Connect with us

Peluang Usaha

Cari Tahu Rincian Modal Usaha Pakaian Muslim

Busana muslim menjadi salah satu peluang yang dapat dimanfaatkan untuk meraih keuntungan. Salah satu usaha pakaian yang saat ini menjadi tren yaitu berbisnis busana muslim. Apalagi busana jenis ini banyak dicari pembeli karena mayoritas penduduk Indonesia beragama Islam. Sehingga, segmen ini menjadi target pasar yang empuk dan basah.  Untuk menjalankannya haruslah menghitung rincian modal usaha pakaian jenis ini dulu. Agar cash flow dan blue print bisnis bisa berjalan dengan baik dan terhindar dari boncos. 

Rincian Modal Usaha Pakaian

Kenapa harus menghitung rincian modalnya dahulu? Karena banyak orang berasumsi bahwa usaha pakaian ini menjanjikan banyak keuntungan. Menyebabkan banyak pebisnis yang abai dengan perhitungan modal. Sekadar ada barang dan jalan, bukanlah prinsip yang bijak. Mengingat ada banyak unsur modal yang harus diketahui dan dihitung secara rinci. Sehingga harus sabar mengupas lapis demi lapis tahapannya, termasuk dalam perincian modal. 

Gambaran Efisiensi Modal Usaha Pakaian

Banyaknya toko pakaian yang menjual baju muslim dengan beragam style serta segmentasi pasar, baik secara offline maupun online. Membuat bisnis ini ada dalam red ocean. Persaingannya ketat tapi target marketnya juga sangat luas. Jadi, jika bijak dalam menyiasatinya, sebenarnya untuk menjalankan usaha pakaian ini tidak memerlukan modal yang terlalu besar. Sebab semua bisa diefisiensikan dengan fungsi yang optimal. 

Untuk memulai usaha pakaian bagi pemula tidak perlu harus menjadi grosir yang besar dengan memiliki banyak stok pakaian. Lagi pula menjadi grosir keuntungannya lebih sedikit dibandingkan dengan menjual secara eceran. Penjualan grosir biasanya hanya mengambil keuntungan sebesar 10 hingga 15 persen dari harga beli pakaian.

Dengan demikian, sebagai pemula sebaiknya menjadi  penjual pakaian secara eceran. Agar keuntungannya lebih besar dan tidak perlu harus mempunyai modal besar untuk memulai usaha pakaian. Karena penjual eceran biasanya mengambil keuntuntungan mulai 30 hingga 100 persen. Apalagi kalau model pakaiannya terlihat berkelas namun memiliki harga yang tepat sesuai target market, tentu margin yang diperoleh juga menggiurkan. 

Hal yang Mempengaruhi Modal Awal Usaha Pakaian

Dalam rincian modal usaha pakaian ini, untuk membuka usaha pakaian siapkan dana sebesar 3 sampai 5 juta. Dari modal awal ini belanjakan untuk satu model pakaian sebanyak 6 pcs dengan berbagai ukuran yaitu S,M, L dan XL. Hal hal ini bertujuan agar tersedia model pakain dalam banyak variasi. Sehingga pembeli mempunyai banyak pilihan yang sesuai dengan ukuran dan model yang diinginkan. Detailnya bisa digambarkan di bawah ini. 

1. Margin keuntungan Dari Modal Yang Dikeluarkan

Dari besarnya modal awal yang dikeluarkan dapat disimpulkan kalau melakukan penjualan grosir keuntungannya kisaran 10 sampai 15 persen dari harga pembelian pakaian. Karena kalau penjualan grosir biasanya harus lebih murah dibandingkan dengan penjualan eceran.

Dengan demikian apabila hanya mempunyai modal yang tidak terlalu besar sebaiknya memilih usaha pakaian secara eceran. Karena keuntungannya bisa mencapai 30 hingga 100 persen. Apalagi kalau pakaian yang dijual model dan desainnya bervariasi. Sehingga pembeli akan tertarik karena banyaknya pilihan yang sesuai dengan keinginan.

2. Simulasi Keuntungan Penjualan Grosir Dan Eceran

Sebagai contoh rincian modal usaha pakaian, belanja pakaian muslim sebanyak 1 kodi dengan harga  Rp 3.500.000, berarti 1 pcs pakaian muslim seharga Rp 175.000,- Kemudian dijual  harga grosir dengan keuntungan maksimal 15% X Rp Rp 3.500.000 =  Rp 525.000,- Dengan demikian pembelian Rp 3.500.000,- + Rp 525.000 (Keuntungan grosir) = Rp 4.025.000,- Jadi keuntungan yang didapat Rp 4.025.000 – Rp 3.500.000 = Rp 525.000 (Keuntungan hasil penjualan grosir)

Sedangkan bila dijual secara eceran dengan mengambil keuntungan maksimal 100% untuk 1 pcs pakaian  maka simulasi keuntungannya adalah 100% x Rp 175.000,- = Rp 175.000,- Apabila semua pakaian terjual semua maka keuntungan yang didapat sebesar Rp 3.500.000,- Dengan demikian pembelian pakaian  Rp 3.500.000,- x 100% = Rp 3.500.000,-

3. Pertimbangan Tempat Kulakan 

Untuk berbelanja pakaian muslim dengan harga yang miring dapat berbelanja di kawasan bisnis pakaian. Misalnya saja di Tanah Abang Jakarta. Sebagai tempat kulakan pakaian skala besar, ini sangat berguna  agar dapat dijual lagi baik secara grosir maupun eceran dengan harga lebih tinggi.

Misalnya lagi mempertimbangkan belanja di Soreang Bandung. Bila berbelanja di sentra kulakan Soreang Bandung ini, pebisnis dapat  membeli langsung berbagai jenis pakaian muslim langsung kepada pengrajin. Keuntungannya selain harga yang miring, juga dapat request langsung baik warna, ukuran, model serta desain sesuai dengan permintaan pembeli. Sehingga kesan exclusive-nya bisa didapatkan. 

Target Pasar Pakaian Muslim

Untuk memulai usaha pakaian ini, cara paling mudah untuk melakukan penjualannya dengan menjual pakaian kepada keluarga, teman dekat, sahabat, teman kerja, tetangga dan lainnya. Atau bisa juga dijual secara online melalui media sosial. Seperti Facebook, Instagram, blog dan yang lainnya. Selain itu bisa juga berjualan melalui WhatsApp atau Line. Jika memiliki tempat atau pasar secara offline, maka jangan ragu untuk menggerakkannya secara offline melalui butik atau toko pakaian. 

Penggunaan sosial media secara gratis ini, berguna untuk menekan modal operasional dan modal marketing. Sehingga, dana yang ada bisa dialokasikan pada kebutuhan lain yang sifatnya lebih urgent. Misalnya saja untuk foto produk agar lebih ciamik, atau pembuatan video marketing.

Tips lain untuk menghemat biaya pengeluaran modal, dapat memanfaatkan garasi rumah yang beralih fungsi menjadi toko pakaian. Di sini bisa menata toko ala butik yang menarik dengan tema rustic, karena memanfaatkan properti yang ada di rumah.  Sehingga pembeli akan merasa tertarik. Jadi alokasi sewa toko atau kios bisa ditekan untuk keperluan lain, seperti pemanfaatkan iklan berbayar atau kegiatan lain yang mendatangkan traffic. 

Demikian uraian singkat mengenai rincian modal usaha pakaian yang dapat dijadikan sebagai referensi terutama bagi yang tertarik ingin membuka usaha jenis ini. Khususnya bisnis pakaian muslim yang  sedang menjadi tren dan diminati oleh banyak pebisnis. Jangan lupa untuk mengefisiensikan segala bentuk pengeluaran dan mendetailkan segala bentuk modal yang dibutuhkan. Baik itu modal intelektual maupun modal capital. 

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Peluang Usaha

Cara Ternak Ikan Cupang Koi Bagi Pemula Sebagai Peluang Usaha

Bagi orang yang memiliki hobi memelihara ikan, tentu cara ternak ikan cupang koi akan sangat mudah dilakukan. Namun, bagi pemula yang belum paham seluk beluk pemeliharaan ikan, akan merasa kesulitan saat memeliharanya. Padahal ikan cupang koi ini bisa menjadi peluang bisnis dan hasil menjanjikan jika mampu memahami cara beternak yang benar seperti apa.

Cara Ternak Ikan Cupang Koi

1. Pahami Jenis Ikan

Saat akan memulai ternak ikan, tentu harus memiliki pengetahuan tentang ikan cupang koi ini secara detail.  Ada dua jenis ikan cupang koi, yaitu cupang aduan dan cupang hias yang perlu dipahami secara fisik dan ciri-cir lainnya. seperti pada ikan cupang hias, tubuh terlihat terang, warnanya menarik dan memiliki gerakan tenang.

Berbeda hal dengan jenis cupang aduan, pada ujung ekor kelihatannya berbentuk makin mengecil serta gerak yang agresif. Hal menarik yang dilakukan cupang aduan, saat melihat cupang lainnya maka sirip-siripnya siap mengembang. Terlihat dari bentuk bibir yang tebal kokoh serta menujukkan gigi-gigi yang runcing.

2. Pilih Bibit Berkualitas

Untuk mengoptimalkan cara ternak ikan cupang koi adalah dengan pemilihan bibit saat akan memelihara ikan tersebut. Sebaiknya pilihlah bibit di tempat atau toko hias, bisa juga lewat pembudidaya ikan langsung. Hal ini menentukan kualitas awal ikan cupai koi yang akan dipelihara, karena tempat awal hidup cupang akan berpengaruh pada pemeliharaan berikutnya.

Dalam mendapatkan bibit yang unggul bisa dengan melihat bentuk fisik ikan, seperti tubuh ikan yang tampak sempurna, sehat tanpa luka. Selain itu warna tubuh ikan cupang yang cerah dan mengkilap serta terlihat dengan gerak agresif aktif. Pilihlah indukan dengan melihat jenis ekor yang mencolok dan menarik terutama untuk pejantan agar menarik betina cupang.

3. Lakukan Pemijahan

Pemijahan ini dilakukan dengan cara menyiapkan kolam ikan dengan ukuran 20X20X20 dan berikan air jernih di dalamnya setinggi 10 hingga 15 cm. Jangan sampai menggunakan air PAM dan biarkan air tersebut dalam waktu 24 jam. Yang selanjutnya masukkan cupang jantan ke dalamnya selama sehari, tunggu hingga mengeluarkan gelembung yang berguna untuk menyimpan telur.

Jika sudah siap, masukkan betina cupang yang siap kawin ke dalam kolam dan hindari dari lalu lalang manusia. Biasanya cupang melakukan perkawinan di jam pagi antara 7 sampai 10 atau di jam sore antara 4 hingga 6 sore. Setelah kawin, pisahkan cupang betina dan biarkan cupang jantan yang melindungi telur-telur yang ada pada gelembung air tersebut.

4. Siapkan Tempat Budidaya

Setelah dilakukannya pemijahan, cara ternak ikan cupang koi berikutnya yaitu menyiapkan tempat untuk budidaya cupang. Untuk cupang kecil yang baru bisa dengan digabung menjadi satu pada kolam atau aquarium besar. Namun pada cupang yang sudah mulai remaja dan besar harus ditempatkan di botol atau wadah secara terpisah dan sendiri-sendiri.

Kenapa setelah dewasa ikan cupang harus memiliki tempat sendiri? .Jenis cupang ini memiliki naluri teritorial, maka setelah dewasa akan bersaing sesama cupang jika digabungkan dalam satu tempat. Dan untuk budidaya jenis cupang sangat mudah, bisa bertahan di tempat yang minim oksigen.

5. Beri Tanaman Air

Pada saat melakukan budidaya cupang di akuarium atau kolam, maka sebaiknya beri beberapa tanaman air di dalamnya. Tentunya hal ini sangat baik bagi perkembangan cupang agar lebih sehat dan terlihat lebih menarik. Tanaman air juga memiliki tempat untuk berlindung pada saat jenis cupang beragam dalam satu kolam.

Sehingga tanaman air bisa menetralisir konflik cupang dan memberikan ruang gerak lain di dalam kolam budidaya tersebut. Selain itu bisa menyerap racun, meningkatkan oksigen serta mencegah pertumbuhan lumut pada kolam. Dan menambah nilai estetika kolam ikan saat melakukan budidaya ikan koi tersebut.

6. Siapkan Pakan Ikan Cupang Koi

Pakan ikan merupakan alat vital dan bagian yang sangat penting bagi pertumbuhan ikan dan budidayanya. Jenis pakan ikan yang berbeda juga disesuaikan dengan pertumbuhan ikan cupang antara anakan dan dewasa. Misalnya saja cupang koi dewasa diberi pakan berupa cacing kering kemasan dengan bentuk dadu.

Kemudian cara ternak ikan cupang koi yang masih anakan dengan memberikan pakan berupa pelet namun dalam porsi kecil. Membedakan pemberian makan bisa dengan melihat perkembangan secara umur ikan cupang tersebut. Sehingga jika pemberian makan bisa tepat, cupang koi akan sehat dan tidak mudah terserang penyakit.

7. Ikan Cupang Koi Siap Panen

Yang menarik dari budidaya ikan cupang koi ini, panen bisa dilakukan kapan saja tidak mengenal musim. Sehingga penggemar ikan cupang koi bisa mendapatkan ikan tersebut kapan saja dengan berbagai varian. Biasanya ikan cupang koi yang ditawarkan mulai dari jenis remaja dengan rentang harga yang berbeda-beda tergantung jenis dan kualitas ikan.

Sudah bisa terlihat bagaimana menariknya bisa membudidayakan ikan koi cupang ini. Apalagi dari sisi kemudahan pemeliharaan dan bonus panen kapan saja bagi peternak ikan.

Continue Reading

Peluang Usaha

Analisa Bisnis Minuman Thai Tea Dengan Modal Kecil Tapi Untung Besar

Thai Tea merupakan minuman yang dibuat dengan perpaduan teh hitam dan susu kental manis yang terasa nikmat ketika diminum saat cuaca panas. Di Indonesia, minuman Thai Tea populer di semua kalangan, baik anak-anak maupun orang dewasa. Kepopuleran ini membuat bisnis minuman Thai Tea menjadi bisnis yang menjanjikan khususnya bagi pemula.

Bisnis Minuman Thai Tea

Dengan modal yang kecil dan keuntungan besar, bisnis Thai Tea tentu layak untuk dipertimbangkan. Sebelum memulai bisnis ini, ada baiknya untuk membuat analisa usaha agar pelaku usaha mengetahui prospek ke depannya dan meminimalisir kerugian. Selain mengetahui prospek usaha, analisa usaha juga diperlukan untuk melihat kelayakan bisnis yang dijalankan.

Peluang Usaha

Peluang usaha merupakan hal yang harus terlebih dahulu diketahui dan dirancang oleh pelaku usaha sebelum memulai sebuah bisnis. Dengan merancang peluang usaha, pelaku usaha akan mengetahui keunggulan produk dan sasaran konsumen dari produk yang dijualnya. Misalnya, keunggulan Thai Tea yang dijual yaitu memiliki banyak varian rasa, mudah dibuat, dan biaya produksi rendah.

Analisa Ekonomi

Salah satu analisa ekonomi yang dapat dibuat sebelum memulai sebuah bisnis yaitu analisis SWOT. Analisis SWOT dari bisnis Thai Tea adalah sebagai berikut: banyak varian rasa (Strength) serta memiliki banyak pesaing dengan usaha sejenis (Weakness). Cakupan bisnis luas dan dapat diterima oleh semua kalangan (Opportunities) sehingga banyak yang tertarik membuka bisnis ini (Threat).

Anggaran Biaya

Analisa anggaran biaya merupakan analisa bisnis minuman Thai Tea untuk merinci pengeluaran yang diperlukan. Pengeluaran untuk peralatan penunjang yaitu kompor gas kecil Rp 200.000; booth Rp 1.000.000; blender Rp 300.000; dan peralatan meracik teh Rp 250.000. Apabila dijumlahkan, anggaran yang dihabiskan untuk peralatan penunjang bisnis Thai Tea yaitu sebesar Rp 1.750.000.

Biaya habis pakai terdiri dari susu Rp 375.000; bungkus Thai Tea Rp 1.500.000; perisa makanan Rp 250.000; serta air isi ulang Rp Rp 175.000.  Selain itu, diperlukan gelas dan sedotan sebesar Rp 450.000 sehingga total pengeluarannya menjadi Rp 2.750.000. Anggarkan pula biaya lain-lain untuk kebutuhan tak terduga, menyewa tempat, dan membayar air listrik sebesar Rp 1.500.000.

Perhitungan Harga Jual dan Besar Keuntungan

Harga Thai Tea yang akan dijual tentu perlu diperhitungkan agar bisa mendapatkan keuntungan yang sesuai dan meminimalisir kerugian. Misalkan keuntungan yang diinginkan dari setiap Thai Tea yang dijual sebesar 30%, maka Thai Tea tersebut harus dijual sebesar Rp 18.500/kemasan. Besarnya harga jual dapat dihitung dengan mengalikan persentase keuntungan yang diinginkan dengan total biaya per unit.

Besar keuntungan yang akan diperoleh pelaku usaha dengan menjual Thai Tea dengan harga Rp 18.500/kemasan yaitu sebesar Rp 4.300/kemasan. Apabila dapat menjual 300 kemasan Thai Tea setiap bulannya, maka keuntungan bersih yang didapat yaitu sebesar Rp 1.290.000. Untuk meningkatkan keuntungan penjualan, pelaku usaha harus menaikkan target penjualan setiap bulannya.

Kelayakan Usaha

Layak atau tidaknya suatu bisnis yang dijalankan dapat dihitung berdasarkan Benefit Cost (B/C) Ratio dengan membagi jumlah pendapatan dan total biaya produksi. Misalkan, jumlah pendapatan yang didapat dengan menjual 300 kemasan Thai Tea yaitu Rp 5.550.000 dan total biaya produksi per bulannya Rp 2.750.000. Maka B/C rationya sebesar 2,02 sehingga bisnis Thai Tea layak untuk dijalankan.

Demikianlah informasi mengenai analisa bisnis minuman Thai Tea yang dapat digunakan sebagai gambaran awal untuk merintis bisnis ini. Untuk menarik perhatian konsumen, sebaiknya Thai Tea yang dijual memiliki rasa yang berbeda dengan Thai Tea lain. Agar usaha yang dirintis dapat berkembang, pelaku usaha perlu memiliki target dan menghindari kerugian yang akan terjadi di masa yang akan datang.

Continue Reading

Peluang Usaha

Modal Usaha Cuci Motor Tidak Sampai 5 Juta? Simak Pembahasannya Berikut

Memiliki sebuah usaha memang menjadi impian bagi beberapa orang. Selain dapat mendapatkan penghasilan, mempunyai usaha sendiri memiliki keuntungan lain seperti bebas mengatur management pengelolaan sesuai dengan kemampuan pribadi maupun kebutuhan pelanggan. Salah satu usaha yang dapat menjadi pilihan adalah layanan cuci motor. Meski sudah menjadi hal yang umum, masih banyak dari calon pelaku usaha yang bingung dengan modal usaha cuci motor. Oleh karena itu simak pembahasannya berikut.

Modal Usaha Cuci Motor

Mengapa Harus Usaha Cuci Motor

Sebelumnya, memiliki usaha cuci motor memang menjadi peluang bisnis yang besar. Alasan yang membuat para pelaku usaha memilih usaha ini adalah pesatnya jumlah motor yang beredar di Indonesia. Setiap orang yang memiliki motor diharuskan untuk merawat dan membuatnya tetap terlihat bersih. Namun, banyak sekali orang yang masih malas untuk sekedar membersihkan kendaraan motor. Hal inilah yang kemudian dimanfaatkan pelaku usaha untuk meraup pundi-pundi uang.

Berapa Modal Untuk Membuka Usaha Cuci Motor?

Sebelum membuka usaha, hal penting yang harus dimiliki setiap pelaku usaha adalah modal. Lalu, Berapa modal usaha cuci motor? Ternyata membuka usaha cuci motor bisa dimulai dengan modal Rp 5 Juta. Perlu diperhatikan bahwa modal tersebut menyangkut besar kecilnya usaha. Rp 5 Juta merupakan modal terkecil untuk membuka jasa cuci motor dan pastinya skala usahanya pun kecil.

Ada beberapa peralatan dasar yang perlu ada untuk membuka usaha cuci motor. Berikut daftar peralatan cuci motor mulai dari yang termahal hingga terkecil.

  • Kompresor (bensin), peralatan ini dapat didapat dengan harga antara Rp 1.600.000 hingga Rp 1.800.000
  • Drum (sebagai penyimpan air), untuk drum berukuran 60 liter sendiri memiliki harga Rp 150.000
  • Nozzle dan Selang, harga dari peralatan ini berkisar antara Rp 200.000 hingga 300.000
  • Lap chamois, ember, kuas, sikat, peralatan dasar cuci motor ini memiliki harga Rp 250.000 dan jika ingin memiliki dua set maka tinggal dikali dua menjadi Rp 500.000
  • Shampo motor 5 liter, peralatan ini memiliki harga Rp 50.000, namun perlu diingat bahwa peralatan ini dapat habis dan harus membeli lagi jika habis.
  • Banner dan spanduk, untuk menarik pelanggan memilih tempat cuci motor yang baik, banner dan spanduk menjadi hal yang penting, harganya pun bisa mencapai Rp 300.000.

Dari beberapa daftar diatas, jika ditotal dengan harga yang paling tinggi maka akan menghasilkan jumlah sebesar Rp 3.100.00. Mengapa total modal usaha cuci motor untuk peralatan dasar tidak mencapai Rp 5 Juta? Karena ada keperluan lain yang harus dipenuhi.

Keperluan lain yang perlu dipenuhi adalah listrik, refill bensin, shampo dan sewa tempat. Untuk sewa tempat sendiri bisa mencapai Rp 600.000 per bulannya. Meski begitu, diberbagai tempat mungkin memiliki harga yang berbeda. Yang terpenting, pilihlah tempat yang sering dilewati oleh motor-motor calon pelanggan.

Tips Memulai Usaha Cuci Motor

Setelah mengetahui modal yang harus dikeluarkan untuk membuka usaha cuci motor. Ada hal mendasar yang perlu diketahui sebelum memulai usaha ini. Beberapa poin dibawah sangat penting untuk keberlangsungan usaha. Jangan biarkan tenaga dan waktu terbuang begitu saja. Oleh sebab itu, perhatikan hal-hal berikut ini.

1. Belajar Mencuci Motor Dengan Benar

Tentu saja keahlian dalam mencuci motor adalah yang paling penting dalam usaha cuci motor. Mencuci motor tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Meski terlihat mudah, keahlian mencuci motor tidak boleh dianggap remeh. Melihat ada banyak jenis motor yang beredar membuat setiap detail motor harus diperhatikan. Jangan sampai ada bagian tertentu yang tercuci yang justru membuat motor tidak berfungsi semestinya. Selain itu, kemampuan dalam mencuci motor juga akan membuat pelanggan betah dan tidak ragu-ragu datang lagi karena puas dengan hasil yang didapat.

2. Tempat Usaha Yang Strategis

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, tempat usaha menjadi hal yang penting. Jika memang memungkinkan, carilah tempat yang ramai dilalui motor. Dan yang lebih baik lagi, carilah tempat yang ramai motor dan memiliki calon pelanggan yang memang sibuk, malas, atau terlalu lelah jika harus mencuci motornya sendiri. Tentu hal seperti ini akan menambah pelanggan yang mampir.

3. Selalu Memberi Pelayanan Yang Memuaskan

Hal mendasar dari usaha bisnis yang berjalan dibidang jasa adalah pelayanan. Jika pelayanan yang diberikan memiliki kepuasan besar dari pelanggan tentu akan sangat baik bagi keberlangsungan usaha. Pelayanan yang ramah, cepat, senyum, menyapa adalah contoh baik dalam menjalankan usaha jasa. Untuk jasa cuci motor, pastikan motor pelanggan benar-benar bersih dan siap untuk dibawa.

Itulah beberapa informasi seputar usaha cuci motor. Usaha cuci motor memang terbukti menghasilkan dan mudah untuk dijalankan. Modal usaha cuci motor pun terbilang rendah dan peralatan yang diperlukan sangat terjangkau. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat bagi calon pengusaha khususnya dibidang cuci motor. Sekian dan terimakasih.

Continue Reading

TOP STORIES