Soft Skill HRD yang Harus Ada dan Dimiliki Staf HRD

Soft Skill HRD

HRD adalah singkatan Human Resource Development. Pekerjaan yang teramat penting dan berdampak langsung ke perusahaan. Mengapa? Karena HRD bertugas merekrut calon dan mengelola karyawan yang bekerja. Seorang HRD handal tidak cuma disokong oleh hard skill saja. Akan tetapi merupakan perpaduan antara hard dan soft skill HRD yang baik dan imbang.

Soft skill sendiri merupakan kemampuan untuk melakukan interaksi sosial, komunikasi, sekaligus mampu beradaptasi dengan baik di kehidupan maupun pekerjaan. Singkatnya, soft skill cenderung pada emosi dan cara memperlakukan orang lain. Keahlian ini harus ada pada HRD karena pekerjaannya bersangkutan langsung dengan para karyawan. Nah, inilah soft skill HRD yang harus ada:

1. Interpersonal dan Good Communication

Sebelumnya, telah dijelaskan bahwa soft skill lebih cenderung pada emosi dan cara memperlakukan orang lain. Maka dari itu, interpersonal dan komunikasi menjadi skill penting untuk posisi HRD ini. Interpersonal skill membuat HRD paham, berempati dan memberi solusi terhadap apa yang dihadapi karyawan serta mampu membaca situasi.

Dengan adanya keahlian interpersonal, HRD bisa menjadi dekat dan dapat memonitor pekerjaan karyawan yang memiliki kinerja bagus. Selain itu, HRD juga harus punya keahlian komunikasi yang bagus. Agar nantinya bisa menyampaikan sekaligus menanggapi hal secara tepat dan mudah dipahami. Apalagi memiliki candaan yang baik, maka akan disukai oleh banyak karyawan.

2. Loyal dan Berintegritas Tinggi

Loyal dan berintegritas tinggi merupakan soft skill HRD yang berikutnya. Sikap loyal yang dimaksud adalah rasa setia seorang HRD terhadap prinsip atau landasan yang dianutnya dan perusahaan tempatnya bekerja. Selama HRD bekerja di sebuah perusahaan harus memiliki rasa loyal terhadap pekerjaannya. Sekaligus prinsipnya sebagai seorang HRD harus sesuai dengan yang dianutnya.

Sedangkan untuk integritas adalah kejujuran, berani, punya komitmen, teguh pada janji sehingga dapat dipercaya, sekaligus memiliki konsistensi. Menjadi seorang HRD patutlah memiliki integritas tinggi karena di dalamnya tertanam prinsip-prinsip. Dengan memiliki integritas juga akan membantu HRD menyelesaikan konflik dengan berbagai kepribadian karyawan maupun atasan.

3. Kreatif dan Dapat Atasi Permasalahan

Seorang HRD merupakan seorang figur yang mengayomi pegawainya di perusahaan. Maka dari itu, seorang HRD mau tak mau harus punya kreativitas yang tinggi. Kreativitas tinggi nantinya akan memunculkan gagasan-gagasan keren yang salah satunya bermanfaat untuk memotivasi karyawan atau pegawai. Sehingga karyawan akan merasa termotivasi dan diayomi dengan baik.

Selain memiliki kreativitas yang tinggi, seorang HRD juga harus bisa menangani masalah secara tepat dan cepat. Baik masalah pribadi maupun masalah luar di perusahaan. Dengan begitu, HRD harus open-minded dan mampu melihat dari sudut pandang yang berbeda untuk mengatasi permasalahan yang ada. Sehingga permasalahan tersebut dapat diatasi dengan baik.

4. Cepat dan Punya Inisiatif

Jangan kira pekerjaan HRD itu selalu santai, ya. Nyatanya, menjadi seorang HRD juga punya segudang pekerjaan dan tidak lepas dari batas waktu. Apalagi jika perusahaan sedang gencar-gencarnya mencari banyak karyawan namun tetap memperhatikan kualitasnya. Dengan begitu, HRD dituntut harus cepat menyeleksi karyawan yang mendaftar dengan waktu sedikit.

Selain dituntut harus bekerja cepat, HRD juga harus punya inisiatif yang tinggi. Contohnya, peka terhadap konflik yang dihadapi karyawan serta perusahaan dan berusaha menyelesaikannya dengan solusi terbaik. Sekaligus memperhatikan tiap-tiap karyawan, seperti tingkah laku dan sikapnya.

5. Berkepribadian Positif

Memiliki karakter positif merupakan salah satu soft skill HRD yang harus dimiliki. Mengapa demikian? Karena seorang HRD merupakan salah satu role model di perusahaan sehingga segala tindak-tanduknya diamati oleh bawahannya. Untuk itu, seorang HRD harus bisa menjaga sikap serta punya karakter yang baik.

Jika seorang HRD mempunyai kepribadian baik, maka akan menjadi contoh baik bagi bawahan lainnya. Begitu sebaliknya, jika HRD mempunyai kepribadian negatif apalagi menyebalkan maka tidak disukai oleh bawahannya. Nantinya hal tersebut akan menimbulkan konflik tersendiri bagi karyawan yang bekerja di perusahaan. Contohnya tidak termotivasi dan mood flying sehingga mengganggu pekerjaannya.

6. Dapat Mengatur Karyawan

Dapat mengawasi dan mengatur kinerja karyawan merupakan soft skill HRD yang harus dimiliki berikutnya. Soft skill ini akan bermanfaat untuk memonitor kinerja dari para karyawan. Sehingga nantinya HRD dapat menilai mana kinerja karyawan yang bagus ataupun buruk. Dan dapat mencari tahu mengapa kinerja dari bawahannya itu menjadi buruk.

Selanjutnya HRD dapat mencari solusi atas memburuknya kinerja tersebut. Jika sudah dicarikan solusi terbaik atas masalah tersebut, namun karyawan tidak berubah dan semakin buruk kinerjanya. Maka, HRD harus mengambil tindakan dengan tepat dan terbaik untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Nah, itulah soft skill HRD yang harus ada dan dimiliki jika ingin bekerja di sebuah perusahaan. Jangan pesimis dahulu apabila belum memiliki beberapa di antaranya. Karena soft skill dapat dibangun dan dilatih seiring berjalannya waktu. Asalkan memiliki niat, semangat, dan tekad yang kuat untuk mengupgrade soft skill tersebut.

Check Also

Gaji Pilot

Inilah Gaji Pilot dari Berbagai Maskapai di Indonesia

Memiliki profesi sebagai pengemudi pesawat terbang atau pilot sekarang menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bagi orang …