Connect with us

Bisnis

Inilah Rincian Modal Usaha Barbershop, Untung Atau Buntung!

Barbershop bukanlah sesuatu yang asing, usaha ini seakan tak pernah lekang oleh waktu. Meningkatnya jasa potong rambut, hingga konsultasi gaya rambut semakin diminati banyak orang. Hal inilah yang menjadi salah satu pendorong ekonomi masyarakat di saat pandemic berkepanjangan seperti saat ini. Lalu sebenarnya berapa modal usaha barbershop dan adakah kiat atau tips tertentu untuk memulainya? Langsung saja, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Modal Usaha Barbershop

Hal Yang Patut Diperhatikan Sebelum Memulai Bisnis Barbershop

Dalam memulai sebuah usaha, tentu diperlukan perencanaan yang cukup matang. Agar usaha yang kelak dilakukan bisa berjalan dengan baik. Nah, sebagai pemula tentu bingung apa saja yang harus diperhatikan pada tahap awal ini. Adapun perihalnya adalah sebagai berikut :

1. Modal 

Modal menjadi satu hal yang wajib dipersiapkan. Dari sinilah nantinya usaha bisa dikerjakan. Modal sendiri bisa didapat melalui beberapa cara. Apabila kesulitan dalam memperoleh modal bisa mengajukan pinjaman pada bank. Tentu hal ini juga disesuaikan dengan kapasitas dan kemampuan membayar nasabah. Hendaklah meminjam seperlunya saja agar tidak berat dalam penyelesaiannya.

2.Persiapkan Tempat Usaha

Hal lain yang umumnya harus dilakukan adalah mempersiapkan tempat untuk usaha nantinya. Diperlukan tempat dengan kualitas yang baik serta strategis untuk dijangkau pelanggan. Ukur kemampuan budget masing – masing apakah harus menyewa atau membeli lahan sendiri. Letak yang strategis memberikan dampak baik untuk perkembangan usaha kedepan. Harapannya bisa menjangkau customer lebih banyak.

3. Persiapkan Peralatan Yang Dibutuhkan

Hal selanjutnya mengenai peralatan dari usaha tersebut, dalam hal ini adalah potong rambut. Peralatan menjadi senjata utama dalam menjalankan usaha. Kualitas peralatan yang baik tentu bisa mendukung kenyaman dan mempengaruhi hasil akhirnya. Meski tidak dapat dipungkiri teknik dan skill adalah yang paling utama. Namun setidaknya peralatan yang baik akan memudahkan pemilik usaha.

4. Biaya Promosi

Tak bisa dipungkiri, promosi menjadi salah satu aspek penting dalam perkembangan sebuah usaha. Dewasa ini berbagai teknik promosi sudah sangat merajalela. Mulai dari promosi gratisan hingga promosi yang berbayar. Keduanya tentu memiliki dampak yang berbeda pada pertumbuhan setiap usaha. Persiapkan juga budget tambahan untuk mendorong usaha lewat promosi.

5. Biaya Operasional Di Waktu Mendatang

Perlu juga bagi seseorang yang berniat membuka usaha untuk memikirkan langkah selanjutnya dalam perjalanan usaha tersebut. Dalam hal ini perhitungan mengenai biaya operasional tentu sangat dibutuhkan. Mengingat hal ini cukup penting, seperti halnya memperhitungkan biaya, air, listrik, atau gaji karyawan jika memiliki karyawan tetap.

Rincian Modal Bisnis Barbershop

Nah, di pembahasan ini akan mulai bicara berapa modal usaha barbershop untuk pemula. Pada dasarnya rincian modal ini tidak bisa dijadikan panutan pasti mengenai besarnya modal usaha. Dikarenakan setiap peralatan memiliki harga yang cenderung berbeda di setiap tempat. Namun paling tidak hal ini bisa menjadi gambaran bagi yang ingin memulai jenis usaha barbershop. Adapun rinciannya sebagai berikut :

1. Membeli Peralatan Utama

Berikut ini adalah gambaran modal yang harus dikeluarkan bagi pemilik usaha untuk membeli peralatan utama untuk membuka usaha barbershop. Sesuaikan dengan modal yang dimiliki agar bisa mencakup semua peralatan yang dibutuhkan.

  • Mesin cukur 2 buah @ Rp.350.000 = Rp.700.000
  • Kursi barber 2 buah @ Rp.3.000.000 = Rp.6.000.000
  • Set meja dan kursi uk besar 2 buah @ Rp.1.500.000 = Rp.3.000.000
  • Gunting rambut 2 buah @ Rp.50.000 = Rp.100.000
  • Sisir rambut 2 buah @ Rp.10.000 =Rp.20.000
  • Gunting sasak 2 buah @ Rp.75.000 = Rp.150.000
  • Pisau cukur 2 buah @ Rp.15.000 = Rp.30.000
  • Silet cukur = Rp.45.000
  • Handuk kecil satu set = Rp.150.000
  • Apron penutup badan satu set isi 6 = Rp.195.000
  • Apron penutup badan untuk pelanggan isi 6 =260.000
  • Botol semprot barbershop 2 buah @ Rp.15.000 = Rp.30.000
  • Jepit rambut buaya besar dan kecil = Rp.25.000
  • Mangkok sabun 2 buah @ Rp.5.000 = Rp.10.000
  • Sikat bulu 2 buah @ Rp.25.000 = Rp. 50.000
  • Sapu set dan dustpan =Rp.50.000
  • Cermin lipat 2 buah @ Rp.15.000 = Rp.30.000

Sehingga bisa disimpulkan jika total rincian untuk peralatan barbershop adalah sebesar Rp. 10.845.000. Jumlah ini adalah akumulasi untuk 2 orang pekerja. Jika membutuhkan pekerja lebih, tentu harus mengeluarkan biaya lebih.

2. Biaya Tempat Usaha

Seperti yang telah disinggung di atas, mengenai biaya tempat usaha tergantung apakah akan membeli atau menyewa. Jika membeli tentu diperlukan biaya yang cukup mahal ya! Jadi disarankan untuk pemula menyewa tempat saja. Nah, menyewa tempat yang strategis seperti di pinggir jalan memiliki harga yang sedikit mahal. Untuk kisaran biaya pertahun untuk sewa kios sekitar 4 sampai 5 juta per tahun.

3. Kisaran Biaya Operasional

Yang terakhir adalah rincian biaya operasional untuk menjalankan usaha barbershop ini sendiri. Hal ini meliputi, biaya listrik perbulan sekitar Rp.200.000. Lalu biaya air Rp.150.000 gaji pekerja berkisar antara Rp.1.500.000 sampai Rp.3.000.000 dan biaya promosi sekitar Rp.500.000

Jadi biaya untuk modal usaha barbershop berkisar Rp.18.195.000 untuk kapasitas dua kursi cukur. Jumlah ini tentu bisa berubah tergantung banyak atau sedikit jumlah peralatan yang dibeli. Semoga ulasan ini memberikan wawasan baru untuk sobat di rumah yang ingin memulai usaha potong rambut.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Strategi Pemasaran

Strategi Optimasi Pemasaran Produk Fashion Kekinian

optimasi pemasaran produk fashion

Melakukan optimasi pemasaran produk fashion kekinian sekarang dapat dilakukan oleh pengusaha dengan berbagai macam strategi. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan perkembangan teknologi laiknya website berbasis SEO dan aneka sosial media populer, yang tengah booming di masyarakat. Penasaran bagaimanakah caranya? Ikuti saja ulasan menarik yang telah disajikan di bawah ini!

1. Kenali Target Produk

Pertama yang harus dilakukan sebagai langkah optimasi pemasaran produk fashion kekinian adalah mengenali target pasarnya. Secara sederhana terkait penargetan ini dapat melihat pada sejumlah pertimbangan, yang terdiri atas: 

  • Tingkatan harga, yang memberi gambaran apakah produk fashion ditujukan untuk kalangan bawah, menengah, atau kalangan atas; 
  • Rentang usia, yang berkenaan dengan sasaran spesifik terkait produk fashion semisal baju untuk anak, pakaian remaja, atau busana pria dan wanita dewasa; 
  • Berdasar fungsional, ini menekankan tujuan pemasarannya nanti akan di arahkan ke mana, apakah ke komunitas hoby, fans grup tertentu, atau yang lainnya; serta
  • Sejumlah pertimbangan lain terkait target pemasaran yang disesuaikan dengan masing-masing produk fashion yang ditawarkan. 

2. Update Variasi Trend Produk Fashion 

Selanjutnya penting juga mengupdate variasi produk fashion yang ditawarkan agar konsumen tidak merasa bosan. Yakni dengan melakukan tindakan-tindakan seperti: 

  • Menyimak trend fashion yang tengah berkembang di masyarakat untuk dijadikan pedoman dalam menawarkan produk terbaru; 
  • Memunculkan inovasi produk fashion sendiri agar terkesan lebih segar di mata para konsumen; 
  • Menjalankan sortir terhadap produk-produk yang telah lama dipajang namun tidak memberikan dampak positif dalam pemasaran; 
  • Memberikan diskon spesial untuk menghabiskan stok lama; dan 
  • Cara kreatif lain yang bertujuan agar stok bisa segera diperbarui. 

3. Manfaatkan Sosial Media Marketing

Keberadaan sosial media saat ini memegang peranan penting bagi kehidupan termasuk dalam hal ekonomi. Melihat hal itu, sebenarnya bisa dimanfaatkan sebagai optimasi pemasaran dengan mengikuti trend di sosial media seperti: 

  • Mengunggah foto produk dengan ulasan semenarik mungkin agar menarik minat pembeli; 
  • Membuat konten video pendek yang sedang tenar di kalangan masyarakat, misalnya menggunakan apk video itu untuk menawarkan produk fashion terbaru atau aksesoris seperti premium watch brands dengan lebih seru; 
  • Menciptakan fanpage atau grup yang lebih dekat menjangkau para konsumen tertentu; 
  • Menyebar katalog produk berisi koleksi dan diskon terbaru; dan 
  • Berbagai trik lain berkenaan dengan konten di sosial media yang dapat mengoptimalkan pemasaran. 

4. Optimalkan Website Berbasis SEO

Keempat, upaya optimasi pemasaran produk kekinian juga bisa didapatkan dengan cara pengembangan website berbasis SEO atau sesuai algoritma mesin pelacak Google. Cara ini banyak dipakai karena menawarkan hasil yang menggiurkan. Namun sayangnya, tidak mudah dilakukan oleh para pemula sehingga memerlukan bantuan jasa pembuatan website agar hasil optimasi yang didapat sesuai harapan. 

5. Tingkatkan Layanan Konsumen 

Responsibility atau kecepatan seorang penjual dalam memberikan respon pada para konsumen sangat menentukan goal transaksi. Lantaran, rata-rata konsumen bertransaksi berdasarkan emosi yang hanya bertahan selama waktu tertentu saja. Tanpa pemberian respon yang cepat dan tepat maka besar kemungkinan transaksi produk fashion akan mengalami kegagalan akibat pembatalan dari pihak konsumen. 

Nah, itulah tadi sejumlah informasi penting dan menarik terkait strategi optimasi pemasaran produk fashion kekinian yang dapat dihadirkan. Bagaimana? Sudah siap untuk melakukan pengembangan usaha dunia fashion melalui berbagai cara kreatif yang disebutkan di atas? Baiknya jangan berpikir terlalu lama! Segeralah bertindak, agar pengembangan usaha yang diimpikan segera dapat terwujudkan!

Continue Reading

Strategi Pemasaran

7 Cara Mempromosikan Produk di Sosmed dan Menarik Banyak Orang

Cara Mempromosikan Produk di Sosmed

Sosial media menjadi salah satu tempat dimana pemilik bisnis bisa berhubungan langsung dengan pelanggan target. Saat ini, sudah banyak perusahaan yang memulai social media marketing karena tergolong murah dan bisa menjangkau lebih banyak orang. Tetapi banyak yang masih belum mengerti bagaimana cara mempromosikan produk di sosmed dengan benar.

Sebelumnya, karena nyaris seluruh perusahaan dan bisnis menyadari hal ini, kompetisi dalam promosi produk lewat sosmed semakin meningkat. Ini adalah hal penting bagaimana seseorang harus mampu bersaing dengan beberapa teknik dan mengikuti trend secara konsisten. Berikut ini beberapa teknik yang bisa dipakai dalam promosi produk:

1. Jalankan Perlombaan

Salah satu cara untuk mempromosikan produk secara halus adalah dengan membuat suatu perlombaan berkaitan dengan produk. Cara mempromosikan produk di sosmed ini merupakan metode promosi yang tidak secara langsung melakukan promosi. Melakukan perlombaan di sosmed akan menarik banyak audiens dan kesadaran terhadap produk.

Jalankan perlombaan menggunakan suatu hal yang sedang trend saat ini misalnya lewat media IG atau Tiktok. Perlombaan perlu dibuat sesederhana mungkin, seru, serta punya tawaran hadiah menarik agar semakin banyak peserta. Ini adalah trik untuk menciptakan loyalitas pelanggan untuk keuntungan perusahaan dalam jangka panjang.

2. Gunakan Newsletter dan Email Signature

Salah satu pendekatan secara langsung yang akhir-akhir ini menjadi populer adalah pendekatan lewat newsletter melalui email. Promosi melalui newsletter ini mengharuskan promotor memiliki kolom tersendiri supaya pelanggan mau menyerahkan alamat email mereka. Di dalam newsletter bisa berisikan foto produk terbaru dan penjelasan-penjelasan menarik.

Saat mengirim newsletter, selalu pastikan ada link yang mengarahkan pembaca mengunjungi laman pembelian secara langsung. Tambahkan juga email signature, tanda tangan atau logo khusus perusahaan di badan email yang sudah di hyperlink dengan website utama.

3. Iklankan Produk di Sosmed

Selanjutnya cara mempromosikan produk di sosmed dengan tujuan menjangkau lebih banyak orang adalah dengan melakukan promosi berbayar. Dengan mengiklankan produk, ada kesempatan untuk menjangkau lebih banyak orang dengan ketertarikan pada produk-produk sejenis.

Akan tetapi untuk akun bisnis biasanya akan terjadi penurunan interaksi secara alami karena audiens yang sering menghiraukan postingan bisnis. Perlu upaya lebih untuk memastikan produk milik perusahaan bisa muncul dan dilihat oleh target audiens. Ketika terjadi peningkatan jangkauan melalui iklan, ada juga potensi kenaikan prospek produk.

4. Gunakan Call to Action (CTA) dan Interaksi

Menarik perhatian pelanggan tidak hanya bisa melalui konten menarik saja tetapi juga perlu memperhatikan interaksi bersama. Buat beberapa konten interaksi seperti dengan bermain permainan berhadiah, melempar kuis, atau memberikan vote terhadap konten tertentu.

Ketika pelanggan sudah tertarik, waktunya menyisipkan CTA secara langsung ke dalam promosi yang dilakukan. CTA sendiri merupakan link (dapat tersembunyi atau tidak) yang nantinya mengarahkan pelanggan langsung ke produk yang tengah dijual.

5. Berikan Penawaran dan Kode Promo

Melakukan penawaran di medsos tidak hanya bisa dengan diskon saja, tetapi juga bisa lewat promo beli 2 gratis 1 misalnya. Meskipun baru diperkenalkan, strategi ini bisa menjadi promosi yang bisa menarik banyak keterlibatan pelanggan. Cara mempromosikan produk di sosmed satu ini juga harus pandai memainkan emosi pelanggan lewat tenggat waktu penawaran.

Penawaran khusus dan kode promosi sebaiknya diberikan dalam jangka waktu tertentu supaya pelanggan mau berinteraksi dengan produk. Coba untuk memikirkan bagaimana cara paling tepat supaya pelanggan merasa istimewa dengan penawaran dan kode promosi ini. Contohnya adalah dengan memberi diskon ulang tahun atau mencantumkan nama pelanggan satu-persatu.

6. Beri Ulasan Produk

Memberikan pelanggan testimoni dan ulasan dari pelanggan-pelanggan sebelumnya bisa menjadi cara lain untuk promosi. Ulasan dan testimony ini bertindak secara langsung pada kepercayaan pelanggan dimana kedua hal tersebut akan menjadi pertimbangan bagus tidaknya produk.

Beberapa perusahaan besar bahkan membangun buzzer untuk produk mereka supaya masyarakat percaya pada produk yang dihasilkan. Buktikan bahwa produk perusahaan punya reputasi yang baik melalui ulasan pelanggan lainnya daripada melalui iklan. Harus selalu berani memberi ruang untuk testimoni di konten yang disajikan di media sosial.

7. Sajikan Konten Visual Menarik

Saat ini ketertarikan masyarakat selalu mengarah pada penyajian konten dalam bentuk visual seperti foto atau video pendek. Keduanya menjadi konten yang paling efektif dalam menarik perhatian pelanggan dan untuk promosi. Meskipun masih ada konten tulisan tetapi ujungnya, pelanggan pasti mencari konten visual untuk produk yang akan dibeli.

Tidak ada salahnya membayar seorang pekerja kreatif professional untuk mendapatkan beberapa konten visual menarik. Unggah konten visual ini di penjualan produk atau media sosial lainnya supaya pelanggan bisa melihat kenampakan produk secara jelas.

Apapun cara mempromosikan produk di sosmed yang digunakan, hal paling penting adalah tentang pemahaman terhadap keinginan pelanggan. Coba buat ketertarikan terhadap produk tanpa membuat pelanggan merasa hal itu terlalu memaksa dan bersifat promotif.

Continue Reading

Peluang Usaha

Inilah Modal Ternak Kambing Pemula dan Strategi Perawatan Kambing

Modal Ternak Kambing Pemula dan Strategi Perawatan Kambing

Banyaknya usaha yang dikembangkan oleh masyarakat memang bertujuan agar nantinya bisa memperoleh sebuah penghasilan. Namun sebelum membuka usaha, tentu harus menyediakan modal dan mengetahui kisaran modal yang dibutuhkan untuk usaha tersebut. Salah satunya modal ternak kambing pemula yang memang harus diketahui sebelum beternak.

Meskipun modal yang dibutuhkan tidak terlalu banyak, namun perawatan kambing harus tetap diperhatikan. Dengan tujuan agar kesehatan kambing tersebut dapat terjaga dan terhindar dari penyakit yang bisa menyebabkan kambing mati. Selain itu, kebersihan kandang kambing ini pun harus dilakukan secara rutin agar kambing nyaman menempati kandang tersebut.

Modal Untuk Beternak Kambing Yang Wajib Disediakan 

Seperti yang dibahas sebelumnya bahwa sebelum memulai usaha kambing tentu harus memiliki modal yang akan digunakan. Dimana modal ini berguna untuk membeli segala keperluan yang dibutuhkan usaha kambing. Adapun pembahasan tentang modal ternak kambing pemula sebesar Rp9.000.000 dengan estimasi atau rincian sebagai berikut:

1. Kandang Kambing

Perlengkapan yang dapat disediakan oleh peternak kambing tentunya adalah kandang. Biasanya kandang yang digunakan berupa kandang yang bersifat modern. Memang kandang kambing saat sekarang ini semakin modern untuk kenyamanan kambing itu sendiri. Hal ini dikarenakan kambing juga membutuhkan tempat tinggal yang nyaman untuk beradaptasi.

Adapun harga kandang kambing yang bersifat modern ini berkisar Rp3.000.000. Seseorang bisa membeli kandang secara online melalui aplikasi. Meskipun kandang modern ini ada yang dijual secara offline di berbagai daerah. Memang jika dibeli secara offline, seseorang bisa melihat kualitas dari kandang ini secara langsung dibanding membeli secara online.

2. Bibit

Dalam memelihara hewan maupun tumbuhan tentu tidak lepas dengan penggunaan bibit untuk proses perkembangan biakan nantinya. Seperti yang diketahui bahwa harga dari bibit yang akan digunakan memang cukup mahal namun harus dibeli. Adapun harga dari bibit berkisar Rp5.000.000 sehingga harus disediakan oleh calon peternak nantinya.

Memang harga dari bibit tersebut cukup mahal namun penggunaannya dapat digunakan cukup lama. Sehingga peternak tidak terlalu sering membeli bibit tersebut untuk memenuhi kebutuhan perkembangan kambing. Selain itu, sebelum membeli bibit, seseorang juga harus memperhatikan jenis dan kualitas dari bibit tersebut karena memang banyak jenis bibit yang dapat dijadikan pilihan.

3. Pakan Rumput & Vitamin

Seperti yang diketahui bahwa makanan pokok kambing berupa rumput. Namun untuk mendapatkan makanan ini tentu tidak mudah sehingga peternak harus memesan dan membelinya di tempat tertentu. Kambing bukan hanya memakan rumput saja untuk pertumbuhannya, namun juga membutuhkan vitamin sehingga tidak mudah terserang penyakit.

Untuk membeli pakan berupa rumput dan vitamin ini, modal yang dikeluarkan berkisar Rp1.000.000. Memang harga dari pakan dan vitamin untuk kambing tidak terlalu mahal sehingga nantinya kebutuhan kambing ini dapat terpenuhi secara rutin. Dengan begitu, pada saat menjual kambing tersebut, harga yang ditawarkan lebih mahal sehingga bisa memperoleh banyak keuntungan.

Strategi Untuk Ternak Kambing

Ternak kambing yang dilakukan memang memberikan banyak keuntungan untuk para peternak. Bagaimana tidak, modal ternak kambing pemula tidak perlu mengeluarkan biaya yang banyak. Bukan hanya membutuhkan modal yang sedikit, namun strategi yang baik pun diperlukan untuk kelancaran ternak. Olehnya itu, berikut paparan lengkap mengenai strategi yang dapat dilakukan saat beternak kambing:

1. Memilih Jenis Kambing

Sebelum memulai ternak hewan kambing, terlebih dahulu memilih jenis dari kambing tersebut. Memang sangat banyak jenis kambing yang dapat dijadikan sebagai salah satu pilihan untuk hewan ternak. Adapun jenis hewan ternak berupa kambing yang dapat dijadikan pilihan yaitu kambing jenis Etawa. Kambing jenis ini memang sangat bagus sebagai hewan ternak.

2. Harus Memiliki Lahan Yang Memadai

Memang lahan yang dibutuhkan untuk ternak kambing harus luas sehingga kambing bisa lebih leluasa untuk berkembang biak. Itulah mengapa lahan sangat perlu diperhatikan sebelum memulai untuk ternak kambing. Selain itu, lahan yang luas ini nantinya dapat dijadikan sebagai tempat tumpukan pakan maupun bibit untuk kambing tersebut.

3. Pakan, Bibit, dan Vitamin Harus Berkualitas

Seperti yang telah dibahas sebelumnya bahwa pakan yang akan diberikan ke hewan ternak utamanya kambing harus berkualitas. Begitu pula dengan pemilihan bibit untuk kambing pun harus berkualitas agar perkembangannya selalu sehat. Ada pula vitamin yang juga dijadikan sebagai kebutuhan kambing karena memang vitamin ini memiliki peran yang penting.

4. Pastikan Kesehatan Kambing Tetap Terjaga

Hal yang tidak kalah pentingnya dalam strategi ternak kambing adalah kesehatan dari kambing tersebut. Dimana para peternak harus memperhatikan kebersihan dari kandang kambing agar tidak mudah terserang penyakit. Bukan hanya itu saja, pemberian pakan pun perlu diperhatikan dan diberikan secara rutin agar nantinya kesehatan kambing tetap terjaga.

Itulah penjelasan lengkap terkait modal ternak kambing pemula yang dapat disediakan yakni Rp9.000.000. Memang modal yang dibutuhkan untuk melakukan ternak ini tidak terlalu banyak namun keuntungan yang diberikan pada saat panen cukup besar. Bukan hanya itu, strategi untuk memulai usaha ini tentu harus diperhatikan. 

Continue Reading

TOP STORIES