Connect with us

Bisnis

5 Makanan Ringan Kekinian untuk Dijual Ini Favorit Para Milenial

Makanan Ringan Kekinian untuk Dijual

Saat ini bisnis kuliner mengalami kemajuan pesat setelah banyak bermunculan brand makanan yang berhasil memikat hati para milenial. Tak ketinggalan berbagai makanan ringan bermunculan dengan berbagai merk untuk meramaikan dunia kuliner di Indonesia. Para milenial pun berlomba-lomba berkreasi dengan membuat makanan ringan kekinian untuk dijual secara online maupun offline. 

1. Makaroni Goreng

Pertama adalah makaroni. Saat ini sudah ada lebih dari ratusan merk makaroni yang beredar di pasaran. Mulai dari makaroni berbentuk pipa, kerang, dan spiral.

Makaroni ini dapat ditemukan di berbagai toko camilan dan pedagang kaki lima yang menjual makaroni curah buatan sendiri. Rasa makaroni pun ini beragam mulai dari rasa asin hingga rasa pedas dengan berbagai level. Biasanya, selain menjual makaroni, varian jajanan yang dijual pun juga hampir sama seperti mie lidi, keripik usus, dan jajanan kering lainnya yang diberi rasa.

Beberapa merk makaroni yang terkenal dan telah berhasil menguasai pasar milenial adalah Makaroni NGEHE dan Mang Ade. Dua merk makaroni ini memiliki cara yang berbeda untuk mendapatkan konsumennya. Makaroni NGEHE menggunakan cara membuka outlet makaroni fresh yang baru saja digoreng dan menampilkan proses pembuatan secara langsung di depan pembelinya.

2. Dorokdok

Makanan ringan yang saat ini sedang hits adalah dorokdok. Sebenarnya dorokdok sudah ada sejak lama dan dikenal dengan nama kerupuk rambak. Bahan dasar dari jajanan ini adalah kulit sapi yang dikeringkan lalu digoreng.

Nama dorokdok sendiri adalah nama kerupuk kulit dalam Bahasa Sunda. Berbeda dengan kerupuk kulit lainnya, di kawasan Jawa Barat kerupuk kulit ini dicampur dengan berbagai macam rasa mulai dari rasa asin dan rasa pedas daun jeruk purut. Yang membedakan dorokdok dengan kerupuk kulit lainnya adalah bentuknya persegi dan dibungkus plastik dengan bentuk menyerupai guling.

Harganya pun cukup terjangkau mulai dari Rp15.000,- hingga Rp30.000,-. Bila ingin memulai bisnis dorokdok, menjadi reseller lebih mudah bila dibandingkan membuat sendiri. Opsi lainnya yaitu mengemas ulang dorokdok ukuran ball menjadi kemasan kecil yang siap untuk dimakan.

3. Basreng

Selanjutnya ada makanan yang sempat viral di era 2010-an yaitu basreng. Kemunculan basreng ini sudah lama ada di daerah Bandung, Garut, Tasikmalaya dan sekitar Jawa Barat. Basreng merupakan makanan ringan khas Sunda yang terbuat dari bakso ikan yang diiris tipis-tipis lalu digoreng kering. Setelah itu, basreng diberi bumbu aneka rasa agar lebih nikmat disantap.

Peminat basreng mulai bermunculan sejak Maicih sebagai salah satu produsen basreng yang memperkenalkan basreng ke berbagai kota di Indonesia. Tak heran banyak yang memilih basreng sebagai makanan ringan kekinian untuk dijual ke kalangan milenial. Hal ini dikarenakan rasa gurih dan pedas yang tercipta dari basreng pedas tersebut.

Tak ada salahnya untuk mencoba berbisnis basreng. Bisa dicoba dengan menjadi reseller atau membeli kemasan besar untuk dikemas ulang. Selain itu, pastikan menyediakan rasa yang lengkap untuk basreng tersebut. 

4. Cireng

Makanan ringan kekinian untuk dijual auto laris adalah cireng. Lagi-lagi makanan khas Sunda menjadi salah satu produk andalan pebisnis kuliner. Cireng merupakan singkatan aci digoreng.

Aci yang merupakan tepung tapioka diolah sedemikian rupa dengan bumbu bawang putih  agar menjadi cireng yang kenyal dan gurih. Cireng mudah dibuat dan dikreasikan. Beragam jenis cireng mulai dari cireng biasa yang disajikan tanpa bumbu apapun, cireng berbagai macam isi yang digoreng dan disajikan dengan bumbu pedas, serta ada juga rujak cireng yang menggunakan bumbu gula merah pedas sebagai cocolannya.  

Cireng sendiri cukup mudah dibuat tak ada salahnya membuka usaha cireng siap saji serta cireng beku siap digoreng. Bahan bakunya pun mudah dicari di pasar maupun supermarket. Tak ada salahnya mencoba untuk memproduksi cireng sendiri untuk dijual. 

Bagi para milenial, jajanan cireng ini termasuk jajanan favorit. Hal tersebut dikarenakan harganya yang murah serta rasanya yang gurih dan pedas membuat para pembeli ketagihan.

Baca juga: Bisnis Saham Online Terpercaya yang Cocok Untuk Pemula

5. Donat

Lalu ada donat sebagai makanan ringan kekinian untuk dijual di berbagai acara dan pasti laku. Siapa yang tidak suka donat? Roti goreng dengan bentuk khas lubang pada tengahnya ini menjadi primadona kaum milenial sejak mereka kecil. Tak ayal bila banyak yang memilih donat sebagai jajanan legendaris favorit.

Saat ini donat pun mulai naik levelnya, dimulai dengan toko donat paling laris era 2000-an yaitu Dunkin Donuts. Sekarang mulai banyak gerai donat bermunculan seperti J.Co Donuts. Selain itu kreasi donat saat ini terbuat dari berbagai macam bahan seperti kentang, ketela ungu, dan masih banyak lagi. 

Varian topping donat yang beragam juga diminati. Mulai dari donat oreo, tiramisu, greentea, almond bahkan taburan kelapa kering. Donat pun mudah dibuat sehingga jangan khawatir bila menjual donat ini akan susah. 

Nah, dari kelima makanan ringan kekinian untuk dijual ini bisa dicoba semua. Pastikan untuk mencoba membuat tester produk makanan tersebut sebelum dirilis. Hal ini dikarenakan agar sebelum produk benar-benar dijual resep dari makanan ringan tersebut sudah sempurna.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Peluang Usaha

Cara Bisnis Sepatu Online yang Mudah Dilakukan

Cara Bisnis Sepatu Online

Banyaknya bisnis saat ini di dunia fashion secara online tentu membuka peluang baru, salah satunya sepatu. Bagaimana cara bisnis sepatu online yang bisa menghasilkan keuntungan serta omset bulanan yang banyak. Bisa dengan melakukan hal-hal yang berpeluang untuk menciptakan pendapatan yang besar.

1. Pilih Jenis Sepatu

Sebelum memulai membuka bisnis online dengan produk sepatu, maka harus menentukan produk apa yang harus dipilih untuk dijual. Ada berbagai macam jenis sepatu yang bisa menjadi pilihan seperti sepatu kets, slip on, hak tinggi, dan sebagainya. Maka tentukan beberapa jenis yang akan dijual agar bisa fokus pada beberapa produk tersebut.

Dalam penentuan jenis sepatu akan berpengaruh pada siapa target pasar yang nantinya akan dituju. Sehingga sebagai pebisnis bisa menyesuaikan menggunakan platform bisnis apa yang akan digunakan. Sehingga akan berpengaruh pada promosi serta tata cara yang dilakukan dengan adanya beberapa jenis sepatu sebagai produk unggulan.

2. Cari Info Pemasok Sepatu

Cara bisnis sepatu online lainnya yaitu dengan mencari informasi pemasok sepatu. Tentunya saat akan berjualan harus menyetok barang, maka mendapatkan pemasok untuk sepatu sangat penting. Semakin banyak pilihan pemasok sepatu, semakin bisa membandingkan produk serta harganya, sehingga bisa memilih jenis sepatu yang baik dan berkualitas untuk dijual.

Untuk memudahkan dalam penjualan, bisa dengan mencari informasi pemasok atau produsen sepatu wanita yang online dan komunikatif. Sehingga memudahkan untuk menjual kembali serta tidak perlu jauh-jauh datang ke tempat pemasok. Pemasok ini biasanya disebut dengan supplier, jika pintar mencari dan mendapatkan supplier yang berkualitas maka akan berjualan dengan mudah.

3. Tentukan Harga Jual

Dalam berbisnis tentu bertujuan mendapatkan keuntungan yang sebanyak-banyaknya. Maka pada saat memulai bisnis sepatu, cobalah untuk mencari harga rendah dengan tetap mengedepankan kualitas. Sehingga bisa menetapkan harga jual yang maksimal dengan profit yang menjanjikan. Bisa pula dengan meminta diskon pembelian pada supplier sepatu agar keuntungan jual bisa lebih lagi.

Putuskan besarnya margin keuntungan saat akan menetapkan harga jual. Perhatikan juga kualitas sepatu, material penyusun, keunikan dan detail sepatu. Sehingga dalam menentukan harga juga tidak terlalu tinggi atau terlalu rendah.

4. Lakukan Foto Produk

Pentingnya foto produk merupakan salah satu cara bisnis sepatu online yang digunakan. Dengan adanya foto produk yang menarik akan mengajak pelanggan untuk tertarik membeli sepatu. Oleh karena itu, peranan foto produk ini seakan menjadi intinya dari sebuah promosi. Apalagi jika foto tersebut dipadukan dengan berbagai macam teknik, sehingga sepatu jadi semakin menarik.

Dalam melakukan foto produk, apalagi produk sepatu harus jelas terlihat bagian luar serta dalam. Sehingga orang-orang yang melihat via gambar bisa melihat secara detail desain dari sepatu tersebut. Yang kemudian akan tertarik untuk membeli produk sepatu, jangan lupa pula memberikan pilihan warna serta ukuran yang jelas kepada pembeli.

Baca juga: 7 Cara Menjadi Selebgram Endorse Berkualitas dan Hasilkan Banyak Uang

5. Buka Toko Online dan Mulai Menjual

Langkah berikutnya dalam jual sepatu online dengan membuka toko online. Untuk membuka toko online perlu adanya akun pribadi serta data diri dan produk yang harus didaftarkan. Sehingga nanti pada deskripsi dan produk dari toko tersebut sudah lengkap dan siap dijual.

Dalam melakukan penjualan online diperlukan pula promosi via media secara efektif.sehingga semua orang bisa melihat dan mulai tertarik untuk membeli sepatu. Libatkan teman, kerabat serta keluarga untuk juga berpromosi tentang toko online tersebut. Jika ada pembeli, mintalah testimoni produk sepatu guna meningkatkan penilaian dari pembeli lainnya.

Dengan adanya cara bisnis sepatu online yang mudah dilakukan, maka bisa menghasilkan profit yang menjanjikan. Selain itu platform bisnis online menjadi media yang efektif dalam berjualan. Sehingga bisnis sepatu akan semakin berkembang dan banyak peminatnya.

Continue Reading

Bisnis

Ketahui Keuntungan Mempunyai Website Untuk Bisnis

Website Untuk Bisnis

Saat ini bidang bisnis telah mengalami transformasi yang luar biasa di era digital ini. Salah satunya dengan perubahan pola transaksi jual beli dari datang ke toko langsung berubah menjadi pembelian melalui toko online melalui gadget. Tentu, para pebisnis bergegas untuk mengikuti perkembangan zaman dengan membuat website untuk bisnis mereka.

Sayangnya, tak semua pebisnis mengerti dan paham betul mengenai website yang dikhususkan untuk bisnis. Terkadang, website yang dibuat hanya ala kadarnya tanpa memikirkan apa yang diharapkan dari pelanggan yang datang ke website tersebut. Artikel ini akan membahas sekilas mengenai website untuk bisnis. 

Apakah Website Untuk Bisnis Itu?

Website bisnis adalah situs web yang berisi produk dan jasa yang dijual oleh para pebisnis. Tampilan dari website bisnis ini menjadi poin penting yang akan mendongkrak penjualan online para pebisnis. Ya, karena calon pelanggan tidak bisa melihat langsung produk dan jasa yang akan dibelinya. 

Maka, calon pelanggan akan melihat dari kualitas tampilan website apakah ditata dengan rapi atau tidak? Jika tampilan website ditata dengan rapi, dikelompokkan sesuai dengan kategori produk, dan memiliki gambar serta informasi yang detail maka akan memudahkan para pelanggan untuk memilih produk yang akan dibelinya. Menariknya lagi, para pelanggan biasanya akan merekomendasikan website toko online tersebut pada orang-orang terdekatnya bahkan melalui media sosial.

Mengapa Harus Punya Website Bisnis?

Bagi para pebisnis yang masih merintis usahanya menganggap bahwa website untuk bisnis bukanlah hal yang paling penting. Namun, sebaiknya membuat website bisnis dapat dilakukan ketika di awal bisnis itu ada. Terdapat beberapa alasan mengapa sebuah bisnis harus memiliki website sendiri. 

Pertama, website toko online atau perusahaan  adalah salah satu media penting bagi toko untuk menjangkau konsumen milenial dan lintas wilayah. Penggunaan website yang tepat sebagai media promosi untuk menjangkau calon pelanggan yang tidak bisa dijangkau secara langsung. 

Kedua, website dibutuhkan sebagai bukti eksistensi perusahaan. Memang, bagi sebagian orang berpikir bahwa website jarang sekali dibutuhkan. Namun, di era serba digital ini, pelanggan menilai sebuah toko atau brand dari keberadaannya di dunia maya. Jika sebuah toko offline memiliki website maka kredibilitasnya akan meningkat di mata calon pembeli.

Alasan yang terakhir adalah dengan adanya toko online maka tak perlu lagi membayar biaya untuk menyewa tempat sebagai toko offline. Pergunakan ruang kosong di rumah sebagai tempat untuk menyimpan stok persediaan produk yang hendak dijual. Bisa dikatakan, memiliki website bisnis tidak perlu memiliki toko offline, namun setiap toko online sebisa mungkin memiliki website.

Baca juga: Bisnis Saham Online Terpercaya yang Cocok Untuk Pemula

Keuntungan Memiliki Website Bisnis Sendiri

Kemudian, sebuah usaha bila memiliki website bisnis sendiri akan membawa dampak positif. Berdasarkan pengalaman dari banyak pengusaha telah merasakan manfaat dari website bisnis. Ada pun yang sampai rela mengeluarkan biaya tertentu untuk menggunakan jasa pembuatan website agar website toko dan bisnisnya menarik dan tertata rapi.

Keuntungan yang bisa dirasakan oleh para pemilik bisnis adalah tingkat kepercayaan calon pelanggan terhadap toko dan bisnisnya meningkat setelah memiliki website. Percaya atau tidak, adanya website dan sosial media mampu meningkatkan brand awareness dari sebuah bisnis. Hal ini dikarenakan para pelanggan yakin dengan adanya website maka bisnis tersebut terpercaya dan bisa dipertanggungjawabkan kredibilitasnya.

Berikutnya, mempermudah pemilik bisnis dan pelanggannya. Bagi pemilik bisnis, website ini membantu dalam mengkurasi produk-produknya sehingga pelanggan juga mudah dalam mencari produk yang sesuai dengan kebutuhannya. Sedangkan bagi pelanggan, mempermudah pencarian produk yang akan dibeli. 

Kemudian, bisa memberikan pelayanan yang maksimal untuk para pelanggan. Pelayanan ini mulai dari jangkauan yang sangat luas hingga tingkat global. Selain itu, antara pemilik bisnis dan pelanggan dapat terhubung langsung dengan fitur Q&A dan Live Chat.

Nah, masih ragu ingin membuat website untuk bisnis yang dimiliki sekarang? Tunggu apalagi? Yuk, segera buat website bisnis sendiri agar penjualan semakin laris.

Continue Reading

Strategi Pemasaran

9 Strategi Pemasaran Online Shop Agar Bisnis Semakin Berkembang

Kehadiran Internet telah berhasil merubah pola hidup masyarakat. Kegiatan berbelanja yang biasanya berlangsung di toko, kini dapat dilakukan secara online kapan saja dan dimana saja. Kehadiran online shop semakin menguasai pasar. Sehingga, bagi para pebisnis akan sangat disayangkan apabila tidak mengetahui strategi pemasaran online shop yang baik dan mampu meningkatkan traffic jual beli. Apa saja strategi pemasaran online shop? Berikut ulasannya!

1. Manfaatkan SEO Untuk Situs Online Shop

Sebuah situs yang berada pada halaman pertama mesin pencarian Google memiliki kesempatan mendapatkan pengunjung lebih banyak. Sehingga, dengan sendirinya pelanggan juga akan bertambah. Pemilik bisnis dapat menyewa jasa SEO guna membantu meningkatkan peringkat situs online shop. Carilah pegiat SEO yang sudah berpengalaman, pemilik bisnis juga dapat mempelajari terlebih dahulu bagaimana mekanisme SEO agar semakin paham.

2. Perluas Jaringan Dan Relasi

Memiliki relasi yang banyak merupakan salah satu hal penting dalam bisnis. Apabila memiliki jaringan maupun relasi yang lebih luas, pemilik bisnis dapat memasarkan produk jualan lebih banyak. Sehingga kesempatan mendapatkan pelanggan yang tertarik dengan produk menjadi terbuka lebar.

Guna membangun jaringan, mulailah dari lingkup yang terkecil seperti sanak family, teman-teman, maupun tetangga sekitar. Apabila pemasaran dilakukan melalui aplikasi sosial media, tambahkan keluarga dekat maupun tetangga sebagai teman di sosial media. Dengan begitu, saat pemilik bisnis mengunggah produk jualan, teman di sosial media dapat melihatnya dan tertarik dengan produk yang ditawarkan.

3. Buatlah Konten Yang Menarik

Selain berisikan produk jualan, alangkah baiknya jika situs maupun akun online shop dilengkapi dengan berbagai konten yang menarik. Misalnya, apabila produk yang dijual merupakan hasil rajutan maupun perlengkapan rajut, sertakan konten berupa video tutorial merajut yang simple dan mudah. 

Dengan demikian, pelanggan tidak merasa bosan ketika berkunjung ke situs online shop. Jika merasa kesulitan, pemilik bisnis dapat menyewa jasa pembuatan konten oleh profesional.

Selain itu, pemilik juga dapat mempercantik tampilan konten dengan desain yang colorfull. Saat ini sudah tersedia banyak template gratis terkait postingan instagram maupun Facebook. Sehingga, tampilan situs tidak terasa membosankan.

4. Memaksimalkan Keberadaan Digital Marketing

Keberadaan digital marketing memiliki dampak yang signifikan layaknya bola salju. Awalnya memang kecil, namun jika dibiarkan menggelinding secara terus menerus lama kelamaan akan menjadi besar. Begitu juga dengan digital marketing. Berawal dari bisnis kecil, lama kelamaan akan berkembang apabila dijalani dengan serius.

5. Memahami Platform Bisnis Yang Digunakan

Trend selalu berubah-ubah. Oleh sebab itu, seorang pebisnis harus paham dengan trend yang sedang berkembang. Dan mampu mengikuti perubahan-perubahan pada platform online shop yang digunakan. Hindari memiliki pemikiran yang kaku jika menginginkan bisnis berkembang menjadi lebih besar.

6. Jangan Ragu Untuk Menentukan Target Pasar

Setiap produk biasanya memiliki peminat dari berbagai kalangan usia. Jangan ragu untuk memilih target pasar yang dirasa cocok dengan produk. Dengan begitu, dapat memudahkan pemilik bisnis dalam memasarkan produk. Jika memilih kalangan muda usia remaja hingga dewasa, buatlah desain produk maupun tampilan online shop yang gaul dan menarik.

Selain itu, sebelum menentukan target pasar, pastikan bahwa telah memahami kegunaan produk, manfaat, hingga cara mengaplikasikan produk. Agar ketika ada konsumen yang bertanya, pemilik bisnis dapat menerangkan dengan jelas.

7. Beriklan Di Facebook Ads

Media sosial lain masih belum dapat menggeser popularitas Facebook. Berbagai kalangan usia mulai dari anak-anak hingga dewasa umumnya memiliki akun Facebook. Hal inilah yang menjadikan Facebook sebagai media pemasaran yang baik. 

Perusahaan Facebook pun ikut menyadari hal ini. Salah fitur unggulan yang berguna bagi pebisnis adalah Facebook Ads. Dengan Facebook Ads, pebisnis dapat memasarkan produknya sehingga mampu menjangkau pasar yang lebih luas.

8. Berjualan Melalui E-Commerce

Masyarakat kebanyakan lebih memilih berbelanja melalui E-Commerce atau marketplace dalam berbelanja. Sebab, lebih aman dari penipuan. Nah, melihat peluang ini, cobalah untuk menjual produk melalui marketplace. Kemudian promosikan akun melalui instagram pribadi maupun Facebook dan jangkau pelanggan lebih banyak.

9. Gunakan Google AdWords

Google Adwords merupakan salah satu platform yang disediakan oleh Google guna mengiklankan bisnis yang dimiliki oleh penggunanya. Dengan menggunakan layanan ini, pemilik bisnis dapat mengatur letak iklan pada Google sesuai dengan keinginan.

Cara kerjanya, misalkan seseorang sedang mencari produk baju bayi. Setelah mengetikkan kata kunci pada Google, laman akan menampilkan beberapa produk baju bayi yang menggunakan layanan Google Adwords. Hal ini dapat mempermudah calon pembeli untuk menemukan toko yang menjual produk tersebut. Selain itu, pemilik bisnis juga diuntungkan dalam segi traffic pengunjung maupun pembelian.

Nah, itulah tadi strategi pemasaran online shop yang dapat ditekuni agar online shop semakin berkembang. Jangan mudah putus asa, sebab menekuni bisnis dibutuhkan tekad dan semangat yang kuat. Semoga berhasil, ya!

Continue Reading

TOP STORIES