Connect with us

Gadget

7 Rekomendasi Laptop Untuk Desain Terbaik dari Berbagai Merek

Ingin mencari laptop untuk keperluan desain? Memang tidak boleh menggunakan sembarangan laptop agar menghasilkan desain yang bagus.

Dibutuhkan spesifikasi ideal untuk memenuhi kebutuhan komputasi desain yang diperlukan seorang desain grafis. Pilih laptop untuk desain yang tepat agar pekerjaan desain grafis tetap bisa dilakukan dengan baik. Berikut ini beberapa rekomendasi laptop terbaik untuk desain:

1. Apple MacBook Pro

image: apple.com

Banyak pelaku bisnis kreatif yang menyarankan untuk menggunakan Apple MacBook pro untuk keperluan desain. Pasalnya hasil akan lebih baik jika mendesain dengan laptop Apple ini dibandingkan dengan laptop yang sistem operasinya Windows. Faktor utamanya laptop Apple memiliki tampilan warna yang lebih kaya dan nyata dibanding laptop merk lainnya.

Tampilan layar Apple MacBook Pro ini sangat memukau dengan lebar 15,4 Inchi dan layar LED berteknologi IPS. Untuk seri paling baru bahkan tersedia touch bar yang dapat menggantikan fungsi keyboard. Perkembangan MacBook sangat pesat hampir tiap tahun ada seri baru yang dikeluarkan dengan berbagai peningkatan spesifikasi.

2. ASUS Zenbook Pro

image: asus.com

Asus Zenbook Pro UX550VD adalah laptop yang direkomendasikan berikutnya untuk keperluan desain. Laptop tipe ini merupakan laptop kelas atas dari Asus yang kinerja prosesornya cukup kencang yaitu intel Corei7-7700HQ. Layarnya full HD dengan lebar 15,6 Inchi 85% dari luas penampang layar adalah LED.

Internal memorinya adalah 512 GB dengan RAM 16 GB sangat cocok untuk kebutuhan desain grafis serta game. Memiliki konektivitas dual band 802,11ac WI-Fi + Bluetooth 4.1. Meskipun masih di bawah seri ROG tapi tipe ini juga laptop untuk desain yang baik.

3. Microsoft Surface Pro 5

image: microsoft.com

Untuk para desainer yang membutuhkan laptop untuk desain dengan OS Windows maka Microsoft Surface Pro 5 pilihannya. Laptop ini menawarkan pengalaman menarik dalam mendesain karena bentuk dari surface yang tidak biasa. Memiliki layar lebar 17,3 Inchi dengan resolusi 2736×1824 pixel memberikan tampilan yang luas saat melakukan desain.

Kemampuan laptop juga tidak perlu di diragukan lagi, karena prosesor yang ada didalamnya adalah Core i5-7300U dan RAM 16 GB. Laptop ini sangat unik karena bisa diubah menjadi mode tablet. Memang sangat cocok untuk graphic desaigner dan para professional lainnya.

4. Acer Swift 3 SF314-56G 57A7

image: acer.com

Bagi yang ingin laptop untuk desain murah maka tipe inilah jawabannya, Acer Swift 3 SF314-56G 57A7. Laptop ini memiliki spesifikasi sangat mumpuni untuk melakukan desain dan mendukung pekerjaan lainnya. Dengan bandrol di bawah 10 juta lapto Acer yang satu ini mampu mempermudah pekerjaan desain yang dilakukan.

Dilengkapi prosesor Intel Core i5 82650 dan kartu grafis MX150, kapasitas RAM hingga 8 GB. Bodynya sangat tipis dan dibuat dari logam sehingga kuat serta mudah dibawa kemana-mana. Bagi yang memiliki keterbatasan budget laptop ini adalah rekomendasi yang sangat tepat.

5. Apple Macbook Air

image: apple.com

Laptop seri Macbook Air ini memiliki spesifikasi yang lebih rendah dari laptop Apple lainnya yaitu MacBook Pro. Namun untuk keperluan desain laptop ini masih cukup mumpuni dan bisa digunakan menyelesaikan pekerjaan desain dengan baik. Hal ini karena teknologi layar yang digunakan semua laptop apple sama, dan ini adalah kebutuhan utama untuk mendesain.

Untuk Macbook Air keluaran 2017 dimensi layarnya memiliki lebar 13,3 Inchi dengan resolusi 1440×900 pixel. Untuk memori RAM 8 GB DDR3, tidak perlu ditanya lagi apakah mumpuni untuk mendesain, karena jawabannya pasti iya.

Baca juga: Rekomendasi Laptop Gaming 5 Jutaan Untuk Bermain Game Sepuasnya

6. Dell XPS 15 9560

image: dell.com

Keunggulan utama dari laptop Dell sehingga menjadi laptop yang direkomendasikan adalah kemampuan layarnya menampilkan gambar yang detail dan tampilannya luas. Mengingat kebutuhan mendesain adalah berurusan dengan gambar, warna, bentuk dan luas sehingga tampilan layar jadi pertimbangan utama.

Dell hadir dengan seri terbarunya yang menghadirkan layar 15,6 Inchi dan teknologi Infinity Edge touch display. Prosesor yang ada di dalamnya adalah prosesor intel Core i7-770HQ yang disokong gravis vidie GeForce. Spsesifikasinya yang memikat setara dengan harganya yang sangat tinggi untuk sebuah laptop.

7. MSI PS42 8RB

image: msi.com

Merk ini memang terkenal dengan laptop yang memiliki spesifikasi dan performa keren. MSI meluncurkan kembali laptop MSI Ps42 dengan spesifikasi cocok untuk kelas menengah dan mengklaim bahwa MSI menciptakan laptop untuk desain. Memang memiliki sedikit perbedaan dengan MSI sebelumnya laptop ini memiliki desain yang elegan dan tipis.

Prosesor di dalamnya adalah generasi intel Core i7 yang memiliki kecepatan 1,8Ghz dan RAM berkapasitas 16GB. Spesifikasi yang sangat cocok untuk kegiatan desain memang, ditambah layarnya dengan lebar 14 inchi IPS LCD.

Itulah beberapa rekomendasi laptop untuk desain yang terbaik untuk membantu kelancaran pekerjaan desain grafis. Dengan memilih laptop yang tepat seperti salah satu tipe di atas, maka tugas-tugas desain akan dapat selesai dengan baik dan tepat waktu. Jangan sampai salah pilih laptop, lihat baik-baik spesifikasinya dan pilih sesuai kebutuhan desain.

Mendirikan situs income.id sebagai perwujudan pengabdian kepada bangsa dan negara indonesia melalui media yang informatif dan edukatif

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Gadget

Intip Kelebihan dan Kekurangan Vivo Y20 Terbaru 2021

Kelebihan dan Kekurangan Vivo Y20

Vivo Y20 menjadi salah satu ponsel kelas menengah yang banyak diburu masyarakat.  Seri ini masih terbagi ke dalam 3 series lain. Ada juga yang baru saja keluar dengan seri sama namun jeroan upgrade yaitu Y20. Ada beberapa kelebihan dan kekurangan Vivo Y20 dari versi terbarunya ini.

Sebelum itu, pengguna cukup mengeluarkan uang 2 juta saja untuk meminangnya. Dilihat dari spesifikasi yang ada, ponsel ini cukup terjangkau dan worth it untuk dibeli. Tanpa berlama-lama lagi, ini dia kelebihan dan kekurangan dari Vivo Y20? Simak penjelasan lengkapnya dibawah!

1. Desain Elegan Namun Rangka Plastik

Jika melihat dari segi desain, Vivo Y20 memiliki desain super elegan serta minimalis. Bezel tipis berbentuk lengkung yang mempesona dan nyaman ketika digenggam. Body belakang juga memiliki gambar pancaran sinar sangat memanjakan mata. Walaupun seharga 2 jutaan, bentuknya terlihat seperti ponsel eksklusif.

Warna dari Vivo Y20 tersedia dalam 2 pilihan yaitu biru dan putih. Untuk warna biru merupakan warna biru gradasi yaitu biru muda bagian atas dan biru tua bagian bawah. Sayangnya, dibalik desain elegannya, body-nya masih memiliki rangka plastik. Apabila terbanting terus menerus, bagian belakang bisa pecah.

2. Kamera Belakang Jernih, Tidak Pada Bagian Depan

Kamera menjadi kelebihan dan kekurangan Vivo Y20 selanjutnya. Memiliki resolusi lumayan jernih pada main camera yaitu 13MP. Terdapat juga 2 kamera lain beresolusi 2MP yaitu macro dan depth. Walaupun masih belum dibekali lensa width, hasil tangkapannya cukup jernih. Untuk diunggah di media sosial pun masih terlihat kece.

Untuk model desain kamera juga elegan dengan bentuknya yang memanjang. Walaupun dari kamera belakang bagus, kamera selfie atau depan masih kurang berkesan dengan resolusi 8MP. Resolusi ini banyak ditemukan di ponsel lain dengan harga dibawah 2 juta. Dari hasil tangkapan video juga belum stabil karena tidak ada teknologi gyro.

3. Baterai Gahar, Sayangnya Tidak Fast Charging

Dengan kapasitas baterai gahar 5000 mAh yang dibawa, sangat cukup jika digunakan seharian. Sayangnya, baterai gahar tersebut tidak didukung dengan teknologi pengisian cepat. Pengguna akan membutuhkan waktu 3 jam agar baterai ponsel penuh. Padahal di ponsel lain seharga 2 juta, sebagian besar sudah membawa fitur fast charging.

Selain itu, untuk colokan charger juga masih versi lama yaitu microUSB. Walaupun begitu, kapasitasnya yang besar menjadikan ponsel ini tetap worth it untuk dibeli. Pembeli dengan budget minimal tetap bisa membeli ponsel murah namun dengan kapasitas baterai raksasa.

4. Fitur dan Sensor Mempesona Namun Belum 5G

Urutan keempat kelebihan dan kekurangan Vivo Y20 ada pada fitur dan sensor. Banyaknya fitur keren akan tersedia pada Vivo Y20. Salah satunya adalah fitur untuk mengatur tingkat kecerahan cahaya biru. Ini sangat bermanfaat bagi pengguna yang matanya sering lelah. Ponsel ini juga mengusung fitur penambah performa bermain game bernama multi turbo.

Tidak hanya fitur yang keren, sensor ponsel ini juga lengkap. Bagian samping juga tersedia keamanan finger print lho. Hal tersebut pun menambah kesan berkelas serta kekinian. Walaupun memiliki fitur dan sensor lengkap dan keren, konektivitas jaringan masih 4G. Padahal HP ini keluar tahun 2021 dimana sudah banyak bertebaran ponsel 5G.

5. Memori Besar Walau Chipset Lawas

Tak tanggung-tanggung, Vivo Y20 memiliki kapasitas memori RAM 4GB dan internal hingga 64GB. Dengan daya tampung ini, pengguna bisa menyimpan ribuan foto. Apalagi, Y20 juga bisa dimasuki memori eksternal up to 256 GB dengan slot berbeda dari SIM card. Pengguna tak perlu khawatir akan penyimpanan full.

Namun, untuk ponsel harga 2 juta keluaran baru, Vivo Y20 masih membawa chipset atau prosessor lawas Helio P35. Chipset tersebut biasanya dimasukkan pada ponsel tahun 2019 atau awal 2020. Selain lawas, untuk dijalankan di fitur canggih yang tersedia masih kurang memiliki performa. Sehingga kurang cocok digunakan untuk aktivitas berat.

6. Layar Besar Tanpa Dibekali Layar Gorilla Glass

Ukuran layar sebesar 6.51 inchi yang dibawa ponsel ini cukup besar dan memanjakan mata terutama ketika dipakai untuk menonton video. Ditambah dengan rasio luas sebesar 20:9, Vivo Y20 benar-benar memuaskan penggunanya. Walaupun layar dari ponsel ini sudah mumpuni, sayangnya masih belum dibekali dengan Gorilla Glass.

Padahal, pada gawai lain dengan harga sama sudah menggunakan keamanan layar jenis ini. Gorilla Glass sendiri merupakan layar anti gores yang sangat kuat. Karena belum membawa layar Gorilla Glass, pengguna pun diharuskan membeli keamanan tambahan untuk layar. Tentunya hal ini akan menambah biaya.

Nah, itulah kelebihan dan kekurangan Vivo Y20 terbaru tahun 2021. Bagi pembeli yang suka bermain game, kurang cocok membeli ponsel ini. Namun, untuk penyuka game ringan dan tidak memakai ponsel dengan intensitas tinggi, Vivo Y20 sangat direkomendasikan. Segera beli dan nikmati kelebihannya!

Continue Reading

Gadget

7 Tips Cermat Membeli Laptop Bekas Agar Tidak Kecewa

Laptop adalah alat yang kini tidak bisa lepas bagi masyarakat urban. Kehidupan perkotaan yang serba sibuk melibatkan teknologi yang satu ini begitu dibutuhkan. Mulai dari pekerja hingga anak sekolah membutuhkan laptop.

Cara membeli laptop yang benar adalah dengan menyesuaikan kebutuhan, seperti yang dikutip dari Portal Teknologi Tedas. Dengan begitu akan lebih mudah untuk menentukan spek serta harga yang dibutuhkan. Membeli laptop bekas pun jadi gagasan yang menghemat kantong.

Apakah kamu sudah tahu bagaimana cara untuk membeli laptop bekas yang kualitasnya masih bagus? Jangan sampai kecewa, apalagi bagi kamu yang kurang paham soal teknologi laptop. Ikuti tips berikut ini agar mendapatkan laptop yang tepat.

Tips Membeli Laptop yang Kualitasnya Masih Bagus

Kamu tidak bisa menuntut untuk mendapatkan laptop dengan kualitas sama seperti baru. Namanya saja laptop bekas tentu saja ada beberapa kelemahan di beberapa aspek. Namun setidaknya uang yang kamu keluarkan untuk membeli laptop sepadan dengan kualitasnya.

Membantu kamu menemukan laptop dengan harga sesuai, ikuti beberapa tips cermat berikut ini.

Memeriksa Fisik Laptop

Hindari untuk membeli laptop bekas secara online karena kamu tidak pernah bisa mengecek

 kondisi fisiknya secara langsung. Mengetahui kondisi fisik akan memperlihatkan bahwa laptop mendapat perawatan terbaik oleh pemilik sebelumnya.

Jika tampilannya mulus justru perlu dicurigai karena bisa saja tampilannya telah diganti. Sedikit cacat seperti baret tentu adalah hal lumrah karena pemakaian. Namun jangan sampai ada kerusakan parah seperti retak yang artinya laptop pernah jatuh sebelumnya.

Mengecek jangka waktu pemakaian

Pemakaian laptop yang tidak terlalu lama tentu menjadi pilihan yang bagus. Kamu bisa melihat dari nota pembelian terdahulu sehingga mengetahui berapa lama pemakaiannya. Usia sangat penting karena bisa jadi aspek menentukan kondisi hardware.

Paling tidak usia satu tahun adalah pilihan tepat atau kurang dari itu yang sedikit menjamin kualitasnya masih bagus. Karena jika laptop sudah digunakan lebih dari setahun pasti kinerjanya akan menurun.

Mengetahui dan cek speknya

Jangan pernah percaya kepada penjual mengenai spek yang mereka bicarakan. Meskipun kamu bukan orang ahli teknologi, kamu bisa mencoba untuk mengecek kualitas speknya sendiri. Ada banyak software yang bisa digunakan seperti dxdiag atau CPU-Z.

Mengecek spek sendiri sangat penting karena akan mempengaruhi kinerja ke depannya. Setidaknya kamu harus tahu seri prosesornya karena semakin menggunakan prosesor baru kualitasnya tentu lebih baik.

Melihat Garansi laptop

Garansi pabrikan yang diberikan bervariasi mulai dari satu tahun hingga 3 tahun tergantung merk dan juga harganya. Supaya kamu aman, akan lebih baik untuk membeli laptop dengan garansi 3 atau 2 tahun yang masih berlaku.

Oleh karena itulah sebaiknya kamu membeli laptop bekas yang penggunaannya maksimal satu tahun. Sehingga selama penggunaan sendiri nantinya garansi masih bisa digunakan apabila terjadi masalah pada laptop yang kamu beli.

Keyboard lengkap dan nyaman

Pada kondisi fisik laptop, cek juga soal keyboardnya. Harus lengkap dan masih berfungsi dengan baik. Tuts keyboard adalah bagian yang sangat penting dan kamu harus mencoba fungsinya satu per satu agar tahu kualitasnya.

Jika keyboard sulit dioperasikan bahkan fungsinya tidak berjalan baik maka cari laptop yang lain. Karena jika keyboard rusak kamu harus mengganti atau menambahkan keyboard eksternal.

Harga masih terasa wajar

Kamu harus riset terlebih dahulu harga pasaran dari sebuah laptop yang diinginkan. Baik harga baru dan juga harga second di beberapa tempat. Kamu perlu curiga jika laptop yang seharusnya berharga mahal dijual dengan sangat murah atau justru terlalu mahal.

Selain itu survey harga ini juga akan membantumu menemukan manakah laptop yang harganya sesuai kantong. Jika harga terpaut ratusan ribu masih wajar, tapi juga sudah satu juta lebih perlu dicurigai.

Baca Juga: Cara Merekam Layar PC dan Laptop, Sangat Mudah dan Simpel

Jangan lupa cek semua port

Tips terakhir adalah mencoba semua port yang tersedia, mulai dari charge, HDMI, USB headset dan lainnya. Fungsi pada bagian port ini harus bagus sehingga kamu tidak akan masalah jika ingin menggunakan aksesoris laptop lainnya.

Tapi jika untuk USB saja sudah ada masalah maka sebaiknya cari laptop bekas yang lainnya. Inilah pentingnya untuk melihat laptop secara langsung untuk cek fisik karena harganya sendiri tentu tidak murah. 

Continue Reading

Gadget

Spesifikasi Redmi 4X Lengkap, Beserta Keunggulan dan Kekurangannya

Meski telah rilis 3 tahun yang lalu, masih banyak orang yang berminat membeli Redmi 4X. Alasannya ialah harganya yang telah turun jauh, menjadi 700 ribu rupiah saja. Sebelum membeli Redmi 4X, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu spesifikasi nya. Berikut spesifikasi Redmi 4X, beserta keunggulan dan kekurangannya.

Spesifikasi Redmi 4X

1. Dapur Pacu

Dalam dapur pacunya, Redmi 4X dibekali dengan MIUI 7. Redmi 4X masih menggunakan sistem Android 6 atau lebih dikenal dengan Marshmallow. Untuk Chipsetnya, Redmi 4X menggunakan Qualcomm Snapdragon 435. Bisa dibilang Chipset yang digunakan sangatlah jadul, karena memang smartphone ini dirilis 3 tahun lalu.

Dilihat dari dapur pacunya, Redmi 4X tidak sanggup memainkan game-game berat. Tetapi jika untuk pemakaian sehari-hari, seperti bermain sosmed atau chatting, Redmi 4X bisa dibilang cukup mumpuni.

2. RAM dan ROM

Untuk RAM dan ROM, Redmi 4X memiliki 3 varian yakni 2/16 GB, 3/32 GB, dan 4/64 GB. Dengan varian RAM dan ROM yang beragam, menjadi keunggulan dari Redmi 4X. RAM 3/32 GB dan 4/64 GB masih sangat mumpuni. Bahkan smartphone saat ini, masih banyak yang menggunakan varian RAM dan ROM tersebut.

Jika hanya mampu membeli varian RAM paling rendah, tidak perlu khawatir. RAM dan ROM tersebut dapat di update atau di custom. Jadi hanya perlu mencari di internet tentang custom ROM Redmi 4X, dan ROM Redmi 4X dapat ditingkatkan.

3. Kamera

Selanjutnya ialah dari segi kamera. Banyak pengguna Redmi 4X yang menilai, jika kamera smartphone ini sangatlah bagus. Meski hanya berbekal 13 MP untuk kamera belakang, dan 5 MP untuk kamera depan. Memang dari segi kamera, Redmi 4X sudah sangat tertinggal jauh dengan smartphone saat ini.

Namun jika hanya untuk memotret kegiatan ringan, maka bisa dibilang Redmi 4X masih bisa diandalkan.

4. Baterai

Dari segi baterai, spesifikasi Redmi 4X ini sangatlah unggul. Redmi 4X memiliki baterai dengan kapasitas 4100 mAH. Bahkan smartphone saat ini masih banyak, yang memiliki kapasitas baterai lebih rendah. Baterai yang digunakan adalah baterai tanam, baterai yang juga digunakan oleh smartphone saat ini.

5. Desain dan Layar

Terakhir dari segi desain dan layarnya. Redmi 4X memiliki layar selebar 5,0 inchi, dengan resolusi IPS. Dengan berat 150 gram, Redmi 4X akan sangat nyaman di genggaman. Untuk desainnya, bisa dibilang cukup unik. Kamera belakang berada di tengah, sejajar dengan sidik jari. 

Lalu Redmi 4X juga masih memiliki pinggiran yang cukup tebal. Redmi 4X menawarkan 2 varian warna, yakni hitam dan emas. Bisa dibilang desain Redmi 4X ini sangatlah jadul.

Keunggulan Redmi 4X

Redmi 4X memiliki keunggulan di RAM, kamera, dan baterai. Untuk RAM Redmi 4X, masih sangat mumpuni. Lalu kamera Redmi 4X juga masih sangat bagus, tidak kalah dengan smartphone lain. Dan dari segi baterai, Redmi 4X dapat bertahan cukup lama untuk melakukan kegiatan di smartphone.

Lalu kelebihan lainnya adalah harganya yang sangat murah. Harga Redmi 4X turun, karena telah dirilis bertahun-tahun lalu. Jadi harga yang murah, juga menjadi keunggulan Redmi 4X.

Kekurangan Redmi 4X

Kekurangan dari Redmi 4X ialah pada dapur pacunya. Redmi 4X masih menggunakan Android 6 atau Marshmallow. Dikhawatirkan versi Android tersebut, tidak dapat digunakan lagi pada tahun ini. Chipset Redmi 4X juga sangat jadul, tidak dapat digunakan untuk bermain game berat. Selain itu Redmi 4X juga belum mendukung fitur Fast Charging.

Itulah tadi spesifikasi Redmi 4X, beserta keunggulan dan kekurangannya selengkapnya kunjungi https://www.soundhawk.com/. Dengan pembahasan spesifikasi diatas, bisa menimbang lagi sebelum membelinya. Redmi 4X akan sangat cocok, untuk penggunaan ringan sehari-hari.

Continue Reading

TOP STORIES