Connect with us

Bisnis

Inilah Rincian Modal Usaha Barbershop, Untung Atau Buntung!

Barbershop bukanlah sesuatu yang asing, usaha ini seakan tak pernah lekang oleh waktu. Meningkatnya jasa potong rambut, hingga konsultasi gaya rambut semakin diminati banyak orang. Hal inilah yang menjadi salah satu pendorong ekonomi masyarakat di saat pandemic berkepanjangan seperti saat ini. Lalu sebenarnya berapa modal usaha barbershop dan adakah kiat atau tips tertentu untuk memulainya? Langsung saja, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Modal Usaha Barbershop

Hal Yang Patut Diperhatikan Sebelum Memulai Bisnis Barbershop

Dalam memulai sebuah usaha, tentu diperlukan perencanaan yang cukup matang. Agar usaha yang kelak dilakukan bisa berjalan dengan baik. Nah, sebagai pemula tentu bingung apa saja yang harus diperhatikan pada tahap awal ini. Adapun perihalnya adalah sebagai berikut :

1. Modal 

Modal menjadi satu hal yang wajib dipersiapkan. Dari sinilah nantinya usaha bisa dikerjakan. Modal sendiri bisa didapat melalui beberapa cara. Apabila kesulitan dalam memperoleh modal bisa mengajukan pinjaman pada bank. Tentu hal ini juga disesuaikan dengan kapasitas dan kemampuan membayar nasabah. Hendaklah meminjam seperlunya saja agar tidak berat dalam penyelesaiannya.

2.Persiapkan Tempat Usaha

Hal lain yang umumnya harus dilakukan adalah mempersiapkan tempat untuk usaha nantinya. Diperlukan tempat dengan kualitas yang baik serta strategis untuk dijangkau pelanggan. Ukur kemampuan budget masing – masing apakah harus menyewa atau membeli lahan sendiri. Letak yang strategis memberikan dampak baik untuk perkembangan usaha kedepan. Harapannya bisa menjangkau customer lebih banyak.

3. Persiapkan Peralatan Yang Dibutuhkan

Hal selanjutnya mengenai peralatan dari usaha tersebut, dalam hal ini adalah potong rambut. Peralatan menjadi senjata utama dalam menjalankan usaha. Kualitas peralatan yang baik tentu bisa mendukung kenyaman dan mempengaruhi hasil akhirnya. Meski tidak dapat dipungkiri teknik dan skill adalah yang paling utama. Namun setidaknya peralatan yang baik akan memudahkan pemilik usaha.

4. Biaya Promosi

Tak bisa dipungkiri, promosi menjadi salah satu aspek penting dalam perkembangan sebuah usaha. Dewasa ini berbagai teknik promosi sudah sangat merajalela. Mulai dari promosi gratisan hingga promosi yang berbayar. Keduanya tentu memiliki dampak yang berbeda pada pertumbuhan setiap usaha. Persiapkan juga budget tambahan untuk mendorong usaha lewat promosi.

5. Biaya Operasional Di Waktu Mendatang

Perlu juga bagi seseorang yang berniat membuka usaha untuk memikirkan langkah selanjutnya dalam perjalanan usaha tersebut. Dalam hal ini perhitungan mengenai biaya operasional tentu sangat dibutuhkan. Mengingat hal ini cukup penting, seperti halnya memperhitungkan biaya, air, listrik, atau gaji karyawan jika memiliki karyawan tetap.

Rincian Modal Bisnis Barbershop

Nah, di pembahasan ini akan mulai bicara berapa modal usaha barbershop untuk pemula. Pada dasarnya rincian modal ini tidak bisa dijadikan panutan pasti mengenai besarnya modal usaha. Dikarenakan setiap peralatan memiliki harga yang cenderung berbeda di setiap tempat. Namun paling tidak hal ini bisa menjadi gambaran bagi yang ingin memulai jenis usaha barbershop. Adapun rinciannya sebagai berikut :

1. Membeli Peralatan Utama

Berikut ini adalah gambaran modal yang harus dikeluarkan bagi pemilik usaha untuk membeli peralatan utama untuk membuka usaha barbershop. Sesuaikan dengan modal yang dimiliki agar bisa mencakup semua peralatan yang dibutuhkan.

  • Mesin cukur 2 buah @ Rp.350.000 = Rp.700.000
  • Kursi barber 2 buah @ Rp.3.000.000 = Rp.6.000.000
  • Set meja dan kursi uk besar 2 buah @ Rp.1.500.000 = Rp.3.000.000
  • Gunting rambut 2 buah @ Rp.50.000 = Rp.100.000
  • Sisir rambut 2 buah @ Rp.10.000 =Rp.20.000
  • Gunting sasak 2 buah @ Rp.75.000 = Rp.150.000
  • Pisau cukur 2 buah @ Rp.15.000 = Rp.30.000
  • Silet cukur = Rp.45.000
  • Handuk kecil satu set = Rp.150.000
  • Apron penutup badan satu set isi 6 = Rp.195.000
  • Apron penutup badan untuk pelanggan isi 6 =260.000
  • Botol semprot barbershop 2 buah @ Rp.15.000 = Rp.30.000
  • Jepit rambut buaya besar dan kecil = Rp.25.000
  • Mangkok sabun 2 buah @ Rp.5.000 = Rp.10.000
  • Sikat bulu 2 buah @ Rp.25.000 = Rp. 50.000
  • Sapu set dan dustpan =Rp.50.000
  • Cermin lipat 2 buah @ Rp.15.000 = Rp.30.000

Sehingga bisa disimpulkan jika total rincian untuk peralatan barbershop adalah sebesar Rp. 10.845.000. Jumlah ini adalah akumulasi untuk 2 orang pekerja. Jika membutuhkan pekerja lebih, tentu harus mengeluarkan biaya lebih.

2. Biaya Tempat Usaha

Seperti yang telah disinggung di atas, mengenai biaya tempat usaha tergantung apakah akan membeli atau menyewa. Jika membeli tentu diperlukan biaya yang cukup mahal ya! Jadi disarankan untuk pemula menyewa tempat saja. Nah, menyewa tempat yang strategis seperti di pinggir jalan memiliki harga yang sedikit mahal. Untuk kisaran biaya pertahun untuk sewa kios sekitar 4 sampai 5 juta per tahun.

3. Kisaran Biaya Operasional

Yang terakhir adalah rincian biaya operasional untuk menjalankan usaha barbershop ini sendiri. Hal ini meliputi, biaya listrik perbulan sekitar Rp.200.000. Lalu biaya air Rp.150.000 gaji pekerja berkisar antara Rp.1.500.000 sampai Rp.3.000.000 dan biaya promosi sekitar Rp.500.000

Jadi biaya untuk modal usaha barbershop berkisar Rp.18.195.000 untuk kapasitas dua kursi cukur. Jumlah ini tentu bisa berubah tergantung banyak atau sedikit jumlah peralatan yang dibeli. Semoga ulasan ini memberikan wawasan baru untuk sobat di rumah yang ingin memulai usaha potong rambut.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bisnis

5 Fungsi Website Sebagai Media Promosi dalam Dunia Bisnis

ungsi Website Sebagai Media Promosi

Pada saat ini teknologi sudah semakin canggih dan berkembang pesat hingga semua bidang menggunakannya. Di sini melibatkan fungsi website sebagai media promosi yang mampu menaikkan pamor suatu bisnis. Hal ini akan memberikan dampak yang positif juga bagi perekonomian jika berjalan dengan baik. Berikut ini penjelasan fungsinya, antara lain:

1. Adanya Kemudahan Melayani Konsumen

Salah satu fungsi website sebagai media promosi yang paling menguntungkan sebagai sarana untuk melayani konsumen yang beli produknya. Beragam pertanyaan dapat diajukan saat ingin tahu secara mendalam mengenai benda yang dijual itu. Keberadaannya juga mempermudah pemilik dagangan dalam mengontrol keinginan dari pembeli.

Pelayanan yang baik dan cepat merupakan nilai tambah serta bekal yang amat baik ketika melakukan pengembangan bisnis yang sudah jalan. Menariknya saat ini terdapat jasa pembuatan website yang disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan dalam meningkatkan produktivitasnya. 

2. Menarik Minat Pembeli

Ketika ingin mendapatkan pembeli cukup banyak, butuh promosi suatu barang yang menjadi pokok utama penjualan. Apabila kesulitan membuat website, dapat mengunjungi Hugaf/hugaf.com yang bisa diakses melalui https://hugaf.com serta bisa membantu memecahkan permasalahannya.

Menariknya situs ini mampu mempermudah segala aktivitas jual dan beli. Layanan pembuatan yang disajikan juga mudah untuk diikuti dan tidak terlalu rumit. Banyak hal yang bisa dibuat di sini, mulai dari bisnis bidang pendidikan hingga penawaran jasa online lainnya yang bermanfaat bagi pengguna.

3. Akses yang Mudah

Apabila menggunakan hugaf, website yang dihasilkan sangat menarik serta pengaksesannya mudah bagi pelanggan yang memerlukan aktivitas ke sini. Hal ini sangat menguntungkan untuk yang punya website jika tak bisa selalu stand by. Penyebabnya segala sesuatu yang dilakukan oleh konsumen itu tidak memandang waktu serta toko onlinenya selalu buka.

Tampilan yang menarik serta segala sesuatu yang serba online membuat banyak orang beralih menggunakan website guna menjalankan bisnisnya dengan lancar. Risiko yang diterima juga kecil dengan profit yang besar ketika melakukan promosi selama bisnisnya berjalan.

4. Menjangkau Target yang Luas

Banyak produk yang bisa dijual baik yang berupa jasa maupun barang sampai pada konsumen yang jaraknya jauh dapat diperoleh di sini. Semua kalangan dapat memasuki ranah ini serta berpotensi menjadi konsumen. Sedikit informasi bahwa benda yang terjual di sini termasuk kendaraan juga yang spesifikasinya dapat ditampilkan.

Promosi bisa dilakukan secara berkala sesuai dengan keinginan tanpa memandang waktu. Saat ini Hugaf menjadi alternatif terbaik dan solusi berdagang yang dapat menguntungkan penggunanya. Beragam fitur yang mendukung proses jualan bisa dimasukkan dan mempermudah segala aktivitas yang terlaksana.

5. Sebagai Sarana Katalog

Biasanya butuh selembaran kertas untuk mempromosikan produk yang dimiliki dengan berbagai tampilan yang menarik. Saat ini tidak perlu repot lagi, karena ketika membuat website otomatis dapat menampilkan jenis-jenis barang yang disediakan. Adapula testimoni dari pembeli sebelumnya yang bisa dicantumkan.

Bukan hanya itu, keunikan yang disuguhkan dari suatu produk bisa mencuri perhatian pembeli hingga membuatnya tertarik untuk melakukan transaksi. Hal-hal menakjubkan lainnya bisa dijumpai serta dikembangkan sesuai kebutuhan. Website memberikan pelayanan yang menjanjikan dengan waktu tidak terlalu banyak hanya untuk memantau kegiatan yang terjadi itu sangat memuaskan.

Demikian penjelasan mengenai fungsi website sebagai media promosi yang dapat dijadikan sebagai referensi ketika memasarkan bisnis yang baru dibangun. Hal ini sangat berguna agar sesuatu yang dijalankan dapat berhasil sebagaimana harapannya.

Continue Reading

Bisnis

Cara Mengurus Surat Izin Usaha Beserta Syaratnya, Lengkap!

Saat seseorang ingin memulai bisnis atau usaha, maka wajib baginya untuk tahu cara mengurus surat izin usaha perdagangan (SIUP). SIUP berguna agar pemerintah dapat memantau dan memberi fasilitas kepada pemilik UMKM secara legal. Dengan adanya SIUP berbagai permasalahan persoalan UMKM juga dapat teratasi, misalnya adanya usaha liar, pemilik yang melanggar wajib pajak, dan risiko lainnya.

SIUP juga terbagi menjadi 3 golongan. SIUP Besar untuk pemilik modal lebih Rp500 juta, SIUP Sedang dengan modal Rp200 – Rp500 juta dan SIUP Kecil dengan modal Rp200 juta ke bawah. Mengurus surat izin usaha juga tak bisa sembarangan, ada prosedur tertentu untuk dapat memiliki surat tersebut. Berikut cara mengurus surat izin usaha beserta syaratnya secara lengkap!

Syarat-Syarat Mendapatkan SIUP

Sebelum membuat SIUP, alangkah baiknya untuk melengkapi prosedurnya secara administrasi terlebih dahulu, berikut adalah syarat SIUP Berdasarkan jenis usaha:

1. Perusahaan Perseorangan

Perusahaan perseorangan cukup mudah dibuatkan SIUP dibanding perusahaan lainnya. Adapun berkas yang perlu dipersiapkan adalah antara lain:

  • Fotocopy E-KTP dan aslinya dari pemegang modal atau pemilik saham perusahaan
  • Fotocopy NPWP dan kartu aslinya
  • Surat keterangan domisili atau SITU
  • Materai Rp 6000 atau yang berlaku
  • Neraca keuangan atau laporan keuangan perusahaan
  • Pas foto direktur utama atau pemegang saham dengan ukuran 4×6 sebanyak 2 lembar
  • Kelengkapan izin lainnya yang berdasar pada jenis usaha yang dimiliki.

2. Perusahaan Perseroan Terbatas / PT

Syarat mengurus SIUP untuk PT sedikit berbeda dengan pengajuan perseorangan, lalu apa saja yang harus dilengkapi terlebih dahulu? Berikut adalah syarat yang harus dipersiapkan:

  • Fotocopy E-KTP dan aslinya dari direktur utama perusahaan atau pemilik sumber modal
  • Bagi perusahaan yang memiliki penanggung jawab perempuan, maka yang harus dipersiapkan adalah fotocopy kartu keluarga dan aslinya
  • Surat asli NPWP dan fotocopynya
  • Surat keterangan domisili atau SITU
  • Fotocopy akta pendirian PT dan aslinya yang telah disahkan oleh Kemenkumham
  • Surat izin prinsip
  • Surat izin gangguan (HO)
  • Neraca keuangan perusahaan
  • Materai Rp 6000 atau yang berlaku serta foto penanggung jawab perusahaan atau direktur utama ukuran 4×6 sebanyak 2 lembar.

3. Koperasi

Jika mendirikan sebuah usaha berbentuk koperasi, maka administrasi surat izin usaha yang dibutuhkan juga berbeda dengan kedua di atas. Berikut syarat yang perlu untuk disiapkan:

  • Fotocopy E-KTP dan aslinya dari dewan pengurus dan dewan pengawas
  • Menyiapkan Fotocopy NPWP dan aslinya
  • Fotocopy akta pendirian koperasi dan aslinya
  • Daftar nama susunan dari dewan pengurus dan pengawas
  • Fotocopy surat keterangan domisili
  • Laporan keuangan
  • Materai Rp 6000 atau yang berlaku serta foto direktur utama dan penanggung jawab ukuran 4×6 sebanyak 2 lembar

4. Perusahaan Perseroan Terbuka / Tbk

Syarat administrasi pembuatan SIUP untuk Perseroan Terbuka juga berbeda. Jika seseorang membuka usaha dengan bentuk tbk maka berikut adalah persyaratan administrasi yang harus disiapkan :

  • Fotocopy E-KTP dan aslinya dari direktur utama dan penanggung jawab
  • Menyiapkan fotocopy SIUP yang dimiliki oleh perusahaan sebelum menjadi Perseroan Terbuka
  • Fotocopy akta notaris dari pendirian dan perubahan perusahaan, serta surat persetujuan perubahan perusahaan oleh Departemen Hukum dan Ham
  • Surat keterangan dari Badan Pengawas Pasar Modal
  • Fotocopy Surat Tanda Penerimaan Laporan Keuangan Tahunan Perusahaan di tahun pembukuan akhir
  • Pas foto dari direktur utama dan penanggung jawab dengan ukuran 4×6 sebanyak 2 lembar
  • Apabila tempat usaha bukan milik sendiri, perlu melampirkan surat izin pemilik yang membuktikan dibolehkannya tempat tersebut sebagai tempat usaha dengan tanda tangan materai.

Prosedur / Cara Pembuatan SIUP

Cara mengurus surat izin usaha dapat dilakukan secara online maupun offline. Untuk offline seseorang dipersilahkan untuk datang ke kantor dan membawa syarat administrasi, dan untuk online terintegrasi dengan layanan Online Single Submission. Berikut adalah persyaratan untuk mengurus SIUP online :

  • Membuat akun user ID dengan membutuhkan NIK
  • Jika badan usaha milik negara wajib mempersiapkan dasar hukum dari pembuatan usaha
  • Jika badan usaha bentuk CV, PT, Koperasi dsb. Harus memiliki pengesahan dari Kemenkumham.

Setelah melengkapi syarat di atas, langkah berikutnya adalah membuat akun di OSS. Berikut adalah prosedurnya :

1. Badan Usaha

Jika perusahaan berbentuk badan usaha, maka user ID harus menggunakan NIK dari penanggung jawab usaha dan melengkapi semua kolom registrasi yang ada. Setelah melakukan registrasi, maka sistem akan memberikan dua kali email untuk verifikasi akun. Setelahnya akan dikirim user ID dan password sementara untuk memasuki sistem.

2. Perorangan

Jika perusahaan berbentuk perorangan, maka user ID menggunakan NIK pribadi pemilik. Silakan mengisi form registrasi yang ada, lalu cek email untuk melakukan verifikasi data OSS yang telah dibuat. Setelahnya, email dan password sementara akan dikirim ke email pemilik, silakan gunakan email dan password tersebut untuk memasuki sistem.

Seperti itulah cara mengurus surat izin usaha beserta syaratnya secara lengkap. Jadi, bagi yang ingin memulai usaha, pastikan untuk mengurus surat izin usaha tersebut guna keberlangsungan usaha yang dimiliki. Dan bagi yang telah memiliki usaha dan surat izinnya, pastikan untuk selalu memperpanjang masa berlakunya.

Continue Reading

Bisnis

7 Usaha Ternak Modal 300 Ribu yang Mudah dilakukan di Rumah

Hewan ternak menjadi konsumsi yang tergolong tinggi, sehingga berpengaruh pada peluang usaha yang bisa diambil. Usaha ternak modal 300 ribu bisa dilakukan dari rumah dan sesuai dengan apa yang disukai. Ada berbagai jenis usaha ternak yang bisa dilakukan, lihat pula potensi pasar saat akan memulai usaha tersebut, inilah beberapa usaha ternak untuk memenuhi kebutuhan pasar akan protein hewani.

Usaha Ternak Modal 300 Ribu

1. Ternak Ayam

Saat akan memulai usaha ternak ayam, bisa dengan memanfaatkan lahan yang dimiliki di area halaman rumah. Selanjutnya, buatlah kandang ayam, bisa dengan bahan bambu agar lebih murah. Selanjutnya jika kandang siap, beli bibit indukan ayam, sesuaikan dengan modal yang ada, jumlah betina bisa berapapun, dan pejantan cukup satu saja.

Kemudian masukkan indukan ayam yang berkualitas tersebut dalam satu kandang, biarkan pejantan dan para betina bereproduksi. Selanjutnya betina akan bertelur, paling sedikit akan menghasilkan 5 telur atau hingga 143 butir lebih sekali bertelur. Setelah itu, pecahkan telur tersebut dan beri perawatan khusus untuk penetasan ayam.

2. Usaha Ternak Lele

Usaha ternak modal 300 ribu lainnya bisa dengan memulai ternak lele di rumah. Persiapan yang dilakukan pun cukup mudah, modal awal bisa membeli terpal untuk membuat kolam lele. Kemudian aliri kolam dengan air dan mulailah menanam bibit lele yang sudah dibeli. Bibit lele tergolong murah dan mudah dibudidayakan dan dirawat.

Bibit lele ini cukup diberi makan setiap hari, bahkan jika sering makan lele akan cepat berkembang. Dan pemilik ternak bisa segera panen lele untuk jumlah yang banyak. Selanjutnya bisa lakukan kerjasama dengan penjual pecel lele untuk pendistribusian lele tersebut.

3. Ternak Kambing

Beternak kambing juga tergolong cukup mudah dan merupakan hasil yang bagus saat mulai mendekati hari raya qurban atau acara aqiqah. Jadi saat akan memulai ternak kambing, cobalah untuk memilih bibit kambing terbaik untuk pejantan dan betina. Siapkan kandang agak tinggi dengan tempat yang lumayan luas untuk kapasitas anaknya nanti.

Kemudian perawatan kambing juga cukup mudah, kambing suka dengan dedaunan, rumput segar dan jenis daun hijau lainnya. Pemberian makan kambing biasanya terjadi pada pagi hari dan sore hari, jangan lupa pula untuk rutin merawat dan membersihkan kandang. Kambing yang sedang hamil biasanya harus dipisahkan dengan kambing lainnya agar proses kelahiran lebih lancar dan anak kambing tidak terganggu kambing lainnya.

4. Budidaya Ikan Hias

Pernah dengar ikan cupang? Ikan ini menjadi favorit banyak orang untuk dipelihara. Selain perawatan mudah, ikan cupang juga ikan yang bisa lama bertahan hidup dengan perawatan minim. Oleh karena itu, pemilihan usaha ternak 300 modal ribu bisa memilih melakukan budidaya ikan hias, yaitu cupang.

Tidak hanya cupang saja yang bisa dibudidayakan dengan mudah, ikan hias lainnya seperti jenis guppy juga merupakan pilihan yang baik untuk budidaya. Mengingat ikan jenis guppy ini pun banyak penggemarnya dan bisa dibudidayakan dengan mudah.

5. Ternak Bebek

Ada juga ternak yang mudah dilakukan yaitu beternak bebek dengan mempersiapkan lahan yang luas serta berlumpur. Hal ini disebabkan karena bebek sangat menyukai tanah yang lembek, basah dan berlumpur, bisa pula dekat dengan area sungai kecil. Pilihlah bibit bebek yang unggul, bibit bebek bisa dipilih sejak umur 1-10 hari menetas dan mulai lakukan perawatan di kandang.

Selanjutnya lakukan perawatan dan pemberian makanan pada bebek secara rutin untuk menjaga kualitas bibit bebek. Setelah bebek dewasa dan melakukan reproduksi, selanjutnya akan bertelur, tidak hanya daging bebek saja yang dimanfaatkan. Telur bebek pun bisa menjadi komoditas usaha yang menjanjikan untuk dijual.

6. Tambak Udang

Udang merupakan salah satu jenis ternak secara tambak yang bisa dipilih dan dilakukan dengan mudah dan meraih banyak keuntungan. Seperti pada saat memilih budidaya tambak udang vaname yang bisa dilakukan di rumah. Dengan mempersiapkan lahan udang disesuaikan dengan jumlah bibit udang yang akan diternakkan.

Untuk pemilihan bibit udang vaname, cobalah memilih yang warna cerah, ukuran besar dan terlihat lincah. Kemudian untuk perawatan udang harus memperhatikan volume air dan sirkulasi udara yang bagus pada kolam. Sehingga akan menghasilkan panen udang vaname yang bagus hanya dengan usaha ternak modal 300 ribu.

7. Ternak Burung Puyuh

Usaha selanjutnya yaitu dengan melakukan ternak burung puyuh, mengingat daging dan telur puyuh bisa menghasilkan pendapatan yang lebih. Bisa dengan mempersiapkan kandang untuk indukan, penetasan serta perawatan anak puyuh, sehingga akan mendapatkan hasil maksimal.

Selain itu, berikan makanan yang tepat pada burung puyuh, untuk umur dibawah 3 minggu harus berupa tepung. Sementara yang lebih dari 3 minggu sudah bisa mengkonsumsi biji pada burung puyuh.

Dengan adanya usaha ternak modal 300 ribu dan mudah dilakukan di rumah. Maka selanjutnya bisa menganalisa keuntungan dan cara mengembangkan usaha tersebut agar semakin berkembang serta menaikkan omset usaha ternak.

Continue Reading

TOP STORIES