Connect with us

Bisnis

Letter of Credit Adalah: Pengertian, Jenis, dan Manfaat

Letter of Credit Adalah

Hai, jumpa lagi dengan saya! Pada kesempatan kali ini saya akan mengajak kalian berdiskusi mengenai pengertian letter of credit. Letter of credit adalah suatu istilah dalam bidang ekonomi terutama dalam hal ekspor dan impor.

Apakah kalian sudah pernah dengar istilah latter of credit? Jika belum, maka sangat tepat kalian telah berkunjung di artikel ini.

Disini saya tidak hanya membahas mengenai pengertiannya saja, namun di sini saya juga akan menjelaskan mengenai jenis-jenis letter of credit dan tujuannya.

Oke, langsung saja ke pembahasannya sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan letter of credit?

Letter of credit adalah istilah ini banyak digunakan pada perusahaan export maupun import.

Fungsinya untuk mempermudah semua urusan yang berhubungan dengan import maupun export.

Selain itu adanya letter of credit juga diperuntukkan untuk meringankan kekhawatiran pihak importir maupun exportir dalam menjalankan bisnis.

Karena pastinya dalam hal bertransaksi kita akan khawatir disetiap akhir transaksi.

Jika kalian berada dipihak eksportir maka kekhawatiran saat penyerahan barang akan kalian rasakan, karena kita tidak pernah tahu apakah barang tersebut benar-benar berkualitas atau tidak.

Sedangkan jika kalian berada dipihak importir kalian akan mempunyai kekhawatiran saat penyerahan uang.

Oke, jadi dapat disimpulkan bahwa letter of credit adalah suatu dokumen yang berhubungan dengan proses ekspor impor.

Itulah sedikit logika mengenai letter of credit agar nantinya kalian dapat lebih mudah memahami apa yang akan saya jelaskan di bawah ini.

Pengertian Letter of Credit

Pengertian Letter of Credit

Definisi secara umum letter of credit adalah surat perjanjian yang dikeluarkan dari bank penerbit, yang mana pihak penerbit akan melakukan pembayaran kepada penerima baik secara langsung maupun tidak langsung.

Letter of credit adalah dokumen yang dikeluarkan sesuai instruksi dari pemohon atau pembeli (importir) yang ditandai dengan adanya penyerahan dokumen-dokumen yang dibutuhkan seperti faktur, sertifikat asuransi dan berbagai macam dokumen lainnya yang berkaitan dengan L/C (Letter of Credit).

Seperti yang kita ketahui bahwa dasar dari sebuah transaksi perdagangan adalah sebuah kepercayaan.

Nah, disini letter of credit adalah dokumen yang berperan penting untuk suatu kepercayaan bisnis dalam bidang ekspor impor.

Untuk mendukung hal tersebut maka diperlukan surat perjajian untuk melakukan pembayaran dari pembeli kepada penjual dengan jumlah pembayaran yang sesuai dengan harga barang yang telah disepakati setelah barang diterima.

Apalagi saat ini teknologi semakin canggih sehingga dapat mempermudahkan kita terhubung dengan rekan bisnis yang jaraknya sangat jauh dari kita.

Hanya saja jika kalian mempunyai rekan bisnis yang jaraknya sangat jauh, pastinya kalian akan terbatas dalam hal berinteraksi karena tidak dapat bertemu secara langsung.

Lalu bagaimana kalian bisa mempercayai rekan bisnis apabila tidak pernah bertemu sebelumnya?

Untuk menyelesaikan permasalahan dan kekhawatiran tersebut maka munculah letter of credit untuk mendukung perlindungan agar transaksi kalian menjadi lebih aman.

Sehingga kalian tidak perlu lagi ragu melakukan transaksi meskipun tidak pernah bertemu dengan rekan bisnis sekalipun.

Jadi, dapat dikatakan bahwa letter of credit adalah dokumen dalam mendukung perlindungan transaksi agar lebih aman.

Pengertian Letter of Credit Menurut Para Ahli

Pengertian Letter of Credit Menurut Para Ahli

Sedangkan pengertian Letter of Credit menurut para ahli adalah sebagai berikut:

  • Menurut Hartono

Menurut Hartono pengertian Letter of Credit adalah surat tagihan atau hutang piutang yang telah melalui perjanjian dua belah pihak penjual dan pembeli (importir atau eksportir) dimana pembayaran dilakukan oleh pembeli apabila penjual telah memenuhi persyaratan tertentu yang telah disepakati sebelumnya.

  • Menurut Bank Indonesia (BI)

Definisi menurut Bank Indonesia Letter of Credit adalah sebuah janji issuing dari bank kepada pihak pembeli untuk melakukan pembayaran sejumlah uang yang telah ditentukan kepada pihak penjuat atau eksportir sepanjang pihak eksportir tersebut memenuhi syarat yang sesuai dengan kondisi letter of credit.

  • Menurut Amir

Menurut Amir Letter of Credir adalah sebuah surat yang dikeluarkan oleh pihak bank atas permintaan importir yang merupakan nasabah dari pihak bank tersebut.

Letter of Credit adalah dokumen yang ditujukan kepada pihak eksportir yang berada di luar negeri dan mempunyai relasi dengan importir.

Dimana pihak eksportir telah mempunyai hak dari importir untuk menarik wesel-wesel atas importir yang bersangkutan dengan sejumlah uang yang telah tertera di letter of credit sesuai persetujuan sebelumnya.

Pihak-Pihak yang Terlibat dalam Letter of Credit L/C

Pihak-Pihak yang Terlibat dalam Letter of Credit

Maka dapat disimpulkan secara mudah bahwa letter of credit adalah surat pernyataan dari pihak penerbit yaitu bank atau surat piutang yang dikeluarkan atas permintaan importir untuk memberikan kemudahan dan keamanan dalam melakukan transaksi antar pulau maupun antar negara.

Dari kesimpulan tersebut maka dapat dikatakan bahwa untuk menjalankan letter of credit terdapat beberapa pihak yang terlibat, antara lain adalah:

  • Importir (Pihak Pembeli)

Importir atau yang dapat kita sebut sebagai pihak pembeli merupakan pihak yang melakukan pengajuan letter of credit kepada pihak bank.

Selain itu, pihak pembeli juga mempunyai kewajiban untuk mengirim surat L/C kepada eksportir dan menerima surat balasan dari eksportir. Surat balasan tersebut biasanya terdiri atas katalog barang atau brosur.

Selain itu pihak importir juga mempunyai kewajiban untuk menyiapkan uang kepada bank sesuai jumlah yang ditentukan sebagai pembayaran tunai.

  • Bank Penerbit Letter of Credit

Berkaitan dengan pihak importir, tugas dari bank ini adalah membuat atau menerbitkan letter of credit.

Selain itu pihak bank penerbit juga berkewajiban mencatat semua ketentuan yang sudah disepakati oleh importir maupun ekspotir. Kewajiban lainnya adalah menyediakan devisa sesuai permintaan importir.

  • Confirming Bank (Bank Penerus)

Fungsi dari bank penerus atau confirming bank adalah jika diminta sebagai penjamin pembayaran atau juga bisa disebut dengan negotiating bank jika mempunyai kuasa untuk membeli wesel yang ditarik oleh pihak ekspotir.

Secara teknis cara kerja bank ini sebagai penerus letter of credit kepada pihak eksportir.

Bank ini juga menerima dokumen yang telah disyaratkan kepada letter of credit dari eksportir, serta melakukan pembayaran sesuai dengan harga yang telah disepakati sebelumnya.

  • Penjual atau Eksportir

Tanggung jawab dari eksportir atau penjual ini sebagai penerima dan pembalas surat dari importir atau pembeli kemudian meneruskan letter of credit kepada bank penerus.

Selain itu eksportir juga mempunyai tugas untuk menyiapkan barang yang akan dikirim ke pihak importir, serta menyiapkan dokumen yang sesuai syarat pada letter of credit.

Selanjutnya pihak eksportir menerima pembayaran atas pengiriman barang sesuai dengan prosedur dan syarat yang telah ditentukan.

Itulah pihak-pihak yang terlibat dalam letter of credit.

Semua pihak yang terlibat dalam letter of credit adalah pihak-pihak yang berkepentingan dalam hal transaksi.

Dengan begitu transaksi kalian akan lebih aman karena terdapat pihak penengah yang mengawasi transaksi kalian agar berjalan dengan lancar.

Bagaimana apakah kalian masih ragu lagi melakukan pembelian barang di luar kota bahkan luar negeri?

Setelah kalian memahami letter of credit adalah suatu dokumen dan pihak-pihak yang terlibat, selanjutnya kita akan membahas mengenai jenis-jenis letter of credit.

Pastikan kalian simak terus artikel ini ya, agar pengetahuan kalian terus bertambah.

Jenis-Jenis Letter of Credit

Jenis-Jenis Letter of Credit

Ternyata letter of credit terdapat beberapa jenis loh! Jenis-jenis tersebut dibedakan dan disesuaikan dengan berbagai aspek yang terkait denga masa berlaku, pihak yang mengeluarkan, dan beberapa hal lainnya yang perlu dipertimbangkan.

Berikut adalah jenis-jenis letter of credit yang perlu kalian ketahui:

  • Revocable Letter of Credit

Letter of Credit adalah jenis L/C (Letter of Credit) yang akan memberikan hak kepada opener untuk merubah atau bahkan membatalkan transaksinya sewatu-waktu tanpa diperlikannya persetujuan dari beneficiary asalkan belum ada pembayaran yang dilakukan.

Agar kalian lebih memahaminya, maka akan saya berikan contoh seperti ini.

Ketika pihak eksportir membutuhkan pembayaran segara dari pihak pembeli atau importir, maka letter of credit dapat membatalkan transaksi secara langsung tanpa menunggu konfirmasi dari pihak ketiga.

  • Irrevocable Letter of Credit

Irrevocable letter of credit adalah jenis dari L/C yang bersifat tidak memberikan kebebasan pembatalan bagi kedua belah pihak.

Sehingga transaksi akan terus berjalan sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan bersama dalam dokumen. Selain itu penerimaan wesel yang ditarik atas L/C telah dijamin oleh pihak bank.

Pembatalan hanya dapat dilakukan atas persetujuan dari pihak-pihak yang terkait yaitu importir dan eksportir.

Sehingga jenis letter of credit adalah L/C yang sering digunakan dalam dunia bisnis, karena dianggap menguntungkan untuk kedua belah pihak.

  • Confirmed dan Irrevocable Letter of Credit

Confirmed dan Irrevocable Letter of Credit adalah jenis L/C yang dianggap paling aman dibandingkan dengan yang lainnya, karena pembayaran dan pelunasan yang ditari atas letter of credit telah dijamin sepenuhnya oleh pihak opening dan advising bank.

Karena bersifat irrevocable sehingga jenis L/C ini tidak mudah dibatalkan oleh kedua pihak atas syarat-syarat yang terpenuhi.

  • Documentary Letter of Credit

Documentary Letter of Credit adalah jenis latter of credit yang membutuhkan persyaratan-persyaratan berupa dokumen sebagai syarat pendaftarannya.

Selain itu segala bentuk penarikan uang hanya dapat dilakukan apabila dokumen-dokumen dan persyaratan sudah dipenuhi sesuai dalam letter of credit.

  • Documentary Letter of Credit melalui Red Clause

Documentary Letter of credit adalah jenis L/C dalam bentuk kombinasi dari documentary L/C serta Open L/C karena pada  jenis ini memberikan hak kepada penerima (importir) untuk meletakkan sebagian dari keseluruhan pembayaran melalui kuitansi atau penarikan wesel tanpa dokumen.

Kemudian sisa pembayarannya dilakukan seperti biasa dengan melengkapi dokumen yang disepakati pada letter of credit .

Itulah lima jenis-jenis letter of credit, sebenarnya masih terdapat beberapa jenis-jenis lainnya yang dapat kalian pelajari.

Diantaranya adalah revolving L/C, back to back L/C, Clean Letter of Credit dan beberapa jenis lainnya yang dapat dikategorikan berdasarkan dari aspek yang terkait seperti segi kekuatan berlakunya, berdasarkan pihak yang mengeluarkan L/C, berdasarkan cara pembayaran, dan berdasarkan persyaratan L/C.

Fungsi dan Tujuan Letter of Credit

Tidak lengkap rasanya jika kita membahas letter of credit tanpa mengetahui tujuannya. Sebenarnya apasih tunjuan dari letter of credit?

Jika kalian menyimak dengan baik beberapa penjelasan di atas maka secara sekilas kalian akan mengetahui fungsi letter of credit secara umum.

Untuk mengetahui lebih jelasnya fungsi dan tujuan letter of credit adalah seperti berikut ini.

  1. Letter of credit adalah dokumen yang dapat digunakan sebagai media meyelesaikan masalah dari kedua belah pihak yaitu penjual dan pembeli (eksportir dan importir).
  2. Letter of credit adalah file yang memberikan rasa aman dan menguntungkan kepada kedua belah pihak. Dari importir dijamin akan mendapatkan barang sesuai kesepakatan. Sedangkan dari eksportir dijamin akan menerima pembayaran dengan jumlah yang telah disepakati.
  3. Letter of credit adalah dokumen yang mempunyai fasilitas kredit eksportir maupun importir melalui pihak bank.
  4. Letter of credit adalah surat yang dapat dijadikan sebagai jaminan untuk kontraktor dengan beneficiary.

Itulah empat fungsi yang akan kalian dapatkan jika menggunakan letter of credit, sangat terjamin bukan? sekarang kalian tidak perlu khawatir lagi jika melakukan pembelian di luar negeri.

Karena letter of credit adalah dokumen yang dapat menjamin adanya transaksi ekspor atau impor dari luar negeri.

Baca Juga: Current Ratio Adalah: Memahami Pengertian dan Rumus Current Ratio

Demikian artikel ini saya buat semoga dapat menambah pengetahuan kalian. Terimakasih.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bisnis

Cek Tagihan Listrik Pascabayar Secara Online Sangat Mudah

Cek Tagihan Listrik Pascabayar Secara Online Sangat Mudah

Siapa di sini yang selalu penasaran dengan tagihan listriknya setiap bulan? Sepertinya hampir semua ibu rumah tangga atau pemakai listrik selalu penasaran dengan tagihannya. Jika dulunya tagihan listrik hanya bisa diketahui saat petugas PLN datang ke rumah, saat ini cek tagihan listrik bisa dilakukan dimanapun lho. Gak percaya? Yuk simak artikel ini sampai tuntas.

Dulunya layanan cek tagihan listrik itu bisa dicek dengan berlangganan e-billing. Jadi, orang yang ingin mengecek jumlah tagihannya akan masuk ke situs ini. Nah, sekarang itu layanan ini sudah tidak berlaku lagi, ada versi barunya. Saat orang mengakses e-billing sekarang ini, maka mereka akan langsung diarahkan ke halaman menu dari situs pln.co.id. Intinya sudah berbasis online.

Macam-Macam Listrik Yang Biasanya Digunakan

Sebelum membahas tentang bagaimana cara cek tagihan listrik, sebaiknya kita tahu dulu macam-macam listrik yang biasa digunakan. Jenis listrik ini akan berbeda metode pembayarannya, jadi jangan sampai tidak tahu ya. Pertama, adalah listrik pra-bayar. Jenis listrik ini banyak digunakan oleh rumah-rumah. Adapun sistem layanan PLN ini adalah kamu bisa mengatur pemakaian listriknya berdasarkan budget.

Adapun sistem pembayaran dari listrik pra-bayar ini adalah dengan melakukan pengisian voucher atau biasa disebut dengan token listrik. Jadi, ketika lampu meteran listrikmu sudah berbunyi, maka itu tandanya listrikmu akan mati. Kelebihan dari menggunakan listrik pra-bayar ini, kamu bisa tau berapa pengeluaranmu untuk listrik kamu setiap minggu atau pun bulannya.

Sedangkan untuk jenis layanan listrik yang kedua ialah jenis listrik pasca bayar. Sesuai dengan namanya, layanan listrik satu ini sistemnya pakai dulu baru bayar. Artinya, pemakaianmu di bulan satu baru dibayarkan di bulan berikutnya. Proses pembayarannya pun boleh melalui loket, petugas yang datang ke rumah, atau membayar langsung di aplikasi resmi milik PLN.

Kelebihan yang ditawarkan oleh jenis layanan listrik satu ini, kamu tidak akan mengalami lampu mati secara tiba-tiba. Tidak seperti listrik pra bayar yang bisa kapanpun mati jika vouchernya sudah habis. Kamu juga tidak perlu repot mengisi listrik sendiri, karena semua itu secara otomatis diatur oleh pihak PLN sendiri. Jadi, menurut kamu sendiri lebih baik pakai yang mana nih?

Cara Mengecek Tagihan Listrik Secara Online

Cara cek tagihan listrik di bawah ini hanya berlaku untuk layanan listrik pasca bayar saja ya. Untuk layanan pra bayar kan disesuaikan dengan budget, artinya kamu bisa membeli berapa pun sesuai kebutuhan listrik kamu. Tanpa berlama-lama lagi, mari mengulas satu persatu cara mengecek tagihan secara online:

1. Layanan Telepon

Untuk cara mengecek yang pertama dan tentunya bisa dilakukan oleh semua ibu di rumah adalah melalui layanan telepon. Perusahaan PLN selalu menyediakan layanan ini untuk memberikan kemudahan kepada pelanggannya untuk mengecek tagihan listriknya. Sudah tau belum nomor layanan perusahaan PLN? Jadi, 123 itu adalah nomor layanan PLN.

Untuk dapat tersambung ke server PLN, kamu harus memasukkan kode wilayah. Contohnya, untuk wilayah Jakarta, maka format untuk menelponnya adalah (kode area)123 lalu tekan call. Untuk biaya telpon ini dikenakan biaya normal layaknya menelpon biasa. Layanan costumer servicenya juga bisa diakses selama 24 jam non-stop.

Biasanya, para server akan memberikan arah kepada pelanggan bagaimana agar bisa melakukan pengecekan. Kamu hanya perlu mengikuti semua arahan selama call center ini berlangsung. Cukup mudah bukan? Cara ini bisa kamu lakukan jika ingin tahu berapa jumlah tagihan yang harus dibayar nantinya, tujuannya ya untuk mempersiapkan budgetnya.

2. Melalui Website PLN

Cara cek tagihan listrik yang kedua adalah melalui website. Tenang, saat ini sudah ada layanan yang menyediakan fasilitas mengecek tagihan listrik. Meskipun tidak berasal dari PLN langsung, website ini tetap akurat lho dalam memberikan informasi yang dibutuhkan. Proses pengecekan ini hanya bisa dilakukan di smartphone yang memiliki sambungan ke internet.

Pertama pastikan ponsel yang akan dipakai itu sudah tersambung dengan jaringan internet. Kemudian masuk ke laman www.cekbill.com/cek-tagihan-listrik-online. Jika sudah masuk, kamu akan menemukan kolom yang harus diisi dengan id pelanggan. Setiap pemakai listrik pastinya sudah memiliki id pelanggannya masing-masing.

Jika sudah mengisi id pelanggan, seseorang juga harus mengisi kolom CAPTCHA sebagai bukti kalau yang mengakses bukan robot dan lainnya. Masukkan kode captcha secara benar lalu klik “cek tagihan” pada menu yang telah tersedia. Apabila jaringan bagus, maka tagihan listrik akan muncul secara sendiri beberapa saat kemudian.

3. Melalui SMS

Tidak hanya layanan telepon saja, cek tagihan listrik juga bisa dilakukan melalui layanan sms. Tentunya ini akan mempermudah proses pengecekan yang dilakukan. Untuk biayanya sendiri hampir sama dengan sms layanan pada umumnya. Dengan menggunakan layanan sms satu ini, kamu tidak perlu menggunakan smartphone ataupun sambungan internet.

Bagusnya lagi, layanan ini tersedia untuk semua jenis sim card baik telkomsel, xl, smartfren, dan lainnya. Format sms yang harus diketikkan ialah REK(spasi)NO ID PELANGGAN dan dikirimkan ke nomer 8123. Bagi yang ingin berlangganan juga bisa, formatnya yakni PLN(spasi)ON(spasi)NO ID PELANGGAN kirim ke 8123.

Layanan sms ini dikenakan biaya 500/smsnya. Sedangkan untuk yang berlangganan, membayar perbulannya. Namun, jika ingin menghentikan layanan berlangganan ini cukup kirim format ke 8123 dengan isi PLN(spasi)OFF(spasi)NO ID PELANGGAN. Beberapa format diatas bisa dijadikan pilihan untuk melakukan pengecekan. Namun, sebaiknya gunakan saja via website, selain gampang juga tidak memerlukan biaya tambahan.

4. Melalui Aplikasi

Di jaman yang sudah sangat canggih ini, tentunya juga dimanfaatkan dengan baik oleh pihak PLN. Untuk mempermudah layanannya, mereka juga telah menciptakan aplikasi yang bisa digunakan untuk cek tagihan listrik bagi pelanggan. Tentunya pengecekan via aplikasi ini lebih mudah lagi dan tentunya lebih murah.

Aplikasi yang dapat digunakan untuk melakukan aktivitas mengecek tagihan dan informasi lain ialah PLN Mobile. Dengan mengunduh aplikasi ini akan mempermudah aktivitas mengecek kamu setiap bulannya. Sebelum melakukan pengecekan, terlebih dulu kamu harus mendownload aplikasi ini di app store seperti play store maupun iOs store.

Setelah aplikasi terpasang, seseorang harus melakukan set up profile. Bagi pengguna lama, cukup dengan memindahkan data ke aplikasi mobile PLN ini. Sedangkan untuk pengguna baru harus meng-klik “DAFTAR” lalu mengisi data dan klik “simpan”. Kemudian lakukan login, dan bukalah menu yang memuat informasi tagihan listrik kamu setiap bulannya.

Selain beberapa layanan di atas, pihak PLN juga memberikan akses informasi yang lengkap untuk para pelanggannya. Ada beberapa sosial media yang bisa diakses untuk mengetahui informasi lanjutan. Sosial media itu meliputi laman Facebook, Twiter, dan juga e-mail yang bisa diakses secara gratis oleh para pelanggan.

Itulah tadi beberapa cara cek tagihan listrik secara mudah dan cepat. Sudah tahu kan caranya? Jika ya saatnya untuk menyediakan budget untuk membayar tagihan bulanan kamu. Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi yang tepat untuk pembaca yang sedang mencari tahu seputar cara cek ini. Semoga membantu.

Continue Reading

Apps

Cara Mendapatkan Uang Dari Youtube, Sangat Mudah lho

Cara Mendapatkan Uang Dari Youtube, Sangat Mudah lho

Di era milenial semacam ini, pekerjaan yang berbau kreatifitas dan digital agaknya memang sedang marak salah satunya demam menjadi youtuber. Pekerjaan menjadi youtuber saat ini seolah banyak dilirik oleh banyak orang karena digadang mampu menghasilkan banyak uang, mungkin termasuk kamu. Bagi yang penasaran dengan cara mendapatkan uang dari Youtube, simak artikel ini sampai habis.

Bekerja menjadi youtuber memang mampu mendatangkan pundi-pundi uang bagi pelakunya, hal ini dikarenakan adsense yang didapatkan. Sama halnya dengan bekerja kantoran, youtuber yang chanelnya sudah naik akan mendapatkan gaji atau bayaran dari pihak Youtube. Apalagi mengingat Youtube saat ini seolah sudah menyaingi keberadaan dan acara-acara yang ada di televisi dengan menjadi platform nomor 1.

Selain itu menurut survei yang sudah dilakukan oleh Penyelenggara Jasa Internet Indonesia, masyarakat Indonesia memang gemar menonton video. Video itu tentu saja berasal dari channel dan kanal-kanal yang ada di Youtube, jadi menjadi youtuber ini menguntungkan ya. Berikut adalah ulasan mengenai cara mendapatkan uang dari youtube bagi yang ingin menjadi youtuber dan berkecimpung didalamnya.

Semua Bisa Menghasilkan Uang Dengan Membuat Konten di Youtube Lho!

Tidak seperti pekerjaan umumnya yang ada di kantoran atau perusahaan yang pegawainya dipekerjakan sesuai kebutuhan dengan kualifikasi tertentu. Sama halnya dengan menjadi artis dan tampil di televisi pun demikian kan? Diperlukan casting dan tata cara panjang. Namun pada platform Youtube ini semua orang bisa menghasilkan uang dengan membuat suatu channel yang dipublikasikan. Apakah kamu mulai tertarik? Pasti sangat ingin mengetahui cara mendapatkan uang dari youtube yang akan di bahas selanjutnya.

Para  youtuber bisa melakukan perekaman video chanelnya secara mandiri sehingga tidak perlu casting atau proses yang rumit. Jika kamu menjadi Youtuber, maka memiliki kebebasan pemilihan  tema apa yang akan diangkat dalam video. Meski memang ada beberapa proses seperti editing yang harus dilakukan secara mandiri, namun itu bukanlah masalah besar.

Setelah pengeditan maka proses selanjutnya adalah mengunggah video dan mendapatkan banyak viewers atau subscriber maka pihak Youtube akan melakukan verifikasi. Kemudian pencarian dana dari adsense video biasanya diberlakukan aturan tertentu. Namun pada intinya semua orang bisa mendapatkan uang dari Youtube tidak terkecuali asal memiliki konten menarik.

Tidak Perlu Menunggu Jutaan Subscribe Untuk Mendapatkan Adsense

Banyak yang mengatakan bahwa untuk mendapatkan uang dari Youtube harus menghasilkan dan memiliki banyak subscriber sampai jutaan. Itu jelas salah besar! Para youtuber pemula tetap bisa mendapatkan uang dari Youtube asalkan sesuai ketentuan yang ada. Pada kenyataannya setiap channel pasti melalui perkembangan yang ada pada posisi micro sebelum merambah ke posisi macro.

Jadi bagi youtuber pemula dan yang baru ingin memulai bekerja dan berbisnis di Youtube tidak perlu khawatir. Pelaku Youtube pemula bisa juga memanfaatkan kerjasama bersama suatu brand yang membutuhkan promosi skala kecil. Hal ini tentu akan meningkatkan adsense, viewers bahkan subscriber para youtuber pemula! Ketahui secara detail cara mendapatkan uang dari youtube untuk pemula di bawah ini.

Bagaimana Cara Mendapatkan Uang Dari Youtube?

Setelah menilik sekilas mengenai ulasan singkat tentang pelaku youtube dan jumlah subscriber, mari berpindah pada ulasan selanjutnya. Berikut akan diulas mengenai bagaimana cara mendapatkan uang dari Youtube, yang bisa dilakukan sendiri.

1. Membuat Konten Yang Cocok Dengan Passionmu

Ada banyak sekali konten yang bertebaran di jagad maya dan dunia youtube seperti berbasis kecantikan dan fashion, makanan dan traveling. Namun masih banyak pula chanel yang memilih konten bertema edukasi, teknologi, entertainment bahkan game. Lakukan pembuatan tema dan konten yang sesuai dengan karakteristik untuk memudahkan pengelolaan ke depannya.

Jangan buat suatu konten yang mungkin tidak dikuasai karena hal itu akan mengganggu penyampaian dan minat dalam membuat konten. Jika memang suka jalan-jalan murah bisa membuat konten jalan-jalan dengan budget pas-pasan yang menarik. Atau bagi perempuan yang suka beauty dan fashion bisa membuat banyak konten mengenai tips dan trik berpakaian.

Pastikan konten yang dibuat dibarengi dengan editing yang mumpuni atau penyampaian yang jelas untuk menarik animo penonton. Bagi yang memiliki ketertarikan pada banyak hal dan bingung dalam pemilihan tema, bisa melakukan riset pasar. Riset pasar dan kesukaan akan suatu konten bisa dijadikan pijakan dalam membuat konten Youtube sendiri.

2. Membuat High Retention Youtube Pada Konten

Adakah yang sudah mengetahui istilah dari high retention Youtube? Mungkin istilah ini masih cukup asing bagi banyak youtuber. High retention sendiri merupakan pengertian dari rata-rata presentasi video yang diunggah untuk ditonton. Misalnya saja, yotuber membuat konten review makanan selama 10 menit, namun penonton hanya menontonnya selama 5 menit.

Hal ini memiliki arti bahwa retensi video ditonton hanya ada pada nominal 50 persen saja dan ini cukup berarti kurang baik. Bagaimanapun Youtube akan mengutamakan video dengan retensi yang baik dan seberapa lama orang-orang bertahan di platformnya. Usahakan untuk memiliki retensi besar untuk memungkinkan channel anda muncul pada pencarian teratas Youtube.

Maka dari itu usahakan untuk selalu membuat video yang menarik dengan mengedepankan kualitas dan kebutuhan penonton. Youtuber bisa melakukan survei minat kira-kira konten apa yang sedang naik dan menarik minat penonton. Semakin tinggi retensi, semakin kemajuan channel bisa didapatkan! Inilah cara mendapatkan uang dari youtube yang bisa dilakukan

3. Memahami Faktor-Faktor Menaikan Ranking Youtube Untuk Konten Anda

Selain tingginya retensi sebagai jalan untuk menaikkan konten di ranking Youtube ada beberapa faktor lain yang dibutuhkan. Faktor tersebut meliputi komentar dan seberapa banyak share yang dilakukan atas video yang dibuat. Semakin banyak komentar yang dituliskan pada suatu konten atau video maka video itu akan semakin naik dalam rangking pencarian.

Namun tentu saja tidak semua orang ingin menuliskan komentar dan men-share video atau konten tertentu bukan? maka dari itu mintalah. Lakukan promosi pada awal dan akhir video untuk mengingatkan penonton berkomentar atau melakukan share video. Atau buatlah suatu pertanyaan dan diskusi yang memancing penonton untuk meninggalkan komentar pada video yang dibuat.

4. Perhatikan Durasi Atas Video Yang Dibuat, Agar Konten Menjadi Menarik

Seperti halnya konten yang menarik, jumlah durasi pada video juga mempengaruhi minat dan atensi dari penonton. Membuat video memang harus pintar dan lugas, jangan buat video dengan panjang yang berlebihan dan informasi yang bertele-tele. Namun juga jangan melakukan hal sebaliknya dengan mengunggah video berdurasi sangat pendek.

Buatlah konten yang berkualitas dengan kelengkapan informasi yang mampu menarik minat viewer. Meski sebenarnya durasi panjang tidak akan menjadi masalah, selama memang kualitas dan informasi yang diberikan tidak berputar-putar. Maka dari itu pastikan kualitas bahasan dan kualitas pengambilan gambar untuk mempengaruhi durasi video yang akan diunggah.

5. Buat Optimasi Judul Dengan Isi Konten Itu Sendiri

Dalam mengelola sebuah channel dan konten Youtube first impression selalu menjadi hal penting, karena itulah yang bisa menarik minat seseorang. Kesan pertama yang baik harus dihadirkan dengan kesesuaian judul dengan isi konten. Sebaiknya jangan berusaha menarik viewers dengan melakukan click bait atau judul dan isi konten yang tidak berhubungan karena viewer akan kecewa.

Selain itu youtuber juga bisa menarik animo penonton dengan memberikan kata-kata penarik minat seperti hebat, mantap, menarik dll. Jangan lupa untuk membuat deskripsi video pada deskripsi box untuk membuat penonton setidaknya mendapatkan gambaran dan ulasan info atas konten yang dibuat. Jika menggunakan beberapa laman terusan, bisa memberikan deskripsi laman yang maksud pada deskripsi box. Cara mendapatkan uang dari youtube ini pasti akan berhasil mendatangkan banyak viewer dan suscriber.

6. Jangan Lupa Promosikan Konten Dan Buat Tag Menarik

Selanjutnya agar adsense dan uang dari Youtube semakin mengalir, buatlah promosi konten pada social media.  Jangan lupa untuk memanfaatkan tag yang sedang naik daun atau menarik untuk digunakan. Tidaklah sulit membuat konten yang menarik, asal mau fokus dan belajar  maka adsense akan semakin banyak yang didapatkan.

Diatas adalah ulasan mengenai cara mendapatkan uang dari youtube tentunya dengan membuat konten yang menarik. Lakukan tips dan arahan diatas untuk membuat Youtube anda semakin dikenal untuk mendapatkan adsense yang besar. Terus berpikir dan berlaku kreatif untuk menghasilkan konten menarik sebagai salah satu cara mendapatkan uang dari youtube.

Continue Reading

Peluang Usaha

Usaha Sampingan yang Mudah Dijalankan Bagi Karyawan

Banyak orang yang ingin memiliki penghasilan tambahan selain dari penghasilan tetapnya. Biasanya, seorang karyawan kantoran yang sudah memiliki gaji tetap juga ingin penghasilan tambahan.

Hal ini disebabkan karena adanya kebutuhan yang harus dipenuhi. Entah itu kebutuhan pokok atau kebutuhan karena gaya hidup. Inilah mengapa usaha sampingan jadi penting bagi karyawan kantoran.

Bisa dibilang, usaha sampingan sudah merupakan gaya hidup masyarakat saat ini. Rasanya, hampir tidak ada karyawan kantoran yang tidak memiliki usaha sampingan.

Karyawan kantoran terkadang merasa tidak puas akan gajinya. Ketidakpuasan ini bisa karena memang kebutuhannya yang cukup banyak, atau untuk mengimbangi gaya hidupnya. Intinya, mereka memerlukan penghasilan tambahan.

Apa Sih Sebenarnya Usaha Sampingan Itu?

Usaha sampingan adalah sebuah kegiatan bisnis yang dijalankan seseorang untuk mendapatkan penghasilan tambahan diluar pekerjaan tetapnya. Usaha sampingan biasanya bermodal kecil. Namun begitu, ada pula usaha sampingan yang memerlukan modal cukup besar. Selain itu, umumnya usaha sampingan mudah dioperasikan atau dijalankan.

Oleh karena itu, usaha ini biasanya berupa pekerjaan-pekerjaan yang mampu dijalankan oleh seorang karyawan di sela-sela waktu kerjanya. Walaupun bermodal kecil, banyak usaha yang mendatangkan income tambahan besar. Bahkan lebih besar daripada gaji tetap karyawan di tempat kerjanya. Ini juga yang kadang membuat seorang karyawan lebih rajin mengerjakan pekerjaan sampingannya.

Alasan Orang Menjalankan Usaha Sampingan

cara mengatur keuangan pribadi

Ada beberapa hal yang mendasari orang menjalankan usaha sampingan. Pertama, karena adanya kebutuhan yang tidak bisa dipenuhi jika hanya mengandalkan gaji tetap.

Seseorang yang memiliki jumlah tanggungan banyak, tentu membutuhkan income yang sebanding juga. Ketika income dari tempat kerja tidak mencukupi, tentunya ia akan mencari tambahan dari tempat lain.

Kedua, adanya keinginan untuk memiliki usaha sendiri. Belakangan ini, keinginan orang untuk berwirausaha cenderung meningkat. Dengan memiliki pekerjaan sampingan, seseorang bisa berlatih untuk membuka usaha sendiri.

Memanfaatkan jaringan pertemanan di kantor, kamu bisa mulai menjaring konsumen dan mempelajari peluang usaha yang potensial. Dari sinilah keinginan untuk memiliki usaha diluar pekerjaan tetap muncul.

Ketiga, ingin menyalurkan minat dan bakat dibidang lain yang berbeda dengan pekerjaan sekarang. Banyak orang yang merasa bahwa pekerjaannya tidak sesuai passion.

Itulah alasannya banyak karyawan yang “nyambi” hanya untuk menyalurkan passion dan mengembangkan bakat. Tidak melulu mengenai uang, namun lebih kepada kepuasan batin.

Pilihan Usaha Sampingan Yang Mudah Untuk Dijalankan

Pada dasarnya, sebuah usaha akan sukses jika usaha itu bisa menjawab kebutuhan masyarakat. Oleh karena itu, jika ingin melakukan pekerjaan sampingan, baca kebutuhan lingkungan sekitar. Mulai dari yang terdekat dulu. Berikut ini beberapa pilihan usaha sampingan yang mudah untuk dijalankan:

Usaha Sampingan dengan Membuka Laundry

Walaupun bukan jenis usaha baru, namun usaha ini masih menjadi andalan bagi orang yang ingin mendapatkan pendapatan tambahan.

Biarpun pesaing di usaha ini ramai, usaha ini masih mampu mendatangkan pundi-pundi rupiah yang tidak sedikit. Ini alasannya masih banyak orang yang tergiur untuk membuka laundry di dekat tempat tinggalnya.

Modal usaha laundry tidaklah mahal. Yang diperlukan untuk sukses di usaha ini adalah manajemen karyawan dan usaha yang baik.

Usaha ini tergolong usaha yang memiliki turn over karyawan tinggi, oleh karena itu sejak dari proses rekrutmen, harus sudah dipertimbangkan matang-matang. Usaha laundry ini selalu bisa sukses karena ini menjawab kebutuhan dasar masyarakat. Apalagi masyarakat perkotaan.

Usaha Sampingan dengan Membuka Jasa Pengiriman

Dengan meroketnya pamor e-commerce, kebutuhan akan jasa pengiriman juga meningkat.

Konsumen-konsumen e-commerce mengharapkan barangnya sampai dengan cepat namun dengan ongkos yang murah. Inilah tantangan bagi para pemain di usaha ini. Namun begitu, usaha ini cocok dijadikan sampingan bagi karyawan kantoran.

Untuk modal, usaha ini memerlukan modal yang lumayan apalagi jika membeli franchise.

Namun, income yang didapatkan sebanding dengan modal yang dikeluarkan. Selain itu, usaha ini mudah dijalankan dan dikelola. Kuncinya adalah kualitas dari seluruh komponen pengantaran, terutama driver. Rekrut driver yang benar-benar berintegritas dan bisa dipercaya.

Jasa Penulisan

contoh job description

Usaha ini bisa dibilang adalah yang paling cocok untuk karyawan kantoran. Khususnya, karyawan kantoran yang mempunyai bakat dan hoby menulis. Dengan membuka jasa penulisan, baik itu untuk blog, artikel di media cetak, dan buku, karyawan bisa menyalurkan hobinya namun juga mendapatkan penghasilan dari situ.

Jasa penulisan tidak memerlukan modal yang banyak. Bahkan bisa dibilang tanpa modal karena yang diperlukan hanya skill menulis. Untuk laptop atau computer, sementara bisa menggunakan fasilitas dari kantor terlebih dahulu. Selain itu, usaha ini juga bisa dijalankan disela-sela jam kosong kantor. Bicara soal rupiah, penghasilan dari usaha ini cukup besar. Apalagi jika produktivitas menulis tinggi.

Jasa Web Designer

Ini adalah jenis usaha yang sedang naik daun sekarang. Dengan semakin banyak orang yang ingin memiliki website sendiri, jasa web designer semakin dibutuhkan.

Penghasilan dari usaha sampingan ini cukup besar. Harga untuk satu klien saja bisa berkisar antara 5-10 juta rupiah. Selain itu, usaha ini mudah untuk dijalankan dan bisa dikerjakan di sela-sela jam kantor atau after office hour.

Untuk bisa sukses di bisnis ini adalah dengan cara mempromosikan jasa dengan gencar. Buat portofolio yang menarik agar klien percaya akan jasa dan kualitas produk yang dihasilkan.

Manfaatkan media sosial dan internet untuk mempromosikan portofolio yang sudah dibuat tadi. Usahakan ada testimoni dari klien. Calon konsumen biasanya percaya pada produk atau jasa yang berkesan ketika digunakan oleh orang lain.

Day Care

Penitipan anak atau day care adalah usaha yang sangat dibutuhkan oleh ibu bekerja. Jumlah day care di Jakarta saja masih belum mencukupi untuk menjawab kebutuhan ibu bekerja akan tempat penitipan anak.

Oleh karena itu, membuka day care sangat potensial untuk dijadikan usaha sampingan. Namun, walaupun sebagai sampingan, usaha ini memerlukan manajemen yang baik.

Seperti diketahui, bahwa penitipan anak haruslah secure dan terpercaya.

Mulai dari kualitas pengasuh, kebersihan dan kerapian tempat, kualitas pengajar dan juga ketersediaan fasilitas kesehatan, semuanya harus diperhatikan benar. Modal usaha ini cukup besar, namun bisa disiasati dengan berkongsi dengan teman atau kerabat.

Dropshiper

Ini adalah jenis usaha yang cocok dijalankan oleh pemula dalam hal berjualan. Menjadi seorang dropshiper cenderung aman dan minim resiko karena tidak perlu stok barang dan kulakan.

Dropshiper hanya perlu menjual barang dari toko orang lain, kemudian mencantumkan namanya sebagai penjual. Pembeli tidak akan tahu bahwa barang yang ia terima berasal dari dropshiper.

Dropshiper bisa menjual barang jenis apa saja. Ini tentu sebuah hal yang menarik karena ini berarti usaha akan sangat mudah dijalankan. Kelemahan usaha ini adalah dropshiper tidak bisa menjamin kualitas pengiriman dan kualitas barang dagangan itu sendiri. Dropshiper harus menanggung komplain dari customer jika barang tidak sesuai.

Keberadaan usaha sampingan memang berasal dari adanya kebutuhan akan pendapatan tambahan. Walaupun terkesan sebagai usaha kecil, namun jika ditekuni akan bisa membuahkan hasil yang baik.

Tidak jarang orang yang menjalankan usaha sampingan mengembangkan usahanya tadi menjadi besar. Bahkan rela meninggalkan pekerjaan kantoran demi membesarkan usahanya tadi.

Continue Reading

TOP STORIES