Connect with us

Lifestyle

Penjelasan Detail Tentang Otak Kanan dan Otak Kiri

Dalam menentukan pekerjaan yang cocok untuk seseorang, kita sering mengaitkan dengan kecenderungan seseorang terhadap penggunaan otak kanan dan otak kiri.

Bahkan ada beberapa situs yang menyediakan tes untuk menentukan seseorang pengguna (Dominan) otak kanan atau otak kiri.

Namun disamping itu, ada baiknya jika kamu mengerti dulu apa perbedaan dari kedua bagian otak manusia ini dan kenapa otak manusia terbagi menjadi demikian.

Pengertian Otak Kanan dan Otak Kiri

Otak merupakan organ pekerja keras dan kompleks yang terdiri dari 100 milyar neuron.

Berat sebuah otak hanya 3 kilogram yang menggunakan 20 persen energi tubuh namun beratnya hanya 2 persen dari berat tubuh.

Seorang neuropsikolog mengemukakan bahwa akal manusia terdiri atas dua bagian yakni otak bagian kanan dan otak bagian kiri, ia adalah Roger Sperry.

Otak kanan dan otak kiri dihubungkan oleh suatu jaringan saraf otak yang disebut dengan Corpuss Callosum.

Menurut Roger Sperry setiap bagian otak memiliki fungsi spesialnya tersendiri dan tidak saling bergantung satu sama lain.

Otak bagian kanan bertugas mengontrol bagian tubuh yang ada di sebelah kiri sedangkan otak bagian kiri bertugas mengontrol bagian tubuh yang ada di sebelah kanan.

Contoh sederhananya saat kita mengedipkan mata kanan, maka yang mengontrolnya adalah otak bagian kiri.

Hal ini akan berlaku juga bila terjadi kerusakan pada bagian tubuh sebelah kanan maka yang bermasalah adalah sisi otak yang berlawanan.

Kecerdasan Otak Kanan dan Otak Kiri

Seperti yang sudah dijelaskan oleh Roger Sperry mengenai bagian otak yang memiliki fungsi spesialnya tersendiri, maka sudah dipastikan fungsi kecerdasannya pun akan sangat jauh berbeda.

Beberapa orang bahkan meyakini bahwa setiap orang memiliki satu sisi otak yang dominan yang berpengaruh terhadap perilaku, gagasan, kepribadian dan tingkah lakunya.

1. Otak Kanan

Secara umum otak bagian kanan memiliki tanggung jawab dalam pengenalan wajah dan pengolahan musik atau lebih dikenal bidang spasial.

Selain itu otak kanan juga berperan dalam matematika meskipun hanya perkiraan kasar dan perbandingan.

Oleh karena itu otak kanan kecerdasan yang dimiliki oleh otak kanan diantaranya kreatif, berpikiran bebas, dapat melihat gambar besarnya. Selain itu cenderung memvisualisasikan lebih dari sekedar berpikir dengan kata-kata, dan sangat intuitif.

2. Otak Kiri

Berbeda dengan otak kanan, otak bagian kiri lebih dominan dalam bahasa. Contohnya seperti dalam proses pengolahan apa yang sudah didengar dan menangani tugas berbicara.

Selain otak kiri memiliki tugas dalam pengolahan matematika yang mana memori dari otak kiri akan mengungkapkan sebuah fakta.

Kecerdasan yang dimiliki oleh orang-orang yang berotak kiri diantaranya berorientasi pada fakta, analitis, detail, logis, numerik, dan cenderung berpikir dengan kata-kata.

Perbedaan Fungsi Otak Kanan dan Otak Kiri

image: Pixabay

Otak kanan memiliki karakteristik dan fungsi yang berbeda dengan otak kiri. Namun, perbedaan dalam fungsi bagian otak ini tidak menentukan seseorang menggunakan otak kanan atau otak kiri.

Berikut ini adalah beberapa hal yang menjadi perbedaan otak bagian kanan dan otak bagian kiri.

Perbedaan yang pertama ada pada emosi. Baik pada manusia ataupun primata non-manusia emosi menjadi domain dari otak kanan.

Otak kanan akan mengatur emosi yang dirasakan orang lain dan yang diekspresikan kepada orang lain.

Jika emosi didominasi oleh otak kanan, maka bahasa di dominasi oleh otak kiri. Orang yang aktif berbicara lebih sering menggunakan otak kirinya.

Bahasa isyarat atau bahasa yang berbasis visual pun menjadi domain otak kiri. Aktifitas otak seperti menggunakan bahasa isyarat untuk berkomunikasi biasanya digunakan pada orang yang tuli.

Perbedaan selanjutnya ada dalam segi handedness atau penggunaan tangan. Orang pengguna tangan kanan atau tangan kiri (kidal) menggunakan bagian otaknya pun menggunakan bagian otaknya secara berbeda.

Contohnya seperti orang kidal menggunakan otak kanannya untuk mengerjakan tugas manual begitupun sebaliknya.

Perbedaan yang terakhir ada dalam hal perhatian. Dua bagian otak ini pun memiliki perhatian yang berbeda. Dunia luar akan terasa menarik dan lebih diperhatikan oleh otak kanan. Sedangkan bagian otak kiri lebih tertarik pada dunia luar atau internal.

Profesi Otak Kanan dan Otak Kiri

Kecerdasan yang dimiliki masing-masing bagian otak dipengaruhi oleh perbedaan dominasi dan fungsi otak kanan dengan otak kiri.

Kebanyakan orang mengacu kepada perbedaan kedua kecerdasan yang dimiliki oleh otak kanan maupun otak kiri sebagai penentu profesi.

Otak kanan dihubungkan oleh beberapa pakar anatomi tubuh dengan pekerjaan yang berkaitan dengan kecepatan, intuitif, dan juga kreatif.

Bagi orang yang menyukai hal-hal yang berbau kreatif, memiliki corak warna-warni, hal-hal tanpa perencanaan atau mendadak, mau mengambil resiko, cepat mengambil keputusan, dan selalu ingin cepat dalam menyelesaikan sebuah pekerjaan.

Sedangkan otak kiri dihubungkan oleh pakar anatomi tubuh dengan pekerjaan yang berkaitan dengan ketelitian, analisis, dan logika.

Orang dengan otak kiri yang dominan akan berhati-hati dalam mengambil keputusan, menganalisis dari berbagai sudut, menggunakan logika dalam berpikir, dan melakukan komparasi dengan perbandingan nilai.

Penelitian Mengenai Otak Kanan dan Otak Kiri

Roger W. Sperry | Doc: rogersperry.org

Sebuah studi “Lateralisasi pada otak” pada tahun 2013 yang meneliti dengan melihat lebih dari 1.000 gambar 3D otak manusia.

Penelitian tersebut bertujuan untuk mengukur aktifitas otak bagian kanan dan kiri menggunakan alat pemindai bernama MRI (Magnetic Resonance Imaging).

Studi ini mengalahkan penemuan Roger W. Sperry  pada tahun 1960.

Medical News Today mengatakan bahwa hasil penelitian tersebut seseorang tidak menggunakan sisi otak dominannya melainkan menggunakan kedua belah bagian otaknya.

Tetapi karena tugas setiap orang berbeda, maka aktifitas otaknya pun akan berbeda pula.

Seperti yang dikatakan oleh Studi PLoS Biology bahwa pusat bahasa pada otak terdapat di sebelah kiri, sedangkan komunikasi emosi dan nonverbal terdapat di sebelah kanan.

Meskipun studi ini mengalahkan pendapat Roger W. Sperry, namun karena menonjolnya temuan mengenai kepribadian otak kiri dan otak kanan membuat kepercayaan ini semakin berkembang.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa setiap orang menggunakan kedua bagian otaknya yakni otak kanan dan otak kiri.

Paradigma tentang penggunaan salah satu bagian otak yang mendominasi karakter dan kepribadian seseorang tidaklah benar.

Kedua bagian otak memang memiliki perbedaan fungsi dan kecerdasan yang jauh berbeda. Namun perbedaan tersebut ada untuk saling menguatkan dan mendukung kecerdasan dan aktifitas setiap individu.

Header Image: Pixabay

Mendirikan situs income.id sebagai perwujudan pengabdian kepada bangsa dan negara indonesia melalui media yang informatif dan edukatif

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Education

Plagiarisme Sendiri dan Daur Ulang Tekstual

Para penulis dari seluruh penjuru dunia mengklaim bahwa karena mereka adalah penulis dan profesional di bidang ini, mereka dapat menggunakan kembali karya mereka berulang kali tanpa mengutip atau mengutipnya.

Sekarang Anda pasti bertanya-tanya bagaimana menggunakan karya Anda sendiri, gagasan, dan konten dapat didefinisikan sebagai plagiarisme!

Nah, artikel ini hanya akan mengeksplorasi dan membimbing Anda di sekitar definisi plagiarisme yang luas ditambah dengan itu, Anda harus tahu bahwa dalam konten ini kami juga akan memberi tahu Anda tentang bagaimana plagiarisme diri melintasi masalah etika dan hukum.

Kami juga akan memberi tahu Anda bagaimana sebagai penulis, Anda dapat menghindari plagiarisme sendiri atau seperti yang Anda katakan, daur ulang karya Anda sendiri!

Apa itu plagiarisme diri? 🙂

Sekarang mari kita mulai dengan definisi plagiarisme diri dan beri tahu kami apa itu sebenarnya! Plagiarisme diri juga dikenal sebagai penipuan akademik jika kita membicarakannya dalam hal akademis.

Anda harus tahu bahwa plagiarisme sebenarnya adalah tindakan menyalin karya Anda sendiri yang telah Anda terbitkan pada sumber lain. Jika tindakan ini dilakukan oleh profesor bertenor atau mahasiswa, maka itu dikenal sebagai penipuan akademik; jika tidak, itu dikenal sebagai duplikasi diri.

Sekarang plagiarisme diri atau duplikasi diri memiliki cakupan yang luas, dan Anda dapat dituduh melakukan plagiarisme sendiri jika Anda menyalin beberapa bagian dari pekerjaan Anda atau bahkan melengkapi dokumen.

Menurut pakar web dan manajer konten, dinyatakan bahwa tuduhan duplikasi diri terjadi ketika seseorang menggunakan atau mendaur ulang karyanya sendiri tanpa memberi tahu audiensnya bahwa materi yang ia gunakan sudah muncul di bagian lain di web atau sumber lain dalam hal ini!

Pertimbangkan beberapa poin yang telah kami sebutkan di bawah ini untuk kalian! Ada beberapa jenis dan skenario umum plagiarisme diri

  • Jika Anda menerbitkan ulang artikel yang sama atau makalah yang sama yang diterbitkan sebelumnya di lokasi atau halaman yang berbeda tanpa memberi tahu pembaca jurnal asli Anda, maka itu akan dihitung sebagai tindakan plagiarisme diri.
  • Menerbitkan studi di bagian-bagian kecil untuk meningkatkan jumlah publikasi juga dikenal sebagai daur ulang konten atau plagiarisme sendiri. Jika Anda menerbitkan cerita-cerita kecil dari satu publikasi, maka itu juga menyalin ide-ide asli dan karenanya merupakan duplikasi.
  • Jika Anda menggunakan kembali sebagian kecil dari konten yang ditulis sebelumnya maka itu juga dikenal sebagai duplikasi diri, tidak masalah apakah itu diterbitkan atau tidak, itu masih tidak etis!

Pemeriksa plagiarisme online terbaik!

Mungkin ada lebih dari ratusan alat gratis yang tersedia di web yang dapat membantu Anda dalam memeriksa plagiarisme konten tetapi perlu diingat bahwa tidak semua alat online akurat dalam menghasilkan hasil.

Kami ingin pembaca mengetahui tentang alat terbaik di web sehingga mereka tidak hanya dapat menemukan plagiarisme tetapi juga dapat menghapusnya seperti seorang profesional!

Pemeriksa plagiarisme online oleh searchenginereports.net adalah yang terbaik di web di liga ini karena berbagai alasan. Beberapa fitur pemeriksa plagiarisme ini disebutkan di bawah untuk kalian!

  • Pemeriksa plagiarisme ini bebas biaya untuk digunakan.
  • Ini memiliki tata letak yang sederhana dan antarmuka yang ramah pengguna.
  • Ini menawarkan beberapa opsi untuk input konten.
  • Alat ini dapat memeriksa plagiarisme berdasarkan alamat URL.
  • Anda dapat dengan cepat mendapatkan laporan plagiarisme dengan alat ini, ini akan memberi tahu Anda tentang konten yang memiliki plagiarisme di dalamnya dan konten yang 100% unik!
  • Anda dapat menggunakan alat ini tanpa batasan dan formalitas apa pun!

Bagaimana cara menghindari plagiarisme diri?

Sekarang setelah Anda tahu bahwa tidak ada hal etis seperti daur ulang konten dan plagiarisme yang tidak dapat diterima di seluruh dunia.

Penting bagi Anda untuk mengetahui pedoman tertentu yang akan membantu Anda menghindari plagiarisme dalam bentuk apa pun. Kami ingin pembaca kami membaca semua tips ini sehingga mereka dapat menghindari tuduhan plagiarisme diri!

  • Jika Anda menggunakan ide yang sudah digunakan dalam konten yang telah Anda terbitkan sebelumnya, Anda cukup mengutip dan menambahkan referensi ke konten itu setelah Anda menyelesaikan konten. Ini akan membantu Anda menghindari tuduhan plagiarisme diri.
  • Jika Anda menggunakan beberapa fakta dan angka atau bahkan sebagian dari karya yang telah Anda terbitkan, maka Anda perlu menambahkan kutipan ke karya itu dan mengutipnya dengan sumber asli.
  • Teknologi juga merupakan cara lain untuk menghindari plagiarisme diri. Anda harus tahu bahwa dunia modern telah membuatnya sangat mudah bagi Anda untuk menyelesaikan semua masalah relatif terhadap penulisan dan manajemen konten. Anda dapat dengan mudah menggunakan pendeteksi plagiarisme online untuk menghindari segala jenis plagiarisme. Di bawah ini kita telah membahas ini dengan agak detail!

Continue Reading

Inspirasi

Harta Melimpah, Dari Mana Sumber Kekayaan Bintang PSG, Neymar?

Neymar Jr (Foto: financialexpress.com)

Neymar Jr. bukan lagi nama yang asing dikalangan pecinta sepakbola dunia. Pemain asal Brazil tersebut sukses menghipnotis jutaan pasang mata ketika melancarkan aksinya di tengah lapangan. Berkat kemampuan yang dimilikinya, Neymar pun mendapatkan gaji fantastis sejak berkarir di lapangan hijau.

Neymar merupakan pesepakbola andal yang kemudian bersinar bersama klub raksasa Spanyol, Barcelona. Namun, akhirnya Neymar memutuskan untuk bergabung dengan Paris Saint Germain. Pembelian sang pemain dari Camp Nou saat itu menjadi kontroversi karena dinobatkan sebagai pemain termahal dunia setelah transfer Cristiano Ronaldo ke Juventus.

Punya Banyak Uang, Neymar Juga Koleksi Jet Pribadi

Berkarir dengan sukses di lapangan hijau membuat Neymar semakin banyak mengumpulkan pundi uang. Dari gaji yang dihasilkan selama memperkuat Barca dan PSG, Neymar pun diketahui memiliki jet pribadi hingga kapal pesiar. Hasil kerjanya selama ini diperkirakan mencapai 110 Juta Euro.

Kekayaan Neymar memang masih jauh jika dibandingkan dengan sang mega bintang Cristiano Ronaldo ataupun Messi. Akan tetapi, dengan nilai yang cukup besar tersebut Neymar punya keunggulan tersendiri. Apalagi kalau bukan usianya yang masih muda dengan kekayaan melimpah. Lalu, apa yang menjadi sumber kekayaan sang pemain?

1. Gaji yang Besar

Menjadi pemain pilar di klub papan atas sekelas Barcelona hingga Paris Saint Germain tentu tak heran bila gaji Neymar sangat tinggi. Pemain yang cukup kontroversial ini meraup upah senilai hampir Rp 5 Miliar setiap pekannya. Nilai tersebut biasanya langsung dibayarkan per tahun oleh klub yang bersangkutan.

2. Pendapatan Dari Sponsor

Pendapatan lain yang menjadi sumber kekayaan Neymar adalah dari sponsor. Beberapa merk ternama dunia seperti Claro, Nike, Panasonic, Gillette, dan Red Bull. Total pendapatan dari sponsor yang bisa diperoleh Neymar mencapai US$ 21 Juta atau sekitar Rp 279 Miliar. Hasil sponsor ini menjadi pendapatan bersih Neymar sebesar 61 persen dari keseluruhan pendapatannya.

3. Kontrak Produk Olahraga

Seperti yang dibahas sebelumnya, nilai kontrak Neymar bersama produk olahraga menghasilkan lebih dari setengah dari kekayaan total sang pemain. Bekerja sama dengan merk ternama Red Bull dan Nike, penghasilan Neymar sudah lebih dari Rp 100 Miliar per tahunnya.

4. Bisnis dan Kerjasama

Bisnis juga menjadi pilihan Neymar untuk mengumpulkan pundi uang selama berkarir di dunia sepakbola. Pemain PSG ini pun menyempatkan diri untuk menjalani kerjasama dengan perusahaan bernama NN Consultaria. Langkah ini dipilih Neymar untuk menaikkan citranya di masyarakat yang sudah terlanjur kurang baik.

Baca Juga: Jadi Pendatang Baru, Inilah Profil Haico Van Der Veken

5. Pemain Film

Tak hanya pandai bermain di lapangan hijau, Neymar juga jago akting lho! Sang pemain sempat tampil di film xXx: Return of Xander Cage serta merilis emoji bergambarkan dirinya untuk bisa diunduh para penggemar. Aksinya ini sempat menuai kontroversi dan membuat pamornya menurun beberapa saat.

Neymar termasuk pesepakbola yang kontroversial dengan beragam aksinya diluar lapangan. Kepindahannya ke PSG dengan nilai kontrak fantastis pun sempat menuai pro-kontra karena dianggap “kacang lupa kulitnya”. Bahkan, sekarang sang pemain diisukan bakal kembali ke Camp Nou untuk memperkuat Barcelona lagi.

Itulah deretan sumber kekayaan Neymar yang sampai saat ini membuat pemain PSG itu bergelimang harta. Pemain berdarah Brazil itu pun menjadi salah satu punggawa PSG yang dirumorkan banyak diincar klub ternama Eropa. Bisa jadi, nilainya pun lebih dari 200 Juta Euro seperti saat dirinya diboyong dari Camp Nou.

Continue Reading

Inspirasi

Jadi Pendatang Baru, Inilah Profil Haico Van Der Veken

Haico Van Der Veken (Foto:instagram.com/haico.vdv)

Haico Van Der Veken, nama baru di dunia sinetron Indonesia. Namanya melejit usai membintangi sinetron Cinta Suci di tahun 2019 lalu.

Tahun 2020, Haico didapuk menjadi peran utama sinetron Samudra Cinta berpasangan dengan Rangga Azof. Perempuan cantik kelahiran Pulau Dewata ini pun mulai menarik banyak perhatian penggemar.

Karirnya Haico Van Der Veken di dunia peran bisa dikatakan mulus. Diusianya yang masih terbilang muda, Haico sudah sukses menembus peran utama. Sekitar tujuh bulan pertama karirnya, Haico bahkan sudah membintangi film layar lebar berjudul “ Kain Kafan Hitam”. Simak profilnya!

Nama                    : Haico Desitha Van Der Veken

Kelahiran             : Denpasar, 18 Februari 2002

Orang Tua            : Komang Arini, Guy Van Der Veken

Agama                  : Katolik

Akun Instagram   : @haico.vdv

Mulai Terjun ke Dunia Seni Peran

Haico Van Der Veken merupakan artis berdarah Indonesia campuran Eropa. Sang ayah, Guy Van Der Veken merupakan keturunan Belgia yang menikah dengan wanita asal Pulau Dewata. Mengawali debutnya di dunia seni peran, Haico membintangi film layar lebar Kain Kafan Hitam di tahun 2018, setelahnya Haico kemudian berakting di sinetron Cinta Suci.

Berakting dengan para seniornya di sinetron Cinta Suci, nama Haico memerankan Bunga yang berpasangan dengan Jonnas Rivano dan Ben Kasyafani. Berkat aktingnya di sinetron striping tersebut, karir Haico pun semakin menanjak dan menjadi peran utama di sinetron keduanya yang kini sedang tayang, Samudra Cinta.

Bagi perempuan yang hobi memasak ini, berakting untuk film dan sinetron jelas berbeda. Haico mengaku lebih nyaman beradu akting di film layar lebar karena bisa mengenal lebih mendalam tokoh dan karakter yang dimainkan. Tidak mengecewakan juga saat dirinya berakting dalam sinetron yang membuatnya merasa banyak memiliki keluarga.

Saat ini, Haico tengah digosipkan menjalin kedekatan dengan lawan mainnya Rangga Azof. Namun, penyuka kucing ini membantah memiliki jalinan asmara dengan Rangga karena murni hanya sebagai rekan kerja.

Baca Juga: Jadi Pesepakbola Terkaya di Inggris, Apa Saja Koleksi Kekayaan Paul Pogba?

Fakta Lain Haico Van Der Veken

Ternyata menjadi artis sinetron sebenarnya bukanlah cita-cita Haico Van Der Veken. Perempuan satu ini justru memiliki impian menjadi pramugari. Seorang Haico yang tidak punya keahlian memakai make up ini akhirnya terjun ke dunia modelling sebagai awal mula loncatan ke dunia hiburan tanah air.

Belum banyak membintangi judul sinetron, nama Haico pun tidak pernah dilupakan penggemar setianya. Banyak peran terutama protagonis yang dibebankan pada perempuan berusia 18 tahun ini. Saat syuting tengah libur di tengah pandemi covid 19 seperti sekarang, Haico mengisinya dengan mengunjungi keluarganya di pulau Dewata.

Beberapa potret liburannya ke kampung halaman dibagikan sang artis lewat akun Instagram miliknya. Haico menarik perhatian netizen lewat unggahannya di dapur saat itu. Desain unik dan natural dapur miliknya ternyata juga merupakan ide dari sang artis.

Perempuan yang akrab disapa Haico ini pun merasa nyaman dengan pekerjaannya saat ini. Masih menjadi model untuk beberapa event tertentu, Haico ingin karirnya semakin professional di industri hiburan tanah air.

Peran Haico dalam sinetron Samudra Cinta tampaknya membuat karir perempuan yang tinggal dengan ibu sambungnya ini pun semakin melejit. Bersamaan dengan hal itu, Haico tengah diisukan dekat dengan dua lawan mainnya, Mischa Candrawinata dan Rangga Azof. Lalu, siapa diantara kedua pria ini yang bisa meluluhkan hati seorang Haico Van der Veken?

Continue Reading

TOP STORIES