Connect with us

Bisnis

Resiko Usaha Gas Elpiji yang Harus Diperhitungkan di Muka

Resiko usaha gas elpiji masih sangat besar dibandingkan usaha jenis yang lainnya. Maka dari itu, dibutuhkan perencanaan yang matang sebelum mulai menjalankan bisnis. Semakin maksimal planning yang direncanakan, maka resiko dagang juga bisa semakin ditekan.

Resiko Usaha Gas Elpiji

Berikut ini akan dijelaskan beberapa resiko berjualan gas elpiji. Silakan disimak terutama bagi orang yang ingin membuka bisnis ini di rumahnya. Jangan lupa untuk mencatat resiko-resiko yang diulas tersebut. ini resiko selengkapnya:

1. Jangkauan Pasar Sempit

Resiko usaha gas elpiji yang pertama ialah jangkauan pasarnya sangat sempit. Bahkan produk ini agak kesulitan untuk masuk ke daerah pedesaan terpencil atau ke area pelosok. Sehingga pasaran terbanyak hanya didominasi daerah perkotaan saja.

Sikap antipati warga tersebut disebabkan oleh stigma negatif kalau gas lpg sangat berbahaya. Apalagi adanya berita televisi yang menyiarkan tentang kasus gas lpg meledak dan menghanguskan seluruh isi rumah. Karena masalah ini, masyarakat lebih memilih memasak menggunakan tungku dan kayu daripada menggunakan kompor gas.

Tentu ini resiko bisnis yang harus ditanggung oleh pengusaha. Sedangkan cara menyiasatinya dengan sosialisasi menyeluruh kalau gas lpg tidak membahayakan. Termasuk mengajarkan cara menangani kebocoran dengan benar.

2. Distribusi Produk yang Sering Terlambat

Distribusi atau pengiriman produk gas lpg paling lama dibandingkan produk yang lain. Ini tidak hanya karena unit gas lpg yang kadang dibuat dengan jumlah terbatas, tetapi akses ke lokasi permintaan juga memicu masalah. Terutama jika pengirimannya ke area yang jauh dari kota seperti pelosok desa dengan kontur jalan yang tidak sehat.

Karena masalah distribusi ini, masyarakat menjadi malas untuk membeli gas lpg. sebab, pada saat dibutuhkan stok gas malah kosong, sedangkan ketika gas masih ada, stok malah berlimpah. Kondisi ini tentu disayangkan karena kerugian pengusaha juga semakin besar.

Teknik untuk mencegah masalah ini tentu menyediakan modal besar untuk membeli produk dengan jumlah banyak. Paling tidak yang sesuai dengan permintaan sekaligus jumlah penduduk yang menggunakan gas minimal di lokasi terdekat dari tempat usaha. Sehingga kebutuhan masyarakat terhadap gas lpg tetap terpenuhi tanpa harus ditunda.

3. Kebocoran Gas Lpg

Resiko usaha gas elpiji yang selanjutnya ialah kebocoran pada tabung gas. Ini biasanya terjadi akibat kesalahan dalam pengiriman atau karena peletakaan tabung yang salah. Kadang gas bocor juga disebabkan oleh pekerja yang melempar tabung dengan keras.

Ini bukan hanya resiko yang merugikan pengusaha dari segi finansial saja. Tetapi juga membahayakan pekerja karena potensi tabung meledak sangat besar. Sudah banyak kasus terjadinya kebakaran akibat kebocoran gas elpiji sampai ada yang merenggut nyawa.

Maka dari itu, sebelum mulai dikirimkan kepada masyarakat, silakan cek dulu kondisi tabung gas. Pastikan tidak ada kebocoran sedikitpun dan jika ditemukan masalah segera hubungi pemasok barang untuk dikembalikan. Jika semua produk bagus dan aman, maka tidak mengapa distribusi mulai dilakukan.

4. Modal Usaha Sangat Besar

Menjadi pebisnis tabung gas elpiji membutuhkan modal yang sangat besar. Bahkan untuk menyediakan 100 tabung saja dibutuhkan biaya modal sebesar 15 juta rupiah karena per-satu tabung dijual dengan harga Rp150.000. Ini masih belum termasuk biaya pembangungan gudang penyimpanan yang aman.

Pengusaha juga harus memiliki kendaraan untuk mengangkut tabung gas yang akan dipasarkan ke konsumen. Karena unit tabung gas elpiji cukup berat, tentu kendaraan yang digunakan juga harus memiliki ketahanan yang kuat. Nah untuk penyediaan alat angkut tersebut tentu dibutuhkan modal hingga puluhan juta rupiah.

Jika dikalkulasi secara total, modal untuk membangun bisnis elpiji bisa mencapai Rp100.000.000. Sedangkan beban modal yang terberat adalah modal yang untuk membangun gudang, toko, dan kendaraan pengangkut produk. Ini juga resiko yang harus ditanggung oleh penjual jika memang tertarik untuk berjualan tabung gas elpiji. 

5. Terjadi Diskriminasi Sosial

Pebisnis gas elpiji yang salah ketika merencanakan bongkat muatan, pasti akan mendapatkan diskriminasi sosial. Bukan tidak mungkin warga akan menegur jika bongkar produknya dilakukan di malam hari ketika warga sedang tertidur lelap. Alasannya karena proses ini sangat ramai dan suara dentingan tabung benar-benar memekakkan telinga.

Bukan itu saja, terkadang pebisnis dilarang untuk membangun usaha di wilayahnya. Karena warga sudah tahu kalau bisnis tersebut pasti mengganggu kenyamanan sekitar. Belum lagi resiko kebakaran yang sudah kadang tersebar melalui media.

Untuk menyiasati hal tersebut, pihak pebisnis harus bijak ketika membongkar barang. Selain lakukan dengan hati-hati, pilih juga waktu pembongkaran yang tepat. Usahakan tidak dilakukan di malam hari, tetapi siang hari ketika kondisi sedang ramai.

Itulah beberapa resiko usaha gas elpiji yang harus diperhitungkan matang oleh calon pengusaha. Jika memang draf keuntungannya lebih besar dan produk aman, maka tidak mengapa bisnis dilanjutkan. Sebaliknya, kalau dirasa resiko tidak bisa dipecahkan, lebih baik pilih usaha lain yang lebih aman dan menguntungkan.

Bisnis

Cara Mengurus Surat Izin Usaha Beserta Syaratnya, Lengkap!

Saat seseorang ingin memulai bisnis atau usaha, maka wajib baginya untuk tahu cara mengurus surat izin usaha perdagangan (SIUP). SIUP berguna agar pemerintah dapat memantau dan memberi fasilitas kepada pemilik UMKM secara legal. Dengan adanya SIUP berbagai permasalahan persoalan UMKM juga dapat teratasi, misalnya adanya usaha liar, pemilik yang melanggar wajib pajak, dan risiko lainnya.

SIUP juga terbagi menjadi 3 golongan. SIUP Besar untuk pemilik modal lebih Rp500 juta, SIUP Sedang dengan modal Rp200 – Rp500 juta dan SIUP Kecil dengan modal Rp200 juta ke bawah. Mengurus surat izin usaha juga tak bisa sembarangan, ada prosedur tertentu untuk dapat memiliki surat tersebut. Berikut cara mengurus surat izin usaha beserta syaratnya secara lengkap!

Syarat-Syarat Mendapatkan SIUP

Sebelum membuat SIUP, alangkah baiknya untuk melengkapi prosedurnya secara administrasi terlebih dahulu, berikut adalah syarat SIUP Berdasarkan jenis usaha:

1. Perusahaan Perseorangan

Perusahaan perseorangan cukup mudah dibuatkan SIUP dibanding perusahaan lainnya. Adapun berkas yang perlu dipersiapkan adalah antara lain:

  • Fotocopy E-KTP dan aslinya dari pemegang modal atau pemilik saham perusahaan
  • Fotocopy NPWP dan kartu aslinya
  • Surat keterangan domisili atau SITU
  • Materai Rp 6000 atau yang berlaku
  • Neraca keuangan atau laporan keuangan perusahaan
  • Pas foto direktur utama atau pemegang saham dengan ukuran 4×6 sebanyak 2 lembar
  • Kelengkapan izin lainnya yang berdasar pada jenis usaha yang dimiliki.

2. Perusahaan Perseroan Terbatas / PT

Syarat mengurus SIUP untuk PT sedikit berbeda dengan pengajuan perseorangan, lalu apa saja yang harus dilengkapi terlebih dahulu? Berikut adalah syarat yang harus dipersiapkan:

  • Fotocopy E-KTP dan aslinya dari direktur utama perusahaan atau pemilik sumber modal
  • Bagi perusahaan yang memiliki penanggung jawab perempuan, maka yang harus dipersiapkan adalah fotocopy kartu keluarga dan aslinya
  • Surat asli NPWP dan fotocopynya
  • Surat keterangan domisili atau SITU
  • Fotocopy akta pendirian PT dan aslinya yang telah disahkan oleh Kemenkumham
  • Surat izin prinsip
  • Surat izin gangguan (HO)
  • Neraca keuangan perusahaan
  • Materai Rp 6000 atau yang berlaku serta foto penanggung jawab perusahaan atau direktur utama ukuran 4×6 sebanyak 2 lembar.

3. Koperasi

Jika mendirikan sebuah usaha berbentuk koperasi, maka administrasi surat izin usaha yang dibutuhkan juga berbeda dengan kedua di atas. Berikut syarat yang perlu untuk disiapkan:

  • Fotocopy E-KTP dan aslinya dari dewan pengurus dan dewan pengawas
  • Menyiapkan Fotocopy NPWP dan aslinya
  • Fotocopy akta pendirian koperasi dan aslinya
  • Daftar nama susunan dari dewan pengurus dan pengawas
  • Fotocopy surat keterangan domisili
  • Laporan keuangan
  • Materai Rp 6000 atau yang berlaku serta foto direktur utama dan penanggung jawab ukuran 4×6 sebanyak 2 lembar

4. Perusahaan Perseroan Terbuka / Tbk

Syarat administrasi pembuatan SIUP untuk Perseroan Terbuka juga berbeda. Jika seseorang membuka usaha dengan bentuk tbk maka berikut adalah persyaratan administrasi yang harus disiapkan :

  • Fotocopy E-KTP dan aslinya dari direktur utama dan penanggung jawab
  • Menyiapkan fotocopy SIUP yang dimiliki oleh perusahaan sebelum menjadi Perseroan Terbuka
  • Fotocopy akta notaris dari pendirian dan perubahan perusahaan, serta surat persetujuan perubahan perusahaan oleh Departemen Hukum dan Ham
  • Surat keterangan dari Badan Pengawas Pasar Modal
  • Fotocopy Surat Tanda Penerimaan Laporan Keuangan Tahunan Perusahaan di tahun pembukuan akhir
  • Pas foto dari direktur utama dan penanggung jawab dengan ukuran 4×6 sebanyak 2 lembar
  • Apabila tempat usaha bukan milik sendiri, perlu melampirkan surat izin pemilik yang membuktikan dibolehkannya tempat tersebut sebagai tempat usaha dengan tanda tangan materai.

Prosedur / Cara Pembuatan SIUP

Cara mengurus surat izin usaha dapat dilakukan secara online maupun offline. Untuk offline seseorang dipersilahkan untuk datang ke kantor dan membawa syarat administrasi, dan untuk online terintegrasi dengan layanan Online Single Submission. Berikut adalah persyaratan untuk mengurus SIUP online :

  • Membuat akun user ID dengan membutuhkan NIK
  • Jika badan usaha milik negara wajib mempersiapkan dasar hukum dari pembuatan usaha
  • Jika badan usaha bentuk CV, PT, Koperasi dsb. Harus memiliki pengesahan dari Kemenkumham.

Setelah melengkapi syarat di atas, langkah berikutnya adalah membuat akun di OSS. Berikut adalah prosedurnya :

1. Badan Usaha

Jika perusahaan berbentuk badan usaha, maka user ID harus menggunakan NIK dari penanggung jawab usaha dan melengkapi semua kolom registrasi yang ada. Setelah melakukan registrasi, maka sistem akan memberikan dua kali email untuk verifikasi akun. Setelahnya akan dikirim user ID dan password sementara untuk memasuki sistem.

2. Perorangan

Jika perusahaan berbentuk perorangan, maka user ID menggunakan NIK pribadi pemilik. Silakan mengisi form registrasi yang ada, lalu cek email untuk melakukan verifikasi data OSS yang telah dibuat. Setelahnya, email dan password sementara akan dikirim ke email pemilik, silakan gunakan email dan password tersebut untuk memasuki sistem.

Seperti itulah cara mengurus surat izin usaha beserta syaratnya secara lengkap. Jadi, bagi yang ingin memulai usaha, pastikan untuk mengurus surat izin usaha tersebut guna keberlangsungan usaha yang dimiliki. Dan bagi yang telah memiliki usaha dan surat izinnya, pastikan untuk selalu memperpanjang masa berlakunya.

Continue Reading

Bisnis

7 Usaha Ternak Modal 300 Ribu yang Mudah dilakukan di Rumah

Hewan ternak menjadi konsumsi yang tergolong tinggi, sehingga berpengaruh pada peluang usaha yang bisa diambil. Usaha ternak modal 300 ribu bisa dilakukan dari rumah dan sesuai dengan apa yang disukai. Ada berbagai jenis usaha ternak yang bisa dilakukan, lihat pula potensi pasar saat akan memulai usaha tersebut, inilah beberapa usaha ternak untuk memenuhi kebutuhan pasar akan protein hewani.

Usaha Ternak Modal 300 Ribu

1. Ternak Ayam

Saat akan memulai usaha ternak ayam, bisa dengan memanfaatkan lahan yang dimiliki di area halaman rumah. Selanjutnya, buatlah kandang ayam, bisa dengan bahan bambu agar lebih murah. Selanjutnya jika kandang siap, beli bibit indukan ayam, sesuaikan dengan modal yang ada, jumlah betina bisa berapapun, dan pejantan cukup satu saja.

Kemudian masukkan indukan ayam yang berkualitas tersebut dalam satu kandang, biarkan pejantan dan para betina bereproduksi. Selanjutnya betina akan bertelur, paling sedikit akan menghasilkan 5 telur atau hingga 143 butir lebih sekali bertelur. Setelah itu, pecahkan telur tersebut dan beri perawatan khusus untuk penetasan ayam.

2. Usaha Ternak Lele

Usaha ternak modal 300 ribu lainnya bisa dengan memulai ternak lele di rumah. Persiapan yang dilakukan pun cukup mudah, modal awal bisa membeli terpal untuk membuat kolam lele. Kemudian aliri kolam dengan air dan mulailah menanam bibit lele yang sudah dibeli. Bibit lele tergolong murah dan mudah dibudidayakan dan dirawat.

Bibit lele ini cukup diberi makan setiap hari, bahkan jika sering makan lele akan cepat berkembang. Dan pemilik ternak bisa segera panen lele untuk jumlah yang banyak. Selanjutnya bisa lakukan kerjasama dengan penjual pecel lele untuk pendistribusian lele tersebut.

3. Ternak Kambing

Beternak kambing juga tergolong cukup mudah dan merupakan hasil yang bagus saat mulai mendekati hari raya qurban atau acara aqiqah. Jadi saat akan memulai ternak kambing, cobalah untuk memilih bibit kambing terbaik untuk pejantan dan betina. Siapkan kandang agak tinggi dengan tempat yang lumayan luas untuk kapasitas anaknya nanti.

Kemudian perawatan kambing juga cukup mudah, kambing suka dengan dedaunan, rumput segar dan jenis daun hijau lainnya. Pemberian makan kambing biasanya terjadi pada pagi hari dan sore hari, jangan lupa pula untuk rutin merawat dan membersihkan kandang. Kambing yang sedang hamil biasanya harus dipisahkan dengan kambing lainnya agar proses kelahiran lebih lancar dan anak kambing tidak terganggu kambing lainnya.

4. Budidaya Ikan Hias

Pernah dengar ikan cupang? Ikan ini menjadi favorit banyak orang untuk dipelihara. Selain perawatan mudah, ikan cupang juga ikan yang bisa lama bertahan hidup dengan perawatan minim. Oleh karena itu, pemilihan usaha ternak 300 modal ribu bisa memilih melakukan budidaya ikan hias, yaitu cupang.

Tidak hanya cupang saja yang bisa dibudidayakan dengan mudah, ikan hias lainnya seperti jenis guppy juga merupakan pilihan yang baik untuk budidaya. Mengingat ikan jenis guppy ini pun banyak penggemarnya dan bisa dibudidayakan dengan mudah.

5. Ternak Bebek

Ada juga ternak yang mudah dilakukan yaitu beternak bebek dengan mempersiapkan lahan yang luas serta berlumpur. Hal ini disebabkan karena bebek sangat menyukai tanah yang lembek, basah dan berlumpur, bisa pula dekat dengan area sungai kecil. Pilihlah bibit bebek yang unggul, bibit bebek bisa dipilih sejak umur 1-10 hari menetas dan mulai lakukan perawatan di kandang.

Selanjutnya lakukan perawatan dan pemberian makanan pada bebek secara rutin untuk menjaga kualitas bibit bebek. Setelah bebek dewasa dan melakukan reproduksi, selanjutnya akan bertelur, tidak hanya daging bebek saja yang dimanfaatkan. Telur bebek pun bisa menjadi komoditas usaha yang menjanjikan untuk dijual.

6. Tambak Udang

Udang merupakan salah satu jenis ternak secara tambak yang bisa dipilih dan dilakukan dengan mudah dan meraih banyak keuntungan. Seperti pada saat memilih budidaya tambak udang vaname yang bisa dilakukan di rumah. Dengan mempersiapkan lahan udang disesuaikan dengan jumlah bibit udang yang akan diternakkan.

Untuk pemilihan bibit udang vaname, cobalah memilih yang warna cerah, ukuran besar dan terlihat lincah. Kemudian untuk perawatan udang harus memperhatikan volume air dan sirkulasi udara yang bagus pada kolam. Sehingga akan menghasilkan panen udang vaname yang bagus hanya dengan usaha ternak modal 300 ribu.

7. Ternak Burung Puyuh

Usaha selanjutnya yaitu dengan melakukan ternak burung puyuh, mengingat daging dan telur puyuh bisa menghasilkan pendapatan yang lebih. Bisa dengan mempersiapkan kandang untuk indukan, penetasan serta perawatan anak puyuh, sehingga akan mendapatkan hasil maksimal.

Selain itu, berikan makanan yang tepat pada burung puyuh, untuk umur dibawah 3 minggu harus berupa tepung. Sementara yang lebih dari 3 minggu sudah bisa mengkonsumsi biji pada burung puyuh.

Dengan adanya usaha ternak modal 300 ribu dan mudah dilakukan di rumah. Maka selanjutnya bisa menganalisa keuntungan dan cara mengembangkan usaha tersebut agar semakin berkembang serta menaikkan omset usaha ternak.

Continue Reading

Bisnis

Cara Bisnis Ikan Cupang Pemula yang Menjanjikan

Pada masa pandemi seperti saat ini banyak hal yang bisa dilakukan di rumah salah satunya adalah budidaya ikan cupang. Selain karena hobi, kegiatan tersebut bisa menjadi ladang bisnis yang menjanjikan. Saat ini banyak sumber informasi yang membahas tentang bisnis ikan cupang pemula yang mudah ditemukan.

Bisnis Ikan Cupang Pemula

Dalam artikel ini akan membahas tentang bisnis ikan cupang pemula yang tentunya sangat cocok bagi pemula yang sedang belajar. Bisnis ikan cupang cukup mudah. Tidak perlu memiliki lahan yang luas karena bisa memanfaatkan tempat di teras maupun di dalam rumah. Untuk membeli bibit pun tidak terlalu mahal dan bisa mengawinkan sendiri.

Berikut Cara Bisnis Ikan Cupang Pemula yang Wajib Diperhatikan:

1. Memilih Jenis Ikan Cupang

Jenis ikan ini terdiri dari ikan cupang hias dan ikan cupang aduan. Sebelum memulai budidaya, pemula wajib mengetahui ikan apakah yang akan dibudidaya kelak. Keduanya memang sama-sama bagus dibudidaya. Namun, ikan cupang hias lah yang lebih banyak dibudidaya oleh pemula.

2. Menentukan Indukan Cupang Yang Punya Kualitas Bagus

Hal ini menjadi salah satu bagian terpenting dalam kesuksesan bisnis ikan cupang. Jika kualitas indukan cupang bagus, maka keturunannya pun berpotensi memiliki bentuk yang bagus juga. Perlu diperhatikan bentuk tubuhnya, jangan sampai ada yang cacat misal pada mata atau sirip. Selain itu juga harus memperhatikan kelincahan dalam bergerak.

Tidak kalah pentingnya adalah harus tau indukan yang siap kawin. Ciri-ciri indukan jantan yang siap kawin antara lain bergerak lincah, badan lebih panjang, mempunyai warna sirip yang mencolok. Selain itu juga memiliki sirip yang panjang seperti melambai-lambai sehingga sangat menarik. Itulah yang membuat ikan cupang mahal.

Ciri-ciri indukan betina yang sudah matang dan siap kawin adalah bergerak dengan lambat, memiliki badan yang bulat, warna siripnya kusam. Mempunyai sirip yang pendek dan kurang menarik. Indukan betina yang siap kawin ini berumur sekitar 3-4 bulan.

3. Pemijahan atau Pembenihan

Tahap ini perlu diperhatikan untuk bisnis ikan cupang pemula. Pada tahap ini, telur sang betina akan dibuahi sperma jantan. Saat akan mengawinkan ikan cupang perlu memperhatikan beberapa hal. Pertama adalah menyiapkan dua wadah. Tidak perlu wadah yang besar yang penting cukup untuk menampung dua ekor ikan cupang.

Sebelum kawin, kedua ikan cupang tersebut harus melalui proses pendekatan. Masukkan masing-masing ke dalam wadah yang telah disiapkan dan dekatkan. Indukan jantan akan membuat gelembung-gelembung yang nantinya untuk melindungi telur-telur. Biarkan indukan jantan tersebut membuat gelembung sekitar satu hari. Selanjutnya masukkan indukan betina dalam wadah indukan jantan.

Dalam proses pemijahan biasanya terjadi pada waktu pagi dan sore hari. Saat perkawinan, ikan cupang akan sangat sensitif. Oleh karena itu harus dijauhkan dari hal-hal yang bisa mengganggu kenyamanan ikan cupang tersebut. Sangat disarankan agar wadah ikan cupang dilapisi kain atau kertas.

Setelah terjadi pembuahan, kedua indukan tersebut harus segera dipisahkan. Hal tersebut dilakukan agar indukan jantan lebih fokus dalam melindungi dan membesarkan telur-telurnya. Gelembung-gelembung tadi itulah yang berguna untuk melindungi telur. Selanjutnya telur-telur itu menjadi burayak. Setelah beberapa hari burayak harus dipisahkan dari indukan jantan agar bisa lebih berkembang dengan baik.

4. Pisahkan Anakan Ikan Cupang

Setelah burayak dipisahkan dengan indukan jantan, burayak harus mendapat perhatian lebih. Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, burayak harus dipindahkan ke tempat yang lebih besar dan luas. Hal tersebut dilakukan agar burayak bisa bergerak bebas dan agar menjadi sehat. Harus diperhatikan juga makannya, beri larva nyamuk agar burayak bisa menelan.

Sekitar satu setengah bulan, burayak tersebut sudah menjadi ikan cupang yang lucu. Pisahkan ke tempat yang lebih besar sesuai jenis kelamin. Dalam proses pembesaran beri pakan ikan yang sehat seperti cacing sutra, cacing sutra, dan larva nyamuk. Beri makan ikan sesering mungkin tetapi sekali makan jangan banyak-banyak.

5. Perawatan Ikan Cupang

Setelah ikan cupang dewasa, pisahkan satu-satu. Setiap satu wadah disarankan hanya terdapat satu ikan cupang. Jika lebih dari satu, dikhawatirkan ikan tersebut akan saling menyerang dan bisa merusak sirip bahkan bisa menyebabkan kematian. Jangan lupa untuk selalu membersihkan air ikan tersebut agar tetap terjaga kebersihannya.

6. Pemasaran Ikan Cupang

Strategi pemasaran ikan cupang sangat dibutuhkan apalagi bagi pemula. Selain melakukan pemasaran langsung dengan calon pembeli, pembudidaya bisa melakukan promosi secara online. Saat ini sosial media sangat cocok digunakan untuk promosi seperti Instagram, facebook, whatsapp dll. Selain promosi, pebisnis harus cermat dalam menentukan harga agar tidak rugi.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan pada bisnis ikan cupang pemula. Sebenarnya tidak susah dalam memulai bisnis tersebut. Selain tahan banting, ikan cupang juga mudah dalam perawatannya. Hanya butuh ketelatenan dan kesabaran. Memang cukup mahal jika membeli indukan yang berkualitas bagus tetapi modal akan tertutup jika bisnis ikan cupang berhasil.

Tidak bisa dipungkiri jika usaha ini berhasil maka hasilnya pun akan besar dan menjanjikan. Jangan takut rugi karena terkadang banyak hambatan seperti di bagian promosi. Jika promosi gagal, pebisnis harus mencari tahu apa yang salah dalam promosi tersebut. Mungkin pebisnis bisa mencari alternatif lain. Pebisnis harus cerdas dalam menyelesaikan hambatan-hambatan tersebut.

Continue Reading

TOP STORIES