Connect with us

Bisnis

Partisi Meja Kantor dan Jenisnya yang Bisa Dipilih Sesuai Kebutuhan

Partisi Meja Kantor

Memiliki meja kantor yang nyaman merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan produktivitas seseorang. Ada beberapa cara yang bisa membuatnya nyaman, yakni dengan menyediakan partisi sebagai penyekat diantara yang lainnya. Dengan adanya partisi meja kantor akan menjadi lebih rapi, dan tentunya akan menjadi lebih nyaman untuk bekerja dan dapat membuat pekerjanya semangat.

Mengenal Partisi Meja Kantor

Jadi apa itu sebenarnya partisi di meja kantor? Partisi meja kantor ini adalah bagian dari meja yang digunakan untuk berbagai kebutuhan. Misalnya bagian ini digunakan untuk menyimpan dokumen, dan juga meletakan berbagai peralatan. Bagian ini juga bisa dipakai untuk memisahkan antara meja yang satu dengan yang lainnya. Jadi pekerja bisa lebih nyaman dalam bekerja.

Jenis Partisi

Seperti yang dikatakan sebelumnya kalau partisi ini merupakan bagian yang digunakan untuk berbagai keperluan. Karena hal itulah ada banyak sekali jenis dan model partisi yang ada di masyarakat. Model dan jenis ini bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan, dan juga dana yang ada. Karena tentunya berbeda model, berbeda juga harga yang ditawarkan.

1. Model Bilik

Pertama adalah partisi meja kantor yang memiliki model bilik, layaknya kamar. Biasanya karena berbentuk seperti ini maka ada kurang lebih dua atau tiga bagian dari satu meja. Ini dilakukan untuk memisahkan antara satu pekerja dengan pekerja lainnya. Model ini merupakan yang paling tersohor, dan sudah sangat sering digunakan dari dulu.

2. Bentuk Portable

Kalau ingin memisahkan meja dengan beberapa bagian, namun masih ragu maka tidak ada salahnya untuk mencoba model yang satu ini. Karena dengan model portable, model ini bisa dibongkar pasang. Jadi tidak perlu khawatir apabila bosan dan ingin menggantinya, maka bisa dilakukan dengan mudah. Hanya tinggal lepas dan pasang kembali bagiannya.

3. Partisi dengan Bahan Kaca

Apabila ingin mendapatkan model yang mewah dan mendapatkan pencahayaan terbaik, maka model ini layak untuk dicoba. Dengan menggunakan model ini juga suara yang datang dari luar dapat lebih teredam. Jadi kebisingan yang dihadirkan bisa lebih diminimalisir. Karena itu kalau ingin mendapatkan bagian yang mewah, dan minim suara ini adalah pilihannya.

4. Accordion

Ini adalah model yang lebih rumit dari beberapa yang sudah disebutkan sebelumnya. Pengerjaan dan pembuatannya membutuhkan ketelitian yang tinggi, karena tidak bisa sembarangan. Umumnya digunakan untuk membuat bagian lebih dari lima. Biasanya juga dipakai untuk meja dengan ukuran panjang, sehingga pembagiannya jauh lebih banyak dan tentu pengerjaannya sedikit rumit.

5. Model Rendah

Terakhir adalah model rendah yang umumnya bagian ini digunakan untuk menyimpan beberapa barang. Jadi hanya satu sekat saja di meja, dan kemudian satu itu berguna untuk menyimpan dokumen yang memang dibutuhkan. Karena sudah ada tempat penyimpanan, maka dokumen ini bisa diletakan lebih rapi dan membuat pekerja menjadi lebih nyaman saat bekerja.

Apabila ingin memilih model partisi yang sudah disebutkan di atas, maka konsumen bisa memilih mana yang memang sesuai dengan keinginannya. Ada beberapa yang mungkin tidak nyaman kalau terlalu banyak pembatas di meja kantornya, maka buatlah yang model rendah. Kalau ingin membuat yang privasinya lebih terjamin, maka bisa gunakan yang accordion atau model bilik.

Intinya dalam membuat partisi meja kantor ini adalah kenyamanan pekerjanya. Karena justru jangan sampai niat ingin membuat nyaman, justru membuat pekerja menjadi terganggu dengan banyaknya bagian yang ada di meja. Buatlah yang sesederhana mungkin, namun efektif dan juga efisien. Jadi tidak mengurangi sedikitpun kenyamanan pengguna mejanya.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Peluang Usaha

Rincian Modal Usaha Jilbab yang Harus Dipertimbangkan Pebisnis Pemula

Rincian Modal Usaha Jilbab

Tertarik untuk menekuni usaha jilbab, namun bingung menentukan estimasi modal dan komponen apa saja yang diperlukan untuk menjalankannya? Sebaiknya, simak ulasan asyik yang ada di bawah ini dengan teliti! Karena, di sini telah disajikan, informasi rincian modal usaha jilbab yang harus dipertimbangkan pebisnis pemula secara lengkap dan jelas, antara lain:

1. Pembelian Produk Jilbab

Komponen rincian modal usaha jilbab pertama yang wajib dijadikan sebagai pertimbangan bagi para pebisnis pemula ialah pembelian produk. Biasanya hal ini mempertimbangkan beberapa aspek penting agar penjualan nantinya bisa efisien, terdiri dari:

  • Cluster jenis bahan yang dipergunakan pada jilbab, mulai dari yang murah hingga yang grade A;
  • Pilihan model jilbab yang bagusnya disesuaikan dengan trend yang tengah berkembang di kalangan jilbaber;
  • Varian warna yang banyak untuk 1 jenis model jilbab dengan prioritas pada warna yang paling banyak dicari; dan
  • Sejumlah pertimbangan lain terkait perkembangan trend jilbab di kalangan pemakainya.

Setelah, memperhatikan hal tersebut, maka saatnya untuk menentukan estimasi. Katakanlah produk grade rendah dengan kisaran Rp. 14.000 sebanyak 100 buah, produk kualitas sedang dengan harga Rp. 17.000, 100 buah, dan grade A Rp. 20.000 sebanyak 100 buah. Sehingga diketahui kisaran modal pembelian awalnya sekira Rp. 5.100.000, yang bisa disesuaikan kebutuhan.

2. Sewa Tempat dan Peralatan Display

Berikutnya, komponen kedua yang masuk dalam rincian modal usaha Jilbab ialah biaya sewa tempat dan peralatan display yang diperlukan. Tentu ini sangat dibutuhkan, khususnya jika usaha nanti dijalankan secara offline, dengan anggaran terdiri dari:

  • Dana sewa tempat sekira Rp. 500.000, yang bisa bertambah ataupun berkurang tergantung dari masing-masing lokasinya;
  • Pengadaan etalase yang dipergunakan sebagai display jilbab, dengan estimasi pemesanan sekira Rp. 2.000.000 dan masih bisa dikurangi dengan cara membuat sendiri;
  • Hanger ring yang akan dipakai sebagai pajangan sebanyak 4 buah (estimasi usaha sedang) dengan total sekira Rp. 100.000; dan
  • Pajangan manekin sebanyak 5 buah dengan kisaran harga @Rp 20.000, dengan total Rp. 100.000.

Berdasarkan perhitungan di atas maka dapat disimpulkan biaya sewa dan peralatan standar yang diperlukan sekira Rp. 2.700.000. Besaran ini masih bisa membengkak atau menyusut, bergantung pada harga sewa umum yang berlaku di lingkungan penjualan. Selain itu juga bergantung pada rentang biaya pembuatan etalase dan harga peralatan sesuai update terbaru pasar.

3. Biaya Marketing

Marketing sangat diperlukan dalam menjalankan sebuah kegiatan usaha. Jadi sangat penting untuk memasukan komponen ini pada rincian modal usaha jilbab bagi pemula, yang biasanya terdiri atas beberapa hal urgent, di antaranya:

  • Pembuatan banner nama toko atau neon box dengan kisaran harga Rp. 250. 000;
  • Sarana promosi X banner untuk display depan toko dengan harga Rp. 150.000;
  • Perkiraan biaya promosi awal via marketplace dan sosial media dengan anggaran sekira Rp. 500.000; dan
  • Pembelian kuota bulanan untuk akses data senilai Rp. 100.000;

Jadi, estimasi biaya marketing awal standar yang harus disiapkan pebisnis sekira Rp. 1000.000. Catatannya, biaya ini tetap bisa mengalami perubahan baik penambahan maupun juga pengurangan di bulan berikutnya, tergantung dari performa pemasaran. Hal tersebut setidaknya bisa diketahui dari sedikit banyaknya orderan yang masuk dari iklan yang terpasang, sebagai indikasi keefektifannya.

4. Estimasi Biaya Packing

Jenis komponen keempat ini jelas sangat diperlukan, khususnya bagi pelaku usaha jilbab yang berbasis online. Lazimnya, ada sejumlah perangkat yang dibutuhkan untuk menjamin jilbab sampai ke tangan konsumen dengan kondisi bagus, misalnya:

  • Plastik packing berbagai macam ukuran dengan estimasi sekira Rp. 100.000;
  • Kardus untuk packing baik bekas maupun baru dengan estimasi sekira Rp. 200.000, tergantung pada ramai sepinya orderan;
  • Selotip untuk packing dengan berbagai macam ukuran sekira Rp. 100.000, dan
  • Kertas untuk penulisan alamat, yang bisa juga diganti dengan template cetak dengan kisaran harga Rp. 100.000;

Perlu untuk diketahui, bahwa estimasi biaya packing di atas didasarkan pada kebutuhan bulanan dengan jumlah orderan sedang. Tentu jumlah ini sangat mungkin mengalami fluktuasi sehingga bisa disesuaikan dengan kondisi dari masing-masing toko. Lain dari pada itu, untuk jenis jilbab tertentu biasanya juga perlu packing khusus yang biaya pengemasannya bersifat relatif.

5. Keperluan Transport dan Operasional

Terakhir, pengusaha juga perlu untuk menyiapkan biaya transport dan lain-lain untuk jenis kepentingan yang bersifat operasional. Umumnya, ada pencadangan dana khusus yang sengaja disiapkan pengusaha untuk aspek ini, yang dirinci sebagai berikut:

  • Transportasi pembelian dan pengiriman produk total bulanan dengan estimasi sekira Rp. 300.000;
  • Beban kebersihan bulanan toko jilbab dengan kisaran Rp 50.000;
  • Cadangan biaya lain-lain untuk jenis keperluan mendesak yang bisa dianggarkan mulai dari Rp 350.000, sehingga total komponen kelima ini ialah Rp 700.000;

Nah, demikianlah kiranya rincian modal usaha jilbab yang harus disiapkan oleh pengusaha pemula yang jika ditotal sekira Rp. 10.000.000. Pastinya, rincian yang diberikan di sini sifatnya gambaran umum untuk jenis usaha sedang. Karenanya, kemungkinan estimasinya perlu untuk ditambah atau diefisienkan sesuai dengan kondisi pasar terbaru dan ketersediaan modal yang dimiliki.

Continue Reading

Bisnis

Contoh Usaha Modal Kecil Untung Besar, Apa Saja?

Contoh Usaha Modal Kecil Untung Besar

Biasanya memulai bisnis identik dengan membutuhkan modal yang besar. Saat ini peluang bisnis dengan modal kecil juga bisa dilakukan bahkan mendapatkan keuntungan. Cobalah untuk memahami contoh usaha modal kecil untung besar. Adapun usaha yang ada ini juga bisa jadi ide yang menarik dan dilakukan secara mudah tanpa keluar banyak modal. Usaha apa saja yang bisa dilakukan tersebut?

1. Jualan Aksesoris Wanita

Siapa yang tak suka dengan aksesoris? Seperti pita, bando, jepit rambut dan sebagainya. Semua aksesoris wanita ini memang menarik untuk dimiliki dan digunakan. Untuk mempercantik penampilan dan menjadi salah satu yang paling menarik untuk dimiliki. Jadi jika buka usaha jualan aksesoris wanita pastinya akan banyak yang tertarik.

Adapun modal yang disiapkan juga tidak banyak, pasalnya kain perca, pita dan sebagainya itu harganya tergolong murah. Jadi bisa untuk memulai buat aksesoris sendiri kemudian dijual lagi. Atau cari supplier aksesoris wanita yang bisa memberikan harga terjangkau dan termurah. Jadi bisa untung banyak saat dijual kembali aksesorisnya.

2. Catering Rumahan

Usaha rumahan bisa dijadikan contoh usaha modal kecil untung besar. Apalagi mudah dilakukan hanya dari rumah serta waktu yang fleksibel ketika ada pesanan. Jasa catering ini sangat dibutuhkan untuk orang-orang yang butuh sajian makanan yang praktis dan sehat.

Jadi jasa catering ini biasanya dipilih untuk berbagai acara besar seperti ulang tahun, acara kantor, hajatan dan sebagainya. Maka peluang usaha ini sangat besar dan bisa dapatkan untung yang lebih banyak. Apalagi jika mendapatkan orderan dalam jumlah partai besar, bersiap untuk menikmati profit yang besar pula.

3. Bisnis Dropship

Usaha yang minim modal satu ini yaitu menjadi dropshiper dan bisa dikerjakan secara fleksibel. Seorang dropshiper tak perlu stok barang, jadi barang disediakan oleh supplier. Jika ingin jadi dropshiper pilihlah produk yang sedang tren di pasaran dan mulailah promosi. Banyak media sosial yang bisa dijadikan untuk media promosi produk yang sedang ditawarkan.

Jadi dropshiper juga risiko kecil namun bisa untung, bisa dapatkan harga supplier kemudian dijual kembali. Tentunya bisa semakin fleksibel dan lebih mudah dilakukan hanya dengan hp juga jaringan internet menawarkan produk. Jika ingin lancar bisa dengan memilih supplier yang terpercaya dan harga produk yang lebih murah.

4. Jual Kopi Kekinian

Tren saat ini yaitu kopi kekinian bisa jadi usaha terbaru yang membuka peluang mendapatkan keuntungan. Untuk bisa memulainya bisa memilih kualitas kopi terbaik, sajikan dengan kemasan yang menarik. Kemudian bisa mulai mempromosikan kopi kekinian tersebut dengan cara yang menarik.

Bisa juga membuka café dengan kopi kekinian di rumah kemudian bisa join ke marketplace. Dengan begitu bisa menjangkau berbagai pembeli yang ada tak hanya di lingkungan rumah saja. Pilih supplier kopi yang berkualitas, siapkan peralatan dan bersiap mengelola kopi kekinian yang menarik.

5. Jasa Laundry

Jasa laundry termasuk dari contoh usaha modal kecil untung besar peluangnya dimulai dari rumah. Dengan memanfaatkan tempat dan membuka jaringan promosi via online atau offline juga bisa untuk menjaring konsumen. Apalagi jika tinggal di lingkungan padat seperti area kampus, pekerja yang membutuhkan jasa laundry.

Peluang laundry ini memang sangat besar, apalagi di zaman yang serba praktis. Bisa juga dengan memberikan layanan jemput dan antar untuk menarik pelanggan. Dengan begitu usaha laundry untuk meraih keuntungan tiap harinya.

6. Jualan Pulsa dan Paket Data

Ada juga usaha yang modalnya kecil dan untung besar dengan berjualan pulsa dan paket data. Apalagi saat ini pulsa dan paket data sudah jadi kebutuhan yang banyak bagi semua orang.  Jadi peluang usaha yang satu ini bisa jadi peluang yang menguntungkan dan bisa dikerjakan dari rumah.

Untuk bisa mengembangkan usaha yang satu ini bisa dengan iklan via status WA, kerabat dan para tetangga sekitar. Semakin banyak yang tahu dan pesan pulsa serta paket data yang mudah bisa menjaring pelanggan. Jadi untung dari jualan pulsa dan paket data bisa didapatkan setiap harinya dan perbulan bisa mendapatkan banyak omset.

7. Jasa Kursus Privat

Jika memiliki keahlian seperti mengajar, punya skill di bidang musik dan sebagainya. Maka cobalah untuk memulai jasa kursus privat, bisa dengan secara personal melayani datang ke rumah pelanggan. Atau membuka kolektif di rumah dengan pelanggan yang datang untuk belajar. Dari jasa kursus privat ini bisa membuka jejaring yang lebih luas lagi, pasalnya banyak yang butuh pembelajaran lebih baik.

Berikan pelayanan terbaik kepada siswa yang mendaftar kursus privat dan lakukan pengelolaan dengan baik. Jika memberikan cara belajar yang menyenangkan maka siswa juga akan merekomendasikan ke siswa lainnya.

Banyaknya contoh usaha modal kecil untung besar dimana usaha tersebut juga bisa menjadi pilihan.  Atau ide yang ada untuk bisa memulainya secara serius. Dengan ketekunan dan kebaikan dalam memulai bisa membuka peluang usaha terbaik untuk raih keuntungan.

Continue Reading

Strategi Pemasaran

Strategi Optimasi Pemasaran Produk Fashion Kekinian

optimasi pemasaran produk fashion

Melakukan optimasi pemasaran produk fashion kekinian sekarang dapat dilakukan oleh pengusaha dengan berbagai macam strategi. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan perkembangan teknologi laiknya website berbasis SEO dan aneka sosial media populer, yang tengah booming di masyarakat. Penasaran bagaimanakah caranya? Ikuti saja ulasan menarik yang telah disajikan di bawah ini!

1. Kenali Target Produk

Pertama yang harus dilakukan sebagai langkah optimasi pemasaran produk fashion kekinian adalah mengenali target pasarnya. Secara sederhana terkait penargetan ini dapat melihat pada sejumlah pertimbangan, yang terdiri atas: 

  • Tingkatan harga, yang memberi gambaran apakah produk fashion ditujukan untuk kalangan bawah, menengah, atau kalangan atas; 
  • Rentang usia, yang berkenaan dengan sasaran spesifik terkait produk fashion semisal baju untuk anak, pakaian remaja, atau busana pria dan wanita dewasa; 
  • Berdasar fungsional, ini menekankan tujuan pemasarannya nanti akan di arahkan ke mana, apakah ke komunitas hoby, fans grup tertentu, atau yang lainnya; serta
  • Sejumlah pertimbangan lain terkait target pemasaran yang disesuaikan dengan masing-masing produk fashion yang ditawarkan. 

2. Update Variasi Trend Produk Fashion 

Selanjutnya penting juga mengupdate variasi produk fashion yang ditawarkan agar konsumen tidak merasa bosan. Yakni dengan melakukan tindakan-tindakan seperti: 

  • Menyimak trend fashion yang tengah berkembang di masyarakat untuk dijadikan pedoman dalam menawarkan produk terbaru; 
  • Memunculkan inovasi produk fashion sendiri agar terkesan lebih segar di mata para konsumen; 
  • Menjalankan sortir terhadap produk-produk yang telah lama dipajang namun tidak memberikan dampak positif dalam pemasaran; 
  • Memberikan diskon spesial untuk menghabiskan stok lama; dan 
  • Cara kreatif lain yang bertujuan agar stok bisa segera diperbarui. 

3. Manfaatkan Sosial Media Marketing

Keberadaan sosial media saat ini memegang peranan penting bagi kehidupan termasuk dalam hal ekonomi. Melihat hal itu, sebenarnya bisa dimanfaatkan sebagai optimasi pemasaran dengan mengikuti trend di sosial media seperti: 

  • Mengunggah foto produk dengan ulasan semenarik mungkin agar menarik minat pembeli; 
  • Membuat konten video pendek yang sedang tenar di kalangan masyarakat, misalnya menggunakan apk video itu untuk menawarkan produk fashion terbaru atau aksesoris seperti premium watch brands dengan lebih seru; 
  • Menciptakan fanpage atau grup yang lebih dekat menjangkau para konsumen tertentu; 
  • Menyebar katalog produk berisi koleksi dan diskon terbaru; dan 
  • Berbagai trik lain berkenaan dengan konten di sosial media yang dapat mengoptimalkan pemasaran. 

4. Optimalkan Website Berbasis SEO

Keempat, upaya optimasi pemasaran produk kekinian juga bisa didapatkan dengan cara pengembangan website berbasis SEO atau sesuai algoritma mesin pelacak Google. Cara ini banyak dipakai karena menawarkan hasil yang menggiurkan. Namun sayangnya, tidak mudah dilakukan oleh para pemula sehingga memerlukan bantuan jasa pembuatan website agar hasil optimasi yang didapat sesuai harapan. 

5. Tingkatkan Layanan Konsumen 

Responsibility atau kecepatan seorang penjual dalam memberikan respon pada para konsumen sangat menentukan goal transaksi. Lantaran, rata-rata konsumen bertransaksi berdasarkan emosi yang hanya bertahan selama waktu tertentu saja. Tanpa pemberian respon yang cepat dan tepat maka besar kemungkinan transaksi produk fashion akan mengalami kegagalan akibat pembatalan dari pihak konsumen. 

Nah, itulah tadi sejumlah informasi penting dan menarik terkait strategi optimasi pemasaran produk fashion kekinian yang dapat dihadirkan. Bagaimana? Sudah siap untuk melakukan pengembangan usaha dunia fashion melalui berbagai cara kreatif yang disebutkan di atas? Baiknya jangan berpikir terlalu lama! Segeralah bertindak, agar pengembangan usaha yang diimpikan segera dapat terwujudkan!

Continue Reading

TOP STORIES