Connect with us

Inspirasi

Mengenal Lebih Jauh Tentang Sosok Nadim Makarim

Nadim makarim (Foto: Go-jek)

Siapa orang Indonesia yang tidak tahu Go jek?

Aplikasi transportasi paling populer ini bahkan sudah masuk menjadi bisnis deacorn. Apa sudah tahu siapa pendiri aplikasi Gojek? Namanya Nadim Makarim, salah satu orang hebat dengan segudang prestasi. Ingin tahu lebih jauh tentang dirinya? Simak uraian selengkapnya berikut ini

Sekilas Biografi Nadim Makarim

Nadim Makarim (kemdikbud.go.id)

Pertama-tama akan dibahas dahulu tentang biografi seorang Nadim Makarim. Dalam biografi ini akan dijelaskan tentang kehidupan keluarga, latar belakang pendidikan serta kehidupan pernikahan beliau. Berikut penjelasan selengkapnya

Latar Belakang Keluarga Nadim Makarim

Nadim makarim (sumber: facebook/sarimakkiphotography)

Diketahui dari beberapa sumber Nadim ternyata lahir di Singapura. Tanggal tepatnya yaitu 4 Juli 1984. Beliau lahir dari pasangan Nono Anwar Makarim yaitu ayahnya Dan seorang ibu bernama Atika Algadrie. Ayahnya, Nano Anwar Makarim merupakan seorang keturunan minang-Arab yang berprofesi sebagai aktivis dan pengacara terkemuka.

Ibunya, Atika Algadrie berprofesi sebagai penulis lepas. Fakta yang tidak banyak orang tahu, jika Atika Algadrie merupakan putri dari Hamid Algadrie. Beliau merupakan salah satu dari sekian orang yang menjadi perintis kemerdekaan Indonesia. Nadim punya saudari perempuan yang bernama Rayya Makarim. Saudarinya tersebut bekerja sebagai penulis naskah film.

Pendidikan Nadim Makarim

Soal pendidikan, Nadim Makarim diketahui mengenyam sekolah dasarnya di Jakarta. Begitu juga pada jenjang sekolah menengah pertamanya. Namun setelah lulus SMP , beliau memilih melanjutkan pendidikannya ke tingkat SMA ke Singapura.

Nadim Makarim dikenal sebagai sosok yang begitu mandiri di mata keluarganya. Terbukti, saat tahun 2002 tepatnya ketika lulus SMA, beliau memilih untuk melanjutkan kuliah di Amerika Serikat. Nadim memilih jurusan yang cukup bergengsi yaitu hubungan internasional di Brown University. Hebatnya lagi, selama berkuliah dirinya pun sempat mengikuti pertukaran pelajar.

Saat itu, beliau mengikuti program foreign exchange di London School of economics selama kurang lebih setahun. Setelah lulus sarjana, Nadim pun melanjutkan program masternya. Kala itu, beliau memilih melanjutkan studinya nya di Harvard Business School. Lagi-lagi Nadim menorehkan prestasinya dengan memperoleh gelar MBA dari studinya tersebut.

Kehidupan Pernikahan

Kini Nadim Makarim pun sudah tidak sendiri. Beliau akhirnya melabuhkan hatinya pada seorang wanita cantik yang ia pilih menjadi istrinya. Diketahui istri dari pendiri Gojek tersebut bernama Franka Franklin.

Keduanya melangsungkan pernikahan sekitar tahun 2014 lalu. Dari pernikahannya tersebut, keduanya diketahui telah memiliki satu orang putri bernama Solara Franklin Makarim. Uniknya, baik Nadim dan istrinya ternyata punya perbedaan keyakinan.

Nadim Makarim dari lahir memang beragam islam. Sementara Franklin istrinya merupakan penganut agama Kristen yang taat. Namun keduanya membuktikan jika perbedaan lah yang malah membuat sesuatu menjadi lebih indah. Terbukti dengan pernikahan mereka yang bisa lenggeng hingga sekarang.

Perjalanan Karier Dan Bisnis Yang Dibangun Olehnya

Nadim Makarim (Foto: Go-jek)

Selanjutnya adalah soal perjalanan karir dan bisnis. Jadi setelah lulus bergelar MBA, Nadim tidak langsung mengelola bisnis. Beliau nyatanya juga pernah beberapa kali bekerja di perusahaan. Sampai akhirnya membuka bisnis sendiri, bahkan saat ini menjadi salah satu jajaran menteri. Berikut perjalanan karir dan bisnis yang dijalani oleh seorang Nadim

1. Bekerja Di McKinsey & Co 

Setelah lulus dan mendapat gelar MBA, Nadim Makarim memilih untuk kembali ke Indonesia. Kala itu beliau langsung diterima menjadi konsultan manajemen di perusahaan Mckinsey & Company. Beliau bekerja di tempat tersebut selama lebih kurang tiga tahun. Namun kemudian Nadim memilih untuk resign.

2. Menjadi Co-Founder Dan Managing Director Di Zalora Indonesia

Menjadi seorang konsultan manajemen, tidak membuatnya cukup puas. Setelah resign dari pekerjaan sebelumnya, Nadim diketahui bekerja di Zalora sekitar tahun 2011 hingga 2012. Kala itu, langsung menduduki jabatan sebagai Co-Founder dan Managing Director.

Sayangnya tahun 2012, Nadim memilih resign kembali. Menurutnya pengetahuan yang ia peroleh dari bekerja di Zalora sudah cukup untuk membangun bisnis sendiri. Setelah keluar dari Zalora inilah, pelan-pelan Nadim mulai membangun startup Gojek. 

3. Sempat Bekerja di Kartuku

Keluar dari Zalora, Nadim pun mencoba untuk bekerja di Kartuku. Di sana ia menghabiskan waktu untuk menggali ilmu Selama setahun yaitu dari tahun 2013 hingga tahun 2014. Pekerjaan ini dilakoninya sambil menjalankan bisnis Gojek yang juga baru dirintis olehnya. Sebagai informasi “Kartuku” merupakan salah satu sistem pembayaran non tunai di Indonesia.

Pada awal-awal berdiri dulu Kartuku sempat booming. Hal ini karena kala itu hampir tidak ada kompetitor lain seperti saat ini. Setelah banyak bermunculan kompetitor, Kartuku mulai sepi peminat. Sampai akhirnya kini diakuisisi sendiri oleh Gojek menjadi Gopay.

4. Berhasil Mengembangkan Gojek

Tepatnya pada tahun 2010, Gojek resmi didirikan sendiri oleh Nadim. Menurut beberapa sumber menyebutkan, jika kini Gojek sudah masuk dalam salah satu dari 19 deacorn di dunia. Awal berdiri Gojek ini merupakan pelayanan call centre. Lingkup pelayanan hanya pengiriman barang serta ride hailing dengan motor.

Kini, Gojek telah berubah banyak dengan menyediakan lebih dari 20 pelayanan. Sekaligus membawa Gojek menjadi bisnis dengan valuasi mencapai USD 10 miliar. Atas prestasinya ini, Nadim bahkan masuk dalam 150 orang terkaya di Indonesia versi majalah Globe Asia. Dengan total kekayaan mencapai US 100 juta.

5. Menjadi Salah satu Menteri Pada Kabinet Indonesia Maju

Karir puncak Nadim Makarim adalah ketika dirinya terpilih menjadi salah satu jajaran menteri yang ditunjuk langsung oleh presiden Jokowi. Atas keputusan tersebut, Nadim pun akhirnya mengundurkan diri dari Gojek. Tepatnya tanggal 23 Oktober 2019, presiden Joko Widodo secara resmi mengangkatnya sebagai menteri pendidikan dan kebudayaan.

Baca Juga: Daftar Startup Terbaik dan Terbesar di Indonesia Bergelar Unicorn

Baca Juga: Bahas Tuntas Potensi Startup di Indonesia saat ini

Prestasi Terbaik, Masuk Majalah Time

Prestasi yang kini telah diraih oleh Nadim memang semua termasuk membanggakan. Namun, selain dirinya yang berhasil masuk dalam jajajaran kabinet menteri, baru-bari ini Nadim pun kembali menorehkan prestasi terbaiknya. Prestasi tersebut adalah namanya yang masuk dalam majalah “Time” sebagai salah satu orang yang paling berpengaruh di dunia.

Fakta tersebut dikutip dari laman resmi majalah “Time”, tepatnya tanggal 14 November 2019. Majalah Time sendiri telah merilis 100 orang yang berkontribusi dalam membentuk masa depan dunia bisnis, olahraga, kesehatan, dan lainnya. Istimewanya, nama Nadim Makarim terbukti tercantum dalam daftar 100 orang tersebut.

Pada daftar tersebut, Nadim ditempatkan dalam kategori leaders atau pemimpin. Bersanding dengan menteri lingkungan hidup jepang Shinjiro Quesada, serta beberapa pemimpin muda lainnya. Sebagai informasi, selain kategori pemimpin, majalah time juga merilis daftar nama-nama influencer di kategori artis, tokoh fenomenal, penemu, maupun kalangan pengacara.

Telah banyak diketahui, jika Nadim telah resmi keluar dari Gojek, dan memenuhi permintaan Presiden Jokowi untuk menjadi menteri. Pada kabinet Jokowi-Ma’ruf Amin tersebut, Nadim diberi wewenang sebagai menteri pendidikan dan kebudayaan sampai 5 tahun mendatang. Jabatan inilah yang membuat dirinya dianggap sebagai pemimpin masa depan ekonomi terbesar ke-16 dunia.

Wakil Direktur Center For Strategic and International Studies, Brian Harding mengungkapkan jika Nadim mampu membawa anak muda berjiwa wirausaha dalam kabinet. Daftar orang berpengaruh menurut Time saat ini didominasi oleh tokoh usia muda. Membuat Nadim yang berusia 35 tahun cukup layak untuk masuk dalam daftar tersebut.

Itulah sekilas tentang seorang Nadim Makarim. Pendiri sebuah Startup yang sukses di Indonesia yaitu Gojek. Bagi yang penasaran tentang beliau, artikel ini mungkin bisa menjadi bahan informasi.

Mendirikan situs income.id sebagai perwujudan pengabdian kepada bangsa dan negara indonesia melalui media yang informatif dan edukatif

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Inspirasi

Sukses Karir dan Asmara, Yuk Intip Perjuangan Rezky Aditya

Rezky Aditya merupakan pesinetron yang bersinar sejak beberapa tahun lalu. Aktor yang baru saja melepas masa lajangnya dengan menikahi artis cantik Citra Kirana ini juga dikenal sebagai sosok yang ramah. Saat ini, dirinya tengah menanti kelahiran anak pertama karena sang istri dikabarkan sedang hamil dua bulan.

Karir Rezky Aditya sebagai artis terbilang cukup mulus. Sejak kali pertama kemunculannya, Rezky berhasil memerankan puluhan judul sinetron. Jadi, selain karir di industri hiburan tanah air, Rezky juga tampak adem ayem dengan kehidupan rumah tangganya. Gosip miring pun hampir tak pernah mampir pada pasangan ini. Inilah profil Rezky Aditya!

Nama                    : Rezky Aditya

Kelahiran             : Jakarta, 26 Februari 1985

Tinggi Badan        : 178 cm

Tahun aktif          : 2003 sampai sekarang

Perjalanan Karir Rezky Aditya

Pria kelahiran tahun 1985 ini aktif di dunia hiburan sejak tahun 2003 silam. Salah satu sinetron yang melejitkan namanya adalah ketika beradu akting dengan aktor Didi Riyadi dan pemain FTV, Kadek Devie. Sinetron berjudul “ Celana Bulu Jin” membuatnya dikenal sebagai salah satu artis pria pendatang baru.

Tahun 2006, Rezky Aditya kemudian membintangi sinetron “ Benci Jadi Cinta” bersama Nia Ramadhani dan Jonathan Frizzy. Hingga satu tahun kemudian, nama Rezky pun tercatat telah membintangi tiga sinetron yang tenar di tanah air.

Karir Rezky Aditya semakin bersinar ketika memerankan tokoh Marvel dalam sinetron Melati Untuk Marvel. Saat itu, Rezky berakting dengan Chelsea Olivia dan Fendy Chow. Beberapa penghargaan berhasil diraih oleh sang artis saat itu, termasuk Bintang Drama Pria tahun 2011-2012 Panasonic Gobel Awards atas perannya di sinetron Putri yang Ditukar.

Rezky dan Banyak Wanita yang Pernah Mengisi Hatinya

Sebelum menikahi Citra Kirana, Rezky Aditya dikenal sebagai artis pria yang dekat dengan banyak wanita. Kabar kedekatan Rezky Aditya dengan beberapa nama seperti Aura Kasih, Chaty Sharon, Nikita Willy, hingga Agnez Mo santer diberitakan media.

Saat memutuskan menikahi Citra Kirana, kedua pasangan ini jarang terekspose media. Bahkan di tahun 2018 lalu, Rezky Aditya telah memiliki pasangan bernama Razer Patricia. Keduanya sempat dikabarkan bertunangan dan akan segera menikah, meski akhirnya putus dan menjalani hidup masing-masing.

Rezky Aditya kemudian mengejutkan publik tanah air dengan kabar lamaran bersama Citra Kirana. Keduanya melangsungkan pernikahan mewah dan kini tengah menanti anak pertamanya. Baik Rezky maupun Citra sering membagikan momen kebersamaan romantisnya di akun Instagram masing-masing.

Baca Juga: Kekayaan Hotman Paris Berapa ya, 4.5 Trilyun bener gak sih ?

Perjalanan karir seorang Rezky Aditya dikenal cukup berliku. Kemampuannya berakting ternyata diperoleh melalui latihan otodidak dengan hasil yang tidak mengecewakan. Berbagai judul film garapan sutradara lokal pun sukses diperankan oleh pria bernama lengkap Zaenal S Aditya P Chezar ini.

Sinetron yang dibintangi Rezky Aditya sebagian besar selalu laris di pasaran. Hampir setiap hari wajah tampan mantan kekasih Agnez Mo ini juga menghiasi layar kaca pecinta sinetron. Padahal, di awal karirnya Rezky Aditya justru terjun ke dunia hiburan sebagai model lho!

Menjadi bintang sinetron dan sukses di usia muda membuat Rezky Aditya punya kekayaan diatas rata-rata. Hasil jerih payahnya selama bermain sinetron dan membintangi iklan terbayar sudah dengan apa yang diraihnya kini. Harapan ke depan, Rezky pun menginginkan karir semakin matang dengan menjadi seorang produser film.

Continue Reading

Inspirasi

Jadi Ratu Sinetron, Ini 5 Sumber Kekayaan Nikita Willy

Photo: merdeka.com

Nikita Willy bukanlah sosok baru di dunia entertainment tanah air. Namanya sudah melejit sejak kali pertama dia berkarir di dunia sinetron. Bahkan julukan Ratu Sinetron melekat pada artis bertubuh mungil tersebut. Berkarir di dunia hiburan sejak kecil membuatnya kini dikenal sebagai miliarder muda.

Nikita Willy ternyata tidak hanya mengandalkan gaji dari bermain sinetron saja. Wanita berparas cantik ini juga menggeluti banyak bisnis meski sudah dikenal sebagai artis dengan bayaran termahal. Kekayaan berjumlah fantastis pun menjadi hasil kerja kerasnya selama ini.

Sumber kekayaan Nikita Willy juga didapatkan dari beragam bisnis yang dijalaninya. Terang saja pundi rupiah wanita yang sempat menjadi kekasih pesepakbola Diego Michels ini pun semakin bertambah. Berikut ini adalah daftar lima sumber kekayaan dari Nikita Willy. Simak ya!

1. Bermain Film

Ternyata selain menjadi artis sinetron dengan bayaran fantastis, Nikita Willy juga kerap muncul di film layar lebar. Berakting adalah kemampuan dari wanita cantik kelahiran tahun 1994 tersebut. Nikita Willy mulai dikenal sejak membintangi sinetron Roman Picisan bersama aktor Evan Sanders. Sejak itulah karirnya mulai melejit.

Pesona artis cantik ini pun semakin membuat banyak rumah produksi tertarik. Untuk bayaran sinetron saja, Nikita Willy sudah mendapatkan Rp 75 Juta dalam satu episode. Sementara untuk film layar lebar, sang artis jelas mendapatkan bayaran lebih dari itu.

2. Film Televisi

Selain sinetron dan film, Nikita Willy juga kerap bermain untuk FTV atau Film Televisi. Film dengan durasi singkat tersebut kali pertama digeluti Nikita sejak tahun 2006 silam. Meski saat ini telah vakum menjadi bintang FTV, beberapa judul FTV yang diperankannya masih sering diputar stasiun televisi swasta. Dari penayangan tersebut, Nikita jelas mendapatkan royalti cukup besar.

3. Bintang Iklan

Entah sudah berapa iklan yang dibintangi Nikita Willy. Sosoknya mengisi beberapa iklan produk dari perusahaan tertentu. Tidak jarang wajah cantiknya juga menghiasi poster di beberapa swalayan dan iklan televisi. Pekerjaannya menjadi bintang iklan ini diklaim mendapatkan bayaran hingga Rp 500 Juta untuk durasi satu tahun setiap iklan.

4. Album Single

Berkarir di dunia seni peran, Nikita Willy juga merambah dunia tarik suara. Bakatnya menjadi penyanyi juga ditunjukkan lewat beberapa single yang dirilisnya tahun 2009 silam. Selain itu, pada tahun 2013, Nikita kembali merilis album single yang kemudian menjadi soundtrack “ Dua Wanita Cantik”. Karirnya sebagai penyanyi juga bisa diandalkan untuk mendapatkan pundi rupiah dengan nilai yang besar.

Baca juga: Tajir Melintir, Inilah 6 Sumber Kekayaan Inul Daratista

5. Bisnis Properti

Bisnis properti menjadi pilihan Nikita Willy untuk mengamankan pundi rupiahnya selama ini. Artis cantik ini juga mengaku lebih nyaman dengan bisnis property karena nilainya yang semakin meroket setiap tahun. Diketahui, sampai saat ini bisnis properti yang digeluti Nikita Willy mampu membuatnya menjadi miliarder muda.

Beragam bisnis yang menjadi ladang uang bagi Nikita Willy berhasil menempatkannya dalam deretan artis terkaya di Indonesia. Masih berusia muda dan lajang, tak pelak membuat banyak penilaian positif tentangnya yang mampu sukses di usia muda.

Itulah lima bisnis yang menjadi sumber kekayaan Nikita Willy selama terjun ke dunia hiburan tanah air. Keberhasilannya mendapatkan pundi rupiah seiring dengan kerja kerasnya selama ini sudah membuahkan hasil maksimal. Wajar bila sang artis seringkali memposting liburannya yang super mewah ke luar negeri ya?

Continue Reading

Inspirasi

Tajir Melintir, Inilah 6 Sumber Kekayaan Inul Daratista

Inul Daratista dikenal sebagai penyanyi dangdut papan atas dengan segudang barang mewahnya. Kekayaan yang diperolehnya selama ini tentu hasil dari kerja keras sang biduan ketika merintis karir bermusik dari nol.

Sebagai artis yang juga penyanyi, penampilan Inul Daratista selalu menjadi sorotan sebab menggunakan banyak barang branded.

Kehidupan mewah dan rumah megah yang dimiliki Inul Daratista tak pelak membuat sebagian orang bertanya. Mengaku tidak hanya berkarir sebagai penyanyi tetapi juga mengolah bisnis, inilah deretan bisnis milik Inul Daratista! Bisnis berikut ini ternyata juga menjadi sumber kekayaan ibu satu anak itu lho!

1. Bisnis Karaoke

Sebagai seorang yang bergelut di dunia tarik suara, nama Inul Daratista mengawali karirnya dari panggung ke panggung. Tidak diragukan lagi kemampuannya bernyanyi dan sudah menghasilkan banyak album sepanjang karirnya di industri musik dangdut tanah air. Dari hasil kerjanya itu, Inul pun merintis bisnis karaoke.

Ya, bisnis karaoke adalah salah satu sumber kekayaan inul daratista dan juga mewakili profesinya sebagai seorang penyanyi dangdut papan atas. sejak tahun 2006 silam, istri Adam Suseno tersebut membangun Inul Vista yang merupakan tempat karaoke dan sudah membuka cabang di banyak kota di Indonesia.

2. Bisnis Kuliner

Selain menjalankan bisnis karaoke, Inul Daratista juga menggeluti bisnis kuliner. Tak banyak yang tahu ternyata Inul memiliki sebuah restoran mewah di SCBD Jakarta. Restoran dengan menu utama makanan Korea tersebut diberi nama Yongdaeri. Resto tersebut selalu ramai setiap harinya lho!

Berbicara tentang bisnis makanan Korea, Inul Daratista mengaku memang menyukai beragam kuliner asal negeri ginseng tersebut. Apalagi, banyak juga penggemar masakan Korea yang merupakan warga Indonesia. Kamu salah satunya?

3. Kosmetik dan Kecantikan

Inul Daratista menjajal juga bisnis di bidang kecantikan. Beralasan karena kesehariannya dekat dengan make up, Inul pun merambah bisnis yang satu ini. PT Ratu Pesona Ayu merupakan perusahaan yang merilis Inul Beauty sebagai brand untuk kosmetik milik Inul Daratista.

Bisnis kecantikan lewat produksi kosmetik ini pun laris di pasaran. Tak pelak membuat pundi rupiah dari Inul Daratista semakin bertambah setiap bulannya. Disamping mendapatkan uang dari iklan, menyanyi, dan juri di ajang pencarian bakat, Inul bisa mendapatkan rupiah dari beragam bisnisnya.

4. Fashion

Belum puas dengan bisnis kosmetik dan karaoke, Inul Daratista mendirikan Styleonme By Inul yang merupakan brand untuk bisnis fashionnya. Ketika dirinya berlibur ke Korea, ternyata ada kebiasaan yang juga dilakukan Inul yakni mengecek produknya yang memang diluncurkan di pasaran Korea.

5. Penginapan

Menggeluti bisnis penginapan juga salah satu hal yang dilakukan Inul Daratista. Bisnis penginapan ini berada di kota Pasuruan Jawa Timur dan selalu ramai setiap akhir pekan. Namun, di bisnis penginapan ini Inul mematok harga yang standar untuk pelanggannya yang  kebanyakan merupakan warga Jawa Timur.

Baca Juga: Inilah Contoh Surat Resign Untuk Kamu Yang Mau Resign

6. Endorsement

Menjadi seorang artis selalu akrab dengan yang namanya Endorse. Ya, Inul Daratista juga menerima endorsement dari beragam produk yang ingin dipromosikan olehnya. Tarif untuk sekali posting oleh Inul Daratista bisa mencapai puluhan juta lho! Tidak sedikit juga produk yang memercayakan endorse pada dirinya.

Nah, itulah enam sumber kekayaan Inul Daratista. Mengawali karir dari nol, perlahan Inul Daratista bisa dikenal sebagai artis terkaya Indonesia berkat kerja kerasnya. Beragam bisnis yang digeluti juga membuktikan sang artis tidak hanya berkutat di satu bidang saja, alias bisa menjadi pebisnis andal.

Continue Reading

TOP STORIES