Connect with us

Inspirasi

Mengenal Lebih Jauh Tentang Sosok Nadim Makarim

Nadim makarim (Foto: Go-jek)

Siapa orang Indonesia yang tidak tahu Go jek?

Aplikasi transportasi paling populer ini bahkan sudah masuk menjadi bisnis deacorn. Apa sudah tahu siapa pendiri aplikasi Gojek? Namanya Nadim Makarim, salah satu orang hebat dengan segudang prestasi. Ingin tahu lebih jauh tentang dirinya? Simak uraian selengkapnya berikut ini

Sekilas Biografi Nadim Makarim

Nadim Makarim (kemdikbud.go.id)

Pertama-tama akan dibahas dahulu tentang biografi seorang Nadim Makarim. Dalam biografi ini akan dijelaskan tentang kehidupan keluarga, latar belakang pendidikan serta kehidupan pernikahan beliau. Berikut penjelasan selengkapnya

Latar Belakang Keluarga Nadim Makarim

Nadim makarim (sumber: facebook/sarimakkiphotography)

Diketahui dari beberapa sumber Nadim ternyata lahir di Singapura. Tanggal tepatnya yaitu 4 Juli 1984. Beliau lahir dari pasangan Nono Anwar Makarim yaitu ayahnya Dan seorang ibu bernama Atika Algadrie. Ayahnya, Nano Anwar Makarim merupakan seorang keturunan minang-Arab yang berprofesi sebagai aktivis dan pengacara terkemuka.

Ibunya, Atika Algadrie berprofesi sebagai penulis lepas. Fakta yang tidak banyak orang tahu, jika Atika Algadrie merupakan putri dari Hamid Algadrie. Beliau merupakan salah satu dari sekian orang yang menjadi perintis kemerdekaan Indonesia. Nadim punya saudari perempuan yang bernama Rayya Makarim. Saudarinya tersebut bekerja sebagai penulis naskah film.

Pendidikan Nadim Makarim

Soal pendidikan, Nadim Makarim diketahui mengenyam sekolah dasarnya di Jakarta. Begitu juga pada jenjang sekolah menengah pertamanya. Namun setelah lulus SMP , beliau memilih melanjutkan pendidikannya ke tingkat SMA ke Singapura.

Nadim Makarim dikenal sebagai sosok yang begitu mandiri di mata keluarganya. Terbukti, saat tahun 2002 tepatnya ketika lulus SMA, beliau memilih untuk melanjutkan kuliah di Amerika Serikat. Nadim memilih jurusan yang cukup bergengsi yaitu hubungan internasional di Brown University. Hebatnya lagi, selama berkuliah dirinya pun sempat mengikuti pertukaran pelajar.

Saat itu, beliau mengikuti program foreign exchange di London School of economics selama kurang lebih setahun. Setelah lulus sarjana, Nadim pun melanjutkan program masternya. Kala itu, beliau memilih melanjutkan studinya nya di Harvard Business School. Lagi-lagi Nadim menorehkan prestasinya dengan memperoleh gelar MBA dari studinya tersebut.

Kehidupan Pernikahan

Kini Nadim Makarim pun sudah tidak sendiri. Beliau akhirnya melabuhkan hatinya pada seorang wanita cantik yang ia pilih menjadi istrinya. Diketahui istri dari pendiri Gojek tersebut bernama Franka Franklin.

Keduanya melangsungkan pernikahan sekitar tahun 2014 lalu. Dari pernikahannya tersebut, keduanya diketahui telah memiliki satu orang putri bernama Solara Franklin Makarim. Uniknya, baik Nadim dan istrinya ternyata punya perbedaan keyakinan.

Nadim Makarim dari lahir memang beragam islam. Sementara Franklin istrinya merupakan penganut agama Kristen yang taat. Namun keduanya membuktikan jika perbedaan lah yang malah membuat sesuatu menjadi lebih indah. Terbukti dengan pernikahan mereka yang bisa lenggeng hingga sekarang.

Perjalanan Karier Dan Bisnis Yang Dibangun Olehnya

Nadim Makarim (Foto: Go-jek)

Selanjutnya adalah soal perjalanan karir dan bisnis. Jadi setelah lulus bergelar MBA, Nadim tidak langsung mengelola bisnis. Beliau nyatanya juga pernah beberapa kali bekerja di perusahaan. Sampai akhirnya membuka bisnis sendiri, bahkan saat ini menjadi salah satu jajaran menteri. Berikut perjalanan karir dan bisnis yang dijalani oleh seorang Nadim

1. Bekerja Di McKinsey & Co 

Setelah lulus dan mendapat gelar MBA, Nadim Makarim memilih untuk kembali ke Indonesia. Kala itu beliau langsung diterima menjadi konsultan manajemen di perusahaan Mckinsey & Company. Beliau bekerja di tempat tersebut selama lebih kurang tiga tahun. Namun kemudian Nadim memilih untuk resign.

2. Menjadi Co-Founder Dan Managing Director Di Zalora Indonesia

Menjadi seorang konsultan manajemen, tidak membuatnya cukup puas. Setelah resign dari pekerjaan sebelumnya, Nadim diketahui bekerja di Zalora sekitar tahun 2011 hingga 2012. Kala itu, langsung menduduki jabatan sebagai Co-Founder dan Managing Director.

Sayangnya tahun 2012, Nadim memilih resign kembali. Menurutnya pengetahuan yang ia peroleh dari bekerja di Zalora sudah cukup untuk membangun bisnis sendiri. Setelah keluar dari Zalora inilah, pelan-pelan Nadim mulai membangun startup Gojek. 

3. Sempat Bekerja di Kartuku

Keluar dari Zalora, Nadim pun mencoba untuk bekerja di Kartuku. Di sana ia menghabiskan waktu untuk menggali ilmu Selama setahun yaitu dari tahun 2013 hingga tahun 2014. Pekerjaan ini dilakoninya sambil menjalankan bisnis Gojek yang juga baru dirintis olehnya. Sebagai informasi “Kartuku” merupakan salah satu sistem pembayaran non tunai di Indonesia.

Pada awal-awal berdiri dulu Kartuku sempat booming. Hal ini karena kala itu hampir tidak ada kompetitor lain seperti saat ini. Setelah banyak bermunculan kompetitor, Kartuku mulai sepi peminat. Sampai akhirnya kini diakuisisi sendiri oleh Gojek menjadi Gopay.

4. Berhasil Mengembangkan Gojek

Tepatnya pada tahun 2010, Gojek resmi didirikan sendiri oleh Nadim. Menurut beberapa sumber menyebutkan, jika kini Gojek sudah masuk dalam salah satu dari 19 deacorn di dunia. Awal berdiri Gojek ini merupakan pelayanan call centre. Lingkup pelayanan hanya pengiriman barang serta ride hailing dengan motor.

Kini, Gojek telah berubah banyak dengan menyediakan lebih dari 20 pelayanan. Sekaligus membawa Gojek menjadi bisnis dengan valuasi mencapai USD 10 miliar. Atas prestasinya ini, Nadim bahkan masuk dalam 150 orang terkaya di Indonesia versi majalah Globe Asia. Dengan total kekayaan mencapai US 100 juta.

5. Menjadi Salah satu Menteri Pada Kabinet Indonesia Maju

Karir puncak Nadim Makarim adalah ketika dirinya terpilih menjadi salah satu jajaran menteri yang ditunjuk langsung oleh presiden Jokowi. Atas keputusan tersebut, Nadim pun akhirnya mengundurkan diri dari Gojek. Tepatnya tanggal 23 Oktober 2019, presiden Joko Widodo secara resmi mengangkatnya sebagai menteri pendidikan dan kebudayaan.

Baca Juga: Daftar Startup Terbaik dan Terbesar di Indonesia Bergelar Unicorn

Baca Juga: Bahas Tuntas Potensi Startup di Indonesia saat ini

Prestasi Terbaik, Masuk Majalah Time

Prestasi yang kini telah diraih oleh Nadim memang semua termasuk membanggakan. Namun, selain dirinya yang berhasil masuk dalam jajajaran kabinet menteri, baru-bari ini Nadim pun kembali menorehkan prestasi terbaiknya. Prestasi tersebut adalah namanya yang masuk dalam majalah “Time” sebagai salah satu orang yang paling berpengaruh di dunia.

Fakta tersebut dikutip dari laman resmi majalah “Time”, tepatnya tanggal 14 November 2019. Majalah Time sendiri telah merilis 100 orang yang berkontribusi dalam membentuk masa depan dunia bisnis, olahraga, kesehatan, dan lainnya. Istimewanya, nama Nadim Makarim terbukti tercantum dalam daftar 100 orang tersebut.

Pada daftar tersebut, Nadim ditempatkan dalam kategori leaders atau pemimpin. Bersanding dengan menteri lingkungan hidup jepang Shinjiro Quesada, serta beberapa pemimpin muda lainnya. Sebagai informasi, selain kategori pemimpin, majalah time juga merilis daftar nama-nama influencer di kategori artis, tokoh fenomenal, penemu, maupun kalangan pengacara.

Telah banyak diketahui, jika Nadim telah resmi keluar dari Gojek, dan memenuhi permintaan Presiden Jokowi untuk menjadi menteri. Pada kabinet Jokowi-Ma’ruf Amin tersebut, Nadim diberi wewenang sebagai menteri pendidikan dan kebudayaan sampai 5 tahun mendatang. Jabatan inilah yang membuat dirinya dianggap sebagai pemimpin masa depan ekonomi terbesar ke-16 dunia.

Wakil Direktur Center For Strategic and International Studies, Brian Harding mengungkapkan jika Nadim mampu membawa anak muda berjiwa wirausaha dalam kabinet. Daftar orang berpengaruh menurut Time saat ini didominasi oleh tokoh usia muda. Membuat Nadim yang berusia 35 tahun cukup layak untuk masuk dalam daftar tersebut.

Itulah sekilas tentang seorang Nadim Makarim. Pendiri sebuah Startup yang sukses di Indonesia yaitu Gojek. Bagi yang penasaran tentang beliau, artikel ini mungkin bisa menjadi bahan informasi.

Mendirikan situs income.id sebagai perwujudan pengabdian kepada bangsa dan negara indonesia melalui media yang informatif dan edukatif

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Inspirasi

Inilah Daftar Kekayaan Prabowo Subianto yang Ternyata Tajir Banget

Prabowo Subianto (Foto: suratkabar.id)

Siapa yang tidak kenal Prabowo Subianto? Mantan capres periode 2019-2024 tersebut harus menerima kekalahan dengan rivalnya yaitu Joko Widodo waktu itu.

Namun, meskipun gagal menjadi presiden, dirinya ternyata ditunjuk langsung oleh Jokowi menjadi menteri pertahanan. Diketahui kekayaan Prabowo bernilai fantastis, hingga Rp1,9 triliun.

Jumlah tersebut diduga dari hasil keahliannya mengendalikan kerajaan bisnis di berbagai bidang. Mulai dari pertambangan, perikanan, kelapa sawit, sampai batu bara.

Dari kerja kerasnya tersebut, Prabowo dikenal punya harta kekayaan melimpah ruah. Berikut ini akan dijelaskan beberapa perusahaan yang dikelola olehnya serta daftar kekayaan yang dimiliki.

Perusahaan Yang Dikelola Langsung Oleh Prabowo Subianto

Prabowo selain menjadi politikus terkenal, nyatanya ia juga seorang pengusaha yang ulung.

Di duga kekayaan prabowo sebagian besar memang bersumber dari perusahaan-perusahaan yang telah dikelola nya sejak lama. Berikut daftar perusahaan sebagai sumber kekayaan prabowo subianto.

1. PT Kiani Kertas

PT Kiani Kertas atau biasa disebut sebagai PT Kertas Nusantara ini merupakan salah satu anak cabang perusahaan yang dibangun oleh prabowo. Induk dari perusahaan ini adalah PT Nusantara Energy. Sebelumnya, PT Kiani kertas ini adalah perusahaan milik Bob Hasan. Bob Hasan juga merupakan pengusaha yang cukup dekat dengan Presiden Soeharto.

Baru setelah itu dibeli oleh Prabowo dan diganti namanya menjadi PT Kertas Nusantara. Sekaligus menjadi salah satu anak perusahaan dari PT Nusantara Energy. PT Kertas Nusantara merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pengolahan bubur kertas. Diketahui pabrik bubur kertas ini merupakan yang terbesar se-Asia Tenggara.

2. Perusahaan Bidang Pertambangan

Prabowo juga memiliki usaha di bidang pertambangan. Beberapa perusahaan pertambangan yang dimiliki olehnya masih masuk dalam daftar anak cabang PT Nusantara Energy. Setidaknya ada 7 anak cabang perusahaan PT Nusantara Energy yang bergerak di bidang pertambangan.

Ada PT Nusantara Berau Coal, PT Batubara Nusantara Coal, kemudian PT Nusantara Wahana Coal. Selain itu ada sekitar 4 perusahaan lagi yang masih berkembang dengan baik hingga saat ini.

3. PT Tanjung Redeb Hutani

Selain pertambangan, Prabowo juga punya bisnis di bidang kehutanan. Dalam bidang ini, dirinya secara langsung mengelola PT Tanjung Redeb Hutani yang terletak di Berau Kalimantan Timur. Namun sebenarnya perusahaan tersebut merupakan usaha patungan. Tujuan pendirian perusahaan ini adalah menghasilkan kayu pulp.

Perusahaan ini berdiri atas kerjasama saham dari PT Tanjung Redeb HUtani dan PT Inhutani. Status dari PT Tanjung Redeb Hutani ini sudah berbadan hukum sejak 10 juni 1993.

4. PT Tidar Kerinci Agung

Dalam bidang usaha pengolahan sawit, Prabowo punya PT Tidar Kerinci Agung. Perusahaan ini sudah berdiri sejak tahun 1984. Namun dikelola oleh keluarga besar Soemitro Djojohadikusumo, yang tak lain adalah orang tua Prabowo. Bisnis sawit punya prabowo diketahui ada 2 lahan, yaitu ada di Sumatera barat dan provinsi Jambi.

Hingga saat ini perusahaan ini setidaknya telah melakukan penanaman sawit seluas 16.048 hektar. Bisa dibayangkan dari bisnis ini saja berapa besar kekayaan prabowo, mengingat harga sawit cukup tinggi di pasaran.

5. PT Jaladri Swadesi Nusantara

Prabowo juga diketahui punya bisnis di bidang perikanan. PT Jalandri Sulawesi Nusantara merupakan perusahaan penangkapan ikan yang berdiri sejak September 2001. Prestasi terbaik perusahaan ini adalah pada tahun 2002 dimana berhasil memproduksi ikan tuna seberat 100 ton per bulan.

Daftar Kekayaan Prabowo Subianto

Selain kelima perusahaan di atas, sebetulnya prabowo masih memiliki sekitar 27 perusahaan lain yang ada di dalam dan luar negeri. Prabowo juga mempunyai beberapa aset lain yang jumlahnya fantastis hingga diduga nilainya sekitar 1,9 triliun rupiah. Berikut daftar kekayaan Prabowo sebagai sumber referensi

Tanah Dan Bangunan

Prabowo diketahui punya sejumlah tanah dan bangunan yang letakanya didominasi di Jakarta dan Bogor. Tidak main-main jika ditotal daftar kekayaan prabowo berupa aset tanah dan bangunan nilainya mencapai Rp230,44 miliar. Berikut perincian aset tanah dan bangunan yang dimiliki oleh Prabowo Subianto

  • Aset berupa tanah dan bangunan dengan jumlah total luas sebesar 841 meter persegi / 850 meter persegi senilai Rp24,84 miliar. Tanah dan bangunan tersebut berada di Jakarta selatan.
  • Tanah dengan luas total sebesar 48.970 meter persegi. Untuk aset ini nilainya mencapai Rp6,46 miliar. Aset tanah tersebut berada di Bogor.
  • Aset tanah di Bogor dengan total luas seluruhnya sebesar 8.905 meter persegi. Tanah tersebut diketahui bernilai sekitar Rp5,46 miliar.
  • Tanah seluas 8.365 meter persegi dan bangunan seluas 2.175 meter persegi. Kedua aset tersebut berlokasi di Jakarta selatan. Total nilai dari keduanya mencapai Rp.124,76 miliar.
  • Bangunan dengan luas total sekitar 760 meter persegi. Berlokasi di Bogor, bangunan ini bernilai sekitar Rp5 miliar.
  • Ada juga tanah di bogor dengan luas sebesar 2.100 meter persegi. Nilai dari aset tanah tersebut mencapai Rp45 milar.
  • Aset tanah dan bangunan di Bogor dengan luas masing-masing yaitu 1 meter persegi dan 180.00 meter persegi. Tanah dan bangunan ini ada di Bogor dengan total nilainya sebesar Rp15 miliar.
  • Tanah dan bangunan di Bogor dengan luas masing-masing 1 meter persegi/61 meter persegi. Keduanya bernilai sekitar Rp400 juta.
  • Aset tanah seluas 10.000 meter persegi dan dan bangunan 800 meter persegi. Keduanya berlokasi di Bogor dengan nilai total sebesar Rp3 miliar.
  • Bangunan dengan total luas area 500 meter persegi yang berlokasi di Bogor. Nilai untuk bangunan tersebut diketahui sebesar Rp500 juta.

Alat Transportasi

Kekayaan prabowo juga bisa dilihat dari kepemilikan sejumlah alat transportasi yang jika ditotal nilainya cukup besar. Aset milik prabowo tersebut jika ditotal jumlahnya sekitar Rp1,43 miliar. Berikut perincian selengkapnya

  • Toyota Alphart yang termasuk mobil mewah berjenis minibus. Mobil ini diketahui Kluaran tahun 2005. Nilai untuk mobil alphard milik prabowo ini adalah sekitar Rp400 juta.
  • Honda CR-V yaitu sejenis mobi jeep keluaran tahun 2007. Nilai untuk mobil ini yaitu Rp200 juta.
  • Land Rover, mobil jeep dengan nilai Rp50 juta.
  • Mitsubshi Pajero, mobil jeep mewah keluaran tahun 2000 dengan tafsiran nilai Rp175 juta.
  • Toyota Land Cruiser jeep keluaran tahun 2000. Mobil ini bernilai sekitar Rp50 juta.
  • Motor merek Suzuki keluaran tahun 2002 dengan nilainya sekitar Rp7,5 juta.
  • Mobil merek Toyota Lexus keluaran sekitar tahun 2002. Nilai untuk mobil ini Rp500 juta.
  • Land Rover, mobil jeep keluaran tahun 1992 dengan nilai sekitar Rp50 juta.

Harta Bergerak Lainnya, Surat Berharga, Serta Kas Dan Setara Kas

Selain aset tanah, bangunan, dan sejumlah kendaraan, kekayaan prabowo juga bisa dilihat dari jenis harta lain.

Diketahui, prabowo memiliki sejumlah harta bergerak lain yang nilainya tidak main-main. Harta bergerak lain yang dimilikinya saat ini mencapai 127 jenis dengan nilai totalnya sebesar Rp16,42 miliar.

Belum lagi surat berharga yang dimilikinya. Diketahui, harta prabowo yang paling besar adalah dari surat berharganya tersebut. Prabowo ternyata mempunyai kepemilikan saham di 26 perusahaan dengan nilai totalnya sebesar Rp1,70 triliun.

Prabowo juga mempunyai sejumlah uang tunai, deposito, tabungan, serta setara kas lainnya. Untuk nilainya sendiri ada dalam 2 rekening, yaitu dalam negeri dan luar negeri.

Dalam bentuk rupiah, prabowo punya 4 rekening yang jumlah totalnya sebesar Rp20,5 miliar. Sedangkan rekening dolar ada 1 buah dengan nilai sebesar US 3.134.

Baca Juga: Mengenal Lebih Jauh Tentang Sosok Nadim Makarim

Itulah perician daftar kekayaan Prabowo Subianto serta perusahaan yang dimiliki olehnya. Menariknya, dengan jumlah aset sebesar itu, Prabowo diketahui tidak punya saldo hutang sama sekali. Kepiawaiannya mengelola bisnis memang tidak bisa diragukan lagi.

Continue Reading

Inspirasi

Biografi Sang Penemu, Thomas Alva Edison

Thomas Alva Edison

Banyak sekali tokoh-tokoh dunia yang menarik untuk dibahas.

Salah satu yang bisa dikatakan paling populer yaitu Thomas Alva Edison.

Ingin tahu kisah biografi sang penemu bola lampu pijar yang hingga sekarang masih dikenang seantero dunia?

Simak biografi salah satu tokoh dunia tersebut berikut ini.

1. Kisah Masa Kecil Thomas Alva Edison 

Sejarah mencatatkan jika Edison lahir di sebuah kota di Daerah Milan, Ohio.

Tepatnya pada tanggal 11 Februari 1847.

Edison merupakan anak bungsu dari 7 orang bersaudara. Ayahnya bernama Smauel Ogden Edison, sementara Ibunya bernama Nancy Mattews Elliot.

Sayangnya saat kevil Edison terkenal tidak terlalu pintar.

Bahkan saat duduk di bangku sekolah Edison terpaksa hanya melewatkan beberapa pekan saja.

Dalam lingkungan sekolahnya, dirinya termasuk murid yang dianggap kurang berbakat dan sering tertinggal dibanding teman-teman lainnya.

Oleh sebab itu, akhirnya ibunya pun memutuskan untuk menariknya dari sekolah.

Edison diajari sendiri oleh ibunya di rumah.

Namun, sejak saat itu Edison mulai menunjukkan ketertarikannya pada ilmu pengetahuan.

Ia sering kedapatan membaca banyak buku-buku ilmiah yang seharusnya dibaca oleh orang dewasa.

Bahkan ia pun tidak ragu untuk melakukan percobaan sendiri. Semua itu dia lakukan sekitar umur 11-12 tahunan.

2. Awal Karir Thomas Alva Edison

Pada tahun 1854, keluarga Edison terpaksa pindah ke daerah Port Huron, Michigan.

Hal terebut didasarkan karena pemilik kanal telah berhasil menjauhkan jalur kereta api dari Milan.

Dampaknya adalah ayah Edison harus rela kehilangan pekerjaan.

Namun, melihat hal itu Edison yang masih remaja tidak tinggal diam.

Saat usianya baru menginjak 12 tahun, ia berhasil meyakinkan orang tuanya untuk mencoba bekerja.

Salah satunya menjadi penjual koran dan menjajakan dagangannya di sekitar jalur kereta api Huron yang mengarah menuju Detroit.

Suatu hari, Edison menyelamatkan seorang anak berusia 3 tahun yang terjebak di rel kereta bernama Jimmie.

Kebetulan, bocah yang ditolongnya merupakan anak dari seorang operator telegraf.

Selanjutnya ayah Jimmie, JU MacKenzie mengajarinya menjadi seorang operator telegraf.

Akhirnya dirinya pun menggeluti pekerjaan tersebut.

Untuk tugas pertamanya, ia beroperasi di jalur GrandTrunk serta Straford Junction.

Sekitar umur 19 tahun dirinya pindah ke Louisville lalu memilih bekerja di Western Union dan sebuah kantor berita.

Ia juga tetap melakukan kegemarannya bereksperimen, namun suatu hari ia melakukan kesalahan.

Edison menumpahkan asam sulfat ke meja bosnya dan membuatnya dipecat.

3. Thomas Alva Edison Menjadi Seorang Penemu

image: Pixabay

Menginjak usia 33 tahun, Edison pindah lagi ke New York. Mulai saat itu dirinya mulai mengembangkan beberapa penemuannya.

Bahkan di masanya Edison sudah dianggap sebagai penemu dan pencipta paling produktif.

Dilansir dari Wikipedia.org Edison telah memegang rekor 1.093 hak paten atas namanya. Berikut beberapa penemuannya

  • Universal Stock Printer yang bisa untuk menyeragamkan beberapa transaksi saham. Perusahaan The Gold And Stock Telegraph membayar hak ciptanya dengan nilai fantastis saat itu yaitu sekitar 40 ribu dollar.
  • Alat Perekam Suara (phonograph) yaitu sebuah alat perekam suara. Alat ini akan membuat seseorang bisa merekam semua suara dan memutarnya kembali di lain waktu. Tanpa penemuan ini, orang-orang sekarang tidak akan mampu merekam music, tidak bakal ada smartphone, atau pemutar lagu online seperti Joox.
  • Menemukan generasi awal kamera film. Sekitar tahun 1893, Edison menjadi yang pertama sebagai pembuat studio film yang kemudian di beri nama Black Maria. Banyak jenis film-film pendek diproduksi disini.                 

4. Lampu Pijar Hasil Karya Paling Fenomenal Thomas Alva Edison

Sekitar Tahun 1878, ia mulai memikirkan untuk mengembangkan sistem penerangan menggunakan tenaga listrik.

Ia mulai jengah dengan penerangan tradisional yang masih menggunakan minyak tanah maupun gas sebagai bahan bakarnya.

Untuk memfokuskan penelitiannya, ia lebih memilih lampu pijar sebagai perhatian utamanya.

Sebelumnya sudah banyak penemu lain lampu pijar sebut saja Alessandro Volta. Henru Woodwarh, serta Mathew Rvans.

Namun Edison menganggap hasil karya mereka masih punya kekurangan terutama terkait biaya untuk memproduksinya yang masih mahal.

Lampu pijar karya penemu lain juga dianggap punya ketahanan yang sebentar.

Tahun 1879 ia mulai mengembangkan lampu pijar dengan bahan filamen yang ternyata bisa bertahan hingga 13,5 jam.

Tidak sampai disitu, dia masih tetap mengembangkannya hingga akhirnya mendapat hak paten lampu pijar karyanya pada tahun yang sama.

Bahkan akhirnya dia pun menemukan bahan lain untuk lampunya.  

Bahan karbon  yang ternyata bisa bertahan lebih lama yaitu 1.200 jam.

Sampai tahun 1880 an ia berhasil mendirikan perusahaan yang mampu mendistribusikan listrik untuk menyinari kota.

Tahun 1881 Edison juga berhasil mendirikan beberapa fasilitas kebutuhan penerangan kota.

Diantaranya gardu-gardu listrik yang menyediakan 110 volt listrik untuk 59 pelanggan di Manhattan.

5. Bisnis Yang Dibangun Thomas Alva Edison

Selain fokus untuk melakukan penelitian serta mengembangkan proyek kelistrikannya, Edison juga mulai berbisnis.

Ada beberapa bisnis yang dirintisnya meskipun ada yang berhasil atau pun mengalami kegagalan. Berikut apa saja bisnis yang dikembangkannya

  • Tahun 1887 berhasil membangun pusat penelitian industri di West Orange, New Jersey. Di sana dirinya fokus untuk meneliti penemuan mesin perekam serta sistem gambar gerak atau film yang berhasil diciptakannya.
  • Tahun 1890 Edison mampu mendirikan pabrik yang berfokus pada pengolahan bijih besi. Tepatnya di daerah New Jersey utara. Namun sayangnya bisnis ini terbukti gagal berkembang.
  • Tahun 1912, ia bersama temannya Henry Ford bekerja sama untuk mengembangkan industri mobil. Peran Edison yaitu menemukan baterei untuk starter mobil model T. Sistem starter ini bahkan dipakai dalam industri mobil selama beberapa decade.

6. Kematian Thomas Alva Edison

Image: Pixabay

Selama berkarir sebagai ilmuan, Edison memang tidak hentinya menorehkan prestasi.

Namun sayang, sekitar tahun 1931, ilmuan berbakat ini harus berhenti menciptakan karyanya yang gemilang.

Tepat pada tanggal 18 Oktober 131 Edison dinyatakan meninggal dunia.

Saat itu usianya sudah menginjak 84 tahun. Diduga, kematiannya karena suatu penyakit yang sudah dideritanya sejak lama.

Ia diketahui mengidap diabetes. Penyakit ini juga sekaligus merenggut nyawanya.

Saat itu, Edison meninggal dunia di rumahnya yaitu daerah Glenmont, Liewellyn Park, Wwest Orange.

Seluruh dunia turut merasakan kehilangan karena Edison memang tergolong sosok ilmuan cerdas yang bisa dijadikan panutan.

Kematiannya meninggalkan banyak sekali ilmu yang berguna untuk masa depan.

Bahkan tepat saat hari kematiannya, Edison juga mendapatkan penghormatan terakhir yang cukup menyentuh.

Semua komunitas serta perusahaan di seluruh dunia melakukan aksi mematikan lampu sekaligus listriknya.

Langkah tersebut semata-mata sebagai bentuk duka cita pada tokoh ilmuan yang berbakat di jaman tersebut.

Itulah sekilas tentang biografi tokoh dunia yaitu Thomas Alva Edison.

Bagi generasi sekarang mungkin penemuan ilmuan tersebut bisa jadi sangat berarti. Ketekunan serta kerja kerasnya juga sebaiknya dijadikan teladan oleh generasi saat ini.

Header Image: liveinternet.ru via idntimes.com

Continue Reading

TOP STORIES