Connect with us

Bisnis

Bahas Tuntas Perbedaan CV dan PT

Legalitas memang harus didahulukan sebelum mendirikan suatu bisnis, maka dari itu menjadi penting untuk mengerti dulu setiap detailnya.

Baik itu usaha dalam bentuk PT atau CV, semua punya kekurangan dan kelebihan masing-masing.

Bagi yang belum tahu perbedaan keduanya, simak uraian Perbedaan CV dan PT berikut ini.

1. Perbedaan CV dan PT Dari Bentuk Dan Dasar Hukumnya

image: pixabay

Perbedaan dari CV dan PT yang pertama bisa dilihat dari bentuk serta dasar hukumnya. Jika dilihat dari bentuk yaitu sesuai dengan ukuran usahanya. Berikut uraian selengkapnya

PT (Perseroan Terbatas)

PT termasuk jenis badan usaha yang berbadan hukum. Maka dari itu pendiriannya harus sesuai dengan peraturan perundangan resmi yaitu UU No.40 tahun 2007.

Pasal ini lah yang mengatur cukup lengkap tentang perseroan terbatas.

PT termasuk legalitas usaha yang paling banyak digunakan di Indonesia.

Hal ini disebabkan jenis usaha PT dapat digunakan dalam beragam usaha. Baik usaha skala kecil, usaha kelas menengah, maupun usaha skala besar sekalipun.

CV (Perseroan Komanditer)

Lain halnya dengan PT, CV termasuk bentuk usaha yang tidak berbadan hukum.

Hal tersebut karena pendiriannya tidak diatur oleh peraturan tertentu.

Bentuk usaha seperti CV banyak digunakan kalangan usaha kecil menengah atau yang lebih familiar disebut UKM.

2. Perbedaan CV dan PT Dilihat Dari Ketentuan Pendirian

image: Pixabay

Sebuah bentuk usaha tidak bisa lepas dari para pendirinya. Baik CV maupun PT punya perbedaan dalam hal pelaku pendirinya. Simak perbedaannya berikut

  • PT (Perseroan Terbatas). Bisa disebut PT jika sebuah usaha didirikan oleh minimal 2 orang. Ketentuannya keduanya harus merupakan Warga Negara Indonesia. Namun jika dilihat dari peraturan penanaman modal asing, WNA masih diperbolehkan untuk bergabung menjadi salah satu pendiri.
  • CV (Perseroan Komanditer), sementara di CV sama sekali tidak memperbolehkan WNA menjadi pendirinya. Namun jumlah pendirinya tetap harus minimal 2 orang yang pasti dari kalangan WNI.

3. Perbedaan CV dan PT Dari Pemberian Nama Perusahaan

image: Pixabay

Untuk pemberian nama perusahaan PT maupun CV juga punya perbedaan.

Keduanya punya perbedaan pembuatan nama yang salah satunya sudah diatur dalam undang-undang.

Berikut informasi perbedaan keduanya jika dilihat dari pemberian nama perusahaan

PT (Perseroan Terbatas)

Pemberian nama sebuah perusahaan perseroan terbatas sudah ada ketentuannya. Ketentuan tersebut adalah berdasarkan pasal 16 UU No. 40 tahun 2007. Berikut apa saja dasar pemberian nama perusahaan perseroan terbatas

  • Harus didahului dengan frasa “perseroan terbatas”. Boleh disingkat PT, jadi misalnya PT. Kutai Kartanegara
  • Pemberian nama juga tidak boleh sampai mirip atau bahkan sama dengan nama “PT” lainnya. Dimana “PT” tersebut wilayah berdirinya masih di Indonesia. Hal ini sudah diatur dalam Peraturan Pemerintah No. 26 tahun 1998.

CV (Perseroan Komanditer)

Berbeda dengan pemberian nama perusahaan perseroan terbatas atau PT, yang diatur secara langsung oleh undang-undang.

Pemberian nama untuk CV tidak ada peraturan yang mengikat secara khusus.

Jadi bila seandainya terjadi perbedaan nama antara CV satu dengan yan lainnya itu bukan menjadi masalah.

4. Perbedaan CV dan PT Dipandang Dari Modal Perusahaan

image: Pixabay

Sebuah perusahaan tidak akan bisa lepas dari modal. Salah satu komponen ini sangat vital, karena tidak ada modal perusahaan tidak akan bisa berjalan.

Lalu apa perbedaan antara cv dan pt terkait modal yang dimiliki perusahaan, simak penjelasannya berikut ini

PT (Perseroan Terbatas)

Dalam hal modal perusahaan untuk perseroan terbatas sudah ada yang mengatur. Peraturan tentang modal PT secara jelas tertulis pada UU No. 40 tahun 2007. Berikut ketentuan modal PT yang berlaku

  • Sebagai modal dasar PT harus memiliki jumlah minimal 50 juta rupiah. Pengecualian jika ada ketentuan lain yang diatur undang-undang tentang pelaksanaan kegiatan perusahaan tersebut. Khususnya masih di wilayah Indonesia.
  • Sebesar 25 % dari modal dasar tersebut, artinya sekitar 12,5 juta rupiah harus sudah disetor oleh para pendiri PT. Selanjutnya para pendiri ini disebut sebagai pemegang saham perseroan.

CV (Perseroan Komanditer)

Jika di perseroan terbatas modal diatur oleh undang-undang, berbeda dengan CV.

Tidak ada peraturan khusus menyangkut modal perusahaan.

Jadi besarnya modal dasar disetorkan pendiri dengan jumlah nominal bebas. Namun hal ini berefek pada poin-poin tertentu seperti

  • Sistem kepemilikan saham pada perseroan komanditer tidak ada. Tidak seperti pada perusahaan perseroan terbatas.
  • Oleh karena besarnya modal awal CV tidak ditentukan, menyebabkan pencatatan setoran modal dilakukan sendiri oleh pendiri. Masalah bukti penyetoran modal yang dilakukan sekutu pasif atau aktif diatur dalam perjanjian khusus. Tentunya yang sudah disepakati oleh pihak-pihak terkait sebelumnya. 

5. Perbedaan CV dan PT Dilihat Kepengurusan

image: Pixabay

Selain pendiri, dalam sebuah perusahaan juga perlu pengurus yang sekaligus bertindak sebagai pengelola.

Baik CV maupun PT berbeda dalam hal kepengurusan operasional perusahaan. Simak penjelasan singkat perbedaan keduanya berikut ini

PT (Perseroan Terbatas)

Dalam perusahaan perseroan terbatas, pengurus minimal terdiri dari 2 orang.

Satu bertindak sebagai direksi, pihak yang lain menjadi komisaris.

Namun beda lagi untuk perusahaan perseroan terbuka.

Perseroan terbuka mewajibkan jumlah anggota direksi minimal 2 orang.

Namun ada ditemukan kasus dimana direksi dan komisaris ada lebih dari 2 orang.

Maka dalam situasi ini salah satunya bisa diangkat menjadi direktur utama dan komisaris utama.

Satu hal lagi bahwa pada PT pengurus perusahaan bisa sekaligus menjadi pemegang saham, kecuali sejak awal sudah ada pengaturan khusus.

Baik waktu pengangkatan dan pemberhentian pengurus PT ditentukan saat RUPS.

CV (Perseroan Komanditer)

Berbeda pada PT yang diurus oleh minimal 2 orang, satu sebagai direktur dan komisaris. CV juga diurus oleh minimal 2 orang.

Namun, namanya berbeda. Ada yang bertindak sebagai persero aktif. Sementara lainnya berkedudukan sebagai pesero pasif.  

6. Perbedaan CV dan PT Berdasarkan Proses Pendirian Serta Akta Pendirian

image: Pixabay

Perusahaan bisa berdiri tentu melalui serangkaian proses. Baik itu CV maupun PT punya perbedaan tentang proses pendiriannya.

Baca juga: Daftar Perusahaan Terbesar di Indonesia Tahun ini

Begitu juga punya perbedaan tentang akta pendiriannya. Simak penjelasan selengkapnya berikut ini

  • Perseoran Terbatas sampai akhirnya bisa berdiri perlu waktu yang cukup lama. Mengapa prosesnya lama? Hal ini karena pengesahannya harus mendapatkan persetujuan dari Menteri Hukum dan HAM RI. Prosedurnya juga memakan waktu yang cukup panjang. Efeknya adalah biaya pendirian suatu PT akan jauh lebih besar.
  • CV (Perseroan Komanditer) lebih memakan waktu singkat hingga akhirnya bisa resmi berdiri. Hal ini disebabkan karena tidak perlu pengesahan khusus dari pihak tertentu. Sehingga biaya pendirian CV juga lebih terjangkau.

Itulah beberapa perbedaan cv dan pt. Bagi yang ingin mendirikan perusahaan pahami dulu masing-masing jenis usaha berikut. Uraian di atas bisa menjadi salah satu pedoman pembelajaran.

Mendirikan situs income.id sebagai perwujudan pengabdian kepada bangsa dan negara indonesia melalui media yang informatif dan edukatif

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bisnis

Fungsi Utama Software Payroll Terbaik Dalam Kemajuan Bisnis Perusahaan

Software payroll terbaik memang menjadi salah satu software yang saat ini tengah banyak menjadi incaran. Tentu saja didalamnya terdapat beragam sistem yang sangat berguna untuk sebuah perusahaan.

Tidak hanya masalah penggajian karyawan saja, namun software yang satu ini juga lengkap untuk pengelolaan manajemen sumber daya manusia. Salah satu fitur di dalamnya adalah untuk mengetahui kinerja karyawan dengan metode absensi online. Sehingga nantinya akan terpantau dengan jelas kedisiplinan karyawan.

Manfaat Yang Besar Bagi Sebuah Perusahaan

Sebagai pemberitahuan, bahwa gaji merupakan salah satu hal yang sangat vital dalam sebuah manajemen perusahaan. Ini menyangkut hak hidup karyawan perusahaan. Jika saja salah dalam memberikan kalkulasi tentu saja akan merugikan karyawan dan memberikan dampak yang negatif bagi perusahaan.

Dengan menggunakan software payroll tentu saja aka nada banyak manfaat yang diraih. Seperti pemantauan terhadap kinerja karyawan, serta dapat, meminimalisir kesalahan dalam kalkulasi gaji karyawan. Tak tanggung tanggung, software ini tentu saja dapat memberikan efisiensi waktu pula. Dari yang serba manual, maka dengan kehadiran software ini segalanya akan menjadi serba digital. Hal tersebut sangat selaras dengan era industri 4.0 saat ini.

Software Payroll Bagi Sebuah Bisnis

Kebanyakan perusahaan mungkin masih menerapkan sistem sdm secara manual. Tentu saja hal semacam itu dapat menguras waktu serta membuang buang biaya dalam pengelolaan data. Sebagai solusinya, maka software payroll terbaik di Indonesia ini dapat membantu perusahaan melancarkan bisnisnya dengan beragam manfaat berikut ini.

1.Pengelolaan Data Karyawan Secara Lengkap

Fungsi yang satu ini tentu saja dapat menjadi sebuah langkah yang preventif dalam pengelolaan data. Karyawan sebagai aset tentu saja harus dikelola dengan baik. Karena asset tersebut akan sangat berguna untuk kelangsungan sebuah bisnis perusahaan.

Mengelola data karyawan dengan software payroll tentu saja tidak memerlukan orang banyak. Serta hanya dalam lingkup kecil. Seluruh data terkait absensi online, rekening karyawan akan dengan mudah dikelola. Saat penggajian karyawan  tentu saja akan saling terkait dengan data karyawan.

2. Software Yang Tertaut Dengan Absensi

Jika dilakukan secara manual tentu saja akan sering mendapat sebuah kesalahan serta kekeliruan. Nah, kehadiran software payroll akan menjadi sebuah solusi yang cerdas bagi sebuah perusahaan. Tidak lagi harus mencocokkan absensi karyawan secara manual. Dengan software ini maka kehadiran karyawan akan tertaut langsung, ini dikarenakan sistem yang digunakan telah terintegrasi dengan sistem absensi online.

Hal ini tentu menjadikan kerja dari HRD menjadi lebih mudah, dan kesalahan dapat diminimalisir dengan bijak. Selain itu hal ini juga tentunya dapat menghemat waktu dan HRD dapat mengerjakan tugas tugas lainnya.

3. Bonus Bonus Serta Potongan Untuk Karyawan Dapat Dihitung Secara Tepat

Software payroll juga dapat memberikan informasi  berupa bpjs serta bonus seperti THR dan lain lain secara akurat dan tepat. Penghitungan gaji nantinya akan menjadi lebih akurat by sistem dan pengelolaannya tidak lagi harus secara manual. Insentif untuk karyawan dan lainnya akan secara otomatis tercatat by sistem. Sehingga tidak akan menimbulkan kekeliruan yang terkadang menyebabkan selisih.

Selain dapat menghitung PPh 21 software payroll juga mampu untuk menghitung jumlah bpjs karyawan. Bayangkan saja jika masih menghitung secara manual tentu saja akan memakan waktu yang lumayan lama, dan nantinya hal tersebut malah menjadi sebuah beban yang menghambat sebuah perusahaan untuk maju dalam bisnisnya.

Demikian penjelasan terkait fungsi dari software payroll. Dalam penghitungan gaji memang harus dilakukan secara akurat dan tepat. Maka dari itu dengan menggunakan software payroll terbaik yang terkait langsung dengan sistem absensi online, maka perusahaan dapat memantau karyawan nya dan meminimalisir selisih serta kesalahan saat melakukan penggajian karyawan.

Continue Reading

Bisnis

Cara Promosi Perumahan Di Sosmed Yang Efektif, Coba 7 Hal Penting Ini!

Internet merupakan sarana paling efisien dan efektif saat ini digunakan untuk melakukan promosi apapun. Salah satunya cara promosi perumahan di sosmed dengan mengandalkan internet sebagai media iklan. Tingkat jangkauan promosi lebih banyak dan lebih baik sehingga orang-orang dengan mudah mendapatkan informasi perumahan dari sosial media.

Beberapa hal yang penting dipersiapkan pada saat melakukan promosi perumahan merupakan cara paling tepat dalam menjangkau konsumen. Maka strategi dari awal hingga akhir memperkenalkan perumahan via sosmed bisa memperhatikan hal berikut ini.

1. Memiliki Akun Media Sosial

Yang paling utama dalam memulai promosi perumahan dengan memanfaatkan jejaring sosial yaitu mempunyai akun terlebih dahulu. Akun media sosial banyak macamnya saat ini, mulai dari facebook, instagram, YouTube, Twitter dan sebagainya. Hingga status WA pun menjadi ajang media promosi efektif yang bisa dilakukan.

Biasanya saat mengaktivasi satu akun media sosial akan terjadi keterkaitan antara satu akun dengan akun lainnya. Semacam jejaring dengan persen yang sama namun banyak wujud. Jadi saat mempromosikan di salah satu akun media sosial maka bisa ditayangkan pula di akun media sosial lainnya

2. Memahami Apa Yang Dibutuhkan Konsumen Tentang Perumahan

Pahami apa yang dibutuhkan konsumen merupakan cara promosi perumahan di sosmed yang ampuh. Membaca kebutuhan pasar menjadi penting, apalagi kebutuhan akan hunian rumah yang semakin meningkat. Para konsumen biasanya akan mencari informasi yang lebih akurat mulai dari bentuk perumahan, lingkungan strategis, hingga harga yang ditawarkan.

Dalam memberikan promosi yang berkaitan dengan perumahan, memang penting untuk menyajikan apa yang dibutuhkan pasar. Biasanya konsumen akan mencari harga terjangkau dengan kualitas yang terbaik. Atau tipe rumah yang sedang tren pada saat ini dan perumahan yang dekat dengan tempat-tempat strategis.

3. Buat Konten Iklan Yang Menarik

Cara promosi perumahan di sosmed yaitu dengan membuat konten yang menarik. Konten yang menarik biasanya berisi jawaban atau pemahaman yang dibutuhkan konsumen. Dengan memberikan beberapa tips menarik bagi konsumen yang berhubungan dengan home decor atau mengulas tren perumahan.

Konten sangat penting dalam menyajikan sebuah iklan agar terlihat lebih layak dan dapat menjaring konsumen. Karena dalam dunia media sosial mengandalkan visualisasi dari sebuah gambar dan tulisan. Sehingga penyajian konten menjadi daya tarik utama pada konsumen dalam mengenal suatu produk. Apalagi jika produk tersebut perumahan yang butuh banyak detail untuk dijelaskan.

4. Memahami Persaingan Harga

Hal ini sangat penting dipertimbangkan dalam mempromosikan perumahan di medsos. Karena harga biasanya menentukan nilai ketertarikan konsumen pada produk, maka dalam mengemas harga harus semenarik mungkin. Yaitu dengan melihat bagaimana produk yang sama menentukan harga jualnya kepada konsumen.

Biasanya persaingan harga ini memicu terjadinya tingkat pemesanan yang tinggi. Misalnya saja jika seseorang akan mencari perumahan via media sosial kemudian melihat harga dengan diimbangi pemberian diskon. Maka biasanya konsumen akan lebih tertarik apalagi jika ada promo lainnya saat menawarkan perumahan. Karena faktor paling utama dalam menentukan harga adalah keseimbangan harga pasar

5. Memanfaatkan Fitur Yang Ada Pada Sosial Media

Pada cara promosi perumahan di medsos, akan lebih baik lagi jika mengoptimalkan fitur lainnya yang ada. Seperti FB ads, Instagram Ads, dan sebagainya sebagai sarana iklan yang lebih baik lagi. Selanjutnya fitur yang ada pada media sosial ini tentu terintegrasi dengan akun utama sehingga, tidak perlu khawatir iklan tidak menjangkau. Justru dengan bantuan fitur iklan yang ada pada medsos semakin membantu menjangkau berbagai kalangan.

Fitur ini juga mudah digunakan serta mempunyai nilai praktis dan ekonomis. Maka perumahan yang dipromosikan akan lebih menjangkau masyarakat lebih luas lagi. Selain itu, nilai praktis media sosial sangat membantu memangkas biaya promosi karena internet dianggap lebih efektif dibandingkan promosi offline.

6. Optimalisasi SEO

Search Engine Optimization merupakan sebuah sistem mesin pencari yang mengoptimalkan situs yang dimiliki. Dengan melibatkan penggunaan kata kunci yang dicari konsumen pada mesin pencari. Yang kemudian pada search engine didasarkan pada kata kunci yang dimasukkan sehingga memunculkan traffic di sebuah situs.

Optimalisasi SEO ini diyakini efektif untuk menjaring konsumen dalam mengunjungi situs serta memahami produk perumahan yang ditawarkan. Sehingga promosi perumahan akan lebih efektif dan langsung tepat sasaran kepada konsumen yang membutuhkan hunian baru. Atau ada juga konsumen yang sedang berinvestasi pada perumahan.

7. Personal Branding

Pentingnya pengenalan secara lebih baik lagi yaitu dengan personal branding pada suatu produk. Jika ingin mempromosikan perumahan, maka ciptakan personal branding yang kuat sehingga konsumen percaya. Yaitu dengan menjalin relasi secara baik, percaya pada diri sendiri dan produk yang ditawarkan.

Selain itu berikan performa terbaik saat mempromosikan pada konsumen, bagaimana perumahan tersebut dan apa kelebihannya. Dengan begitu di medsos bisa terlihat jelas apa saja yang menjadi ciri khas hingga akhirnya orang akan tertarik dengan perumahan tersebut.

Dengan memahami beberapa cara promosi perumahan di medsos maka diharapkan mampu mengoptimalisasi berbagai peluang yang ada. Karena kekuatan medsos merupakan jaringan internet yang luas, maka saat promosi perumahan dilakukan tentu akan menjangkau lebih banyak lagi. Dan menarik para konsumen untuk mendapatkan hunian nyaman sesuai harapan.

Continue Reading

Peluang Usaha

Tips Buka Usaha di Tengah Ancaman Resesi Ekonomi Indonesia

Resesi ekonomi Indonesia tampaknya makin kencang digaungkan oleh para pakar ekonomi di negeri ini.

Pandemi virus corona telah menyebabkan perekonomian terhenti dan beberapa negara telah masuk ke dalam fase resesi. Lalu bagaimana dengan orang yang justru ingin membuka usaha? Simak tips berikut ini

Apa Itu Resesi Ekonomi ?

Resesi ekonomi adalah adanya penurunan yang tajam terhadap kegiatan ekonomi selama berbulan-bulan bahkan hitungan tahun. Jika hal itu terjadi di Indonesia, maka disebutkan resesi ekonomi Indonesia. Selama pandemi, sudah banyak negara yang terjungkal kegiatan perekonomiannya dan masuk dalam fase resesi.

Pada masa resesi, banyak orang mengalami PHK atau kehilangan mata pencaharian. Hal ini karena perusahaan tidak melakukan kegiatan produksi sebagaimana mestinya. Artinya ada penghematan dan penurunan penjualan karena output yang lebih sedikit.

Resesi bisa mengakibatkan melemahnya daya beli yang dipicu oleh semakin tingginya PHK. Belum lagi ancaman kredit macet di dunia perbankan serta inflasi yang terlalu tinggi. Deflasi juga bisa terjadi jika suatu negara masuk ke dalam fase resesi.

Seperti yang dilansir dari Harapanrakyat.com, Saat ini Indonesia belum masuk fase resesi walaupun ancaman itu sudah di depan mata. Namun jika di kuartal ketiga nanti perekonomian kembali terkontraksi, sudah pasti Indonesia akan resesi. Konsumsi rumah tangga harus meningkat serta investasi harus lebih besar lagi. Saat ini tumpuan utama Indonesia adalah investasi pada UMKM.

Tips Membuka Usaha Saat Resesi

Resesi yang pernah terjadi di beberapa negara di masa lalu justru memicu lahirnya sejumlah perusahaan besar. Contohnya saja Uber, General Motor, CNN, Burger King, dan Airbnb. Usaha-usaha mikro yang lahir di masa resesi berpotensi menjadi besar ketika perekonomian membaik. Lalu, apa tipsnya agar aman membuka usaha saat resesi?

1. Lakukan Penghematan

Berhemat adalah hal yang tepat dilakukan ketika membuka usaha di masa krisis. Ingatlah bahwa bisnis sedang dijalankan dimana pendapatan masyarakat menurun, pasokan bahan baku tersendat dan penjualan tipis. Alokasikan modal untuk keperluan produksi dan bukan yang lain.

2. Produksi Berdasarkan Pesanan

Beberapa barang bisa diproduksi saat pesanan datang. Hal ini lebih menguntungkan dan bisa menyelamatkan bisnis dari kerugian. Dengan membuat produk saat pesanan sudah masuk, maka keuntungan lebih mudah diperhitungkan. Buatlah sistem PO untuk produk yang akan dijual.

3. Manfaatkan Pemasaran Digital

Pemasaran secara digital bisa dimulai dengan sangat murah. Misalnya dengan memaksimalkan media sosial dan internet. Buatlah website untuk branding produk dan perusahaan. Resesi atau tidak, pemasaran secara digital harus dilakukan apalagi jika ingin menjaring konsumen yang lebih luas.

4. Efisiensi Pekerjaan

Mempekerjakan karyawan tetap penting untuk menjaga performa dan kualitas produksi. Tetapi, dikala resesi, beban gaji karyawan bisa mempengaruhi cash flow. Maka, usahakan setiap karyawan melakukan pekerjaannya dengan efektif dan efisien. Walaupun terkesan “pelit”, namun ini penting untuk kelangsungan usaha. Jangan ragu untuk ikut terjun sendiri membantu operasional agar lebih hemat.

Baca Juga: Satuma Kraf, Ahlinya Pembuat Kerajinan Tembaga dan Kuningan

5. Rencanakan dengan Matang

Perencanaan adalah yang terpenting ketika membuka bisnis di masa resesi. Tidak ada salahnya berkonsultasi dulu kepada konsultan atau rekanan sebelum benar-benar terjun. Setiap sen yang dikeluarkan, harus jelas kapan kembalinya dan bagaimana.

Resesi ekonomi Indonesia yang sudah di depan mata harus disikapi dengan tenang namun tetap proaktif. Saat ini Iklim bisnis masih cukup sehat walaupun persaingan ketat. Buktinya, semakin banyak orang yang terjun membuka usaha di masa pandemi. Siapa tahu, salah satunya akan sukses dan besar ketika wabah mereda.

Continue Reading

TOP STORIES