Connect with us

Lifestyle

Penjelasan Detail Tentang Otak Kanan dan Otak Kiri

Dalam menentukan pekerjaan yang cocok untuk seseorang, kita sering mengaitkan dengan kecenderungan seseorang terhadap penggunaan otak kanan dan otak kiri.

Bahkan ada beberapa situs yang menyediakan tes untuk menentukan seseorang pengguna (Dominan) otak kanan atau otak kiri.

Namun disamping itu, ada baiknya jika kamu mengerti dulu apa perbedaan dari kedua bagian otak manusia ini dan kenapa otak manusia terbagi menjadi demikian.

Pengertian Otak Kanan dan Otak Kiri

Otak merupakan organ pekerja keras dan kompleks yang terdiri dari 100 milyar neuron.

Berat sebuah otak hanya 3 kilogram yang menggunakan 20 persen energi tubuh namun beratnya hanya 2 persen dari berat tubuh.

Seorang neuropsikolog mengemukakan bahwa akal manusia terdiri atas dua bagian yakni otak bagian kanan dan otak bagian kiri, ia adalah Roger Sperry.

Otak kanan dan otak kiri dihubungkan oleh suatu jaringan saraf otak yang disebut dengan Corpuss Callosum.

Menurut Roger Sperry setiap bagian otak memiliki fungsi spesialnya tersendiri dan tidak saling bergantung satu sama lain.

Otak bagian kanan bertugas mengontrol bagian tubuh yang ada di sebelah kiri sedangkan otak bagian kiri bertugas mengontrol bagian tubuh yang ada di sebelah kanan.

Contoh sederhananya saat kita mengedipkan mata kanan, maka yang mengontrolnya adalah otak bagian kiri.

Hal ini akan berlaku juga bila terjadi kerusakan pada bagian tubuh sebelah kanan maka yang bermasalah adalah sisi otak yang berlawanan.

Kecerdasan Otak Kanan dan Otak Kiri

Seperti yang sudah dijelaskan oleh Roger Sperry mengenai bagian otak yang memiliki fungsi spesialnya tersendiri, maka sudah dipastikan fungsi kecerdasannya pun akan sangat jauh berbeda.

Beberapa orang bahkan meyakini bahwa setiap orang memiliki satu sisi otak yang dominan yang berpengaruh terhadap perilaku, gagasan, kepribadian dan tingkah lakunya.

1. Otak Kanan

Secara umum otak bagian kanan memiliki tanggung jawab dalam pengenalan wajah dan pengolahan musik atau lebih dikenal bidang spasial.

Selain itu otak kanan juga berperan dalam matematika meskipun hanya perkiraan kasar dan perbandingan.

Oleh karena itu otak kanan kecerdasan yang dimiliki oleh otak kanan diantaranya kreatif, berpikiran bebas, dapat melihat gambar besarnya. Selain itu cenderung memvisualisasikan lebih dari sekedar berpikir dengan kata-kata, dan sangat intuitif.

2. Otak Kiri

Berbeda dengan otak kanan, otak bagian kiri lebih dominan dalam bahasa. Contohnya seperti dalam proses pengolahan apa yang sudah didengar dan menangani tugas berbicara.

Selain otak kiri memiliki tugas dalam pengolahan matematika yang mana memori dari otak kiri akan mengungkapkan sebuah fakta.

Kecerdasan yang dimiliki oleh orang-orang yang berotak kiri diantaranya berorientasi pada fakta, analitis, detail, logis, numerik, dan cenderung berpikir dengan kata-kata.

Perbedaan Fungsi Otak Kanan dan Otak Kiri

image: Pixabay

Otak kanan memiliki karakteristik dan fungsi yang berbeda dengan otak kiri. Namun, perbedaan dalam fungsi bagian otak ini tidak menentukan seseorang menggunakan otak kanan atau otak kiri.

Berikut ini adalah beberapa hal yang menjadi perbedaan otak bagian kanan dan otak bagian kiri.

Perbedaan yang pertama ada pada emosi. Baik pada manusia ataupun primata non-manusia emosi menjadi domain dari otak kanan.

Otak kanan akan mengatur emosi yang dirasakan orang lain dan yang diekspresikan kepada orang lain.

Jika emosi didominasi oleh otak kanan, maka bahasa di dominasi oleh otak kiri. Orang yang aktif berbicara lebih sering menggunakan otak kirinya.

Bahasa isyarat atau bahasa yang berbasis visual pun menjadi domain otak kiri. Aktifitas otak seperti menggunakan bahasa isyarat untuk berkomunikasi biasanya digunakan pada orang yang tuli.

Perbedaan selanjutnya ada dalam segi handedness atau penggunaan tangan. Orang pengguna tangan kanan atau tangan kiri (kidal) menggunakan bagian otaknya pun menggunakan bagian otaknya secara berbeda.

Contohnya seperti orang kidal menggunakan otak kanannya untuk mengerjakan tugas manual begitupun sebaliknya.

Perbedaan yang terakhir ada dalam hal perhatian. Dua bagian otak ini pun memiliki perhatian yang berbeda. Dunia luar akan terasa menarik dan lebih diperhatikan oleh otak kanan. Sedangkan bagian otak kiri lebih tertarik pada dunia luar atau internal.

Profesi Otak Kanan dan Otak Kiri

Kecerdasan yang dimiliki masing-masing bagian otak dipengaruhi oleh perbedaan dominasi dan fungsi otak kanan dengan otak kiri.

Kebanyakan orang mengacu kepada perbedaan kedua kecerdasan yang dimiliki oleh otak kanan maupun otak kiri sebagai penentu profesi.

Otak kanan dihubungkan oleh beberapa pakar anatomi tubuh dengan pekerjaan yang berkaitan dengan kecepatan, intuitif, dan juga kreatif.

Bagi orang yang menyukai hal-hal yang berbau kreatif, memiliki corak warna-warni, hal-hal tanpa perencanaan atau mendadak, mau mengambil resiko, cepat mengambil keputusan, dan selalu ingin cepat dalam menyelesaikan sebuah pekerjaan.

Sedangkan otak kiri dihubungkan oleh pakar anatomi tubuh dengan pekerjaan yang berkaitan dengan ketelitian, analisis, dan logika.

Orang dengan otak kiri yang dominan akan berhati-hati dalam mengambil keputusan, menganalisis dari berbagai sudut, menggunakan logika dalam berpikir, dan melakukan komparasi dengan perbandingan nilai.

Penelitian Mengenai Otak Kanan dan Otak Kiri

Roger W. Sperry | Doc: rogersperry.org

Sebuah studi “Lateralisasi pada otak” pada tahun 2013 yang meneliti dengan melihat lebih dari 1.000 gambar 3D otak manusia.

Penelitian tersebut bertujuan untuk mengukur aktifitas otak bagian kanan dan kiri menggunakan alat pemindai bernama MRI (Magnetic Resonance Imaging).

Studi ini mengalahkan penemuan Roger W. Sperry  pada tahun 1960.

Medical News Today mengatakan bahwa hasil penelitian tersebut seseorang tidak menggunakan sisi otak dominannya melainkan menggunakan kedua belah bagian otaknya.

Tetapi karena tugas setiap orang berbeda, maka aktifitas otaknya pun akan berbeda pula.

Seperti yang dikatakan oleh Studi PLoS Biology bahwa pusat bahasa pada otak terdapat di sebelah kiri, sedangkan komunikasi emosi dan nonverbal terdapat di sebelah kanan.

Meskipun studi ini mengalahkan pendapat Roger W. Sperry, namun karena menonjolnya temuan mengenai kepribadian otak kiri dan otak kanan membuat kepercayaan ini semakin berkembang.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa setiap orang menggunakan kedua bagian otaknya yakni otak kanan dan otak kiri.

Paradigma tentang penggunaan salah satu bagian otak yang mendominasi karakter dan kepribadian seseorang tidaklah benar.

Kedua bagian otak memang memiliki perbedaan fungsi dan kecerdasan yang jauh berbeda. Namun perbedaan tersebut ada untuk saling menguatkan dan mendukung kecerdasan dan aktifitas setiap individu.

Header Image: Pixabay

Mendirikan situs income.id sebagai perwujudan pengabdian kepada bangsa dan negara indonesia melalui media yang informatif dan edukatif

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hunian

Memiliki Lahan Pemakaman di San Diego Hills, Kompleks Makam yang Bersih dan Asri

Tidak ada yang menyangka ternyata saat ini mencari sebuah tempat pemakaman menjadi sangat sulit. Jumlah lahan untuk pemakaman yang semakin kecil membuat proses pencarian tempat pemakaman yang bersih menjadi rumit. Di Jawa Barat, hanya ada San Diego Hills, sebuah tempat pemakaman mewah bertaraf internasional yang tentu saja bersih dan asri.

San Diego Hills, Pemakaman Mewah yang Bersih dan Asri

Tempat pemakaman mewah ini berlokasi di Karawang, Jawa Barat. Menurut penuturan sang CEO, tempat pemakaman dengan luas lebih dari 500 hektar ini menggunakan konsep taman yang dipadukan dengan tradisi dan budaya di Indonesia. Dengan menggunakan konsep ini, kompleks pemakaman ini tentu jauh dari kesan angker dan seram seperti pemakaman lainnya.

Di dalam area makam, terdapat tiga area yang dibedakan berdasarkan agama dan tradisi yang ada di Indonesia. Ada area Islam yang sudah memenuhi ketentuan syariah Islam yakni dengan semua makan yang menghadap ke arah kiblat. Kemudian ada juga area universal yang bisa digunakan oleh semua umat dan kepercayaan, serta area Tionghoa. Khusus untuk area Tionghoa ini bahkan sudah mengikuti aturan fengshui sesuai kepercayaan.

Penyesuaian sesuai dengan kepercayaan ini juga tentu akan memudahkan sanak keluarga ketika akan berziarah. Selain itu, lahan yang asri tentu membuat sanak keluarga yang akan memakamkan saudara yang meninggal tidak akan khawatir akan kebersihannya. Harga yang ditawarkan oleh pihak pengelola juga sangat terjangkau dengan berbagai fasilitas termasuk fasilitas kebersihan dan keamanan.

Keuntungan Memiliki Lahan Pemakaman di San Diego Hills

Saat ini lahan kosong yang bisa digunakan untuk sebuah tempat pemakaman sudah mulai sangat terbatas. Oleh sebab itu, dengan memilih lahan pemakaman di San Diego Hills, akan memberikan beberapa keuntungan sebagai berikut.

1. Lahan Bersifat Permanen

Tempat pemakaman di sini bersifat permanen, yang artinya tempat pemakaman ini tidak akan pernah mengalami proses penggusuran. Hal ini tentu sangat melegakan bagi sanak keluarga yang ingin berziarah. Lahan pemakaman sering menjadi sasaran penggusuran lantaran luasnya yang besar sehingga banyak digunakan untuk perumahan, gedung, atau bangunan lainnya.

Namun, hal tersebut tidak akan terjadi di sini. Bahkan sistem pemakaman di sini menggunakan sistem satu lubang. Artinya, masing-masing lubang tidak akan digunakan oleh jenazah lainnya. Dengan kata lain, setiap lubang hanya akan berisi satu jenazah dan tidak akan ditumpuk oleh jenazah lainnya.

2. Terbagi Menjadi Area Sesuai Kepercayaan

Sebagai sebuah komplek pemakaman yang sangat luas, tentu sangat rawan bercampurnya berbagai kepercayaan yang memiliki aturan masing-masing. Dalam aturan Islam misalnya, tempat pemakaman sudah wajib hukumnya untuk menghadap kiblat. Sementara bagi kepercayaan Tionghoa, pemakaman harus diperhitungkan fengsuinya. Kepercayaan dan aturan yang berbeda ini berisiko menjadikan perbedaan dalam tata cara pemakaman.

Sebagai langkah untuk mengatasi hal tersebut, lahan pemakaman di sini terbagi menjadi tiga bagian. Ada area khusus agama Islam yang sudah memenuhi hukum Islam, ada juga area Tionghoa yang juga sudah melalui perhitungan Fengsui. Dengan membedakan lahan tersebut nantinya tidak akan ada resiko tercampurnya kepercayaan dan aturan serta dapat memudahkan sanak keluarga yang akan berziarah.

Mencari tempat pemakaman yang luas, bersih, dan asri saat ini sudah mulai susah. Penyebabnya adalah banyaknya lahan kosong yang kemudian dibangun dengan bangunan-bangunan permanen. Hanya San Diego Hills, lahan pemakaman mewah di Karawang yang menyediakan sebuah lahan pemakaman permanen yang bersih, luas, dan asri.

Continue Reading

Lifestyle

Warna Cat Dapur Menurut Feng Shui yang Paling Direkomendasikan

Warna Cat Dapur Menurut Feng Shui

Dapur merupakan salah satu ruangan penting yang ada di rumah sehingga keberadaannya harus diperhatikan. Bahkan, banyak orang menggunakan ahli feng shui untuk menata sebuah dapur agar dapat membawa kebahagiaan dan keberuntungan bagi penghuni rumah. Ahli feng shui juga bisa merekomendasikan warna cat dapur menurut feng shui.

Pasalnya, tidak hanya tata letak yang dapat memperbaiki energi suatu ruangan tetapi juga warna cat. Sebuah penelitian juga menjelaskan jika pemilihan cat warna juga bisa mempengaruhi suasana ruangan dan mood penghuninya. Bagi yang tertarik menggunakan ilmu feng shui untuk mengetahui warna cat dapur yang direkomendasikan, berikut ini adalah ulasannya:

1. Coklat Muda

Warna cat dapur menurut feng shui yang direkomendasikan pertama yaitu warna coklat muda. Pasalnya, warna coklat muda menurut feng shui bisa mendatangkan keberuntungan bagi penghuninya. Pemilik rumah bisa memilih warna coklat muda untuk dapur yang mengarah ke arah selatan.

Untuk diketahui, arah selatan adalah arah yang paling bagus dalam ilmu feng shui. Pasalnya, arah selatan merupakan arah yang akan membawa energi ketenaran dan popularitas, terlebih lagi jika mengaplikasikan warna cat yang tepat. Selain baik menurut feng shui, warna coklat muda untuk dapur juga mudah untuk dipadupadankan dengan furniture lainnya.

2. Kuning

Dapur identic dengan suasana yang panas, sehingga membutuhkan warna cat yang mampu mengimbanginya. Salah satu warna cat yang bisa dipilih untuk dapur menurut feng shui adalah warna kuning. Warna kuning adalah warna yang cerah dan terang sehingga mampu mendatangkan energi positif bagi penghuninya.

Kemudian, warna kuning juga bisa menjaga kestabilan dan juga keharmonisan antar pasangan (penghuni rumah). Warna kuning cocok diaplikasikan pada dapur yang mengarah ke arah barat daya dan selatan.

3. Oranye

Hampir sama seperti warna kuning, warna orange juga dianggap mampu mengimbangi suasana dapur yang panas. Selain itu, warna oranye juga warna yang cerah dan ceria yang mampu membawa peruntungan untuk pernikahan dan percintaan penghuni rumah.

Kemudian, adanya kesan semangat pada warna orange dinilai bisa memberikan efek yang baik untuk pencernaan. Bagi yang ingin menggunakan warna orange sebagai warna cat dapur, lebih cocok untuk dapur yang mengarah ke arah selatan dan juga barat daya.

4. Hijau Muda

Dapur merupakan salah satu ruangan di rumah yang mengandung unsur api. Dengan begitu, warna cat dapur menurut feng shui yang direkomendasikan adalah warna hijau muda. Pasalnya, warna hijau muda dinilai mampu meredam unsur api dan suasana yang panas di dapur.

Selain itu, menurut feng shui warna hijau muda juga dianggap bagus untuk meningkatkan selera makan dengan baik. Dengan begitu, penghuni rumah akan nyaman berada di dapur dan bersemangat mencicipinya untuk menghasilkan makanan yang lezat. Selain itu, warna hijau muda dapat diterapkan bagi dapur yang menghadap ke timur dan selatan.

5. Krem

Jika memiliki dapur yang berada di arah barat atau timur, bisa memilih warna krem sebagai warna cat dapurnya. Pasalnya, warna krem dinilai bisa membawa keberuntungan untuk penghuni rumah. Kemudian, menurut feng shui warna krem juga dianggap bisa meningkatkan kreativitas.

Warna krem yang kalem juga mampu mendatangkan energi positif bagi penghuninya. Selain itu, unsur api yang ada di dapur bisa diredakan dengan penggunaan warna cat krem. Dengan begitu, penghuni rumah menjadi lebih hangat dan tenang ketika berada di dapur sekalipun.

6. Terracotta

Warna cat dapur lainnya yang paling direkomendasikan menurut feng shui adalah terracotta. Terracotta atau warna merah bata begitu cocok diaplikasikan di dapur. Pasalnya, ahli feng shui melarang penggunaan warna merah di area dapur karena dapur sendiri memiliki unsur api dan memiliki hawa yang panas. Oleh karena itu, penggunaan warna merah di dapur dinilai sering memicu pertengkaran.

Oleh karena itu, bagi yang ingin menggunakan unsur warna merah pada dapur namun tetap ingin berkiblat pada feng shui, bisa menggunakan warna terracotta. Selain direkomendasikan oleh ahli feng shui, warna terracotta juga cocok bagi pemilik rumah yang ingin memiliki dapur dengan kesan klasik. Warna terracotta juga jarang diaplikasikan pada dapur sehingga warna ini amat unik.

Baca juga: Mengenal Perbedaan Day Cream dan Moisturizer Lebih Dalam

7. Biru

Jika menginginkan dapur dengan konsep oceania, bisa menggunakan warna biru sebagai warna catnya. Warna biru juga sangat cocok dipadupadankan dengan warna putih yang identic dengan konsep oceania. Memasukkan warna biru pada dapur juga direkomendasikan oleh ahli feng shui terutama jika dapur menghadap ke arah utara.

Para ahli feng shui percaya jika dapur yang menghadap utara bisa membawa keberuntungan dalam karir dan perjalanan hidup bagi penghuni rumah. Dengan begitu, dengan diaplikasikannya warna biru dinilai mampu menyimpan energi api yang kuat dan sehat. Selain itu, pengaplikasian warna biru pada dapur juga mampu menjadi penyeimbang visual yang baik pada dapur.

Itulah ulasan yang menarik mengenai 5 warna cat dapur menurut feng shui yang menarik untuk diketahui. Ternyata menurut feng shui, warna cat tidak hanya untuk estetika semata tetapi juga bisa membawa energi baik bagi para penghuninya. Jika bisa memilih, apa warna cat dapur yang ingin diaplikasikan?

Continue Reading

Lifestyle

Mengenal Perbedaan Day Cream dan Moisturizer Lebih Dalam

Banyak sekali yang menganggap bahwa Day Cream dan Moisturizer adalah dua produk yang sama. Padahal sejatinya dua produk ini memiliki fungsi dan tujuan yang berbeda. Namun, kedua produk ini sangat penting digunakan. Pilihlah produk day cream dan moisturizer yang sudah dikenal berkualitas dan teruji secara klinis. Berikut ini adalah penjelasan lengkap mengenai perbedaan day cream dan moisturizer.

Pengertian Day Cream

Day Cream merupakan sebuah produk kesehatan dan kecantikan kulit yang masuk dalam kategori krim wajah. Sesuai dengan namanya, produk ini berbentuk krim yang lembut dan digunakan pada siang hari. Berkebalikan dengan Night Cream yang penggunaannya pada malam hari. Tentunya ada alasan mengapa disebut dengan Day Cream.

Alasan yang pertama mengapa produk tersebut disebut dengan Day Cream adalah karena fungsinya. Fungsi Day Cream berbeda dengan Night Cream. Day Cream lebih banyak digunakan untuk melindungi wajah dari sengatan sinar matahari dan sinar ultraviolet, sementara Night Cream digunakan untuk membantu proses regenerasi sel kulit wajah dan mencegah penuaan dini.

Pada waktu siang hari, sinar matahari yang mengenai wajah memiliki kandungan sinar ultraviolet yang sangat tinggi. Sinar ultraviolet ini sangat berbahaya bagi kulit karena dapat membunuh sel-sel kulit termasuk pada wajah. Hasilnya kulit wajah akan tampak menghitam karena sel-sel kulit yang mati. Untuk mencegah hal tersebut maka muncullah sebuah produk yang sekarang dikenal sebagai Day Cream.

Day Cream ini juga seringkali disamakan dengan moisturizer atau pelembab karena sama-sama digunakan pada siang hari. Padahal dari bahan penyusunnya saja sudah terlihat jelas perbedaan day cream dan moisturizer. Sehingga peruntukkan dua produk ini juga berbeda.

Pengertian Moisturizer atau Pelembap

Moisturizer atau yang juga sering disebut dengan pelembab juga merupakan salah satu rangkaian produk kecantikan dan kesehatan wajah yang sangat disarankan untuk digunakan. Sama seperti Day Cream, penggunaan Moisturizer atau Pelembab ini lebih banyak dilakukan pada siang hari. Oleh sebab itu, seringkali orang menyebut dua produk tersebut sama.

Karena sering dianggap sama, terutama penggunaannya pada wajah, seringkali orang hanya membeli satu saja antara Moisturizer atau Day Cream. Padahal bila dilihat dari kegunaan dan bahannya, Moisturizer dan Day Cream adalah dua produk berbeda. Bahkan para dokter atau ahli kecantikan sendiri menyarankan untuk menggunakan Moisturizer dan Day Cream bersamaan.

Kedua produk tersebut akan memberikan manfaat yang saling melengkapi pada wajah. Dua produk tersebut juga memberikan nutrisi dan perlindungan yang diperlukan oleh wajah.

Perbedaan Day Cream dan Moisturizer

Bila dilihat dari waktu pemakaiannya, baik Day Cream maupun Moisturizer atau pelembab sama-sama digunakan pada waktu siang hari. Oleh sebab itu, banyak juga yang menganggap bahwa kedua produk kecantikan ini sama. Padahal bila dilihat lebih detil, Day Cream dan Moisturizer merupakan dua produk berbeda. Berikut ini adalah perbedaan antara Day Cream dan Moisturizer.

1. Kandungan Bahan Day Cream dan Moisturizer

Kandungan bahan menjadi perbedaan Day Cream dan Moisturizer yang pertama. Perbedaan kandungan bahan pada Day Cream dan Moisturizer ini karena berkaitan dengan penggunaannya. Day Cream banyak mengandung cairan pembersih yang menjadi aktif ketika terkena air. Selain itu, Day Cream juga mengandung zat seperti vitamin C, vitamin E, dan bahan lainnya.

Secara umum, Day Cream memiliki kandungan bahan yang bisa untuk membersihkan sekaligus melindungi wajah dari bahaya sinar ultraviolet. Beberapa produk day cream juga sudah memasukkan kandungan pelembab di dalamnya.

Sementara Moisturizer memiliki kandungan Glycerin dan Natural Oil yang membuat kulit terasa lebih lembab. Kulit yang lebih lembab tentu tidak akan terasa kasar dan kering yang membuat kulit wajah terlihat tidak sehat. Adanya kandungan Lactic Acid juga membuat Moisturizer dapat menjaga kadar pH kulit tetap normal agar tidak terjadi iritasi.

2. Manfaat Penggunaan Day Cream dan Moisturizer

Perbedaan Day Cream dan Moisturizer yang kedua dan terakhir adalah berkaitan dengan manfaat penggunaannya. Meski sama-sama digunakan pada siang hari, Day Cream lebih digunakan sebagai media untuk membersihkan wajah dari kotoran-kotoran. Hal ini karena adanya kandungan pembersih dalam Day Cream.

Sementara Moisturizer yang tidak memiliki kandungan pembersih hanya bermanfaat untuk memberikan kelembaban pada wajah. Wajah harus dijaga kelembabannya agar terhindar dari berbagai masalah seperti jerawat. Selain itu wajah yang lembab menunjukkan bahwa kulit wajah tersebut sehat dan memiliki cukup nutrisi.

Selain itu, Moisturizer juga memiliki kandungan SPF lebih banyak dari Day Cream yang bisa bermanfaat untuk melindungi wajah dari bahaya sinar ultraviolet. Sinar ultraviolet merupakan hal yang sangat berbahaya bagi kulit dan wajah karena mampu membunuh sel-sel kulit. Sehingga Moisturizer lebih efektif untuk melindungi wajah dari bahaya sinar ultraviolet.

Penggunaan Day Cream dan Moisturizer yang Tepat

Bila dilihat dari perbedaannya, baik kandungan maupun manfaat dari Day Cream dan Moisturizer tidak ada yang saling tumpang tindih. Artinya, penggunaan Day Cream dan Moisturizer atau pelembab ini bisa dilakukan secara bersamaan. Namun agar bisa memberikan manfaat yang maksimal, ada sedikit aturan dalam penggunaannya.

Yang pertama, gunakanlah Day Cream terlebih dahulu sebelum menggunakan Moisturizer. Alasannya karena Day Cream berfungsi untuk menghilangkan kotoran-kotoran akibat polusi udara yang menempel pada wajah. Setelah menggunakan Day Cream, keringkan wajah terlebih dahulu, barulah gunakan Moisturizer sebagai pelembab yang akan melindungi wajah dari bahaya sinar ultraviolet.

Baik Day Cream dan Moisturizer akan memberikan perlindungan yang sama baiknya pada wajah. Day Cream akan melindungi wajah dari bahaya akibat polusi dan kotoran yang menempel, sementara Moisturizer akan membuat kulit lebih lembab dan terlindungi dari bahaya sinar ultraviolet. Namun sebaiknya jangan menggunakan Moisturizer maupun Day Cream secara berlebihan.

Penggunaan Moisturizer atau pelembab secara berlebihan justru bisa memberikan masalah lain bagi kulit wajah. Wajah yang menggunakan moisturizer secara berlebihan akan terlihat lebih berminyak dan mengkilap. Sementara pemakaian Day Cream secara berlebihan dapat membuat kulit menjadi kering dan memunculkan jerawat.

Memilih Day Cream dan Moisturizer

Saat ini, sudah banyak produk kecantikan yang menggabungkan manfaat Day Cream dan Moisturizer. Tujuannya agar penggunanya tidak perlu lagi repot membeli, lebih ringkas dengan sekali melangkah sudah mendapatkan dua manfaat sekaligus.

Dalam memilih day cream dan moisturizer, pastikan terlebih dahulu kondisi kulit. Setiap merek akan memberikan hasil yang berbeda pada kulit yang berbeda. Hal ini karena kondisi kulit sangat mempengaruhi hasil dari penggunaan day cream dan moisturizer.

Pastikan kandungan yang terdapat dalam day cream maupun moisturizer berasal dari bahan-bahan yang aman. Selain itu pastikan juga produk sudah teruji secara klinis dan mendapatkan sertifikat dari BPOM.

Day Cream dan Moisturizer sering dianggap sebagai produk yang sama. Padahal bila dilihat secara detail akan ditemukan perbedaan day cream dan moisturizer, terutama pada manfaat dan kandungannya. Namun, tidak ada salahnya menggunakan Day Cream dan Moisturizer secara bersama-sama.

Continue Reading

TOP STORIES