapkan perusahaan segera merespon cepat, karena pada saat jam kerja tentu bagian penerimaan kerja akan mengecek email yang masuk secara menyeluruh.

Itulah kenapa seorang pelamar kerja dituntut untuk memahami waktu pengiriman dan mengecek isi dari email sebelum dikirimkan. Pada saat email sudah terkirim artinya tidak ada kesempatan kembali untuk memperbaiki, karena email pertama yang dianggap benar.

Baca juga: Syarat Membuat NPWP untuk Melamar Kerja serta Keperluan Lainnya

5. Perhatikan Email Perusahaan dan Ketentuan Lainnya

Pentingnya saat melakukan email melamar kerja yaitu dengan memperhatikan email lamaran yang dikirim ke perusahaan. Email perusahaan ini sangat penting ibarat suatu hal yang dituju. Jika pengiriman lewat alamat biasa tentunya ada sedikit kesalah menulis alamat maka surat tidak akan sampai.

Berbeda saat mengirim email lamaran kerja, jika salah alamat email dan tidak terkirim ke perusahaan justru terkirim ke alamat email lain. Atau dianggap tidak terkirim, namun pelamar tidak bisa mengecek langsung kecuali membuka kotak terkirim dan melakukan cek ulang apakah sudah benar. Maka pastikan email perusahaan tersebut secara baik dan benar agar tidak terjadi kesalah kirim email lamaran kerja.

Dengan memahami cara email lamaran kerja secara menyeluruh, diharapkan pelamar bisa mengirim lamaran kerja dengan baik dan benar. Selanjutnya jika email lamaran sudah diterima perusahaan amak pelamar tinggal menunggu jawaban diterima atau tidaknya lamaran tersebut. Maka buatlah lamaran kerja sesuai prosedur dan kirimkan dengan email secara benar.

Continue Reading

Kerja

Cara Daftar Kerja di Indomaret yang Perlu Diperhatikan

Cara Daftar Kerja di Indomaret

Bagi para pencari kerja, mencari informasi sangat penting dilakukan, salah satunya info lowongan kerja Indomaret. Dan ada beberapa cara daftar kerja di Indomaret yang bisa dilakukan. Apalagi saat ini merupakan era digital yang serba online. Maka melamar kerja bisa dilakukan secara online dengan memperhatikan syarat serta ketentuan yang berlaku.

Ada beberapa hal yang perlu dipahami pula saat akan melamar kerja, tentang tempat kerja tersebut dan hal yang harus disiapkan. Sehingga saat melamar kerja di Indomaret dapat diterima dengan baik.

Tentang Waralaba Indomaret

Indomaret merupakan waralaba terbesar yang ada di Indonesia dengan memiliki banyak cabang tersebar di semua daerah di Indonesia. Waralaba ini bergerak pada bidang jasa serta penjualan yang menyediakan kebutuhan sehari-hari. Sehingga Indomaret dikenal dengan istilah teman perjalanan.

Adanya waralaba Indomaret sering dijumpai saat melakukan perjalanan darat sehingga orang-orang tidak asing lagi melihatnya. Banyaknya cabang Indomaret yang tersebar tentu membutuhkan karyawan dalam jumlah yang besar guna memenuhi beberapa posisi karir. Oleh karena itu, Indomaret membuka lowongan pekerjaan.

Dengan melihat panduan yang diberikan seorang pelamar kerja bisa segera memasukkan persyaratannya. Inilah syarat yang harus dipenuhi jika ingin menjadi karyawan di Indomaret.

Syarat Daftar Kerja di Indomaret

Cara daftar kerja di Indomaret bisa dengan memperhatikan syarat serta ketentuan yang ditetapkan oleh Indomaret. Adapun syarat-syarat untuk melamar kerja di Indomaret bisa dengan memperhatikan hal berikut ini :

  • Untuk posisi karir sebagai kasir, wanita berumur maksimal 23 tahun, minimal lulusan SMA sederajat. Berstatus belum menikah, jujur, memiliki penampilan menarik dan tinggi minimal 155 cm.
  • Bagi posisi karir Pramuniaga syaratnya yaitu, pria, usia maksimal 24 tahun. Dan minimal lulusan SMA sederajat, belum menikah, tidak memiliki tato, sehat fisik dengan tinggi minimal 160 cm.
  • Untuk melamar kerja sebagai MD, syaratnya laki-laki atau perempuan dan syarat lain seperti mendaftar kasir atau pramuniaga. Namun harus lulusan minimal D1/D2/D3 serta bisa melakukan pengoperasian komputer.

Dengan memahami syarat apa saja untuk melamar di Indomaret, maka harus dipahami pula yang ditawarkan  Indomaret kepada karyawannya. Pemberian tersebut berupa fasilitas untuk karyawan seperti gaji sesuai UMK, mendapatkan THR bahkan dana pensiunan.

Adanya lembur, pemberian jenjang karir, kenaikan gaji secara berkala serta diberikan tunjangan BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan juga diberikan Indomaret. Selanjutnya bisa mempersiapkan hal penting serta memperhatikan cara mendaftar kerja di Indomaret.

Hal yang Dipersiapkan Serta Cara Daftar Kerja di Indomaret

Saat akan melakukan daftar kerja tentu harus menyediakan berkas lamaran yang diperlukan untuk melamar di Indomaret. Beberapa hal yang harus disiapkan ini menjadi penting salah satunya riwayat hidup yang dibuat pribadi serta sudah di-scan.

Jangan lupa pula mempersiapkan ijazah terakhir dan transkip nilai sesuai jenjang akhir pendidikan. KTP, SKCK, surat keterangan sehat serta mencantumkan pas foto ukuran 4X6 dan semuanya sudah dalam softfile. Pada proses selanjutnya harus memahami cara mendaftar sebagai karyawan Indomaret. Inilah beberapa cara yang bisa dilakukan saat akan melamar kerja di Indomaret:

1. Lakukan Pendaftaran

Dalam melamar pekerjaan tentu harus melakukan pendaftaran sesuai ketentuan yang diberikan oleh Indomaret. Pelamar harus mempersiapkan dokumen guna penunjang lamaran, atau posisi yang akan diambil. Cara awal yaitu bisa dengan mengunjungi situs http://indomaret.co.id/karir/pengajuan-lamaran.html.

Kemudian jika website sudah dibuka, disana akan ada penjelasan penting mengenai prosedur dan tata cara melamar pekerjaan. Untuk bisa diterima sebagai karyawan Indomaret harus memahami kriteria yang ada dan patuhi segala persyaratan. Tentunya juga telah memenuhi kualifikasi dari Indomaret yang dibutuhkan.

2. Cari Informasi Posisi Penempatan Kerja

Pentingnya mencari informasi yang ada pada situs indomaret tersebut akan ada kualifikasi apa saja yang disyaratkan. Serta posisi lamaran kerja yang disediakan oleh Indomaret. Mulai dari kasir. Pramuniaga dan MD.  Dan setiap posisi karir tentu berbeda ketentuan dan syarat yang diberikan Indomaret.

Posisi serta penempatan kerja ini juga bisa dilihat sesuai dengan domisili pelamar di Indomaret. Sehingga memudahkan pelamar untuk bekerja sesuai tempat tinggal terdekatnya. Dan Indomaret menyediakan beberapa fasilitas bagi karyawan bahan hingga pensiun.

Baca juga: Tips Sukses Melamar Pekerjaan di Jakarta

3. Kirim Berkas Via Online

Kemudahan yang diberikan yaitu adanya lamaran yang bisa dikirim secara online. Indomaret menggunakan sistem online agar semakin efektif serta efisien dalam melakukan perekrutan karyawan. Jadi pengiriman berkas sangat praktis, cukup via online.

Adapun berkas yang disiapkan harus sesuai dengan syarat dan jangan lupa untuk di-scan. Jadi saat membuka situs pilihlah form lamaran kerja, kemudian isi sesuai data diri dan scan semua dokumen. Selanjutnya tinggal mengirim berkas yang sudah lengkap dan menunggu pengumuman selanjutnya.

Dengan memahami tata cara daftar kerja di Indomaret, maka bisa menjadi rekomendasi. Sehingga saat membutuhkan pekerjaan bisa langsung mengunjungi website Indomaret. Dan lakukan sesuai prosedur di website tentang melamar jadi karyawan di Indomaret.

Continue Reading

Kerja Sampingan

8 Jenis Pekerjaan Freelance yang Minim Modal Cocok Untuk Mahasiswa

Saat seperti ini mencari sebuah pekerjaan tetap memang tidak mudah. Salah satu solusinya adalah dengan memilih salah satu jenis pekerjaan freelance. Pekerjaan freelance sendiri sangat beragam dan rata-rata tidak membutuhkan modal besar. Apalagi bagi kalangan mahasiswa yang ingin memiliki penghasilan sambil kuliah, ada banyak pilihan kerjaan freelance yang bisa dicoba.

1. Blogger atau Youtuber

Semakin majunya teknologi membuat siapa saja bisa menjadi seorang blogger atau youtuber. Ini merupakan salah satu jenis pekerjaan freelance lho. Pekerjaan ini sangat cocok bagi orang yang memiliki kreatifitas tinggi.

Skill yang dibutuhkan di sini adalah bisa membuat sebuah konten yang berisikan informasi menarik. Konten yang menarik akan menjadi tempat iklan yang memasang produknya. Dari iklan tersebutlah penghasilan akan diraup. Semakin banyak perusahaan yang memasang iklan produk pada konten yang diunggah pada blog atau youtube, semakin banyak penghasilan yang didapatkan blogger dan youtuber tersebut.

2. Penulis Freelance

Selanjutnya ada penulis lepas atau freelance. Ini salah satu pekerjaan yang cukup fleksibel dan memiliki peluang yang bagus juga. Apalagi sekarang jasa penulis sangat dibutuhkan untuk memasarkan produk dari perusahan besar.

Umumnya penghasilan penulis ditentukan dari artikel yang dibuat. Setiap artikel diberi nilai yang berbeda-beda. Bahkan ada yang berani membayar ratusan ribu rupiah untuk satu artikel lho. Bisa dibayangkan jika setiap hari menulis 5 artikel, pasti penghasilannya sangat menggiurkan bukan?

3. Penerjemah

Pekerjaan sebagai penerjemah juga bisa dilakukan secara freelance. Bagi orang yang memiliki kemampuan berbahasa asing sangat disarankan untuk mencoba jenis pekerjaan freelance ini. Penerjemahan selalu dibutuhkan oleh semua kalangan terutama mereka yang sedang menempuh studi.

Banyak juga perusahaan-perusahaan besar yang membutuhkan penerjemah untuk menerjemahkan dokumen-dokumen penting atau menerjemahkan percakapan secara langsung. Fee yang didapatkan bisa sampai jutaan. Bagi penerjemah percakapan biasanya hitungannya per jam. Untuk penerjemah dokumen dilihat dari lembar jadi.

4. Pemandu Wisata

Bagi yang memiliki hobi traveling atau berwisata bisa menggunakan pengalaman perjalanan untuk dijadikan sebagai pekerjaan. Pemandu wisata juga layak dicoba karena keuntungan yang didapatkan cukup banyak.

Selain bekerja, saat melakukan jenis pekerjaan freelance ini pasti tidak akan jenuh karena rasanya seperti jalan-jalan seperti biasa. Hitungan fee biasanya per 24 jam, jadi semakin lama tamu berlibur semakin banyak fee yang didapatkan. Cara yang tepat memulai pekerjaan ini adalah melakukan kerja sama dengan agen travel. Minat mencoba?

5. Desain Grafis

Mengingat sekarang setiap perusahaan membutuhkan website untuk memasarkan produknya, tentu menjadi desain grafis bisa menjadi pekerjaan yang menghasilkan fee cukup banyak. Bagi mahasiswa IT yang menguasai desain grafis sangat wajib mencoba jenis pekerjaan freelance yang satu ini.

Membuka sendiri jasa desain grafis tidak terlalu susah. Awalnya buatlah sebuah portofolio yang menarik, lalu tawarkan kepada perusahaan-perusahaan besar untuk bekerja sama. Hal ini tentu bisa mendatangkan uang bulanan yang cukup besar. Bagi yang tidak memiliki background IT bisa belajar secara otodidak melalui youtube.

6. Fotografer

Pekerjaan yang satu ini juga cukup santai namun tetap menjanjikan. Bagi yang hobi mengambil gambar di sekitar bisa mulai membuka jada fotografi agar hobi yang digeluti bisa menghasilkan rupiah. Sebagai awalan cobalah untuk membangun kerja sama dengan para agen travel.

Namun, melakukan secara mandiri pun juga sangat mungkin kok dilakukan. Asalkan alat tempurnya sudah ada pekerjaan ini bisa langsung dilakukan. Cobalah membuat portofolio dengan bantuan teman-teman. Jadian teman sebagai objek sekaligus sebagai bentuk promosi awal. Yuk dicoba bagi pecinta dunia fotografi.

7. Reseller

Untuk orang yang sukanya belanja atau jualan, menjadi reseller bisa mendatangkan pundi-pundi penghasilan yang lumayan. Cara ini tidak membutuhkan modal besar, yang dibutuhkan hanyalah smartphone yang sudah dimiliki, serta jaringan internet untuk melakukan promosi produk.

Kebutuhan orang ada baragam, jadi banyak barang yang bisa dijual. Misalnya produk kecantikan, fashion, cemilan, dan masih banyak lagi. Semakin lengkap dagangan yang dipromosikan semakin banyak pelanggan yang datang. Pastikan melakukan ini secara konsisten dan tekun untuk mendapatkan hasil maksimal.

8. Guru Privat

Terakhir ada guru les privat. Ini juga masuk dalam pekerjaan freelance yang cukup mudah dilakukan. Bagi yang suka mengajar dan berbagi ilmu pekerjaan ini cocok sekali. Sebagai awalan bisa ikut dalam salah satu bimbel atau bisa juga mendirikan sendiri les privat dengan melakukan promosi melalui sosial media yang sudah ada.

Apalagi disaat seperti ini guru les privat sangat dibutuhkan sebab anak lebih banyak melakukan belajar di rumah. Banyak orang tua yang merasa kesulitan untuk membantu anaknya belajar, jadi peran guru les privat sangat dibutuhkan selama pandemi ini.

Nah, kira-kira dari semua jenis pekerjaan freelance di atas mana yang paling menarik perhatian dan cocok untuk dicoba? Setiap orang tentu memiliki passion masing-masing ya, jadi pilihannya tentu berbeda-beda. Semua pekerjaan di atas hampir tidak membutuhkan modal jadi cocok bagi orang yang minim modal khususnya mahasiswa.

Continue Reading

TOP STORIES